• 10 Masker Wajah Terbaik  - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Masker Wajah Terbaik  - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Masker Wajah Terbaik  - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Masker Wajah Terbaik  - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Masker Wajah Terbaik  - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Masker Wajah Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Semua orang tentu menginginkan kulit yang cantik, cerah, dan terawat. Berbagai macam produk perawatan kecantikan banyak dijual, salah satunya adalah face mask atau masker wajah. Dengan masker wajah, Anda dapat terbebas dari permasalahan kulit, seperti kulit kering, kusam, atau keriput.


Beberapa merek masker wajah yang bagus, seperti Emina, SOMETHINC, dan Sariayu pasti sudah sering Anda lihat. Untuk membantu Anda, kami akan mengulas cara memilih masker wajah yang tepat beserta rekomendasi produknya. Supaya makin lengkap, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan komentarnya.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 21 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker wajah

Anda mungkin sudah tidak sabar untuk membaca review masker wajah yang bagus dalam artikel ini. Namun, sebelum itu, ada beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui. Agar lebih jelas, mari simak penjelasan berikut.

Pilihlah masker dengan kandungan bahan pelembap yang tinggi

Pilihlah masker dengan kandungan bahan pelembap yang tinggi

Untuk melembapkan kulit setelah mencuci wajah, pilihlah masker wajah dengan kandungan bahan pelembap yang tinggi. Pada dasarnya, semua masker wajah mengandung bahan pelembap. Apa saja bahan pelembap yang biasanya terdapat pada masker wajah?


Khususnya bagi Anda yang khawatir dengan kulit kering, silakan periksa kandungan bahan pelembap berikut ini:


  • Ceramide: Komponen utama lipid antar sel yang berfungsi sebagai pelembap dan penahan kelembapan kulit.
  • Asam amino: Komponen utama natural moisturizing factor (NMF) pada kulit, seperti serine, alanine, dan lain-lain.
  • Sodium lactate, PCA-Na: Komponen pelembap yang terkandung dalam komposisi NMF yang melembapkan stratum corneum.
  • Glycerin: Bahan pelembap dengan penyerapan air yang sangat baik. Banyak digunakan dalam lotion dan cream.
  • Hyaluronic acid Na: Bahan pelembap yang juga ada dalam dermis, memiliki retensi air yang sangat tinggi.
  • Squalane: Komponen minyak yang juga terkandung dalam sebum. Mudah diserap dan memiliki efek melembapkan dan melembutkan kulit.
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Untuk kulit kering, masker wajah sangat pas ditambahkan dalam rutinitas skincare mingguan. Ingat, pilihlah masker yang kaya moisturizer. Anda bisa memilih masker dengan kandungan pelembap humektan seperti hyaluronic acid atau glycerin.


Lalu, ada pelembap emolien seperti ceramide dan pelembap oklusif seperti squalene. Untuk manfaat maksimal, pilihlah sleep mask. Setelah membersihkan masker tersebut, oleskan rich moisturizer untuk mengunci kelembapan kulit.

Ketahui kandungan bahan aktif yang dapat mengatasi permasalahan kulit

Beberapa masker tidak hanya melembapkan, tetapi juga dapat membantu mengatasi permasalahan kulit. Untuk itu, coba perhatikan kandungan bahan aktif yang terdapat dalam sebuah produk.

Turunan vitamin C dan ekstrak plasenta untuk mencerahkan kulit

Turunan vitamin C dan ekstrak plasenta untuk mencerahkan kulit

Jika Anda ingin mencerahkan kulit, pilihlah masker wajah yang mengandung bahan obat kuasi yang aktif mencerahkan wajah. Bahan aktif ini akan menekan pembentukan melanin yang merupakan sumber noda dan bintik-bintik.


Salah satunya adalah turunan vitamin C yang dapat mencegah flek dan bintik-bintik yang disebabkan oleh sengatan matahari. Namun, berhati-hatilah bagi Anda yang memiliki kulit sensitif karena bahan aktif dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda.


Berikut ini adalah contoh bahan aktif yang dapat mencerahkan kulit:

  • Turunan vitamin C
  • Chamomilla ET
  • Asam traneksamat
  • Ekstrak plasenta
  • Asam elagik
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Untuk kulit lebih cerah, pastikan masker wajah mengandung bahan aktif brightening seperti vitamin C dan turunannya. Selain bahan tersebut, Anda juga bisa memilih produk yang mengandung niacinamide, arbutin, kojic acid, asam traneksamat, dan lainnya.


Pilih masker yang mengandung lebih dari satu bahan aktif atau campur bahan aktif untuk mendapatkan hasil optimal. Jangan lupa, oleskan brightening serum segera setelah membersihkan masker. Gunakan juga sunscreen SPF minimal 30 yang sudah broad spectrum pada pagi hari.

Asam traneksamat dan dipotassium glycyrrhizinate untuk mencegah jerawat dan kulit kasar

Asam traneksamat dan dipotassium glycyrrhizinate untuk mencegah jerawat dan kulit kasar

Jerawat dan kulit kasar disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk ketidakseimbangan hormon, stres, dan perubahan cuaca. Dalam hal ini, disarankan untuk menggunakan masker wajah jenis obat kuasi yang mengandung bahan untuk mencegah jerawat dan kulit kasar.


Berikut ini adalah kandungan bahan yang dapat mencegah jerawat dan kulit kasar:

  • Turunan vitamin C
  • Dipotassium glycyrrhizinate
  • Asam traneksamat
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Masker dengan bahan dasar clay atau charcoal juga sangat sesuai digunakan pada kulit yang berminyak dan berjerawat. Clay dan charcoal berfungsi menyerap kelebihan minyak dari permukaan kulit. Kandungan ini juga bisa menarik kotoran dan sumbatan pada pori.


Masker berbasis clay atau charcoal yang baik akan membuat kulit tidak berminyak, tetapi tidak membuat kulit kering atau tertarik. Pastikan juga masker mengandung bahan aktif exfoliating anti-acne, seperti BHA atau salicylic acidanti-inflammatory, dan antibakteri seperti madu dan turmeric.

Retinol dan koenzim Q10 untuk membuat kulit wajah glowing dan lebih kencang

Retinol dan koenzim Q10 untuk membuat kulit wajah glowing dan lebih kencang

Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan antiaging, pilihlah masker wajah yang mengandung koenzim Q10 atau astaxanthin. Kandungan ini memiliki efek melembapkan kulit yang kering karena terpapar sinar UV.


Jika Anda khawatir tentang elastisitas kulit, pilihlah masker dengan kandungan retinol yang efektif untuk melembapkan dan merawat kulit. Namun, retinol bisa saja menyebabkan iritasi pada sebagian orang. Hal ini tergantung pada jumlah retinol yang ditambahkan. Jadi, berhati-hatilah jika Anda memiliki kulit sensitif.


Berikut ini adalah kandungan bahan untuk wajah lebih kencang dan berkilau:

  • Turunan vitamin C
  • Retinol palmitate
  • Retinol
  • Acetyl hexapeptide-8
  • Ubiquinone (koenzim Q10)
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Untuk anti-aging, pilih masker wajah dengan bahan aktif seperti retinol dan berbagai peptide atau growth factor. Selain itu, Anda bisa memilih yang mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan turunannya, astaxanthin, Coenzyme Q10, dan lainnya. Khusus retinol yang rentan membuat kulit kering atau iritasi, pilihlah produk yang dikombinasikan juga dengan bahan yang bersifat moisturizing.

Periksalah kandungan bahan-bahannya lebih teliti jika Anda memiliki kulit sensitif

Periksalah kandungan bahan-bahannya lebih teliti jika Anda memiliki kulit sensitif

Masker wajah akan bersentuhan dengan kulit selama sekitar 10–15 menit. Jadi, pemilik kulit sensitif harus lebih hati-hati agar tidak menimbulkan iritasi. Masker wajah mengandung berbagai bahan selain bahan pelembap dan bahan aktif yang dapat mengatasi masalah kulit. Jika Anda memiliki kulit sensitif, periksalah daftar bahan sambil merujuk pada keterangan "tanpa aditif", "untuk kulit sensitif", dan sebagainya.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Anda yang berkulit sensitif perlu menghindari berbagai bahan aktif dan bahan tambahan dalam produk, termasuk pada masker wajah. Hal ini ditujukan agar Anda dapat terhindar dari iritasi atau alergi. Bahan yang paling sering menyebabkan iritasi yaitu pewangi, pengawet, dan alkohol.


Sebaliknya, pilih produk dengan kandungan bahan aktif yang bersifat calming, seperti Aloe vera, mentimun, chamomile, dan oat. Apabila perlu, lakukan patch test dengan mengoleskan produk di kulit belakang telinga dan diamkan 24 jam untuk melihat reaksinya.

10 Rekomendasi masker wajah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker wajah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 18 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, GLAMGLOW Bubblesheet menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Emina Masquerade Sheet Mask memiliki angka penjualan tertinggi.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

Gambar produk
1
Emina  Masquerade Sheet Mask 1

Emina

2
Scarlett Whitening Hebalism Mugwort Mask 1

Scarlett Whitening

3
 Eileen Grace Moisturize Rose Jelly Mask 1

Eileen Grace

4
Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask 1

Skintific

5
NPURE Centella Asiatica Sheet Mask 1

NPURE

6
SOMETHINC Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing 10 Minutes Wash Off Mask 1

SOMETHINC

7
Garnier Serum Mask Hydra Bomb Sakura Glow 1

Garnier

8
Laneige  Water Sleeping Mask_EX 1

Laneige

9
SK-II  Facial Treatment Mask 1

SK-II

10
Martha Tilaar Sariayu Masker Beras Putih 1

Martha Tilaar

Nama produk

Masquerade Sheet Mask

Hebalism Mugwort Mask

Moisturize Rose Jelly Mask

Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Centella Asiatica Sheet Mask

Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing 10 Minutes Wash Off Mask

