• 10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Semua orang tentu menginginkan kulit yang cantik, cerah, dan terawat. Berbagai macam produk perawatan kecantikan banyak dijual, salah satunya adalah masker wajah. Dengan masker wajah, Anda dapat terbebas dari permasalahan kulit, seperti kulit kering, kusam, atau keriput.


Beberapa merek masker wajah yang bagus, seperti SNP, Garnier, Innisfree, dan Sariayu pasti sudah sering Anda lihat. Untuk membantu Anda, kami akan mengulas cara memilih masker wajah yang tepat beserta rekomendasi produknya. Supaya makin lengkap, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan komentarnya.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Rima Angel
Leyla Imtichanah
Aulia Rizky W
  • Pembaharuan terakhir: 05 Agustus 2021
  • 289.215 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker wajah

Untuk memilih masker wajah yang baik, ada beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui. Agar lebih jelas, mari simak penjelasan berikut.

Pilihlah masker dengan kandungan bahan pelembap yang tinggi

Pilihlah masker dengan kandungan bahan pelembap yang tinggi

Untuk melembapkan kulit setelah mencuci wajah, pilihlah masker wajah dengan kandungan bahan pelembap yang tinggi. Pada dasarnya, semua masker wajah mengandung bahan pelembap. Apa saja bahan pelembap yang biasanya terdapat pada masker wajah?


Khususnya bagi Anda yang khawatir dengan kulit kering, silakan periksa kandungan bahan pelembap berikut ini : 


  • Ceramide: Komponen utama lipid antar sel yang berfungsi sebagai pelembap dan penahan kelembapan kulit.
  • Asam amino: Komponen utama NMF (natural moisturizing factor) pada kulit, seperti serine, alanine, dan lain-lain.
  • Sodium lactate, PCA-Na: Komponen pelembap yang terkandung dalam komposisi NMF yang melembapkan stratum corneum.
  • Glycerin: Bahan pelembap dengan penyerapan air yang sangat baik. Banyak digunakan dalam lotion dan cream.
  • Hyaluronic acid Na: Bahan pelembap yang juga ada dalam dermis, memiliki retensi air yang sangat tinggi.
  • Squalane: Komponen minyak yang juga terkandung dalam sebum. Mudah diserap dan memiliki efek melembapkan dan melembutkan kulit.
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Untuk kulit kering, masker wajah sangat pas ditambahkan dalam rutinitas skincare mingguan. Ingat, pilihlah masker yang kaya moisturizer. Anda bisa memilih masker dengan kandungan pelembap humektan seperti hyaluronic acid atau glycerin. 


Lalu, ada pelembap emolien seperti ceramide dan pelembap oklusif seperti squalene. Untuk manfaat maksimal, pilihlah sleep mask. Setelah membersihkan masker tersebut, oleskan rich moisturizer untuk mengunci kelembapan kulit

Ketahui kandungan bahan aktif yang dapat mengatasi permasalahan kulit

Beberapa masker tidak hanya melembapkan, tetapi juga dapat membantu mengatasi permasalahan kulit. Untuk itu, coba perhatikan kandungan bahan aktif yang terdapat dalam sebuah produk. 

Turunan vitamin C dan ekstrak plasenta untuk mencerahkan kulit

Turunan vitamin C dan ekstrak plasenta untuk mencerahkan kulit

Jika Anda ingin mencerahkan kulit, pilihlah masker wajah yang mengandung bahan obat kuasi yang aktif mencerahkan wajah. Bahan aktif ini akan menekan pembentukan melanin yang merupakan sumber noda dan bintik-bintik. 


Salah satunya adalah turunan vitamin C yang dapat mencegah flek dan bintik-bintik yang disebabkan oleh sengatan matahari. Namun, berhati-hatilah bagi Anda yang memiliki kulit sensitif karena bahan aktif dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda.


Berikut ini adalah contoh bahan aktif yang dapat mencerahkan kulit

  • Turunan vitamin C
  • Chamomilla ET
  • Asam traneksamat
  • Ekstrak plasenta
  • Asam elagik
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Untuk kulit lebih cerah, pastikan masker wajah mengandung bahan aktif brightening seperti vitamin C dan turunannya. Selain bahan tersebut, Anda juga bisa memilih produk yang mengandung niacinamide, arbutin, kojic acid, asam traneksamat, dan lainnya. 


Pilih masker yang mengandung lebih dari satu bahan aktif atau campur bahan aktif untuk mendapatkan hasil optimal. Jangan lupa, oleskan brightening serum segera setelah membersihkan masker. Gunakan juga sunscreen SPF minimal 30 yang sudah broad spectrum pada pagi hari.  

Asam traneksamat dan dipotassium glycyrrhizinate untuk mencegah jerawat dan kulit kasar

Asam traneksamat dan dipotassium glycyrrhizinate untuk mencegah jerawat dan kulit kasar

Jerawat dan kulit kasar disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk ketidakseimbangan hormon, stres, dan perubahan cuaca. Dalam hal ini, disarankan untuk menggunakan masker wajah jenis obat kuasi yang mengandung bahan untuk mencegah jerawat dan kulit kasar.


Berikut ini adalah kandungan bahan yang dapat mencegah jerawat dan kulit kasar:

  • Turunan vitamin C
  • Dipotassium glycyrrhizinate
  • Asam traneksamat
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Masker dengan bahan dasar clay atau charcoal juga sangat sesuai digunakan pada kulit yang berminyak dan berjerawat. Clay dan charcoal berfungsi menyerap kelebihan minyak dari permukaan kulit. Kandungan ini juga bisa menarik kotoran dan sumbatan pada pori. 


Masker berbasis clay atau charcoal yang baik akan membuat kulit tidak berminyak, tetapi tidak membuat kulit kering atau tertarik. Pastikan juga masker mengandung bahan aktif exfoliating anti-acne, seperti BHA atau salicylic acidanti-inflammatory, dan antibakteri seperti madu dan turmeric.  

Retinol dan koenzim Q10 untuk membuat kulit wajah glowing dan lebih kencang

Retinol dan koenzim Q10 untuk membuat kulit wajah glowing dan lebih kencang

Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan antiaging, pilihlah masker wajah yang mengandung koenzim Q10 atau astaxanthin. Kandungan ini memiliki efek melembapkan kulit yang kering karena terpapar sinar UV.


Jika Anda khawatir tentang elastisitas kulit, pilihlah masker dengan kandungan retinol yang efektif untuk melembapkan dan merawat kulit. Namun, retinol bisa saja menyebabkan iritasi pada sebagian orang. Hal ini tergantung pada jumlah retinol yang ditambahkan. Jadi, berhati-hatilah jika Anda memiliki kulit sensitif. 


Berikut ini adalah kandungan bahan untuk wajah lebih kencang dan berkilau:

  • Turunan vitamin C
  • Retinol palmitate
  • Retinol
  • Acetyl hexapeptide-8
  • Ubiquinone (koenzim Q10)
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Untuk anti-aging, pilih masker wajah dengan bahan aktif seperti retinol dan berbagai peptide atau growth factor. Selain itu, Anda bisa memilih yang mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan turunannya, astaxanthin, Coenzyme Q10, dan lainnya. Khusus retinol yang rentan membuat kulit kering atau iritasi, pilihlah produk yang dikombinasikan juga dengan bahan yang bersifat moisturizing.

Periksalah kandungan bahan-bahannya lebih teliti jika Anda memiliki kulit sensitif

Periksalah kandungan bahan-bahannya lebih teliti jika Anda memiliki kulit sensitif

Masker wajah akan bersentuhan dengan kulit selama sekitar 10-15 menit. Jadi, Anda yang memiliki kulit sensitif harus lebih hati-hati agar tidak menimbulkan iritasi. Masker wajah mengandung berbagai bahan selain bahan pelembap dan bahan aktif yang dapat mengatasi masalah kulit. Jika Anda memiliki kulit sensitif, periksalah daftar bahan sambil merujuk pada keterangan "tanpa aditif", "untuk kulit sensitif", dan sebagainya.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Anda yang berkulit sensitif perlu menghindari berbagai bahan aktif dan bahan tambahan dalam produk, termasuk pada masker wajah. Hal ini ditujukan agar Anda dapat terhindar dari iritasi atau alergi. Bahan yang paling sering menyebabkan iritasi yaitu pewangi, pengawet, dan alkohol.


Sebaliknya, pilih produk dengan kandungan bahan aktif yang bersifat calming, seperti Aloe vera, mentimun, chamomile, dan oat. Apabila perlu, lakukan patch test dengan mengoleskan produk di kulit belakang telinga dan diamkan 24 jam untuk melihat reaksinya. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Garnier Serum Mask Hydra Bomb Light Complete

Mulai dari Rp 14.500,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

Nature Republic Real Nature Avocado Mask Sheet

Mulai dari Rp 18.000,00

10 Rekomendasi masker wajah terbaik

Berdasarkan cara memilih di atas, kami akan menawarkan pilihan masker terbaik untuk merawat kulit wajah Anda. Pilihlah masker berdasarkan jenis kulit Anda dan efek yang ingin didapatkan setelah memakainya! Produk rekomendasi di bawah ini adalah pilihan mybest dan tidak ada hubungannya dengan pakar pada artikel ini.

10
Kandungan bahan pelembapGlycerin, glycereth-26, butylene glycol, bis-ethoxydiglycol succinate, panthenol, caprylyl glycol, Prunus persica (peach) fruit extract
Kandungan bahan aktifSolanum lycopersicum (tomato) fruit extract
Aman untuk kulit sensitif
9
Kandungan bahan pelembapSorbitol, tocopheryl acetate
Kandungan bahan aktifCitrus medica limonum (lemon) fruit extract, Chondrus crispus extract, Ulva lactura extract, Entermorpha compressa extract, Palmaria palmata extract, Undaria pinnatifida extract, sodium ascobryl phospate, retinyl palmitate, tocopherol
Aman untuk kulit sensitifTidak ada keterangan
8
Kandungan bahan pelembapGlycerin, dripropylene glycol, butylene glycol, ethylhexylglycerin, sodium hyaluronate
Kandungan bahan aktifPaeonia suffruticosa root extract, Centella asiatica extract, Chamomilla recutita (matricaria) flower extract, dipotassium glycyrrhizate, Aloe barbadensis leaf juice
Aman untuk kulit sensitifTidak ada keterangan
7

Etude House 0.2 Therapy Air Mask Pomegranate

Mulai dari Rp 30.000,00

Kandungan bahan pelembapDipropylene glycol, glycerin, biosaccharide gum-1, butylene glycol, arginine, Camellia sinensis leaf extract, sodium hyaluronate, ceramide np
Kandungan bahan aktifPunica granatum fruit extract, Glycyrrhiza glabra (licorice) root extract, Coptis japonica root extract, Zingiber officinale (ginger) root extract, dipotassium glycyrrhizate
Aman untuk kulit sensitif
6
Kandungan bahan pelembapGlycyrrhiza glabra root, Tamarind fruit, Foenigraeci semen, Centella herba, Santali lignum
Kandungan bahan aktifPiperis folium, Citrus aurantifolia fruit, Murrayae folium, Curcuma heyneana rhizoma, Messuae flos, Vetiveriae zizanioides radix, Citri hystricis pericarpium
Aman untuk kulit sensitif
5

GarnierSerum Mask Hydra Bomb Sakura White

Mulai dari Rp 20.900,00

Kandungan bahan pelembapPropylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate, butylene glycol
Kandungan bahan aktifPrunus yedoensis leaf extract, dipotassium glycyrrhizate, hydroxyacetophenone
Aman untuk kulit sensitif
4
Kandungan bahan pelembapButylene glycol, glycerin, trehalose, sodium hyaluronate, ethylhexylglycerin, caprylyl glycol
Kandungan bahan aktifOenothera biennis (evening primrose) root extract, Prunus armeniaca (apricot) fruit extract, Chenopodium quinoa seed extract, ascorbyl glucoside
Aman untuk kulit sensitif
3
Kandungan bahan pelembapGalactomyces ferment filtrate, butylene glycol
Kandungan bahan aktifPitera
Aman untuk kulit sensitifTidak ada keterangan
2
Kandungan bahan pelembapGlycerin, butylene glycol, sodium hyaluronate, Camellia sinensis leaf extract, ceramide np, betaine
Kandungan bahan aktifSwiftlet nest extract, Anthimis nobilis flower extract, Hamamelis virginiana (witch hazel) bark/leaf/twig extract, Centella asiatica extract
Aman untuk kulit sensitif
1
Kandungan bahan pelembapGlycerin, arginine, Camellia sinensis leaf extract, ethylhexylglycerin, ceramide np, sodium PCA, saccharide isomerate, butylene glycol, hydroxyethyl urea
Kandungan bahan aktifRetinyl palmitate, alantoin, Helianthus annuus (sunflower) seed oil, ascorbyl glucoside, Citrus limon (lemon) peel oil
Aman untuk kulit sensitifTidak ada keterangan

Tabel perbandingan produk masker wajah terbaik

Gambar produk
1
GLAMGLOW Bubblesheet™ 1

GLAMGLOW

2
SNP Bird's Nest Aqua Ampoule Mask 1

SNP

3
SK-II  Facial Treatment Mask 1

SK-II

4
Laneige  Water Sleeping Mask 1

Laneige

5
Garnier Serum Mask Hydra Bomb Sakura White 1

Garnier

6
Martha Tilaar Sariayu Masker Jerawat 1

Martha Tilaar

7
Etude House  0.2 Therapy Air Mask Pomegranate 1

Etude House

8
Innisfree My Real Squeeze Mask EX Bamboo 1

Innisfree

9
Kino Ovale Facial Mask Lemon 1

Kino

10
TONYMOLY I’m Real Sheet Mask Tomato 1

TONYMOLY

Nama produk

Bubblesheet™

Bird's Nest Aqua Ampoule Mask

Facial Treatment Mask

Water Sleeping Mask

Serum Mask Hydra Bomb Sakura White

Sariayu Masker Jerawat

0.2 Therapy Air Mask Pomegranate

My Real Squeeze Mask EX Bamboo

Ovale Facial Mask Lemon

I’m Real Sheet Mask Tomato

Keunggulan

Wow! Rasakan sensasi masker Anda berubah menjadi penuh busa!

Ekstrak sarang waletnya mampu meningkatkan kadar air pada kulit

Mengandung Pitera™ yang bekerja ampuh menjadikan kulit sebening kristal

Teknologi SLEEP-TOX™ yang merevitalisasi kulit Anda dalam semalam

Sekali penggunaan masker untuk perawatan serum selama satu minggu

Ramuan alami yang aman untuk semua jenis kulit

0,2 mm air sheet yang membuat kulit tetap bernapas dengan nyaman

Diproduksi dengan teknik Cold Brew Squeeze yang mampu menghadirkan kesegaran nutrisi asli

Kaya kandungan vitamin dan ekstrak lemon untuk mengatasi kulit berjerawat

Merevitalisasi dan mencerahkan kulit dengan ekstrak buah asli

Harga mulai dariRp 185.000,00Rp 113.000,00Rp 125.000,00Rp 400.000,00Rp 20.900,00Rp 15.100,00Rp 30.000,00Rp 19.000,00Rp 10.500,00Rp 36.000,00
Kandungan bahan pelembapGlycerin, arginine, Camellia sinensis leaf extract, ethylhexylglycerin, ceramide np, sodium PCA, saccharide isomerate, butylene glycol, hydroxyethyl ureaGlycerin, butylene glycol, sodium hyaluronate, Camellia sinensis leaf extract, ceramide np, betaineGalactomyces ferment filtrate, butylene glycolButylene glycol, glycerin, trehalose, sodium hyaluronate, ethylhexylglycerin, caprylyl glycolPropylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate, butylene glycolGlycyrrhiza glabra root, Tamarind fruit, Foenigraeci semen, Centella herba, Santali lignumDipropylene glycol, glycerin, biosaccharide gum-1, butylene glycol, arginine, Camellia sinensis leaf extract, sodium hyaluronate, ceramide npGlycerin, dripropylene glycol, butylene glycol, ethylhexylglycerin, sodium hyaluronateSorbitol, tocopheryl acetateGlycerin, glycereth-26, butylene glycol, bis-ethoxydiglycol succinate, panthenol, caprylyl glycol, Prunus persica (peach) fruit extract
Kandungan bahan aktifRetinyl palmitate, alantoin, Helianthus annuus (sunflower) seed oil, ascorbyl glucoside, Citrus limon (lemon) peel oilSwiftlet nest extract, Anthimis nobilis flower extract, Hamamelis virginiana (witch hazel) bark/leaf/twig extract, Centella asiatica extractPiteraOenothera biennis (evening primrose) root extract, Prunus armeniaca (apricot) fruit extract, Chenopodium quinoa seed extract, ascorbyl glucosidePrunus yedoensis leaf extract, dipotassium glycyrrhizate, hydroxyacetophenonePiperis folium, Citrus aurantifolia fruit, Murrayae folium, Curcuma heyneana rhizoma, Messuae flos, Vetiveriae zizanioides radix, Citri hystricis pericarpiumPunica granatum fruit extract, Glycyrrhiza glabra (licorice) root extract, Coptis japonica root extract, Zingiber officinale (ginger) root extract, dipotassium glycyrrhizatePaeonia suffruticosa root extract, Centella asiatica extract, Chamomilla recutita (matricaria) flower extract, dipotassium glycyrrhizate, Aloe barbadensis leaf juiceCitrus medica limonum (lemon) fruit extract, Chondrus crispus extract, Ulva lactura extract, Entermorpha compressa extract, Palmaria palmata extract, Undaria pinnatifida extract, sodium ascobryl phospate, retinyl palmitate, tocopherolSolanum lycopersicum (tomato) fruit extract
Aman untuk kulit sensitifTidak ada keterangan Tidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Masker wajah merupakan salah satu produk skincare yang baik untuk ditambahkan pada rutinitas skincare mingguan. Kenapa? Masker wajah umumnya mengandung konsentrat bahan aktif yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Masker wajah juga akan membantu mengatasi permasalahan kulit lebih cepat. 


Tipsnya:

  1. Cukup gunakan masker dalam jumlah dan frekuensi yang sesuai petunjuk dan tidak perlu berlebihan. 
  2. Untuk hasil optimal, segera oleskan serum atau light moisturizer setelah membersihkan masker. 
  3. Pilih bahan dasar masker sesuai jenis kulit, lalu pilih bahan aktif sesuai dengan permasalahan kulit. 

  • Clay atau charcoal untuk oily skin.
  • Sleeping mask untuk dry skin.
  • Peel-off mask atau sheet mask untuk normal skin.

Baca juga rekomendasi produk perawatan wajah lainnya di sini

Perawatan wajah dimulai dari saat Anda mencuci wajah. Untuk itu, penting untuk memilih sabun wajah yang tepat. Baru setelahnya Anda bisa memakaikan krim wajah untuk membantu melembapkan ataupun serum untuk mengatasi masalah di wajah Anda. Nah, silakan baca artikel rekomendasi produk perawatan wajah lainnya di sini.

Kesimpulan

Masker wajah merupakan salah satu produk perawatan kulit yang dapat digunakan setiap hari atau seminggu sekali. Pemakaian masker wajah akan sangat bermanfaat untuk membuat kulit Anda makin cerah dan cantik.


Pada artikel kali ini, kami telah merekomendasikan produk masker wajah terbaik serta memberikan beberapa tips cara memilihnya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi ketika hendak membeli masker wajah yang sesuai dengan kebutuhan! Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    986.512 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    562.370 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    748.978 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    104.323 Views
  • 10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Noda hitam atau flek hitam memang mengganggu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan skincare untuk menghilangkan flek hitam adalah salah satu cara yang ampuh. Namun, memilih cream yang bagus untuk menghilangkan flek hitam juga tidak mudah. Untuk itu, kami menyiapkan tips memilih cream penghilang flek hitam terbaik. Beragam merek cream penghilang flek hitam, seperti Olay, L'Oreal, dan ERHA dapat Anda temukan di sini. Ikuti juga tips dari dr. Dia Febrina dan simak ulasan rekomendasi cream penghilang flek hitam dari kami, ya!
    Perawatan wajah
    657.314 Views
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
    290.973 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sabun muka adalah salah satu produk yang bermanfaat untuk menghilangkan kotoran, sebum, dan sel kulit mati pada wajah. Ada berbagai macam produk sabun muka, misalnya untuk kulit jerawat, kulit sensitif, atau kulit kering. Untuk itu, kami akan merekomendasikan sabun muka terbaik, seperti Senka, Cetaphil, maupun Sebamed. Ada juga sabun muka merek lokal, seperti Wardah, Acnes, dan Pond's yang turut kami review untuk Anda. Kami juga akan mengulas cara memilih sabun muka yang tepat berdasarkan kandungan bahan-bahannya. Ada juga komentar dari dokter spesialis kulit, dr. Fitria, lho. Simak sampai habis, ya!
    Perawatan wajah
    214.236 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori