10 Rekomendasi Lampu Meja Belajar LED Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Lampu Meja Belajar LED Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Dibanding dengan bohlam biasa, lampu LED (light emitting diode) lebih tahan lama dan rendah daya listrik sehingga sangat cocok Anda jadikan lampu meja belajar. Anda akan menemukan beragam lampu meja belajar LED dengan merek Xiaomi, Eglare, HighPoint, atau Phillips beredar di pasaran sehingga bisa saja Anda bingung saat hendak membelinya.

Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi lampu meja belajar LED terbaik. Anda akan menemukan lampu meja belajar LED berkualitas dalam daftar rekomendasi ini. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Daftar isi

Cara memilih lampu meja belajar LED

Anda akan menemukan berbagai lampu meja belajar LED yang berbeda bentuk, ukuran, dan spesifikasi lainnya. Untuk memudahkan Anda menemukan produk yang paling tepat, berikut kami jelaskan terlebih dahulu cara memilihnya.

Pilih ukuran yang sesuai dengan tujuan penggunaannya

Anda bisa menggunakan lampu meja belajar LED untuk berbagai hal, mulai dari membaca, belajar, membuat kerajinan tangan, atau bekerja menggunakan komputer.

Anda bisa memilih lampu meja belajar LED dengan ukuran yang sesuai tujuan penggunaannya. Secara umum, berdasarkan tujuan penggunaannya kami akan membagi lampu meja belajar LED menjadi 2 tipe, yaitu untuk belajar dan untuk membaca sebelum tidur.

Untuk belajar, pilih produk dengan jangkauan sinar yang luas

Untuk belajar, pilih produk dengan jangkauan sinar yang luas

Bila Anda hendak menggunakannya untuk belajar, pilihlah produk yang dilengkapi tudung seperti payung dan memiliki jangkauan area penerangan luas. Dengan jangkauan penerangan yang luas, seluruh area meja Anda akan memperoleh pencahayaan memadai dan tidak terasa kontras di mata Anda. Hal tersebut akan membuat Anda semakin konsentrasi belajar. Selain itu, bila lengan lampunya memiliki area pergerakan yang luas, Anda pun semakin bebas melakukan pengaturan agar penerangannya semakin merata di meja Anda.

Untuk membaca sebelum tidur, pilih produk dengan jangkauan sinar lebih kecil

Untuk membaca sebelum tidur, pilih produk dengan jangkauan sinar lebih kecil

Bila Anda membutuhkan penerangan untuk membaca sebelum tidur, pilihlah produk dengan jangkauan penerangan lebih kecil dan terpusat. Meski cahayanya cenderung lebih lemah dan jangkauannya lebih pendek, produk seperti ini tetap dapat memberikan penerangan yang cukup ke bagian tangan Anda. Namun, karena jangkauannya yang pendek itu, sebaiknya Anda meletakkannya di dekat tempat tidur Anda ketimbang meletakkannya di meja.

Sebagai tambahan, disarankan Anda memilih lampu LED berukuran kecil yang dapat memberi efek sinar terpusat seperti lampu sorot.

Pilih yang dapat diredupkan dan diatur tone-nya

Anda dapat mengurangi cahaya bila lampu meja belajar LED pilihan Anda dilengkapi fitur untuk meredupkan dan mengubah tone-nya. Kedua fitur ini sangat fungsional sehingga Anda perlu mengecek keberadaan kedua fitur ini saat memilih lampu meja belajar LED. Berikut akan kami jelaskan secara lengkap.

Atur intensitas cahayanya dengan fitur untuk meredupkan

Atur intensitas cahayanya dengan fitur untuk meredupkan

Fitur untuk meredupkan dibuat agar Anda bisa mengatur intensitas cahayanya.

Intensitas cahaya yang Anda butuhkan tergantung pada waktu, tempat, dan kondisi mata Anda. Bila Anda hendak membaca sebelum tidur, cahaya remang-remang sudah cukup untuk membaca huruf di buku. Sebaliknya, ketika Anda belajar di siang hari Anda akan membutuhkan cahaya yang terang. Dengan adanya fitur untuk meredupkan, Anda akan memperoleh berbagai jenis cahaya dengan tingkat kecerahan berbeda, mulai dari cahaya yang redup hingga cahaya sangat terang dalam 1 lampu saja. Dengan begitu, Anda bebas mengatur intensitas cahayanya sesuai kebutuhan Anda.

Lalu, ada juga produk yang sistem pengaturan cahayanya bersifat stepless, lho! Bila Anda membutuhkan lampu meja belajar LED yang intensitas cahayanya bebas diatur sesuai kebutuhan, Anda bisa memilih produk yang memiliki fitur untuk meredupkan cahaya.

Ubah warna cahaya dengan fitur pengaturan tone

Ubah warna cahaya dengan fitur pengaturan tone

Fitur pengatur tone memungkinkan Anda untuk mengubah warna cahaya dari lampu menjadi lebih putih atau kuning. Secara umum, terdapat 3 jenis warna lampu LED, yaitu daylight, cool white, dan warm white. Dengan mengubah warna, Anda bisa menyesuaikannya dengan situasi dan kebutuhan Anda. Berikut akan kami jelaskan mengenai masing-masing warna.

Warna daylight berwarna kebiruan dan lebih pucat dibandingkan dengan cahaya matahari. Warna ini memberi kesan segar sehingga ketika Anda belajar, warna ini akan membantu Anda untuk lebih berkonsentrasi. Anda bisa membaca setiap huruf dengan jelas saat konsentrasi Anda meningkat. Meski begitu, penggunaan cahaya ini dalam waktu lama seharian akan membuat mata Anda lelah.

Sementara itu, warna cool white adalah warna yang paling mirip dengan cahaya matahari. Bila Anda menyukai cahaya dengan tingkat kecerahan yang terasa natural, warna ini lebih direkomendasikan.

Di sisi lain, warna warm white cenderung lebih kuning atau oranye dibandingkan dengan cahaya matahari, warna yang memberi kesan hangat. Ketika Anda ingin berelaksasi misalnya saat menjelang tidur, warna ini adalah pilihan tepat. Meski begitu, dibandingkan dengan wana lainnya, warna ini tidak memudahkan Anda untuk membaca sehingga kurang cocok digunakan untuk belajar.

Ada juga produk yang tidak hanya memiliki 3 opsi warna ini, tetapi bahkan mencapai 5 atau 7 pilihan warna. Anda bisa memilih produk yang paling tepat dan menyesuaikan warnanya dengan kondisi dan situasi Anda.

Pilih berdasarkan jenis power supply-nya

Pilih berdasarkan jenis power supply-nya

Secara umum, berdasarkan power supply-nya terdapat 2 tipe lampu meja belajar LED, yaitu tipe AC adaptor dan tipe baterai. Anda bisa memilih produk sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bila Anda memilih tipe AC adaptor yang harus dicolok ke stopkontak, pastikan untuk mengecek panjang kabelnya, ya! Hal tersebut penting mengingat lokasi penempatan lampu dan lokasi stopkontak yang bisa saja berjauhan. Bila Anda memilih produk tipe baterai, Anda bisa dengan mudah membawanya ke mana pun Anda mau.

Periksa juga tingkat kecerahannya

Periksa juga tingkat kecerahannya

Anda akan menemukan informasi ” xx lumen (lm)” dan ” xx lux (lx) ” saat memilih lampu meja belajar LED. Xx adalah indikator angka tingkat kecerahan lampu tersebut dan lumen adalah satuan jumlah cahaya yang dihasilkan. Sementara itu, lux adalah satuan luas area yang dapat diterangi oleh cahaya lampu tersebut. Namun, bila info mengenai kedua hal tersebut tidak tertera, Anda bisa melihatnya dari besar watt lampu tersebut. Sebagai gambaran, 4 watt setara dengan 350 lumen, 7 watt setara dengan 600 lumen, dan 14 watt setara dengan 1400 lumen. Ada baiknya Anda mengecek mengenai informasi ini sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk.

Produk ≥500 lumen akan memberi Anda cahaya yang sangat memadai. Terkait lux, produk dengan lux >250 dapat menerangi area seluas 30 cm di sekitar sumber cahaya, sedangkan produk dengan lux >500 dapat menerangi area sekitar 50 cm. Dengan begitu, Anda akan memperoleh cahaya yang cukup untuk belajar.

Meski begitu, semakin terang bukan berarti lampu tersebut semakin bagus. Bila terlalu terang, mata Anda akan cepat lelah bila terlalu lama terpapar cahaya tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan fitur peredup dan menyesuaikannya agar mata Anda tidak cepat lelah.

10 Rekomendasi lampu meja belajar LED terbaik

Anda sudah mengetahui cara memilihnya, bukan? Sekarang, kami akan segera memberikan daftar rekomendasi lampu meja belajar LED terbaik. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

10. EELIC LED Table Lamp ELC-J007

10. EELIC LED Table Lamp ELC-J007

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 56.000

Harganya sangat bersahabat, tidak makan tempat pula

Ukuran bola lampunya yang kecil membuat produk ini cocok Anda jadikan sebagai lampu baca. Tenang saja, dengan daya listrik 7 watt produk ini tetap mampu memberi Anda cahaya yang cukup terang, kok! Dibuat menggunakan material stainless steel, produk ini sangat durable untuk Anda gunakan dalam jangka panjang.

Tidak hanya itu, Anda tidak perlu menyediakan tempat khusus untuk menempatkan produk ini karena Anda bisa meletakkannya di pinggir meja menggunakan jepitannya, praktis! Bila Anda memiliki dana terbatas, tetapi membutuhkan lampu meja belajar LED berkualitas yang juga hemat tempat, produk ini adalah solusinya.

9. Vivan LED Table Lamp with Fan VTL-F1

9. Vivan LED Table Lamp with Fan VTL-F1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 135.000

Menerangi sekaligus menyejukkan Anda

Dilengkapi dengan kipas di tangkai lampunya, lampu meja belajar LED ini adalah pilihan tepat bila Anda ingin membaca atau belajar tanpa merasa kepanasan. Lalu, produk yang power supply-nya berasal dari baterai ini dapat bertahan hingga 3 jam sekalipun Anda menyalakan lampu dan kipas secara bersamaan.

Tidak hanya arah lampunya yang dapat Anda ubah hingga 360°, tingkat kecerahan lampunya pun dapat Anda sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda, lho! Dengan desain lampu yang kecil dan berbentuk seperti cincin, produk ini juga cocok Anda gunakan sebagai lampu baca dan diletakkan di sisi tempat tidur.

8. Lampu Meja Belajar LED RGB Base LD-06S

8. Lampu Meja Belajar LED RGB Base LD-06S

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 167.800

Lampu RGB-nya bisa dijadikan lampu tidur juga, lho!

Menggunakan power supply berupa baterai sebesar 1000 mAh, Anda dapat menggunakan produk ini untuk beberapa jam setelah selesai mengisi baterainya. Saat digunakan, Anda pun bisa dengan mudah meredupkan cahayanya sesuai kebutuhan. Dengan ukuran 13 x 13 x 8,5 cm, produk ini juga semakin mudah Anda bawa.

Selain itu, produk ini dilengkapi lampu tambahan di bagian dasar lampu dengan format warna RGB (red green blue) yang dapat Anda ubah warnanya sesuka hati dan sangat cocok dijadikan lampu tidur. Bila Anda mencari lampu meja belajar LED yang multifungsi dan dilengkapi lampu cantik tambahan, sebaiknya Anda tidak melewatkan produk ini.

7. Phillips Table Lamp 715679686

7. Phillips Table Lamp 715679686

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 160.000

Lampu LED-nya sangat mudah untuk diganti

Bila Anda tidak ingin kerepotan saat mengganti lampu LED, produk ini solusinya. Umumnya ketika lampu LED rusak, Anda harus mengganti satu-persatu bohlam kecilnya. Namun, produk ini menggunakan LED bulb retrofit sehingga Anda cukup mengganti 1 bohlam besar LED-nya saja seperti ketika mengganti bohlam konvensional.

Lalu, dengan daya listrik 7 watt produk ini mampu menerangi meja Anda dengan cahaya 600 lumen. Adanya tudung penutup tambahan di sekitar lampunya juga memudahkan Anda untuk memfokuskan cahayanya ke area yang Anda inginkan. Dibuat menggunakan material pilihan, produk ini pun cukup kuat dan tak mudah rusak.

6. Eglare Lampu Meja Belajar LED Model Gajah

6. Eglare Lampu Meja Belajar LED Model Gajah

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 348.500

Imut sekaligus fungsional dengan cakupan penerangan yang cukup luas

Dengan daya listrik sebesar 6 watt, produk ini mampu menghasilkan cahaya mencapai 500 lumen. Dipadukan dengan tangkai lampu yang cukup panjang, tentu area cakupan cahayanya di meja Anda pun semakin luas. Meski tinggi, produk ini tidak memakan banyak tempat karena ukurannya hanya 40 x 14 x 10 cm saja.

Lalu, bila Anda ingin menghiasi meja dengan lampu berdesain imut, produk ini adalah salah satu pilihannya. Bentuk gajahnya terlihat lucu dan akan memberi nuansa yang segar dan ceria di meja Anda. Tersedia dalam varian warna biru, putih, dan pink, Anda bisa memilih warna yang paling cocok dengan selera Anda.

5. Remax Deer LED Lamp

5. Remax Deer LED Lamp

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 133.200

Cakupan cahayanya luas, mencapai 400 lux!

Bila Anda mencari lampu meja belajar LED yang mampu menerangi area meja Anda secara luas, produk ini adalah salah satu pilihannya. Menyebarkan cahaya ke area seluas 40 cm dari pusat cahaya bukan perkara sulit karena produk ini telah dirancang secara khusus untuk bisa memancarkan cahaya hingga 400 lux.

Cahaya yang dihasilkan pun bukanlah cahaya redup, tetapi cahaya yang cukup terang dengan tingkat kecerahan mencapai 600 lumen. Tenang saja, Anda juga tidak akan membayar banyak untuk biaya listrik karena daya listrik produk bertangkai lampu panjang ini masih tergolong cukup normal, 7 watt saja!

4. WK Tube Lamp WT-L04

4. WK Tube Lamp WT-L04

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 294.500

Mata tetap sehat dengan teknologi eye protection

Tangkai produk ini dapat Anda atur dan bengkokkan hingga 180°, lho! Dipadukan dengan lampu LED yang diklaim mampu memancarkan cahaya dengan lebih luas dan menghasilkan cahaya seterang 650 lumen, Anda dapat menggunakannya untuk menerangi area mana pun di meja Anda.

Meski begitu, produk ini telah dirancang khusus dengan teknologi eye protection sehingga tidak akan membuat mata Anda kesilauan dan semakin aman digunakan. Bila Anda mencari lampu meja belajar LED yang mampu menerangi tanpa membahayakan kesehatan mata, produk ini wajib dipertimbangkan.

3. HighPoint Inwork Lamp ALAD208

3. HighPoint Inwork Lamp ALAD208

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 416.000

Berdesain sleek dan minimalis, ditempatkan di sudut mana pun oke

Dengan ukuran lampu yang kecil, produk ini tidak hanya cocok Anda gunakan untuk belajar, tetapi juga untuk membaca sebelum tidur. Tenang saja, desainnya sangat sleek dan simpel sehingga sangat pas bila Anda mencari lampu meja belajar LED yang cocok ditempatkan baik di meja maupun sisi tempat tidur Anda.

Produk ini dibuat dari material ABS (akrilonitril butadiena stirena) sehingga tidak hanya kuat, tetapi juga terasa ringan saat hendak Anda pindahkan. Produk dengan daya listrik 8 watt ini pun terasa semakin praktis digunakan karena Anda bisa dengan mudah meredupkan cahayanya kapan pun Anda mau.

2. Eglare Icolor Schematic

2. Eglare Icolor Schematic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 398.000

Arah dan warna lampunya gampang diubah

Dengan daya listrik 8 watt, produk ini mampu menerangi meja Anda dengan cahaya mencapai 700 lumen. Memiliki ukuran 39,3 x 13,5 x 42,4 cm dan lampu yang pendek, Anda pun tak perlu menyediakan banyak space baik untuk meletakkan produk ini maupun saat hendak mengubah arah cahayanya.

Dilengkapi dengan fitur Correlated Color Temperature, Anda juga bisa mengubah warna lampunya menjadi warna warm white, netral, atau cool white. Sangat pas untuk Anda yang mencari lampu meja belajar LED dengan opsi warna lampu dan arah cahaya yang mudah dikonfigurasi sesuai kebutuhan!

1. Xiaomi Mi Smart LED Lamp White

1. Xiaomi Mi Smart LED Lamp White

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 625.000

Dilengkapi fitur pengubah kecerahan dan warna lampu, komplit!

Dilengkapi lampu panjang dan mampu menghasilkan cahaya yang terangnya bahkan mencapai 3300 lumen dengan stabil, Anda tidak akan kesulitan untuk menerangi meja besar Anda menggunakan produk ini. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena produk ini tidak menghasilkan sinar UV yang dapat membahayakan mata Anda.

Lalu, bila Anda menginginkan lampu meja belajar LED yang warna dan tingkat kecerahannya bebas diubah sesuai kebutuhan, tidak perlu ragu untuk membeli produk ini. Anda dapat meredupkan lampu ini saat Anda mulai mengantuk atau mengubah warnanya menjadi biru, kuning, atau putih sesuka hati Anda melalui tombol yang disediakan.

Kesimpulan

Anda bisa menggunakan lampu meja belajar LED dengan area jangkauan besar untuk belajar, atau lampu berukuran kecil untuk membaca. Adanya fitur peredup dan pengatur tone akan memudahkan Anda untuk mengubah pengaturan lampu tersebut.

Selain power supply, penting untuk mengecek tingkat lumen dan lux dari lampu pilihan Anda. Yang terpenting, pilihlah produk sesuai dengan kondisi dan kebutuhan agar mata Anda tidak cepat lelah.