10 Rekomendasi Sikat Botol Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sikat Botol Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Apabila Anda sering menggunakan tumbler atau botol minum dalam kegiatan sehari-hari, sikat botol tentu menjadi barang yang wajib ada dalam perkakas untuk cuci piring. Anda tentu tidak mau repot membuang waktu dan tenaga untuk mengangkat kotoran dari dalam botol dengan spons cuci piring biasa, bukan?

Di pasaran, saat ini tersedia berbagai jenis sikat botol dengan kelebihannya masing-masing, mulai dari produk keluaran merek terkenal, seperti Ikea, Tupperware, Bros, dan lainnya, hingga produk dengan harga yang sangat ekonomis. Kali ini kami akan membahas poin-poin dalam memilih sikat botol yang bagus sekaligus memperkenalkan produk-produk rekomendasi untuk referensi Anda!

Daftar isi

Cara memilih sikat botol

Pertama, kami akan menjelaskan beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memilih sikat botol. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan sikat botol atau tidak puas dengan produk yang Anda gunakan saat ini, silakan gunakan artikel berikut sebagai referensi.

Pilih yang panjangnya sesuai dengan ketinggian botol

Pilih yang panjangnya sesuai dengan ketinggian botol

Jika sikat botol terlalu pendek, sikatnya tidak akan mencapai bagian dasar botol. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus memilih sikat yang panjang. Jika ukurannya terlalu panjang, pemakaiannya bisa jadi akan menyulitkan dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Sikat botol baru bisa dikatakan memberi manfaat yang maksimal apabila panjangnya sesuai dengan ketinggian botol yang akan dicuci. Jadi, mari pastikan tinggi botol Anda sebelum membeli sikat yang diinginkan.

Selain itu, kenyamanan pada bagian pegangan juga penting dalam memilih sikat botol. Anda bisa mengira-ngira dengan pegangan sumpit untuk memasak atau benda lainnya agar bisa membayangkan sikat botol seperti apa yang nyaman untuk Anda gunakan.

Pilih yang ukuran kepala sikatnya sesuai dengan diameter botol

Setelah memeriksa panjangnya, selanjutnya mari periksa ukuran kepala sikat. Sikat botol yang memiliki kepala kecil mungkin terlihat multifungsi dan lebih luas pemakaiannya. Akan tetapi, kelemahannya adalah bagian sponsnya kecil sehingga akan menyulitkan saat membersihkan bagian dalam botol.

Untuk memilih sikat botol yang nyaman digunakan, disarankan untuk memilih kepala sikat yang pas dengan kebutuhan dibandingkan produk yang multifungsi. Jadi, pastikan untuk memilih kepala sikat botol yang sesuai dengan diameter botol yang biasa Anda pakai.

Untuk botol yang bagian mulutnya kecil dan melebar di bagian badan, pilih sikat yang batangnya fleksibel

Untuk botol yang bagian mulutnya kecil dan melebar di bagian badan, pilih sikat yang batangnya fleksibel

Untuk botol yang diameter mulutnya kecil dan melebar di bagian badan, seperti misalnya botol minum plastik, direkomendasikan untuk menggunakan sikat berbahan fleksibel yang dapat dengan bebas diubah sudut arahnya saat di dalam botol. Sebaiknya siapkan produk untuk botol semacam ini secara terpisah dari sikat botol yang digunakan untuk mencuci botol air minum atau tumbler yang diameter mulutnya cukup besar. Jika Anda kesulitan untuk menyiapkan dua sikat botol yang terpisah, Anda dapat memilih sikat botol dengan kepala spons lembut yang juga dapat digunakan untuk botol berdiameter kecil.

Pilih berdasarkan jenis kepala sikat

Sikat botol memiliki berbagai jenis ujung sikat atau spons yang menempel pada pegangannya. Masing-masing jenis ujung sikat memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, silakan pilih yang paling sesuai dengan botol Anda.

Jenis sikat berbulu untuk mulut botol berdiameter besar

Jenis sikat berbulu untuk mulut botol berdiameter besar

Jenis sikat berbulu sangat praktis untuk mencuci bagian dalam botol sekaligus Anda bisa membuat seluruh bagian dalam botol mengkilap dalam waktu singkat apabila bagian sikatnya dapat diputar. Selain itu, sikat berbulu dengan kualitas yang bagus akan lebih awet sehingga tidak perlu sering diganti. Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakannya pada mulut botol berdiameter kecil. Meski Anda bisa memasukkan sikat berbulu ke dalam botol, jenis sikat yang tidak fleksibel akan sulit untuk menjangkau bagian sudut di dalam botol sehingga dibutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan botol secara keseluruhan.

Oleh karena itu, sikat botol jenis ini tidak disarankan untuk digunakan pada mulut botol berukuran kecil seperti botol minuman plastik. Sikat berbulu seperti ini lebih dianjurkan untuk digunakan mencuci botol sejenis tumbler yang ukuran mulut dan badan botolnya lebih kurang sama.

Jenis spons yang serbaguna dan banyak variasinya

Jenis spons yang serbaguna dan banyak variasinya

Sikat botol jenis spons dicirikan tersedia dalam banyak variasi, mulai dari yang dapat digunakan untuk botol berdiameter kecil, yang bisa mencuci botol tanpa memerlukan detergen, dan sebagainya. Karena jenis spons merupakan bahan yang lembut, Anda dapat menggunakannya tanpa khawatir akan menggores dinding permukaan dalam botol.

Meskipun daya tahan dari jenis spons ini lebih rendah daripada jenis sikat berbulu, beberapa sikat botol berjenis spons memiliki fitur di mana Anda bisa mengganti bagian kepala sponsnya saja. Jadi, jenis ini dapat dikatakan lebih ekonomis karena Anda tidak perlu mengganti keseluruhan badan sikat. Selain itu, jenis spons juga lebih higienis karena Anda dapat mengganti kelapa sponsnya dengan yang baru kapan saja.

Pilih yang bisa disimpan dengan cara digantung

Pilih yang bisa disimpan dengan cara digantung

Sikat botol memiliki pegangan yang panjang sehingga Anda tidak dapat menyimpannya di tempat spons cuci piring biasa. Oleh karena itu, kami merekomendasikan sikat botol yang memiliki lubang pengait di bagian pegangan agar dapat disimpan dengan cara digantung. Sikat botol juga akan lebih cepat kering jika digantung. Hal ini terutama penting untuk sikat jenis spons yang akan lebih tahan lama jika dikeringkan dengan baik setelah digunakan. Jadi, mari memilih sikat botol yang bisa digantung dalam penyimpanannya.

Selain itu, ada juga sikat botol yang dilengkapi dengan dudukan atau holder untuk penyimpanannya. Bagi Anda yang tidak memiliki tempat untuk menggantung sikat botol, pertimbangkanlah juga jenis produk semacam ini.

Hemat tenaga dan waktu Anda dengan sikat botol yang tidak memerlukan detergen

Hemat tenaga dan waktu Anda dengan sikat botol yang tidak memerlukan detergen

Membilas adalah pekerjaan yang cukup merepotkan yang harus dilakukan setelah mencuci botol. Semakin besar ukuran botol, semakin sulit untuk membilasnya hingga bersih karena penggunaan detergen yang cukup banyak. Hal ini bisa berpengaruh pada membengkaknya tagihan air, serta dibutuhkan waktu dan tenaga lebih. Untuk mencegah permasalahan tersebut, kami merekomendasikan sikat botol yang dapat menghilangkan kotoran tanpa perlu menggunakan deterjen. Pilihlah sikat yang mampu membersihkan noda membandel, seperti bekas teh, tanpa membutuhkan deterjen.

Namun, sikat botol dengan jenis seperti ini biasanya memiliki tekstur yang agak kaku sehingga mungkin akan menimbulkan goresan di bagian dalam botol. Jadi, pastikan untuk memeriksa dengan benar kompatibilitas material botol dengan bahan sikat sebelum memilih produk yang Anda inginkan.

10 Rekomendasi sikat botol terbaik

Setelah memahami cara memilih sikat botol yang tepat, sekarang kami akan merekomendasikan beberapa produk yang dapat Anda jadikan referensi. Pilih yang paling sesuai dengan botol Anda agar terjaga kebersihannya!

10. Sikat Botol Spons

10. Sikat Botol Spons

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.500

Harga ekonomis dengan manfaat maksimal

Sikat botol berkepala spons yang lembut ini memungkinkan Anda membersihkan botol secara maksimal tanpa menggores dinding botol. Anda tidak perlu merasa khawatir botol akan lecet saat melakukan pencucian. Produk ini juga memiliki pegangan yang dapat disesuaikan panjangnya hingga 34,3 cm, memudahkan Anda menjangkau bagian dasar bahkan untuk botol yang tinggi.

Lubang pengait juga tersedia pada sikat yang harganya ekonomis ini sehingga memungkinkan Anda untuk menggantungnya segera setelah selesai digunakan agar tetap kering dan higienis. Produk ini juga tersedia dalam berbagai pilihan warna yang cerah sehingga cocok untuk menghiasi dinding dapur Anda.

9. Womdee Long Handle Silicone Cleaning Brush

9. Womdee Long Handle Silicone Cleaning Brush

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 58.000

Sikat berbahan silikon yang tahan lama

Womde Long Handle Silicone Cleaning Brush menggunakan bahan silikon berkualitas tinggi pada kepala sikatnya yang menjadikannya lebih awet dan tahan lama. Sikat botol ini memiliki pegangan yang ergonomis dan anti-slip sehingga Anda dapat tetap membersihkan botol dengan nyaman meski tangan Anda terbalut sabun atau detergen.

Kepala sikatnya didesain kuat dengan ketebalan mencapai 3,5 cm, cocok untuk berbagai jenis bahan botol, termos, serta gelas yang memiliki mulut berdiameter cukup besar. Produk yang masuk dalam kategori food grade ini aman digunakan untuk makanan dan minuman. Kepala sikatnya juga dapat dilepas dan mudah diganti agar tetap efektif membersihkan maupun menghilangkan bau tak sedap pada botol.

8. Lion Star SK-2 Livina Bottle Brush

8. Lion Star SK-2 Livina Bottle Brush

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 22.500

Tangkai ulir yang slim untuk mulut botol berdiameter kecil

Produk dari Lion Star ini memiliki pegangan berbentuk ulir yang slim dan terbuat dari besi sehingga kuat dan mampu menjangkau hingga ke bagian dalam botol berdiameter kecil sekalipun! Meskipun slim, Anda tidak perlu khawatir karena bagian pegangan sikat ini didesain agar nyaman untuk digenggam dan dilengkapi juga dengan lubang pengait agar penyimpanannya lebih praktis.

Sikat botol yang satu ini telah memiliki sertifikasi food grade sehingga aman digunakan untuk membersihkan peralatan makan dan minum Anda. Penggunaan plastik berkualitas sebagai bahan bulu sikatnya membuat kepala sikat ini cukup awet dan mampu mengangkat kotoran dengan maksimal dan dalam waktu lebih cepat.

7. Sikat Botol Mickey Mouse

7. Sikat Botol Mickey Mouse

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 202.000

Ajarkan tanggung jawab mencuci botol pada anak dengan sikat yang imut ini

Sikat botol dengan bentuk menyerupai karakter Mickey Mouse ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin mengajarkan tanggung jawab pada si kecil agar mencuci botol dan gelas minumnya sendiri. Dengan menggunakan sikat karakter Disney favorit anak-anak, kegiatan mencuci botol tidak akan membosankan bagi si kecil, bukan?

Karena panjang pegangannya hanya sekitar 26 cm, produk ini lebih cocok digunakan untuk membersihkan gelas dan botol pendek saja dan tidak disarankan untuk penggunaan pada botol dengan mulut berdiameter kecil. Selain itu, produk ini dilengkapi dudukan berbentuk kepala Mickey Mouse yang memberikan tampilan imut sekaligus memudahkan penyimpanannya.

6. Extension Handle Kitchen Sponge

6. Extension Handle Kitchen Sponge

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Pegangan sikat yang dapat diperpanjang sesuai kebutuhan

Salah satu keunggulan dari sikat botol ini adalah pegangannya yang dapat diperpanjang sesuai kebutuhan. Dengan fitur ini, Anda bisa mengatur panjang sikat dari 21,5 cm hingga 28,5 cm sehingga dapat menjangkau bagian dasar dari botol yang tinggi sekalipun, dan memudahkan Anda membersihkan seluruh bagian botol.

Produk asal Jepang ini dilengkapi dengan kepala spons yang lembut dan berkualitas tinggi sehingga tidak akan menggores permukaan dalam botol saat digunakan. Selain itu, di bagian ujung pegangan sikat ini terdapat lubang pengait sehingga dapat disimpan dengan cara digantung agar spons mudah dikeringkan setelah pemakaian.

5. Scotch Brite Bottle Cleaner

5. Scotch Brite Bottle Cleaner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 24.500

Kepala busa yang lancip untuk menjangkau sela tersembunyi

Scotch Brite Bottle Cleaner menggunakan bahan urethane antibakteri pada kepala busanya sehingga mampu bekerja maksimal menghilangkan bakteri pada botol minum Anda. Ditunjang dengan kepala busa yang berbentuk lancip, sikat botol ini efektif untuk membersihkan hingga sela-sela tersembunyi pada botol yang sulit dijangkau dengan sikat biasa.

Dengan pegangan sikat cukup panjang berbahan polypropylene, sikat botol ini dapat digunakan untuk membersihkan botol berbadan tinggi dengan mudah. Anda juga dapat menggunakan sikat ini untuk membersihkan gelas tinggi, botol bayi, maupun tumbler, asalkan diameter mulutnya tidak kurang dari 30 mm.

4. Tupperware Eco Water Bottle Brush

4. Tupperware Eco Water Bottle Brush

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Pegangan nyaman dan jaminan kualitas bahan yang awet

Dengan menggunakan kombinasi dua jenis bulu sikat, yaitu lembut dan keras, Tupperware Eco Bottle Brush ini mampu memaksimalkan pencucian botol secara menyeluruh. Pegangan sikatnya pun didesain agak melengkung menyesuaikan bentuk genggaman tangan agar terasa lebih nyaman ketika digunakan dan mengurangi risiko pegal saat Anda mencuci botol.

Sama seperti produk-produk Tupperware lainnya, sikat botol ini juga memiliki garansi kualitas bahan yang aman digunakan dan tidak perlu diragukan lagi keawetannya. Dengan handle yang berukuran cukup panjang, produk ini sangat cocok digunakan pada botol atau tumbler berukuran tinggi untuk membersihkan hingga ke seluruh sudutnya.

3. Bros Cleaning Brush

3. Bros Cleaning Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 48.000

Bulu sikat yang lembut dan fleksibel untuk botol yang lebih bersih dan berkilau!

Bros Cleaning Brush menggunakan bahan nylon yang lembut dan fleksibel pada bulu sikatnya sehingga mampu membersihkan botol kaca kesayangan Anda secara maksimal tanpa berisiko menggores dinding botol. Dengan panjang total sekitar 35 cm, sikat ini cocok untuk botol berukuran tinggi dan dapat menjangkau sudut-sudut di dalam botol minum Anda dengan sempurna.

Pegangan dari sikat ini menggunakan bahan polypropylene yang didesain ergonomis untuk kenyamanan Anda dalam menggunakannya, serta dilengkapi lubang di ujungnya untuk mempermudah pengeringan setelah digunakan. Dengan menggunakan produk yang satu ini, Anda bisa dengan mudah mendapatkan botol yang bersih, bersinar, dan berkilau!

2. StarCam Master 217 Pembersih Botol & Gelas

2. StarCam Master 217 Pembersih Botol & Gelas

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 33.500

Pegangan yang mudah diarahkan untuk pencucian yang maksimal

Bagi Anda yang mencari sikat botol yang sekaligus dapat digunakan untuk mencuci gelas atau juga termos, StarCam Master 217 Pembersih Botol & Gelas bisa menjadi solusi. Sikat botol dengan ujung kepala berjenis spons ini ampuh membersihkan bakteri dan kuman yang menempel pada sudut botol dan gelas yang sulit dijangkau oleh tangan.

Pegangan sikat ini sangat fleksibel, mudah diputar, dan diarahkan naik-turun, maupun kanan-kiri sehingga memaksimalkan proses pencucian. Selain itu, pegangan dari sikat ini didesain agar dapat dilipat sehingga ringkas dan memudahkan penyimpanan. Sangat cocok bagi Anda yang ingin menghemat ruang penyimpanan.

1. Ikea Medelvag Bottle Brush Orange

1. Ikea Medelvag Bottle Brush Orange

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 17.900

Pegangan slim untuk menjangkau bagian dalam botol

Dengan pegangan yang cukup panjang, yaitu sekitar 43 cm, Ikea Medelvag Bottle Brush Orange merupakan pilihan yang tepat untuk membersihkan botol atau tumbler berukuran tinggi dengan diameter mulut botol yang kecil sekalipun. Bulu sikat yang lembut dan pegangan yang slim dari produk ini memungkinkannya menjangkau bagian botol yang terdalam, yang sulit dijangkau.

Meski ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau, bahan polyamide plastic yang digunakan sebagai bulu sikat produk ini sangat berkualitas dan tahan lama. Sangat cocok untuk Anda yang ingin berhemat karena tidak perlu lagi terlalu sering mengganti sikat botol. Produk ini juga dilengkapi dengan lubang pengait untuk menggantung dan mengeringkannya setelah digunakan.

Kesimpulan

Meski terlihat sepele, Anda harus memperhatikan kebersihan botol minum, terutama jika digunakan secara continue setiap hari. Anda tentu tidak ingin terjangkit penyakit karena banyaknya bakteri yang menempel pada botol minum, bukan?

Untuk itu, pemilihan sikat botol harus mendapat perhatian khusus agar Anda bisa membersihkan botol secara maksimal tanpa perlu merasa kerepotan. Semoga artikel kami kali ini bermanfaat bagi Anda yang sedang kebingungan dalam memilih sikat botol. Selamat berbelanja!