10 Rekomendasi Saputangan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Saputangan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Saat merawat bayi, saputangan yang nyaman sangat diperlukan. Selain untuk menyeka keringat dan air liur bayi, saputangan juga dapat digunakan saat masa menyusui atau untuk mengeringkan tubuh bayi setelah mandi. Hal tersebut menjadi cerminan bahwa saputangan sangat berperan dalam perawatan bayi. Saputangan bayi yang bagus adalah yang dapat menyerap air dengan baik, breathable, dan lembut di kulit.

Namun, saputangan bayi memiliki berbagai bahan, ukuran, dan jenisnya. Oleh sebab itu, seorang ibu sering bertanya-tanya saputangan seperti apa yang harus dibeli. Kali ini, kami akan memperkenalkan produk-produk saputangan bayi terbaik untuk Anda yang sering merasa bingung dalam memilih. Mari siapkan saputangan bayi terbaik untuk kenyamanan bayi Anda.

Daftar isi

Cara memilih saputangan bayi

Pertama-tama, kami akan menunjukkan cara memilih saputangan yang bagus untuk bayi. Mohon perhatikan cara memilih saputangan yang ramah untuk kulit bayi Anda.

Anda dianjurkan memiliki sepuluh lembar saputangan bayi untuk berjaga-jaga

Anda dianjurkan memiliki sepuluh lembar saputangan bayi untuk berjaga-jaga

Saputangan untuk bayi yang aktif akan berguna dalam berbagai hal, seperti untuk menyeka hidung, air liur, dan untuk bayi mandi. Sekali Anda menggunakan saputangan, Anda harus segera mencucinya untuk mempertahankan kebersihannya. Oleh karena itu, Anda perlu membeli beberapa potong saputangan untuk bayi Anda.

Lalu, berapa banyak saputangan yang Anda butuhkan untuk merawat bayi? Kebutuhan setiap orang pasti berbeda-beda, bahkan ada beberapa orang yang tidak menggunakannya sama sekali. Jadi, kami menyarankan Anda untuk memiliki sepuluh lembar saputangan untuk jaga-jaga. Jika Anda merasa kurang cukup, Anda bisa membelinya lebih banyak.

Jika Anda tipe ibu yang senang dengan hal-hal unik dan lucu, ada beberapa produsen yang menjual saputangan bergambar karakter lucu dalam satu set. Saputangan bergambar lucu tersebut dapat digunakan sehari-hari di dalam rumah atau saat Anda sedang membawa bayi pergi ke luar.

Pilihlah saputangan dengan bahan yang baik untuk kulit bayi

Pilihlah saputangan dengan bahan yang baik untuk kulit bayi

Saputangan yang digunakan untuk bayi akan langsung bersentuhan dengan kulit bayi yang lembut. Maka dari itu, pilihlah saputangan yang 100% terbuat dari katun organik, katun ramah lingkungan yang aman dari zat berbahaya, atau bahan katun yang antibakteri. Jika Anda sering menggunakan saputangan, carilah yang bahannya mudah kering setelah dicuci.

Selain itu, beberapa saputangan sering kali menggunakan pewarna fluorescent untuk membuat serat putih lebih bersih dan indah. Air liur bayi kadang menyebabkan pewarna yang digunakan pada saputangan menjadi luntur. Jadi, periksalah kembali zat warna yang terkandung dalam saputangan yang hendak dibeli untuk bayi Anda.

Pilih ukuran saputangan yang sesuai dengan tujuan Anda

Ukuran saputangan untuk bayi dapat disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Silakan memilih saputangan yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Pilih saputangan bayi berukuran kecil untuk digunakan sehari-hari

Pilih saputangan bayi berukuran kecil untuk digunakan sehari-hari

Saputangan berukuran kecil akan mudah digunakan untuk membersihkan area di sekitar mulut dan mata, seperti menyeka air mata, air liur, atau muntah si bayi. Jika Anda ingin membawa bayi ke luar rumah, sebaiknya jangan membawa saputangan yang berukuran kecil.

Pilih saputangan yang dapat menutupi seluruh tubuh bayi untuk keperluan mandi

Pilih saputangan yang dapat menutupi seluruh tubuh bayi untuk keperluan mandi

Saputangan yang digunakan untuk mandi harus memiliki efek menenangkan bagi si bayi. Oleh sebab itu, pilihlah saputangan yang cukup besar untuk dapat menutupi seluruh tubuhnya, terutama bagian perut. Letakkan saputangan di bawah tubuh bayi saat hendak memandikannya agar Anda dapat langsung membungkusnya dan menjaga kehangatan tubuh bayi.

Saputangan bayi berukuran besar lebih multifungsi

Saputangan bayi berukuran besar lebih multifungsi

Walaupun tidak banyak jenisnya, tetapi saputangan dengan ukuran yang dapat digunakan untuk mandi juga dapat Anda temukan. Saat cuaca panas, sebaiknya pilih saputangan dari bahan kasa yang tipis dan breathable. Anda dapat menggunakannya sebagai handuk setelah selesai mandi atau juga sebagai selimut saat udara dingin melanda.

Saputangan yang terlalu kecil akan berbahaya jika diletakkan di samping bayi

Saputangan yang terlalu kecil akan berbahaya jika diletakkan di samping bayi

Seorang bayi biasanya senang memasukkan benda-benda berdiameter kurang dari 4 cm ke mulut mereka. Jika Anda meletakkan saputangan berukuran kecil di dekat bayi Anda, hal itu dapat membuat mereka menelannya secara tidak sengaja dan dapat berujung pada kematian.

Mungkin Anda meletakkan saputangan di dekat bayi karena sering menggunakannya untuk menyeka air liur. Namun, hal itu sangat berbahaya. Maka, lebih baik jika Anda menyimpan saputangan di tempat yang jauh dari jangkauan bayi Anda.

10 Rekomendasi saputangan bayi terbaik

Mari simak saputangan yang direkomendasikan untuk bayi Anda. Semua produk ini terbuat dari bahan yang aman sehingga Anda dapat menggunakannya dengan lebih leluasa. Selamat memilih dan membeli saputangan sebelum kelahiran bayi Anda.

10. Libby Saputangan Bayi

10. Libby Saputangan Bayi

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 21.000

Saputangan dengan pH netral yang sesuai dengan kulit bayi

Saputangan dari Libby ini diklaim sebagai produk yang aman bagi bayi karena terbuat dari bahan bebas kimia berbahaya seperti pewarna buatan. Selain itu, saputangan ini juga terbuat dari bahan katun spesial yang lembut di kulit bayi, mudah menyerap keringat, dan tidak panas di kulit. Untuk kebaikan bayi Anda, produk ini memiliki pH netral yang baik untuk kulit bayi.

Walau sudah digunakan berkali-kali, bahan dari saputangan ini tidak berkerut ataupun melar setelah dicuci. Desain dan warnanya yang bervariasi juga dapat menceriakan hari-hari bayi Anda. Setiap pack saputangan ini berisi tiga buah produk yang akan melengkapi persediaan saputangan bayi harian untuk merawat buah hati Anda.

9. Baby Handkerchief Washcloth

9. Baby Handkerchief Washcloth

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 36.000

Saputangan bayi yang tidak mudah robek dengan jahitan bordir di ujung sisinya

Anda memiliki bayi yang giginya sedang tumbuh? Jika iya, tentu bayi Anda menjadi senang menggigit barang yang ada di sekitarnya. Anda tidak perlu khawatir saputangan untuk si bayi akan mudah robek karena digigit olehnya. Untuk itu, kami rekomendasikan saputangan yang satu ini karena desainnya dilengkapi jahitan bordir yang kuat pada ujung kain. Jadi, saputangan menjadi tidak mudah robek.

Bahannya terbuat dari kaos katun yang lembut dan halus. Selain lembut di kulit bayi Anda, saputangan ini juga mudah menyerap air, lho! Motifnya terbagi untuk bayi perempuan atau laki-laki, Anda dapat memilih sesuai kebutuhan. Saputangan berukuran 21 cm x 21 cm ini dapat Anda miliki dengan membelinya di situs belanja online yang sudah kami rekomendasikan di atas.

8. Ideal Baby Muslin Washcloth

8. Ideal Baby Muslin Washcloth

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 129.900

Ingin membersihkan berbagai kotoran secara menyeluruh? Saputangan ini bisa melakukannya!

Saputangan dari Ideal Baby ini dapat Anda gunakan saat memandikan atau mengeringkan bayi setelah mandi. Terbuat dari bahan yang lembut dengan daya serap yang cukup baik, produk ini mampu menyerap air dengan cepat. Saputangan ini juga dapat membersihkan berbagai kotoran secara menyeluruh dan menjaga kelembutan kulit bayi Anda.

Bahan katun yang halus dan nyaman dipilih untuk mencegah iritasi ringan pada kulit bayi. Kelebihan lainnya adalah saputangan ini akan tetap lembut meski telah dicuci berkali-kali. Dengan ukuran 25 cm x 25 cm, Anda akan lebih leluasa menggunakan produk ini untuk berbagai keperluan bayi. Tunggu apa lagi?!

7. Miabelle Baby Washcloth

7. Miabelle Baby Washcloth

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 30.000

Warna-warni soft untuk para bunda yang senang dengan kesederhanaan

Anda sedang mencari saputangan yang sederhana untuk si bayi? Jika iya, saputangan dari Miabelle ini bisa menjadi pilihan produk perawatan bayi Anda. Varian warna dari produk ini tergolong soft dan netral untuk digunakan bayi perempuan ataupun laki-laki.

Saputangan ini terbuat dari bahan kaos yang lembut di kulit bayi dengan ukuran 20 cm x 20 cm. Bahannya tidak hanya terasa lembut, tetapi juga mudah menyerap air dan keringat sehingga dapat digunakan untuk segala keperluan. Anda dapat membeli produk ini dalam kemasan satu pack yang terdiri atas delapan lembar saputangan.

6. Carter’s Junior Baby Washcloth Thomas

6. Carter’s Junior Baby Washcloth Thomas

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 48.000

Lengkapi koleksi saputangan bayi Anda dengan salah satu karakter favoritnya

Jika bayi Anda ingin mengenalkan bayi Anda terhadap suatu karakter, ada baiknya Anda memilih saputangan dengan motif karakter kartun yang menarik. Carter’s Junior menawarkan saputangan untuk bayi berkarakter Thomas. Tentunya Anda tahu karakter ini, bukan?

Gambar ini mungkin lebih cocok untuk bayi laki-laki, tetapi tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin membelinya untuk bayi perempuan. Saputangan ini diklaim lembut untuk kulit bayi dan breathable. Ukurannya standar seperti saputangan pada umumnya, yaitu 20 cm x 20 cm, yang cocok digunakan untuk menyeka mulut saat menyuapi bayi Anda.

5. Aden + Anais High Seas Washcloth Set 3-Pack

5. Aden + Anais High Seas Washcloth Set 3-Pack

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 319.900

Didesain dengan warna pink yang cantik seakan menambah ceria hari-hari Anda bersama si kecil

Saputangan dari Aden + Anais ini didesain secara khusus dengan tekstur lembut dan mudah menyerap air. Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan sisa busa mandi dan air yang masih tertinggal pada tubuh bayi Anda. Produk ini cocok digunakan untuk mengelap tubuh bayi Anda setelah mandi.

Bahannya yang lembut tidak membuat kulit bayi menjadi iritasi. Selain itu, saputangan ini akan tetap lembut meskipun sudah dicuci berkali-kali. Dari segi ukuran, sapu tangan bayi ini memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu 30 cm x 30 cm sehingga Anda juga dapat menggunakannya untuk menyelimuti tubuh bayi saat udara dingin.

4. Muslin Tree Baby Washcloth

4. Muslin Tree Baby Washcloth

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 65.000

Berencana mengenalkan bentuk buah-buahan pada bayi? Anda dapat memilih saputangan ini!

Selain mencari bahan yang mudah menyerap air dan keringat, Anda mungkin membutuhkan saputangan yang cukup lebar untuk perawatan bayi. Saputangan dari Muslin Tree ini bisa jadi pilihan Anda dengan lebar yang cukup besar yaitu 30 cm x 30 cm seperti produk sebelumnya. Walaupun lebih lebar, tetapi tetap ringkas untuk dibawa saat pergi berjalan-jalan dengan bayi Anda.

Produk ini terbuat dari bahan yang ramah dengan kulit bayi yang sensitif. Bahannya adalah katun yang bebas kimia dan mudah kering setelah dicuci. Saputangan ini cocok untuk perawatan serta dapat digunakan untuk memandikan bayi yang baru lahir. Tersedia pula dalam kemasan satu pack yang terdiri dari tiga buah saputangan dengan motif dan warna yang menarik.

3. Baby Cotton Gauze Bib

3. Baby Cotton Gauze Bib

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 27.000

Untuk kulit bayi paling sensitif! Material 100% cotton gauze membuatnya superlembut di kulit

Saputangan selanjutnya yang kami rekomendasikan terbuat dari bahan cotton gauze atau kain kasa berkualitas. Teksturnya yang lebih tebal dibandingkan saputangan bayi jenis lainnya membuat produk ini sangat nyaman, terutama untuk kulit bayi yang paling sensitif. Daya serapnya pun cukup baik sehingga membuat kulit bayi Anda tetap kering sepanjang hari.

Memiliki warna dasar putih dengan motif yang lucu menjadikan produk ini netral untuk digunakan bayi perempuan dan laki-laki. Selain untuk menyeka air liur atau keringat, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengeringkan tubuh bayi setelah mandi. Anda dapat menggunakannya untuk berbagai kebutuhan perawatan bayi.

2. Boogy Baby Wash Cloth

2. Boogy Baby Wash Cloth

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 40.000

Anda memiliki bayi yang baru lahir? Jika iya, kami sarankan memilih yang satu ini!

Saputangan dari Boogy ini terbuat dari bahan handuk yang halus dan nyaman saat digunakan. Selain nyaman, bahannya juga aman bagi bayi karena tidak menyebabkan iritasi dan tidak menimbulkan alergi. Dengan memiliki produk ini, Anda akan memiliki saputangan bayi yang awet dan terjaga kualitasnya.

Saputangan ini juga awet dan mudah dicuci sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai saputangan harian untuk menyeka muka bayi Anda. Produk ini direkomendasikan untuk bayi usia nol bulan, cocok untuk Anda yang sedang mempersiapkan kelahiran atau sedang merawat bayi yang baru lahir.

1. Printed Cotton Gauze Towel Handkerchief

1. Printed Cotton Gauze Towel Handkerchief

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 37.000

Aman digunakan untuk bayi dan anak-anak karena bahan yang antibakteri

Terbuat dari bahan cotton gauze, saputangan bayi ini terasa lembut dan tentunya dapat digunakan untuk berbagai keperluan bayi, seperti mengelap makanan atau membersihkan air liurnya. Berukuran besar, yaitu 30 cm x 50 cm, Anda juga dapat menggunakan produk ini sebagai selimut yang pas untuk dibawa saat bepergian, terutama jika Anda akan membawa bayi cukup lama di dalam mobil.

Selain itu, produk ini juga dijamin aman untuk bayi dan anak-anak karena bahan kapasnya yang antibakteri dan breathable. Hal ini akan menguntungkan Anda karena kulit bayi sangat sensitif dan mudah teriritasi. Saputangan ini kami rekomendasikan bagi Anda yang memiliki bayi berusia 0-12 bulan. Jangan pikir panjang lagi, ayo segera miliki!

Kesimpulan

Setelah menyimak rekomendasi saputangan terbaik untuk bayi Anda, apakah Anda sudah menentukan pilihan? Saputangan merupakan hal yang penting dalam perawatan bayi. Oleh karena itu, ada baiknya Anda sudah menyiapkan saputangan untuk bayi sebelum melahirkan.

Namun, jangan lupa untuk memperhatikan cara memilih saputangan bayi terbaik yang sudah dijelaskan sebelumnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menemukan saputangan favorit untuk si bayi yang lembut dan nyaman digunakan.