10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2019)

Sepeda hybrid adalah jenis sepeda olahraga yang mudah dikendarai. Hal tersebut membuatnya sangat populer di kalangan wanita yang ingin bersepeda dengan santai. Dahulu, untuk mendapatkan sepeda hybrid berkualitas Anda harus merogoh kocek yang dalam. Namun, saat ini banyak sepeda hybrid berkualitas yang harganya terjangkau.

Kali ini, kami akan menjelaskan panduan cara memilih sepeda hybrid untuk Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepeda hybrid terbaik untuk wanita dengan harga terjangkau. Anda akan menemukan sepeda hybrid keluaran Polygon, Giant, Thrill, Specialized, dan sebagainya dalam artikel ini. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih sepeda hybrid untuk wanita

Sepeda hybrid memiliki berbagai fitur. Oleh karena itu, pilihlah sepeda terbaik untuk Anda gunakan. Mari simak cara memilih sepeda hybrid berikut ini.

Pilih sepeda yang berbobot ringan

Pilih sepeda yang berbobot ringan

Daya tarik dari sepeda hybrid adalah bobotnya yang ringan. Sepeda city bike umumnya memiliki berat sekitar 20–30 kg. Sementara itu, sepeda hybrid dengan berat kurang dari 10 kg juga sudah banyak dijual di pasaran. Bobot yang ringan memang merupakan salah satu daya tarik dari sepeda hybrid. Akan tetapi, tentu saja berat tiap sepeda berbeda-beda. Anda akan mengerti bagaimana perbedaan berat 1 kg akan sangat memengaruhi Anda bersepeda setelah mencobanya nanti.

Anda mungkin akan sering mengangkat sepeda hybrid, misalnya saat mengangkatnya dari halaman ke dalam rumah agar tidak dicuri. Bisa juga Anda mengangkatnya untuk membawanya ke kendaraan umum saat hendak bersepeda lebih jauh. Bila bobotnya terlalu berat, hal tersebut akan sulit dilakukan oleh wanita. Justru, bobot yang ringan akan membuat Anda tak kesulitan mengayuh sepeda, akselerasi pun akan meningkat. Selain itu, semakin berat bobotnya, semakin cepat pula stamina Anda menurun saat bersepeda di tanjakan atau menempuh jarak jauh.

Kami menyarankan Anda untuk memilih sepeda hybrid yang ringan. Sepeda hybrid dengan berat sekitar 11 kg atau kurang dari 10 kg akan pas untuk wanita.

Pilih sepeda yang bannya tebal jika Anda takut tergelincir

Pilih sepeda yang bannya tebal jika Anda takut tergelincir

Sepeda hybrid biasanya menggunakan ban yang lebih kecil dibanding sepeda city bike. Ban kecil cenderung lebih ringan dan akan mempercepat laju sepeda karena gesekan antara ban dengan tanah berkurang. Namun, ban yang tipis lebih berbahaya karena membuat sepeda mudah tergelincir, terlebih ketika hari sedang hujan.

Apakah Anda masih belum berani bersepeda dengan cepat atau masih belum memiliki keseimbangan yang baik dan takut jatuh? Pilihlah sepeda yang memiliki ban tebal. Anda akan menemukan penanda pada ban, misalnya 700 × 28C. Angka 28C inilah yang menunjukkan ketebalan ban.

Semakin besar angkanya, akan semakin tebal pula bannya. Untuk Anda yang masih pemula, kami rekomendasikan untuk memakai ban dengan ukuran 30 atau lebih. Namun, hal yang perlu Anda perhatikan adalah kemungkinan sepeda jadi lebih berat dan sulit saat dibawa.

Pilih sepeda berdasarkan kemampuannya menyerap goncangan

Pilih sepeda berdasarkan kemampuannya menyerap goncangan

Saat melewati jalan bergelombang atau permukaan tidak rata, bagian tubuh yang paling merasakan guncangannya adalah tangan dan bokong. Dalam hal ini, bahan frame sepeda sangat berpengaruh terhadap seberapa besar guncangan yang dirasakan.

Sepeda dengan frame berbahan karbon memang lebih mahal daripada bahan frame lainnya. Akan tetapi, bahan ini dapat meredam guncangan dengan baik sehingga membuat Anda nyaman bersepeda. Sementara itu, sepeda dengan frame dari aluminium memiliki kemampuan meredam guncangan lebih rendah. Guncangannya dapat terasa langsung ke tangan dan bokong. Di sisi lain, frame berbahan baja dan chromoly kemampuan meredam guncangannya berada di antara frame aluminium dan karbon.

Jika Anda sering bersepeda di jalanan yang tidak rata, pilihlah sepeda yang dapat mengurangi guncangan dengan baik. Hal tersebut sangatlah penting, terutama bagi wanita yang baru mulai bersepeda dan belum terbiasa menggunakan sepeda hybrid. Guncangan sepeda yang dapat membuat sakit tangan, bokong, dan punggung akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Bisa-bisa Anda malah tidak mau bersepeda lagi, bukan?

Ada juga setang dan jok sepeda yang dibuat dengan struktur dan bahan tertentu sehingga mampu menyerap guncangan dengan baik. Pastikan untuk selalu memeriksa bagian setang dan joknya.

Pilih ukuran yang pas untuk Anda

Pilih ukuran yang pas untuk Anda

Memilih ukuran sepeda sangatlah penting. Memang benar, Anda bisa saja mengatur ketinggian jok sepeda. Akan tetapi, posisi tubuh saat bersepeda sangat memengaruhi kecepatan, stamina, dan kenyamanan bersepeda. Sangat penting untuk memperhatikan jarak antara jok dengan setang. Sekalipun kaki Anda tergolong panjang, ketika Anda membeli sepeda hybrid seukuran sepeda laki-laki, Anda tetap harus berhati-hati. Jarak antara setang ke jok menjadi lebih jauh dan akan memengaruhi keseimbangan postur tubuh saat bersepeda.

Sebenarnya, sepeda hybrid dapat dipilih berdasarkan ketinggian, gender pengguna, serta hal lainnya. Jika Anda belum pernah mencoba naik sepeda hybrid, kami sarankan Anda mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli. Namun, bila Anda sudah pernah mengendarai sepeda hybrid, carilah produk dengan sensasi yang sama seperti milik Anda saat dikendarai. Bila tidak memungkinkan untuk mencobanya, carilah informasi tambahan dari review pengguna.

Pilih berdasarkan adanya fitur pengubah kecepatan

Pilih berdasarkan adanya fitur pengubah kecepatan

Sepeda hybrid biasanya dilengkapi fitur pengubah kecepatan berupa gear. Anda dapat mengaturnya sesuai kebutuhan dengan mudah karena terletak di dekat setang. Kapasitas transmisi sepeda berperan penting terlebih bila Anda sering bersepeda di jalanan menanjak atau banyak pemberhentian lampu merah. Ada beragam macam gear, mulai dari yang hanya memiliki beberapa tahap kecepatan hingga memiliki 20 tahap kecepatan.

Sebaliknya, ada juga sepeda hybrid yang hanya memiliki single speed (tanpa fitur pengubah kecepatan). Sepeda seperti ini tidak dapat berganti gear sehingga Anda akan mengeluarkan tenaga lebih saat mengayuhnya. Namun, sebagai gantinya Anda akan mendapatkan sepeda berbobot ringan. Tidak hanya itu, tampilannya pun terlihat lebih simpel dan feminin untuk digunakan wanita.

Banyak sepeda olahraga yang dilengkapi dengan fitur pengubah kecepatan. Akan tetapi, jika Anda tidak begitu sering menggunakannya, tipe single speed lebih direkomendasikan terutama untuk wanita. Meski begitu, sayangnya sepeda hybrid tipe single speed ini masih sulit ditemukan di Indonesia.

Pilih sepeda sesuai bujet

Sepeda hybrid memiliki harga beragam tergantung pada berbagai faktor, seperti jenis frame, bobot, merek, desain, dan sebagainya. Anda akan menemukan sepeda hybrid dengan rentang harga variatif seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Sepeda dengan harga <Rp 5 juta untuk penggunaan harian

Sepeda dengan harga <Rp 5 juta untuk penggunaan harian

Performa sepeda hybrid seharga <Rp 5 juta kurang mendekati sepeda sport, tetapi cukup untuk penggunaan harian. Sepeda jenis ini biasanya menggunakan frame berbahan besi yang berat sehingga sulit untuk dibawa oleh wanita. Performanya mungkin memang sedikit inferior. Namun, harga yang ekonomis membuatnya cocok untuk Anda yang ingin mencoba sepeda hybrid pertama kali.

Sepeda dengan harga Rp 5–12,5 juta untuk kegiatan olahraga

Sepeda dengan harga Rp 5–12,5 juta untuk kegiatan olahraga

Sepeda seharga Rp 5–12,5 juta cocok digunakan untuk Anda yang ingin menggunakan sepeda hybrid layaknya sepeda sport. Sepeda di rentang harga ini memiliki fitur dan performa yang dapat Anda gunakan untuk olahraga atau bepergian jauh. Jika Anda ingin membeli sepeda hybrid dengan performa seperti sepeda sport, pilihlah produk pada kisaran harga ini.

Sepeda dengan harga >Rp 12,5 juta untuk menikmati sepeda hybrid secara maksimal

Sepeda dengan harga >Rp 12,5 juta untuk menikmati sepeda hybrid secara maksimal

Untuk Anda yang benar-benar ingin menikmati bersepeda menggunakan sepeda hybrid, milikilah produk dengan harga >Rp 12,5 juta. Meski begitu, dengan harga yang tergolong mahal kami tidak menyarankan Anda untuk membeli sepeda ini sebagai sepeda pertama. Nah, lain halnya saat Anda sudah mulai terbiasa bersepeda dan mulai ingin bersepeda dengan kenyamanan lebih. Anda dapat membeli sepeda mahal yang menggunakan bahan frame karbon.

10 Rekomendasi sepeda hybrid terbaik untuk wanita

Sekarang, kami akan merekomendasikan sepeda hybrid terbaik untuk wanita yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Yuk, simak selengkapnya!

10. United Bike Slick 02

10. United Bike Slick 02

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.600.000

Miliki sepeda hybrid tanpa bikin kantong bolong

Bagi Anda yang ingin bersepeda menggunakan sepeda hybrid tanpa perlu mengeluarkan banyak dana, produk ini wajib dimiliki. Dengan harga sangat bersahabat, Anda sudah memperoleh sepeda yang frame-nya berbahan baja. Bahan tersebut membuat produk tidak mudah rusak meski Anda gunakan secara rutin.

Selain itu, sistem pengeremannya tergolong sederhana dan cukup murah ketika harus Anda perbaiki. Tidak hanya itu, kalau pun Anda harus mengganti ban, Anda bisa melepasnya tanpa menggunakan alat. Praktis! Menggunakan ukuran ban 23C, produk ini pun terasa semakin lincah saat Anda pakai di kota.

Bobot 14,03 kg
Material frame Baja
Ukuran ban 700 × 23C
Gear pengaturan kecepatan 21
Warna Hijau, merah, putih, hitam, dan kuning

9. United Bike Felipe H-72

9. United Bike Felipe H-72

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.350.000

Cari sepeda yang perawatannya mudah? Pilih ini saja!

Dilengkapi dengan 21 konfigurasi pengaturan kecepatan, Anda tidak akan kesulitan melewati tanjakan menggunakan produk ini. Gear-nya pun dapat dengan mudah Anda pindahkan. Menggunakan komponen utama berkualitas tinggi dari Shimano, daya tahannya pun tidak perlu Anda ragukan lagi.

Frame-nya dilapisi dengan bahan antikarat sehingga tidak memerlukan perawatan khusus. Selain itu, sistem pengereman v-brake pada produk ini juga tergolong sederhana dan hemat biaya, lho! Bila Anda menginginkan sepeda hybrid untuk wanita yang perawatannya mudah dan murah, produk ini pilihannya.

Bobot 12,81 kg
Material frame Alloy aluminum 6061
Ukuran ban 700 × 23C
Gear pengaturan kecepatan 21
Warna Hitam merah dan hitam biru

8. Polygon Bikes HEIST 2

8. Polygon Bikes HEIST 2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.000.000

Pengereman presisi tanpa khawatir membuat Anda serasa terlempar

Jika Anda membutuhkan sepeda hybrid yang saat direm tidak membuat tubuh serasa terlempar ke depan, ini solusinya! Saat Anda menekan tuas rem, sepeda ini akan berhenti tanpa memberikan hentakan keras ke tubuh berkat keberadaan rem cakram hidraulis. Dipadukan dengan fork SR Suntour NEX, guncangan yang diterima tubuh pun semakin minim.

Bobot 15,4 kg
Material frame AL6 Hybrid
Ukuran ban 700 × 40C
Gear pengaturan kecepatan 30
Warna Merah

7. Pacific TRX 2707

7. Pacific TRX 2707

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.200.000

Harganya bersahabat, sudah double disc brake pula!

Sekarang saatnya Anda memperoleh sepeda yang memiliki performa pengereman mumpuni dan harga bersahabat dengan memilih produk ini. Dengan harganya yang ramah di kantong, sepeda ini telah dilengkapi dengan double disc brake. Anda bisa mengerem dengan pakem kapan pun dibutuhkan!

Bobot Tidak disebutkan
Material frame Hi-Ten steel
Ukuran ban 700 × 23C
Gear pengaturan kecepatan 21
Warna Putih merah, putih biru, dan putih oranye

6. Polygon Bikes HEIST 5

6. Polygon Bikes HEIST 5

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.250.000

Fork berkualitas yang membuat tangan Anda tidak cepat pegal

Anda butuh sepeda hybrid yang tidak membuat tangan pegal atau sakit bahkan saat melalui jalan tidak rata? Bila jawabannya ya, produk ini layak Anda pilih. Penggunaan fork SR SUNTOUR NCX D-LO FORK memungkinkan Anda merasakan guncangan yang sangat minim di tangan ketika mengendarai produk ini.

Menggunakan model raise handlebar, posisi duduk Anda juga menjadi tidak terlalu membungkuk. Punggung Anda pun tidak cepat lelah saat menempuh perjalanan yang jauh. Dengan rangka AL6 Hybrid, sepeda hybrid ini pun menjadi semakin ringan dan mudah Anda bawa.

Bobot 14,5 kg
Material frame AL6 Hybrid
Ukuran ban 700 × 40C
Gear pengaturan kecepatan 30
Warna Charcoal

5. Decathlon B’Twin Hybrid Riverside 500 C1

5. Decathlon B'Twin Hybrid Riverside 500 C1

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.049.000

Ban hybrid-nya bikin makin asyik berkendara di kota dan di alam liar

Jika Anda menyukai sepeda hybrid untuk wanita yang versatile, produk ini wajib dimasukkan ke dalam daftar belanja Anda. Penggunaan ban tipe hybrid memungkinkan Anda untuk memperoleh traksi maksimum. Anda tidak akan tergelincir saat bersepeda di jalan rata maupun jalan licin akibat penuh tanah atau tergenang air.

Selain itu, pedalnya pun lebar sehingga Anda bisa mengayuh sekuat tenaga tanpa khawatir kaki Anda terpeleset dari pedal. Dipadukan dengan frame aluminium serta rem berkualitas mumpuni, produk ini siap menemani Anda bertualang ke berbagai tempat!

Bobot S : 13 kg, M : 13,2 kg, L : 13,3
Material frame Hybrid Aluminum 6061
Ukuran ban 700 × 38C
Gear pengaturan kecepatan 9
Warna Hitam

4. Thrill Volare 2.0

4. Thrill Volare 2.0

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.920.000

Tidak takut pelek penyok dengan double wall rims

Anda bisa mengerem dengan aman dan pakem karena produk ini sudah dilengkapi dengan rem cakram. Guncangan yang Anda rasakan pun tidak terlalu kentara dengan adanya fork Zoom Aria 106 pada produk ini. Selain itu, sepeda hybrid ini juga akan terlihat sangat rapi karena kabel-kabelnya dimasukkan ke dalam frame, lho!

Anda yang tidak mau repot atau boros akibat mengganti pelek berkali-kali pun akan cocok dengan produk ini. Dirancang secara khusus, pelek sepeda ini memiliki teknologi double wall. Hasilnya, pelek produk ini menjadi semakin kuat dan tidak mudah rusak ketika Anda menghantam lubang di jalan.

Bobot Tidak disebutkan
Material frame Alloy 6061
Ukuran ban 700 × 38C
Gear pengaturan kecepatan 27
Warna Grey

3. Giant Seek 3

3. Giant Seek 3

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.100.000

Makin nyaman dikendarai dengan ban berkualitas wahid

Bahan aluminium membuat sepeda hybrid ini menjadi cukup ringan untuk Anda bawa ke berbagai tempat. Top tube protector-nya berbahan stainless steel sehingga menjadi semakin awet dan tak mudah patah. Rem cakramnya pun sangat membantu Anda untuk mengerem dengan sempurna dalam berbagai kondisi.

Selain itu, penggunaan ban Schwalbe Big Apple membuat sepeda ini jadi sangat empuk dan minim guncangan. Apalagi, ukurannya pun cukup lebar sehingga Anda tidak akan mudah tergelincir. Untuk Anda yang mencari sepeda hybrid yang terasa empuk sekaligus stabil saat dikendarai, pastikan memilih produk ini.

Bobot Tidak disebutkan
Material frame Aluminium
Ukuran ban 700 × 50C
Gear pengaturan kecepatan 8
Warna Hitam

2. Specialized Sirrus Sport

2. Specialized Sirrus Sport

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.310.000

Dirancang khusus agar Anda tetap fit dan aman bersepeda bermil-mil

Sepeda hybrid ini adalah partner yang pas jika Anda senang menjelajah hingga ke area baru yang jaraknya jauh. Frame produk ini dirancang khusus dengan teknologi Fitness Geometry sehingga membuat posisi duduk Anda lebih nyaman. Tubuh pun tak cepat lelah meski bersepeda bermil-mil jauhnya.

Tidak hanya itu, sadel dengan teknologi Body Geometry Targa Sport juga membuat peredaran darah tetap lancar. Dengan begitu, tentu Anda akan merasa tetap fit saat bersepeda. Anda juga tidak perlu khawatir dengan hujan atau pencahayaan yang kurang. Reflective graphics-nya membuat Anda tetap terlihat jelas oleh pengguna jalan lainnya.

Bobot Tidak disebutkan
Material frame Specialized A1 Premium Aluminum
Ukuran ban 700 × 32C
Gear pengaturan kecepatan 9
Warna Black/satin/red dan light silver/black/rocket red

1. Specialized Vita Sport Carbon

1. Specialized Vita Sport Carbon

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.220.000

Sangat lincah dan nyaman dikendarai dengan frame dan fork karbon

Adanya rem cakram hidraulis membuat produk ini dapat mengerem sempurna sekaligus mengurangi guncangan yang diterima tangan Anda. Selain itu, penggunaan fork karbon membuat produk ini semakin lincah dikendarai dan mampu meredam guncangan secara maksimal.

Frame karbon pada produk ini pun akan membuat Anda tetap nyaman bersepeda bahkan saat menempuh jarak jauh. Jika Anda ingin merasakan sensasi pengendalian dan kenyamanan maksimal saat mengendarai sepeda hybrid, jangan sampai melewatkan produk ini, ya!

Bobot Tidak disebutkan
Material frame FACT 9r carbon fiber
Ukuran ban 700 × 30C
Gear pengaturan kecepatan 9
Warna Blackberry tint carbon/warm charcoal/cool gray dan cool gray/coral/light torquoise

Karakteristik bahan frame sepeda

Sebagian besar sepeda yang biasa digunakan di perjalanan perkotaan menggunakan frame berbahan besi. Akan tetapi, frame untuk sepeda hybrid terbuat dari berbagai macam bahan. Performa sebuah sepeda berbeda-beda tergantung dari bahan frame yang digunakan. Jadi, sangat penting untuk mengetahui karakteristik bahan frame sepeda. Di bawah ini kami akan menjelaskan bahan-bahan frame sepeda yang sering dipakai untuk sepeda hybrid.

Bahan chromoly, kokoh dan tipis

Bahan chromoly, kokoh dan tipis

Bahan ini merupakan campuran dari kromium dan molibdenum yang ditambahkan ke besi. Di antara bahan frame sepeda lainnya, chromoly merupakan bahan terkuat sehingga mampu memperkuat rangka sepeda. Akan tetapi, chromoly merupakan bahan frame sepeda terberat di antara bahan lainnya. Chromoly memang sedikit mudah berkarat. Namun, sepeda berbahan ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki sepeda frame tipis dengan harga bersahabat.

Bahan aluminium, keseimbangan antara performa dengan harga

Bahan aluminium, keseimbangan antara performa dengan harga

Bahan aluminium memiliki bobot lebih ringan daripada bahan chromoly, tetapi tetap lebih berat ketimbang bahan karbon. Harga dan performa yang dimiliki bahan ini dapat dikatakan seimbang karena bahannya bagus dan harganya tidak begitu mahal. Aluminium juga merupakan bahan yang paling sering dipakai untuk sepeda. Namun, Anda mungkin sedikit kurang nyaman mengendarainya karena bahan ini tidak memiliki peredam guncangan sebaik bahan frame lainnya.

Bahan karbon, frame ringan berkualitas tinggi

Bahan karbon, frame ringan berkualitas tinggi

Bahan karbon merupakan bahan paling ringan di antara bahan lainnya sekaligus berharga paling mahal. Meski begitu, bahan ini sudah semakin banyak dijual sehingga harganya pun kian menurun. Hal tersebut membuat sepeda hybrid jenis ini banyak dipilih oleh para pemula. Apalagi, dilihat dari segi fungsinya sepeda berbahan karbon sangat pas untuk wanita.

Meski berbobot ringan, bahan ini dapat menahan guncangan dengan baik. Tentu cocok untuk Anda gunakan di dalam kota dan bersepeda jarak jauh. Namun, frame ini memiliki kekurangan, yaitu mudah rusak dan patah jika sampai terkena benturan kuat.

Bahan besi, tahan banting dan ekonomis, tetapi cukup berat

Bahan besi, tahan banting dan ekonomis, tetapi cukup berat

Frame besi merupakan frame yang tahan banting dan murah sehingga banyak digunakan untuk sepeda seharga <Rp 5 juta. Meski sangat durableframe jenis ini memiliki bobot yang cukup berat. Jika Anda memiliki bujet terbatas, kami sarankan untuk memilih sepeda dengan frame jenis ini. Akan tetapi, bila Anda ingin menikmati performa sepeda hybrid, sebaiknya Anda memilih bahan lain saja.

Baca juga rekomendasi sepeda hybrid lainnya beserta perlengkapannya di sini

Banyak pemula baik pria maupun wanita yang tertarik dengan sepeda hybrid. Bagi para pemula, sepeda hybrid pertama sangatlah penting. Selain itu, dengan memiliki pompa ban dan kunci sepeda, tentu momen bersepeda pun terasa semakin mengasyikkan. Anda bisa membaca lebih detail mengenai seluruh produk tersebut di sini.

Kesimpulan

Sepeda hybrid sangatlah praktis digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari Anda. Bersepeda ke kantor atau kampus setiap hari juga dapat dijadikan sebagai hobi bermanfaat untuk Anda yang jarang berolahraga.

Dahulu, sepeda hybrid memiliki image sebagai sepeda untuk pria. Akan tetapi, sekarang sudah banyak sepeda hybrid yang memiliki bobot ringan dan desain yang lebih feminin. Silakan temukan sepeda favorit Anda di artikel ini dan mulailah hidup sehat dari sekarang!