• 10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Bagi Anda yang sering menumpuk baju kotor, sebaiknya memilih mesin cuci top loading. Hal ini karena teknologi mesin cuci top loading lebih baik dalam menghilangkan noda dibandingkan mesin cuci front loading. Banyak produsen ternama, seperti LG, Samsung, Sharp, dan Polytron berlomba-lomba menawarkan produk dengan fitur-fitur unggulan.


Beragam fitur yang ditawarkan tiap produsen mungkin dapat membuat Anda bingung. Agar tak salah pilih, kami akan mengulas poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli mesin cuci top loading. Tak lupa, kami juga mengulas sepuluh mesin cuci top loading terbaik untuk Anda. Selamat membaca!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Husnul Khotimah
  • Pembaharuan terakhir: 15 November 2020
  • 44.964 Views
Daftar isi

Cara memilih mesin cuci top loading

Banyaknya iklan dan klaim keunggulan mesin cuci oleh produsen dapat membuat Anda bingung dalam memilih. Agar Anda memiliki pengetahuan yang mendalam dan tak salah pilih, kami akan membahas cara memilih mesin cuci top loading. Silakan cermati dengan baik. 

Kapasitas standar adalah jumlah orang dikali 1,5 kg, sebisa mungkin pilih yang kapasitasnya besar

Kapasitas standar adalah jumlah orang dikali 1,5 kg, sebisa mungkin pilih yang kapasitasnya besar

Sebagai panduan saat memilih kapasitas mesin cuci, hitunglah jumlah anggota keluarga dikali 1,5 kg. Hal ini disebabkan rata-rata berat cucian setiap orang adalah 1,5 kg. Dengan melakukan perhitungan tersebut, Anda bisa mendapatkan perkiraan kapasitas yang dibutuhkan. Namun, perhitungan ini perlu dipertimbangkan kembali bila Anda tipe yang lebih suka menumpuk cucian untuk dicuci sekaligus. Anda bisa mengakalinya dengan mencuci pakaian dalam beberapa kali proses pencucian. 


Jika Anda kerap berganti handuk atau memiliki anak kecil, sebaiknya Anda memilih mesin cuci berkapasitas lebih besar. Anda juga bisa memilih mesin cuci berkapasitas lebih kecil apabila terbiasa mencuci baju secara terpisah berdasarkan jenisnya. Untuk situasi tersebut, Anda dapat memilih mesin cuci berkapasitas 6 kg. 


Agar proses pencucian lebih optimal, volume cucian yang direkomendasikan adalah 70% dari kapasitas mesin cuci. Alasannya, apabila Anda terlalu banyak memasukkan pakaian kotor, jumlah air yang dibutuhkan tidak akan mencukupi. Dengan demikian, kotoran dan bau akan tetap tertinggal di pakaian Anda. Untuk itu, tinjau kembali perbandingan air dan volume cucian apabila noda pada cucian sulit bersih. 

Sesuaikan tingginya dengan tubuh Anda dan lokasi penggunaan. Tinggi 90 cm sudah nyaman dan mudah dipakai

Sesuaikan tingginya dengan tubuh Anda dan lokasi penggunaan. Tinggi 90 cm sudah nyaman dan mudah dipakai
Apabila tinggi badan Anda sekitar 160 cm, sebaiknya Anda memilih mesin cuci dengan tinggi 90 cm. Ukuran ini dianggap ideal dan memudahkan Anda dalam memasukkan dan mengeluarkan cucian. Sesuaikan ketinggian mesin cuci dengan anggota keluarga yang sering menggunakan mesin cuci tersebut supaya nyaman digunakan. 

Selain tinggi dari mesin cuci, desain penutupnya juga perlu Anda pertimbangkan. Penutup akan menambah tinggi mesin cuci saat dibuka. Hal ini dapat menjadi masalah bila Anda berencana menaruh rak gantung di atas mesin cuci. Bisa-bisa mesin cuci tidak dapat dibuka karena terhalang oleh rak gantung. Beberapa mesin cuci dengan penutup yang dapat dilipat bisa menjadi pilihan Anda.

Pastikan mesin cuci memiliki fungsi pengering

Pastikan mesin cuci memiliki fungsi pengering

Apabila Anda kesulitan menjemur pakaian di luar ruangan, pilihlah mesin cuci yang dilengkapi dengan fungsi pengering. Fungsi ini juga sangat berguna pada saat musim hujan tiba dan Anda harus menjemur pakaian di dalam ruangan. Sebaliknya, apabila Anda memiliki dehumidifier, mungkin fungsi pengering tidak begitu penting untuk Anda perhatikan. 


Biasanya, fungsi pengering pada mesin cuci top loading kurang optimal apabila dibandingkan dengan mesin cuci front loading. Oleh karena itu, pilihlah mesin cuci front loading apabila Anda menginginkan fungsi pengering yang optimal. 

Pilih tipe inverter agar dapat digunakan di malam hari

Pilih tipe inverter agar dapat digunakan di malam hari

Apabila Anda menginginkan mesin cuci yang tidak menghasilkan suara berisik dan leluasa digunakan di malam hari, pilih mesin cuci inverter. Inverter adalah alat dengan teknologi yang dapat mengatur perputaran motor mesin untuk menggerakkan mesin cuci. Selain tidak berisik, teknologi inverter juga membuat mesin cuci lebih hemat energi dan air. 


Mesin cuci yang dilengkapi teknologi inverter biasanya harganya lebih mahal jika dibandingkan tipe biasa. Walaupun demikian, tipe ini lebih menguntungkan apabila Anda mempertimbangkan biaya listrik dan air yang diperlukan. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah teknologi inverter tidak serta merta dapat membuat pakaian bersih secara optimal. 

Pertimbangkanlah keberadaan fitur-fitur lainnya

Di samping poin-poin yang telah dibahas di atas, beberapa produk mesin cuci juga dilengkapi dengan fitur yang unik. Tentunya fitur-fitur tersebut dapat menambah nilai fungsional dari mesin cuci. Ingin tahu apa saja fiturnya? Berikut ulasannya.

Untuk kemudahan menjaga kebersihan tabung, pilih fitur automatic cleaning

Untuk kemudahan menjaga kebersihan tabung, pilih fitur automatic cleaning

Menjaga tabung atau bagian dalam mesin cuci supaya tetap bersih merupakan salah satu hal yang cukup merepotkan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksa fungsi automatic cleaning sehingga memudahkan Anda dalam membersihkan tabung mesin cuci. 


Meskipun demikian, pastikan juga Anda tetap membersihkan mesin cuci secara manual setidaknya setiap enam bulan sekali. Tujuannya untuk memastikan mesin cuci benar-benar bersih.


Selain tabung mesin cuci, jangan lupa untuk membersihkan tempat detergennya. Agar lebih mudah membersihkannya, pilih produk dengan tempat detergen yang berdesain sederhana atau simpel. Akan lebih baik apabila Anda langsung mengecek mesin cuci di toko elektronik supaya lebih yakin dengan pilihan Anda. 

Untuk hasil cucian lebih bersih dan hemat listrik, pilih produk yang dilengkapi pompa booster

Untuk hasil cucian lebih bersih dan hemat listrik, pilih produk yang dilengkapi pompa booster
Apabila Anda menginginkan mesin cuci yang dapat membersihkan cucian dengan optimal, pilihlah produk yang dilengkapi dengan pompa booster. Pompa booster adalah pompa yang dapat menambah tekanan air sehingga Anda dapat lebih menghemat listrik. Biasanya, pompa booster ini dijual secara terpisah. Tidak hanya itu, sebaiknya Anda memilih mesin cuci yang juga dilengkapi dengan fungsi mencuci dengan air hangat. 

Air hangat bersuhu 35-40 °C lebih efektif dalam membersihkan kotoran atau noda yang membandel karena mudah melarutkan detergen. Saat sudah larut, kemampuan detergen dalam membersihkan kotoran pun bisa lebih optimal. Selain itu, air panas dapat meminimalkan risiko menempelnya residu detergen pada cucian. 

Ketahui karakteristik dan keunggulan tiap merek mesin cuci

Ketahui karakteristik dan keunggulan tiap merek mesin cuci
Banyaknya mesin cuci dengan merek dari produsen terkenal tentu akan membuat Anda semakin sulit menentukan produk yang terbaik. Perlu diketahui bahwa setiap produsen mesin cuci memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Misalnya merek Hitachi yang memfokuskan kualitas pada motor mesin cuci. Oleh karena itu, produk Hitachi lebih unggul dalam kualitas mesin dan hasil cucian pun lebih bersih. Tak hanya itu, produk dari Hitachi juga sudah dikenal dengan desainnya yang menarik.


Berbeda dengan Hitachi, Panasonic lebih fokus untuk membuat produk yang mudah digunakan. Sementara itu, produk dari Sharp terkenal akan kualitas desainnya yang menawan. Dengan mengetahui keunggulan tiap-tiap produk, Anda akan lebih mudah dalam mencari mesin cuci yang dibutuhkan.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi mesin cuci top loading terbaik

Setelah memberikan ulasan cara memilih mesin cuci top loading, berikutnya kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Pilihlah yang paling sesuai untuk Anda!
10
Kapasitas14 kg
Ukuran59 cm x 112,2 cm x 63,4 cm
Teknologi Inverter
Fungsi lainnyaDynamic-stream wash, auto self clean, tub clean program, tub dry program, LED, large lint filter (antibacterial), fully auto restart, auto power off, dan safety lid lock
9
Kapasitas8 kg
Ukuran59,5 cm x 65,8 cm x 105 cm
Teknologi Inverterx
Fungsi lainnyaChild lock, mengulang otomatis, tunda penyalaan, tub hygiene, air dry
8
Kapasitas9 kg
Ukuran54 cm x 55,2 cm x 93,9 cm
Teknologi Inverterx
Fungsi lainnyaDelay start sampai 24 jam, fungsi merendam sampai 60 menit, child lock, error code alarm, water fall, dan silent wash technology
7
Kapasitas9 kg
Ukuran55 cm x 57 cm x 94 cm
Teknologi InverterTidak disebutkan
Fungsi lainnyaFuzzy logic dan dynamic soak function
6

LG Mesin Cuci LG 12kg, Top Loading - Dengan Heating System

T2112VSSAV

Rp 5.785.000,00

Kapasitas12 kg
Ukuran54 cm x 91 cm x 54 cm
Teknologi Inverter
Fungsi lainnya6 motion DD, Turboshot™, Tub Clean+, dan Smart ThinQ
5

Sanken Mesin Cuci Top Loading Satu Tabung

QW-S102GS

Rp 3.300.000,00

Kapasitas10,5 kg
Ukuran58 cm x 58,7 cm x 96,6 cm
Teknologi InverterTidak disebutkan
Fungsi lainnyaAuto fill, stainless steel drum, preset timer, 6 programs, 6 water level, water recyle, child lock, dan elegant glass lid
4

SHARP New Megamouth Series 2.0

ES-M8500XT-SA

Rp 3.099.900,00

Kapasitas8,5 kg
Ukuran53 cm x 58,5 cm x 95,6 cm
Teknologi Inverter
Fungsi lainnya9 washing program, quick wash technology, hijab pouch & hijab program, anti bacterial coating, zero pressure valve, dolphin pulsator, auto tub clean, dan child lock
3
Kapasitas9,5 kg
Ukuran55 cm x 56,5 cm x 92 cm
Teknologi Inverterx
Fungsi lainnyaAir dry, magic filter, dan child lock
2

Samsung WA95 Top Load Wobble™ Technology 9.5 Kg

WA95J5710SG/SE

Rp 3.998.000,00

Kapasitas9,5 kg
Ukuran61 cm x 107,5 cm x 67,5 cm
Teknologi InverterTidak disebutkan
Fungsi lainnyaChild lock, magic filter, 5 water levels, soak, quick wash, adjustable wash, rinse, spin
1

LGTop Loading TurboWash 3D™ dan Inverter Direct Drive™ - ThinQ™ dengan WiFi

TH2722DSAK

Rp 9.863.000,00

Kapasitas22 kg
Ukuran102,3 cm x 69 cm x 73 cm
Teknologi Inverter
Fungsi lainnyaSmartThinQ, full stainless tub, 6 motion DD, auto tub clean, dan black touch LED display

Tabel perbandingan produk mesin cuci top loading terbaik

Gambar produk
1
LG Top Loading TurboWash 3D™ dan Inverter Direct Drive™ - ThinQ™ dengan WiFi 1

LG

2
Samsung  WA95 Top Load Wobble™ Technology 9.5 Kg 1

Samsung

3
Midea  New Marine 9,5 Kg 1

Midea

4
SHARP  New Megamouth Series 2.0 1

SHARP

5
Sanken  Mesin Cuci Top Loading Satu Tabung 1

Sanken

6
LG  Mesin Cuci LG 12kg, Top Loading - Dengan Heating System 1

LG

7
AQUA Mesin Cuci Top Load 1

AQUA

8
Polytron  New Zeromatic Belleza 18 Series 1

Polytron

9
Panasonic  NA-F80A5HSG 1

Panasonic

10
Hitachi Top Loading Dynamic-Stream Wash 1

Hitachi

Nama produk

Top Loading TurboWash 3D™ dan Inverter Direct Drive™ - ThinQ™ dengan WiFi

WA95 Top Load Wobble™ Technology 9.5 Kg

New Marine 9,5 Kg

New Megamouth Series 2.0

Mesin Cuci Top Loading Satu Tabung

Mesin Cuci LG 12kg, Top Loading - Dengan Heating System

Mesin Cuci Top Load

New Zeromatic Belleza 18 Series

NA-F80A5HSG

Top Loading Dynamic-Stream Wash

Keunggulan

Kapasitas besar, bisa untuk pencucian banyak sekaligus

Memadukan teknologi canggih dan pencucian manual

Canggih dengan layar LED, cukup tekan satu tombol, cucian pun beres

Bukaannya yang besar memudahkan Anda memasukkan dan mengeluarkan cucian

Tak khawatir mencuci di musim hujan berkat pengering supernya

Si ramping hemat tempat, berkapasitas besar lengkap dengan pemanas

Mampu merawat serat kain hijab dan batik dengan baik

Silent Wash Technology membuatnya nyaman untuk mencuci di malam hari

Ampuh menghilangkan beragam jenis noda yang paling bandel

Tidak bingung lagi berkat empat tombol kontrol yang mudah digunakan

HargaRp 9.863.000,00Rp 3.998.000,00Rp 4.288.000,00Rp 3.099.900,00Rp 3.300.000,00Rp 5.785.000,00Rp 2.300.000,00Rp 2.525.000,00Rp 3.616.450,00Rp 7.200.000,00
Kapasitas22 kg9,5 kg9,5 kg8,5 kg10,5 kg12 kg9 kg9 kg8 kg14 kg
Ukuran102,3 cm x 69 cm x 73 cm 61 cm x 107,5 cm x 67,5 cm55 cm x 56,5 cm x 92 cm53 cm x 58,5 cm x 95,6 cm58 cm x 58,7 cm x 96,6 cm54 cm x 91 cm x 54 cm55 cm x 57 cm x 94 cm54 cm x 55,2 cm x 93,9 cm59,5 cm x 65,8 cm x 105 cm 59 cm x 112,2 cm x 63,4 cm
Teknologi InverterTidak disebutkanxTidak disebutkanTidak disebutkanxx
Fungsi lainnyaSmartThinQ, full stainless tub, 6 motion DD, auto tub clean, dan black touch LED displayChild lock, magic filter, 5 water levels, soak, quick wash, adjustable wash, rinse, spinAir dry, magic filter, dan child lock9 washing program, quick wash technology, hijab pouch & hijab program, anti bacterial coating, zero pressure valve, dolphin pulsator, auto tub clean, dan child lockAuto fill, stainless steel drum, preset timer, 6 programs, 6 water level, water recyle, child lock, dan elegant glass lid6 motion DD, Turboshot™, Tub Clean+, dan Smart ThinQFuzzy logic dan dynamic soak functionDelay start sampai 24 jam, fungsi merendam sampai 60 menit, child lock, error code alarm, water fall, dan silent wash technologyChild lock, mengulang otomatis, tunda penyalaan, tub hygiene, air dryDynamic-stream wash, auto self clean, tub clean program, tub dry program, LED, large lint filter (antibacterial), fully auto restart, auto power off, dan safety lid lock
Tautan produk

Baca juga rekomendasi mesin cuci lainnya di sini!

Selain mesin cuci top loading, kami juga sudah mengulas mesin cuci lainnya, seperti mesin cuci dua tabung dan front loading. Tak hanya itu, kami juga memiliki artikel tentang mesin cuci terbaik dari beragam merek. Untuk lebih jelasnya, silakan simak tautan artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi mesin cuci top loading dari kami? Sebelum memilih, pastikan Anda sudah memahami hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan, seperti kapasitas, adanya fungsi pengering, hingga teknologi inverter.


Akan lebih baik jika mesin cuci juga dilengkapi dengan fitur-fitur lainnya sehingga mempermudah aktivitas Anda. Kami berharap rekomendasi produk ini dapat membantu Anda menemukan mesin cuci top loading yang tepat.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Peralatan kebersihan
    299.907 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin cuci merupakan alat elektronik yang digunakan dalam keseharian. Salah satu jenisnya adalah mesin cuci front loading yang praktis. Beragamnya fitur dan teknologi yang hadir dalam mesin cuci barangkali malah membuat Anda bingung memilih yang sesuai.Kali ini, kami akan merekomendasikan produk-produk pilihan, seperti Panasonic, LG, dan lain sebagainya. Namun, sebelum itu, simaklah terlebih dahulu cara memilihnya. Jangan lewatkan rekomendasinya untuk menemukan mesin cuci front loading idaman Anda!
    Peralatan kebersihan
    84.856 Views
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vacuum cleaner terdiri dari beberapa jenis, di antaranya adalah handy, robotic, hingga tanpa kabel. Namun, jenis yang memiliki daya isap paling kuat adalah vacuum cleaner tabung Vacuum cleaner tabung pun memiliki model penampung debu dan head yang berbeda-beda.Ada beberapa merek yang memproduksi vacuum cleaner tabung, antara lain Panasonic, Philips, Sharp, dan lainnya. Kualitas masing-masing merek tidak perlu diragukan lagi sehingga mungkin Anda bingung dalam memilih. Untuk itu, kami akan memberi informasi cara memilih vacuum cleaner tabung, serta merekomendasikan produk terbaik. Yuk, temukan produk yang ideal untuk Anda!
    Peralatan kebersihan
    55.571 Views
  • 10 Rekomendasi Exhaust Fan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Exhaust Fan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ruangan dengan sirkulasi udara yang baik terasa lebih sejuk dan nyaman dihuni. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa membeli exhaust fan. Ukuran dan lokasi pemasangan exhaust fan sangatlah beragam, bisa jadi Anda malah kebingungan saat hendak membelinya.Tenang saja, artikel ini kami hadirkan untuk menjawab permasalahan Anda. Cara memilih dan rekomendasi exhaust fan terbaik akan kami berikan untuk Anda. Ada exhaust fan berkualitas keluaran Panasonic, Mitsubishi Electric, Maspion, dan sebagainya dalam artikel ini. Kami harap Anda bisa menemukan produk yang Anda cari.
    Peralatan kebersihan
    9.651 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Sharp Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Sharp Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin cuci adalah alat terobosan yang memudahkan Anda untuk mencuci pakaian. Salah satu merek mesin cuci yang banyak dicari adalah Sharp dengan kualitas yang terbaik. Sharp memiliki berbagai jenis mesin cuci dengan kapasitas yang berbeda serta teknologi mutakhir.Mungkin Anda bingung dalam memilih mesin cuci Sharp mana yang pas untuk digunakan. Tenang saja karena dalam artikel ini kami akan memberikan tips dalam memilih mesin cuci Sharp. Tidak ketinggalan, rekomendasinya juga akan kami berikan untuk Anda. Tidak perlu berlama-lama lagi, selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
    6.551 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci LG Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci LG Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memiliki mesin cuci tentu membawa banyak manfaat pada kegiatan rumah tangga Anda. Salah satunya, Anda dapat menghemat waktu mencuci sambil melakukan pekerjaan lain. Terlebih lagi, saat ini mesin cuci hadir dalam berbagai tipe dan dilengkapi teknologi yang makin canggih. Anda dapat mengandalkan aneka fitur yang memberikan kemudahan dan kenyamanan.Salah satu merek mesin cuci yang terkenal ialah LG. Terdapat empat tipe mesin cuci LG, yaitu twin tub, top loading, front loading, dan TWINWash™. Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Selamat menyimak ulasan dari kami!
    Peralatan kebersihan
    1.199 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori