• 10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Mesin cuci top loading adalah mesin cuci satu tabung dengan bukaan atas. Teknologi mesin cuci ini baik dalam menghilangkan noda padat di pakaian. Jadi, bila Anda sering menumpuk baju kotor, tidak ada salahnya untuk memilih mesin cuci top loading.

 
Merek-merek ternama, seperti LG, Samsung, Sharp, dan Polytron berlomba-lomba menawarkan mesin cuci top loading yang bagus dengan fitur-fitur unggulannya. Agar tak salah pilih, kami akan mengulas poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli mesin cuci top loading. Kami juga akan mengulas rekomendasi mesin cuci top loading terbaik. Jadi, bacalah artikelnya sampai tuntas!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 September 2022
Daftar isi

Apa itu mesin cuci top loading?

Apa itu mesin cuci top loading?

Mesin cuci top loading atau mesin cuci bukaan atas adalah mesin cuci satu tabung dengan penutup di bagian atas. Jadi, pakaian kotor dimasukkan dari atas dan mesin ditutup dengan pintu berengsel. Kemudahan mesin cuci tipe ini adalah Anda tidak perlu membungkuk saat memasukkan pakaian. Namun, ketinggian mesin cuci serta posisinya harus disesuaikan dengan tinggi badan Anda.


Perbedaan mesin cuci top loading dan front loading terletak pada kekuatan cucinya. Mesin cuci top loading efektif menyingkirkan kotoran padat, seperti pasir dan lumpur. Hal ini karena di bagian dasar tabungnya terdapat pulsator atau bilang yang berputar mencuci pakaian. Kapasitas tabung mesin cuci top loading beragam, mulai dari 7 kg, 10 kg, hingga belasan kilogram pun ada.


Akan tetapi, perputaran mesin cuci top loading menyebabkan pakaian saling bergesekan sehingga baju mudah terlilit. Selain itu, kinerja pengeringannya kurang maksimal sehingga Anda mungkin masih mendapati hasil akhir baju yang tidak benar-benar kering. Poin ini harus dipertimbangkan secara matang sebelum Anda membeli mesin cuci tipe top loading.

Cara memilih mesin cuci top loading

Banyaknya iklan dan klaim keunggulan mesin cuci oleh produsen dapat membuat Anda bingung ketika memilih. Agar Anda memiliki pengetahuan yang mendalam dan tak salah pilih, kami akan membahas cara memilih mesin cuci top loading. Silakan cermati setiap poinnya dengan saksama.

Pilih yang kapasitasnya sesuai dengan jumlah penghuni rumah

Pilih yang kapasitasnya sesuai dengan jumlah penghuni rumah

Rata-rata berat cucian setiap orang adalah 1,5 kg. Jadi, sebagai panduan ketika memilih kapasitas mesin cuci, hitunglah jumlah anggota keluarga dikali 1,5 kg. Namun, perhitungan ini perlu dipertimbangkan kembali bila Anda tipe yang lebih suka menumpuk cucian untuk dicuci sekaligus. 


Untuk memudahkan Anda, berikut ini adalah panduan perbandingan jumlah orang dengan kebutuhan kapasitas mesin cuci.

  • 1 orang: membutuhkan kapasitas 4,5 kg
  • 2 orang: membutuhkan kapasitas 6–7 kg
  • 3 orang: membutuhkan kapasitas 8–9 kg
  • 4 orang atau lebih: membutuhkan kapasitas lebih dari 10 kg

Agar proses pencucian lebih optimal, volume cucian yang direkomendasikan adalah 70% dari kapasitas mesin cuci. Bila Anda terlalu banyak memasukkan pakaian kotor, jumlah air yang dibutuhkan tidak akan mencukupi. Akibatnya, kotoran dan bau akan tetap tertinggal di pakaian. Jadi, tinjau kembali perbandingan air dan volume cucian, terlebih bila noda pada cucian sulit bersih. 

Sesuaikan tingginya dengan tubuh Anda dan lokasi penggunaan

Sesuaikan tingginya dengan tubuh Anda dan lokasi penggunaan
Apabila tinggi badan Anda sekitar 160 cm, sebaiknya pilihlah mesin cuci dengan tinggi 90 cm. Ukuran ini dianggap ideal dan memudahkan Anda ketika memasukkan dan mengeluarkan cucian. Sesuaikan juga ketinggian mesin cuci dengan anggota keluarga lain yang sering menggunakan mesin cuci tersebut supaya nyaman digunakan. 

Selain tinggi dari mesin cuci, desain penutupnya juga perlu dipertimbangkan. Penutup akan menambah tinggi mesin cuci ketika dibuka. Hal ini bisa menjadi masalah kalau Anda berencana menaruh rak gantung di atas mesin cuci. Bisa-bisa mesin cuci tak bisa dibuka karena terhalang oleh rak gantung. Dalam hal ini, beberapa mesin cuci dengan penutup yang dapat dilipat bisa menjadi pilihan Anda.

Pertimbangkan mesin cuci yang memiliki fungsi pengering

Pertimbangkan mesin cuci yang memiliki fungsi pengering

Jika Anda kesulitan menjemur pakaian di luar ruangan, pilih mesin cuci yang dilengkapi dengan fungsi pengering. Fungsi pengering sangat berguna pada saat musim hujan tiba dan Anda harus menjemur pakaian di dalam ruangan. Sebaliknya, apabila Anda memiliki dehumidifier, mungkin fungsi pengering tidak begitu penting untuk Anda perhatikan. 


Namun, biasanya fungsi pengering pada mesin cuci top loading kurang optimal dibandingkan mesin cuci front loading. Oleh karena itu, pilihlah mesin cuci front loading apabila Anda menginginkan fungsi pengering yang optimal. 


Kami juga sudah pernah mengulas rekomendasi mesin cuci front loading. Bacalah dan temukan produk terbaiknya di sini

Carilah tipe inverter agar nyaman digunakan pada malam hari

Carilah tipe inverter agar nyaman digunakan pada malam hari

Apabila Anda menginginkan mesin cuci yang tidak berisik dan leluasa digunakan pada malam hari, pilihlah mesin cuci inverter. Inverter adalah alat dengan teknologi yang dapat mengatur perputaran motor untuk menggerakkan mesin cuci. Teknologi inverter tidak berisik serta mampu membuat mesin cuci lebih hemat energi dan air


Mesin cuci yang dilengkapi teknologi inverter biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan tipe biasa. Walaupun demikian, tipe ini lebih menguntungkan apabila Anda mempertimbangkan biaya listrik dan air yang diperlukan. Namun, poin yang perlu Anda perhatikan adalah teknologi inverter tidak serta merta dapat membuat pakaian bersih secara optimal

Perhatikan keberadaan fitur-fitur lainnya

Di samping poin-poin yang telah dibahas di atas, beberapa produk mesin cuci juga dilengkapi dengan fitur nan unik. Tentunya fitur-fitur tersebut dapat menambah nilai fungsional dari mesin cuci. Ingin tahu apa saja fiturnya? Berikut ulasannya.

Automatic cleaning, untuk kemudahan menjaga kebersihan tabung

Automatic cleaning, untuk kemudahan menjaga kebersihan tabung

Menjaga tabung atau bagian dalam mesin cuci supaya tetap bersih merupakan salah satu hal yang cukup merepotkan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksa fungsi automatic cleaning sehingga memudahkan Anda dalam membersihkan tabung mesin cuci. 


Meskipun demikian, pastikan juga Anda tetap membersihkan mesin cuci secara manual setidaknya setiap enam bulan sekali. Tujuannya untuk memastikan mesin cuci benar-benar bersih. Mesin cuci yang bersih membuat pakaian yang dicuci pun lebih bersih karena tidak terkontaminasi kotoran yang menempel di tabung.


Selain tabung mesin cuci, jangan lupa untuk membersihkan tempat detergennya. Agar lebih mudah membersihkannya, pilih produk yang desain tempat detergennya sederhana

Pompa booster, untuk hasil cucian lebih bersih dan hemat listrik

Pompa booster, untuk hasil cucian lebih bersih dan hemat listrik
Apabila Anda menginginkan mesin cuci yang dapat membersihkan cucian dengan optimal, pilihlah produk yang dilengkapi dengan pompa booster. Pompa booster adalah pompa yang dapat menambah tekanan air sehingga Anda dapat lebih menghemat listrik. Biasanya, pompa booster ini dijual secara terpisah. 

Tidak hanya itu, sebaiknya Anda memilih mesin cuci yang juga dilengkapi dengan fungsi mencuci dengan air hangat. Air bersuhu 35-40 °C efektif membersihkan kotoran atau noda yang membandel karena mudah melarutkan detergen. Kemampuan detergen dalam membersihkan kotoran pun bisa lebih optimal saat sudah larut. Selain itu, air hangat dapat meminimalkan risiko menempelnya residu detergen pada cucian. 

Ketahui karakteristik dan keunggulan tiap merek mesin cuci

Ketahui karakteristik dan keunggulan tiap merek mesin cuci
Banyaknya mesin cuci dengan merek dari produsen terkenal tentu akan membuat Anda makin sulit menentukan produk yang terbaik. Perlu diketahui bahwa setiap produsen mesin cuci memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Misalnya, merek Hitachi memfokuskan kualitas pada motor mesin cuci sehingga produk Hitachi lebih unggul dalam kualitas mesin. Hasil cucian pun jadi lebih bersih. Tak hanya itu, produk dari Hitachi juga sudah dikenal dengan desainnya yang menarik.


Berbeda dengan Hitachi, Panasonic lebih fokus untuk membuat produk yang mudah digunakan. Sementara itu, produk dari Sharp terkenal akan kualitas desainnya yang menawan. Dengan mengetahui keunggulan tiap-tiap produk, Anda akan lebih mudah dalam mencari mesin cuci yang dibutuhkan.

PR

PolytronZeromatic Laguna Series

Mulai dari Rp 2.399.000,00

Satu mesin cuci untuk semua kebutuhan Anda!

Tiap jenis kain tentunya membutuhkan treatment pencucian yang berbeda-beda. Alih-alih pusing, Anda bisa menyerahkan semua masalah ini ke Polytron Zeromatic Laguna! Mesin cuci pintar dari Polytron ini dilengkapi dengan multiprogram washing. Artinya, Anda dapat menyesuaikan mode pencucian sesuai dengan jenis bahan pakaian tanpa khawatir pakaian menjadi rusak.


Masih belum bisa move on dari proses merendam dan mengucek pakaian? Teknologi Laguna Drum dan Laguna Wave akan memastikan kotoran terangkat dengan sempurna layaknya cuci baju manual! Uniknya lagi, Zeromatic Laguna juga dilengkapi dengan pintu tempered glass dan soft closing door. Ada ambient light juga agar Anda bisa mengintip proses pencucian pakaian, lho.

10 Rekomendasi mesin cuci top loading terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mesin cuci top loading terbaik. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Samsung  WA70 Top Load Wobble™ Technology 4

Samsung

2
Polytron  New Zeromatic  1

Polytron

3
Midea  Mesin Cuci SG Series 1

Midea

4
LG  Mesin Cuci Top Loading 1

LG

6
AQUA Mesin Cuci Top Load 1

AQUA

7
SHARP  New Megamouth Series 1.4 4

SHARP

8
Sanken  Top Load Washing Machine 1

Sanken

9
Panasonic  Mesin Cuci Bukaan Atas 1

Panasonic

10
Hitachi Top Loading Dynamic-Stream Wash 2

Hitachi

Nama produk

WA70 Top Load Wobble™ Technology

New Zeromatic

Mesin Cuci SG Series

Mesin Cuci Top Loading

Mesin Cuci Top Load

New Megamouth Series 1.4

Top Load Washing Machine

Mesin Cuci Bukaan Atas

Top Loading Dynamic-Stream Wash

Keunggulan

Cegah penyumbatan karena partikel dan serat dengan Magic Filter

Detergen dan softener terpisah otomatis, pembilasan lebih maksimal

Body lebih kuat dan tahan lama! Digunakan setiap hari? Tak masalah

Risiko pakaian rusak lebih minim berkat Smart Motion

Mampu merawat serat kain hijab dan batik dengan baik

Bukaannya besar! Memasukkan dan mengeluarkan cucian jadi mudah

Tak khawatir mencuci di musim hujan berkat pengering supernya

Ampuh hilangkan noda yang paling bandel sekalipun

Tidak bingung lagi berkat empat tombol kontrol yang mudah digunakan

Harga mulai dariRp 3.200.000,00Rp 2.549.000,00Rp 2.799.000,00Rp 2.610.000,00Rp 3.679.000,00Rp 2.800.000,00Rp 3.441.000,00Rp 7.069.000,00Rp 9.602.000,00
Kapasitas7 kg8 kg7,5 kg8,5 kg10,5 kg9 kg6,5 kg13,5 kg14 kg
Ukuran54 cm x 85 cm x 56 cm59,5 cm x 51 cm x 85 cm51,5 cm x 52,5 cm x 91,5 cm54 cm x 91 cm x 54 cm58 cm x 59 cm x 98 cm53 cm x 58,5 cm x 98,6 cm52,3 cm x 52,3 cm x 88,5 cm60 cm x 67,2 cm x 106,9 cm59 cm x 112,2 cm x 63,4 cm
Teknologi inverterxxxxxx
Fungsi pengeringxxxxx
Fitur lainnyaWobble pulsator, eco tub clean, magic filter, child lock, air turbo, 5 water levelZeropressure technology, centrifugal softening system, child lock, delay start up to 24 hours, error code alarmOne touch wash, tabung soft touch, 8 washing programmeSmart Motion, TurboDrum, Punch+3, prapencucian otomatis, low decibel, minim getaran, smart diagnosisHijab mode, batik care, low water pressure, pillow drum, tempered glass lidZero pressure technology, water saving rinse, auto restart, antibacterial coating, auto restart, 7 wash programme4D X-tor techonology, auto fill, fuzzy logicSistem ActiveFoam, Water Bazooka, StainMaster, Active Wave Pulsator, child lock, auto restart, auto tub clean, 10 programDynamic-stream wash, auto self clean, tub clean program, tub dry program, LED, large lint filter (antibacterial), 3 step eco sensor, fully auto restart, auto power off, safety lid lock
Tautan produk
10

HitachiTop Loading Dynamic-Stream Wash

SF-140XAV

Mulai dari Rp 9.602.000,00

Kapasitas14 kg
Ukuran59 cm x 112,2 cm x 63,4 cm
Teknologi Inverter
Fungsi pengeringx
Fitur lainnyaDynamic-stream wash, auto self clean, tub clean program, tub dry program, LED, large lint filter (antibacterial), 3 step eco sensor, fully auto restart, auto power off, safety lid lock
9

Panasonic Mesin Cuci Bukaan Atas

NA-FD13AR1BS

Mulai dari Rp 7.069.000,00

Kapasitas13,5 kg
Ukuran60 cm x 67,2 cm x 106,9 cm
Teknologi inverter
Fungsi pengering
Fitur lainnyaSistem ActiveFoam, Water Bazooka, StainMaster, Active Wave Pulsator, child lock, auto restart, auto tub clean, 10 program
8

Sanken Top Load Washing Machine

AW-S855PP

Mulai dari Rp 3.441.000,00

Kapasitas6,5 kg
Ukuran52,3 cm x 52,3 cm x 88,5 cm
Teknologi inverterx
Fungsi pengering
Fitur lainnya4D X-tor techonology, auto fill, fuzzy logic
7

SHARP New Megamouth Series 1.4

ES-M9000T-GG

Mulai dari Rp 2.800.000,00

Kapasitas9 kg
Ukuran53 cm x 58,5 cm x 98,6 cm
Teknologi inverterx
Fungsi pengering
Fitur lainnyaZero pressure technology, water saving rinse, auto restart, antibacterial coating, auto restart, 7 wash programme
6

AQUAMesin Cuci Top Load

AQW-105825QD

Mulai dari Rp 3.679.000,00

Kapasitas10,5 kg
Ukuran58 cm x 59 cm x 98 cm
Teknologi inverterx
Fungsi pengeringx
Fitur lainnyaHijab mode, batik care, low water pressure, pillow drum, tempered glass lid
5

ElectroluxMesin Cuci Top Load EliteCare 300

EWT0H88H1WB

Mulai dari Rp 5.028.000,00

Kapasitas10,5 kg
Ukuran96,8 cm x 58 cm x 59,6 cm
Teknologi inverter
Fungsi pengeringx
Fitur lainnyaCyclonic care, child lock, delicates programme, heavy duty programme, soft closing door, wool program, air freshed drying, auto water level, time adjust feature, tub clean
4

LG Mesin Cuci Top Loading

T2185VS2M

Mulai dari Rp 2.610.000,00

Kapasitas8,5 kg
Ukuran54 cm x 91 cm x 54 cm
Teknologi inverter
Fungsi pengeringx
Fitur lainnyaSmart Motion, TurboDrum, Punch+3, prapencucian otomatis, low decibel, minim getaran, smart diagnosis
3

Midea Mesin Cuci SG Series

MAE7501

Mulai dari Rp 2.799.000,00

Kapasitas7,5 kg
Ukuran51,5 cm x 52,5 cm x 91,5 cm
Teknologi inverterx
Fungsi pengeringx
Fitur lainnyaOne touch wash, tabung soft touch, 8 washing programme
2
Kapasitas8 kg
Ukuran59,5 cm x 51 cm x 85 cm
Teknologi inverterx
Fungsi pengeringx
Fitur lainnyaZeropressure technology, centrifugal softening system, child lock, delay start up to 24 hours, error code alarm
1

Samsung WA70 Top Load Wobble™ Technology

WA70H4200SW/SE

Mulai dari Rp 3.200.000,00

Kapasitas7 kg
Ukuran54 cm x 85 cm x 56 cm
Teknologi inverterx
Fungsi pengering
Fitur lainnyaWobble pulsator, eco tub clean, magic filter, child lock, air turbo, 5 water level

Pertanyaan umum seputar mesin cuci top loading

Pertanyaan umum seputar mesin cuci top loading

Berikut ini rangkuman pertanyaan yang sering ditanyakan tentang mesin cuci top loading. Kami akan membahasnya secara ringkas supaya Anda lebih mantap dalam mengambil keputusan membeli mesin cuci top loading.

Apakah mesin cuci top loading merusak pakaian?

Mesin cuci top loading memang bisa membuat pakaian terlilit, tetapi tidak merusak pakaian. Sebaliknya, beberapa teknologi terbaru mesin cuci top loading justru bisa membuat pakaian awet dan tidak mudah rusak. Selain itu, penting juga menyesuaikan jumlah cucian dengan kapasitas tabung supaya baju tercuci maksimal tanpa berpotensi merusak bajunya.

Bolehkah menyimpan baju kotor di mesin cuci?

Hindari menyimpan baju kotor dalam mesin cuci karena tempat ini memiliki kelembapan yang tinggi. Menyimpan baju kotor di dalam mesin cuci bisa menyebabkan jamur dan bakteri tumbuh subur di pakaian. Selain itu, noda yang menempel pada pakaian juga jadi lebih sulit untuk dihilangkan.

Baca juga rekomendasi mesin cuci lainnya di sini

Selain mesin cuci top loading, kami juga sudah mengulas mesin cuci lainnya. Ada mesin cuci untuk Anda yang tinggal sendiri dan mesin cuci mini yang menarik juga untuk dimiliki. Untuk lebih jelasnya, silakan Anda buka tautan artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi mesin cuci top loading dari kami? Sebelum menentukan pilihan, pastikan Anda sudah memahami hal-hal yang perlu diperhatikan, seperti kapasitas, adanya fungsi pengering, hingga teknologi inverter.


Akan lebih baik jika mesin cuci juga dilengkapi dengan fitur-fitur lainnya sehingga mempermudah aktivitas Anda. Kami berharap rekomendasi produknya dapat membantu Anda menemukan mesin cuci top loading yang tepat.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian jenis mesin cuci, mesin cuci 2 tabung tetap menjadi primadona bagi sebagian orang. Jangan salah, mesin cuci 2 tabung memiliki keunggulan yang tidak dimiliki jenis lain. Kapasitas besar serta konsumsi daya listrik yang cenderung lebih hemat adalah salah satu contohnya. Sharp, Polytron, LG, dan AQUA Japan adalah beberapa merek mesin cuci 2 tabung yang populer di pasaran. Supaya Anda bisa menemukan mesin cuci 2 tabung yang bagus dan awet, kami akan membagikan tips memilihnya. Yuk, segera dapatkan rekomendasi mesin cuci 2 tabung terbaik di sini. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pesatnya perkembangan dunia elektronik juga berdampak pada jenis mesin cuci yang makin beragam. Umumnya ada tiga tipe mesin cuci yang beredar di pasaran. Tipe top loading dan front loading yang menggunakan satu tabung, serta tipe manual 2 tabung. Kapasitasnya pun beragam, dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan mencuci Anda sehari-hari.Kali ini, kami akan mengulas mesin cuci yang paling bagus untuk Anda. Ada beragam produk, termasuk dari merek terkenal, seperti Toshiba, Denpoo, dan Sharp. Selain itu, kami juga telah menyiapkan tips memilih mesin cuci terbaik untuk Anda. Silakan disimak!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mencuci adalah salah satu pekerjaan rumah yang rutin dilakukan. Oleh sebab itu, mesin cuci merupakan alat elektronik yang digunakan dalam keseharian. Salah satu jenis mesin cuci yang paling praktis digunakan adalah mesin cuci front loading. Meski begitu, beragamnya fitur dan teknologi yang hadir barangkali malah membuat Anda bingung memilih yang sesuai.Kali ini, kami akan merekomendasikan merek mesin cuci front loading terbaik, seperti Samsung, Electrolux, LG, dan lainnya. Namun, sebelum menentukan produk yang bagus, simak terlebih dahulu tips cara memilih yang telah kami sediakan berikut ini. Jangan lewatkan ya!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci dan Pengering Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci dan Pengering Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini kegiatan laundry makin dipermudah berkat kehadiran mesin cuci berteknologi tinggi. Salah satunya adalah washer dryer atau mesin cuci dan pengering. Washer dryer banyak diminati masyarakat karena multifungsi dan unggul dalam efisiensi energi. Artikel ini akan membahas dan membagikan tips memilih mesin cuci sekaligus pengering yang bagus. Kami juga akan me-review merek mesin cuci dan pengering terbaik. Washer dryer Samsung, LG, Beko, dan Electrolux adalah merek populer yang ada dalam rekomendasi kami. Untuk mendapatkan harga mesin cuci dan pengering dengan kualitas terbaik, baca sampai akhir artikel ini!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin cuci mini dapat berupa mesin cuci portable atau menyerupai mesin cuci pada umumnya, tetapi dengan fitur lebih minimalis. Produsen-produsen terkenal, seperti Xiaomi, Mito, dan Arashi, juga mengeluarkan mesin cuci mini dengan berbagai fitur menarik. Namun, merek mana yang bagus dan dapat bermanfaat optimal bagi Anda?Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi mesin cuci mini terbaik. Dengan begitu, menentukan mesin cuci mini yang paling tepat untuk Anda pun makin mudah. Temukanlah mesin cuci mini dengan berbagai varian spesifikasi, fitur, dan ukuran dalam daftar rekomendasi kami!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik untuk Orang yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik untuk Orang yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2022)
    Perkembangan teknologi mesin cuci dewasa ini begitu pesat. Selain dilengkapi desain yang keren, mesin cuci juga dibekali berbagai fitur menarik. Ada fitur ThinQ, VarioPerfect, hingga UltraEco. Menemukan mesin cuci yang bagus mungkin cukup membingungkan bagi Anda yang tinggal sendiri.Untuk itu, kami akan merekomendasikan beberapa jenis mesin cuci terbaik bagi Anda yang tinggal sendiri. Berbagai merek mesin cuci, seperti Panasonic, Sharp, LG, Samsung, dan lainnya akan Anda temukan dalam artikel ini. Sebelum Anda melihat mesin cuci tersebut, simaklah pembahasan di bawah ini terlebih dahulu. Baca pembahasannya sampai tuntas, ya!
    Peralatan kebersihan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori