10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Earphone high resolution populer, seperti Sony, Audio-technica, Denon, Onkyo, dan Xiaomi bisa didapatkan dengan mudah di berbagai marketplace. Anda bisa merasakan sensasi audio terbaru dengan menggunakan earphone yang high resolution. Namun, sulitkah memilih earphone high resolution yang bagus dan tepat?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan apabila Anda ingin membeli earphone high resolution. Artikel berikut ini akan mengulas cara memilih earphone high resolution. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepuluh earphone high resolution terbaik. Selamat membaca!

Daftar isi

Apa itu high resolution?

Saat ini teknologi high resolution (resolusi tinggi) dengan kualitas suara yang tinggi telah menarik perhatian pengguna audio. Teknologi akustik memang telah mengalami perkembangan. Namun, media untuk mendengarkan suara high resolution telah mendukung teknologi ini sehingga bisa dinikmati dengan mudah. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan kapasitas di media penyimpanan dan internet yang semakin cepat.

Kini publik bisa menikmati sumber suara dengan resolusi tinggi melalui sejumlah besar saluran yang didistribusikan lewat internet. Selain itu, saat ini produk-produk audio termasuk earphone telah kompatibel dengan sumber suara dengan resolusi tinggi.

High resolution adalah sumber suara yang melebihi spesifikasi suara pada CD

High resolution adalah sumber suara yang melebihi spesifikasi suara pada CD

High resolution adalah data dari sumber suara dengan jumlah yang melebihi spesifikasi pada CD. Spesifikasi CD memiliki frekuensi sampling 44,1 kHz dengan kuantisasi bit sebesar 16-bit. Spesifikasi yang melebihi nilai tersebut bisa dikategorikan sebagai high resolution.

Jumlah data dengan kategori high resolution bisa berbeda tergantung sumber suara. Jumlah data ini berada pada kisaran 96 kHz / 24 bit hingga 192 kHz / 24 bit. Artinya, jumlah data high resolution adalah 3 hingga 6,5 kali lebih tinggi daripada spesifikasi CD.

Logo Hi-Res pada perangkat yang kompatibel dengan suara high resolution

Logo Hi-Res pada perangkat yang kompatibel dengan suara high resolution

Anda bisa memeriksa berdasarkan logonya untuk mengetahui apakah earphone yang Anda beli mendukung teknologi high resolution.

Untuk produk-produk buatan Jepang, logo ini ditetapkan oleh asosiasi di Jepang yang merupakan organisasi yang mendefinisikan teknologi high resolution. Definisi dari high resolution memiliki kriteria performa kinerja dengan pemutaran rentang tinggi pada frekuensi 40 kHz atau lebih. Hal ini berlaku untuk perangkat analog seperti earphone. Selain itu, kriteria high resolution dinilai berdasarkan evaluasi melalui pendengaran dari masing-masing produsen.

Merek dengan klaim kompatibel terhadap suara high resolution

Merek dengan klaim kompatibel terhadap suara high resolution

Sony merupakan pusat pengembangan audio high resolution. Saat ini telah tersedia banyak produk Sony yang mampu merespons sumber suara high resolution. Namun, produk yang kompatibel dengan sumber suara high resolution yang dijual oleh produsen selain Sony juga cukup banyak. Beberapa produsen audio dari Jepang seperti JVC, Audio-technica, Onkyo, dan Denon telah membuat produk berteknologi high resolution.

Berbagai produsen mulai memfokuskan diri untuk menyediakan produk yang kompatibel dengan sumber suara beresolusi tinggi. Beberapa produsen dengan produk high resolution di antaranya AKG dari Austria serta Elecom yang dikenal sebagai produsen peripheral komputer. Tambahan lagi, produsen Panasonic yang merupakan produsen peralatan listrik umum juga membuat produk high resolution.

Ada empat merek terkenal dari luar negeri yang enggan menggunakan logo high resolution

Ada empat merek terkenal dari luar negeri yang enggan menggunakan logo high resolution

Beberapa earphone merek terkenal dari luar negeri banyak diimpor ke Indonesia. Namun, beberapa merek seperti Shure, Sennheiser, Bose, dan produsen lain bersikap pasif untuk memperoleh logo high resolution. Pemutaran suara dengan frekuensi setinggi 40 kHz atau lebih tampaknya tidak begitu penting bagi beberapa merek. Dengan kata lain, beberapa merek lebih mementingkan performa dibandingkan logo high resolution.

Saat ini banyak pendapat di kalangan masyarakat yang menganggap kualitas suara tidak hanya ditentukan oleh karakteristik frekuensi. Frekuensi yang dapat didengar oleh manusia yang berada pada rentang 20 Hz hingga 20 kHz. Akan tetapi, rentang sensitivitas frekuensi yang baik untuk pendengaran berada pada 2 kHz hingga 4 kHz. Namun, banyak juga orang yang merespons positif terkait mendengarkan sumber suara high resolution dengan menggunakan peralatan berkinerja tinggi.

Cara memilih earphone high resolution

Selanjutnya, kami akan mengulas beberapa poin yang harus diperhatikan saat memilih earphone yang kompatibel dengan suara high resolution.

Earphone Hi-Res tersedia mulai dari harga yang terjangkau hingga harga yang mahal. Jika terdapat logo high resolution, produk tersebut memiliki kinerja pemutaran pada frekuensi 40 kHz atau lebih. Namun, kami akan khusus mengulas tentang kemampuan reproduksi sumber suara high resolution yang mendekati suara asli. Pada prinsipnya, kinerja pemutaran sumber suara frekuensi tinggi pada 40 kHz merupakan inti dari earphone high resolution.

Bandingkan earphone biasa dengan earphone premium dan rasakan perbedaan suaranya

Bandingkan earphone biasa dengan earphone premium dan rasakan perbedaan suaranya

Saat menggunakan pemutar audio, Anda dapat menilai keunggulan perangkat berdasarkan dukungan terhadap format WAV, FLAC, DSD, dan MQA. Format audio tersebut merupakan format file dari sumber suara high resolution. Namun, pengembangan produk dari produsen dan hasil pendengaran secara nyata merupakan poin yang perlu diperhatikan untuk standar earphone analog.

Jika Anda sering menggunakan earphone akan mudah untuk menilai earphone yang unggul. Namun, belilah earphone premium jika Anda tidak pernah membeli earphone yang kompatibel dengan suara high resolution. Cobalah mendengarkan musik dengan menggunakan earphone premium dan rasakan perbedaannya.

Kenyamanan saat menggunakan earphone adalah hal penting yang harus diperhatikan!

Kenyamanan saat menggunakan earphone adalah hal penting yang harus diperhatikan!

Rasa nyaman saat memakai earphone merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Khususnya bagi wanita dengan lubang telinga kecil, kami sarankan untuk memilih earphone yang kecil pula sehingga memberikan Anda kenyamanan. Anda juga bisa merasakan perbedaan untuk setiap produk dengan mencoba berbagai earphone. Jika Anda memilih earphone tipe kanal, Anda akan mendapatkan earpiece dengan ukuran berbeda. Namun, berat housing earphone dan bagian lain juga akan memengaruhi kenyamanan saat dipakai di telinga.

Pilih earphone high resolution berdasarkan aliran musik favorit

Pilih earphone high resolution berdasarkan aliran musik favorit

Earphone yang sempurna dapat dipilih selama memiliki kualitas pada transmisi broadband. Namun, kemampuan dalam pengulangan frekuensi menengah ke tinggi sangat dibutuhkan jika Anda senang mendengarkan musik beraliran sejenis J-POP. Sementara itu, earphone dengan pemutaran bass yang kuat diperlukan jika Anda senang mendengarkan musik beraliran rock dan club.

10 Rekomendasi earphone Hi-Res (high resolution) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh earphone high resolution terbaik pilihan kami. Silakan pilih earphone yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

10. Pioneer SE-CH5T-S

10. Pioneer SE-CH5T-S

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 649.000

Dilengkapi teknologi Airflow Control Port, lebih nyaman mendengarkan musik jazz!

Produk ini telah memiliki sertifikat logo high resolution. Anda bisa mendengarkan musik secara mendetail serta lebih alami berkat kehadiran dynamic drivers berukuran 9,7 mm. Earphone ini dilengkapi teknologi yang dapat memperjelas bandwidth tengah yang ada dalam suara. Hal ini membuat Pioneer SE-CH5T-S mampu memisahkan frekuensi antara mid dan bass.

Teknologi Airflow Control Port dari produk ini mampu memperjelas lapisan secara mendetail pada rekaman 24 bit dan DSD. Dengan demikian, Pioneer SE-CH5T-S bisa dimiliki oleh Anda yang senang dengan musik jazz hingga musik aliran EDM. Selain itu, produk ini dirancang dengan kabel yang dipasang di atas telinga. Hal ini akan mengurangi benturan di bagian kabel earphone saat Anda bergerak.

9. Sony XBA-300AP In-ear Headphones

9. Sony XBA-300AP In-ear Headphones

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.549.000

Suara lebih jernih dengan kehadiran woofer, tweeter, dan driver

Produk ini dilengkapi dengan tiga buah drivers guna memastikan respons dari frekuensi penuh secara konsisten. Anda bisa mendengarkan suara dengan jernih berkat komponen woofer, tweeter, dan driver yang bekerja secara bersama-sama. Saluran suara berupa brass akan menghasilkan resonansi suara yang rendah. Jadi, Anda bisa mendengarkan suara yang akurat serta lebih jernih.

Kami merekomendasikan produk ini bagi Anda yang menginginkan suara jernih saat mendengarkan musik favorit. Casing magnesium dibuat sebagai housing Armature DriversCasing yang kokoh ini berfungsi untuk mengurangi resonansi dan mengurangi distorsi suara. Sementara itu, remote inline dari produk ini membuat Anda bisa menerima panggilan telepon dan memindahkan musik dengan segera.

8. Philips TX1BK/00

8. Philips TX1BK/00

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 369.000

Jadi mudah untuk memindahkan mode telepon dan mode musik melalui fitur switch

Philips TX1BK/00 dilengkapi dengan tiga buah ear caps dengan ukuran yang berbeda. Anda bisa memilih ear caps dengan ukuran kecil, sedang, dan besar. Jadi, Anda bisa menyesuaikan kenyamanan earphone ini saat berada di lubang telinga Anda. Produk ini juga dilengkapi dengan tombol switch yang memudahkan Anda memindahkan mode earphone dari mendengarkan musik ke panggilan telepon.

Bagian ear caps produk ini dirancang untuk mencegah suara dari lingkungan luar. Dengan demikian, Anda bisa menikmati musik tanpa terganggu oleh suara berisik di sekitar Anda. Kami menyarankan produk ini dipakai oleh Anda yang menginginkan kemudahan saat menelepon dan mendengarkan musik.

7. Xiaomi Mi In-Ear Headphones Pro HD

7. Xiaomi Mi In-Ear Headphones Pro HD

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 359.000

Telah diuji menggunakan 700 jenis tes! Lebih reliabel!

Produk ini mampu merespons frekuensi dalam rentang 20 Hz hingga 40.000 Hz. Dengan demikian, produk ini bisa dikategorikan sebagai earphone high resolution walaupun tidak menggunakan logo high resolution. Selain itu, produk ini telah diuji menggunakan lebih dari 700 jenis tes. Artinya, produk ini telah melampaui standar uji dalam industri sehingga menjamin performa dan ketahanan produk.

Earphone ini telah menggunakan bahan baku zircon yang dibalut lapisan anoda sebesar 6 mikron. Hal tersebut membuat produk ini lebih tahan terhadap goresan, sobek, dan keausan. Seperti beberapa produk Xiaomi lainnya, produk ini dijual dengan harga relatif murah. Bagi Anda yang mengaku sebagai Mi fans, produk ini bisa melengkapi koleksi aksesori Xiaomi Anda.

6. Onkyo E700M

6. Onkyo E700M

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 202.000

Lebih ringan dan kokoh dengan material aluminium

Produk ini dibuat menggunakan housing aluminium sehingga kokoh, namun ringan dan nyaman untuk dipakai lama. Pilihlah produk ini apabila Anda ingin menggunakan earphone dalam jangka panjang. Selain itu, produk ini memiliki caps silikon dengan tiga buah ukuran dan ujung berbahan busa. Dengan demikian, produk ini bisa Anda sesuaikan dengan nyaman saat dipakai.

Produk ini merupakan earphone dengan bentuk kanal. Onkyo E700M terbuat dengan kabel yang tidak mudah kusut dan tidak mudah terbelit. Anda tidak perlu frustrasi karena kabel earphone yang mudah terbelit jika memilih produk ini. Selain itu, produk ini berharga relatif murah. Milikilah earphone ini apabila Anda mencari earphone high resolution dengan harga ekonomis.

5. Denon AH-C720

5. Denon AH-C720

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : RP 1.530.000

Dilengkapi dukungan aplikasi pada smartphone dengan fitur dan akses khusus

Denon AH-C720 memiliki aplikasi khusus yang bisa Anda unduh di iOs dan Android Playstore. Aplikasi ini membantu Anda untuk meningkatkan kualitas suara dan menyesuaikan dengan pilihan suara Anda secara pribadi. Selain itu, aplikasi ini membuat Anda bisa membuat daftar antrean serta playlist musik kesayangan Anda. Anda juga bisa mengakses hingga 70.000 stasiun radio serta dua juta layanan on demand.

Produk ini telah mengusung sistem Radial Cascade Damper. Teknologi ini akan mengurangi suara gesekan yang terjadi antara kabel dengan dada Anda saat bergerak. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan aksesori berwadah khusus yang memudahkan Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Produk ini cocok untuk Anda yang senang mendengarkan musik sambil bergerak.

4. Dodocool DA108

4. Dodocool DA108

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 135.000

Tidak mudah terjatuh berkat kehadiran pengait khusus

Dodocool DA108 dilengkapi dengan pengait khusus yang bisa disesuaikan dengan telinga Anda. Hal ini membuat produknya tidak mudah terjatuh meskipun Anda banyak bergerak. Kami merekomendasikan earphone ini untuk Anda yang ingin mendengarkan musik saat jogging atau berolahraga di fitness center.

Produk ini dilengkapi dengan in-line remote yang memudahkan Anda saat berkomunikasi. Anda bisa mendengarkan musik, menjawab panggilan telepon tanpa memegang smartphone, serta bisa berinteraksi dengan Siri secara mudah. Selain itu, earphone ini dibuat dengan menggunakan inti kabel OFC. Material ini membuat Anda bisa menikmati musik tanpa kehilangan sinyal suara.

3. FiiO F5

3. FiiO F5

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 940.000

Tidak perlu memasukkan earbud terlalu dalam, lebih nyaman dipakai!

Produk ini telah memiliki sertifikasi MFi sehingga bisa bekerja dengan baik pada iPhone, iPad, dan iPod. Selain itu, produk ini bisa digunakan untuk perangkat Android. Fitur switch akan memudahkan Anda untuk memindahkan mode produk ini pada perangkat Android ataupun Apple. Dengan demikian, produk ini bisa dipakai oleh Anda yang memiliki perangkat dengan iOS maupun Android.

Anda tidak perlu takut dengan kualitas FiiO F5 karena produk ini telah diuji ribuan kali dengan tiga belas uji yang berbeda. Earphone ini dirancang dengan sudut tertentu sehingga Anda tidak perlu memasukkan produk ini terlalu dalam ke lubang telinga Anda. Jadi, produk ini bisa dimiliki oleh Anda yang kurang nyaman memasukkan earbud terlalu dalam. Terutama bagi Anda yang sering mengalami lecet di telinga setelah memakai earphone.

2. Audio-technica ATH-CKS1100iS

2. Audio-technica ATH-CKS1100iS

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.490.000

Tidak masalah menikmati musik walau berada di luar ruangan

Produk ini memiliki drivers khusus yang dirancang untuk mengurangi gangguan intermodulasi. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan reproduksi suara yang luas. Anda akan mendapatkan suara bass yang mendalam hingga suara yang jelas. Teknologi Dual Bass Venting System membuat pengaturan pergerakan diafragma suara berjalan secara optimal.

Kabel konektor dari produk ini dibuat dengan menggunakan teknologi A2DC. Teknologi ini mampu mengisolasi suara dari luar yang bisa mengganggu kenikmatan Anda saat mendengarkan musik. Jadi, milikilah produk ini apabila Anda senang mendengarkan musik di luar ruangan. Selain itu, material housing-nya akan mengurangi resonansi suara yang tidak nyaman saat mendengarkan musik.

1. Sony WI-H700 h.ear in 2 Wireless In-ear Headphones

1. Sony WI-H700 h.ear in 2 Wireless In-ear Headphones

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.999.000

Lebih nyaman tanpa kabel, bisa terhubung dengan fitur NFC

Anda bisa mendengarkan lagu favorit dari smartphone tanpa harus terhubung dengan kabel saat memakai produk ini. Anda bisa memilih produk ini apabila Anda kurang nyaman memakai earphone yang menggunakan kabel. Fitur NFC akan memudahkan Anda untuk menghubungkan produk ini ke smartphone. Selain itu, Anda bisa mendengarkan musik selama delapan jam dalam sekali pengisian daya.

Produk ini dilengkapi dengan neckband yang bisa Anda pasangkan ke leher agar nyaman ketika mendengarkan musik. Apabila ada panggilan masuk, neckband akan bergetar halus sehingga Anda tidak akan kehilangan kontak. Earphone ini dilengkapi juga dengan gesper magnet yang menjaga earbud tetap rapi saat disimpan atau saat digunakan.

Kesimpulan

Kami telah mengulas cara memilih earphone high resolution. Selain itu, kami juga telah memberikan rekomendasi sepuluh produk earphone high resolution terbaik. Bagaimana pendapat Anda? Sumber suara high resolution memiliki kedekatan suara asli dengan kualitas suara yang tinggi. Produk yang kami rekomendasikan ini bisa dipilih oleh Anda yang menginginkan sensasi baru saat menggunakan earphone.