1. TOP
  2. >
  3. DIY & tools
  4. >
  5. Hand tools
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Vapor atau rokok elektronik adalah sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk orang yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS.

Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor terbaik, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan sebagainya. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih vapor sekaligus merekomendasikan merek vapor yang bagus, seperti Smoant, SMOK, dan Joyetech. Selamat membaca!

Diperbaharui 06-21-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu vapor?

Vapor memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan rokok biasa. Hal tersebut membuatnya makin populer dari hari ke hari. Berikut akan kami bahas lebih lebih jauh.

Fitur pada vapor

Fitur pada vapor

Vapor adalah alat yang memungkinkan cairan di dalamnya dipanaskan dengan energi listrik. Cairan tersebut biasanya memiliki rasa tertentu. Saat cairan tersebut dipanaskan, Anda pun bisa menikmati uap air dari cairan tersebut layaknya menikmati rokok. 


Produk vapor di pasaran, seperti keluaran Joyetech, Eleaf, dan lain-lain, umumnya tidak menggunakan daun tembakau. Hal tersebut membuatnya bebas nikotin, tar, serta tidak dikenai pajak rokok. Wajar jika banyak yang menyukainya, bukan?

Faktor penyebab populernya vapor

Faktor penyebab populernya vapor

Saat ini, makin banyak orang Indonesia yang menyukai vapor. Apa penyebab utama popularitas vapor kian meningkat? Kemampuannya untuk memberikan sensasi layaknya rokok konvensional, tetapi bebas nikotin dan tar. Cara menghirup dan membuang asapnya pun persis seperti saat menikmati rokok konvensional. 


Segala keunggulan tersebut membuat vapor bisa dijadikan pilihan oleh Anda yang ingin berhenti merokok secara natural. Selain itu, dengan menggunakan vapor Anda bisa menikmati asap yang banyak tanpa menimbulkan bau khas tembakau. Orang di sekitar pun tidak akan terganggu dengan aromanya.


Ada juga yang menggunakan vapor bukan hanya untuk merokok, tetapi juga sebagai metode diet. Ada cairan vapor beraroma manis, cairan seperti ini bisa dijadikan pengganti makanan manis.

Cara memilih vapor

Ada empat poin yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli vapor. Berikut penjelasannya secara mendetail.

① Kenali perbedaan vapor mod dan pod

Vapor terdiri dari dua jenis device yaitu mod dan pod. Kedua device tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, mulai dari ukuran, kapasitas baterai, hingga jenis atomizer-nya. Untuk mengetahui perbedaan device mod dan pod, mari simak penjelasan di bawah ini.

Mod, performa lebih tinggi berkat adanya dual baterai

Vapor dengan device mod tidak hanya menggunakan baterai internal, tetapi juga baterai eksternal. Baterai eksternal tersebut juga ditempatkan di body vapor. Itu sebabnya body vapor mod memiliki ukuran yang besar. Selain itu, kapasitas baterai mod juga besar yaitu 2.000–3.000 mAh. Lalu, mod terbagi menjadi dua jenis yaitu mod elektrik dan mod mekanik. 


Mod elektrik lebih disarankan untuk first timer. Mod ini menggunakan perangkat listrik untuk menghantarkan listrik baterai ke atomizer. Dengan begitu, Anda dapat mengatur voltage dan watt sesuai kebutuhan. Sementara itu, mod mekanik tidak memiliki komponen listrik sama sekali. Keunggulan dari mod ini adalah mampu meningkatkan performa atomizer.


Untuk atomizer-nya, mod bisa menggunakan RTA (rebuildable tank atomizer), RDA (rebuildable driping atomizer), dan RDTA (rebuildable dripping tank atomizer). Fungsi dari ketiga atomizer ini sama, tetapi memiliki cara kerja yang berbeda. Agar atomizer pada mod berfungsi, Anda harus mengganti kapas dan coil-nya sendiri.

Pod, ukurannya lebih kecil dan ideal untuk pemula

Pod, ukurannya lebih kecil dan ideal untuk pemula
Sumber: smoktech.com

Vapor dengan device pod memiliki ukuran body yang lebih kecil karena tidak memiliki baterai eksternal. Kapasitas baterai dari vapor ini berkisar 1.000–1.500 mAh. Ditilik dari atomizer-nya, penggunaan pod relatif lebih mudah daripada mod. Karena itu, pod lebih disarankan untuk pemula, terutama yang berbentuk pen atau portable.


Untuk atomizer-nya, pod menggunakan catridge yang sudah menyatu dengan device. Catridge tersebut dibedakan menjadi dua berdasarkan jenis pod-nya yaitu open-system pod dan closed-system pod. Open-system pod menggunakan catridge refill atau isi ulang. Dengan catridge ini, Anda dapat mengganti rasa liquid sesuai selera. Anda juga bisa memilih resistensi coil yang hendak digunakan.


Sebaliknya pada closed-system pod, device menggunakan catridge non-refillCatridge ini sudah diisi liquid tertentu oleh pabriknya sehingga Anda tidak perlu menuangkan liquid ke pod. Hanya saja, Anda tidak bisa mengganti liquid-nya dengan rasa lain. Selain itu, Anda juga tidak bisa memilih resistensi coil karena coil hanya diproduksi oleh pabrik produsen.

② Pilih vapor berdasarkan tipenya

Umumnya, vapor terbagi menjadi empat tipe, yakni tipe disposable, pen, portable, dan dekstop. Keempatnya memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri yang bisa dipilih sesuai dengan preferensi Anda.

Tipe disposable, pilihan bagi yang baru pertama kali mencoba vapor

Tipe disposable, pilihan bagi yang baru pertama kali mencoba vapor
Sumber: smoktech.com

Tipe ini sangatlah simpel, Anda bisa langsung membuangnya setelah liquid-nya habis digunakan. Penggunaannya mudah karena Anda tidak perlu repot menuangkan cairan atau mengganti cartridge. Menariknya lagi, Anda juga tidak perlu keluar dana untuk membeli main unit. Bagi Anda yang baru mau mencoba menggunakan vapor, tipe ini sangat layak dijadikan opsi. 

Tipe pen, praktis dibawa bepergian

Tipe pen, praktis dibawa bepergian
Sumber: smoktech.com

Sesuai namanya, vapor tipe pen memiliki bentuk menyerupai pulpen. Vapor ini merupakan vapor berukuran terkecil di antara semua tipe vapor. Karena ukurannya yang mini, tipe ini mudah digenggam dan praktis untuk dibawa bepergian. Bobot vapor pen juga ringan sehingga membuat tangan Anda tidak cepat lelah ketika memegangnya.

Tipe portable, baterai bisa bertahan lebih lama

Tipe portable, baterai bisa bertahan lebih lama
Sumber: smoktech.com

Vapor tipe portable dikenal juga sebagai handheld vaporizer. Banyak pengguna yang menilai bahwa vapor ini menghasilkan rasa yang lebih nikmat dan uap yang lebih sedikit. Hal ini disebabkan cairan vape tidak berkontak langsung dengan elemen pemanas. Selain itu, tipe ini memiliki baterai yang dapat bertahan 2–3 jam atau bahkan lebih lama.

Tipe dekstop, memberikan rasa yang lebih tajam

Tipe dekstop, memberikan rasa yang lebih tajam

Vapor tipe dekstop memiliki ukuran yang lebih besar dari tipe pen dan portable. Vapor ini juga membutuhkan permukaan yang datar untuk meletakkannya. Karena itu, tipe ini tidak bisa dibawa bepergian. Anda hanya dapat menggunakannya di satu tempat saja seperti di rumah atau di kantor.


Di samping itu, vapor ini memerlukan pasokan energi yang besar agar dapat berfungsi dengan baik. Hal tersebut membuat vapor ini menghasilkan panas yang lebih maksimal, rasa yang lebih tajam, serta uap yang lebih banyak. Hanya saja, tipe ini sangat jarang di pasaran.

③ Ketahui banyaknya asap yang dihasilkan

Ketahui banyaknya asap yang dihasilkan

Jika Anda senang menikmati asap sekaligus menikmati aroma dan rasa yang disuka, vapor memang pantas untuk Anda miliki. Meski begitu, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu asap yang dapat dihasilkan oleh vapor-nya. Anda bisa memadukan part yang dirasa sesuai agar memperoleh kuantitas asap sesuai keinginan Anda.


Sebelum membeli, Anda bisa mencari informasi tambahan mengenai output asap dengan bertanya langsung pada seller atau melalui review pengguna. Selain itu, ada juga produk yang memiliki fitur pengaturan air flow. Produk seperti ini memudahkan Anda mengatur jumlah asap yang dihasilkan.

④ Cek kemudahan menuangkan dan indikator isinya

Cek kemudahan menuangkan dan indikator isinya

Saat menggunakan vapor, Anda harus menuangkan cairan atau liquid. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan volume cairan yang bisa diisikan. Produk yang memiliki indikator isi akan memudahkan Anda melakukan hal tersebut. Selain itu, produk dengan injection port lebar membuat cairan yang dituangkan tidak mudah tumpah berantakan. 


Produk dengan main unit berbentuk boks biasanya dilengkapi fitur yang dapat mematikan pemanas secara otomatis saat cairannya habis. Namun, produk tipe stick berharga murah biasanya tidak dilengkapi fitur tersebut. Jika cairannya habis dan Anda tetap menggunakan vaporcoil-nya malah bisa rusak.


Liquid tentu tidak dapat dipisahkan dari penggunaan vapor. Apabila Anda ingin mencari informasi lebih mendalam mengenai liquid, silakan baca artikel yang kami rekomendasikan di bawah ini.

10 Rekomendasi vapor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk vapor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Eleaf

iStick Pico Kit

Eleaf  iStick Pico Kit 1枚目

Desainnya minimalis, aromanya pun minim

2

Uwell

Caliburn

Uwell Caliburn 1枚目

Praktis dan fungsional, bahkan untuk pemula sekalipun!

3

Vapor Storm

Puma Kit

Vapor Storm Puma Kit 1枚目

Stylish dan mudah diatur suhunya

4

Smoant

S8 Pod Starter Kit

Smoant S8 Pod Starter Kit 1枚目

Langsung hirup asapnya tanpa tekan tombol apa pun

5

SMOK

RPM 4

SMOK RPM 4 1枚目

Ukurannya kecil, daya baterainya besar

6

Geek Vape

Aegis Legend Kit

Geek Vape Aegis Legend Kit 1枚目

Antiair, debu, dan guncangan sekaligus!

7

Suorin Vape

Suorin Air V2

Suorin Vape Suorin Air V2 1枚目

Bentuknya ramping, tidak terasa bulky di saku Anda

8

Kamry

Vapor

Kamry Vapor 1枚目

Atur uapnya dengan hanya menekan tombol

9

Joyetech

Exceed Grip Kit

Joyetech Exceed Grip Kit 1枚目

Menggunakan dua jenis liquid dalam satu produk? Bisa!

10

Smart Vape

XEN

Smart Vape XEN 1枚目

Rasa tembakaunya kuat ala rokok konvensional

Perincian produk
Close
No.1

Desainnya minimalis, aromanya pun minim

Produk ini wajib dipilih jika Anda mencari vapor berdesain simpel yang asapnya tidak beraroma. Kelebihan lain Eleaf iStick Pico adalah posisi baterai yang diletakkan terpisah dari tank dan atomizer. Hal tersebut akan mencegah baterai panas karena berada di dekat tank.

Produk ini menggunakan cairan yang natural dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti tar atau karbon monoksida. Poin plus lainnya, produk ini memiliki karsinogen yang lebih rendah daripada rokok biasa. Asap yang ditimbulkan pun tidak berbau sehingga aman untuk sekitar Anda.
No.2

Praktis dan fungsional, bahkan untuk pemula sekalipun!

Praktis dan fungsional, dua keunggulan tersebut membuat vapor ini cocok untuk pemula. Mengandalkan cartridge berkapasitas 2 ml, produk ini memiliki firing ganda yaitu manual dan otomatis. Jadi, Anda dapat langsung menghisapnya atau memencet tombol firing untuk melakukan pembakaran.


Karena ohm-meternya sangat besar, produk ini paling ideal jika dipadukan dengan nicotine salt. Rasa yang dihasilkan pun akan lebih nikmat tanpa meninggalkan kesan throat hit. Tertarik mencobanya?

No.3

Stylish dan mudah diatur suhunya

Produk ini adalah solusi untuk Anda yang mencari vapor berdesain eye-catching yang suhunya mudah diubah sesuai kebutuhan. Selain pengaturan wattage, vapor ini juga memiliki pengaturan suhu yang fleksibel. Anda bebas bereksperimen hingga mendapat suhu yang tepat. Selain itu, desain produk ini pun sangat stylish. Tersedia dalam beragam pilihan gambar, pilih saja yang paling Anda suka.

No.4

SmoantS8 Pod Starter Kit

Mulai dari Rp100.000,00

Langsung hirup asapnya tanpa tekan tombol apa pun

Produk keluaran SMOANT ini memberikan inovasi terbaru. Vapor ini tidak memerlukan tombol untuk mengeluarkan uap, lho! Anda hanya tinggal hisap saja kapan pun Anda inginkan. Sebab itu, vapor ini ideal untuk Anda yang tidak mau repot atau mungkin Anda yang baru pertama kali nge-vape. Tenang saja, produk ini dilengkapi fitur air-induced braking sehingga uapnya tidak akan bocor keluar.
No.5

Ukurannya kecil, daya baterainya besar

Biasanya, vapor dengan ukuran kecil, daya baterai dan power-nya juga kecil. Namun, tidak dengan produk yang satu ini! Berdimensi 103 mm x 25 mm x 27,9 mm, produk ini memiliki daya baterai sebesar 1650 mAh. 

Di dalam produk ini terdapat chip yang mampu memberikan firing hanya dalam waktu 0,001 detik saja. Bonusnya lagi, produk ini dilengkapi proteksi untuk melindungi vapor dari suhu panas. Jika Anda menginginkan vapor mini dengan daya baterai besar, pertimbangkan produk ini.

No.6

Geek VapeAegis Legend Kit

Mulai dari Rp540.000,00

Antiair, debu, dan guncangan sekaligus!

Bagi beberapa vapers, membawa vapor saat bepergian ke luar rumah hukumnya wajib, bukan? Namun, ada kalanya hujan tiba-tiba turun dan membasahi vapor Anda. Hal itu dapat membuat vapor menjadi cepat rusak. Untuk menghindarinya, pertimbangkan vapor yang water resistant atau tahan air. Kami merekomendasikan Aegis Legend Kit. Selain tahan air, vapor ini juga tahan guncangan dan debu. 

No.7

Suorin VapeSuorin Air V2

Mulai dari Rp278.833,00

Bentuknya ramping, tidak terasa bulky di saku Anda

Anda mencari vapor tipe portable yang sangat tipis dan compact? Produk ini adalah opsi yang tepat. Memiliki ukuran hanya 86 mm x 43 mm x 8 mm, produk ini tergolong sangat ramping dan mudah disimpan. Dibawa dalam kantong baju atau celana pun mudah Anda lakukan. Memiliki kapasitas penampung cairan sebanyak 2 ml, produk ini siap menemani Anda menikmati asap di mana pun.

No.8

Atur uapnya dengan hanya menekan tombol

Keistimewaan produk ini adalah Anda dapat mengatur jumlah uapnya dengan hanya menekan tombol secara cepat. Besar voltasenya sendiri terdiri dari 3,6 volt untuk tingkat rendah, 3,8 volt untuk tingkat menengah, dan tingkat tertinggi pada 4,2 volt.

Cara mengisi cairannya pun mudah. Anda hanya tinggal membuka bagian atasnya dan isikan liquid ke dalam tangki pada bagian dalamnya. Inilah pilihan tepat untuk Anda yang sangat menyukai kebebasan mengatur banyak sedikitnya asap sesuka hati Anda.

No.9

JoyetechExceed Grip Kit

Mulai dari Rp135.000,00

Menggunakan dua jenis liquid dalam satu produk? Bisa!

Joyetech Exceed Grip Kit merupakan vapor all-in-one atau AIO yang sedang naik daun. Vapor ini menggunakan dua coil yang masing-masing bisa Anda isi dengan jenis liquid berbeda. Apabila Anda ingin mengepulkan asap yang banyak, gunakan liquid freebase. Sementara itu, gunakan nicotine salt untuk mendapatkan rasa nikotin yang soft.


Produk ini hadir dengan bentuk ergonomis yang nyaman digenggam. Varian warna dan desain yang disediakan pun beragam, seperti Skull Stone, Rainbow Tatto, dan Mystery Blue. Pilihlah produk ini jika Anda ingin mengeksplorasi sensasi dari liquid secara optimal.

No.10

Rasa tembakaunya kuat ala rokok konvensional

Kelebihan utama yang coba ditonjolkan produk ini adalah rasa tembakau yang kuat, menyerupai sensasi rokok biasa. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan dua varian rasa, American Tobacco dan Vanilla Cream. 

Bagi Anda yang sudah berpaling ke vapor, tetapi rindu akan rokok biasa, produk ini bisa Anda coba. Cara menggunakannya juga mudah, Anda hanya tinggal mengisap seperti pada rokok biasa.

Baca juga rekomendasi kapas vape di sini

Apakah Anda sudah menemukan vapor yang sesuai referensi? Jika sudah, kini waktunya Anda mencari alat untuk vaping seperti kapas vape. Langsung saja klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Dengan demikian, selesai sudah rekomendasi sepuluh vapor atau rokok elektronik dari kami. Ada vapor yang tidak bernikotin sampai pemanas rokok yang bernikotin. Apakah ada produk yang sesuai dengan selera Anda?

Satu hal yang perlu diingat adalah Anda juga perlu mempertimbangkan orang-orang sekeliling Anda. Pastikanlah mereka tidak terganggu sebelum memutuskan untuk membeli vapor. Jika sudah, selamat ber-vaping ria!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer