• 10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Earphone high resolution (hi-res) menawarkan sensasi mendengarkan audio dengan kualitas suara yang bagus. Dengan begitu, Anda dapat menikmati pengalaman mendengarkan musik atau menonton film secara maksimal. Saat ini, ada berbagai jenis earphone hi-res yang bisa ditemukan di pasaran. Bagi orang awam, hal ini mungkin akan sedikit membingungkan.


Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih earphone hi-res yang bisa Anda jadikan acuan. Kemudian, kami juga akan memberikan beberapa merek rekomendasi produk terbaik, seperti AKG, Sony, dan Edifier. Bacalah dengan teliti dan temukan produk yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 Agustus 2022
Daftar isi

Mengenal earphone hi-res (high resolution)

Dengan kapasitas penyimpanan suara yang lebih besar dan internet yang makin cepat, kinin Anda dapat menikmati audio high resolution. Anda juga dapat menikmati source audio dengan resolusi tinggi melalui saluran yang didistribusikan oleh internet secara online. Namun, Anda perlu memilih earphone yang tepat agar mendapatkan sensasi mendengarkan suara berkualitas tinggi.

High resolution, suara yang melebihi spesifikasi suara pada CD

High resolution, suara yang melebihi spesifikasi suara pada CD

High resolution merupakan data dari sumber suara dengan jumlah yang melebihi spesifikasi suara pada CD. Suara pada CD memiliki frekuensi sampling 44,1 kHz dengan kuantisasi bit sebesar 16 bit. Dengan begitu, spesifikasi suara yang melebihi nilai tersebut bisa dikategorikan sebagai suara high resolution.


Suara dengan kategori high resolution bisa berbeda tergantung dari data sumber suara. Jumlah data sumber suara high resolution ini sekitar 3–6,5 kali lipat dari suara CD. Artinya, jumlah data suara high resolution berada pada kisaran 96 kHz/24 bit hingga 192 kHz/24 bit.


Dengan earphone hi-res, Anda bisa mendapatkan kualitas suara yang jauh lebih baik. Hal ini karena earphone hi-res menghasilkan suara yang lengkap dan kaya dari sumber suara analog aslinya. Sayangnya, earphone ini dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan earphone lainnya.

Logo hi-res pada perangkat yang kompatibel dengan suara high resolution

Logo hi-res pada perangkat yang kompatibel dengan suara high resolution

Salah satu cara untuk memeriksa apakah earphone yang Anda pilih mendukung teknologi high resolution adalah memeriksa logonya. Awalnya, logo hi-res diperkenalkan oleh perusahaan Sony. Selanjutnya, untuk produk-produk buatan Jepang, logo hi-res pada earphone ditetapkan oleh Japan Audio Association (JAS). 


Kriteria standar earphone high-res adalah memiliki pemutaran suara dengan rentang tinggi pada frekuensi 40 kHz atau lebih. Selain itu, kriteria high resolution juga dinilai berdasarkan evaluasi melalui pendengaran dari tiap-tiap produsen.

Merek yang mendukung audio high resolution

Merek yang mendukung audio high resolution

Sony merupakan perusahaan yang menjadi pusat pengembangan dari audio high resolution. Saat ini, ada banyak produk keluaran Sony yang memiliki sumber suara high resolution. Tidak hanya Sony, masih ada beberapa perusahaan dari Jepang yang juga memproduksi earphone dengan teknologi high resolution. misalnya Audio-Technica. Produsen dengan produk earphone high resolution lainnya adalah AKG dari Austria.

Merek terkenal dari luar negeri yang enggan menggunakan logo hi-res

Merek terkenal dari luar negeri yang enggan menggunakan logo hi-res

Beberapa earphone terkenal dari luar negeri banyak diimpor ke Indonesia. Namun, beberapa merek seperti Shure, Sennheiser, Bose, dan produsen lain bersikap pasif sehingga tidak mempunyai logo high resolution.


Pemutaran suara dengan frekuensi setinggi 40 kHz atau lebih tampaknya tidak begitu penting bagi beberapa merek tersebut. Dengan kata lain, beberapa merek lebih mementingkan performa daripada logo hi-res.


Saat ini, banyak yang berpendapat bahwa kualitas suara tidak hanya ditentukan oleh karakteristik frekuensi audio saja. Banyak juga orang yang merespons positif mengenai pengalaman mendengarkan audio high resolution dari perangkat berkinerja tinggi.


Frekuensi yang dapat didengar oleh manusia berada pada rentang 20 Hz hingga 20 kHz. Kemudian, rentang sensitivitas frekuensi yang baik untuk pendengaran manusia berada pada rentang 2 kHz hingga 4 kHz.

Cara memilih earphone hi-res (high resolution)

Kami akan mengulas beberapa poin yang harus diperhatikan saat memilih earphone yang kompatibel dengan suara high resolution. Produk earphone hi-res tersedia dengan harga bervariasi, mulai dari yang terjangkau hingga yang mahal. Jika terdapat logo high resolution, biasanya produk tersebut memiliki kinerja pemutaran pada frekuensi 40 kHz atau lebih.

Cek kualitas suara berdasarkan format audio hi-res

Cek kualitas suara berdasarkan format audio hi-res

Saat menggunakan pemutar audio, Anda dapat menilai tiap-tiap perangkat berdasarkan fitur yang mendukung format audio high resolutionBeberapa format audio yang mendukung adalah WAV, FLAC, DSD, dan MQA.


Anda juga perlu memperhatikan pengembangan produk yang dilakukan oleh produsen sebagai standar kualitas dari earphone analog. Dengan begitu, Anda dapat mengerti update dan support dari earphone tersebut.


Jika Anda sering menggunakan earphone, akan lebih mudah untuk menilai earphone yang lebih unggul. Namun, jika Anda tidak mempunyai kemampuan tersebut, atau membeli earphone hi-res untuk pertama kalinya, pilihlah produk yang terjangkau.

Periksa kenyamanan earphone di telinga Anda

Periksa kenyamanan earphone di telinga Anda
Satu hal yang tidak boleh terlupakan sebelum memilih, periksa kenyamanan earphone di telinga Anda. Khususnya jika Anda seorang wanita dengan lubang telinga yang kecil, kami menyarankan untuk memilih earphone yang berukuran kecil juga. Dengan begitu, earphone terasa pas di telinga dan dapat dengan nyaman dipakai.

Apabila Anda mencoba beberapa earphone, Anda akan merasakan feel yang berbeda dari tiap-tiap produk. Apalagi, jenis earphone in-ear biasanya memiliki earpiece dengan ukuran yang bervariasi. Kemudian, berat housing earphone dan bagian lain juga akan memengaruhi kenyamanan saat dipakai di telinga.

Pilih produk berdasarkan genre musik favorit

Pilih produk berdasarkan genre musik favorit

Earphone dapat dikatakan sempurna jika memiliki kualitas suara yang bagus dan range frekuensi suara yang lebar. Namun, jika Anda sering mendengarkan musik pop, pilihlah earphone yang mampu mereproduksi suara di range mid-high. Apabila Anda suka mendengarkan musik aliran rock dan electronic dance music, pilihlah earphone dengan suara bass yang kuat.


Maka dari itu, penting untuk menyesuaikan jenis earphone dengan genre musik kesukaan Anda. Jadi, Anda tidak akan menyesal karena telah memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.

10 Rekomendasi earphone hi-res (high resolution) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk earphone hi-res (high resolution) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Knowledge Zenith  KZ ZSN Pro 1

Knowledge Zenith

2
Audio-Technica ATH-CKR70iS High-Resolution In-Ear Headphones 1

Audio-Technica

3
1MORE  Triple Driver In-Ear Headphones 1

1MORE

4
ASUS ROG Cetra II Core 1

ASUS

5
HARMAN AKG N30 1

HARMAN

6
Edifier NeoBuds Pro 1

Edifier

7
Anker Soundcore Liberty 3 Pro 1

Anker

8
1MORE Quad Driver In-Ear Headphones 1

1MORE

9
Sony In-ear Headphone Noise Cancelling Nirkabel 1

Sony

10
Sony In-ear Headphone  1

Sony

Nama produk

KZ ZSN Pro

ATH-CKR70iS High-Resolution In-Ear Headphones

Triple Driver In-Ear Headphones

ROG Cetra II Core

AKG N30

NeoBuds Pro

Soundcore Liberty 3 Pro

Quad Driver In-Ear Headphones

In-ear Headphone Noise Cancelling Nirkabel

In-ear Headphone

Keunggulan

Rasakan pengalaman menggunakan earphone profesional dengan harga terjangkau

Desainnya simpel, kualitas suaranya super!

Kualitas teruji! Dengarkan musik seperti sedang live

Bermain game lebih asyik berkat ASUS Essence Driver

Dilengkapi filter tuning, tak masalah mendengarkan berbagai genre musik

Panggilan telepon lebih jernih dengan enam mikrofon

TWS hi-res terbaik yang nyaman digunakan untuk waktu lama

Headset hi-res dengan empat driver dan bersertifikat THX

Adaptive Sound Control! Otomatis menyesuaikan suara dengan aktivitas Anda

Suara bass dan mid-nya jernih dengan HD Hybrid Driver

Harga mulai dariRp 299.000,00Rp 1.149.000,00Rp 869.000,00Rp 849.000,00Rp 5.499.000,00Rp 1.999.000,00Rp 2.999.000,00Rp 1.599.000,00Rp 4.039.000,00Rp 5.349.000,00
ModelIn-earIn-ear In-earIn-earIn-earIn-earIn-earIn-earIn-earIn-ear
Respons frekuensi7 Hz–40 kHz5 Hz–40 kHz20 Hz–40 kHz20 Hz–40 kHz20 Hz–40 kHz20 Hz–40 kHz20 Hz–40 kHz20 Hz–40 kHz3 Hz–40 kHz3 Hz–40 kHz
Driver unit10 mm Dynamic driver + Balanced Armature driver11 mm Dynamic driver1 Dynamic driver + 2 Balanced Armature driverASUS Essence driver1 Dynamic driver + 1 Balanced Armature driver1 Dynamic driver + 1 Balanced Armature driver10,6 mm Dynamic driver + Balanced Armature driver1 Dynamic driver + 3 Balanced Armature driver9 mm Dynamic driver + Balanced Armature driver9 mm Dynamic driver + Balanced Armature driver
Tingkat tekanan suara keluar112 dB102 dB 99 dBTidak disebutkan101 dB92 (±3) dBTidak disebutkan99 dB99 dB (saat tersambung lewat kabel headphone dengan unit aktif), 94 dB (saat tersambung lewat kabel headphone dengan unit nonaktif)107 dB
Impedansi24 ohm50 ohm 32 ohm32 ohm32 ohm24 ohm16 ohm32 ohm50 ohm (saat tersambung lewat kabel headphone dengan unit aktif), 17 ohm (saat tersambung lewat kabel headphone dengan unit nonaktif)32 ohm
Tautan produk
10
ModelIn-ear
Respons frekuensi3 Hz–40 kHz
Driver unit9 mm Dynamic driver + Balanced Armature driver
Tingkat tekanan suara keluar107 dB
Impedansi32 ohm
9

SonyIn-ear Headphone Noise Cancelling Nirkabel

WI-1000XM2

Mulai dari Rp 4.039.000,00

ModelIn-ear
Respons frekuensi3 Hz–40 kHz
Driver unit9 mm Dynamic driver + Balanced Armature driver
Tingkat tekanan suara keluar99 dB (saat tersambung lewat kabel headphone dengan unit aktif), 94 dB (saat tersambung lewat kabel headphone dengan unit nonaktif)
Impedansi50 ohm (saat tersambung lewat kabel headphone dengan unit aktif), 17 ohm (saat tersambung lewat kabel headphone dengan unit nonaktif)
8

1MOREQuad Driver In-Ear Headphones

E1010

Mulai dari Rp 1.599.000,00

ModelIn-ear
Respons frekuensi20 Hz–40 kHz
Driver unit1 Dynamic driver + 3 Balanced Armature driver
Tingkat tekanan suara keluar99 dB
Impedansi32 ohm
7

AnkerSoundcore Liberty 3 Pro

A3952

Mulai dari Rp 2.999.000,00

ModelIn-ear
Respons frekuensi20 Hz–40 kHz
Driver unit10,6 mm Dynamic driver + Balanced Armature driver
Tingkat tekanan suara keluarTidak disebutkan
Impedansi16 ohm
6
ModelIn-ear
Respons frekuensi20 Hz–40 kHz
Driver unit1 Dynamic driver + 1 Balanced Armature driver
Tingkat tekanan suara keluar92 (±3) dB
Impedansi24 ohm
5
ModelIn-ear
Respons frekuensi20 Hz–40 kHz
Driver unit1 Dynamic driver + 1 Balanced Armature driver
Tingkat tekanan suara keluar101 dB
Impedansi32 ohm
4
ModelIn-ear
Respons frekuensi20 Hz–40 kHz
Driver unitASUS Essence driver
Tingkat tekanan suara keluarTidak disebutkan
Impedansi32 ohm
3

1MORE Triple Driver In-Ear Headphones

E1001

Mulai dari Rp 869.000,00

Model In-ear
Respons frekuensi20 Hz–40 kHz
Driver unit1 Dynamic driver + 2 Balanced Armature driver
Tingkat tekanan suara keluar 99 dB
Impedansi 32 ohm
2

Audio-TechnicaATH-CKR70iS High-Resolution In-Ear Headphones

Mulai dari Rp 1.149.000,00

ModelIn-ear
Respons frekuensi5 Hz–40 kHz
Driver unit11 mm Dynamic driver
Tingkat tekanan suara keluar102 dB
Impedansi50 ohm
1
ModelIn-ear
Respons frekuensi7 Hz–40 kHz
Driver unit10 mm Dynamic driver + Balanced Armature driver
Tingkat tekanan suara keluar112 dB
Impedansi24 ohm

Pertanyaan umum seputar earphone hi-res

Selain mengulas cara memilih earphone hi-res dan merekomendasikan produknya, kami juga merangkum pertanyaan populer seputar earphone hi-res. Mari simak beberapa pertanyaan populer ini hingga selesai.

Apa perbedaan earphone hi-fi dan hi-res?

Apa perbedaan earphone hi-fi dan hi-res?

Sebenarnya, tidak ada perbedaan antara earphone high resolution (hi-res) dan high fidelity (hi-fi). Menurut Consumer Electronics Association, hi-res audio mengacu pada audio lossless yang mampu mereproduksi berbagai macam suara dari rekaman. Tentunya, suara rekaman ini berasal dari sumber musik berkualitas yang lebih baik daripada CD.


Penggunaan istilah dan logo hi-res pada perangkat earphone diatur oleh Japan Audio Society (JAS). Berdasarkan aturan yang ditetapkan oleh JAS, perangkat hi-res setidaknya menghasilkan frekuensi suara di atas 40 kHz.


Sementara itu, hi-fi secara historis telah digunakan untuk mengekspresikan musik yang direkam dan diputar dalam stereo. Hi-fi sendiri mengacu pada detail ketelitian suara yang direkam dengan suara yang dihasilkan. Meskipun memiliki definisi yang sama, penggunaan istilah hi-fi belum diatur seperti hi-res.

Apa itu earphone TWS?

Apa itu earphone TWS?

Earphone true wireless stereo (TWS) merupakan earphone nirkabel yang bekerja menggunakan gelombang radio. Nah, gelombang radio yang terkoneksi dengan Bluetooth membuat earphone TWS dapat disambungkan ke berbagai perangkat.


Kualitas suara stereo yang dihasilkan earphone ini terbilang cukup jernih. Earphone TWS juga dilengkapi dengan case yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sekaligus pengisi daya.

Apa beda headset dengan earphone?

Apa beda headset dengan earphone?

Secara fisik, headset lebih mirip dengan headphone. Namun, headset dibekali dengan mikrofon yang tersemat di salah satu sisinya. Karena itu, headset lebih cocok digunakan untuk melakukan panggilan telepon atau video call.


Sementara itu, earphone merupakan perangkat audio yang memiliki bentuk lebih kecil daripada headset. Saat ini sudah banyak earphone nirkabel yang dihubungkan melalui Bluetooth sehingga lebih praktis ketika digunakan.


Sebenarnya, fungsi earphone hampir sama dengan headset, yakni untuk mendengarkan audio dan berkomunikasi dua arah. Namun, dari segi kualitas audio, earphone tidak memiliki peredam suara layaknya headset. Karena itu, Anda mungkin akan merasa terganggu dengan suara dari luar.

Baca juga rekomendasi earphone lainnya di sini

Earphone hi-res merupakan satu dari banyak jenis earphone yang beredar di pasaran. Apakah Anda tertarik untuk mencari earphone lain sebagai perbandingan? Kami juga telah mengulas berbagai jenis produk earphone, seperti earphone Bluetooth, earphone gaming, dan earphone untuk olahraga. Jika Anda tertarik untuk membaca dan juga membandingkannya, silakan buka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas cara memilih earphone high resolution. Tidak hanya itu, kami juga telah memberikan beberapa rekomendasi produk yang bisa menjadi pilihan Anda. Ada banyak earphone hi-res yang bisa ditemukan di pasaran. Tiap-tiap produk memiliki kualitas, fitur, dan harga yang bervariasi.

Pilihlah earphone dengan fitur yang mendukung penggunaan dan memiliki harga sesuai budget. Semoga ulasan kami membantu Anda. Selamat memilih earphone hi-res terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sebuah pertunjukan pasti memerlukan sound system. Agar suara yang dihasilkan lebih jelas, power amplifier dapat digunakan. Namun, beberapa orang masih bingung dalam memilih produknya. Hal ini karena ada juga power amplifier yang cocok untuk rumahan dan mobil.Tenang saja karena kami akan menjelaskan cara memilih power amplifier yang bagus untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek power amplifier terbaik, seperti JBL dan Marcopolo. Ada produk untuk speaker 12 inch serta 15 inch, hingga yang Bluetooth dan rakitan. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Home entertainment
  • 10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Speaker Bluetooth banyak disukai karena ukurannya yang compact dan portable. Meski berukuran kecil, kualitas suaranya pun tak kalah bagus dari speaker lainnya. Dengan speaker mini, Anda bisa mendengar musik kapan saja dan di mana saja.Kali ini, kami akan mengulas tips memilih speaker yang bagus. Beragam merek speaker Bluetooth terbaik, seperti JBL, Sony, dan Bose ada di sini. Selain itu, ada juga rekomendasi speaker Bluetooth mini murah, minimalis, atau dengan suara bass terbaik. Baca tips memilih speaker Bluetooth mini di bawah ini dan temukan produk terbaik untuk Anda!
    Home entertainment
  • 10 Speaker Pasif Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Speaker Pasif Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Speaker pasif menjadi perangkat yang Anda perlukan untuk melengkapi sound system agar mendapatkan kualitas audio lebih optimal. Dengan demikian, Anda dapat mendengarkan musik atau menonton film seperti halnya saat Anda berada di bioskop. Di pasaran, Anda akan menemukan berbagai merek terkenal, seperti speaker pasif Polytron, Edifier, harman/kardon, dan sebagainya. Untuk mendapatkan produk yang bagus, Anda perlu mengetahui cara memilih speaker pasif terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda dapat menikmati kualitas audio terbaik dari produk pilihan Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Home entertainment
  • 10 Subwoofer Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Subwoofer Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa orang pasti sudah familier dengan subwoofer. Namun, apa itu subwoofer? Subwoofer adalah jenis speaker yang berfungsi untuk memutar suara dengan frekuensi rendah atau bass. Terdapat beberapa merek subwoofer terbaik yang beredar di pasaran, seperti Simbadda, JBL, Yamaha, dan lainnya. Subwoofer tersedia dalam beberapa ukuran, seperti 12 inci, 10 inci, dan masih banyak lagi. Anda mungkin bingung memilih subwoofer yang bagus untuk rumah Anda. Karena itu, kami akan membagikan cara memilih serta rekomendasi subwoofer terbaik. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Home entertainment
  • 10 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Proyektor adalah perangkat yang dapat memproyeksikan gambar pada layar. Perangkat elektronik ini tersedia dalam ukuran mini atau portabel yang praktis dibawa ke mana pun Anda pergi. Tipe proyektor mini juga beragam, mulai dari yang dapat dihubungkan dengan HP hingga yang memiliki resolusi tinggi.Terdapat berbagai merek proyektor mini yang bagus, seperti LG, BenQ, Samsung, Epson, dan ANKER. Namun, banyaknya pilihan proyektor mungkin akan membuat Anda bingung. Oleh sebab itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih serta rekomendasi proyektor portable terbaik untuk Anda. Terus ikuti ulasannya sampai akhir, ya!
    Home entertainment
  • 10 Rekomendasi Speaker Polytron Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Speaker Polytron Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Polytron adalah salah satu merek peralatan elektronik lokal yang terus berinovasi. Kualitas dan teknologinya yang unggul juga dapat Anda lihat pada produk audio speaker-nya. Tak heran seri produknya sangat laris di Indonesia, seperti multimedia speaker, soundbar speaker, active speaker, dan home theater speaker. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai speaker Polytron lengkap dengan cara memilihnya. Temukan speaker Bluetooth PMA 9310 dan PMA 9502 yang terlaris serta speaker aktif Polytron PAS berteknologi XBR yang bagus. Review speaker Polytron terbaru juga dibahas di sini. Jadi, jangan sampai lewatkan artikelnya, ya! 
    Home entertainment
  • 10 Rekomendasi Remote TV Universal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Remote TV Universal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat membeli TV, Anda akan mendapatkan remote sebagai perangkat tambahan. Remote TV digunakan untuk menghidupkan dan mematikan televisi, mengganti saluran, hingga mengatur volume suara. Namun, terkadang remote TV bawaan sering rusak atau hilang. Jika hal ini terjadi, cobalah menggunakan remote TV universal.Fungsi remote TV universal sama dengan remote bawaan. Hanya saja, Anda memerlukan kode tertentu untuk menggunakannya. Anda bisa memilih remote TV universal dari merek yang bagus, seperti Chunghop, Huayu, atau Visero. Agar tidak salah memilih, simak tips memilih remote TV universal yang akan kami bahas pada artikel ini.
    Home entertainment
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori