• 10 Rekomendasi Saus Kimchi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Saus Kimchi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Saus Kimchi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Saus Kimchi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Saus Kimchi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Saus Kimchi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kimchi merupakan salah satu masakan tradisional Korea. Selain rasanya enak, kimchi juga dikenal karena manfaatnya untuk kesehatan. Namun, tidak seperti di Korea, membuat kimchi di Indonesia tidaklah mudah. Karena itu, keberadaan saus kimchi yang memiliki rasa khas dan kuat sangat dibutuhkan.

Nah, kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin dalam memilih saus kimchi. Selain itu, kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaik, serta cara penyajian saus kimchi yang benar. Ada berbagai merek seperti Momoya, S&B Foods, Daisho, dan lainnya yang bisa Anda pilih dalam daftar rekomendasi kami. Yuk, simak selengkapnya!

  • Pembaharuan terakhir: 02 Maret 2021
  • 6.354 Views
Daftar isi

Cara memilih saus kimchi Korea

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih saus kimchi. Temukanlah produk yang paling sesuai dengan selera Anda.

Pilih jenis saus kimchi berdasarkan cara membuatnya

Meski memiliki nama yang sama, ternyata ada beragam jenis saus kimchi yang dibedakan berdasarkan cara pembuatannya. Cara penyimpanan setiap jenis juga bisa berbeda satu sama lain. Jadi, silakan membaca poin ini dengan saksama.

Untuk cita rasa autentik Korea, pilih saus kimchi dengan rasa orisinal

Untuk cita rasa autentik Korea, pilih saus kimchi dengan rasa orisinal
Jika Anda ingin membuat kimchi dengan cita rasa autentik Korea, pilihlah saus kimchi dengan rasa orisinal. Sayuran yang hendak Anda jadikan kimchi harus diberi garam, lalu dicampur saus kimchi untuk diawetkan. Proses ini memang memerlukan lebih banyak tenaga, tetapi Anda akan mendapatkan rasa kimchi yang lebih autentik.

Selain itu, Anda dapat menikmati proses pembuatannya dari awal hingga akhir. Tentu menyenangkan, ya. Jika Anda memiliki kol atau sawi putih di rumah, mengapa tidak mencobanya sekarang? Siapa tahu Anda bisa menjadi ahli kimchi.

Jika Anda ingin membuat porsi kecil, pilih saus kimchi siap saji

Jika Anda ingin membuat porsi kecil, pilih saus kimchi siap saji
Jika Anda ingin makan kimchi dalam porsi sedikit, disarankan memilih produk yang bisa langsung dicampurkan ke sayur. Hal ini tentu akan sangat membantu, terutama bila Anda memiliki sisa sayuran. Dengan menggunakan saus kimchi siap saji, Anda bisa langsung mengaduknya dengan sayuran. Setelah itu, Anda bisa segera memakannya tanpa perlu repot mengasinkan sayuran terlebih dahulu.

Karena tidak diasinkan, jenis ini tentu tidak tahan lama dibandingkan saus kimchi yang diasinkan. Oleh sebab itu, Anda bisa membaginya dalam jumlah kecil dengan meletakkannya ke dalam botol-botol kecil. Selanjutnya, silakan menaruhnya di kulkas. Dengan saus kimchi ini, Anda bisa mencoba menggunakan beragam jenis sayuran selain sawi putih. 

Bila Anda ingin menyantapnya langsung, pilih saus kimchi instan

Bila Anda ingin menyantapnya langsung, pilih saus kimchi instan
Jika Anda ingin segera menyantap kimchi, silakan menggunakan saus kimchi yang instan. Jenis saus kimchi instan hanya memerlukan waktu lima belas menit hingga sehari untuk didiamkan sebelum dikonsumsi. Setelah itu, Anda dapat segera menyantapnya. Namun, tergantung pada produsennya, waktu tunggu setiap produk berbeda-beda. Jadi, silakan cek waktu tunggu masing-masing produk, ya!

Selain itu, ada pula saus kimchi yang dijual sebagai bumbu acar. Produk seperti ini sangat tepat untuk Anda yang ingin menyantap kimchi sebagai acar kapan pun Anda mau. Sayangnya, saus kimchi jenis ini masih sulit ditemukan di Indonesia.

Sesuaikan dengan selera dan rasa favorit Anda

Sama seperti ketika membeli makanan lainnya, Anda akan cenderung memilih saus kimchi dengan rasa favorit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui rasa favorit dan tingkat kepedasan yang sesuai selera Anda.

Rasa pedas untuk cita rasa asli kimchi Korea

Rasa pedas untuk cita rasa asli kimchi Korea
Untuk Anda yang menyukai rasa pedas, pilihlah saus kimchi yang memiliki rasa pedas ala kimchi asli Korea. Periksalah bahan-bahan dan jumlah cabai yang digunakan pada setiap saus. Jika tidak ada informasi lengkap mengenai bahan-bahan yang digunakan, pastikan jumlah cabai tertulis pada bagian teratas.

Kimchi putih untuk Anda yang tidak menyukai rasa dan aroma pedas yang tajam

Kimchi putih untuk Anda yang tidak menyukai rasa dan aroma pedas yang tajam
Jika Anda menyukai kimchi, tetapi tidak ingin terlalu pedas, disarankan untuk memilih kimchi putih atau kimchi air. Dengan memilih kedua jenis kimchi tersebut, Anda dapat menikmati rasa asam kimchi yang menyegarkan.

Kimchi ini memiliki rasa yang tidak terlalu tajam karena direndam dalam waktu yang tidak terlampau lama. Untuk mendapatkan rasa kimchi yang biasa, silakan mencampur saus kimchi dengan bahan makanan seperti sayuran dan buah. Dengan begitu, kimchi buatan Anda akan memiliki rasa yang tidak begitu pedas. Sayangnya, jenis ini masih jarang ditemui di toko online Indonesia. Mungkin Anda bisa membelinya sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Korea.

Untuk digunakan dalam beragam masakan, cobalah saus dengan jenis paste

Untuk digunakan dalam beragam masakan, cobalah saus dengan jenis paste
Saus kimchi jenis paste sangat cocok untuk Anda yang berniat membuat masakan lain di samping kimchi. Hal ini dikarenakan saus kimchi jenis paste lebih mudah digunakan dibandingkan saus kimchi jenis bubuk. Kebanyakan kemasannya juga berbentuk botol atau plastik sehingga lebih mudah digunakan dan disimpan. Produk ini juga sangat nyaman untuk dipakai oleh Anda yang memasak dalam porsi sedikit.

Jika sudah menguasai cara penggunaannya, Anda dapat menggunakan saus kimchi ini sebagai bumbu dasar berbagai hidangan. Artinya, Anda dapat menggunakannya untuk bermacam-macam masakan, tak hanya masakan Korea. Jadi, jangan takut untuk mencoba, ya!

10 Rekomendasi saus kimchi Korea terbaik

Kini, saatnya kami memberikan rekomendasi produk saus kimchi terbaik untuk Anda. Silakan gunakan daftar ini sebagai referensi sebelum berbelanja. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
10

Chef Choi'sKimchi Sauce

Mulai dari Rp 60.000,00

Cara pengolahanSawi putih direndam garam, lalu dicampur dengan saus kimchi
Isi330 ml
9
Cara pengolahanCampurkan ke bahan makanan
Isi500 ml
8
Cara pengolahanCampurkan ke sawi putih
Isi100 gr
7

Asian Home GourmetKorean Kimchi Soup

Mulai dari Rp 25.000,00

Cara pengolahanRebus dalam air mendidih
Isi50 gr
6
Cara pengolahanRebus dalam air mendidih
Isi750 gr
5
Cara pengolahanRebus dalam air mendidih
Isi240 gr
4
Cara pengolahanCampurkan ke bahan makanan
Isi150 ml
3
Cara pengolahanRebus dalam air mendidih
Isi750 gr
2
Cara pengolahanTuangkan sebagai saus pendamping, campurkan dengan sawi putih, rendam dengan bahan makanan
Isi1.134 gr
1
Cara pengolahanCampurkan dengan sawi putih
Isi190 gr

Tabel perbandingan produk saus kimchi Korea terbaik

Gambar produk
1
Momoya  Kimchi no Moto 1

Momoya

2
S&B Foods Kimchee Marinade 1

S&B Foods

3
Daisho Miso Kimchi Soup Base 1

Daisho

4
Ebara Puchitto Kimchee Nabe 1

Ebara

5
Haidilao Kimchi Hotpot Base 1

Haidilao

6
Mizkan Kimchi Nabe Soup Base 1

Mizkan

7
Asian Home Gourmet Korean Kimchi Soup 1

Asian Home Gourmet

8
Maeil Spicy Sauce for Vegetable Kimchi 1

Maeil

9
Yamasa  Kimchi Nabe Tsuyu 1

Yamasa

10
Chef Choi's Kimchi Sauce 1

Chef Choi's

Nama produk

Kimchi no Moto

Kimchee Marinade

Miso Kimchi Soup Base

Puchitto Kimchee Nabe

Kimchi Hotpot Base

Kimchi Nabe Soup Base

Korean Kimchi Soup

Spicy Sauce for Vegetable Kimchi

Kimchi Nabe Tsuyu

Kimchi Sauce

Keunggulan

Aroma dan rasanya yang tajam bikin lidah bergoyang

Ukuran botol paling besar, pas untuk stok!

Rasanya tetap nikmat meski tidak terlalu pedas

Nikmati saus kimchi dimana pun Anda berada

Bumbu yang pas untuk berbagai makanan khas Korea

Hangatkan badan dengan hotpot rumahan yang nikmat

Si mungil dengan rasa yang istimewa

Paling cepat dan praktis untuk disajikan

Nikmati semangkuk sup kimchi yang kaya rasa

Rasa khas Korea yang bakal disukai orang Indonesia

Harga mulai dariRp 99.000,00Rp 260.000,00Rp 73.000,00Rp 59.000,00Rp 48.000,00Rp 102.500,00Rp 25.000,00Rp 31.000,00Rp 69.000,00Rp 60.000,00
Cara pengolahanCampurkan dengan sawi putihTuangkan sebagai saus pendamping, campurkan dengan sawi putih, rendam dengan bahan makananRebus dalam air mendidihCampurkan ke bahan makananRebus dalam air mendidihRebus dalam air mendidihRebus dalam air mendidihCampurkan ke sawi putihCampurkan ke bahan makananSawi putih direndam garam, lalu dicampur dengan saus kimchi
Isi190 gr1.134 gr750 gr150 ml240 gr750 gr50 gr100 gr500 ml330 ml
Tautan produk

Tips cara pemakaian saus kimchi Korea

Bagaimana rekomendasi saus kimchi yang sudah kami berikan? Apakah Anda sudah menemukan saus kimchi yang sesuai selera Anda? Jika sudah menemukannya, tentu Anda tidak ingin ada saus yang terbuang, bukan? Sekarang, kami akan menjelaskan berbagai cara pemakaian saus kimchi.

Silakan bereksperimen dengan beragam bahan makanan

Silakan bereksperimen dengan beragam bahan makanan
Salah satu cara seru dalam menggunakan saus kimchi adalah dengan mencampurnya ke berbagai bahan makanan berbeda. Cobalah bereksperimen menggunakan saus kimchi untuk membuat masakan baru bagi keluarga Anda.

Bahan-bahan yang cocok untuk dicampur dengan kimchi adalah sayur-mayur yang sering dijadikan asinan di Korea. Beberapa di antaranya adalah kubis, terung, lobak, mentimun, dan sebagainya. Selain itu, lokio juga merupakan salah satu bahan yang sering digunakan di Korea untuk membuat kimchi.

Gunakan kembali bahan makanan yang tersisa

Saus kimchi juga bisa digunakan sebagai bumbu masak. Hal tersebut dikarenakan saus kimchi memiliki berbagai macam rasa sehingga akan membuat masakan Anda menjadi lebih sedap. Anda pun dapat menjadikannya sebagai menu masakan harian.

Langsung campur dan siap santap

Langsung campur dan siap santap
Cara yang paling mudah untuk mengolah makanan sisa adalah mencampurkannya dengan saus kimchi. Setelah itu, Anda bisa menambahkan cuka sehingga makanan sisa dapat diubah menjadi lauk atau side dish lainnya. Kimchi juga sangat cocok dengan hidangan laut. Karena itu, bila Anda memiliki sisa sashimi atau ikan di rumah, cobalah merebusnya dan tambahkan saus kimchi.

Disarankan juga menambah saus kimchi pada salad sayur seperti selada, kubis, dan sebagainya. Selain itu, Anda dapat mencampurkan taoge dengan saus kimchi jenis paste. Hidangan-hidangan ini dapat Anda coba sebagai makanan pembuka.

Tambahkan ke makanan sebagai bumbu tambahan

Tambahkan ke makanan sebagai bumbu tambahan
Jika saus kimchi Anda tersisa sedikit, tidak ada salahnya mencoba mencampurkannya dengan menu makanan Anda. Hal ini tentu akan membuat makanan Anda bercita rasa kimchi. Dengan cara ini, makanan yang kurang Anda sukai mungkin jadi terasa lebih enak.

Hidangan yang disarankan untuk dimasak dengan cara ini adalah siomai, paprika isi daging, kol gulung, dan lainnya. Hanya dengan menambahkan sedikit saus kimchi, rasa makanan tersebut akan berubah. Memakan hidangan dengan saus kimchi seperti ini juga akan membuat tubuh Anda hangat. Tentu sangat cocok dimakan saat cuaca sedang dingin.

Saus kimchi sebagai pendamping makanan

Saus kimchi sebagai pendamping makanan
Selain cara-cara di atas, Anda bisa menggunakan saus kimchi jenis paste sebagai saus. Bila Anda suka pedas, silakan mencobanya langsung tanpa tambahan bumbu lainnya. Namun, jika Anda tidak suka pedas, disarankan untuk memanaskannya sebentar, kemudian dicampur dengan sedikit gula atau madu.

Cara ini dapat Anda coba dengan jenis hidangan yang digoreng seperti ayam goreng dan katsu. Setelah dituangkan saus kimchi, rasa hidangan tersebut akan menjadi lebih segar. Anda juga dapat menambahkan sedikit biji wijen dan cuka sebagai hiasan.

Sebagai bahan penting untuk mengolah masakan Cina

Sebagai bahan penting untuk mengolah masakan Cina
Bahan utama dari kimchi adalah cabai. Karena itu, saus kimchi sangat cocok digunakan untuk masakan Cina. Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai pengganti pea sauce. Saus kimchi cocok digunakan untuk memasak mapo tahu, sayur rebung, dan berbagai masakan Cina lainnya.

Dengan menggunakan saus kimchi, Anda tetap bisa memperoleh cita rasa pedas, bahkan pada saat cabai sedang langka. Jika Anda mau, cobalah untuk tidak menggunakan saus kacang pada masakan Cina, lalu gantilah dengan saus kimchi.

Saus kimchi untuk berbagai masakan rumahan

Banyak yang sudah mengetahui resep penggunaan saus kimchi dalam hidangan rumahan. Meski begitu, kami akan tetap menjelaskan berbagai cara pemakaian saus kimchi dalam masakan rumahan yang klasik.

Sup yang dapat menghangatkan tubuh Anda

Sup yang dapat menghangatkan tubuh Anda
Hidangan pertama yang akan kami perkenalkan adalah sup. Ada berbagai macam jenis sup yang dapat dipadukan dengan saus kimchi. Beberapa di antaranya adalah sup seafood, sup tahu, dan sup kimchi. Selain itu, ramen dan mi berkuah juga sangat cocok dengan saus kimchi. Anda hanya perlu memasukkan sedikit saus kimchi, lalu jadilah hidangan yang lezat. Anda bahkan bisa menggunakan saus kimchi untuk sup pembakar lemak yang belakangan ini sedang terkenal. Tentu hasilnya juga akan makin optimal.

Hanya dengan menambah saus kimchi ke dalam sup, Anda bisa mendapatkan sebuah hidangan yang nikmat. Mudah, bukan? Hangatkanlah tubuh Anda dengan memakan sup rasa kuah kimchi pada hari yang dingin.

Tumis daging sebagai hidangan utama

Tumis daging sebagai hidangan utama
Salah satu hidangan utama yang dapat Anda masak dengan saus kimchi adalah tumis daging. Tentunya hidangan ini dapat dimasak secara mudah dengan saus kimchi. Anda juga bisa mencampurkannya dengan berbagai lauk yang Anda goreng.

Ketika Anda sedang tidak nafsu makan, Anda dapat mencobanya sebagai bumbu di hidangan utama. Saus kimchi sangat cocok dimasak dengan daging ayam, babi, sapi, gurita, udang, dan kepiting. Selain itu, saus kimchi juga cocok dimasak dengan oseng jamur.

Menu sederhana yang menggugah selera

Menu sederhana yang menggugah selera
Mari buat hidangan yang paling mudah dengan menggunakan saus kimchi, misalnya nasi goreng dan mie goreng kimchi. Bila Anda sudah mendapatkan takaran yang tepat, menu sederhana pun akan terasa sangat menggugah selera.

Di samping menu tadi, ternyata pasta pun cocok diberi bumbu kimchi putih, lho! Pasta dapat dimasak dengan saus kimchi putih karena terdapat bawang putih di dalamnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan cita rasa pasta aglio e olio yang unik. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Baca juga rekomendasi jenis saus lainnya di sini

Selain saus kimchi, masih ada berbagai jenis saus lain yang tidak kalah nikmat. Ada saus tomat, tabasco, tartar, tiram, dan lainnya. Nah, bila Anda penasaran dengan kelezatan saus-saus tersebut, silakan cek artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

Itulah berbagai macam saus kimchi yang sangat mudah diolah dan kaya akan rasa. Dari beragam produk yang kami rekomendasikan, apakah Anda sudah menemukan saus kimchi yang ingin dibeli? Jika sudah, masaklah hidangan lezat menggunakan saus kimchi untuk keluarga tercinta.


Anda juga bisa menggunakan teknik memasak yang sudah kami jelaskan di atas. Silakan jadikan artikel ini sebagai bahan referensi untuk memasak hidangan dengan saus kimchi yang enak dan segar!

Artikel terkait

  • 10 Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gula sering digunakan dalam masakan, camilan, teh, dan kopi sebagai penambah rasa manis. Meskipun akhir-akhir ini banyak ditemukan pemanis tanpa kalori, hanya gula yang bisa memberikan rasa manis yang kuat. Anda mungkin sering melihat berbagai jenis gula, seperti gula pasir, gula merah, gula rendah kalori, dan lain-lain.Pada artikel ini, kami akan membantu Anda dalam menemukan produk gula yang bagus. Kami tidak hanya memberitahu cara memilihnya, tetapi juga merekomendasikan produk dari berbagai merk, seperti Tropicana Slim, GULAKU, ataupun Ricoman. Temukan gula dengan rasa dan karakteristik yang cocok dengan selera Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    7.884 Views
  • 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gula merah, atau disebut juga gula kelapa, adalah pemanis alami yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti gula pasir. Gula ini memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga cocok untuk menunjang program diet Anda. Selain untuk diet, gula merah juga disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes agar kadar gula darah tidak melonjak tinggi.Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya Anda memeriksa beberapa poin yang akan kami sampaikan. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk terbaik, mulai dari Singabera hingga Javara. Sudah siap memulai hidup sehat dengan mengonsumsi gula merah? Mari simak informasinya!
    Bumbu & bahan masakan
    23.864 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Bumbu & bahan masakan
    122.862 Views
  • 10 Rekomendasi Saus Teriyaki Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Saus Teriyaki Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saus teriyaki merupakan salah satu bumbu masakan yang berasal dari negeri matahari terbit, Jepang. Saus ini biasa digunakan untuk memasak daging sapi, ayam, ikan, dan sebagainya. Jika Anda gemar memasak dengan bumbu teriyaki, pastinya Anda wajib menyediakan saus ini di rumah. Di Indonesia sendiri, dijual banyak merek saus teriyaki, seperti Saori, Pronas, atau Bamboe. Masing-masing saus memiliki kekhasan yang berbeda. Jika Anda masih bingung dalam memilih, silakan baca artikel ini hingga tuntas. Kami akan memberikan tips cara memilih saus teriyaki, serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Yuk, kita mulai!
    Bumbu & bahan masakan
    26.721 Views
  • 10 Merk Tepung Tapioka yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Tepung Tapioka yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    Tepung tapioka, sering juga disebut sebagai tepung kanji, adalah bahan baku makanan khas nusantara yang terbuat dari pati singkong. Cakwe yang lezat, cilok yang kenyal, dan pempek favorit, semuaya adalah makanan berbahan dasar tepung tapioka.Mungkin Anda tertarik menggunakan tepung tapioka untuk membuat hidangan di rumah, tetapi bingung memilih produk yang tepat. Ada beragam merek yang dijual di pasaran, mulai dari Rose Brand, Ladang Lima, hingga Tjap Pak Tani. Mana yang sebaiknya dipilih? Agar Anda tidak bingung, bacalah artikel ini karena kami akan memberikan tips memilih beserta rekomendasi produk terbaik.
    Bumbu & bahan masakan
    17.040 Views
  • 10 Unsalted Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Unsalted Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Seperti namanya, unsalted butter merupakan mentega yang tidak ditambahkan garam sehingga rasanya lebih tawar. Unsalted butter banyak digunakan ibu rumah tangga untuk memasak dan sebagai lemak tambahan saat memberikan MPASI bayi. Namun, apakah Anda yakin sudah memilih unsalted butter yang tepat?Karena itu, kali ini kami akan membagikan tips untuk Anda bagaimana memilih unsalted butter yang bagus. Rekomendasi produk-produknya juga akan kami ulas untuk Anda. Anda dapat memilih produk dari merk Anchor, Blue Triangle, dan Elle & Vire. Baca artikel ini sampai habis dan temukan produk yang tepat!
    Bumbu & bahan masakan
    7.086 Views
  • 10 Rekomendasi Bumbu Kuah Bakso Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bumbu Kuah Bakso Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bakso adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Ada banyak cara untuk menikmati bakso, salah satunya dengan membuatnya sendiri. Kini sudah banyak tersedia bumbu kuah bakso instan yang lebih praktis dan tidak kalah enak. Nah, bumbu kuah bakso manakah yang sebaiknya dipilih?Melalui artikel ini kami akan memberikan tips untuk memilih bumbu kuah bakso yang paling tepat. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh bumbu kuah bakso terbaik dari sejumlah merek, seperti MamaSuka, Royco, dan Nafisa. Baca sampai selesai dan bersiaplah untuk menyajikan bakso terlezat!
    Bumbu & bahan masakan
    285 Views
  • 10 Rekomendasi Sambal Terasi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sambal Terasi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda pencinta makanan pedas? Pasti tak lengkap rasanya makan tanpa sambal. Salah satu jenis sambal yang populer di kalangan masyarakat adalah sambal terasi. Aroma terasi yang nikmat mampu menggugah selera makan. Namun, karena proses membuatnya yang dianggap merepotkan bagi sebagian orang, sambal terasi instan menjadi pilihan terbaik.Karena itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih sambal terasi. ABC, Kokita, Del Monte, dan Sasa adalah beberapa merek sambal terasi terkenal yang juga akan kami ulas untuk Anda. Simak artikel ini dan temukan produk terbaik Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    195 Views
  • 10 Rekomendasi Bumbu Opor Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bumbu Opor Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa yang tak kenal opor ayam? Dalam tradisi Jawa, sajian berbahan dasar ayam dengan kuah santan ini biasa disuguhkan saat Lebaran. Kini, memasak opor ayam begitu mudah dan sederhana berkat adanya bumbu instan. Bumbu opor ayam kuning ataupun opor ayam putih sudah banyak dijual di pasaran.  Indofood, Bamboe, Sasa, dan Mamasuka merupakan beberapa merek bumbu opor ayam yang mudah ditemui. Supaya Anda tidak bingung, kami akan memberikan tips memilih produk yang tepat. Rekomendasi bumbu opor ayam terbaik juga akan kami ulas. Simak artikel ini dan temukan produk yang sesuai selera!
    Bumbu & bahan masakan
    166 Views
  • 10 Rekomendasi Sambal Geprek Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sambal Geprek Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda pernah mencicipi ayam geprek? Sambal gepreknya yang lezat pasti membuat Anda ketagihan. Kini, sambal geprek banyak dijual di pasaran. Jika Anda merasa repot harus mencari resep dan membuat sendiri sambal geprek, Anda bisa dengan mudah membelinya secara online. Agar lebih mudah menemukan produk terbaik, kami akan membahas bagaimana cara memilih sambal geprek yang tepat. Rekomendasi sambal geprek terbaik juga akan kami ulas. Anda bisa memilih produk dari Eatsambel, By Chef Ivan, dan Cap Ibu. Baca sampai habis artikel ini, ya!
    Bumbu & bahan masakan
    121 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    137.232 Views
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa tahun terakhir, gaya hidup sehat mulai meningkat di kalangan masyarakat. Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi antara lain adalah meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG yang tengah populer adalah kaldu jamur.Sejumlah merek, seperti Pawon Ibun, Lemonilo, dan Royco, menawarkan kaldu jamur yang mungkin akan membuat Anda bingung memilih. Dalam artikel kali ini, kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi produk terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
    23.445 Views
  • 10 Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus.Saat ini, ada banyak sekali merk minyak goreng yang bagus yang beredar di pasaran, seperti Bimoli, Filma, hingga Sania. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing. Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    77.503 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang bagus agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    124.632 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Bumbu & bahan masakan
    122.862 Views
  • 10 Merk Kecap Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kecap Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bosan dengan rasa makanan yang begitu-begitu saja? Tambahkanlah kecap ikan untuk menghadirkan aroma sedap dan rasa gurih yang khas pada masakan Anda! Ekstrak yang terbuat dari fermentasi ikan ini banyak digunakan pada masakan oriental, seperti mi goreng dan hidangan tumisan.Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya Anda menyimak dahulu poin-poin dalam memilih kecap ikan. Kemudian, simak juga sepuluh rekomendasi kecap ikan terbaik, di antaranya Tiparos, Finna, dan Djoe Hoa. Selamat membaca dan bersiaplah untuk memasak makanan spesial di akhir pekan nanti!
    Bumbu & bahan masakan
    66.952 Views
  • 10 Rekomendasi Kecap Manis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kecap Manis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mungkin sebagian dari Anda yang sedang membaca tulisan ini adalah penggemar setia kecap manis. Kecap manis merupakan salah satu pelengkap utama dalam masakan khas Indonesia. Sebut saja nasi goreng, semur, dan sate. Kecap manis akan menambah cita rasa yang lezat. Anda lagi mencari rekomendasi kecap manis terbaik? Tepat sekali!Dalam artikel ini, kami akan membagikan tips memilih kecap manis dan merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk Anda. Produk seperti Bango, ABC, Indofood, hingga Tropicana Slim juga termasuk ke dalam rekomendasi kami. Produk apa saja yang sesuai untuk Anda? Mari simak artikel ini sampai tuntas!
    Bumbu & bahan masakan
    8.213 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori