10 Rekomendasi Saus Kimchi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Saus Kimchi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kimchi merupakan makanan Korea yang dicintai oleh masyarakat Korea. Selain rasanya yang enak, kimchi juga dikenal dengan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, tidak seperti di Korea, membuat kimchi di Indonesia tidaklah mudah karena saus kimchi memiliki rasa yang khas dan kuat.

Sebenarnya, Anda masih dapat menikmati kimchi handmade dan masakan yang menggunakan kimchi seperti nasi goreng kimchi atau sup kimchi. Jadi, di artikel ini kami juga akan menjelaskan cara memilih, merekomendasikan produk saus kimchi terbaik, serta memberikan resep dan cara membuat hidangan menggunakan saus kimchi untuk Anda coba di rumah. Yuk, simak selengkapnya!

Daftar isi

Cara memilih saus kimchi Korea

Pertama, kami akan menjelaskan cara memilih saus kimchi. Temukanlah bahan-bahan yang bagus dan mudah untuk membuat kimchi yang enak di bawah ini.

Pilih jenis saus kimchi sesuai cara membuatnya

Meskipun menggunakan saus kimchi yang sama, tetapi Anda dapat mengolahnya secara berbeda. Cara penyimpanan produk juga bisa berbeda satu sama lain, jadi pilihlah saus kimchi sesuai dengan jenis makanan yang hendak Anda buat.

Bila Anda ingin cita rasa autentik Korea, pilih saus kimchi dengan rasa orisinal

Bila Anda ingin cita rasa autentik Korea, pilih saus kimchi dengan rasa orisinal

Jika Anda ingin membuat kimchi dengan cita rasa autentik Korea, pilihlah saus kimchi dengan rasa orisinal. Sayuran yang hendak Anda jadikan kimchi harus Anda rendam dulu dengan garam, baru setelahnya Anda bisa mencampurkan saus kimchi dan mengaduknya dengan tangan. Memang memerlukan lebih banyak tenaga, tetapi Anda akan mendapatkan rasa kimchi yang lebih autentik.

Kesenangan dari menggunakan saus kimchi yang diolah secara tradisional adalah Anda dapat menikmati proses pembuatannya dari awal hingga akhir. Jika Anda punya kol atau sawi putih di rumah, mengapa tidak mencobanya sekarang? Siapa tahu Anda bisa menjadi ahli kimchi.

Bila Anda ingin membuat porsi kecil, pilih saus kimchi siap saji

Bila Anda ingin membuat porsi kecil, pilih saus kimchi siap saji

Jika Anda ingin makan kimchi dalam porsi sedikit atau agar tidak ada sayuran terbuang, kami sarankan Anda memilih saus kimchi yang bisa langsung dicampurkan ke sayur. Dengan menggunakan saus seperti ini, Anda bisa langsung mengaduknya dengan sayuran dan segera memakannya tanpa perlu repot mengasinkan sayuran tersebut lebih dulu.

Anda bisa membuatnya dalam jumlah kecil dengan meletakkannya ke dalam botol-botol dan menaruhnya di kulkas. Namun, karena tidak diasinkan, tentu lebih tidak tahan lama daripada kimchi yang diasinkan. Kemudian, Anda juga dapat mencoba sayuran lain selain sawi putih untuk dicampurkan dengan saus ini, lho!

Bila Anda ingin menikmatinya sebagai acar, pilih saus kimchi khusus acar

Bila Anda ingin menikmatinya sebagai acar, pilih saus kimchi khusus acar

Jika Anda berencana menjadikan kimchi sebagai acar dalam menu makanan Anda, Anda bisa memilih saus kimchi khusus untuk acar. Anda akan menemukan berbagai saus kimchi yang hanya perlu waktu 30 menit hingga 1 hari untuk didiamkan dan dapat segera Anda santap.

Anda akan menemukan saus kimchi yang dijual sebagai bumbu acar beredar di pasaran. Bila Anda ingin menyantap kimchi sebagai acar kapan pun Anda mau, Anda bisa memlih saus kimchi jenis ini. Namun, saus kimchi jenis ini masih sulit ditemukan di Indonesia.

