10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Saat ini berbagai macam produk mesin cuci telah hadir dengan teknologi yang canggih. Mesin cuci top loading atau bukaan atas merupakan salah satu jenis mesin cuci 1 tabung. Mesin cuci tipe ini memiliki fitur pencucian dan pengeringan dalam 1 tabung yang sama.

Produsen ternama, seperti LG, Samsung, Sharp, Polytron, dan sebagainya berlomba-lomba menawarkan produk dengan fitur-fitur unggulan. Agar Anda tak salah pilih, kami akan mengulas poin yang perlu diperhatikan dalam memilih mesin cuci top loading. Tak lupa, kami juga mengulas 10 mesin cuci top loading terbaik versi kami.

Daftar isi

Cara memilih mesin cuci top loading

Banyaknya iklan dan klaim oleh produsen mengenai keunggulan mesin cuci akan membuat Anda sulit menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Agar Anda memiliki pengetahuan yang lebih dalam dan tak salah pilih, kami akan membahas cara memilih mesin cuci top loading.

Pilihlah mesin cuci dengan kapasitas sesuai kebutuhan

Pilihlah mesin cuci dengan kapasitas sesuai kebutuhan

Kapasitas mesin cuci merupakan salah satu faktor penting. Tentunya, Anda ingin mesin cuci yang dapat memenuhi kebutuhan keluarga Anda. Rata-rata berat pakaian yang dikenakan setiap orang per harinya adalah 1,5 kg. Karena itu, untuk mendapatkan kapasitas yang sesuai, Anda hanya perlu mengalikan ukuran standar tersebut dengan jumlah anggota keluarga Anda. Agar proses pencucian lebih optimal, volume cucian yang direkomendasikan adalah 70% dari kapasitas mesin cuci. Jadi sebaiknya Anda tetap memilih mesin cuci dengan kapasitas yang sedikit lebih besar dibandingkan volume cucian Anda yang sebenarnya.

Namun, perhitungan ini perlu dipertimbangkan kembali bila Anda tipe yang lebih suka menumpuk cucian untuk dicuci sekaligus. Anda bisa mengakalinya dengan mencuci pakaian dalam beberapa kali proses pencucian.

Faktor lain juga dapat memengaruhi dalam pemilihan kapasitas mesin cuci. Sebaiknya pilihlah ukuran mesin cuci dengan kapasitas yang lebih besar jika Anda sering mengganti handuk atau memiliki bayi dan anak yang masih kecil. Anda juga bisa memilih mesin cuci yang lebih kecil kalau Anda terbiasa mencuci baju secara terpisah berdasarkan jenisnya.

Pilihlah mesin cuci dengan ketinggian yang sesuai

Pilihlah mesin cuci dengan ketinggian yang sesuai

Karena tempat memasukkan cucian pada mesin cuci top loading terletak pada bagian atas, Anda juga harus memperhitungkan tinggi mesin cuci. Pilihlah mesin cuci dengan tinggi yang terjangkau sehingga Anda nyaman menggunakannya. Misalnya, bila Anda memiliki tinggi badan sekitar 160 cm, sebaiknya Anda memilih mesin cuci dengan tinggi 90 cm. Ukuran ini dianggap ideal agar Anda mudah dalam memasukkan dan mengeluarkan cucian.

Selain tinggi dari mesin cuci, desain penutupnya juga perlu Anda pertimbangkan. Penutup akan menambah tinggi mesin cuci. Hal ini dapat menjadi masalah bila Anda berencana menaruh rak gantung di atas mesin cuci. Bisa-bisa mesin cuci tidak dapat dibuka karena terhalang oleh rak gantung. Beberapa mesin cuci dengan penutup yang dapat dilipat bisa menjadi pilihan Anda.

Pilihlah mesin cuci dengan fungsi pengering

Pilihlah mesin cuci dengan fungsi pengering

Bagi Anda yang memiliki dehumidifier, mungkin fungsi pengering tidak begitu penting. Hal tersebut karena sekalipun Anda terpaksa menjemur di dalam ruangan, pakaian akan lebih cepat kering dengan bantuan dehumidifier. Akan tetapi, fungsi pengering menjadi hal yang penting bila Anda menjemur pakaian di luar ruangan. Fungsi ini akan sangat membantu terutama di musim hujan.

Kebanyakan produk mesin cuci sudah dilengkapi dengan fungsi pengering. Begitu pula dengan mesin cuci top loading. Meski begitu, daya pengering mesin cuci top loading kurang optimal bila dibandingkan dengan mesin cuci front loading atau bukaan depan.

Pilih tipe inverter untuk penggunaan di malam hari

Pilih tipe inverter untuk penggunaan di malam hari

Mesin cuci inverter merupakan mesin cuci dengan teknologi yang dapat mengatur perputaran motor mesinnya. Berkat teknologi tersebut, mesin cuci dapat difungsikan tanpa menghasilkan suara berisik. Tipe ini dapat menjadi pilihan bila Anda terbiasa mencuci di malam hari dan tak ingin mengganggu anggota keluarga lain. Selain tidak berisik, teknologi inverter ini juga membuat mesin cuci lebih hemat energi dan air.

Karena teknologi tersebut, umumnya harga mesin cuci tipe inverter lebih mahal dibandingkan tipe biasa. Walaupun demikian, bila Anda perhitungkan biaya energi dan air yang dikeluarkan, tipe ini lebih menguntungkan. Di samping itu, dengan kelebihannya ini, mesin cuci inverter tetap dapat bekerja dengan kualitas cucian yang sama dengan mesin cuci biasa. Maka dari itu, mesin cuci inverter dapat menjadi pilihan bila Anda menginginkan produk yang nyaman digunakan serta hemat.

Fitur lainnya yan perlu diperhatikan

Di samping poin-poin yang telah dibahas di atas, beberapa produk mesin cuci juga dilengkapi dengan fitur yang unik. Tentunya, fitur-fitur tersebut dapat menambah nilai fungsional dari mesin cuci. Ingin tahu apa saja fiturnya? Berikut ulasannya.

Fitur automatic cleaning yang memudahkan Anda menjaga kebersihan tabung

Fitur automatic cleaning yang memudahkan Anda menjaga kebersihan tabung

Walaupun fungsi mesin cuci adalah membersihkan pakaian, tabung atau bagian dalam mesin cuci juga perlu dibersihkan secara berkala. Sebagian produk mesin cuci telah dilengkapi dengan fungsi automatic cleaning dan bagian dalam tabung yang minim lubang. Fungsi ini akan memudahkan Anda dalam membersihkan mesin cuci.

Namun, pastikan juga Anda tetap membersihkan mesin cuci secara manual setidaknya setiap 6 bulan sekali. Hal ini ditujukan untuk memastikan mesin cuci benar-benar bersih. Selain bagian dalam mesin cuci, jangan lupa juga untuk membersihkan tempat sabun cucinya. Agar lebih mudah dibersihkan, pilihlah produk dengan tempat sabun berdesain sederhana atau simpel.

Fitur mencuci dengan air hangat untuk hasil yang lebih bersih

Fitur mencuci dengan air hangat untuk hasil yang lebih bersih

Seringkali pakaian terkena kotoran atau noda yang sulit dibersihkan. Tahukah Anda bahwa air hangat bersuhu 35 – 40 °C, lebih efektif dalam membersihkan kotoran atau noda yang membandel? Hal ini dikarenakan air hangat dapat dengan mudah melarutkan detergen. Karena itu, kemampuan detergen dalam membersihkan kotoran pun bisa lebih optimal.

Pilihlah produk dari produsen yang terpercaya

Pilihlah produk dari produsen yang terpercaya

Banyaknya mesin cuci dengan merek dari produsen terkenal tentu akan membuat Anda semakin sulit menentukan produk yang terbaik. Perlu diketahui bahwa setiap produsen mesin cuci memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Misalnya saja merek Hitachi. Merek ini memfokuskan kualitas pada motor mesin cuci sehingga produknya lebih unggul dalam kualitas mesin dan hasil cucian pun lebih bersih. Tak hanya itu, produk dari Hitachi juga sudah dikenal dengan desainnya yang ciamik.

Produsen lainnya, yaitu Panasonic, lebih berfokus untuk membuat produk yang mudah digunakan. Sementara itu, produk dari Sharp terkenal akan kualitas desainnya yang menawan. Terlepas dari produk mesin cucinya, LG dikenal sebagai produsen yang berani memberikan garansi berjangka panjang. Jadi, yang mana pilihan Anda?

10 Rekomendasi mesin cuci top loading terbaik

Setelah memberikan ulasan cara memilih mesin cuci top loading, berikutnya kami akan membahas 10 rekomendasi mesin cuci top loading. Semoga ulasan ini dapat semakin memperjelas gambaran mengenai mesin cuci yang Anda butuhkan.

10. Panasonic NA-F80A5HSG

10. Panasonic NA-F80A5HSG

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.399.000

Ampuh menghilangkan beragam jenis noda yang paling bandel

Mesin cuci dengan pengering dari Panasonic ini dapat menjadi penyelamat pakaian Anda yang terkena noda membandel. Noda seperti kecap, saus, lumpur, bahkan keringat biasanya sulit dihilangkan. Panasonic menawarkan solusi tepat mesin cuci yang hemat air dan energi dengan teknologi ActiveFoam dan StainMaster pada produk berkapasitas 8 kg ini.

Busa halus yang dihasilkan dengan teknologi ActiveFoam dapat menembus serat kain dan menghilangkan kotoran. Hal ini dimaksimalkan dengan StainMaster yang memadukan suhu dan aliran air untuk membersihkan cucian. Berdimensi 59,5 x 65,8 x 105 cm, tutupnya dapat dilipat sehingga Anda tak akan kesulitan menentukan penempatannya.

9. Polytron Zeromatic Belleza PAW-7513

9. Polytron Zeromatic Belleza PAW-7513

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.599.000

Mencuci di malam hari lebih mudah berkat fitur Move by Touch

Salah satu produk unggulan dari Polytron adalah mesin cuci Zeromatic Belleza series berkapasitas 7,5 kg ini. Sudah dilengkapi dengan pengering, mesin cuci dengan 3 pilihan warna trendi dan dimensi 54 x 55,2 x 89 cm ini dapat diatur ke dalam 9 mode pencucian. Anda dapat menyesuaikan mode tersebut berdasar bahan dan ukuran cucian serta waktu yang Anda miliki.

Fitur Move by Touch pada bagian panel dapat membantu Anda dengan mudah menemukan tombol pengatur, terutama saat mencuci di malam hari. Lampunya akan secara otomatis menyala ketika Anda mendekatkan tangan ke panel. Terlebih lagi, produk ini juga tidak berisik. Jika Anda sering mencuci di malam hari, percayakan saja pilihan Anda pada mesin cuci ini.

8. AQUA AQW-97D-H

8. AQUA AQW-97D-H

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.250.000

Membersihkan sekaligus merawat cucian berbahan halus sekalipun

Pakaian seperti hijab, blus, dan kemeja seringkali terbuat dari bahan yang lembut sehingga mudah rusak bila dicuci dengan mesin cuci. Mesin cuci berkapasitas 9 kg ini memiliki mode khusus untuk mencuci bahan lembut yang mudah rusak. Mode tersebut membuat proses pencucian berlangsung lebih mulus dengan hasil yang sama bersihnya. Cucian terawat dan tidak cepat rusak.

Produk sudah dilengkapi dengan teknologi yang dapat menghemat listrik dan air serta pengering yang mempercepat proses pengeringan. Anda dapat memaksimalkan tempat penyimpanan karena mesin cuci ini hanya berdimensi 55 x 57 x 94 cm dengan penutup yang dapat dilipat. Anda yang selalu ingin pakaian berbahan halus tetap terawat, kami sarankan memilih produk ini.

7. LG TSA115ND6

7. LG TSA115ND6

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 4.855.000

Si ramping hemat tempat yang berkapasitas besar

Umumnya, kapasitas mesin cuci akan berpengaruh terhadap ukuran mesin cuci. Semakin besar kapasitasnya, maka semakin besar pula ukurannya. Tetapi lain halnya dengan mesin cuci ramping keluaran LG ini. Anda bisa mendapatkan mesin cuci dan pengering berkapasitas 11,5 kg dengan ukuran setara produk berkapasitas 7-8 kg, yaitu hanya 54 x 54 x 94,5 cm saja.

Bukan hanya pas bagi Anda yang memiliki space terbatas, mesin cuci ini juga merupakan jenis inverter dengan pembersih otomatis. Tak bising digunakan saat malam hari, Anda pun tak repot membersihkan tabungnya. Berkat teknologi TurboShot™ dengan 6 gerakan mencuci untuk maksimalkan proses pencucian, hasil cuci tetap optimal dengan energi yang lebih hemat.

6. Sanken AW-S907

6. Sanken AW-S907

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.610.000

Tak khawatir mencuci di saat mendung berkat pengering supernya

Langit mendung atau kurang panas matahari saat musim penghujan tiba, dapat berujung pada cucian tidak kering dan bau. Familier dengan masalah ini? Sebagai solusinya, Sanken mengeluarkan produk dengan Tornado Dry yang menghasilkan cucian 40% lebih kering dalam waktu singkat. Pas sekali untuk Anda yang ingin cucian tetap fresh tanpa terpengaruh cuaca.

Bukan jenis inverter, produk ini tetap dapat mencuci secara efisien dengan teknologi Fuzzy Logic. Mesin akan menimbang cucian dan menyesuaikan jumlah air dan waktu yang dibutuhkan. Ukurannya pun tergolong slim untuk produk kapasitas 9 kg, yaitu 55 x 56,4 x 91 cm. Space dapat dihemat, Anda pun tak akan kehabisan pakaian saat musim penghujan tiba.

5. SHARP Megamouth Series ES-M805P-WR/WB

5. SHARP Megamouth Series ES-M805P-WR/WB

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.599.000

Mudah memasukkan dan mengeluarkan cucian berkat mulut besarnya

Serupa namanya, produk ini memang memiliki mulut yang besar. Fitur ini memudahkan Anda memasukkan dan mengeluarkan cucian, bahkan yang berukuran besar. Keunggulan ini berbanding terbalik dengan ukuran yang cukup compact, yaitu 53 x 58,5 x 96,3 cm. Dengan kapasitas mencapai 8 kg, Anda dapat mencuci berbagai selimut atau bedcover tanpa perlu ke laundry.

Agar Anda semakin yakin bahwa produk ini tepat untuk cucian berukuran besar, Sharp juga melengkapi produknya dengan pulsator canggih. Pulsator-nya memiliki tekstur yang menghasilkan arus kuat untuk meningkatkan performa mencuci. Performa lebih mantap, cucian pun cepat bersih. Membersihkan tabungnya pun mudah dengan adanya teknologi pembersihan otomatis.

4. Samsung WA90J5711SW

4. Samsung WA90J5711SW

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.950.000

Fleksibel dengan perpaduan teknologi canggih dan pencucian manual

Mesin cuci dari Samsung ini ditujukan bagi Anda yang ingin tetap dapat mudah mencuci dengan tangan. Teknologi Activ Dualwash™ pada produk membuat Anda dapat mencuci atau mengucek secara manual tanpa repot. Mesin cuci berkapasitas 9 kg ini memiliki wadah khusus pada bagian atasnya yang dapat dilepas dan dipasang bila Anda ingin mencuci secara manual.

Dengan teknologi inverter, proses pencucian dapat berjalan tanpa berisik dan hemat energi. Untuk membersihkannya, Anda cukup menekan 1 tombol saja dan tabung mesin cuci pun bersih seketika. Sering-sering menggunakannya untuk mencuci secara manual pun tak akan membuat punggung pegal karena produk ini cukup jangkung dengan dimensi 61 x 67,5 x 107,5 cm.

3. LG T2721SSAV

3. LG T2721SSAV

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 8.599.000

Kapasitas besar lebih efisien bahkan untuk pencucian banyak sekaligus

Pernahkah Anda merasa lelah atau kehabisan waktu karena cucian terlalu banyak tetapi kapasitas mesin cuci yang dimiliki kurang memadai? Mesin cuci LG T2721SSAV ini memiliki kapasitas cuci hingga 21 kg atau setara dengan kebutuhan pakaian 10 orang! Kapasitas super jumbo yang dapat memfasilitasi kebutuhan Anda untuk mencuci dalam jumlah banyak sekaligus.

Mesin cuci sekaligus pengering ini berdimensi 66,6 x 68,6 x 102 cm dengan desain penutup yang sleek dan penuh gaya. Teknologi yang ditawarkan, mulai dari mesin inverter hemat energi dan tidak berisik, pencucian mode air hangat hingga automatic cleaning menjadi nilai plus tersendiri. Bagi Anda yang tinggal bersama keluarga besar Anda, produk ini akan sangat bermanfaat.

2. Midea Marine MAM110-S2005T

2. Midea Marine MAM110-S2005T

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 3.200.000

Canggih dengan layar LED, cukup tekan 1 tombol, cucian pun beres!

Kami merekomendasikan produk Midea ini untuk Anda yang memiliki waktu terbatas untuk mencuci. Dengan dilengkapi teknologi One Touch Wash, Anda hanya perlu menekan 1 tombol untuk mengoperasikan mesin cuci berkapasitas 11 kg ini. Mesin akan bekerja secara otomatis menimbang bobot cucian, menyesuaikan air yang dibutuhkan, dan mengeringkan cucian.

Mesin cuci dengan pengoperasian layar LED ini dilengkapi dengan pulsator berdesain unik dan sisi dalam tabung berupa pebble drum. Hasil pencucian lebih optimal, pakaian pun bebas kusut. Berdimensi 58 x 64 x 99 cm, mesin cuci ini dilengkapi dengan pengaman yang langsung mengunci saat mesin bekerja. Sangat aman terutama bila Anda tinggal bersama anak kecil.

1. Hitachi SF-140XAV

1. Hitachi SF-140XAV

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 7.700.000

Tidak bingung lagi berkat 4 tombol kontrol yang mudah digunakan

Apakah Anda mencari produk yang mudah pengaturannya? Mesin cuci inverter dari Hitachi ini jawabannya. Mesin cuci dengan kapasitas yang cukup untuk jatah pakaian 7 orang ini sangat user friendly. Semua pengaturannya, mulai dari proses pencucian hingga pengeringan, hanya mengandalkan 4 tombol pada panel kontrol. Sederhana dan tak membuat Anda bingung.

Terlihat simpel, Anda bisa mengatur apapun dengan keempat tombol ini. Anda dapat menyesuaikan jumlah air, waktu pencucian, jumlah pembilasan, dan lamanya pengeringan sesuai kebutuhan. Adanya fitur pembersihan otomatis pun menambah kepraktisan produk ini. Semua anggota keluarga tentu akan cepat terbiasa mengoperasikan produk berdimensi 59 x 63,4 x 112,2 cm ini!

Kesimpulan

Dengan perkembangan teknologi, sekarang ini mesin cuci sudah banyak dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Tentunya, fitur-fitur ini ditujukan untuk mengoptimalkan pencucian dan mempermudah aktivitas Anda. Meski begitu, belum tentu semua fitur yang ada pada suatu produk mesin cuci benar-benar Anda butuhkan.

Setelah membaca artikel kami, apakah Anda sudah memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai produk yang Anda inginkan? Kami harap kesepuluh mesin cuci yang kami bahas dalam rekomendasi produk dapat membantu Anda menemukan produk yang tepat. Fitur tak harus lengkap, yang penting sesuai dengan kebutuhan Anda!