10 Rekomendasi Kursi Lipat Santai Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kursi Lipat Santai Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kursi lipat menjadi salah satu benda yang wajib dibawa saat Anda ingin melakukan kegiatan outdoor sambil bersantai, seperti ketika berkemah, memancing, ke pantai, atau bahkan menonton konser. Desainnya yang stylish dengan posisi duduk yang rendah akan memberikan kenyamanan tersendiri ketika digunakan. Apalagi, kursi lipat ini sangat mudah dibawa bepergian karena bobotnya ringan.

Namun, banyaknya produk di pasaran mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Kali ini kami akan membahas cara memilih kursi lipat santai dan merekomendasikan produk-produk populer keluaran berbagai merek ternama, seperti Naturhike, ALPS, Cascade, dan sebagainya. Temukanlah kursi lipat favorit Anda di kala bersantai di luar ruangan!

Daftar isi

Nyamannya kursi lipat santai bisa membuat ketagihan!

Nyamannya kursi lipat santai bisa membuat ketagihan!

Mungkin cukup banyak di antara Anda yang familier dengan sofa malas yang sudah cukup lama populer untuk bersantai di dalam rumah. Nah, saat ini kursi lipat santai untuk menemani aktivitas luar ruangan juga semakin populer karena rasa nyamannya yang bisa membuat ketagihan!

Sesuai namanya, kursi lipat santai adalah kursi yang bisa digunakan untuk duduk santai dan bisa juga sambil menyilangkan kaki. Mungkin yang terbayang oleh Anda adalah kursi rendah yang bagian dudukannya langsung menempel ke lantai. Akan tetapi, kursi lipat santai yang dimaksud di sini tetap memiliki kaki kursi yang lebih rendah dari kursi biasa untuk memungkinkan pemakaian utamanya di luar ruangan. Kursi jenis ini dikenal juga dengan sebutan low style chair.

Ketika kursi jenis ini digunakan di luar ruangan, Anda bisa duduk dengan santai sambil merentangkan kaki ke depan sehingga perasaan akan lebih rileks. Dengan desainnya yang rendah, banyak juga orang yang merasa nyaman membawanya ketika mengikuti festival kembang api atau menonton konser live di luar ruangan karena tidak akan mengganggu orang lain yang duduk di belakang.

Selain digunakan untuk outdoor, kursi lipat santai ini juga bisa digunakan di dalam ruangan seperti dijadikan pengganti sofa, digunakan di beranda, atau berbagai kebutuhan lainnya. Hal ini juga merupakan alasan mengapa kursi lipat santai menjadi semakin populer. Selain itu, saat ini juga semakin banyak kursi lipat santai dengan desain modis dijual di pasaran, dan beragam pilihan telah berkembang dari tahun ke tahun.

Cara memilih kursi lipat santai

Karena kursi lipat santai tergolong mudah digunakan, tentu Anda ingin mencobanya, bukan? Akan tetapi, karena posisi duduknya lebih rendah dibandingkan kursi biasa, ada beberapa poin unik yang perlu diperhatikan secara spesifik ketika Anda memilih kursi lipat santai ini. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas berikut ini!

Periksa kenyamanan duduknya

Pertama-tama, kenyamanan duduk adalah hal yang paling penting. Bagaimana memilih kursi lipat yang nyaman? Berikut ini, kami telah mengumpulkan beberapa poin berdasarkan ulasan para pembeli yang telah menggunakan kursi lipat. Silakan disimak!

Untuk daya topang yang kokoh, periksalah tinggi sandarannya

Untuk daya topang yang kokoh, periksalah tinggi sandarannya

Tingginya sandaran akan menimbulkan perbedaan yang besar pada kenyamanan ketika menggunakan kursi lipat. Dalam hal ini, Anda akan cepat lelah jika bagian atas tubuh Anda tidak tertopang hingga bagian atas. Jika Anda membaca ulasan dari pengguna kursi lipat, hal ini bisa dikatakan merupakan poin yang sangat penting.

Kursi lipat yang mampu menopang hingga bagian leher akan memungkinkan Anda bersandar dengan nyaman, dan posisi duduk juga akan terasa lebih stabil. Untuk Anda yang memiliki tinggi badan sekitar 165 – 170 cm, pilihlah sandaran dengan tinggi 40 cm untuk kenyamanan ketika duduk dengan merentangkan kaki ke depan.

Akan tetapi, sebagian besar produsen hanya mencantumkan ukuran tinggi kursi secara keseluruhan pada keterangan produk. Untuk mengetahui tinggi sandarannya Anda bisa mengecek tinggi kursi secara keseluruhan dikurangi tinggi untuk bagian duduk.

Pastikan area duduk cukup dalam

Pastikan area duduk cukup dalam

Hal lain yang memengaruhi kenyamanan kursi lipat santai adalah kedalaman area duduknya. Poin ini terutama penting bagi Anda yang memiliki tubuh yang tinggi. Ketika Anda duduk dengan merentangkan kaki ke depan, posisi badan mungkin akan melenting ke belakang jika area duduk tidak cukup dalam. Pinggang akan cepat lelah dan Anda tidak bisa duduk dengan nyaman. Namun, jika kedalaman area duduk mencukupi, Anda akan merasa nyaman bagaimanapun postur duduk Anda, bahkan ketika duduk dengan menaikkan dan menyilangkan kaki di atas kursi.

Kedalaman area duduk yang ideal tergantung pada tinggi badan orang yang menggunakannya. Akan tetapi, secara umum kedalaman sekitar 50 cm atau lebih bisa dikatakan sudah cukup. Ukuran kedalaman kursi secara keseluruhan biasanya tercantum dalam keterangan produk dan bisa jadi angka ini akan sedikit berbeda dengan kedalaman area duduk. Jadi, pertimbangkan juga poin ini ketika Anda akan membeli suatu produk.

Cek apakah dilengkapi sandaran lengan

Cek apakah dilengkapi sandaran lengan

Ada beberapa kursi lipat santai yang dilengkapi dengan sandaran untuk lengan, dan ada juga yang tidak. Karena tentu Anda ingin menggunakannya untuk bersantai, sebaiknya pilihlah kursi yang dilengkapi dengan sandaran lengan. Misalnya ketika Anda membawa kursi lipat untuk pergi memancing, akan lebih nyaman jika kursi tersebut memiliki sandaran agar lengan Anda tidak kelelahan.

Akan tetapi, ada beberapa kursi lipat yang ukurannya cukup besar ketika dilengkapi sandaran lengan. Untuk Anda yang lebih mementingkan bobot yang ringan, pilihlah kursi tanpa sandaran lengan. Ada juga orang yang merasa tidak bisa menyilangkan kakinya di atas kursi jika ada sandaran lengan. Jadi,  perhatikanlah juga lebar permukaan area duduk sesuai dengan kebutuhan dan pemakaian Anda.

Semakin besar kapasitas bebannya, semakin aman digunakan

Semakin besar kapasitas bebannya, semakin aman digunakan

Mengingat posisi duduk seseorang yang menyandarkan tubuhnya secara keseluruhan ketika menggunakan kursi lipat santai, kursi jenis ini harus menahan beban lebih besar dibandingkan kursi biasa. Oleh karena itu, mungkin ada yang meragukan bahwa kursi semacam ini tidak kuat menopang beban dengan baik jika Anda duduk dengan menghempaskan badan. Dalam kasus seperti ini, sebaiknya periksalah secara saksama akan kemampuan kursi dalam menahan beban. Semakin besar kapasitas bebannya, berarti kursi tersebut semakin kuat menahan beban, dan Anda bisa merasa lebih aman menggunakannya.

Periksa berat dan portabilitasnya agar lebih praktis dibawa-bawa

Periksa berat dan portabilitasnya agar lebih praktis dibawa-bawa

Pada umumnya, kursi lipat santai memiliki ukuran yang lebih kecil dari kursi lipat outdoor biasa sehingga mudah dibawa. Contohnya, beberapa orang biasanya membawa kursi lipat pada saat melakukan touring dengan motor. Ketika membawa kursi lipat santai ini, pertimbangkan ukurannya ketika dalam kondisi dilipat. Terlebih lagi jika Anda hanya bisa membawa barang-barang dalam jumlah terbatas, periksalah apakah ukurannya bisa muat diselipkan di antara barang bawaan Anda.

Selain itu, bobot kursi juga merupakan poin yang perlu diperhatikan dalam memilih kursi lipat santai. Sebisa mungkin pilihlah produk yang ringan agar Anda mudah membawanya. Kursi lipat yang terbuat dari bahan aluminium atau baja biasanya ringan dan kuat sehingga Anda bisa menggunakannya dengan tenang.

Perhatikan material dasar pada permukaan area duduknya

Karena kursi lipat santai biasanya lebih sering digunakan di luar ruangan, ketahanan suatu produk sangat penting untuk diperhatikan. Terutama jika Anda sering melakukan kegiatan yang di dekat api, seperti berkemah atau barbeque, perhatikanlah juga material dasar yang digunakan pada kursi lipat yang ingin Anda beli.

Pilih bahan yang aman digunakan dekat api unggun maupun barbeque

Pilih bahan yang aman digunakan dekat api unggun maupun barbeque

Salah satu manfaat menggunakan kursi lipat santai adalah memudahkan Anda saat menyalakan api unggun. Anda juga bisa mengambil jarak lebih dekat dengan api unggun sehingga bisa merasa lebih rileks. Namun, karena jarak api dengan kursi menjadi semakin dekat, sangat penting untuk memperhatikan apakah kursi lipat tersebut dibekali dengan material yang kuat terhadap api atau tidak.

Material kursi lipat santai sebagian besar terbuat dari polyester. Pada dasarnya material ini sudah tergolong kuat. Akan tetapi, sebagian produsen menambahkan material khusus untuk ketahanannya terhadap api agar tetap aman bahkan ketika terkena percikan api kecil. Untuk Anda yang khawatir karena sering melakukan kegiatan api unggun dan barbeque, sebaiknya perhatikan material kursi sebelum membeli.

Perhatikan juga kemudahan perawatan serta daya tahan material

Perhatikan juga kemudahan perawatan serta daya tahan material

Kemudahan dalam perawatan merupakan poin yang juga penting untuk barang yang sering digunakan di luar ruangan. Karena kursi lipat santai umumnya tidak bisa dicuci, sebaiknya pilihlah material dasar yang mudah dibersihkan dari pasir, cairan, noda makanan, dan lainnya. Dalam hal ini, polyester adalah material yang sangat baik. Namun, saat ini juga sudah tersedia produk yang terbuat dari polyester lapisan ganda sehingga menjadikannya tidak mudah sobek dan mudah dibersihkan dengan handuk basah. Kemampuan menopang beban dari material ini juga lebih tinggi sehingga Anda juga bisa lebih nyaman menggunakannya.

10 Rekomendasi kursi lipat santai terbaik

Setelah menjelaskan poin-poin penting bagaimana memilih kursi lipat santai, berikutnya kami merekomendasikan produk terbaik yang bisa menjadi referensi Anda. Temukanlah kursi lipat santai terbaik dan nikmatilah kegiatan outdoor Anda dengan lebih menyenangkan!

10. Naturhike Folding Moon Chair

10. Naturhike Folding Moon Chair

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 520.000

Material tahan air yang aman digunakan bahkan ketika turun hujan!

Naturhike Folding Moon Chair adalah salah satu rekomendasi kursi lipat santai yang hadir dengan harga cukup terjangkau. Meski demikian, kursi lipat ini cukup kokoh karena didesain dengan kaki model segitiga yang menjadikannya lebih stabil menahan beban hingga 90 kg. Material rangkanya sendiri juga terbuat dari aluminium yang kuat dan tahan lama.

Area duduk dan sandaran pada kursi lipat ini menggunakan material oxford 600D yang memiliki keunggulan kuat dan tahan air sehingga aman digunakan bahkan ketika turun hujan. Sangat cocok untuk Anda yang sering berpetualang ke alam bebas di mana sering terjadi perubahan cuaca yang tak terduga!

9. Consina Camping Chair Alloy

9. Consina Camping Chair Alloy

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 660.300

Terlihat stylish dengan kombinasi motif di sisi sandaran lengan

Kursi lipat santai yang satu ini didesain dengan model kaki yang saling menyilang sehingga akan terasa kokoh dan stabil saat diduduki. Di samping itu, kursi lipat ini juga dilengkapi dengan sandaran lengan yang tidak terlalu panjang, sangat cocok digunakan untuk menopang siku Anda saat membaca buku ketika camping maupun bersantai di pantai.

Kursi lipat santai ini juga terlihat sangat stylish karena didesain dengan material berwarna hitam yang dikombinasikan dengan sedikit motif pada kedua sisi kiri dan kanannya. Terlebih lagi, kedalaman area duduknya juga luas dan fleksibel yang akan menyesuaikan dengan posisi duduk sehingga memungkinkan Anda bersandar dengan lebih nyaman.

8. Oniva Campsite Chair

8. Oniva Campsite Chair

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.283.000

Sandaran lengan yang lebar agar Anda tidak kelelahan saat memancing

Dengan sandaran punggung yang cukup tinggi, kursi lipat yang satu ini sangat cocok digunakan untuk bersantai di luar ruangan. Hal tersebut juga didukung oleh desainnya yang sangat portabel yang memudahkannya untuk dibawa-bawa. Sandaran lengannya juga cukup lebar untuk membantu mengurangi risiko kelelahan, misalnya pada lengan saat memancing.

Kursi lipat santai ini sangat cocok untuk Anda yang hobi berkemah dan senang menikmati suasana malam hari karena dilengkapi dengan bantalan di bagian leher dan kepala agar Anda bisa duduk lebih santai di dekat api unggun. Anda juga tidak perlu khawatir karena material kursi lipat ini terdiri dari polyester yang sangat aman dari percikan api.

7. Sheenive Folding Camping Chair

7. Sheenive Folding Camping Chair

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.630.000

Lebih stabil dengan desain kaki depan lebih panjang

Duduk di dekat api unggun bisa membuat perasaan lebih rileks, apalagi jika menggunakan kursi lipat yang didesain nyaman seperti produk yang satu ini! Model kakinya dirancang berbentuk U dengan bagian depan yang lebih panjang sehingga lebih stabil ketika diduduki. Di samping itu, produk ini juga dirancang dengan mekanisme lipat sederhana agar lebih menghemat waktu ketika melipatnya.

Area duduknya sendiri menggunakan material polyester yang ramah lingkungan dan tahan lama, serta mudah dicuci dan gampang perawatannya. Tidak hanya itu, kursi lipat santai merek Sheenive ini juga didesain dengan sudut yang akan menyesuaikan dengan pantat agar nyaman untuk punggung meskipun Anda duduk dalam jangka waktu lama. Cocok juga untuk menemani Anda memancing seharian!

6. Kijaro Beach Sling Chair

6. Kijaro Beach Sling Chair

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.700.000

Dilengkapi kantong berinsulasi ganda untuk menjaga suhu minuman

Rangka kursi lipat yang satu ini terbuat dari material yang tahan karat sehingga aman digunakan untuk kegiatan yang berdekatan dengan air. Jadi, sangat cocok untuk Anda yang ingin berjemur di pantai atau sekedar duduk santai di dekat kolam renang. Area sandarannya menggunakan material berjaring yang memungkinkan aliran udara agar punggung tidak berkeringat.

Keunggulan lainnya adalah sandaran lengan kursi lipat ini juga dilengkapi kantong ritsleting bersinsulasi ganda untuk mempertahankan suhu minuman yang Anda bawa. Selain itu, tersedia juga kantong kecil serbaguna untuk menyimpan kaca mata dan barang pribadi lainnya. Sangat praktis, bukan?

5. Kelty Low-Love Seat

5. Kelty Low-Love Seat

Lihat produk ini di lazada

Harga : Rp 6.459.00

Kursi lipat ideal untuk bersantai dengan pasangan!

Kelty Low-Love Seat adalah kursi lipat super nyaman yang didesain khusus untuk dua orang dewasa. Sangat cocok jika Anda dan pasangan sama-sama memiliki hobi camping! Kaki-kaki kursinya terbuat dari material baja yang ringan dan kuat dengan area duduk menggunakan bahan polyester yang juga bisa difungsikan sebagai alas sementara di lantai untuk menaruh peralatan camping Anda.

Tinggi rendahnya sandaran lengan pada kursi ini juga bisa diatur sesuai kenyamanan Anda. Terlebih lagi, masing-masing sandaran lengan ini juga dilengkapi dengan tempat menaruh minuman dengan fitur insulasi ganda agar suhu minuman tetap terjaga. Selain bisa digunakan untuk camping, kursi lipat ini juga cocok untuk sekedar bersantai di teras atau beranda rumah.

4. WeJoy Folding Beach Sling Chair

4. WeJoy Folding Beach Sling Chair

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.827.471

Sandaran yang nyaman untuk berjemur di pantai

Ingin berjemur di pantai dengan lebih nyaman? Kursi lipat santai dari WeJoy ini bisa dijadikan pilihan! Material dudukannya terbuat dari kain oxford yang terkenal nyaman digunakan pada daerah beriklim tropis. Desainnya juga dibuat senyaman mungkin dengan sandaran tinggi dan dibekali dengan empat kaki kursi yang stabil sehingga memungkinkan Anda untuk duduk dengan leluasa.

Selain itu, pada bagian pegangan kursinya juga dilengkapi tempat menaruh minuman botol dan juga terdapat kantong untuk menyimpan buku atau berbagai barang pribadi lainnya. Untuk rangkanya, kursi lipat santai ini terbuat dari material baja ringan sehingga terasa mudah dan nyaman ketika dibawa. Selain itu, produk ini juga tergolong kuat karena mampu menahan beban hingga 120 kg!

3. Naturhike Lightweight Portable Folding Chair NH17Y010-Z

3. Naturhike Lightweight Portable Folding Chair NH17Y010-Z

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 654.000

Sandaran bahu yang tinggi untuk kenyamanan bersantai Anda

Kursi lipat santai keluaran Naturhike tipe NH17Y010-Z yang satu ini dirancang dengan sandaran bahu yang tinggi dan bentuk dudukan yang disesuaikan dengan lekuk pinggul manusia untuk memberikan kenyamanan lebih bagi Anda ketika bersantai di luar ruangan. Rangkanya sendiri terbuat dari bahan alluminium alloy yang kokoh dan menopang beban hingga sekitar 90 kg.

Selain itu, kursi lipat ini menggunakan bahan 600D cationic oxford yang tahan air dan cepat kering setelah dicuci sehingga Anda tidak perlu khawatir jika tidak sengaja menumpahkan air. Bagian sandaran punggung dan kiri kanan dudukannya menggunakan material jaring-jaring yang memungkinkan sirkulasi udara yang lebih lancar untuk kenyamanan Anda menikmati api unggun atau bintang-bintang di langit ketika berkemah.

2. ALPS Mountaineering Ready Lite Low Chair

2. ALPS Mountaineering Ready Lite Low Chair

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.191.000

Desain kaki yang dirancang unik, tetapi tetap stabil!

Meski dirancang unik dengan kaki kursi yang hanya bertumpu pada satu sisi ini, kursi lipat santai yang satu ini tetap stabil dan aman digunakan pada permukaan apa saja. Produk ini memiliki bobot yang ringan dan dapat dilipat menjadi ukuran kecil yang muat dimasukkan ke dalam ransel. Sangat cocok untuk Anda yang menggemari hiking atau kegiatan alam lainnya, bukan?

Area duduk kursi lipat tipe Ready Lite Low Chair dari ALPS ini didesain lebar dan akan menyesuaikan bentuk pantat sehingga Anda bisa duduk lebih leluasa dan rileks. Warnanya yang terkesan sporty dengan perpaduan biru dan abu-abu menjadikannya terlihat semakin menarik ketika digunakan.

1. Cascade Mountain Tech Low Profile Camp Chair

1. Cascade Mountain Tech Low Profile Camp Chair

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.893.000

Desain yang sempurna untuk berbagai kegiatan outdoor!

Kursi lipat santai yang satu ini dirancang kokoh dengan rangka kaki dan sandaran lengan yang menggunakan material baja dan aluminium berkualitas sehingga sangat kuat menopang beban hingga sekitar 113 kg. Bagian sandaran lengannya juga dibalut dengan bantalan yang empuk untuk memberikan kenyamanan ekstra. Bobot kursi ini cukup ringan dan bisa dilipat dengan mudah sehingga praktis ketika dibawa-bawa.

Selain itu, area duduknya juga terbuat dari material mesh yang memungkinkan sirkulasi udara yang baik agar Anda bisa merasa lebih nyaman ketika berada pada cuaca panas. Desainnya yang rendah menjadikannya sangat sempurna untuk menemani Anda menonton kembang api, berkemah, bersantai di pantai, atau berbagai kegiatan outdoor lainnya.

Kesimpulan

Berbagai variasi produk kursi lipat santai dijual di pasaran dengan keunggulan serta harga yang beragam. Bagi Anda yang sedang mencari kursi lipat santai untuk kegiatan outdoor, kami harap artikel ini bisa membantu Anda menemukan produk yang sesuai. Pastikan juga untuk tetap mengacu pada poin-poin yang harus diperhatikan dalam memilih kursi lipat santai, ya!