10 Rekomendasi Soup Jar Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Soup Jar Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Soup jar atau kadang disebut juga termos sup sangat cocok untuk Anda gunakan membawa berbagai makanan berkuah agar tidak tumpah dan tetap terjaga pada suhu ideal. Meski begitu, Anda akan menemukan beragam produk soup jar dari berbagai merek, seperti Thermos, Tiger, atau Shuma sehingga bisa saja Anda kebingungan saat hendak memilihnya.

Karena itu, saat ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi soup jar terbaik yang memiliki desain, harga, dan ketahanan suhu beragam. Anda akan menemukan berbagai soup jar yang bagus dan berkualitas dalam daftar rekomendasi kami ini. Selamat membaca dan memilih, ya!

Daftar isi

Cara memilih soup jar

Berikut akan kami jelaskan terlebih dahulu tiga hal yang harus Anda perhatikan saat hendak membeli soup jar.

Pilih yang mampu mempertahankan suhu sekitar 60°C selama ± 6 jam

Pilih yang mampu mempertahankan suhu sekitar 60°C selama ± 6 jam

Dikatakan bahwa suhu terbaik agar Anda bisa menikmati sup dengan maksimal adalah ≥25° C lebih tinggi dibandingkan dengan suhu tubuh manusia. Dengan asumsi bahwa Anda makan sup pada pukul 6 pagi dan 12 siang, Anda akan tetap bisa menikmati sup dengan optimal apabila soup jar Anda mampu mempertahankan suhu sup sekitar 60° C selama ± 6 jam.

Selain itu, bakteri mudah berkembang pada suku sekitar 20-50° C. Anda bisa memilih soup jar yang mampu menjaga sup tetap pada suhu di atas 50° C agar makanan Anda tetap bersih dan sehat. Bila Anda hendak membawa makanan dingin seperti sup buah, produk yang bisa menahan suhu dingin di bawah 20°C sudah memadai.

Pilih yang bagiannya mudah dilepas agar mudah dicuci

Pilih yang bagiannya mudah dilepas agar mudah dicuci

Tutup soup jar biasanya memiliki part tambahan agar bisa menahan cairan sup di dalamnya tidak tumpah atau merembes. Tergantung pada masing-masing produk, bentuk dan struktur tutup soup jar berbeda-beda satu sama lain. Karenanya, pilihlah produk yang paling mudah Anda bersihkan.

Selain itu, bila setiap bagiannya bisa dilepas dan dicuci secara terpisah, soup jar tersebut akan semakin mudah dibersihkan. Namun, berhubung Anda perlu meluangkan waktu dan tenaga ekstra untuk mencuci masing-masing bagian tersebut, akan sangat membantu bila semua bagian soup jar tersebut mudah dilepas-pasang.

Lalu, bagian dalam soup jar biasanya dibuat dari bahan stainless steel. Akan tetapi, ada juga produk yang bagian dalamnya dilapisi lagi dengan bahan keramik. Meski kemampuan menahan panasnya lebih rendah dibandingkan dengan stainless steel, bahan keramik lebih mudah dibersihkan dan sulit berubah warna. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya untuk membawa kari atau makanan berwarna lainnya yang sulit dibersihkan. Sayangnya, soup jar berbahan keramik masih jarang ditemukan di Indonesia.

Pilih ukuran dan kapasitas sesuai kebutuhan Anda

Pilih ukuran dan kapasitas sesuai kebutuhan Anda

Anda bisa memilih soup jar dengan kapasitas sesuai kebutuhan Anda. Bila Anda ingin menggunakannya untuk membawa sup saja atau untuk porsi anak kecil, Anda bisa memilih produk berkapasitas ≤300 ml. Lalu, bila Anda ingin membawa tambahan satu menu lagi, Anda bisa memilih soup jar dengan kapasitas sekitar 300–400 ml. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk berkapasitas ≥400 ml dan memiliki kontainer tambahan bila ingin membawa berbagai jenis makanan dan memakannya bersama rekan atau keluarga Anda.

Kebanyakan soup jar yang beredar memiliki kapasitas 250-500 ml. Anda bisa membeli produk dengan berbagai kapasitas agar Anda semakin bebas menggunakan soup jar sesuai dengan kebutuhan dan menu makanan Anda.

Ukuran dan bobot soup jar sangatlah variatif. Karena itu, Anda bisa menyesuaikan ukuran dan bobotnya dengan lunch bag atau tas Anda. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk dengan bobot yang tidak terlalu berat.

10 Rekomendasi soup jar terbaik

Kini, kami akan segera memberikan 10 rekomendasi soup jar terbaik. Pilihlah yang paling Anda sukai, ya!

10. TiFo Soup Jar BSF-12-500

10. TiFo Soup Jar BSF-12-500

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Adanya handle akan semakin memudahkan Anda untuk membawanya

Bila Anda mencari soup jar yang sangat mudah dibawa meski Anda tidak menggunakan tas atau lunch bag khusus, produk ini layak dijadikan pilihan. Bagian tutup produk berkapasitas 500 ml ini sudah dilengkapi dengan handle yang kuat dan ergonomis sehingga Anda bisa dengan nyaman membawanya ke mana pun.

Ketika digunakan, produk berukuran 14,9 x 10,8 ini mampu mempertahankan makanan yang Anda simpan berada pada suhu 56°C selama 6 jam. Selain itu, Anda juga akan mendapati adanya sendok di bagian dalamnya. Bila Anda kurang menyukai warna pink, Anda bisa memilih varian warna biru, merah, ungu, atau kuning.

9. Zojirushi Food Jar SW-GA26

9. Zojirushi Food Jar SW-GA26

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 550.000

Kapasitas kecil yang pas untuk menemani keseharian Anda

Bila Anda membutuhkan soup jar berukuran kecil untuk Anda bawa ke kantor atau ke sekolah sehari-hari, produk ini merupakan pilihan yang tidak boleh Anda lewatkan. Kapasitas produk ini hanya 260 ml, tentunya cukup untuk sekali makan dan tidak akan menambah beban terlalu banyak di tas Anda.

Kemudian, tutup produk ini dirancang khusus untuk menahan cairan sup agar tidak tertumpah atau rembes keluar. Hal itu juga membuat produk ini mampu menahan suhu hingga 53°C selama 6 jam. Tenang saja, bagian-bagian tutup soup jar ini mudah Anda lepas sehingga akan memudahkan Anda mencucinya dan menjaga kehigienisan produk ini.

8. SHUMA S/S Vacuum Mini Food Jar

8. SHUMA S/S Vacuum Mini Food Jar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.000

Berkualitas mumpuni dan harganya pun bikin happy

Teknologi double wall vacuum insulation-nya memungkinkan produk ini untuk menjaga makanan Anda tetap pada suhu 57°C selama 6 jam. Bagian luar dan dalamnya dibuat dari stainless steel, sedangkan sendok lipat dan tutupnya dibuat dari plastik. Seluruh material tersebut berkualitas food grade sehingga tidak membahayakan kesehatan Anda.

Bagian mulutnya pun lebar, Anda tidak akan kesulitan untuk mengambil makanan dari dalamnya. Dengan kapasitas sebesar 500 ml, Anda juga bisa menyimpan dan membawa cukup banyak sup menggunakan produk ini. Mengingat harganya sangat terjangkau, produk ini adalah solusi terbaik bila Anda ingin memiliki soup jar dengan budget minim.

7. Tiger Vacuum Insulated Stainless Steel Food Jar MCA-B025

7. Tiger Vacuum Insulated Stainless Steel Food Jar MCA-B025

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 440.000

Ingin yang ukurannya compact? Ini dia jawabannya!

Bila Anda menginginkan soup jar yang berukuran ringkas dan tidak memakan banyak space dalam tas, produk inilah pilihannya. Dengan dimensi hanya sebesar 10,9 x 7,4 cm, Anda bisa membawanya dalam lunch bag kecil atau langsung memasukkannya ke tas Anda tanpa perlu menyediakan area penyimpanan khusus. Praktis!

Apalagi, produk berkapasitas 300 ml ini mampu menjaga makanan Anda pada suhu 56°C selama 6 jam karena bagian dalamnya berbahan stainless steel. Kontainernya pun bebas BPA (bisphenol A) dan aman digunakan setiap hari. Bagian dalamnya juga diberikan finishing khusus sehingga bau dan warna sup tidak mudah menempel.

6. Thermos Food Jar JBM-500

6. Thermos Food Jar JBM-500

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 455.400

Makin efektif mencegah tumpah berkat inner lid

Saat digunakan, produk ini mampu menjaga makanan yang Anda simpan di dalamnya tetap berada pada suhu 61°C untuk makanan panas, dan suhu 12°C untuk makanan dingin selama 6 jam sehingga makanan Anda pun akan tetap enak. Selain itu, Anda juga tidak akan kesulitan untuk mencucinya karena seluruh bagian soup jar ini mudah dilepas-pasang.

Produk berkapasitas 500 ml ini juga dilengkapi inner lid di dalamnya sehingga sangat tepat dimiliki bila Anda tidak ingin sup Anda tumpah sedikit pun. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena seluruh komponen produk berdimensi 13,5 x x10 cm ini sangat mudah untuk Anda lepas dan bersihkan, termasuk bagian tutupnya.

5. Tiger Vacuum Insulated Stainless Steel Food Jar MCC-C030

5. Tiger Vacuum Insulated Stainless Steel Food Jar MCC-C030

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Tidak perlu repot lagi membawa sendok dan garpu terpisah

Produk yang sudah dilengkapi dengan sendok garpu ini adalah solusi tepat bila Anda tidak ingin repot mempersiapkan atau takut lupa membawa alat makan. Tenang saja, produk yang mudah dibersihkan ini juga mampu menjaga makanan Anda tetap pada kualitas terbaik berkat kemampuannya mempertahankan suhu 52°C selama 6 jam.

Selain itu, bagian dalam produk berkapasitas 300 ml ini juga telah diproses secara khusus agar tidak mudah berbau atau berkarat sekalipun Anda gunakan dalam waktu lama. Apalagi, produk berukuran 14,2 x 9,9 cm ini juga dibuat menggunakan stainless steel dan material bebas BPA sehingga aman untuk Anda gunakan setiap hari.

4. Thermos Stainless King Food Jar with Folding Spoon SK-3000

4. Thermos Stainless King Food Jar with Folding Spoon SK-3000

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 539.000

Makin fungsional dengan sendok yang besar dan awet

Produk berkapasitas 470 ml ini dibuat dari bahan stainless steel dan memiliki teknologi double wall vacuum insulation sehingga mampu menjaga makanan Anda tetap pada suhu 58°C selama 6 jam. Dengan bobot 350 gram dan ukuran sebesar 14,5 x 9,5 cm, Anda pun tidak akan kesulitan untuk membawa atau memasukkannya ke dalam lunch bag.

Dilengkapi sendok lipat yang panjangnya melebihi produk ini, Anda bisa dengan mudah mengambil makanan sampai ke dasarnya. Selain itu, sendoknya dibuat dari stainless steel tebal agar semakin kuat dan tidak mudah patah saat digunakan. Bila Anda mencari soup jar dengan sendok yang tahan lama dan sangat fungsional, produk inilah pilihannya.

3. Oneisall Smoldering Vacuum Flask GYBL099

3. Oneisall Smoldering Vacuum Flask GYBL099

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.195.000

Pertahankan suhu ideal hingga 12 jam!

Desain double wall vacuum membuat produk berukuran 26 x 6,5 cm ini mampu menjaga sup yang Anda simpan tetap pada suhu 60°C bukan hanya selama 5 atau 6 jam, tetapi hingga mencapai 12 jam! Bila Anda mencari soup jar yang mampu mempertahankan temperatur ideal dalam waktu cukup lama, tidak perlu ragu membeli produk ini.

Apalagi, bagian dalam dan luarnya dibuat menggunakan stainless steel bebas BPA sehingga menjadi semakin durable dan aman untuk Anda gunakan. Dengan kapasitas mencapai 500 ml, Anda bisa menyimpan sup untuk dinikmati bersama rekan atau keluarga Anda. Adanya sendok lipat dan lunch bag juga membuat produk ini semakin fungsional.

2. Tiger Stainless Steel Food Jar MCJ-A050

2. Tiger Stainless Steel Food Jar MCJ-A050

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.067.779

Rasakan cita rasa terbaik dalam setiap suapan

Produk berdimensi 11,9 x 9 cm ini dibuat dengan bahan stainless steel dan bagian dalamnya diberi lapisan khusus agar semakin tahan karat dan tidak mudah berbau. Anda juga tidak akan kesulitan untuk membersihkannya karena setiap komponennya mudah dilepas. Lalu, produk ini juga 1 set dengan tas dan utensil holder, lho!

Yang menarik, produk bebas BPA ini diklaim oleh Tiger mampu menjaga temperatur makanan Anda pada suhu 62°C selama 6 jam! Dengan ketahanan suhu sepanas itu, produk berkapasitas 500 ml ini adalah pilihan terbaik bila Anda ingin kualitas rasa makanan Anda tetap terjaga bahkan setelah berjam-jam Anda simpan.

1. Zojirushi Food Jar SW-JA75

1. Zojirushi Food Jar SW-JA75

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 750.000

Kapasitas super besar untuk Anda bawa piknik sekeluarga

Zojirushi sudah terkenal dengan produk-produk rumah tangga yang berkualitas. Kali ini, mereka menambahkan koleksi produk soup jar dengan kapasitas super besar, yakni 750 ml! Tentunya kapasitas sebesar ini cocok untuk Anda gunakan membawa makanan hangat untuk sekeluarga saat Anda sedang berpiknik.

Hal yang membuat produk ini lebih spesial adalah kemampuan heat retention-nya yang mencapai 73°C selama 6 jam! Tidak hanya kemampuannya menahan panas yang luar biasa, produk ini juga mampu menahan suhu dingin hingga 8°C selama 6 jam, lho. Selain itu, meski berkapasitas besar nyatanya ukuran produk ini masih terasa compact, yaitu 10 x 18,5 cm.

Panaskan terlebih dahulu untuk hasil lebih maksimal

Panaskan terlebih dahulu untuk hasil lebih maksimal

Bila Anda memanaskannya terlebih dahulu, kemampuan menahan panas soup jar akan meningkat. Masukkan air panas ke dalam soup jar dan diamkan selama 1 menit. Dengan cara seperti ini, soup jar akan mampu menahan panas dengan lebih baik lagi.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kantong penahan panas agar suhunya semakin terjaga. Lalu, ingat juga bahwa Anda harus memasukkan sup ke dalam soup jar dalam kondisi masih panas, ya!

Kesimpulan

Soup jar  memudahkan Anda untuk sup atau makanan berkuah. Anda bisa memilih produk yang mampu menjaga temperatur pada suhu 50-60° C selama ±6 jam. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk yang mudah dibersihkan, baik berbahan stainless steel maupun keramik.

Lalu, sesuaikan juga ukuran dan kapasitasnya dengan kebutuhan Anda. Milikilah soup jar agar Anda bisa menikmati sup atau makanan berkuah lainnya kapan pun dan di mana pun Anda mau!