Serum Mask Hydra Bomb Sakura Glow

Water Sleeping Mask_EX

Facial Treatment Mask

Sariayu Masker Beras Putih

Keunggulan

Masker wajah tanpa bilas dengan beragam pilihan varian

Sel kulit mati terangkat, kulit halus senantiasa

Masker wajah non alkohol yang aman untuk kulit sensitif

Teknologi TTE-nya siap hilangkan beruntus dan jerawat

Redakan inflamasi kulit dengan kandungan daun pegagan

Masker wajah untuk pria dengan kulit berminyak dan berjerawat

Sekali penggunaan masker untuk perawatan serum selama 1 minggu

Teknologi Sleeping Microbiome yang merevitalisasi kulit dalam semalam

Mengandung PITERA yang ampuh menjadikan kulit sebening kristal

Masker wajah alami untuk memutihkan kulit

Harga mulai dariRp 15.000,00Rp 75.000,00Rp 399.000,00Rp 139.000,00Rp 16.900,00Rp 89.000,00Rp 21.800,00Rp 470.000,00Rp 169.000,00Rp 11.900,00
Kandungan bahan pelembapAloe barbadensis leaf water, glycerinGlycerin, propanediol, niacinamideAloe barbadensis, hyaluronic acid, honey extract, panthenol, glycerinGlycerin, sodium hyaluronate, butylene glycol, ceramideGlycerin, niacinamide, betaineGlycerin, betaine, siltPropylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate, butylene glycolButylene glycol, glycerin, trehaloseGalactomyces ferment filtrate, butylene glycolBeras putih
Rekomendasi jenis kulitTergantung varian yang dipilihBerminyak, jerawat, komedoSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit berminyak, berjerawatKulit kusam dan keringSemua jenis kulitKulit normal, normal cenderung keringTidak disebutkan
Kandungan bahan aktifTergantung varian yang dipilihMugwort extract, bamboo charcoal, green tea powder, chlorophyllinBulgarian rose, hyaluronic acid, Centella asiatica, honey, vitamin CMugwort, niacinamide, salicylic acid, Centella asiaticaCentella asiatica leaf water, caffeine, allantoin Centella asiatica, mugwort, dead sea mud, bamboo charcoalPrunus yedoensis leaf extract, dipotassium glycyrrhizate, hydroxyacetophenoneProbiotics complex, squalene, mineral oil, polyacrylamidePITERABeras putih, pati bengkoang, ekstrak selasih, lemon oil
ManfaatMelembapkan, mencerahkan, mengurangi kemerahan pada kulit, menyerap minyak berlebihMengangkat sel kulit mati, menghaluskan kulit, membersihkan kulit berminyakMencerahkan, melembapkan, membantu mengatasi jerawatMenenangkan jerawat, menghilangkan beruntusanMelembapkan dan menenangkan kulit berjerawatMembersihkan pori-pori, menenangkan jerawatMemelihara kelembapan kulit, membuat kulit glowing cerah meronaMemperkuat pertahanan kulit, meningkatkan kecerahan dan kejernihan kulit yang lelahMembantu menjadikan kulit tampak bercahayaMenjaga kelembapan kulit wajah serta mencerahkan kulit
Aman untuk kulit sensitifTidak disebutkan×××××Tidak disebutkan
Tautan produk
10

Martha TilaarSariayu Masker Beras Putih

Mulai dari Rp 11.900,00

Kandungan bahan pelembapBeras putih
Rekomendasi jenis kulitTidak disebutkan
Kandungan bahan aktifBeras putih, pati bengkoang, ekstrak selasih, lemon oil
ManfaatMenjaga kelembapan kulit wajah serta mencerahkan kulit
Aman untuk kulit sensitifTidak disebutkan
9
Kandungan bahan pelembapGalactomyces ferment filtrate, butylene glycol
Rekomendasi jenis kulitKulit normal, normal cenderung kering
Kandungan bahan aktifPITERA
ManfaatMembantu menjadikan kulit tampak bercahaya
Aman untuk kulit sensitif×
8
Kandungan bahan pelembapButylene glycol, glycerin, trehalose
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan bahan aktifProbiotics complex, squalene, mineral oil, polyacrylamide
ManfaatMemperkuat pertahanan kulit, meningkatkan kecerahan dan kejernihan kulit yang lelah
Aman untuk kulit sensitif×
7

GarnierSerum Mask Hydra Bomb Sakura Glow

Mulai dari Rp 21.800,00

Kandungan bahan pelembapPropylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate, butylene glycol
Rekomendasi jenis kulitKulit kusam dan kering
Kandungan bahan aktifPrunus yedoensis leaf extract, dipotassium glycyrrhizate, hydroxyacetophenone
ManfaatMemelihara kelembapan kulit, membuat kulit glowing cerah merona
Aman untuk kulit sensitif×
6

SOMETHINCMugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing 10 Minutes Wash Off Mask

Mulai dari Rp 89.000,00

Kandungan bahan pelembapGlycerin, betaine, silt
Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak, berjerawat
Kandungan bahan aktifCentella asiatica, mugwort, dead sea mud, bamboo charcoal
ManfaatMembersihkan pori-pori, menenangkan jerawat
Aman untuk kulit sensitif
5

NPURECentella Asiatica Sheet Mask

Mulai dari Rp 16.900,00

Kandungan bahan pelembapGlycerin, niacinamide, betaine
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan bahan aktifCentella asiatica leaf water, caffeine, allantoin
ManfaatMelembapkan dan menenangkan kulit berjerawat
Aman untuk kulit sensitif×
4

SkintificMugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Mulai dari Rp 139.000,00

Kandungan bahan pelembapGlycerin, sodium hyaluronate, butylene glycol, ceramide
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan bahan aktifMugwort, niacinamide, salicylic acid, Centella asiatica
ManfaatMenenangkan jerawat, menghilangkan beruntusan
Aman untuk kulit sensitif×
3

Eileen GraceMoisturize Rose Jelly Mask

Mulai dari Rp 399.000,00

Kandungan bahan pelembapAloe barbadensis, hyaluronic acid, honey extract, panthenol, glycerin
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan bahan aktifBulgarian rose, hyaluronic acid, Centella asiatica, honey, vitamin C
ManfaatMencerahkan, melembapkan, membantu mengatasi jerawat
Aman untuk kulit sensitif
2

Scarlett WhiteningHebalism Mugwort Mask

Mulai dari Rp 75.000,00

Kandungan bahan pelembapGlycerin, propanediol, niacinamide
Rekomendasi jenis kulitBerminyak, jerawat, komedo
Kandungan bahan aktifMugwort extract, bamboo charcoal, green tea powder, chlorophyllin
ManfaatMengangkat sel kulit mati, menghaluskan kulit, membersihkan kulit berminyak
Aman untuk kulit sensitifTidak disebutkan
1
Kandungan bahan pelembapAloe barbadensis leaf water, glycerin
Rekomendasi jenis kulitTergantung varian yang dipilih
Kandungan bahan aktifTergantung varian yang dipilih
ManfaatMelembapkan, mencerahkan, mengurangi kemerahan pada kulit, menyerap minyak berlebih
Aman untuk kulit sensitif

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Masker wajah merupakan salah satu produk skincare yang baik untuk ditambahkan pada rutinitas skincare mingguan. Kenapa? Masker wajah umumnya mengandung konsentrat bahan aktif yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Masker wajah juga akan membantu mengatasi permasalahan kulit lebih cepat.


Tipsnya:

  1. Cukup gunakan masker dalam jumlah dan frekuensi yang sesuai petunjuk dan tidak perlu berlebihan.
  2. Untuk hasil optimal, segera oleskan serum atau light moisturizer setelah membersihkan masker.
  3. Pilih bahan dasar masker sesuai jenis kulit, lalu pilih bahan aktif sesuai dengan permasalahan kulit.

  • Clay atau charcoal untuk oily skin.
  • Sleeping mask untuk dry skin.
  • Peel-off mask atau sheet mask untuk normal skin.

Baca juga rekomendasi perawatan wajah lainnya di sini

Perawatan wajah dimulai dari saat Anda mencuci wajah. Untuk itu, penting untuk memilih sabun wajah yang tepat. Baru setelahnya Anda bisa memakaikan krim wajah untuk membantu melembapkan ataupun serum untuk mengatasi masalah di wajah Anda. Nah, silakan baca artikel rekomendasi produk perawatan wajah lainnya di sini.

Kesimpulan

Masker wajah merupakan salah satu produk perawatan kulit yang dapat digunakan setiap hari atau seminggu sekali. Pemakaian masker wajah akan sangat bermanfaat untuk membuat kulit Anda makin cerah dan cantik.


Pada artikel kali ini, kami telah merekomendasikan produk masker wajah terbaik serta memberikan beberapa tips cara memilihnya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi ketika hendak membeli masker wajah yang sesuai dengan kebutuhan! Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Aktivitas outdoor mengikis kelembapan kulit secara perlahan. Tidak hanya wanita, kulit pria juga perlu dijaga. Pelembap wajah yang tepat akan memperkuat skin barrier sehingga mencegah timbulnya masalah kulit. Kali ini kami akan membantu Anda menemukan pelembap wajah pria serta membagikan rekomendasi berbagai moisturizer terbaik. Berbagai pelembap wajah pria yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat, kering, serta kulit sensitif sudah kami sediakan. Merek moisturizer terbaik, seperti HAUM, The Ordinary, Jarte, hingga Somethinc ada di sini. Tidak lupa, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan komentarnya.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori