1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Bumbu & bahan masakan
  6. >
  7. 8 Saus Kimchi Korea Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023)
  • 8 Saus Kimchi Korea Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 8 Saus Kimchi Korea Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 8 Saus Kimchi Korea Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 8 Saus Kimchi Korea Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 8 Saus Kimchi Korea Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 5

8 Saus Kimchi Korea Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023)

Kimchi merupakan salah satu masakan tradisional Korea. Selain enak, kimchi juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Namun, tidak seperti di Korea, membuat kimchi di Indonesia tidaklah mudah. Karena itu, keberadaan saus kimchi sangat dibutuhkan.

Nah, kami akan menjelaskan beberapa poin dalam memilih saus kimchi yang enak. Selain itu, kami akan membagikan cara penyajian saus kimchi yang benar dan merekomendasikan produk-produknya. Ada saus gochujang merek Haechandle serta Oppa Saus Kimchi dari Java Super Food. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy. Jadi, baca artikelnya sampai tuntas!

Diperbaharui 05-14-2022
Pakar
Home Cook, Influencer
Mariska Tracy

Mantan wartawan salah satu majalah remaja terbesar di Indonesia ini pernah menulis buku nonfiksi dan fiksi. Mariska juga pernah menjadi content writer di sebuah online travel agent. Setelah menikah, Mariska aktif memasak dan baking. Ia kerap berbagi resep masak dan baking di Instagram melalui foto dan video masak. Dari hobi tersebut, akhirnya Mariska aktif mengikuti aneka lomba fotografi makanan dan lomba memasak. Ia cukup sering pula meraih gelar juara. Mariska kemudian ikut MasterChef Indonesia dan berhasil menjadi finalis di MasterChef Indonesia season 7, hingga menduduki peringkat Top 10. Kini, Mariska aktif menjadi content creator di bidang memasak. Selain aktif berbagi resep, Mariska juga kerap me-review aneka jajanan, aneka produk memasak, cookware, dan aneka peralatan dapur.

Profil Mariska Tracy
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa itu kimchi?

Apa itu kimchi?

Kimchi adalah makanan tradisional Korea. Varian kimchi sangat banyak, ada kimchi sawi, kimchi lobak, kimchi daun bawang, dan banyak lagi. Setiap daerah biasanya memiliki resep yang berbeda untuk membuat kimchi. Namun, semua kimchi akan dilumuri saus kimchi yang terbuat dari bawang putih, jahe, saus ikan, dan bubuk cabai (gochugaru). Setelah proses tersebut, kimchi akan difermentasi.


Karena termasuk makanan hasil fermentasi, kimchi memiliki cita rasa asam, pedas, dan umami. Meski rasanya cenderung asam dan pedas, kimchi merupakan salah satu jenis makanan sehat, lho! Probiotik yang ada di dalam kimchi baik untuk pencernaan. Selain itu, kimchi juga kaya akan vitamin A, vitamin C, beta-karoten, dan rendah kalori.

Karakteristik saus kimchi

Karakteristik saus kimchi

Karakteristik saus kimchi, khususnya saus kimchi kemasan, berbeda-beda. Ada saus kimchi yang cenderung kental atau lengket, tetapi ada pula saus kimchi yang cair. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan airnya yang berkisar antara 61,60–82,99%


Selain itu, penggunaan gochugaru atau gochujang (bumbu pedas berbentuk pasta) juga memengaruhi karakteristik rasa saus dan kimchi yang dihasilkan. Saus kimchi yang menggunakan gochugaru memiliki rasa pedas dan aroma berasap. Sementara itu, gochujang memberikan sensasi pedas dengan sedikit rasa manis. Hal ini tentunya akan membuat rasa kimchi yang dihasilkan berbeda.


Beberapa pihak menyebutkan bahwa gochujang tidak bisa digunakan untuk membuat saus kimchi dan keduanya tidak bisa saling menggantikan. Namun, ada juga beberapa pihak yang menyebutkan bahwa keduanya dapat digunakan untuk membuat saus kimchi. Dalam hal ini, Anda dapat menyesuaikannya dengan selera pribadi.

Cara memilih saus kimchi Korea

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih saus kimchi. Temukanlah produk yang paling sesuai dengan selera Anda.

① Pilih jenis saus kimchi berdasarkan cara membuatnya

Meski memiliki nama yang sama, ternyata ada beragam jenis saus kimchi. Perbedaan ini membuat tahapan untuk membuat kimchi-nya berbeda. Cara penyimpanan setiap jenis saus kimchi juga berbeda. Untuk penjelasan lebih jelasnya, silakan baca poin-poin di bawah ini.

Saus kimchi non instan, memberikan cita rasa autentik Korea

Saus kimchi non instan, memberikan cita rasa autentik Korea
Apabila Anda ingin membuat kimchi dengan cita rasa autentik Korea, pilihlah saus kimchi dengan rasa orisinal. Sayuran yang hendak Anda jadikan kimchi harus diberi garam, lalu dicampur dengan saus kimchi untuk diawetkan.

 

Proses tersebut memang memerlukan lebih banyak tenaga karena bahan tambahan ditambahkan secara manual. Meskipun begitu, Anda akan mendapatkan rasa kimchi yang lebih autentik dan dapat menikmati proses pembuatannya dari awal hingga akhir. Kimchi yang dihasilkan pun lebih tahan lama (bisa awet hingga 3–6 bulan) sehingga cocok untuk yang rutin makan kimchi.

Saus kimchi siap saji, praktis dan bisa digunakan langsung

Saus kimchi siap saji, praktis dan bisa digunakan langsung

Apabila Anda ingin makan kimchi dalam porsi sedikit, disarankan memilih produk yang bisa langsung dicampurkan ke sayur. Hal ini tentu akan sangat membantu, terutama kalau Anda memiliki sisa sayuran. Dengan menggunakan saus kimchi siap saji, Anda bisa langsung mengaduknya dengan sayuran. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mengasinkan sayuran terlebih dahulu.


Karena sayurnya tidak diasinkan, jenis ini tentu tidak tahan lama dibandingkan saus kimchi yang diasinkan. Oleh sebab itu, Anda bisa membaginya dalam jumlah kecil dengan meletakkannya ke dalam botol-botol kecil dan menyimpannya di kulkas. Dengan saus kimchi ini, Anda bisa mencoba menggunakan beragam jenis sayuran selain sawi putih. 

② Cari tahu rasanya agar sesuai dengan lidah Anda

Sama seperti ketika membeli makanan lainnya, Anda akan cenderung memilih saus kimchi dengan rasa favorit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui rasa favorit serta tingkat kepedasan yang sesuai selera Anda.

Rasa pedas, untuk cita rasa asli kimchi Korea

Rasa pedas, untuk cita rasa asli kimchi Korea
Untuk Anda yang menyukai rasa pedas, pilihlah saus kimchi yang memiliki rasa pedas ala kimchi asli Korea. Periksalah bahan-bahan dan jumlah cabai yang digunakan pada setiap saus. Apabila tidak ada informasi lengkap mengenai bahan-bahan yang digunakan, pastikan jumlah cabai tertulis pada bagian teratas.

Rasa dan aroma pedas yang tidak tajam, kimchi putih pilihannya

Rasa dan aroma pedas yang tidak tajam, kimchi putih pilihannya
Jika Anda menyukai kimchi, tetapi tidak ingin terlalu pedas, disarankan untuk memilih kimchi putih (baek kimchi) atau kimchi air. Dengan memilih kedua jenis kimchi tersebut, Anda bisa menikmati rasa asam kimchi yang menyegarkan. Ya, kimchi yang tidak pedas ini memiliki rasa yang tak terlalu tajam karena waktu perendamannya tidak lama.

Untuk bumbunya sendiri sebenarnya sama saja seperti kimchi pada umumnya, hanya saja cabenya tidak dimasukkan. Namun, ada juga yang membuatnya tanpa saus ikan dan bubur tepung. Hal ini biasanya disesuaikan selera pribadi. Sayangnya, jenis ini masih jarang ditemui di toko online Indonesia. Mungkin Anda bisa membelinya sebagai buah tangan saat berkunjung ke Korea.

③ Coba saus jenis paste untuk digunakan dalam beragam masakan

Coba saus jenis paste untuk digunakan dalam beragam masakan
Saus kimchi jenis paste sangat cocok untuk Anda yang berniat membuat masakan lain selain kimchi. Hal ini dikarenakan saus kimchi jenis paste lebih mudah digunakan dibandingkan jenis bubuk. Di pihak lain, kebanyakan kemasannya juga berbentuk botol atau plastik sehingga lebih mudah digunakan dan disimpan.

Jika sudah menguasai cara penggunaannya, Anda dapat menggunakan saus kimchi ini sebagai bumbu dasar berbagai hidangan. Artinya, Anda dapat menggunakannya untuk bermacam-macam masakan, tak hanya masakan Korea. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakannya untuk memasak ramyun, nasi goreng, mi goreng, atau dijadikan bumbu marinasi daging.

8 Rekomendasi saus kimchi Korea terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan delapan saus kimchi Korea terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Delapan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mariska Tracy.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

KIKKOMAN

Gochujang

KIKKOMAN Gochujang 1枚目

Bumbu yang pas untuk berbagai makanan khas Korea

2

CheilJedang

Haechandle Saus Gochujang

CheilJedang Haechandle Saus Gochujang 1枚目

Nikmati kimchi pedas nan autentik seperti di Korea

3

Java Super Food

Oppa! Oppa Saus Kimchi

Java Super Food Oppa! Oppa Saus Kimchi 1枚目

Bikin kimchi yang tidak pedas tanpa ribet, yuk!

4

Taeyang

Saus Kimchi

Taeyang Saus Kimchi 1枚目

Campurkan, nikmati, dan simpan sisanya di dalam kulkas!

5

Java Super Food

Saus Gochujang

Java Super Food Saus Gochujang 1枚目

Sensasi kombo! Aroma dan rasanya sama-sama pedas!

6

Monster Kitchen

Kimchi Base

Monster Kitchen Kimchi Base 1枚目

Ingin sensasi rasa asam atau tidak? Tentukan saja sendiri!

7

Momoya

Kimchi no Moto

Momoya  Kimchi no Moto 1枚目

Aroma dan rasanya yang tajam bikin lidah bergoyang

8

Yamasa

Kimchi Nabe Tsuyu

Yamasa  Kimchi Nabe Tsuyu 1枚目

Nikmati semangkuk sup kimchi yang kaya rasa

9

Maeil

Spicy Sauce for Vegetable Kimchi

Maeil Spicy Sauce for Vegetable Kimchi 1枚目

Paling cepat dan praktis untuk disajikan

10

S&B Foods

Kimchee Marinade

S&B Foods Kimchee Marinade 1枚目

Ukuran botol paling besar, pas untuk stok!

Perincian produk
Close
No.1

Bumbu yang pas untuk berbagai makanan khas Korea

Dengan produk ini, Anda bisa bebas bereksperimen membuat berbagai jenis masakan Korea. Mulai dari kimchi, tteokbokki, buldak, bulgogi, hingga ramyeon. Alhasil, masakan Anda akan memiliki rasa pedas dengan sedikit rasa manis yang luar biasa. Produk ini merupakan pilihan tepat untuk Anda yang senang mengeksplorasi masakan Korea.
No.2

CheilJedangHaechandle Saus Gochujang

Mulai dari Rp27.000,00

Nikmati kimchi pedas nan autentik seperti di Korea

Kalau Anda berencana membuat kimchi dengan produk ini, siapkan bawang putih, jahe, madu, kecap ikan, minyak wijen, dan gula. Jika bahan-bahannya sudah ada, aduk semuanya dan campur dengan sawi yang sudah dipotong. Setelah itu, simpan di dalam kulkas. 


Prosesnya memang panjang, tetapi Anda akan mendapatkan rasa kimchi yang autentik. Apalagi merek ini terkenal sebagai brand makanan nomor satu di Korea. Tambahan lagi, jika ingin mendapatkan sensasi lebih pedas, Anda juga dapat menambahkan gochugaru saat membuat bumbu kimchi.

No.3

Java Super FoodOppa! Oppa Saus Kimchi

Mulai dari Rp30.000,00

Bikin kimchi yang tidak pedas tanpa ribet, yuk!

Anda sangat menyukai kimchi, tetapi sering kewalahan dengan rasa pedasnya? Kalau begitu, coba lirik produk ini! Saus kimchi ini memang berwarna merah, tetapi rasanya tidak pedas sehingga cocok untuk Anda yang tidak suka pedas. Meskipun rasanya tidak pedas, kimchi yang dihasilkan tetap terasa khas di lidah. Bagaimana? Anda tertarik untuk membeli dan membuat kimchi sendiri di rumah?

No.4

TaeyangSaus Kimchi

Mulai dari Rp25.990,00

Campurkan, nikmati, dan simpan sisanya di dalam kulkas!

Saat cuaca dingin, memang paling nikmat mengonsumsi mi instan dengan kimchi sambil nonton drakor. Agar stok kimchi di kulkas selalu aman, kami sarankan untuk membeli saus ini. Anda hanya perlu mencampur saus dengan sawi dan sayuran lain tanpa harus merendamnya dahulu. Setelah itu, kimchi tinggal disimpan dan dinikmati kapan saja. Bumbu ini juga dikemas dalam botol sehingga tidak mudah tumpah.
No.5

Java Super FoodSaus Gochujang

Mulai dari Rp16.000,00

Sensasi kombo! Aroma dan rasanya sama-sama pedas!

Rasa memang sangat vital dalam sebuah makanan, tetapi aroma kerap memberikan sensasi tersendiri pada masakan. Karena itu, kami merekomendasikan produk ini. Bumbu kimchi ini memiliki aroma dan rasa yang pedas. Alhasil, Anda akan mendapatkan kenikmatan ganda ketika menyantap kimchi-nya. Rasa saus kimchi ini makin spesial karena dibuat menggunakan bahan berkualitas.
No.6

Monster KitchenKimchi Base

Mulai dari Rp45.500,00

Ingin sensasi rasa asam atau tidak? Tentukan saja sendiri!

Kimchi Base buatan Monster Kitchen ini memberikan rasa asin, pedas, segar, gurih, dan tidak asam. Cocok untuk Anda yang belum terbiasa dengan citarasa asam khas kimchi. Meskipun begitu, Anda yang menyukai kimchi dengan sensasi asam juga bisa menggunakan saus tanpa pengawet dan MSG ini. Anda hanya perlu menyimpan kimchi di suhu ruang dan membiarkannya mengalami proses fermentasi.
No.7

Aroma dan rasanya yang tajam bikin lidah bergoyang

Momoya Kimchi no Moto mengandung banyak sayur dan buah seperti bawang putih mentah, apel, jahe, dan jeruk. Karena itu, tidak heran bila produk ini sangat kaya rasa dan mirip dengan rasa saus kimchi asli Korea. Saus kimchi ini juga diproses dengan teknologi khusus sehingga mampu mempertahankan cita rasa dan aroma pedasnya.

Saus ini juga diolah tanpa menggunakan pemanas sehingga sifat antibakteri dari bawang putih mentahnya masih terjaga. Apabila Anda menginginkan saus kimchi berkualitas tinggi, silakan mencoba produk ini.

No.8

Yamasa Kimchi Nabe Tsuyu

Mulai dari Rp65.000,00

Nikmati semangkuk sup kimchi yang kaya rasa

Anda ingin membuat sup kimchi tanpa ribet? Cobalah gunakan produk ini! Selain pedas, saus kimchi ini memiliki perpaduan rasa yang enak, lho! Bagaimana tidak, produk ini memasukkan gochujang (pasta kimchi) ke dalamnya.

Untuk menambah rasa nikmat pada sup, produk ini juga dilengkapi bahan makanan dari laut seperti rumput laut dan ekstrak seafood. Sup kimchi Anda pun akan makin kaya rasa. Namun, apabila Anda alergi dengan makanan laut, disarankan untuk tidak menggunakan produk ini.

No.9

MaeilSpicy Sauce for Vegetable Kimchi

Mulai dari Rp36.115,00

Paling cepat dan praktis untuk disajikan

Bagi Anda yang sering diburu oleh waktu, pemilihan saus kimchi siap saji ini dapat menjadi solusi. Dengan produk ini, Anda bisa menikmati kimchi dalam sekejap! Anda hanya perlu mencampurkan sawi putih, minyak wijen, dan saus kimchi ini ke dalam mangkuk sebelum dikonsumsi. Untuk menambah rasa, tak ada salahnya menambahkan wortel, daun bawang, atau kucai. Praktis, bukan?
No.10

Ukuran botol paling besar, pas untuk stok!

Jika Anda memiliki usaha makanan Korea, tak ada salahnya menggunakan Kimchee Marinade dari S&B Foods ini. Dengan isi botolnya yang banyak, Anda tak perlu repot berulang kali membeli saus kimchi sebagai stok.

Saus kimchi ini memiliki perpaduan rasa antara cabai superpedas dengan cabai yang tingkat kepedasannya sedang. Produk ini juga mengandung rumput laut, ikan teri, dan kecap. Hasilnya, tentu saja saus kimchi dengan rasa gurih pedas yang terasa mantap di lidah.

Cara pemakaian saus kimchi Korea

Bagaimana rekomendasi saus kimchi yang sudah kami berikan? Apakah Anda sudah menemukan saus kimchi yang sesuai selera? Jika sudah menemukannya, tentu Anda tidak ingin ada saus yang terbuang, bukan? Nah, sekarang kami akan menjelaskan berbagai cara pemakaian saus kimchi.

Silakan bereksperimen dengan beragam sayuran

Silakan bereksperimen dengan beragam sayuran

Salah satu cara seru dalam menggunakan saus kimchi adalah mencampurkannya ke berbagai bahan makanan berbeda. Cobalah bereksperimen menggunakan saus kimchi untuk membuat masakan baru bagi keluarga Anda.


Umumnya, sayur yang sering dipakai adalah sawi putih, tetapi saus kimchi bisa juga dicampur dengan sayuran lainnya. Alhasil, kimchi yang dihasilkan punya warna yang beragam, cantik, dan gizinya juga makin bertambah.


Bahan-bahan yang cocok untuk dicampur dengan kimchi adalah sayur-mayur yang sering dijadikan asinan di Korea. Beberapa di antaranya adalah kubis, terung, lobak, mentimun, dan sebagainya. Selain itu, lokio juga merupakan salah satu bahan yang sering digunakan di Korea untuk membuat kimchi.

Coba juga campurkan dengan makanan lainnya

Saus kimchi juga bisa dicampurkan dengan makanan lain (selain sayuran) dan digunakan sebagai bumbu masak. Hal ini dikarenakan saus kimchi memiliki berbagai macam rasa sehingga akan membuat masakan Anda menjadi lebih sedap. Anda pun dapat menjadikannya sebagai menu masakan harian.

Langsung campur, mudah dan bisa siap santap

Langsung campur, mudah dan bisa siap santap
Cara yang paling mudah untuk mengolah makanan sisa adalah mencampurkannya dengan saus kimchi. Setelah itu, Anda bisa menambahkan cuka sehingga makanan sisa dapat diubah jadi lauk atau side dish lain. Kimchi juga sangat cocok dengan hidangan laut. Karena itu, bila Anda memiliki sisa sashimi atau ikan di rumah, cobalah merebusnya dan tambahkan saus kimchi.

Disarankan juga menambah saus kimchi pada salad sayur seperti selada, kubis, dan sebagainya. Selain itu, Anda dapat mencampurkan taoge dengan saus kimchi jenis paste. Hidangan-hidangan ini dapat Anda coba sebagai makanan pembuka. Kimchi juga bisa jadi isian kimbab, topping roti panggang, campuran bibimbab, campuran sup, dan lain-lain.

Bumbu tambahan, memberi sensasi baru pada makanan

Bumbu tambahan, memberi sensasi baru pada makanan

Saus kimchi memang mantap untuk menghasilkan rasa asam, pedas, juga manis pada masakan. Jika saus kimchi Anda tersisa sedikit, tidak ada salahnya mencoba mencampurkannya dengan menu makanan Anda. Hal ini akan membuat makanan Anda bercita rasa kimchi. Dengan cara ini, makanan yang kurang disukai mungkin jadi terasa lebih enak karena ada sensasi rasa baru saat dimakan.


Hidangan yang disarankan untuk dimasak dengan cara ini adalah siomai, paprika isi daging, kol gulung, dan lainnya. Hanya dengan menambahkan sedikit saus kimchi, rasa makanan tersebut akan berubah. Memakan hidangan dengan saus kimchi seperti ini juga akan membuat tubuh Anda hangat. 

Pendamping makanan, bisa dijadikan pengganti saus

Pendamping makanan, bisa dijadikan pengganti saus

Selain cara-cara di atas, Anda bisa menggunakan saus kimchi jenis paste sebagai saus. Bila Anda suka pedas, silakan mencobanya langsung tanpa tambahan bumbu lain. Namun, jika Anda tidak suka pedas, disarankan untuk memanaskannya sebentar, kemudian dicampur dengan sedikit gula atau madu.


Cara ini dapat Anda coba dengan jenis hidangan yang digoreng seperti ayam goreng dan katsu. Setelah disiram saus kimchi, rasa hidangan tersebut akan menjadi lebih segar dan menghasilkan masakan Asia dengan cita rasa unik. Anda juga dapat menambahkan sedikit biji wijen dan cuka sebagai hiasan.

Bahan pelengkap, penting untuk mengolah masakan Cina

Bahan pelengkap, penting untuk mengolah masakan Cina

Bahan utama dari kimchi adalah cabai. Karena itu, saus kimchi sangat cocok digunakan untuk masakan Cina. Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai pengganti pea sauce. Saus kimchi cocok digunakan untuk memasak mapo tahu, sayur rebung, dan berbagai masakan Cina lainnya.


Dengan menggunakan saus kimchi, Anda bisa memperoleh cita rasa pedas, bahkan pada saat cabai sedang langka. Jika Anda mau, cobalah ganti saus kacang pada masakan Cina dengan saus kimchi. Namun, penggunaannya jangan terlalu banyak supaya orang yang mengonsumsi tidak kaget dengan rasanya. Terlebih, tidak semua orang Indonesia suka dengan kimchi.

Saus kimchi untuk berbagai masakan rumahan

Banyak yang sudah mengetahui resep penggunaan saus kimchi dalam hidangan rumahan. Meskipun begitu, kami akan tetap menjelaskan berbagai cara pemakaian saus kimchi dalam masakan rumahan yang klasik.

Hidangan berkuah, mulai dari sup hingga ramen

Hidangan berkuah, mulai dari sup hingga ramen

Hidangan pertama yang akan kami perkenalkan adalah sup. Ada berbagai macam jenis sup yang dapat dipadukan dengan saus kimchi. Beberapa di antaranya adalah sup tahu dan sup seafood. Selain itu, ramen dan mi berkuah juga sangat cocok dengan saus kimchi. Anda hanya perlu memasukkan sedikit saus kimchi, lalu jadilah hidangan yang lezat.


Hanya dengan menambah saus kimchi ke dalam sup, Anda bisa mendapatkan sebuah hidangan yang nikmat. Mudah, bukan? Hangatkanlah tubuh Anda dengan memakan sup rasa kuah kimchi pada hari yang dingin.

Hidangan tumis, daging atau jamur semuanya bisa

Hidangan tumis, daging atau jamur semuanya bisa

Salah satu hidangan utama yang dapat Anda masak dengan saus kimchi adalah tumis daging. Tentunya hidangan ini dapat dimasak secara mudah dengan saus kimchi. Anda juga bisa mencampurkannya dengan berbagai lauk yang Anda goreng.


Ketika Anda sedang tidak nafsu makan, coba tambahkan saus kimchi sebagai bumbu di hidangan utama. Saus kimchi cocok dimasak dengan daging ayam, babi, sapi, gurita, udang, dan kepiting. Selain itu, saus kimchi juga cocok dimasak dengan oseng jamur.

Nasi atau mi goreng, menu sederhana yang menggugah selera

Nasi atau mi goreng, menu sederhana yang menggugah selera

Mari buat hidangan yang paling mudah dengan menggunakan saus kimchi, misalnya nasi goreng dan mi goreng kimchi. Bila Anda sudah mendapatkan takaran yang tepat, menu sederhana pun akan terasa sangat menggugah selera.


Di samping menu tadi, ternyata pasta pun cocok diberi bumbu kimchi putih, lho! Pasta bisa dimasak dengan saus kimchi putih karena terdapat bawang putih di dalamnya. Jadi, Anda bisa mendapatkan cita rasa pasta aglio e olio yang unik.

Baca juga rekomendasi makanan Korea lainnya di sini

Selain saus kimchi, masih ada berbagai jenis makanan khas Korea lain yang tidak kalah nikmat. Kalau Anda penasaran dengan kelezatan makanan tersebut, silakan cek artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

Itulah berbagai macam saus kimchi yang sangat mudah diolah dan kaya akan rasa. Dari beragam produk yang kami rekomendasikan, apakah Anda sudah menemukan saus kimchi yang ingin dibeli? Jika sudah, masaklah hidangan lezat menggunakan saus kimchi untuk keluarga tercinta.


Anda juga bisa menggunakan teknik memasak yang sudah kami jelaskan di atas. Silakan jadikan artikel ini sebagai bahan referensi untuk memasak hidangan dengan saus kimchi yang enak dan segar!
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer