10 Rekomendasi VR Headset Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi VR Headset Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2018)

Sejakt tahun 2016, VR headset semakin berkembang dan bertambah populer. VR headset dengan performa tinggi akan membutuhkan PC (personal computer) atau terminal game khusus. Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakannya pada smartphone Android atau iPhone untuk menonton film atau video.

Anda akan menemukan beragam VR headset dengan merek, seperti BOBOVR, Fiit, atau Shinecon beredar di pasaran sehingga bisa saja Anda kesulitan untuk memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi VR headset terbaik untuk smartphone. Temukan berbagai VR headset berkualitas dalam daftar rekomendasi ini!

Daftar isi

Cara memilih VR headset untuk smartphone

Kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai cara memilih VR headset untuk smartphone. Dengan mengetahui cara memilihnya, tentu Anda bisa mengenali VR headset yang paling tepat dan cocok untuk Anda miliki.

Sesuaikan ukurannya dengan smartphone Anda

Sesuaikan ukurannya dengan smartphone Anda

Untuk bisa menggunakan VR headset, Anda harus memasukkan smartphone Anda ke dalam VR headset tersebut. Bila ukuran smartphone Anda terlalu besar, VR headset-nya tidak akan bisa Anda tutup dan gunakan. Kebanyakan VR headset kompatibel dengan smartphone berukuran 6 inci sehingga dapat digunakan dengan berbagai produk smartphone. Akan tetapi, bila smartphone Anda memiliki ukuran hampir sebesar tablet, ada kemungkinan VR headset tersebut tidak bisa digunakan untuk smartphone Anda.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena ada juga VR headset yang ukuran ruang penyimpanannya muat untuk smartphone berukuran lebih besar dari 6 inci sehingga Anda bisa menggunakannya untuk smartphone besar Anda. Apalagi, untuk orang yang sering berganti smartphone, tentu VR headset seperti itu terasa lebih fleksibel untuk digunakan, bukan?

Pilihlah yang sudah 1 paket dengan headphone

Pilihlah yang sudah 1 paket dengan headphone

Anda dapat menemukan produk VR headset yang sudah 1 paket dengan headphone di pasaran. Anda juga akan menemukan produk yang tidak dilengkapi dengan headphone sehingga untuk mendengar suara dari film yang Anda tonton, Anda harus mendengarkannya dari smartphone atau memasang headphone secara terpisah. Hal tersebut bisa saja membuat Anda merasa kerepotan saat hendak menikmati film atau video VR.

Sementara itu, produk dengan built-in headphone memungkinkan Anda untuk menghubungkan smartphone langsung ke headphone yang tersedia. Hal tersebut membuatnya terasa lebih praktis untuk Anda gunakan menonton film VR.

Toh, Anda akan memperoleh pengalaman yang lebih realistis saat menggunakan VR headset ketika Anda melihat video sambil mendengarkan suaranya, bukan? Bila Anda ingin menikmati VR secara maksimal tanpa perlu repot mempersiapkan headphone secara terpisah, produk yang sudah dilengkapi headphone lebih direkomendasikan.

Pilih produk yang dilengkapi fitur pengaturan fokus

Pilih produk yang dilengkapi fitur pengaturan fokus

VR headset umumnya berbentuk seperti teropong. Hal tersebut bisa saja membuat Anda yang memakai kacamata berpikir ulang saat hendak menggunakannya karena harus melepas kacamata. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, banyak VR headset yang sudah dilengkapi dengan fitur pengaturan fokus sehingga Anda tetap bisa melihat gambarnya sekalipun Anda tidak menggunakan kacamata.

Meski begitu, rentang pengaturan fokus masing-masing produk berbeda satu sama. Bila Anda menggunakan kacamata dengan lensa tebal, Anda akan membutuhkan VR headset dengan rentang pengaturan fokus yang cukup luas.

Kebanyakan VR headset untuk smartphone memiliki rentang fokus untuk mata miopi hingga -6 atau hipermetropi +4. Akan tetapi, bila rentang fokus tersebut kurang memadai, Anda bisa memilih produk dengan rentang fokus untuk mata miopi hingga di atas -8.

10 Rekomendasi VR headset terbaik untuk smartphone

Sudahkan Anda menetapkan fitur dan karakteristik ideal dari VR headset idaman Anda? Sekarang, kami akan memberikan 10 rekomendasi VR headset terbaik untuk smartphone. Pilihlah yang paling Anda sukai!

10. OL VR Headset

10. OL VR Headset

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 275.789

Fitur standar lengkap dengan harga paling ramah di kantong!

Untuk Anda yang mencari VR headset berkualitas dengan dana terbatas, produk ini solusinya! Dengan harga yang tidak bikin dompet Anda kosong, Anda sudah memperoleh VR headset yang dilengkapi fitur pengaturan fokus untuk mata miopi hingga -8 dan hipermiopi hingga +5. Tidak hanya itu, tampilan layarnya pun luas dengan sudut 120°.

Selain itu, smartphone merek apa pun pasti kompatibel dengan perangkat ini asalkan ukurannya 4-6,2 inci. Headband berbahan nilonnya tidak hanya elastis, tetapi juga terasa pas di kepala Anda dan cukup kuat untuk Anda gunakan secara rutin. Dibuat dengan material ABS (akrilonitril butadiena stirena), produk ini pun dapat lebih awet untuk digunakan.

9. 3D Virtual Reality Glasses

9. 3D Virtual Reality Glasses

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 370.000

Bisa langsung dipakai tanpa harus melepas kacamata

Bila smartphone Anda berukuran 4,5-6 inci, Anda bisa dengan mudah memasangkannya ke VR headset ini. Dilengkapi dengan lensa non-distortion, tampilan gambar produk ini terlihat jernih dan visualnya akan memanjakan mata Anda. Anda juga bisa dengan mudah menjawab telepon atau mengubah volume melalui tombol yang tersedia.

Lalu, bila Anda ingin memakai VR headset tanpa melepas kacamata yang biasa Anda pakai, produk ini adalah jawabannya. Tidak hanya dilengkapi dengan pengaturan fokus untuk mata miopi hingga -6, produk ini juga sudah dirancang khusus dengan space lebih di depan rongga mata sehingga ramah bagi semua pengguna, khususnya Anda yang berkacamata.

8. BOBOVR Z4

8. BOBOVR Z4

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 325.000

Ventilasi maksimum untuk layar bebas embun

Bila Anda tidak ingin terganggu dengan layar berembun saat menikmati film VR, produk ini adalah solusinya. Area penyimpanan smartphone-nya dilengkapi 6 lubang ventilasi agar hawa panas cepat keluar. Ditambah dengan material yang mendukung lancarnya sirkulasi udara, wajah Anda tak mudah kepanasan serta layar pun bebas embun.

Tampilan visual dengan sudut pandang seluas 120° juga akan menambah keasyikkan Anda saat menonton film VR menggunakan produk yang kompatibel dengan smartphone 4,7-6,2 inci ini. Mengaplikasikan Sheet Molding Technology di bagian headphone, perangkat ini mampu menghasilkan suara yang terdengar realistis dan jernih dalam setiap adegan film.

7. RBO VR Headset

7. RBO VR Headset

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 344.000

Nyaman digunakan berjam-jam dengan bahan antialergi dan antikeringat

Saat perangkat ini digunakan, Anda bisa mengubah fokusnya untuk mengakomodir mata miopi hingga -8, dan mata hipermiopi hingga +5. Kompatibel dengan smartphone 4,7-6,2 inci serta memiliki tampilan layar dengan sudut hingga 120°, produk ini akan membawa Anda masuk lebih jauh ke dalam dunia VR yang tampak nyata dan mengasyikkan.

Lalu, bila Anda senang menonton film VR berjam-jam, produk ini wajib dimasukkan dalam daftar belanja Anda. Bagian yang bersentuhan dengan kulit dibuat dari material khusus sehingga tidak akan menimbulkan alergi atau keringat bahkan saat Anda gunakan dalam jangka waktu cukup panjang. Mata dan telinga dimanjakan, kulit pun tetap terjaga.

6. Shinecon VR 4.0

6. Shinecon VR 4.0

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 364.000

Tampilan semakin hidup dengan fitur convert video 2D menjadi 3D

Produk berkualitas ini sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengubah berbagai video 2D (2 dimensi) Anda menjadi 3D (3 dimensi). Hiburan visual Anda pun semakin tampak hidup. Produk ini adalah pilihan tepat bila Anda ingin langsung menikmati film 3D tanpa perlu repot melakukan download atau menyimpan film 3D yang rata-rata berukuran besar.

Dibuat menggunakan bahan ABS, VR headset ini menjadi cukup ringan sekaligus kuat untuk Anda gunakan. Adanya fitur pengaturan fokus untuk mata miopi hingga -6 juga membuat produk dengan headphone speaker mantap ini terasa semakin fungsional. Tidak hanya itu, produk ini juga kompatibel dengan smartphone berukuran 4-6 inci.

5. Fiit VR Helmets 3F

5. Fiit VR Helmets 3F

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 381.000

Headphone semakin pas di telinga dengan fitur pengaturan sudut

Bila Anda mencari VR headset yang headphone-nya dapat diatur sedemikian rupa agar terasa pas di telinga, Anda tidak perlu ragu untuk memiliki produk ini. Dilengkapi dengan fitur pengaturan sudut kemiringan hingga 10°, Anda bebas melakukan pengaturan headphone. Acara menonton pun semakin nyaman dengan headphone yang fit di telinga.

Apalagi, headset ini juga didesain secara khusus mengikuti bentuk kepala manusia sehingga terasa semakin pas saat Anda gunakan. Tidak hanya itu, produk ini juga dapat digunakan oleh mata miopi hingga -8 dan kompatibel dengan smartphone berukuran 4-6,3 inci. Dengan 3D surround stereo produk ini akan memberikan pengalaman menonton tak terlupakan.

4. Fiit VR Helmets 5F

4. Fiit VR Helmets 5F

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 345.000

Kipas besar yang ampuh mencegah smartphone Anda overheat

Anda bisa menikmati tampilan layar seluas 112° saat menonton film VR menggunakan produk ini. Memiliki mata miopi pun tak akan menjadi halangan karena perangkat ini memiliki fokus yang dapat diatur untuk menyesuaikan miopi hingga -6. Produk ini pun kompatibel dengan berbagai smartphone Anda yang berukuran 4-6,3 inci.

Lalu, bila Anda tidak ingin smartphone Anda menjadi cepat rusak karena overheat saat menonton film VR berjam-jam, produk berbobot ringan ini adalah solusi paling tepat. Bagian depannya dilengkapi dengan kipas silikon berukuran besar yang berputar dengan kecepatan tinggi dan sangat efektif mendinginkan smartphone Anda.

3. BOBOVR Z5

3. BOBOVR Z5

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 340.000

Video lebih realistis dan dramatis dengan 720° surround stereo!

Bukan hanya 360° surround sound, VR headset ini memiliki fitur 720° surround stereo sehingga mampu menyuguhkan sensasi suara yang sangat menggelegar dan realistis, seolah-olah Anda benar-berada di lokasi yang ditampilkan! Bila Anda menyukai efek suara yang membahana dan sangat nyata, VR headset ini wajib Anda miliki.

Anda juga akan memperoleh tampilan lebih luas dengan sudut pandang hingga 120° saat menonton menggunakan produk ini. Selain itu, Anda juga tidak akan cepat lelah saat menggunakan VR headset ini karena bobotnya 350 gram saja. Anda juga bisa dengan mudah mengatur fokusnya agar cocok dengan mata miopi hingga -6 atau hipermiopi +2.

2. Shinecon VR G02-E

2. Shinecon VR G02-E

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 502.000

Removeable hi-fi headphone yang hasilkan suara sangat jernih di telinga

Bila Anda menyukai suara dengan clarity dan ketajaman semaksimal mungkin, tidak perlu ragu untuk membeli produk ini. Adanya removeable hi-fi headphone memungkinkan Anda menikmati sound yang sangat jernih dan low noise. Dipadukan dengan lensa HD (high definition), Anda akan semakin puas menggunakan produk ini.

Earmuff yang empuk dan nyaman digunakan membuat telinga tak cepat lelah. Menonton VR dari smartphone berukuran kecil pun bukan masalah karena produk yang support mata miopi hingga -6 ini cocok dengan smarpthone Anda yang berukuran 3,5-6 inci. Saat menerima panggilan masuk, Anda bisa langsung mengangkatnya melalui tombol yang tersedia.

1. FiiT VR Helmets 2F

1. FiiT VR Helmets 2F

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 662.300

Filter yang mampu melindungi mata Anda dari paparan sinar biru dan UV

Anda bisa menggunakan produk ini untuk smartphone berukuran 4-6,3 inci. Dilengkapi lensa aspherical, VR headset ini pun mampu memberi Anda tampilan visual sangat memukau. Produk ini juga semakin fungsional karena Anda bisa mengatur sudut pandang hingga 112°, 6x zoom, dan mengubah fokus agar sesuai dengan mata miopi -6.

Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi dengan filter khusus sehingga mampu melindungi mata Anda dari paparan sinar biru dan UV (ultraviolet) berlebih yang dapat membahayakan mata Anda. Bila Anda mencari VR headset yang mampu menjaga kesehatan mata Anda secara optimal saat menonton film VR, produk ini adalah jawaban terbaik.

Kesimpulan

VR headset kini semakin digemari oleh para pengguna smartphone. Dengan menggunakan VR headset untuk smartphone, Anda akan merasakan pengalaman yang lebih realistis saat menonton film. Agar lebih praktis, Anda bisa memilih produk yang dilengkapi headphone dan sesuai dengan ukuran smartphone Anda.

Bila Anda menggunakan kacamata, Anda bisa membeli produk dengan rentang fokus sesuai kondisi mata Anda. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda agar saat-saat menonton film VR menjadi semakin mengasyikkan!