• 10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Earphone high resolution (hi-res) menawarkan sensasi mendengarkan audio dengan kualitas suara yang bagus. Dengan begitu, Anda dapat menikmati pengalaman mendengarkan musik atau menonton film dengan lebih maksimal. Saat ini, ada berbagai jenis earphone hi-res yang bisa ditemukan di pasaran. Bagi orang awam, hal ini mungkin akan sedikit membingungkan.


Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih earphone hi-res yang bisa Anda jadikan acuan. Kemudian, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk terbaik, seperti Sennheiser, Sony, dan lainnya. Bacalah dengan teliti dan temukan produk yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Fitra Ridwan S
  • Pembaharuan terakhir: 02 Maret 2021
  • 29.889 Views
Daftar isi

Mengenal earphone hi-res (high resolution)

Saat ini, earphone dengan teknologi high resolution (resolusi tinggi) menarik perhatian para pengguna audio. Teknologi akustik memang telah mengalami perkembangan. Di sisi lain, media saat ini juga telah mendukung untuk mendengarkan suara high resolution. Dengan kapasitas penyimpanan suara yang lebih besar dan internet yang makin cepat, Anda dapat menikmati audio high resolution.


Anda juga dapat menikmati source audio dengan resolusi tinggi melalui saluran yang didistribusikan melalui internet secara online. Kemudian, perangkat audio untuk mendengarkan suara beresolusi tinggi seperti earphone juga tersedia di pasaran. Dengan demikian, Anda perlu memilih earphone yang tepat agar mendapatkan sensasi mendengarkan suara berkualitas tinggi.

High resolution, suara yang melebihi spesifikasi suara pada CD

High resolution, suara yang melebihi spesifikasi suara pada CD

High resolution merupakan data dari sumber suara dengan jumlah yang melebihi spesifikasi suara pada CD. Suara pada CD memiliki frekuensi sampling 44,1 kHz dengan kuantisasi bit sebesar 16 bit. Dengan begitu, spesifikasi suara yang melebihi nilai tersebut bisa dikategorikan sebagai suara high resolution.


Suara dengan kategori high resolution bisa berbeda tergantung dari data sumber suara. Jumlah data sumber suara high resolution ini sekitar tiga hingga 6,5 kali lipat dari suara CD. Artinya, jumlah data suara high resolution berada pada kisaran 96 kHz/24 bit hingga 192 kHz/24 bit. 

Logo hi-res pada perangkat yang kompatibel dengan suara high resolution

Logo hi-res pada perangkat yang kompatibel dengan suara high resolution

Salah satu cara untuk memeriksa apakah earphone yang Anda pilih mendukung teknologi high resolution adalah memeriksa logonya. Awalnya, logo hi-res ini diperkenalkan oleh perusahaan Sony. Selanjutnya, untuk produk-produk buatan Jepang, logo hi-res pada earphone ditetapkan oleh Japan Audio Association (JAS). 


Kriteria standar earphone high-res adalah memiliki pemutaran suara dengan rentang tinggi pada frekuensi 40 kHz atau lebih. Selain itu, kriteria high resolution juga dinilai berdasarkan evaluasi melalui pendengaran dari tiap-tiap produsen.

Merek yang mendukung audio high resolution

Merek yang mendukung audio high resolution

Sony merupakan perusahaan yang menjadi pusat pengembangan dari audio high resolution. Saat ini, ada banyak produk keluaran Sony yang memiliki sumber suara high resolution. Tidak hanya Sony, masih ada beberapa perusahaan yang juga memproduksi earphone dengan teknologi high resolution


Ada beberapa merek dari Jepang seperti JVC, Audio-Technica, Onkyo, dan Denon yang mengeluarkan earphone hi-res. Beberapa produsen dengan produk earphone high resolution lainnya, misalnya AKG dari Austria. Kemudian, ada merek dari Jepang, ELECOM, yang dikenal sebagai produsen periferal komputer. Tambahan lagi, Panasonic yang merupakan produsen peralatan listrik umum juga memproduksi earphone high resolution. Sayangnya, tidak semua produk tersebut dapat ditemukan di Indonesia sehingga Anda perlu mencarinya dengan saksama.

Merek terkenal dari luar negeri yang enggan menggunakan logo hi-res

Merek terkenal dari luar negeri yang enggan menggunakan logo hi-res

Beberapa earphone terkenal dari luar negeri banyak diimpor ke Indonesia. Namun, beberapa merek seperti Shure, Sennheiser, Bose, dan produsen lain bersikap pasif sehingga tidak mempunyai logo high resolution. Pemutaran suara dengan frekuensi setinggi 40 kHz atau lebih tampaknya tidak begitu penting bagi beberapa merek ini. Dengan kata lain, beberapa merek lebih mementingkan performa dibandingkan logo hi-res.


Saat ini, banyak yang berpendapat bahwa kualitas suara tidak hanya ditentukan oleh karakteristik frekuensi audio saja. Banyak juga orang yang merespons positif mengenai pengalaman mendengarkan audio high resolution dari perangkat berkinerja tinggi. Frekuensi yang dapat didengar oleh manusia berada pada rentang 20 Hz hingga 20 kHz. Kemudian, rentang sensitivitas frekuensi yang baik untuk pendengaran manusia berada pada rentang 2 kHz hingga 4 kHz. 

Cara memilih earphone hi-res (high resolution)

Kami akan mengulas beberapa poin yang harus diperhatikan saat memilih earphone yang kompatibel dengan suara high resolution. Produk earphone hi-res tersedia dengan harga bervariasi, mulai dari harga yang terjangkau hingga harga yang mahal. Jika terdapat logo high resolution, biasanya produk tersebut memiliki kinerja pemutaran pada frekuensi 40 kHz atau lebih. Pada prinsipnya, kinerja pemutaran sumber suara frekuensi tinggi pada 40 kHz merupakan inti dari earphone high resolution.

Cek kualitas suara berdasarkan format audio hi-res

Cek kualitas suara berdasarkan format audio hi-res

Saat menggunakan pemutar audio, Anda dapat menilai tiap-tiap perangkat berdasarkan fitur yang mendukung format audio high resolution. Beberapa format audio, misalnya WAV, FLAC, DSD, dan MQA. Anda juga perlu memperhatikan pengembangan produk yang dilakukan oleh produsen sebagai standar kualitas dari earphone analog. Dengan begitu, Anda dapat mengerti update dan support dari earphone tersebut. 


Jika Anda sering menggunakan earphone, akan lebih mudah untuk menilai earphone mana yang lebih unggul. Namun, jika Anda tidak mempunyai kemampuan tersebut, atau membeli earphone hi-res untuk pertama kalinya, pilihlah produk yang terjangkau.

Periksa kenyaman earphone di telinga Anda

Periksa kenyaman earphone di telinga Anda
Satu hal yang tidak boleh terlupakan sebelum memilih earphone, periksa kenyamanan earphone di telinga Anda. Khususnya jika Anda seorang wanita dengan lubang telinga yang kecil. Kami menyarankan untuk memilih earphone yang berukuran kecil juga. Dengan begitu, earphone terasa pas di telinga dan dapat dengan nyaman dipakai. Jika Anda sedang mencoba beberapa earphone, Anda akan merasakan feel yang berbeda dari tiap-tiap produk. Belum lagi, jenis earphone kanal memiliki earpiece dengan ukuran yang bervariasi. Kemudian, berat housing earphone dan bagian lain juga akan memengaruhi kenyamanan saat dipakai di telinga.

Pilih earphone high resolution berdasarkan genre musik favorit Anda

Pilih earphone high resolution berdasarkan genre musik favorit Anda

Earphone dapat dikatakan sempurna jika memiliki kualitas suara yang bagus dan range frekuensi suara yang lebar. Namun, jika Anda sering mendengarkan musik pop, pilihlah earphone yang mampu mereproduksi suara para range mid-high. Di sisi lain, jika Anda suka mendengarkan musik aliran rok dan electronic dance music, sebaiknya pilihlah earphone dengan suara bass yang kuat.


Maka dari itu, penting untuk menyesuaikan jenis earphone dengan genre musik kesukaan Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan menyesal saat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Beats by Dr. DrePowerbeats Pro

Mulai dari Rp 3.999.000,00

10 Rekomendasi earphone hi-res (high resolution) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh earphone high resolution terbaik pilihan kami. Silakan pilih earphone yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.
10

Knowledge Zenith KZ ZS10 Pro - In Ear Earphone

Mulai dari Rp 425.000,00

ModelIn-ear
Driver unit4BA+1DD hybrid driver unit
Tingkat tekanan suara keluar111 dB/mW
Pita frekuensi pemutaran7 Hz–40.000 Hz
Impedansi24 ohm
9

SonyIn-ear Headphone

XBA-N3AP / XBA-N3BP

Mulai dari Rp 4.999.000,00

ModelIn-ear
Driver unitHibrida
Tingkat tekanan suara keluar107 dB
Pita frekuensi pemutaran3 Hz–40.000 Hz
Impedansi16 ohm
8

1MORE Triple Driver In-Ear Headphones

Mulai dari Rp 869.000,00

Model In-ear
Driver unitTidak disebutkan
Tingkat tekanan suara keluar 99 dB
Pita frekuensi pemutaran20 Hz–40.000 Hz
Impedansi 32 ohm
7

Aukey EP-B67 Headset Bluetooth Magnetic Earbunds

500307

Mulai dari Rp 1.025.000,00

ModelIn-ear
Driver unitCSR864
Tingkat tekanan suara keluar80 dB–112 dB
Pita frekuensi pemutaran100 Hz–10.000 Hz
Impedansi32 ohm
6
ModelIn-ear
Driver unitDynamic 11,8 mm
Tingkat tekanan suara keluar102 dB/mW
Pita frekuensi pemutaran5 Hz–40.000 Hz
Impedansi50 ohm
5
ModelIn-ear
Driver unitHybrid 2-way–9 mm dynamic + Balanced Armature
Tingkat tekanan suara keluar107 dB/mW
Pita frekuensi pemutaran5 Hz–25.000 Hz
Impedansi24 ohm
4
ModelIn-ear
Driver unitSingle balanced-armature driver
Tingkat tekanan suara keluar108 dB/mW
Pita frekuensi pemutaran20 Hz–18.500 Hz
Impedansi26 ohm
3
ModelIn-ear
Driver unitφ9.7 mm
Tingkat tekanan suara keluar108 dB
Pita frekuensi pemutaran5 Hz–50.000 Hz
Impedansi26 ohm
2
ModelIn-ear
Driver unitTidak disebutkan
Tingkat tekanan suara keluar116 dB
Pita frekuensi pemutaran10 Hz–20.000 Hz
Impedansi16 ohm
1
ModelIn-ear
Driver unitTidak disebutkan
Tingkat tekanan suara keluar90 dB/mW
Pita frekuensi pemutaran16 Hz–40.000 Hz
Impedansi16 ohm

Tabel perbandingan produk earphone hi-res (high resolution) terbaik

Gambar produk
1
RHA  T20i 1

RHA

2
Sennheiser IE 80 S 1

Sennheiser

3
Pioneer Premium Sound In-Ear Type 1

Pioneer

4
Shure  Aonic 3 1

Shure

5
Sony In-ear Headphones 1

Sony

6
Audio-Technica ATH-CKR70iS 1

Audio-Technica

7
Aukey  EP-B67 Headset Bluetooth Magnetic Earbunds 1

Aukey

8
1MORE  Triple Driver In-Ear Headphones 1

1MORE

9
Sony In-ear Headphone  1

Sony

10
Knowledge Zenith  KZ ZS10 Pro - In Ear Earphone 1

Knowledge Zenith

Nama produk

T20i

IE 80 S

Premium Sound In-Ear Type

Aonic 3

In-ear Headphones

ATH-CKR70iS

EP-B67 Headset Bluetooth Magnetic Earbunds

Triple Driver In-Ear Headphones

In-ear Headphone

KZ ZS10 Pro - In Ear Earphone

Keunggulan

Dilengkapi filter tunning, tak masalah mendengarkan berbagai genre musik

Desain elegan dengan performa juara

Berkat fitur Airflow Control Port, mendengarkan musik jazz menjadi lebih hidup

Nyaman digunakan untuk waktu yang lama

Dengarkan suara vokal dengan lebih jernih berkat fitur Crystal Clear Voice

Desain simpel dengan kualitas suara super!

Sistem Bluetooth untuk pemakaian yang lebih praktis

Kualitas teruji! Dengarkan musik seperti sedang live

Earphone dengan suara bass dan mid yang jernih dengan HD Hybrid Driver

Tampilan manis dengan harga ekonomis

Harga mulai dariRp 3.760.000,00Rp 6.190.000,00Rp 2.840.000,00Rp 2.792.000,00Rp 1.210.000,00Rp 899.000,00Rp 1.025.000,00Rp 869.000,00Rp 4.999.000,00Rp 425.000,00
ModelIn-earIn-earIn-earIn-earIn-earIn-earIn-ear In-earIn-earIn-ear
Driver unitTidak disebutkanTidak disebutkanφ9.7 mmSingle balanced-armature driverHybrid 2-way–9 mm dynamic + Balanced ArmatureDynamic 11,8 mmCSR864Tidak disebutkanHibrida4BA+1DD hybrid driver unit
Tingkat tekanan suara keluar90 dB/mW116 dB108 dB108 dB/mW107 dB/mW102 dB/mW80 dB–112 dB 99 dB107 dB111 dB/mW
Pita frekuensi pemutaran16 Hz–40.000 Hz10 Hz–20.000 Hz5 Hz–50.000 Hz20 Hz–18.500 Hz5 Hz–25.000 Hz5 Hz–40.000 Hz100 Hz–10.000 Hz20 Hz–40.000 Hz3 Hz–40.000 Hz7 Hz–40.000 Hz
Impedansi16 ohm16 ohm26 ohm26 ohm24 ohm50 ohm32 ohm 32 ohm16 ohm24 ohm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan audio lainnya di sini

Earphone hi-res merupakan satu dari banyak jenis earphone yang beredar di pasaran. Apakah Anda tertarik untuk mencari earphone lain sebagai perbandingan? Kami juga telah mengulas berbagai jenis produk earphone, seperti earphone Bluetooth, earphone untuk olahraga, dan lainnya. Jika Anda tertarik untuk membaca dan juga membandingkannya, silakan buka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas cara memilih earphone high resolution. Tidak hanya itu, kami juga telah memberikan beberapa rekomendasi produk yang bisa menjadi pilihan Anda. 

Ada banyak earphone hi-res yang bisa ditemukan di pasaran. Tiap-tiap produk memiliki kualitas, fitur, dan harga yang bervariasi. Pilihlah earphone dengan fitur yang mendukung penggunaan dan memiliki harga yang sesuai bujet. Semoga ulasan ini membantu Anda. Selamat memilih earphone hi-res terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bluetooth Speaker Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bluetooth Speaker Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    Bluetooth speaker memberikan kenyamanan karena bisa digunakan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Produsen terkenal, seperti Sony, JBL, Anker, Denon, dan Samsung telah membuat Bluetooth speaker dengan harga yang cukup terjangkau.Apabila Anda bingung saat memilih Bluetooth speaker yang ekonomis, Anda dapat membaca artikel berikut ini sebagai panduan. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh Bluetooth speaker terbaik dengan harga terjangkau di berbagai marketplace. Simak artikel berikut ini dan temukan Bluetooth speaker idaman Anda!
    Home entertainment
    85.615 Views
  • 10 Rekomendasi Home Theater Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Home Theater Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Home theater speaker mampu membuat suara TV Anda menjadi lebih hidup. Berbagai model home theater speaker ditawarkan oleh produsen audio ternama, seperti Polytron, Samsung, Sony, dan lainnya. Anda yang sedang mencari home theater speaker untuk pertama kali tentu akan kesulitan menentukan pilihan, bukan?Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan tips memilih home theater speaker yang tepat. Tak lupa, kami juga merekomendasikan sepuluh produk terbaik di artikel ini. Temukan produk home theater speaker yang paling pas untuk melengkapi ruang TV Anda!
    Home entertainment
    68.851 Views
  • 10 Rekomendasi Android TV Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Android TV Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Seiring berkembangnya teknologi, banyak orang yang mulai beralih menggunakan smart TV. Dengan tawaran hiburan yang lebih beragam, harga smart TV lebih tinggi dibandingkan TV biasa. Bagi Anda yang terhalang budget, Android TV box bisa dijadikan solusi dari masalah tersebut. Dengan harga yang lebih terjangkau, alat ini akan mengubah TV konvensional menjadi smart TV.Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan mengenai apa itu Android TV box dan tips memilihnya. Di bagian akhir, kami juga akan merekomendasi beberapa produk terbaik seperti Transvision, MXQ Pro 4K, H96 Max, dan X96. Selamat membaca!
    Home entertainment
    5.076 Views
  • 10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Proyektor portabel adalah perangkat yang dapat memproyeksikan gambar pada layar. Perangkat elektronik ini tidak hanya digunakan untuk kegiatan bisnis, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk hiburan. Tipe proyektor portabel pun beragam, mulai dari yang dapat dihubungkan dengan smartphone hingga yang memiliki kapasitas baterai besar.Di antara sekian banyak produsen yang memproduksi proyektor portabel adalah LG, BenQ, dan ANKER. Banyaknya tipe dan produsen mungkin akan membuat Anda bingung. Oleh sebab itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih proyektor portabel dan juga merekomendasikan produk terbaiknya untuk Anda. Tetap ikuti kami, ya!
    Home entertainment
    38.438 Views
  • 10 Rekomendasi Proyektor Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Proyektor Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    Proyektor memungkinkan Anda untuk menonton film, acara olahraga, hingga bermain games melalui layar lebar. Anda pun dapat menggunakan proyektor di dalam rumah, lho. Beberapa produsen seperti Epson, Panasonic, dan Xiaomi menyediakan proyektor rumahan. Produk proyektor sendiri tersedia dalam berbagai pilihan yang bisa membuat Anda kesulitan dalam memilihnya.Untuk itu, dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih proyektor untuk dipakai di rumah. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dibeli secara online. Simak terus artikel ini sampai tuntas, ya!
    Home entertainment
    29.005 Views
  • 10 Rekomendasi DVD Player yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi DVD Player yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    DVD player memungkinkan Anda untuk menikmati berbagai jenis film dan musik untuk mengisi waktu liburan. Jika disambungkan ke televisi, Anda bisa menonton video dalam tampilan layar yang besar. Dengan begitu, aktivitas menonton Anda akan terasa lebih menghibur dan memuaskan. Ada beragam DVD player bagus yang dijual oleh merk ternama seperti Sony, LG, Polytron, GMC, dan Panasonic.Namun, banyaknya model dan fitur mungkin akan membuat Anda bingung untuk memilihnya. Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih DVD player yang bagus dan awet beserta rekomendasi produk-produk pilihan terbaiknya. Silakan simak sampai selesai, ya!
    Home entertainment
    14.738 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori