10 Rekomendasi Speaker Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Speaker Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2018)

Saat ini telah hadir berbagai speaker portabel untuk mengatasi ketidaknyamanan Anda saat mendengarkan musik dari smartphone. Produsen terkenal, seperti Anker, Sony, JBL, TaoTronics, dan Aukey telah membuat speaker Bluetooth. Dengan demikian, Anda bisa menikmati musik tanpa kabel.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum Anda memilih speaker untuk smartphone. Artikel berikut ini akan mengulas cara memilih speaker terbaik beserta rekomendasi sepuluh speaker terbaik untuk smartphone. Silakan baca artikel ini hingga tuntas supaya tidak salah pilih.

Daftar isi

Bisa terhubung tanpa kabel itu nyaman, lho!

Bisa terhubung tanpa kabel itu nyaman, lho!

Sebelum bahasan dimulai, kami akan mengulas tentang smart speaker terlebih dahulu.

Saat ini terdapat dua jenis speaker yang biasa digunakan pada smartphone. Jenis speaker yang pertama dapat terhubung melalui Bluetooth tanpa menggunakan kabel. Sementara itu, jenis speaker yang kedua terhubung dengan konektor melalui soket earphone.

Beberapa dari Anda mungkin sudah terbiasa menggunakan Bluetooth pada komputer untuk menghubungkan mouse ataupun earphone. Jika Anda menghubungkan speaker ke smartphone tanpa kabel, Anda bisa mendengarkan suara lebih jelas dibandingkan tanpa speaker. Selain itu, suara yang Anda dengarkan akan memiliki kualitas yang lebih baik. Jadi, Anda mesti mencobanya!

Fitur Bluetooth pada speaker telah kompatibel dengan iPhone dan Android serta bisa Anda nikmati hingga jarak 10 meter. Selain itu, speaker Bluetooth pada umumnya memakai baterai. Dengan demikian, Anda bisa membawa-bawa speaker sambil menikmati suara berkualitas di rumah ataupun di luar rumah.

Speaker yang menggunakan earphone jack lebih stabil daripada speaker tanpa kabel karena tidak terpengaruh apabila ada panggilan masuk. Namun, pengoperasian serta kenyamanan saat memakai iPhone bisa terganggu jika iPhone terhubung dengan kabel. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan smart speaker untuk iPhone dengan menggunakan koneksi Bluetooth tanpa menggunakan kabel.

Cara memilih speaker terbaik untuk smartphone

Kami akan menguraikan enam poin penting yang perlu Anda perhatikan selain koneksi Bluetooth pada smart speaker. Pada ulasan ini, ada beberapa istilah yang bersifat teknis. Namun, kami akan menjelaskan sedikit demi sedikit agar Anda mendapat pemahaman yang menyeluruh.

Periksalah apakah codec sudah sesuai

Apa yang dimaksud dengan codec yang sesuai? Data audio yang dikirimkan dari smartphone ke speaker dengan menggunakan Bluetooth berbentuk data yang dikompresi. Data yang dikompresi ini kemudian dikirimkan sebagaimana adanya. Codec berarti standar pada saat kompresi berlangsung.

Perhatikan keempat jenis codecSmartphone dan speaker harus kompatibel

Perhatikan keempat jenis codec! Smartphone dan speaker harus kompatibel

Secara umum codec terbagi dalam empat jenis. Berdasarkan urutan kualitas suara terbaik, codec terbagi menjadi LDAC, apt-X, AAC, dan SBC.

LDAC adalah sistem baru yang dikembangkan oleh SONY pada tahun 2015. Sistem ini bisa terhubung dengan sumber suara dengan resolusi tinggi. Standar LDAC membuat Anda bisa menikmati kualitas suara terbaik pada saat sekarang. Namun, untuk menikmati LDAC, Anda memerlukan terminal dari Sony Xperia dengan menggunakan speaker yang diproduksi oleh Sony.

Jenis codec apt-X merupakan standar yang dikembangkan oleh perusahaan CSR. Kualitas suara yang dihasilkan oleh apt-X mendekati suara pada CD. Namun, saat ini hanya beberapa produk yang kompatibel dengan apt–X.

Sementara itu, AAC adalah standar codec yang sudah tidak asing bagi pengguna iTunes. Tipe codec ini memiliki kualitas suara yang relatif bagus. Jenis codec yang terakhir adalah SBC. Jenis codec ini memiliki standar codec yang kompatibel dengan semua model dan perangkat. Codec tipe ini memiliki rasio kompresi yang sangat tinggi dengan kualitas suara yang kurang bagus.

Smartphone dan speaker yang Anda gunakan harus kompatibel agar sistem codec bisa berjalan. Hal ini berlaku untuk semua jenis codec yang telah kami paparkan. Smartphone sebagai pemberi transmisi dan speaker sebagai penerima transmisi harus mendukung standar codec yang sama. Berhati-hatilah jika Anda membeli speaker dengan standar LDAC karena ingin terhubung dengan sumber suara dengan resolusi tinggi. Speaker dengan standar LDAC tidak berguna jika transmisi yang dikirim berasal dari iPhone.

Tidak masalah jika Anda tidak mementingkan codec!

Tidak masalah jika Anda tidak mementingkan codec!

Codec merupakan hal penting yang harus diperhatikan tetapi tidak selamanya pemilihan speaker tergantung pada codec. Tentu saja pemilihan AAC atau apt-X adalah hal penting apabila Anda menginginkan kualitas suara yang baik. Oleh karena itu, prioritas utama yang harus diperhatikan adalah codec yang kompatibel. Dengan demikian, Anda bisa menikmati suara yang bagus jika didukung oleh perangkat yang tepat. Namun, pemilihan codec yang berkualitas tidak berarti jika komponen yang esensial dari speaker seperti amplifier tidak bagus.

Jika Anda pengguna Xperia yang merupakan smartphone produksi Sony, tentu Anda bisa mendengarkan kualitas suara terbaik. Namun, Anda mesti memilih smart speaker yang kompatibel dengan sumber suara dengan resolusi yang tinggi pula.

Periksa output dari speakerOutput 3 watt sudah mencukupi

Periksa output dari speaker. Output 3 watt sudah mencukupi

Parameter yang harus diperhatikan saat memeriksa kualitas suara speaker adalah nilai output dari amplifier internal. Semakin besar nilai output maka akan membuat suara yang dikeluarkan semakin besar sehingga speaker semakin bagus. Selain itu, kualitas suara tergantung juga dari besaran volume speaker.

Volume besar pada speaker yang diiringi daya utama amplifier yang besar membuat kemampuan speaker semakin baik. Jadi, apabila Anda ingin menggunakan speaker untuk smartphone untuk dipakai di rumah Anda perlu memeriksa output dari amplifier.

Speaker dengan daya yang melebihi 10 watt bisa dikategorikan sebagai speaker yang memiliki kemampuan yang cukup besar. Namun, smart speaker dengan daya output sekitar 3 watt sudah cukup untuk dinikmati.

Apakah terdapat fungsi antiair? Pilih speaker sesuai dengan situasi dan lingkungan

Apakah terdapat fungsi antiair? Pilih speaker sesuai dengan situasi dan lingkungan

Kemampuan speaker yang antiair atau tidak antiair tergantung dari situasi Anda saat menggunakan speaker. Speaker lebih berisiko terkena air apabila Anda menggunakannya di dapur atau di kamar mandi. Dengan demikian, Anda bisa memilih speaker yang antiair jika digunakan di dapur atau di kamar mandi. Namun, jika hanya menggunakan speaker di dalam ruangan, Anda tidak memerlukan speaker yang antiair.

Apabila Anda ingin menggunakan speaker di ruang terbuka seperti di laut atau saat berkemah, pilihlah speaker yang antiair. Jadi, sesuaikanlah pemilihan speaker dengan kebutuhan Anda pada saat menggunakannya.

Fungsi NFC akan memudahkan pairing dan kuantitas pairing membuat musik bisa lebih dinikmati

Metode pairing, fungsi NFC akan memudahkan pairing serta kuantitas pairing membuat musik bisa lebih dinikmati

Koneksi Bluetooth mudah terhubung jika Anda menyalakan fitur Bluetooth pada masing-masing perangkat. Fungsi NFC merupakan metode yang memudahkan Anda untuk pairing dengan menggunakan Bluetooth. Jika Anda memiliki smartphone yang dilengkapi dengan fitur NFC, Anda dapat menghubungkan perangkat dengan sedikit sentuhan saja. Metode ini tentu sangat praktis.

Fungsi NFC bukan hal yang mutlak diperlukan. Namun, jika Anda ingin menghubungkan speaker dan smartphone dengan cepat dan mudah, pilihlah perangkat yang dilengkapi fitur NFC. Selain itu, beberapa speaker mampu melakukan pairing dengan beberapa smartphone. Dengan demikian, satu buah speaker dapat dipakai oleh beberapa smartphone. Hal ini memungkinkan Anda untuk menikmati berbagai musik yang berbeda di setiap smartphone. Jadi, Anda bisa meningkatkan kepuasan dalam mendengarkan musik.

Perhatikan ketahanan baterai saat speaker dioperasikan. Speaker yang mampu beroperasi lama bisa mengurangi kualitas suara

Perhatikan ketahanan baterai saat speaker dioperasikan. Speaker yang mampu beroperasi lama bisa mengurangi kualitas suara

Anda perlu memeriksa berapa lama waktu penggunaan speaker terutama speaker yang dioperasikan dengan menggunakan baterai. Anda bisa mengisi ulang baterai jika Anda menggunakan speaker di dalam rumah. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir speaker akan kehabisan baterai saat dipakai. Namun, jika Anda ingin menggunakan dan menikmati speaker di luar rumah, Anda harus memeriksa waktu penggunaan speaker. Periksalah waktu penggunaan speaker tanpa harus mengisi ulang baterai.

Anda bisa mengacu pada sepuluh jam sebagai waktu penggunaan standar speaker yang menggunakan baterai. Hal ini berdasarkan banyaknya produk yang telah dikembangkan dengan kemampuan baterai hingga sepuluh jam. Namun, tidak selamanya waktu operasi yang lama bisa dijadikan acuan. Speaker yang mampu beroperasi lama terkadang mengurangi daya output ke amplifier. Oleh karena itu, jangan pilih speaker yang mampu beroperasi lama apabila Anda lebih mementingkan kualitas suara. Jadi, berhati-hatilah saat memilih speaker.

Periksa ukuran dan berat speaker sesuai mobilitas

Periksa ukuran dan berat speaker sesuai mobilitas

Selain fungsi utama dari smart speaker, Anda dapat memilih speaker berdasarkan ukuran dan bobot. Anda dapat memilih speaker yang mudah dibawa bersama smartphone. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa ukuran dan berat yang sesungguhnya. Dengan demikian, Anda dapat mencegah penyimpangan ukuran yang tampak lebih besar atau lebih kecil dari perkiraan Anda. Jadi, periksalah ukuran dan beratnya terutama jika Anda membutuhkan speaker yang mudah untuk dibawa-bawa.

10 Rekomendasi speaker terbaik untuk smartphone

Selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi sepuluh speaker terbaik untuk smartphone Anda. Silakan pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Dazumba DW 286

10. Dazumba DW 286

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 435.000

Komplet! Bluetooth speaker, radio FM, USB reader, dan audio jack dalam satu paket!

Fitur USB reader pada produk ini memungkinkan Anda mendengarkan musik melalui flash drive secara plug and play. Anda juga bisa menikmati lagu dari aplikasi perangkat Anda atau dari Youtube secara nirkabel hingga 10 meter. Hal ini bisa terjadi berkat kehadiran bluetooth yang ada pada produk ini.

Anda juga bisa berkaraoke menggunakan produk ini karena dilengkapi dengan dua buah input untuk microphone. Pilihlah produk ini apabila Anda senang menyanyikan lagu secara duet. Selain itu, input microphone bisa Anda pakai sebagai input gitar elektrik. Dazumba DW 286 dilengkapi juga dengan tuner radio. Dengan demikian, Anda bisa menikmati siaran FM dari frekuensi 87,5 MHz hingga 108 MHz.

9. Jabra Solemate Red

9. Jabra Solemate Red

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 799.000

Tidak masalah menikmati musik walau ada guncangan

Produk ini dirancang dengan teknologi antidebu dan tahan terhadap cipratan air. Anda bisa memilih produk ini apabila sering memutar musik di luar ruangan. Produk ini mampu melakukan berbagai hal selain berfungsi sebagai speaker. Saat terhubung dengan smartphone, Anda bisa menjawab panggilan suara yang masuk, mengakhiri panggilan, dan menolak panggilan masuk.

Anda bisa melakukan pairing melalui produk ini hingga delapan gawai dengan satu gawai yang aktif. Produk ini juga mampu mengurangi suara latar dan mampu menyesuaikan volume secara otomatis. Selain itu, Anda bisa mendengarkan suara tanpa gangguan walaupun timbul guncangan akibat aktivitas selama mendengarkan musik. Tambahan lagi, kehadiran Fitur NFC membuat Anda bisa melakukan pairing dengan lebih mudah.

8. Aukey Wireless Mini Speaker SK-M31

8. Aukey Wireless Mini Speaker SK-M31

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 524.250

Mudah mendengarkan musik dengan berbagai media termasuk melalui micro SD card

Produk ini memudahkan Anda untuk terhubung ke speaker dengan atau tanpa menggunakan koneksi Bluetooth. Anda bisa terhubung secara nirkabel melalui fitur Bluetooth 4.2. Hal ini membuat pairing antara speaker dan gawai lebih mudah dengan energi yang lebih efisien. Apabila gawai Anda tidak mendukung koneksi Bluetooth, Anda bisa memainkan musik melalui micro SD card.

Produk ini dilengkapi juga dengan audio jack 3,5 mm sehingga Anda bisa mendengarkan musik melalui koneksi kabel. Fitur radio FM akan berguna untuk mendengarkan musik yang belum dirilis oleh penyedia layanan streaming. Pilihlah produk ini apabila Anda mencari speaker yang bisa terkoneksi dengan berbagai cara. Selain itu, produk ini memiliki ukuran 67 mm x 67 mm x 67 mm sehingga mudah dibawa travelling.

7. JBL Clip 2

7. JBL Clip 2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 659.400

Kaitkan klipnya dan mainkan musiknya secara fleksibel, bahkan di dalam air!

JBL Clip 2 memiliki carabiner khusus sehingga Anda bisa mengaitkan produk ini di tas punggung atau di ikat pinggang. Anda yang ingin mengoperasikan speaker dengan fleksibel ke mana pun Anda pergi saat bertualang dapat memilih produk ini. Teknologi noise dan echo-free membuat Anda bisa menikmati suara dengan jernih.

Anda juga bisa mengoperasikan produk ini tanpa khawatir dengan kondisi cuaca. Teknologi IPX7 membuatnya tahan terhadap cipratan air, cocok apabila Anda ingin menikmati musik di dalam air. Produk ini juga dilengkapi dengan rantai Daisy tanpa kabel. Hal ini membuat Anda bisa menyambungkan dua produk ini untuk menghasilkan suara yang lebih membahana.

6. Tronsmart Beam Bluetooth Speaker

6. Tronsmart Beam Bluetooth Speaker

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.400.000

Dilengkapi dengan lampu penerangan yang mengerti mood Anda

Pilihlah produk ini apabila Anda bosan dengan bentuk speaker yang standar. Produk ini terbuat dengan bentuk jala yang padu dari bahan aluminium terbaik. Bentuk yang unik membuat produk ini tidak hanya dapat berfungsi sebagai speaker, tetapi mampu memperindah interior ruangan Anda. Selain itu, produk ini kompatibel dengan iPhone 8, iPhone 8 plus, iPhone X, dan Samsung Note 8.

Speaker ini dilengkapi juga dengan fitur penerangan yang bisa disesuaikan dengan mood Anda. Bagi Anda yang membutuhkan suasana romantis, produk ini dapat dijadikan pilihan. Selain itu, Anda bisa menikmati musik dengan penerangan hingga delapan belas jam. Dengan demikian, produk ini cocok untuk Anda yang membutuhkan speaker dengan waktu operasi yang lama.

5. JBL Flip 3

5. JBL Flip 3

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.025.000

Bisa terhubung dengan tiga smartphone sekaligus! Lebih banyak pilihan lagu!

JBL Flip 3 bisa terhubung dengan tiga buah smartphone. Bagi Anda yang ingin menikmati musik bersama grup kecil kerabat secara bergantian dari smartphone, pilihlah produk ini. Kapasitas baterai sebesar 3000 mAH membuat Anda bisa menikmati musik hingga sepuluh jam. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan teknologi noise dan echo-free guna menghasilkan suara yang jernih.

Material produk ini terbuat dari bahan yang tahan lama dengan karet berpola. Hal ini membuat JBL Flip 3 cocok menemani Anda saat bertualang. Anda tidak perlu khawatir apabila ingin memakai produk ini di dapur atau di dekat kolam renang. Teknologi splashproof membuat JBL Flip 3 mampu dibersihkan dengan cara dibasuh. Namun, jangan dengan sengaja menjatuhkan produk ini ke dalam air, ya!

4. Sony SRS-XB10

4. Sony SRS-XB10

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 675.000

Kolaborasi radiator pasif dan speaker monaural, jadi asyik mendengarkan suara bass!

Sony SRS-XB10 memiliki radiator pasif yang bekerja dengan speaker monaural sehingga menghasilkan nada yang rendah. Bagi Anda yang menginginkan efek bass saat mendengarkan musik, bisa memilih produk ini. Selain itu, produk ini telah memiliki sertifikasi IPX5 yang tahan air. Bagi Anda yang membutuhkan speaker di area terbuka juga dapat memilih produk ini.

Speaker ini mampu beroperasi selama enam belas jam, cocok untuk Anda yang terbiasa mendengarkan musik dalam waktu yang lama. Anda akan mendapatkan suara stereo apabila Anda menghubungkan dua buah speaker Sony SRS-XB10 secara nirkabel. Selain itu, produk ini dilengkapi fitur NFC One-touch guna memudahkan Anda menghubungkan speaker ini ke smartphone Anda.

3. Cambridge SoundWorks OontZ Angle 3 Portable Wireless Bluetooth Speaker

3. Cambridge SoundWorks OontZ Angle 3 Portable Wireless Bluetooth Speaker

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 399.000

Desain triangular, lebih fleksibel dioperasikan serta meningkatkan kejernihan suara

Produk ini memiliki desain berupa triangular (segitiga) tanpa sudut yang kaku. Bentuknya membuat produk ini bisa digunakan dengan posisi berdiri atau posisi tidur. Pilihlah produk ini apabila Anda membutuhkan speaker yang bisa dioperasikan dengan berbagai posisi. Selain itu, produk ini memiliki dimensi ukuran 13,3 cm x 6,6 cm x 7,1 cm untuk dipasang di cup holder mobil Anda.

Speaker ini terdiri dari dua driver neodimium guna menghasilkan suara jernih pada suara tinggi dan menengah. Sementara itu, bass radiator berfungsi untuk menghasilkan efek suara bass. Tambahan lagi, desain triangular tidak hanya memberikan fleksibilitas saat produk ini digunakan, tetapi berfungsi untuk memisahkan drivers dari bass radiator agar dapat meningkatkan kejernihan suara.

2. TaoTronics TT-SK10 TaoTronics Pulse X Bluetooth Speaker

2. TaoTronics TT-SK10 TaoTronics Pulse X Bluetooth Speaker

Lihat produk ini Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.086.244

Kompatibilitas luas, bisa dipakai untuk berbagai smartphone!

Produk ini kompatibel dengan kebanyakan smartphone dan produk lain yang bisa terkoneksi menggunakan Bluetooth. Anda yang membutuhkan speaker dengan jangkauan penggunaan berbagai gawai bisa memilih produk ini. Selain itu, produk ini bisa dipakai menggunakan audio jack 3,5 mm. Dengan demikian, Anda tetap bisa mendengarkan musik tanpa harus terhubung melalui Bluetooth.

Anda yang membutuhkan jangkauan suara dengan jarak yang luas bisa memilih produk ini. Anda bisa mendengarkan musik tanpa kabel dengan stabil, nyaman, dan konsisten hingga jarak 10 meter. Di bagian atas produk, Anda bisa menemukan tombol pengaturan dengan desain yang cantik dan ergonomis. Hal tersebut akan membuat Anda nyaman saat mengoperasikan produk ini.

1. Anker SoundCore Bluetooth Speaker

1. Anker SoundCore Bluetooth Speaker

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 812.448

Bisa beroperasi hingga 24 jam dalam sekali pengisian daya!

Produk ini mengusung desain stereo full body yang mampu mengirim suara bass yang tajam dengan volume tinggi. Anda bisa mendengar suara dengan jernih karena produknya mampu menahan distorsi suara sebesar 1% saja. Bagi Anda yang menginginkan kualitas suara jernih pada speaker bisa memilih produk ini. Selain itu, produk ini diklaim tahan lama karena dirancang tahan banting pula.

Anker SoundCore Bluetooth Speaker mampu memainkan hingga lima ratus buah musik dalam sekali pengisian daya. Kami merekomendasikannya untuk Anda yang membutuhkan speaker yang bisa beroperasi lama. Anda bisa mendengarkan musik hingga 24 jam atau dua kali lebih lama dibandingkan Bluetooth speaker lain. Speaker ini juga menggunakan koneksi Bluetooth 4.0 guna meningkatkan kompatibilitas dan kecepatan pairing.

Kesimpulan

Kami telah mengulas cara memilih serta merekomendasikan sepuluh speaker untuk smartphone. Produk mana yang akan Anda pilih? Anda bisa menikmati musik ketika memilih speaker yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Speaker untuk smartphone bisa berfungsi juga sebagai penghias interior ruang Anda. Jadi, pilihlah speaker untuk smartphone yang tepat agar mendengarkan musik jadi lebih menyenangkan!