10 Rekomendasi Meja Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Meja Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2018)

Ketika Anda memulai kehidupan di rumah yang baru, salah satu furnitur yang Anda butuhkan adalah meja. Terutama bagi Anda yang tinggal sendiri, mungkin Anda akan memperhitungkan ukuran meja agar tidak memenuhi ruangan Anda. Dan pada akhirnya, mungkin Anda hanya akan menggunakan satu meja untuk berbagai kegiatan seperti makan, belajar, bahkan bekerja.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan sepuluh meja terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri. Produk dari merek terkenal, seperti IKEA, Funika, dan JYSK akan muncul dalam jajaran rekomendasi kami. Jadi, simak terus artikel berikut, ya!

Daftar isi

Cara memilih meja untuk Anda yang tinggal sendiri

Ada beberapa poin yang harus diingat saat memilih meja untuk Anda yang tinggal sendiri. Pertama-tama mari simak poin-poin berikut!

Perhatikan ruang kosong yang tersedia

Perhatikan ruang kosong yang tersedia

Saat tinggal sendiri dalam sebuah rumah, kebanyakan orang mungkin hanya akan memanfaatkan satu ruangan secara optimal dan memasukkan berbagai furnitur ke dalam ruangan tersebut. Akan tetapi, saat semuanya sudah tertata, barang-barang tersebut malah akan membuat ruangan terlalu sesak. Akibatnya, Anda pun jadi kesulitan dalam melakukan beberapa hal, seperti memasang kabel, membersihkan ruangan, dan sebagainya sehingga pada akhirnya ruangan tersebut tidak dapat Anda nikmati dengan optimal.

Dalam memilih meja yang diperuntukkan untuk tamu dan sebagainya, sangat disarankan untuk memilih yang berukuran tidak terlalu besar agar dapat menyisakan sedikit ruang. Singkatnya, Anda perlu menyisakan setidaknya 60 cm ruang kosong bila diukur dari dinding ruangan ke meja tersebut agar Anda lebih mudah saat memindahkannya.

Selain itu, bila meja hendak Anda gunakan sebagai meja makan juga, pastikan Anda memilih meja dengan lebar yang cukup. Misalnya, meja persegi dengan ukuran sisi 40 cm. Kami juga menyarankan Anda untuk memperkirakan ruang kosong yang tersisa dengan cara membuat denah rencana tata letak furnitur di ruangan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengukur dan menyisakan ruang kosong yang diperlukan dengan lebih mudah.

Pilihlah meja yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Pilihlah meja yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Salah satu elemen terpenting yang akan mempengaruhi kenyamanan dalam memakai suatu meja adalah ketinggiannya. Ketika menggunakan meja, tinggi meja yang dibutuhkan saat Anda duduk dilantai akan berbeda dengan saat Anda duduk di sofa. Jika Anda bermaksud untuk menggunakan meja tersebut sambil duduk di sofa, pilihlah meja dengan tinggi yang sama atau tidak jauh berbeda dengan sofa tersebut.

Selain itu, jika Anda ingin menggunakan meja untuk komputer atau laptop dalam jangka waktu yang cukup lama, kami sarankan untuk menggunakan kombinasi meja dan kursi seperti halnya meja makan. Jika demikian, Anda harus memperhitungkan kembali ruang yang tersedia untuk meletakkan kursi. Ada juga meja yang dapat Anda atur sendiri tingginya. Jadi, jangan sampai Anda melewatkan pilihan-pilihan yang ada.

Bila Anda memilih tipe rakitan, pilihlah yang seringan mungkin

Bila Anda memilih tipe rakitan, pilihlah yang seringan mungkin

Jika Anda tinggal sendirian, kemungkinan Anda harus memindahkan atau merakit furnitur seorang diri. Jika sudah begitu, akan lebih baik bila Anda memilih furnitur yang tidak terlalu berat, paling tidak berbobot 20 kg atau kurang dari itu. Ditambah lagi, jika Anda kurang puas dengan produk rakitan atau tidak ingin direpotkan saat merakitnya, Anda bisa memilih barang yang sudah jadi sehingga Anda dapat langsung menggunakannya.

Perlu Anda ketahui, meja dengan laci dan rak akan sangat menguntungkan karena Anda jadi memiliki ruang penyimpanan tambahan. Tentu akan lebih menguntungkan jika Anda memilih meja dengan berbagai fungsi tambahan lainnya.

Periksa material dan bentuk mejanya

Periksa material dan bentuk mejanya

Orang yang tinggal sendiri lebih sering menggunakan satu meja untuk berbagai kebutuhan, seperti untuk bekerja, bahkan makan. Dalam kasus ini, kami sarankan agar Anda memilih meja yang terbuat dari bahan yang tidak mudah kotor. Akan lebih baik bila Anda memilih meja yang dapat digunakan untuk meletakkan berbagai barang seperti meja berbentuk persegi. Di sisi lain, meja yang berbentuk lingkaran akan lebih hemat tempat dan cocok untuk ruangan yang tidak terlalu luas.

Berikutnya yang juga tidak kalah penting adalah memilih bahan dan warna meja yang sesuai dengan nuansa ruangan. Meja yang terbuat dari bahan kayu akan cocok diletakkan di ruangan dengan lantai flooring sehingga akan memberi kesan nyaman pada ruangan serta serasi dengan lantai. Selain itu, jika Anda ingin memberi kesan luas pada ruangan, kami sarankan untuk memilih meja yang terbuat dari bahan yang trasparan seperti kaca.

Meja yang memiliki laci atau rak dengan ukuran yang minimalis juga direkomendasikan

Meja yang memiliki laci atau rak dengan ukuran yang minimalis juga direkomendasikan

Bagi Anda yang tinggal sendiri, meja yang rendah akan lebih berguna bagi Anda. Anda tidak perlu menggunakan kursi untuk menggunakan meja yang rendah sehingga Anda dapat menyisakan lebih banyak ruang kosong. Karena tak memerlukan kursi, Anda pun tak akan kekurangan kursi bila teman-teman Anda datang berkunjung ke rumah Anda.

Jika Anda jarang menerima tamu, memilih menggunakan set meja dan kursi tak akan jadi soal. Selain itu, akan cukup berguna bila Anda memiliki satu meja berukuran kecil yang dapat dilipat untuk keadaan yang tidak terduga. Ada juga meja dengan laci dan rak sehingga benda-benda kecil tak akan berserakan di atas meja Anda. Meja seperti ini kami sarankan untuk Anda yang tinggal sendiri di rumah dengan space yang terbatas.

10 Rekomendasi meja terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri

Sekarang, kami akan memaparkan sepuluh rekomendasi meja terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri. Silakan mengacu pada poin-poin memilih di atas dan pilihlah meja yang sesuai kebutuhan Anda!

10. IKEA Lack Side Table

10. IKEA Lack Side Table

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 219.900

Meja berdesain simpel minimalis yang hemat tempat

Bila Anda memiliki ruangan yang tidak terlalu luas, tetapi memerlukan meja untuk melengkapi furnitur di ruangan atau di depan sofa Anda, produk berikut dapat menjadi pilihan bijak. Produk dari IKEA ini memiliki ukuran 55 x 55 x 45 cm sehingga terasa pas untuk diletakkan di ruangan yang berukuran kecil hingga sedang.

Bahan bagian atas produk ini menggunakan bahan particleboard, fibreboard, plastik ABS (acrylonitrile butadiene styrene), serta cat akrilik yang menghasilkan produk dengan permukaan yang glossy. Meja rakitan berbobot 3,8 kg ini pun mudah dijaga kebersihannya, yakni cukup dilap menggunakan lap basah maupun lap kering.

9. Meja Lipat Modern

9. Meja Lipat Modern

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 49.000

Meja ekonomis yang ringkas dibawa ke mana-mana

Menggunakan meja yang ringan tentu membuat Anda bisa mengatur letaknya dengan lebih mudah. Karena itu, meja berbobot 3 kg ini cocok bagi Anda yang kerap memindah-mindahkan meja untuk berbagai keperluan. Meja ekonomis dengan harga kurang dari 100 ribu rupiah ini pun mudah dijaga kebersihkannya, cukup dilap dengan kain basah atau kering saja.

Anda juga bisa membawa meja lipat berdimensi 60 x 30 x 25 cm ini ke kamar saat ingin bekerja dengan laptop di atas tempat tidur. Karena bisa dilipat, tentu produk siap pakai berbahan MDF (medium density fiberboard) ini hemat tempat dan praktis disimpan. Kapanpun Anda memerlukan meja tambahan, meja ini siap digunakan.

8. Simple Furniture Coffee Table

8. Simple Furniture Coffee Table

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 675.000

Tonjolkan kesan luas dan modern pada ruangan Anda

Untuk Anda yang mencari produk dengan desain yang elegan, produk siap pakai berikut layak untuk melengkapi furnitur Anda. Dengan dilengkapi kaca pada bagian atasnya, produk siap pakai berdimensi 60 x 61 x 47 cm ini mampu memberi tampilan mewah dan modern. Wujud yang transparan juga akan memberi kesan luas pada ruangan.

Bagian kacanya membuat produk ini mudah dibersihkan baik dengan kemoceng atau lap kain. Produk yang terbuat dari bahan particleboard ini juga menggunakan pipa berbahan stainless steel sebagai penghubung antara bodi bagian bawah dengan kacanya. Kaca terhindar dari noda karat dan tidak mudah bergeser sehingga lebih aman.

7. Krisbow Meja Lipat Adjustable

7. Krisbow Meja Lipat Adjustable

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 327.500

Atur sendiri tingginya sesuai kebutuhan Anda!

Berbeda keperluan, maka berbeda pula tinggi meja yang diperlukan. Nah, Anda bisa mengatur tinggi meja ini mulai dari 35 sampai dengan 71,5 cm sesuai kebutuhan Anda. Berhubung tinggi mejanya dapat diatur, tentu produk semi rakit ini akan cocok bagi Anda yang belum mengetahui dengan pasti tinggi meja yang benar-benar ideal untuk Anda.

Produk ini juga terbuat dari bahan HDPE (high density polyethylene) yang ramah lingkungan. Tidak hanya itu, produk berdimensi 76 x 50 x (35-71,5) cm ini pun dicat menggunakan teknik pengecatan powder coating yang juga ramah lingkungan. Berkat teknik pengecatan ini pulalah warna produk jadi tahan lama dan mudah dijaga kebersihannya.

6. Funika Foldable Table and Chair Set

6. Funika Foldable Table and Chair Set

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 356.200

Lebih praktis dengan set meja plus kursi lipat yang cantik

Bila Anda hendak menempati rumah atau apartemen baru, tentu Anda perlu memiliki berbagai perabotan termasuk furnitur untuk melengkapi kebutuhan Anda. Jika Anda ingin menghemat waktu dengan membeli produk set siap pakai, produk stylish dengan total bobot 5,18 kg dari Funika ini tentu dapat menjadi solusi tepat bagi Anda.

Produk ini terdiri dari set meja berdimensi 66 x 48 x 38 cm dan kursi lipat berdimensi 74 x 42 x 30 cm yang cocok untuk menemani waktu bersantai atau bekerja dengan laptop di rumah. Warna cokelat mudanya pun memberi kesan natural pada ruangan Anda. Simpel dan hemat tempat, produk ini benar-benar mencerminkan gaya hidup dinamis Anda.

5. Funika Coffee Table 99800

5. Funika Coffee Table 99800

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 683.000

Desain simpel dengan kaki metal yang kokoh dan awet

Bagi Anda yang mencari produk dengan desain sederhana, tetapi bisa menampung banyak barang, produk berikut akan cocok untuk Anda. Selain berdimensi 100 x 58,5 x 37 cm dengan permukaan meja yang cukup lebar, produk ini juga memiliki rak pada bagian bawahnya sebagai tambahan space untuk menaruh barang-barang Anda.

Produk berbobot 13 kg ini juga merupakan tipe rakitan yang terbuat dari bahan particleboard dan metal yang kokoh serta tidak mudah rusak. Desainnya yang simpel juga mampu memberi kesan santai pada ruangan Anda. Menjaga kebersihannya pun mudah, cukup dengan kemoceng atau lap kain kering saja, debu pun lenyap seketika.

4. Grace Meja Laptop GS – 01 CT

4. Grace Meja Laptop GS - 01 CT

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 391.000

Mudah dibersihkan dengan laci dan rak yang bisa dibongkar-pasang

Apakah Anda mencari meja kecil untuk melengkapi interior bergaya minimalis di rumah Anda? Jika iya, produk berikut dapat menjadi pilihan tepat. Berukuran 60 x 40 x 30 cm, produk berdesain dan berukuran minimalis ini siap memberikan fungsi optimal di rumah Anda. Bentuk perseginya pun membuatnya cocok digunakan sebagai meja sudut.

Produk berbahan kayu olahan dengan laminasi papan MDF ini juga memiliki laci serta bagian kosong di sebelah lacinya yang juga bisa difungsikan sebagai tempat penyimpanan buku atau majalah. Produk berwarna putih dan cokelat ini juga merupakan tipe rakitan sehingga pembersihan dapat dilakukan dengan maksimal hingga ke celah-celahnya.

3. Funika Avela Coffee Table – Baltimore & Maple

3. Funika Avela Coffee Table – Baltimore & Maple

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 618.000

Minimalis dengan bentuk lingkaran, space optimal dengan 2 rak

Meja berbentuk lingkaran berikut dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang mencari meja untuk sekadar bersantai sambil membaca buku dan meminum teh di sore hari. Dengan dimensi 66 x 66 x 43,9 cm, produk seberat 3 kg ini tidak akan memakan banyak tempat dan akan terlihat cocok untuk ruangan yang tidak terlalu besar sekalipun.

Produk ini juga terbuat dari bahan particle board yang padat dengan ketebalan 1,2 cm, tidak terlalu tipis dan pas untuk meletakkan barang-barang yang umum diletakkan di meja, seperti buku atau majalah. Cara merangkai produk rakitan ini pun tergolong mudah untuk dilakukan seorang diri. Minim ornamen, produk ini pun tak sulit dibersihkan.

2. Omahe Mebel Jepara Coffe Table S

2. Omahe Mebel Jepara Coffe Table S

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.400.000

Hadirkan kesan mewah dan estetik di ruangan Anda

Kualitas kayu jati memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain memiliki tingkat ketahanan yang super, kayu jati juga terkenal mampu memberi kesan mewah. Karena itu, produk jadi yang terbuat dari bahan kayu jati dengan finishing melamin berikut akan cocok bagi Anda yang menginginkan produk yang awet serta bernilai estetika tinggi.

Serat kayunya yang khas serta bentuknya yang menyerupai huruf ‘S’ juga kian menambah keunikan dan keindahan dari produk yang berdimensi 120 x 60 x 40 cm ini. Materialnya yang kokoh membuatnya tahan terhadap rayap dan tidak mudah lapuk. Menjaga kebersihannya pun mudah, cukup dilap menggunakan kain basah atau kering.

1. JYSK Coffee Table Atterdag 100x60x35 cm Sonoma Oak

1. JYSK Coffee Table Atterdag 100x60x35 cm Sonoma Oak

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.470.200

Meja multifungsi yang elegan dan menawan

Apakah Anda menginginkan meja dengan berbagai fitur dalam 1 produk? Jika iya, meja dari JYSK yang berdimensi 100 x 60x 35 cm berikut layak untuk menjadi pilihan tepat bagi Anda. Meja berbahan particleboard dengan laminasi PVC (polyvinyl chloride) ini memiliki berbagai fungsi yang membuatnya dapat dibilang “lebih dari sekadar meja”.

Permukaan mejanya bisa Anda angkat dan sesuaikan tingginya untuk dijadikan sebagai alas laptop. Anda pun bisa menyimpan buku-buku di bagian dalam meja tersebut. Lengkap dengan laci, space penyimpanan pun semakin bertambah. Meja ini juga merupakan tipe rakitan, jadi jangan lupa untuk memperhatikan petunjuk penyusunannya, ya!

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan sepuluh rekomendasi meja terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri. Apakah Anda telah menentukan pilihan? Tinggal sendirian memang membuat seseorang bebas menentukan furnitur yang diinginkan, tetapi Anda juga perlu memikirkan bobot dan ukurannya demi kenyamanan serta kemudahan Anda sendiri.

Anda juga dapat menentukan sendiri tipe meja pilihan Anda. Baik produk jadi maupun rakitan, semuanya memiliki keistimewaan masing-masing. Silakan jadikan artikel kami sebagai referensi Anda dalam memilih meja yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat berbelanja!