1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Dekorasi ruangan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Meja Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Meja Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Meja Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Meja Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Meja Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Meja Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Meja Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2023)

Jika Anda tinggal sendiri dan ingin membeli meja, pertimbangkanlah meja dengan material yang cocok digunakan untuk bekerja sekaligus untuk makan. Pertimbangkanlah juga ukurannya supaya tidak terlalu memenuhi ruangan yang dimiliki. Sebisa mungkin meja yang hendak dibeli juga memiliki beragam fungsi tambahan.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan sepuluh meja terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri. Produk dari merek terkenal, seperti IKEA, Funika, dan JYSK akan muncul dalam jajaran rekomendasi kami. Jadi, simak terus artikel berikut, ya!
Diperbaharui 05-20-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih meja untuk Anda yang tinggal sendiri

Ada beberapa poin yang harus diingat saat memilih meja untuk Anda yang tinggal sendiri. Silakan simak poin-poin berikut dengan saksama!

① Perhatikan ruang kosong yang tersedia

Perhatikan ruang kosong yang tersedia
Saat tinggal sendiri, kebanyakan orang hanya akan memanfaatkan satu ruangan secara optimal dan memasukkan berbagai furnitur ke ruangan tersebut. Saat semuanya sudah tertata, mereka baru menyadari bahwa barang-barang yang padat tersebut malah membuat ruangan terasa sesak. 

Karenanya, ketika hendak membeli meja yang diperuntukkan untuk tamu dan sebagainya, pilihlah meja yang berukuran tidak terlalu besar. Singkatnya, Anda perlu menyisakan setidaknya 60 cm ruang kosong jika diukur dari dinding ruangan ke meja tersebut. Hal ini berguna agar Anda lebih mudah saat perlu memindahkan meja tersebut ke tempat lain.


Selain itu, apabila meja hendak digunakan sebagai meja makan juga, pastikan Anda memilih meja dengan lebar yang cukup. Misalnya, meja persegi dengan ukuran sisi 40 cm. Kami juga menyarankan Anda untuk memperkirakan ruang kosong yang tersisa dengan membuat denah rencana tata letak furnitur di ruangan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengukur dan menyisakan ruang kosong yang diperlukan dengan lebih mudah.

② Pilihlah meja yang tingginya sesuai dengan kebutuhan Anda

Pilihlah meja yang tingginya sesuai dengan kebutuhan Anda
Salah satu elemen penting yang akan mempengaruhi kenyamanan dalam memakai sebuah meja adalah ketinggiannya. Ketika menggunakan meja, tinggi meja yang dibutuhkan saat Anda duduk di lantai akan berbeda dengan saat Anda duduk di sofa. Jika mejanya hendak digunakan sambil duduk di sofa, pilihlah meja dengan tinggi yang sama atau tidak jauh berbeda dengan sofanya.

Selain itu, jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk bekerja menggunakan komputer, meja yang tingginya tidak sesuai akan membuat punggung sakit. Jadi, kami sarankan untuk menggunakan kombinasi meja dan kursi seperti halnya meja makan. Untuk itu, Anda harus memperhitungkan kembali ruang yang tersedia guna meletakkan kursi. Di sisi lain ada juga meja yang dapat Anda atur sendiri tingginya, mungkin Anda dapat mempertimbangkan meja seperti ini.

③ Jika Anda memilih tipe rakitan, pilihlah yang bobotnya ringan

Jika Anda memilih tipe rakitan, pilihlah yang bobotnya ringan
Jika Anda tinggal sendirian, Anda akan sering memindahkan atau merakit furnitur seorang diri. Oleh karena itu, akan lebih baik apabila Anda memilih furnitur yang tidak terlalu berat, terutama jika Anda seorang wanita. Paling tidak, pilihlah furnitur rakitan yang bobotnya kurang dari 20 kg. Namun, jika Anda tidak ingin repot merakit sendiri, Anda bisa memilih barang yang sudah jadi sehingga dapat langsung digunakan.

Perlu Anda ketahui, meja dengan laci dan rak akan sangat menguntungkan karena Anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan tambahan. Tentu akan lebih menguntungkan jika Anda memilih meja dengan berbagai fungsi tambahan lainnya. Ada berbagai meja jenis rakitan yang memiliki berbagai fungsi tambahan tersebut, jadi periksalah dengan saksama. 

④ Periksa material dan bentuk mejanya

Periksa material dan bentuk mejanya
Orang yang tinggal sendiri lebih sering menggunakan satu meja untuk berbagai kebutuhan, seperti untuk bekerja, bahkan makan. Dalam kasus ini, sebaiknya Anda memilih meja yang terbuat dari bahan yang tidak mudah kotor, bahkan jika terkena tumpahan air. 

Lalu, akan lebih baik pula apabila Anda memilih meja yang dapat digunakan untuk meletakkan berbagai barang seperti meja berbentuk persegi. Di sisi lain, meja yang berbentuk lingkaran akan lebih hemat tempat dan cocok untuk ruangan yang tidak terlalu luas.


Berikutnya yang juga tidak kalah penting adalah memilih bahan dan warna meja yang sesuai dengan suasana ruangan. Meja yang terbuat dari kayu cocok diletakkan di ruangan dengan lantai berwarna netral sehingga terkesan nyaman dan bersih. Sedangkan jika Anda ingin menciptakan kesan luas pada ruangan, kami sarankan memilih meja berbahan transparan seperti kaca.

⑤ Pertimbangkan meja yang rendah dan meja yang dilengkapi laci atau rak

Pertimbangkan meja yang rendah dan meja yang dilengkapi laci atau rak
Bagi Anda yang tinggal sendiri, meja yang rendah akan lebih berguna sebab Anda tidak perlu menggunakan kursi. Dengan begitu ruang kosong yang tersisa semakin banyak. Berhubung tidak memerlukan kursi, Anda pun tidak akan kekurangan jumlah kursi apabila banyak kerabat datang berkunjung ke rumah Anda.

Jika Anda jarang menerima tamu, memilih menggunakan set meja dan kursi tidak akan jadi masalah. Namun, memiliki satu meja berukuran kecil yang dapat dilipat untuk keadaan yang tidak terduga juga cukup berguna. Akan lebih baik jika meja dilengkapi dengan laci atau rak sehingga benda-benda kecil tak akan berserakan di atas meja. Meja seperti ini kami sarankan untuk Anda yang tinggal sendiri di rumah dengan space terbatas.

10 Rekomendasi meja terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri

Sekarang, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi meja terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri. Silakan mengacu pada poin-poin memilih di atas dan pilihlah meja yang sesuai kebutuhan Anda!
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Funika

Set Meja dan Kursi Lipat

Funika Set Meja dan Kursi Lipat 1枚目

Lebih praktis dengan set meja plus kursi lipat yang cantik

2

Heim Studio

KOZU Coffee Table

Heim Studio KOZU Coffee Table 1枚目

Ingin coffee table atau side table? Dua-duanya ada!

3

Funika

Coffee Table – Baltimore & Maple

Funika Coffee Table – Baltimore & Maple 1枚目

Bentuk lingkarannya unik dengan 2 rak untuk space optimal

4

Grace

Meja Nakas

Grace Meja Nakas 1枚目

Meja minimalis dengan rak dan laci, tak akan memakan tempat

5

Funika

Coffee Table

Funika  Coffee Table 1枚目

Desain simpel dengan kaki metal yang kukuh dan awet

6

JYSK

Coffee Table Atterdag Sonoma Oak

JYSK Coffee Table Atterdag Sonoma Oak 1枚目

Meja multifungsi yang elegan dan menawan

7

Krisbow

Meja Lipat Adjustable

Krisbow  Meja Lipat Adjustable 1枚目

Atur sendiri tingginya sesuai kebutuhan Anda!

8

Simple Furniture Meja Tamu

 Simple Furniture Meja Tamu 1枚目

Tonjolkan kesan luas dan modern pada ruangan Anda

9

IKEA

Lack Meja Samping

IKEA  Lack Meja Samping 1枚目

Meja berdesain sederhana yang yang hemat tempat dan banyak pilihan warnanya

10

Meja Lipat Serbaguna

 Meja Lipat Serbaguna 1枚目

Meja ekonomis yang ringkas dan praktis dibawa ke mana-mana

Perincian produk
Close
No.1

FunikaSet Meja dan Kursi Lipat22110

Mulai dari Rp428.000,00

Lebih praktis dengan set meja plus kursi lipat yang cantik

Jika Anda ingin membeli meja siap pakai tanpa harus repot merakitnya, produk Funika ini bisa menjadi solusi yang tepat. Produk ini merupakan set meja dan kursi lipat yang cocok untuk bersantai atau bekerja dengan laptop di rumah. Berhubung bisa dilipat, Anda bisa memindahkannya ke berbagai sudut rumah dengan mudah. Warna cokelat mudanya juga memberi kesan natural pada ruangan Anda. 

No.2

Heim StudioKOZU Coffee Table

Mulai dari Rp899.100,00

Ingin coffee table atau side table? Dua-duanya ada!

Produk dari Heim Studio ini mengusung gaya Japandi yang menggabungkan konsep interior space-saving ala Jepang dan fungsionalitas khas Scandinavian. Meja ini terdiri dari coffee table dan side table yang praktis Anda gunakan sesuai kebutuhan. Saat sedang ingin bekerja dengan laptop, Anda bisa menggeser side table yang tingginya lebih sesuai dengan sofa. 

Di bagian bawah meja ini juga terdapat satu rak yang bisa Anda pakai untuk menyimpan barang-barang lain. Produk ini patut dipertimbangkan jika Anda sedang mencari meja multifungsi berdesain industrial dengan harga tak terlalu mahal. 

No.3

FunikaCoffee Table – Baltimore & Maple

Mulai dari Rp1.188.000,00

Bentuk lingkarannya unik dengan 2 rak untuk space optimal

Meja ini dapat menjadi pilihan jika Anda mencari meja untuk bersantai sembari membaca buku dan meminum teh di sore hari. Dengan bentuk lingkaran berdiameter 66 cm, produk ini tak akan memakan banyak tempat di ruangan. Bahkan, meja ini juga cocok untuk ruangan yang tidak terlalu besar.

Kelebihan lain dari meja ini adalah adanya rak tambahan di bagian bawah sehingga Anda bisa menyimpan beberapa barang. Cara merangkai produk ini pun tergolong mudah untuk dilakukan seorang diri. Produk ini mudah dibersihkan karena minim ornamen dan tak ada lekukan.

No.4

GraceMeja NakasGS – 01 CT

Mulai dari Rp361.000,00

Meja minimalis dengan rak dan laci, tak akan memakan tempat

Apakah Anda mencari meja kecil untuk melengkapi interior bergaya minimalis di rumah Anda? Jika iya, produk berikut dapat menjadi pilihan tepat. Meski berukuran imut, meja ini siap memberikan fungsi optimal di rumah Anda. Hal itu karena meja nakas ini juga dilengkapi dengan rak serta laci sekaligus. Anda bisa menggunakan meja ini untuk meletakkan berbagai barang termasuk laptop.

No.5

Funika Coffee Table99800

Mulai dari Rp988.000,00

Desain simpel dengan kaki metal yang kukuh dan awet

Bagi Anda yang mencari produk dengan desain sederhana tetapi mampu menampung banyak barang, pertimbangkanlah produk berikut. Selain permukaannya yang cukup lebar, meja ini juga memiliki rak di bagian bawahnya sebagai tambahan space untuk menaruh barang-barang Anda. Kelebihan lainnya adalah kaki-kaki meja ini menggunakan bahan logam yang membuatnya kukuh, kuat, dan tidak mudah rusak. 
No.6

JYSKCoffee Table Atterdag Sonoma Oak

Mulai dari Rp1.899.900,00

Meja multifungsi yang elegan dan menawan

Apakah Anda menginginkan meja dengan berbagai fitur dalam satu produk? Jika begitu, meja dari JYSK ini cocok untuk Anda. Meja yang satu ini memiliki berbagai fungsi yang membuatnya dapat dibilang “lebih dari sekadar meja”. 

Permukaan mejanya bisa Anda angkat dan sesuaikan tingginya untuk dijadikan alas laptop. Anda pun bisa menyimpan buku-buku di bagian dalam meja tersebut. Meja ini juga dilengkapi laci yang cukup luas untuk menyimpan berbagai barang.

No.7

Krisbow Meja Lipat Adjustable

Mulai dari Rp284.900,00

Atur sendiri tingginya sesuai kebutuhan Anda!

Berbeda keperluan, berbeda pula tinggi meja yang dibutuhkan. Dengan menggunakan meja ini, Anda bisa mengatur tinggi meja mulai dari 35 cm sampai dengan 71,5 cm. Sesuaikan saja tingginya dengan kebutuhan Anda. 

Berhubung tinggi mejanya dapat diatur, tentu produk ini akan cocok bagi Anda yang ingin lebih leluasa dalam menggunakan meja. Sebagai informasi tambahan, produk ini terbuat dari bahan HDPE (high density polyethylene) yang ramah lingkungan, lho!

No.8

Simple Furniture Meja TamuMT07

Mulai dari Rp511.200,00

Tonjolkan kesan luas dan modern pada ruangan Anda

Bagi Anda yang mencari meja dengan desain yang elegan dan memberi kesan luas, produk berikut layak untuk melengkapi furnitur Anda. Dengan dilengkapi kaca pada bagian atasnya, produk siap pakai ini mampu memberi tampilan mewah dan modern. Desain kaca transparan yang ditopang dengan kaki-kaki besinya pun akan menampilkan efek ruangan yang lebih lega. 

No.9

Meja berdesain sederhana yang yang hemat tempat dan banyak pilihan warnanya

Apabila ruangan Anda tidak terlalu luas, tetapi memerlukan meja untuk ditaruh di sisi sofa Anda, ini dia pilihannya. Produk dari IKEA ini memiliki bentuk persegi. Ukuran dan bentuk meja ini membuatnya terasa pas untuk diletakkan di ruangan yang berukuran kecil hingga sedang. Menariknya lagi, produk ini tersedia dalam berbagai pilihan warna.
No.10

Meja ekonomis yang ringkas dan praktis dibawa ke mana-mana

Memiliki meja yang ringan tentu membuat Anda bisa mengatur letaknya dengan lebih mudah. Karena itu, meja berbobot 3 kg ini cocok bagi Anda yang kerap memindah-mindahkan meja untuk berbagai keperluan. 


Meja ekonomis dengan harga kurang dari seratus ribu ini mudah dijaga kebersihannya. Saat kotor, Anda cukup mengelapnya dengan kain saja, baik kain kering atau basah. Anda juga bisa membawa meja lipat ini ke kamar saat ingin bekerja dengan laptop di atas tempat tidur. 

Baca juga rekomendasi meja lainnya di sini!

Meskipun Anda tinggal sendiri, tentu Anda juga membutuhkan meja lainnya untuk melengkapi perabotan di rumah Anda. Karena itu, kami juga sudah menyiapkan artikel mengenai berbagai meja, seperti meja komputer, meja makan, meja TV, dan sebagainya. Mari simak artikel lainnya di bawah ini!

Kesimpulan

Keuntungan dari tinggal sendirian adalah Anda bisa bebas menentukan furnitur yang diinginkan. Namun, Anda juga perlu memikirkan bobot dan ukurannya demi kenyamanan serta kemudahan Anda sendiri. Baik produk jadi maupun rakitan, semuanya memiliki keistimewaan masing-masing.


Pada artikel ini kami telah memperkenalkan sepuluh rekomendasi meja terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri. Silakan jadikan artikel kami sebagai referensi dalam memilih meja yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer