10 Rekomendasi Magic Jar Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Magic Jar Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Magic jar umumnya digunakan untuk menjaga nasi agar tetap hangat. Sebagian orang tidak menyukai perubahan rasa dari nasi yang sudah dingin, terutama mereka yang cenderung berindera perasa peka. Karena itulah, penggunaan magic jar juga semakin marak. Produknya pun hadir dalam berbagai tipe dan fitur.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan magic jar terbaik yang telah kami rangkum untuk Anda, seperti merek Yong Ma, Akebonno, dan Oxone. Masih banyak juga kegunaan lain dari magic jar selain sebagai penghangat nasi. Agar Anda tak bingung dalam memilih, simak terus artikel ini!

Daftar isi

Animo masyarakat terhadap magic jar yang mulai meningkat

Animo masyarakat terhadap magic jar yang mulai meningkat

Magic jar merupakan salah satu peralatan dapur yang digunakan khusus untuk menyimpan nasi yang sudah matang agar tetap lezat. Meski begitu, umumnya magic jar tidak dapat digunakan untuk memasak nasi. Jika Anda menyimpan nasi di dalam magic jar, nasi akan menjadi lebih pulen. Anda pun dapat menjaga kehangatan nasi serta membuat rasa dan wanginya tetap menggoda selera.

Selain itu, menggunakan magic jar termasuk salah satu langkah menjaga lingkungan karena konsumsi daya listriknya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan rice cooker. Dengan strukturnya yang simpel, magic jar umumnya tidak mudah rusak, tahan lama, dan mudah dibersihkan.

Teknologi pada magic jar pun semakin canggih dan kini tak hanya berguna untuk sekadar menghangatkan nasi saja. Sekarang, kemampuan magic jar dalam menjaga suhu tetap hangat juga dapat dimanfaatkan untuk menghangatkan berbagai makanan berkuah dan lauk-pauk. Selain itu, masih banyak juga kegunaan lain dari magic jar sehingga tak heran bila animo masyarakat terhadap alat dapur ini pun semakin meningkat.

Cara memilih magic jar

Tujuan penggunaan magic jar bagi setiap orang tidaklah sama karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Agar tidak salah pilih, pertimbangkanlah magic jar yang cocok untuk Anda berdasarkan poin-poin berikut ini!

Pilihlah tipe yang sesuai dengan gaya hidup Anda

Magic jar terbagi dalam 2 tipe, yaitu tipe elektronik yang menggunakan listrik, dan tipe yang tidak memerlukan listrik. Pertimbangkanlah tipe yang sesuai dengan gaya hidup Anda dan pilihlah yang mudah digunakan.

Tipe elektronik yang serbaguna dan banyak menjadi pilihan

Tipe elektronik yang serbaguna dan banyak menjadi pilihan

Tipe ini membutuhkan energi listrik untuk bisa menjaga kehangatan nasi. Tampilannya menyerupai rice cooker, begitu pula kapasitas nasi yang dapat ditampungnya. Bahkan magic jar pada umumnya seringkali merujuk pada tipe ini. Magic jar ini dapat digunakan untuk menyimpan nasi dalam jangka waktu cukup lama sementara nasi tersebut tetap hangat dan aman.

Bila diperlukan, Anda juga dapat menghangatkan berbagai makanan berkuah dan lauk pauk di dalamnya. Memilih magic jar dengan tambahan wadah khusus tentu akan lebih praktis bila Anda ingin mengoptimalkan manfaatnya.

Tipe tanpa listrik yang dapat disajikan di meja makan

Tipe tanpa listrik yang dapat disajikan di meja makan

Di Indonesia, tipe ini sering disebut sebagai termos nasi, yaitu alat yang berfungsi untuk menjaga kehangatan makanan di dalamnya. Seperti yang Anda lihat, alat ini dapat menjaga kehangatan nasi tanpa menggunakan energi listrik. Anda pun dapat membawanya ke mana saja dan mengisinya dengan makanan apa saja. Baik dalam suasana prasmanan atau waktu makan sehari-hari di rumah, alat ini tetap cocok digunakan.

Pilihlah kapasitas berdasarkan jumlah anggota keluarga

Pilihlah kapasitas berdasarkan jumlah anggota keluarga

Dalam sebuah rumah tangga, banyaknya nasi yang disimpan dalam sebuah magic jar bergantung pada banyaknya jumlah anggota keluarga yang mengonsumsi nasi tersebut. Agar nasi dapat dinikmati dalam keadaan lezat, sebaiknya masaklah nasi untuk satu kali santap daripada memasak nasi dalam jumlah yang besar sekaligus dan menghangatkannya berulang-ulang. Untuk itu, lebih baik pilihlah magic jar dengan kapasitas yang lebih kecil dari rice cooker Anda.

Jika Anda menyimpan nasi dengan kuantitas yang jauh di bawah kapasitas magic jar, suhunya akan menurun dan berujung pada menurunnya kualitas nasi. Jadi, kami sarankan untuk memilih magic jar dengan kapasitas yang tak terlalu besar atau sesuai kebutuhan Anda. Namun, tentu akan lain cerita bila Anda ingin membeli magic jar untuk keperluan usaha warung makan atau restoran, ya!

Pilihlah desain yang compact dan mudah dibawa

Pilihlah desain yang compact dan mudah dibawa

Ukuran dari tiap magic jar berbeda tergantung dari kapasitas nasi yang dapat ditampungnya. Namun, mempertimbangkan kemungkinan Anda juga memiliki rice cooker atau panci untuk menanak nasi, akan lebih mudah bila Anda menggunakan produk dengan desain yang compact. Anda akan terhindar dari kerepotan menata barang. Produk yang compact pun tidak akan menyebabkan meja makan Anda tampak penuh sesak.

Produk yang memiliki handle tentu akan memudahkan Anda untuk memindahkannya dari dapur ke meja makan. Sebelum mengangkatnya, pastikanlah tutup magic bar sudah melekat erat pada wadahnya untuk mencegah tumpah.

Disarankan untuk memilih produk yang rendah konsumsi daya listrik

Disarankan untuk memilih produk yang rendah konsumsi daya listrik

Magic jar mempunyai satu kelebihan utama, yaitu konsumsi daya listrik yang lebih rendah dibandingkan dengan rice cooker yang sedang digunakan untuk menghangatkan nasi. Selain itu, karena digunakan setiap hari, sebisa mungkin pilihlah magic jar yang rendah konsumsi listrik. Dengan begitu, menyalakan magic jar sepanjang hari pun tidak akan membuat tagihan listrik membengkak.

Pilihlah produk dengan struktur yang simpel

Pilihlah produk dengan struktur yang simpel

Karena magic jar umumnya tidak akan sekotor rice cooker, produk ini menjadi lebih mudah dibersihkan. Bahkan, bisa dikatakan bahwa sebuah magic jar membutuhkan lebih sedikit air dan sabun untuk mencucinya.

Bagaimanapun juga, akan sulit mencuci alat ini jika tutup bagian dalam yang berfungsi mengalirkan uap masih dalam kondisi terpasang. Jika demikian, Anda perlu melepasnya terlebih dahulu. Sebisa mungkin pilihlah produk yang strukturnya simpel sehingga Anda tak perlu membuang waktu dan tenaga ketika membersihkannya.

10 Rekomendasi magic jar terbaik

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi magic jar dan termos nasi terbaik untuk Anda. Pilihlah produk dengan kapasitas dan tipe yang sesuai kebutuhan agar Anda dapat menggunakannya secara optimal.

10. Lion Star Rice – Ice Bucket 38 I-21

10. Lion Star Rice - Ice Bucket 38 I-21

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 362.000

Desain simpel yang mudah dibersihkan, hemat tanpa listrik

Bagi Anda yang memiliki warung nasi atau katering, termos nasi ini cocok untuk Anda. Anda dapat menyimpan nasi matang dalam produk tipe khusus untuk sekali makan ini dengan kapasitas 38 liter atau setara 76 porsi. Produk tanpa listrik ini dapat menjaga nasi tetap hangat karena terbuat dari dinding berlapis ganda dengan polyurethane foam sebagai isolator.