Pilih rasa favorit Anda

Sama seperti ketika Anda membeli makanan lainnya, Anda akan cenderung memilih rasa favorit, begitu pula dengan saus kimchi. Sangat penting untuk mengetahui rasa favorit dengan tingkat kepedasan yang sesuai dengan Anda.

Rasa pedas untuk cita rasa asli kimchi Korea

Rasa pedas untuk cita rasa asli kimchi Korea

Untuk Anda yang menyukai rasa pedas, pilihlah saus kimchi yang memiliki rasa pedas ala kimchi asli Korea. Periksalah bahan-bahan dan jumlah cabai yang digunakan. Namun, jika tidak ada informasi lengkap mengenai bahan-bahan yang digunakan, hal pertama yang perlu Anda periksa adalah jumlah cabai yang digunakan.

Penting untuk diingat, produk tipe bubuk memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam. Bila Anda tidak bisa mengecek bahan-bahannya, Anda perlu mencoba rasanya terlebih dahulu untuk memastikan kecocokannya dengan selera Anda.

Bila Anda tidak menyukai rasa dan aroma pedas yang tajam, pilihlah kimchi putih

Bila Anda tidak menyukai rasa dan aroma pedas yang tajam, pilihlah kimchi putih

Bila Anda ingin membuat kimchi dengan rasa dan aroma pedas yang tidak terlalu tajam agar tidak kepedasan atau untuk dikonsumsi oleh anak-anak, kimchi air dan kimchi putih sangat direkomendasikan. Kimchi putih dan kimchi air memiliki rasa asam yang menyegarkan.

Anda bisa memakannya sebagai acar atau merendamnya dengan lebih banyak air agar rasanya tidak terlalu pekat. Jika Anda lebih suka rasa kimchi yang biasa, Anda bisa mencampurkan saus kimchi dengan bahan makanan berupa sayuran dan buah. Dengan cara tersebut, kimchi buatan Anda akan memiliki rasa yang tidak begitu pedas. Sayangnya, jenis ini pun masih jarang ditemui di pasaran Indonesia. Mungkin Anda bisa membelinya sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Korea atau Jepang.

Pilih jenis paste agar lebih praktis

Pilih jenis paste agar lebih praktis

Saus kimchi jenis paste adalah pilihan tepat bila Anda berniat tidak hanya membuat kimchi, tetapi juga membuat berbagai jenis masakan menggunakan bumbu kimchi. Saus kimchi jenis paste lebih mudah digunakan dibandingkan dengan saus kimchi jenis bubuk. Kemasannya juga sudah banyak dalam bentuk botol dan plastik sehingga akan lebih mudah digunakan bahkan jika Anda hanya memasak untuk porsi yang sedikit.

Jika Anda sudah menguasai cara penggunaannya, Anda dapat menggunakan saus kimchi bentuk paste sebagai bumbu dasar sup atau masakan lainnya. Bukan hanya masakan Korea, Anda juga dapat mencoba menggunakan saus kimchi jenis paste ke semua jenis hidangan. Jadi, jangan takut untuk mencoba, ya!

10 Rekomendasi saus kimchi Korea terbaik

Nah, kini saatnya kami memberikan rekomendasi produk saus kimchi terbaik untuk Anda. Selain itu, kami pun akan memberikan rekomendasi produk bumbu dengan rasa kimchi yang bisa Anda gunakan untuk mengolah berbagai masakan lain seperti sup atau mie kuah. Yuk, simak selengkapnya!

10. Qingdao Bolan Bubuk Cabe Korea

10. Qingdao Bolan Bubuk Cabe Korea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Ukurannya besarnya membuat Anda tidak perlu repot bolak-balik belanja

Produk ini memiliki 2 variasi produk yang bisa Anda pilih, yaitu bubuk kasar dan halus. Keduanya memiliki rasa yang lezat dan dapat Anda gunakan untuk membuat kimchi atau hidangan lainnya. Biasa digunakan di restoran, kini Anda bisa menghadirkan cita rasa kelas atas di rumah Anda.

Jika Anda ingin masakan Anda terlihat sangat pedas dengan warna merah pilihlah jenis bubuk kasar, tetapi jika Anda tidak ingin hidangan Anda terlihat begitu pedas, pilihlah bubuk halus. Diproduksi dalam kemasan 1 kg, produk ini sangatlah cocok bila Anda tidak ingin berkali-kali keluar untuk membeli bumbu kimchi.

9. Yamasa Kimchi Nabe Tsuyu

9. Yamasa Kimchi Nabe Tsuyu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 80.000

Nikmati semangkuk sup kimchi dengan rasa yang ringan

Anda tidak suka pedas, tetapi tetap ingin menikmati semangkuk sup hangat dengan kuah kimchi? Cobalah gunakan produk ini! Produk ini memiliki rasa kimchi yang tidak begitu pedas sehingga sangat cocok untuk Anda yang tidak bisa makan pedas. Kemasannya yang menggunakan botol membuat produk ini praktis untuk digunakan.

Selain kimchi, produk ini juga memakai bahan dari laut yang semakin menambah rasa seperti rumput laut dan ekstrak seafood. Anda yang alergi dengan makanan laut disarankan untuk tidak menggunakan produk ini, ya! Produk ini juga tidak direkomendasikan untuk Anda yang muslim karena produk ini mengandung alkohol dan babi.

8. Tae Kyung Red Pepper Powder

8. Tae Kyung Red Pepper Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Pedasnya nikmat, harganya paling ramah di kantong

Pada musim hujan, makanan dengan kuah hangat sudah tentu menjadi makanan yang paling diinginkan. Apalagi ditambah dengan rasa pedas yang semakin membuat nikmat makanan. Nah, cabai bubuk yang satu ini selain dapat menambah kenikmatan hidangan yang Anda sajikan, juga dapat menambah nilai visual dengan warna merah pekatnya.

Semangkuk mie kuah ditambah sesendok cabai bubuk dari Tae Kyung ini merupakan salah satu hidangan yang bisa Anda coba. Tentu saja, produk ini juga dapat membuat kimchi dengan rasa dan penampilan yang sempurna. Mengingat harganya sangat terjangkau, produk ini adalah pilihan tepat bila Anda memiliki dana terbatas.

7. Mizkan Kimchi Nabe Soup Base

7. Mizkan Kimchi Nabe Soup Base

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 125.000

Minyak ayam bikin rasanya makin gurih!

Menonton acara makan-makan TV Korea membuat Anda lapar dan ingin mencoba membuatnya? Sebelum Anda mencoba memasak hidangan Korea yang sulit, cobalah memasak sup kimchi dengan produk dari Mizkan ini! Anda dapat dengan mudah memasak sup kimchi ala Korea hanya dengan memasukkan bumbu sup ini.

Produk ini juga dapat Anda gunakan untuk memasak nabe ala Jepang dengan rasa Korea. Apalagi, kandungan minyak ayam di dalamnya akan membuat masakan Anda menjadi semakin harum dan gurih sehingga sangat cocok bila Anda ingin membuat masakan yang lezat tanpa repot menambahkan bumbu lainnya.

6. Shinsunmi Gochugaru

6. Shinsunmi Gochugaru

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 98.000

Bumbu pas untuk membuat berbagai makanan khas Korea

Anda pasti setuju bahwa warna merah akan membuat makanan jadi terlihat lebih menarik dan menggugah selera. Dengan produk gochugaru satu ini, Anda bisa bebas bereksperimen membuat berbagai masakan ala Korea, mulai dari kimchi, tteokbokki, buldak, bulgogi, hingga sekadar membuat ramyeon.

Penambahan bumbu ini pada masakan ala Korea buatan Anda akan membuat memiliki rasa pedas yang pas plus gurih. Jika ingin bereksperimen lebih lanjut, Anda juga bisa mencoba memasukkan bubuk cabai ini di hidangan Indonesia yang akan Anda masak seperti seblak atau balado telur, lho!

5. Chongga Touch of Spice Kimchi Base

5. Chongga Touch of Spice Kimchi Base

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 130.000

Inilah yang Anda perlukan! Saus kimchi jenis paste yang cepat dan praktis

Kini Anda tidak perlu repot lagi untuk membuat kimchi yang enak dan bergizi karena produk ini memungkinkan Anda membuat kimchi dalam waktu singkat. Anda hanya perlu mencampurnya dengan sawi putih atau bahan lainnya, dan Anda sudah dapat menikmati kimchi yang enak.

Produk ini juga dikemas dengan kemasan yang praktis sehingga Anda tidak perlu repot untuk membuka dan menutup kemasannya saat membuat kimchi dalam porsi sedikit atau banyak. Bila Anda mengutamakan kepraktisan dan kemudahan membuat kimchi, tentus saus kimchi tipe paste inilah solusinya.

4. Daisho Miso Kimchi Soup Base

4. Daisho Miso Kimchi Soup Base

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 81.000

Unik! Gabungan 2 rasa Korea dan Jepang untuk sup hangat Anda

Jika Anda penggemar masakan Korea dan Jepang, Anda harus mencoba produk yang satu ini. Produk yang memiliki rasa unik dari campuran miso dan kimchi semakin menambah cita rasa di mangkuk sup hangat Anda. Rasa fermentasi kacang kedelai dari miso dan fermentasi cabai dari kimchi tentu merupakan campuran yang sempurna.

Produk ini juga memiliki tingkat kepedasan menengah sehingga cocok untuk Anda yang tidak begitu suka pedas. Selain miso kacang kedelai, produk ini juga memakai miso beras. Semakin nikmat dengan tambahan bahan minyak wijen dan bawang putih. Yuk, hangatkan diri Anda dengan semangkuk sup rasa miso dan kimchi!

3. Samwon Gochugaru Halus

3. Samwon Gochugaru Halus

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 98.000

Produk impor halal dengan hasil visual hidangan yang menggiurkan

Bila Anda menginginkan produk yang diklaim halal dan bebas alkohol, ini dia pilihannya! Tenang saja, meski produk ini tidak mengandung alkohol, rasanya tetap menggigit dan akan bikin Anda kepedasan. Warnanya pun agak oranye dan akan membuat seluruh masakan Anda terlihat semakin menggugah.

Anda dapat membuat beragam hidangan dengan bubuk cabai halus ini. Ketika Anda gunakan untuk membuat berbagai masakan berkuah, tekstur halus tersebut membuatnya sangat mudah larut dan tidak menggumpal. Bila Anda menginginkan tampilan merah pekat, Anda juga bisa mencoba varian bubuk kasarnya.

2. S&B Kimchee Marinade

2. S&B Kimchee Marinade

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 280.000

Semakin kaya rasa dengan campuran ikan teri dan rumput laut!

Tidak hanya mengandung bawang, produk ini juga mengandung bahan tambahan spesial berupa apel dan jahe sehingga memiliki rasa dan aroma yang khas. Kombinasi rasa cabai super pedas dipadu dengan cabai dengan tingkat kepedasan sedang akan menghasilkan rasa gurih pedas yang terasa mantap di lidah Anda.

Ditambah dengan adanya kandungan bahan laut berupa campuran rumput laut plus ikan teri, saus kimchi ini tentu akan membuat masakan Anda semakin kaya rasa. Bila Anda menginginkan saus kimchi dengan cita rasa yang sangat unik dan memorable, tidak perlu ragu untuk segera membeli produk ini.

1. Momoya Kimchee Base

1. Momoya Kimchee Base

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.000

Aroma dan rasanya yang tajam bikin lidah bergoyang

Saus kimchi ini memakai banyak sayur dan buah dalam kandungannya, seperti wortel, apel, dan jeruk sehingga rasanya menjadi semakin gurih. Dibuat menggunakan cabai kualitas terbaik, produk ini mampu membuat Anda mandi keringat dengan rasanya yang sangat pedas terutama ketika dipadukan dengan makanan panas berkuah.

Apalagi, saus kimchi ini juga telah diproses secara khusus sehingga mampu mempertahankan secara optimal cita rasa dan aroma pedasnya yang sangat natural sekaligus tajam. Bila Anda ingin merasakan sensasi pedas maksimal kimchi dalam setiap masakan Anda, saus kimchi keluaran Momoya ini adalah jawaban terbaik.

Gunakan seluruhnya! Cara pemakaian saus kimchi

Bagaimana rekomendasi saus kimchi yang sudah direkomendasikan? Apakah Anda sudah menemukan saus kimchi yang sesuai selera Anda? Jika Anda sudah menemukannya, tentu Anda tidak ingin ada yang terbuang, bukan? Kali ini, kami akan menjelaskan berbagai cara pemakaian saus kimchi.

Kombinasikan dengan berbagai bahan makanan

Kombinasikan dengan berbagai bahan makanan

Salah satu cara seru lain dalam menggunakan saus kimchi adalah dengan mencampurnya ke berbagai bahan makanan berbeda. Cobalah bereksperimen menggunakan saus kimchi untuk membuat masakan baru bagi keluarga Anda.

Bahan-bahan yang cocok untuk dicampur dengan kimchi adalah jenis sayur yang sering dijadikan asinan di Korea. Contohnya kubis, terong, kubis, lobak, mentimun, dan sebagainya. Selain itu, lokio juga merupakan salah satu bahan populer di Korea sebagai bahan untuk membuat kimchi.

Gunakan kembali bahan makanan yang tersisa

Saus kimchi juga bisa digunakan sebagai bumbu masak. Hal ini disebabkan saus kimchi memiliki rasa umami sehingga akan membuat masakan Anda menjadi lebih sedap dan dapat Anda jadikan sebagai menu masakan harian Anda

Langsung campur dan siap santap!

Langsung campur dan siap santap!

Cara yang paling mudah untuk menggunakan makanan sisa adalah mencampurkannya dengan saus kimchi. Anda bisa mencampurkannya dengan cuka, Anda juga bisa memakannya dengan selada atau berbagai side dish lainnya. Kimchi juga sangat cocok untuk hidangan laut, karena itu jika Anda punya sisa sashimi di rumah cobalah merebusnya dan tambahkan dengan saus kimchi.

Kemudian, nafsu makan Anda juga dapat meningkat jika memakannya sebagai salad dengan selada, kubis, dan sebagainya. Anda juga dapat mencampurkan taoge dengan saus kimchi jenis paste. Hidangan-hidangan ini dapat Anda coba sebagai makanan pembuka.

Tambahkan ke makanan sebagai bumbu tambahan

Tambahkan ke makanan sebagai bumbu tambahan

Jika saus kimchi Anda tersisa sedikit, bagaimana kalau Anda coba campurkan dengan makanan Anda agar bercita rasa kimchi? Dengan cara ini, mungkin makanan yang kurang Anda sukai bisa jadi bercita rasa lebih enak dan membuat Anda mau memakannya.

Hidangan yang direkomendasikan untuk cara ini adalah siomay, paprika isi daging, kol gulung, dan jenis makanan lainnya. Hanya dengan menambahkan sedikit saus kimchi, rasa makanan tersebut akan berubah. Memakan hidangan dengan saus kimchi seperti ini juga akan membuat tubuh Anda hangat sehingga cocok dimakan saat cuaca sedang dingin.

Saus kimchi sebagai pendamping makanan

Saus kimchi sebagai pendamping makanan

Selain cara-cara di atas, Anda bisa menggunakan saus kimchi jenis paste sebagai saus. Bagi yang suka pedas dapat mencobanya langsung tanpa tambahan bumbu lainnya. Akan tetapi, bagi Anda yang tidak suka pedas, Anda dapat mencoba dengan cara memanaskannya sebentar kemudian dicampur sedikit gula dan madu.

Cara ini dapat Anda coba dengan jenis hidangan yang digoreng seperti ayam goreng dan katsu. Rasanya akan menjadi lebih menyegarkan. Anda juga dapat menambahkan sedikit biji wijen dan cuka sebagai hiasan.

Cocok untuk masakan Cina

Cocok untuk masakan Cina

Bahan utama dari kimchi adalah cabai, karena itu saus kimchi sangat cocok digunakan untuk masakan Cina. Anda juga bisa menggunakannya sebagai pengganti pea sauce. Saus kimchi cocok Anda gunakan untuk memasak mapo tahu, sayur rebung, dan berbagai masakan Cina lainnya.

Dengan menggunakan saus kimchi, Anda tetap bisa memperoleh cita rasa pedas, bahkan pada saat cabai sedang langka. Jika Anda mau, sesekali cobalah untuk tidak menggunakan saus kacang untuk masakan Cina dan menggantinya dengan saus kimchi.

Saus kimchi untuk berbagai masakan rumahan

Banyak yang sudah mengetahui resep penggunaan saus kimchi dalam hidangan rumahan. Meski begitu, kami akan tetap menjelaskan kepada berbagai cara pemakaian saus kimchi dalam masakan rumahan yang klasik.

Sup yang dapat menghangatkan tubuh Anda

Sup yang dapat menghangatkan tubuh Anda

Hidangan pertama yang akan kami perkenalkan adalah sup. Ada berbagai macam jenis sup yang dapat digunakan dengan saus kimchi seperti sup seafood, sup tahu, dan sup kimchi. Selain itu, ramen dan mie berkuah juga sangat cocok dengan saus kimchi. Anda hanya perlu memasukkan sedikit saus kimchi dan jadilah hidangan yang lezat. Bila Anda menggunakan saus kimchi untuk sup pembakar lemak yang belakangan ini sedang populer, tentu hasilnya juga akan semakin optimal.

Hanya dengan menambah saus kimchi ke dalam sup, Anda bisa mendapatkan sebuah hidangan yang nikmat. Mudah, bukan? Hangatkanlah tubuh Anda dengan memakan sup rasa kuah kimchi di hari yang dingin.

Sebagai hidangan utama

Sebagai hidangan utama

Salah satu hidangan utama yang dapat Anda masak dengan saus kimchi adalah tumis daging. Tentunya hidangan ini dapat dimasak dengan mudah dengan saus kimchi. Tentu saja Anda juga bisa mencampurkannya dengan berbagai lauk yang Anda goreng.

Ketika Anda sedang tidak nafsu makan karena cuaca dingin, Anda dapat mencobanya sebagai bumbu di hidangan utama. Saus kimchi sangat cocok dimasak dengan daging babi, ayam, sapi, gurita, udang, dan kepiting. Selain itu, saus kimchi juga sangat cocok dimasak untuk oseng jamur.

Hidangkan dengan nasi

Hidangkan dengan nasi

Mari buat hidangan yang paling mudah menggunakan saus kimchi seperti nasi goreng dan mie goreng kimchi. Bila Anda sudah mendapatkan takaran yang tepat, menu sederhana seperti nasi goreng dan mie goreng tadi pun akan terasa sangat menggugah selera!

Di samping menu tadi, ternyata pasta pun dapat diberi bumbu kimchi putih, lho! Bagi Anda yang tidak tahu, pasta juga dapat dimasak dengan saus kimchi putih karena terdapat bawang putih di dalamnya. Dengan begitu, Anda dapat mendapatkan cita rasa pasta aglio e olio yang unik. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Kesimpulan

Itulah berbagai macam saus kimchi yang sangat mudah diolah dan kaya akan rasa. Dari beragam produk yang kami rekomendasikan, apakah Anda sudah menemukan saus kimchi yang ingin Anda beli? Jika sudah, masaklah hidangan lezat menggunakan saus kimchi untuk keluarga tercinta.

Anda juga bisa menggunakan teknik memasak yang sudah kami jelaskan di atas. Silakan jadikan artikel ini sebagai bahan referensi Anda untuk memasak hidangan dengan saus kimchi yang enak dan bergizi!