• 10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Saat ini berbagai macam produk mesin cuci telah hadir dengan teknologi yang canggih. Mesin cuci top loading atau bukaan atas merupakan salah satu jenis mesin cuci 1 tabung. Mesin cuci tipe ini memiliki fitur pencucian dan pengeringan dalam 1 tabung yang sama.

Produsen ternama, seperti LG, Samsung, Sharp, Polytron, dan sebagainya berlomba-lomba menawarkan produk dengan fitur-fitur unggulan. Agar Anda tak salah pilih, kami akan mengulas poin yang perlu diperhatikan dalam memilih mesin cuci top loading. Tak lupa, kami juga mengulas 10 mesin cuci top loading terbaik versi kami.
  • Pembaharuan terakhir: 20 Februari 2020
  • 24.182 Views
Daftar isi

Cara memilih mesin cuci top loading

Banyaknya iklan dan klaim oleh produsen mengenai keunggulan mesin cuci akan membuat Anda sulit menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Agar Anda memiliki pengetahuan yang lebih dalam dan tak salah pilih, kami akan membahas cara memilih mesin cuci top loading.

Pilihlah mesin cuci dengan kapasitas sesuai kebutuhan

Pilihlah mesin cuci dengan kapasitas sesuai kebutuhan
Kapasitas mesin cuci merupakan salah satu faktor penting. Tentunya, Anda ingin mesin cuci yang dapat memenuhi kebutuhan keluarga Anda. Rata-rata berat pakaian yang dikenakan setiap orang per harinya adalah 1,5 kg. Karena itu, untuk mendapatkan kapasitas yang sesuai, Anda hanya perlu mengalikan ukuran standar tersebut dengan jumlah anggota keluarga Anda. Agar proses pencucian lebih optimal, volume cucian yang direkomendasikan adalah 70% dari kapasitas mesin cuci. Jadi sebaiknya Anda tetap memilih mesin cuci dengan kapasitas yang sedikit lebih besar dibandingkan volume cucian Anda yang sebenarnya.
Namun, perhitungan ini perlu dipertimbangkan kembali bila Anda tipe yang lebih suka menumpuk cucian untuk dicuci sekaligus. Anda bisa mengakalinya dengan mencuci pakaian dalam beberapa kali proses pencucian.
Faktor lain juga dapat memengaruhi dalam pemilihan kapasitas mesin cuci. Sebaiknya pilihlah ukuran mesin cuci dengan kapasitas yang lebih besar jika Anda sering mengganti handuk atau memiliki bayi dan anak yang masih kecil. Anda juga bisa memilih mesin cuci yang lebih kecil kalau Anda terbiasa mencuci baju secara terpisah berdasarkan jenisnya.

Pilihlah mesin cuci dengan ketinggian yang sesuai

Pilihlah mesin cuci dengan ketinggian yang sesuai
Karena tempat memasukkan cucian pada mesin cuci top loading terletak pada bagian atas, Anda juga harus memperhitungkan tinggi mesin cuci. Pilihlah mesin cuci dengan tinggi yang terjangkau sehingga Anda nyaman menggunakannya. Misalnya, bila Anda memiliki tinggi badan sekitar 160 cm, sebaiknya Anda memilih mesin cuci dengan tinggi 90 cm. Ukuran ini dianggap ideal agar Anda mudah dalam memasukkan dan mengeluarkan cucian.
Selain tinggi dari mesin cuci, desain penutupnya juga perlu Anda pertimbangkan. Penutup akan menambah tinggi mesin cuci. Hal ini dapat menjadi masalah bila Anda berencana menaruh rak gantung di atas mesin cuci. Bisa-bisa mesin cuci tidak dapat dibuka karena terhalang oleh rak gantung. Beberapa mesin cuci dengan penutup yang dapat dilipat bisa menjadi pilihan Anda.

Pilihlah mesin cuci dengan fungsi pengering

Pilihlah mesin cuci dengan fungsi pengering
Bagi Anda yang memiliki dehumidifier, mungkin fungsi pengering tidak begitu penting. Hal tersebut karena sekalipun Anda terpaksa menjemur di dalam ruangan, pakaian akan lebih cepat kering dengan bantuan dehumidifier. Akan tetapi, fungsi pengering menjadi hal yang penting bila Anda menjemur pakaian di luar ruangan. Fungsi ini akan sangat membantu terutama di musim hujan.
Kebanyakan produk mesin cuci sudah dilengkapi dengan fungsi pengering. Begitu pula dengan mesin cuci top loading. Meski begitu, daya pengering mesin cuci top loading kurang optimal bila dibandingkan dengan mesin cuci front loading atau bukaan depan.

Pilih tipe inverter untuk penggunaan di malam hari

Pilih tipe inverter untuk penggunaan di malam hari
Mesin cuci inverter merupakan mesin cuci dengan teknologi yang dapat mengatur perputaran motor mesinnya. Berkat teknologi tersebut, mesin cuci dapat difungsikan tanpa menghasilkan suara berisik. Tipe ini dapat menjadi pilihan bila Anda terbiasa mencuci di malam hari dan tak ingin mengganggu anggota keluarga lain. Selain tidak berisik, teknologi inverter ini juga membuat mesin cuci lebih hemat energi dan air.
Karena teknologi tersebut, umumnya harga mesin cuci tipe inverter lebih mahal dibandingkan tipe biasa. Walaupun demikian, bila Anda perhitungkan biaya energi dan air yang dikeluarkan, tipe ini lebih menguntungkan. Di samping itu, dengan kelebihannya ini, mesin cuci inverter tetap dapat bekerja dengan kualitas cucian yang sama dengan mesin cuci biasa. Maka dari itu, mesin cuci inverter dapat menjadi pilihan bila Anda menginginkan produk yang nyaman digunakan serta hemat.

Fitur lainnya yan perlu diperhatikan

Di samping poin-poin yang telah dibahas di atas, beberapa produk mesin cuci juga dilengkapi dengan fitur yang unik. Tentunya, fitur-fitur tersebut dapat menambah nilai fungsional dari mesin cuci. Ingin tahu apa saja fiturnya? Berikut ulasannya.

Fitur automatic cleaning yang memudahkan Anda menjaga kebersihan tabung

Fitur automatic cleaning yang memudahkan Anda menjaga kebersihan tabung
Walaupun fungsi mesin cuci adalah membersihkan pakaian, tabung atau bagian dalam mesin cuci juga perlu dibersihkan secara berkala. Sebagian produk mesin cuci telah dilengkapi dengan fungsi automatic cleaning dan bagian dalam tabung yang minim lubang. Fungsi ini akan memudahkan Anda dalam membersihkan mesin cuci.
Namun, pastikan juga Anda tetap membersihkan mesin cuci secara manual setidaknya setiap 6 bulan sekali. Hal ini ditujukan untuk memastikan mesin cuci benar-benar bersih. Selain bagian dalam mesin cuci, jangan lupa juga untuk membersihkan tempat sabun cucinya. Agar lebih mudah dibersihkan, pilihlah produk dengan tempat sabun berdesain sederhana atau simpel.

Fitur mencuci dengan air hangat untuk hasil yang lebih bersih

Fitur mencuci dengan air hangat untuk hasil yang lebih bersih
Seringkali pakaian terkena kotoran atau noda yang sulit dibersihkan. Tahukah Anda bahwa air hangat bersuhu 35 – 40 °C, lebih efektif dalam membersihkan kotoran atau noda yang membandel? Hal ini dikarenakan air hangat dapat dengan mudah melarutkan detergen. Karena itu, kemampuan detergen dalam membersihkan kotoran pun bisa lebih optimal.

Pilihlah produk dari produsen yang terpercaya

Pilihlah produk dari produsen yang terpercaya
Banyaknya mesin cuci dengan merek dari produsen terkenal tentu akan membuat Anda semakin sulit menentukan produk yang terbaik. Perlu diketahui bahwa setiap produsen mesin cuci memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Misalnya saja merek Hitachi. Merek ini memfokuskan kualitas pada motor mesin cuci sehingga produknya lebih unggul dalam kualitas mesin dan hasil cucian pun lebih bersih. Tak hanya itu, produk dari Hitachi juga sudah dikenal dengan desainnya yang ciamik.
Produsen lainnya, yaitu Panasonic, lebih berfokus untuk membuat produk yang mudah digunakan. Sementara itu, produk dari Sharp terkenal akan kualitas desainnya yang menawan. Terlepas dari produk mesin cucinya, LG dikenal sebagai produsen yang berani memberikan garansi berjangka panjang. Jadi, yang mana pilihan Anda?

10 Rekomendasi mesin cuci top loading terbaik

Setelah memberikan ulasan cara memilih mesin cuci top loading, berikutnya kami akan membahas 10 rekomendasi mesin cuci top loading. Semoga ulasan ini dapat semakin memperjelas gambaran mengenai mesin cuci yang Anda butuhkan.
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk mesin cuci top loading terbaik

Gambar produk
1
Hitachi SF-140XAV 1

Hitachi

2
Midea  Marine  1

Midea

3
LG T2721SSAV 1

LG

4
Samsung  WA90J5711SW 1

Samsung

5
SHARP  Megamouth Series  1

SHARP

6
Sanken  AW-S907 1

Sanken

7
LG  TSA115ND6 1

LG

8
AQUA AQW-97D-H 1

AQUA

9
Polytron  Zeromatic Belleza  1

Polytron

10
Panasonic  NA-F80A5HSG 1

Panasonic

Nama produk

SF-140XAV

Marine

T2721SSAV

WA90J5711SW

Megamouth Series

AW-S907

TSA115ND6

AQW-97D-H

Zeromatic Belleza

NA-F80A5HSG

KeunggulanTidak bingung lagi berkat 4...Canggih dengan layar LED, c...Kapasitas besar lebih efisi...Fleksibel dengan perpaduan ...Mudah memasukkan dan mengel...Tak khawatir mencuci di saa...Si ramping hemat tempat yan...Membersihkan sekaligus mera...Mencuci di malam hari lebih...Ampuh menghilangkan beragam...
HargaRp 7.700.000,00Rp 3.200.000,00Rp 8.599.000,00Rp 3.950.000,00Rp 2.599.000,00Rp 2.610.000,00Rp 4.855.000,00Rp 2.250.000,00Rp 2.599.000,00Rp 3.399.000,00
Tautan produk

Kesimpulan

Dengan perkembangan teknologi, sekarang ini mesin cuci sudah banyak dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Tentunya, fitur-fitur ini ditujukan untuk mengoptimalkan pencucian dan mempermudah aktivitas Anda. Meski begitu, belum tentu semua fitur yang ada pada suatu produk mesin cuci benar-benar Anda butuhkan.
Setelah membaca artikel kami, apakah Anda sudah memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai produk yang Anda inginkan? Kami harap kesepuluh mesin cuci yang kami bahas dalam rekomendasi produk dapat membantu Anda menemukan produk yang tepat. Fitur tak harus lengkap, yang penting sesuai dengan kebutuhan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    150.413 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    96.354 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    78.765 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda ingin memotong rambut sendiri di rumah, tentunya diperlukan alat cukur khusus. Saat ini, di pasaran telah tersedia berbagai jenis alat cukur yang dilengkapi bermacam fungsi, mulai dari yang bisa dicuci hingga yang bisa di-charge dalam waktu cepat. Ada juga produk yang bisa diganti-ganti mata cukurnya sesuai kebutuhan pemakaian. Sangat praktis, bukan?Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih alat cukur berdasarkan jenis dan fungsinya. Alat cukur dari berbagai merek, seperti Philips, Panasonic, Kemei, HTC, dan sebagainya akan kami rekomendasikan di sini. Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    76.544 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Permainan game seperti PS4, online game, dan sebagainya adalah hiburan yang banyak diminati saat ini. Saat sedang memainkan game kesukaan Anda, tentunya Anda ingin bisa fokus merasakan dunia game tanpa gangguan. Selain visual, suara juga merupakan faktor yang membuat Anda dapat merasakan dunia game dengan optimal.Agar dunia game terasa semakin nyata, Anda harus menggunakan earphone gaming yang berkualitas, misalnya keluaran Shure, SoundPEATS, Marshall, atau Razer. Kali ini, kami akan membahas cara memilih earphone gaming dan rekomendasi produk terbaik yang paling diminati. Pilihlah yang sesuai dengan gaya bermain Anda!
    Elektronik rumah tangga
    58.640 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    79.681 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Rice cooker mini menjadi produk yang banyak dicari oleh keluarga kecil maupun orang yang tinggal sendiri. Kini berbagai merek seperti Cosmos, Miyako, atau Sanken mulai mengembangkan rice cooker yang tidak hanya dapat menanak nasi, tetapi juga dapat digunakan untuk menggoreng, merebus telur, hingga membuat kue.Kali ini, kami akan berbagi tentang rekomendasi rice cooker mini terbaik yang dapat Anda pilih berdasarkan fungsi, kapasitas, dan harga. Sebelumnya, kami juga akan menjelaskan beberapa poin tentang bagaimana cara memilih rice cooker mini yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    34.473 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori