10 Rekomendasi Alat Potong Kuku Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Alat Potong Kuku Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

Merawat bayi merupakan hal yang tidak mudah. Kulit bayi yang masih sensitif membuatnya lebih rentan sehingga membutuhkan perhatian khusus. Sama halnya dengan kulit, kuku bayi pun butuh perawatan. Kuku bayi cenderung tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan kuku dewasa. Karena itu, kuku perlu dipotong lebih sering agar tidak melukai bayi.

Alat potong kuku bayi atau nail clipper tersedia dengan bentuk gunting, compound lever, dan file. Banyaknya produk dari berbagai produsen, seperti Pigeon, Chicco, Bocas, dan sebagainya tentu membuat Anda sulit menentukan produk terbaik. Pada kesempatan ini, kami akan mengulas cara memilih nail clipper untuk bayi dan 10 produk yang kami rekomendasikan.

Daftar isi

Cara memilih alat potong kuku untuk bayi

Sebelum masuk ke pemaparan 10 produk alat potong kuku terbaik untuk bayi, ada baiknya bila Anda mengetahui poin-poin yang harus dipertimbangkan dalam memilihnya. Tentunya, poin-poin ini tidak lepas dari keamanan bayi dan kemudahan penggunaan produk. Simak informasi selengkapnya!

Pilihlah alat potong kuku berdasarkan jenisnya

Seperti yang sudah disebutkan, alat potong kuku atau nail clipper untuk bayi tersedia dalam 3 jenis bentuk, yaitu gunting, compound lever, dan file. Masing-masing jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kami akan membahasnya lebih lanjut untuk Anda.

Jenis gunting yang cocok untuk newborn

Jenis gunting yang cocok untuk newborn

Pada umumnya, nail clipper untuk bayi lebih sering ditemui dalam bentuk gunting. Nail clipper jenis ini biasanya memiliki bagian ujung gunting dengan desain bulat sehingga tidak melukai bayi. Nail clipper gunting dinilai lebih cocok untuk memotong kuku bayi newborn karena kukunya masih kecil dan tipis. Ketika bayi sudah semakin besar dan kukunya lebih tebal, penggunaannya akan digantikan dengan nail clipper jenis compound lever.

Kelebihan dari nail clipper berbentuk gunting adalah lebih higienis dibandingkan dengan jenis compound leverUntuk memotong kuku dengan nail clipper compound lever, kuku bayi perlu dimasukkan ke dalam bagian pemotong yang tertutup. Karena tertutup, bagian pemotong ini sulit dibersihkan. Lain halnya dengan gunting, kuku bayi tidak perlu dimasukkan ke dalam bagian pemotong yang tertutup. Di samping itu, umumnya jenis gunting lebih mudah dibersihkan karena bagiannya lebih terbuka dibandingkan dengan jenis compound lever. 

Walaupun begitu, hal yang mesti Anda pertimbangkan adalah jenis ini tidak dapat digunakan dalam waktu lama jika dibandingkan dengan jenis compound lever. Ketika bayi sedikit tumbuh besar, peran dari nail clipper jenis gunting akan digantikan dengan jenis compound lever yang lebih cocok dengan jenis kuku bayi yang sudah lebih keras. Selain itu, karena pada umumnya nail clipper untuk orang dewasa berbentuk compound lever, Anda akan membutuhkan waktu untuk terbiasa menggunakannya.

Jenis compound lever yang mudah digunakan dan lebih stabil

Jenis compound lever yang mudah digunakan dan lebih stabil

Seperti yang telah disebutkan, jenis compound lever memiliki bagian pemotong yang tertutup. Untuk menggunakannya, kuku dimasukkan ke dalam bagian tersebut. Pada dasarnya, jenis ini sama dengan jenis compound lever yang digunakan pada orang dewasa. Hanya saja, ukurannya lebih kecil dengan pemotong yang cenderung lebih lurus untuk menyesuaikan ukuran dan bentuk kuku bayi.

Bentuknya yang mirip dengan nail clipper untuk orang dewasa membuatnya lebih mudah digunakan karena Anda tentu sudah terbiasa. Namun, jenis ini kurang cocok digunakan untuk memotong kuku bayi newborn yang kecil dan lembut. Bagian pemotongnya yang dalam dan tertutup lebih sesuai digunakan untuk bayi yang sudah sedikit tumbuh besar dengan kuku yang lebih keras. Lalu, nail clipper jenis ini akan mengeluarkan suara ketika memotong kuku sehingga seringkali membuat bayi Anda menjadi tidak nyaman.

Jenis file untuk Anda yang khawatir menggunakan nail clipper

Jenis file untuk Anda yang khawatir menggunakan nail clipper

Bila Anda merasa tidak percaya diri untuk menggunakan nail clipper gunting ataupun compound lever, Anda bisa menggunakan nail clipper jenis file. Berbeda dari 2 jenis sebelumnya, jenis file ini memotong kuku dengan cara mengikirnya. Jenis ini juga banyak digunakan untuk merapikan ujung kuku yang masih lancip setelah kuku bayi dipotong menggunakan nail clipper gunting atau compound lever. 

Anda dapat menemukan nail clipper file dalam bentuk sekali pakai atau elektrik. Nail clipper file sekali pakai memiliki kelebihan lebih higienis. Sebaiknya Anda menggunakan nail clipper ini sebelum memutuskan membeli nail clipper file elektrik untuk mengetahui apakah Anda merasa cocok dengan jenis ini. Terlebih lagi, nail clipper file elektrik harganya lebih mahal dibandingkan dengan nail clipper lainnya. Walaupun demikian, nail clipper file elektrik memiliki bagian yang dapat dilepas dan disesuaikan untuk mengikir kuku orang dewasa.

Nail clipper jenis file memang lebih aman dibandingkan dengan jenis lainnya. Namun, nail clipper ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk merapikan kuku. Karena itu, Anda disarankan untuk menggunakannya ketika bayi sedang tidur. Beberapa produk nail clipper file elektrik dilengkapi dengan lampu yang memudahkan Anda untuk menggunakannya dalam gelap.

Pilihlah nail clipper yang aman dan sesuai dengan usia bayi

Pilihlah nail clipper yang aman dan sesuai dengan usia bayi

Karakter kuku bayi berubah seiring dengan bertambahnya usia bayi. Maka dari itu, pemilihan nail clipper yang menyesuaikan usia bayi penting sekali agar bayi tidak terluka. Untuk bayi yang baru lahir atau newbornnail clipper jenis gunting sangat direkomendasikan. Nail clipper jenis ini cocok untuk memotong kuku dengan karakteristik lembut dan berukuran kecil, seperti kuku newborn. Supaya lebih aman, pilihlah nail clipper gunting yang berukuran kecil dengan ujung yang membulat.

Jenis compound lever kurang sesuai untuk memotong tipe kuku yang lembut. Kuku bayi dapat sobek dan menyebabkan bayi terluka bila dipaksakan menggunakan jenis ini. Karena itu, jenis ini tidak sesuai untuk newborn. Jenis ini lebih cocok untuk karakteristik kuku bayi yang sudah lebih besar dan keras. Sementara itu, jenis file elektrik biasanya lebih fleksibel karena jenis ini dilengkapi dengan mata pemotong yang dapat diganti dan disesuaikan dengan usia bayi.

Pilihlah nail clipper yang mudah dan nyaman digunakan

Pilihlah nail clipper yang mudah dan nyaman digunakan

Walaupun keamanan bayi merupakan faktor penting, Anda tidak dapat melupakan kenyamanan dan kemudahan ibu dalam menggunakan nail clipper saat memotong kuku si bayi. Nail clipper yang aman, tetapi tidak nyaman digunakan tetap dapat berisiko melukai bayi. Karena setiap produk memiliki spesifikasi yang berbeda, seperti ukuran bagian genggaman dan panjang pisau pemotong, pastikan Anda memilih nail clipper yang sekiranya nyaman untuk digunakan.

10 Rekomendasi alat potong kuku terbaik untuk bayi

Setelah membaca poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih nail clipper yang aman untuk bayi, tentunya Anda sudah memiliki gambaran yang lebih jelas, bukan? Selanjutnya kami akan memberikan ulasan mengenai 10 produk terbaik yang telah kami urutkan berdasar keamanan, fungsi, dan harga.

10. Pigeon Safety Nail Clipper

10. Pigeon Safety Nail Clipper

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 119.950

Ucapkan selamat tinggal pada potongan kuku yang tercecer

Saat merapikan kuku, tak jarang potongan kuku tercecer bahkan terpental. Walaupun dapat disapu, bisa dibayangkan berbahayanya bila potongan kuku yang tidak tersapu ditemukan oleh bayi Anda. Untuk mengurangi risiko tersebut, Pigeon menghadirkan produk nail clipper yang dilengkapi dengan tempat penyimpanan potongan kuku.

Karena berbentuk compound lever, nail clipper ini dapat Anda dapat lebih nyaman menggunakannya. Produk ini dapat digunakan untuk memotong kuku bayi yang sudah lebih kuat. Anda tak perlu khawatir kuku akan tercecer dan terpental. Potongan kuku akan masuk ke dalam tempat penyimpanan begitu terpotong. Lebih rapi dan minim risiko!

9. KU-KU Duckbill Safety Scissors for Baby

9. KU-KU Duckbill Safety Scissors for Baby

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.500

Perlindungan optimal untuk buah hati dengan penutup pada mata pisau

Bayi biasanya memiliki rasa pengetahuan yang besar dan sering memegang benda-benda di sekitarnya. Tentunya, hal ini akan sangat berbahaya kalau benda yang dipegang adalah benda tajam, seperti nail clipper. Buat Anda yang khawatir bayi Anda akan terluka karena hal tersebut, nail clipper jenis gunting dari KU-KU Duckbill ini akan membuat Anda lebih tenang.

Nail clipper yang dapat digunakan untuk memotong kuku newborn ini dilengkapi dengan penutup. Mata pisaunya yang tajam akan terlindungi sehingga mengurangi risiko melukai bayi. Anda juga dapat memotong kuku dengan lebih mudah karena bagian mata pisaunya memiliki ujung yang melengkung. Pas untuk kuku newborn yang kecil dan tipis.

8. Zo.li Buzz B Nail Trimmer

8. Zo.li Buzz B Nail Trimmer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 599.000

Merapikan kuku bayi lebih effortless dengan trimmer elektrik

Produk yang kami ulas selanjutnya adalah nail clipper jenis file elektrik yang pas untuk Anda yang masih belum percaya diri untuk menggunakan gunting kuku manual. Nail clipper ini menawarkan kemudahan bagi Anda yang belum terbiasa dengan kuku bayi yang kecil. Anda tak perlu khawatir melukai bayi akibat menggunting kulit atau memotong terlalu dalam.

Dengan alat ini, Anda dapat merapikan kuku bayi dengan mengikirnya saja menggunakan 4 pisau pengikir yang dapat Anda pilih sesuai usia bayi Anda. Jangan khawatir karena pisau ini dilengkapi dengan bantalan sehingga aman dan lembut untuk bayi. Walaupun elektrik, produk ini tidak menimbulkan suara bising sehingga nyaman digunakan pada bayi yang sedang tidur.

7. Tommee Tippee Essentials Baby Nail Clippers

7. Tommee Tippee Essentials Baby Nail Clippers

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 30.000

Lebih mantap dengan pegangan antiselip

Pernahkah Anda merasa kesulitan memegang nail clipper? Bentuk nail clipper bayi yang kecil dapat menyebabkan genggaman Anda tergelincir. Tentu hal ini bisa berbahaya. Namun, produk ini hadir untuk mengatasi masalah Anda tersebut. Bagian pegangan yang memanjang dan berbentuk bulat dari produk dapat memantapkan genggaman dan mengurangi risiko tergelincir.

Mengusung jenis compound levernail clipper yang didesain untuk bayi yang baru lahir ini tentu lebih familiar untuk digunakan. Anda pun semakin nyaman menggunakannya karena bentuk mata pisaunya membulat sehingga lebih aman. Apalagi adanya jarak pada bagian pemotong dengan badan nail clipper dapat membantu Anda mengatur posisi kuku dan clipper.

6. Pigeon Safety Nail Scissors Newborn

6. Pigeon Safety Nail Scissors Newborn

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 135.800

Lubang genggaman yang besar dan nyaman, nail clipper gunting favorit para ibu

Siapa yang tidak kenal dengan merek Pigeon? Salah satu produsen yang selalu memastikan produknya nyaman digunakan. Di samping bentuk yang kurang familiar, kendala lain nail clipper gunting adalah ukurannya yang kecil. Hal itu dapat membuat nail clipper gunting kurang nyaman digenggam. Lain halnya dengan produk dari Pigeon ini.

Nail clipper ini dibuat dengan ukuran yang pas untuk kuku newborn, yaitu bagian ujung yang kecil.  Walaupun demikian, produk ini tetap nyaman digunakan karena memiliki lubang genggaman cukup besar yang disesuaikan dengan jari orang dewasa. Produk ini bisa jadi solusi bagi Anda yang sering tidak nyaman ketika harus menggunakan nail clipper gunting biasa.

5. Chicco Nail Care Set Happy Hands

5. Chicco Nail Care Set Happy Hands

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.000

Berbagai jenis nail clipper dalam 1 paket yang ekonomis

Seperti yang sudah disebutkan, pemilihan nail clipper harus disesuaikan dengan usia bayi. Tentu repot kalau harus membeli nail clipper beberapa kali. Bila Anda menyukai produk lengkap dan ekonomis, Chicco Nail Care Set ini wajib Anda pertimbangkan. Produk ini merupakan set lengkap yang terdiri dari nail clipper gunting, compound leverfile, serta sikat kuku.

Karena terdiri dari 3 macam nail clipper, Anda tidak perlu membeli nail clipper secara terpisah ketika bayi Anda sudah sedikit tumbuh besar. Nail clipper gunting dan file bisa digunakan untuk newborn sementara sementara compound lever digunakan saat kukunya sudah sedikit lebih keras. Tentu saja, produknya juga sudah didesain agar aman digunakan untuk bayi.

4. BabyComfy Nail Safety Clipper

4. BabyComfy Nail Safety Clipper

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 169.900

Pemotong dengan satu pisau untuk keamanan yang lebih terjamin

Produk nail clipper yang satu ini memiliki desain pemotong unik untuk cegah kulit bayi ikut terpotong. Berbeda dengan nail clipper jenis compound lever lainnya, produk dari BabyComfy ini hanya memiliki 1 pisau saja pada bagian atas pemotong. Bagian bawahnya terbuat dari plastik yang berfungsi mendorong kulit bayi sehingga hanya bagian kuku yang terpotong.

Selain dari pemotong, bagian badan nail clipper dibuat agar ukurannya pas dengan genggaman Anda. Alhasil, produk juga nyaman digunakan. BabyComfy Nail Safety Clipper ini dapat menjadi pilihan tepat bila Anda mementingkan keamanan bayi. Bayi aman, Anda pun nyaman menggunakannya. Produk berkualitas yang dapat diandalkan!

3. Farlin Deluxe Nail Clipper with Magnifier BC-50006

3. Farlin Deluxe Nail Clipper with Magnifier BC-50006

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 106.200

Melihat kuku bayi lebih jelas dengan kaca pembesar

Produk yang akan kami ulas ini bermanfaat sekali untuk Anda yang sering kesulitan melihat kuku bayi. Kuku bayi yang terlalu kecil sulit dilihat dan dapat mengakibatkan salah potong. Nail clipper jenis compound lever dari Farlin ini dilengkapi dengan kaca pembesar. Dengan perbesaran hingga 3 kali, kuku dan kulit bayi jadi lebih mudah dibedakan.

Farlin mengklaim produk dengan 2 pilihan warna ini dapat digunakan pada bayi dari usia 0 bulan. Namun, bagi Anda yang merasa was-was, boleh juga menggunakannya setelah bayi sudah berusia beberapa bulan saja. Bentuknya sudah familiar dan ditambah dengan fitur wide handle, tentunya Anda tidak akan kesulitan menggunakannya, bukan?

2. Bocas Swivel Safety Nail Clipper NC-2000B

2. Bocas Swivel Safety Nail Clipper NC-2000B

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 99.000

Kenyamanan maksimal dengan pemotong yang dapat diputar 180º

Walaupun kuku bayi kecil, merapikan kuku bayi dengan hanya satu kali gerakan tetap sulit dilakukan. Terutama bayi yang sudah mampu memahami keadaan sekitar, biasanya mudah sekali rewel apalagi jika tidak dapat bergerak dengan leluasa dalam waktu lama. Nail clipper compound lever dari Bocas ini dapat menjadi penyelamat Anda ketika hal itu terjadi.

Selain bentuknya yang sudah familier sehingga mudah digunakan, nail clipper ini memiliki keunikan, yaitu pemotongnya dapat diputar. Anda dapat menggunakannya untuk memotong kuku bayi tanpa perlu sering memindahkan posisi. Alhasil, waktu pemotongan akan lebih singkat dan bayi pun lebih nyaman. Produk yang pas sekali untuk bayi yang aktif.

1. niceEshop Baby Nail Trimmer

1. niceEshop Baby Nail Trimmer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 107.000

Merapikan kuku bayi di malam hari menjadi lebih mudah dan aman

Salah satu kendala merapikan kuku bayi adalah keaktifan bayi dalam bergerak. Bila Anda lebih memilih merapikan kuku bayi di malam hari saat bayi tertidur, produk ini bisa menjadi andalan Anda. Produk dari niceEshop ini merupakan nail clipper jenis file elektrik yang dilengkapi dengan lampu. Anda bisa merapikan kuku dengan bantuan lampu ini.

Produk ini juga memiliki 2 fitur kecepatan yang bisa Anda sesuaikan dengan panjangnya kuku bayi. Berbeda dengan produk lain yang umumnya hanya khusus untuk bayi atau orang dewasa, nail clipper ini dapat dipakai untuk berbagai usia. Dilengkapi dengan 6 mata pengikir, Anda pun dapat turut menggunakannya untuk merawat kuku Anda. Tertarik?

Kesimpulan

Memilih perlengkapan bayi memang bukanlah hal yang mudah. Dalam berbagai hal, bayi lebih sensitif dibandingkan dengan orang dewasa sehingga banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Terlebih lagi, banyak produk yang tersedia menjadikan Anda semakin sulit menentukan produk terbaik.

Pada artikel ini, kami sudah mengulas mengenai cara memilih nail clipper untuk bayi. Nail clipper merupakan salah satu produk perawatan yang penting karena berhubungan erat dengan kehigienisan bayi. Semoga ulasan kami beserta 10 produk yang kami rekomendasikan dapat membantu Anda memilih nail clipper terbaik. Jangan salah pilih, ya!