Termos nasi ini pun memiliki desain simpel yang mudah dibawa karena dilengkapi gagang. Bagian dalam wadah pun terbuat dari bahan food grade yang tentunya akan aman bagi makanan Anda. Produk berdiameter 40,5 cm dengan tinggi 47 cm ini juga tersedia dalam warna biru, merah, atau hijau yang simpel dan menarik. Silakan pilih warna kesukaan Anda, ya!

9. Miyako Magic Warmer – MJ-709 EP

9. Miyako Magic Warmer - MJ-709 EP

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 190.000

Desain bunga cantik dengan lapisan jar non-PFOA yang aman bagi kesehatan

Magic jar tipe elektronik ini didesain dengan warna dominan putih dan hiasan bunga berwarna pink, cocok untuk Anda yang ingin memberi kesan bersih dan feminin pada ruang makan Anda. Selain desain yang cantik, produk ini dapat menampung 7 liter nasi yang sekiranya cukup untuk keluarga beranggotakan 4 orang, untuk 2 kali santap.

Dengan struktur simpelnya, Anda dapat melepas jar-nya dengan mudah saat hendak mencucinya. Produk ini pun dilengkapi handle serta hanya memerlukan listrik sebesar 72 watt. Selain itu, lapisan dalam jar produk ini pun terbuat dari bahan non-PFOA (perfluorooctanoic acid) yang lebih aman bagi kesehatan Anda sekeluarga.

8. Maspion Tempat Es/Nasi USA 8

8. Maspion Tempat Es/Nasi USA 8

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 70.000

Desain sederhana berukuran kompak, pilihan tepat untuk di meja makan

Bagi Anda yang termasuk keluarga besar beranggotakan 7-8 orang, termos nasi ini pas jadi pilihan. Berkapasitas maksimal 8 liter, produk yang cocok diletakkan di dekat meja makan ini tidak membutuhkan listrik. Produk ini pun tersedia dalam 3 pilihan warna cerah, yaitu biru muda, pink, dan hijau muda untuk menambah keceriaan di ruang makan Anda.

Dilengkapi gagang yang kokoh, produk ini dapat dipindahkan dengan mudah dari dapur ke ruang makan. Selain itu, pada bagian tutupnya terdapat tonjolan yang memudahkan Anda untuk membuka tutup produk ini. Produk berdiameter 23 cm ini pun mudah dibersihkan karena strukturnya yang simpel, yaitu hanya bagian wadah dan tutup.

7. Maspion Rice Warmer MRJ-22 BMC

7. Maspion Rice Warmer MRJ-22 BMC

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 274.000

Body plate yang kuat dan mudah dibersihkan

Dengan bodi yang dilapisi plate, bagian luar produk ini dipastikan tidak mudah pecah dan lebih mudah dibersihkan. Anda yang selalu menginginkan tampilan bersih pada setiap perabot dapur tentu akan menyukai produk ini. Didesain secara compact, produk dilengkapi dengan gagang bertombol untuk kemudahan membuka dan menutupnya.

Dengan kapasitas 7 liter atau sekiranya memadai bagi keluarga berjumlah 4 orang untuk 2 kali santap, produk ini termasuk cukup rendah konsumsi listrik, yakni hanya 70 watt. Bagian dalam produk ini juga terbuat dari aluminium yang dilapisi lapisan non-stick. Sisa nasi tak akan lengket, Anda pun semakin mudah membersihkannya.

6. Oxone Jumbo Warmer OX-188

6. Oxone Jumbo Warmer OX-188

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.498.000

Kapasitas besar dengan daya listrik hemat

Bagi Anda yang sering mendapat kunjungan dari sanak-saudara, produk ini akan cocok untuk Anda. Dengan kapasitas 13 liter, produk ini dapat memuat nasi untuk 7 orang dengan porsi 2 kali santap sehingga ideal untuk menjamu anggota keluarga yang berkunjung di akhir minggu. Produk tipe elektronik ini pun memerlukan daya 103 watt saja.

Bodi besar produk ini terbuat dari stainless steel yang dilengkapi dengan gagang plastik hitam pada kiri dan kanan bodinya sehingga mudah dipindahkan. Jar-nya yang terbuat dari bahan antikarat tidak akan mengurangi kelezatan nasi Anda. Sementara itu, bagian dalam jar yang antilengket membuat Anda effortless dalam membersihkannya.

5. Yong Ma YMJ 401

5. Yong Ma YMJ 401

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 470.000

Dengan lapisan blacktinum yang tidak mudah mengelupas, aman bagi nasi Anda

Bagi Anda yang menyukai desain rapi dan lapisan dalam jar yang tangguh, produk ini cocok untuk Anda. Dengan secret button-nya, produk tipe elektronik ini memiliki tampilan akhir yang rapi tanpa banyak tonjolan tombol. Produk yang dilengkapi mood lamp dan gagang pada bagian atas ini juga hanya memerlukan daya 68 watt saja. Hemat!

Jar produk ini dilapisi blacktinum tebal yang tidak mudah mengelupas sehingga Anda tidak perlu khawatir lapisan akan tercampur ke dalam nasi. Selain kelengkapan standar, seperti jar dan sendok nasi, produk berkapasitas 8,2 liter yang cukup untuk 5 orang dengan porsi 2 kali santap ini juga memiliki wadah plastik ekstra dan gantungan sendok nasi di luar bodi.

4. Getra Penghangat Nasi SHW-888

4. Getra Penghangat Nasi SHW-888

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.855.000

Motif kayu cokelatnya memberi kesan natural pada ruang makan Anda

Dengan motif kayu cokelat pada bagian luar bodi, produk ini dapat memberi kesan natural pada ruang makan Anda. Kapasitas sebesar 20 liternya pun cukup untuk 40 porsi sehingga cocok bagi Anda yang memiliki rumah kos atau warung nasi. Dengan jar antilengket, produk tipe elektronik rumah ini pun hanya membutuhkan listrik sebesar 103 watt.

Anda pun tak perlu khawatir akan kualitas nasi yang dihangatkan karena produk ini tidak mudah mengubah warna atau rasa nasi selama 12 jam dengan mempertahankannya pada suhu 72ºC. Produk ini juga dilengkapi elemen pemanas di bagian bawah, atas, dan samping sehingga kehangatan nasi dapat lebih merata. Menarik, bukan?

3. Modena Electric Rice Warmer WR 1001 E

3. Modena Electric Rice Warmer WR 1001 E

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.990.000

Desain modern dengan kapasitas ekstra besar!

Bagi Anda yang memiliki usaha cafe atau restoran, produk ini cocok untuk Anda karena kapasitasnya yang ekstra besar yaitu 30 liter atau setara dengan 60 porsi nasi. Namun, tak perlu khawatir tagihan listrik Anda akan membengkak karena produk inovasi dari produsen kompor terkenal ini hanya memerlukan daya sebesar 105 watt.

Produk tipe elektronik ini pun didesain bergaya modern dan terlihat begitu kokoh dengan bodi stainless steel-nya yang tahan karat sehingga cocok untuk penggunaan jangka lama. Selain itu, jar-nya pun terbuat dari bahan yang telah dilapisi lapisan antilengket sehingga Anda dapat membersihkannya dengan mudah. Praktis, ya!

2. Akebonno Rice Warmer HJF-8000

2. Akebonno Rice Warmer HJF-8000

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.900.000

Desain compact dan bahan stainless steel bermutu tinggi yang tahan karat

Produk yang satu ini memiliki desain compact yang terlihat elegan dan bodi berbahan stainless steel bermutu tinggi yang tahan karat sehingga awet untuk penggunaan dalam waktu lama. Selain itu, struktur produk berlabel SNI ini pun cukup simpel dengan bagian luar dan penutup yang menyatu serta jar yang mudah dilepas-pasang.

Bagi Anda yang memiliki usaha katering atau restoran, tentu Anda akan menyukai produk bertipe eletronik berikut. Produk berkapasitas 20 liter atau sekitar 40 porsi nasi ini hanya berdaya listrik 103 watt. Produk yang mudah dioperasikan ini pun diklaim mampu menjaga kehangatan nasi sampai 24 jam dalam jar antilengketnya.

1. Oxone 2 In 1 Double Jumbo Warmer OX-1000

1. Oxone 2 In 1 Double Jumbo Warmer OX-1000

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.000.000

2-in-1, menghangatkan nasi dan lauk berkuah sekaligus!

Bagi Anda yang menyukai kepraktisan, produk ini berjodoh dengan Anda. Dengan 2 wadah terpisah berkapasitas sama, alat ini dapat digunakan untuk menghangatkan 2 jenis makanan sekaligus. Satu wadah untuk nasi berkapasitas 9 liter atau setara porsi 2 kali santap untuk 5 orang, wadah satunya lagi dapat digunakan untuk sup atau lauk berkuah lain.

Produk tipe elektronik ini terbuat dari bodi plastik berbentuk kotak dengan warna merah yang elegan, serta dilengkapi lubang pegangan pada bagian samping yang memudahkan Anda untuk memindahkannya. Daya listriknya pun hanya 2 x 45 watt. Jar-nya juga dilapisi bahan teflon antilengket sehingga mudah dibersihkan.

Cara pintar menggunakan magic jar

Untuk mendapatkan nasi hangat dan juga lezat, gunakanlah magic jar secara bijak. Simaklah poin-poin berikut ini agar Anda mendapatkan manfaat optimal dari magic jar!

Lakukan preheat bila Anda menggunakan magic jar tipe elektrik

Lakukan preheat bila Anda menggunakan magic jar tipe elektrik

Masukkan nasi matang ke dalam magic jar bertenaga listrik yang sudah dipanaskan terlebih dulu atau preheat. Jika tidak, uap air yang keluar dari nasi panas akan berubah menjadi tetesan air dan akan menempel pada lapisan dalam jar karena perubahan suhu yang bertahap. Akibatnya nasi akan berair dan cepat basi. Jika Anda hendak menghangatkan nasi, biasakan untuk memanaskan magic jar terlebih dulu atau sesuai dengan petunjuk pemakaiannya.

 Magic jar tidak ditujukan untuk memasak nasi

 Magic jar tidak ditujukan untuk memasak nasi

Walau magic jar cukup efektif mempertahankan panas di dalamnya, tetapi alat ini tidak ditujukan untuk memasak nasi. Tidak hanya akan menyebabkan bau tidak sedap pada nasi, tetapi hal tersebut juga dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri yang menyebabkan nasi menjadi basi. Ketika mengambil nasi, jangan pula meninggalkan sendok nasi di dalam jar dan menutupnya begitu saja karena sendok nasi yang sudah tersentuh tangan akan menyebarkan bakteri di dalam magic jar.

Ketika nasi tinggal sedikit, kumpulkan di tengah jar

Ketika nasi tinggal sedikit, kumpulkan di tengah jar

Ketika nasi semakin sedikit, kemungkinan akan terjadi perubahan suhu di dalam magic jar yang dapat dengan mudah menyebabkan tetesan uap air menetes ke dalam jar. Selain itu, nasi di bagian pinggir menjadi lebih berair dan mudah basi. Untuk itu, ketika nasi sudah tinggal sedikit, Anda bisa menumpuknya di bagian tengah jar. Lalu, sebisa mungkin segeralah konsumsi nasi tersebut.

Kesimpulan

Demikian jajaran sepuluh rekomendasi produk magic jar terbaik pilihan kami yang tentu dapat menjadi asisten yang baik bagi Anda dalam urusan menghangatkan nasi. Nah, sudahkah Anda menemukan magic jar yang tepat untuk dapur atau meja makan Anda?

Magic jar adalah alat untuk menjaga kehangatan dan kelezatan nasi yang sudah matang. Jika nasi yang disimpan tinggal sedikit, suhu di dalam magic jar pun berubah sehingga akan menyebabkan perubahan rasa. Untuk itu, pertimbangkan jumlah konsumsi nasi keluarga Anda sehari-hari dan masaklah sesuai kebutuhan saja agar nasi tersaji dalam kondisi terbaik.