1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Facial Steamer Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Facial Steamer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Facial Steamer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Facial Steamer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Facial Steamer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Facial Steamer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Facial Steamer Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Setiap wanita mendambakan kulit wajah yang sehat. Salah satu musuh terbesar kulit adalah kering atau kurangnya kelembapan. Hal ini dapat menyebabkan keriput, jerawat, dan permasalahan kulit lainnya. Untuk itu, facial steamer atau face steamer hadir menjadi penyelamat kulit Anda.

Facial steamer adalah alat yang berfungsi meningkatkan kesehatan kulit dengan uap atau ion yang dihasilkan. Kami akan membahas cara memilih facial steamer lengkap dengan rekomendasi produk terbaiknya. Anda bisa menemukan produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Omfu, INONE, dan JACO. Temukan juga produk nano spray portabel yang tidak kalah menarik!
Diperbaharui 10-25-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Reni Suhapsari

Reni Suhapsari adalah lulusan Universitas Gadjah Mada jurusan ilmu komunikasi. Semasa kuliah, Reni pernah bekerja paruh waktu sebagai research assistant di fakultasnya. Ia juga magang sebagai reporter di radio dan televisi. Setelah lulus, penyuka fotografi ini bekerja sebagai video journalist dan news anchor di sebuah televisi lokal. Setelah memutuskan resign karena harus pindah ke Jepang bersama suaminya, kini Reni fokus dengan hal-hal baru. Reni yang memang hobi menulis saat ini menjadi content writer di mybest Indonesia. Fashion and skincare enthusiast ini suka menulis tentang produk perawatan tubuh dan kecantikan. Baru-baru ini, ia juga terlibat dalam pembuatan konten Youtube mybest Indonesia.

Profil Reni Suhapsari
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Manfaat penggunaan facial steamer

Manfaat penggunaan facial steamer

Facial steamer adalah salah satu alat kecantikan yang dapat membuka pori-pori dan melembutkan kulit dengan uap hangat. Dengan menggunakan facial steamer, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat untuk kulit wajah. Berbagai manfaat penggunaan facial steamer kami rangkum dalam poin-poin berikut:


  • Melembapkan kulit sehingga lebih mudah menerima perawatan selanjutnya
  • Meningkatkan sirkulasi darah sehingga kadar oksigen bertambah, kulit wajah jadi lebih berseri
  • Membuat Anda berkeringat sehingga membantu mengeluarkan racun dari kulit
  • Membantu eksfoliasi kulit dengan facial steaming yang menjadikan kotoran dan kulit mati lebih mudah terangkat
  • Memberi efek relaksasi

Facial steamer saja sebenarnya belum cukup untuk melembapkan dan merawat wajah. Untuk itu, Anda tetap harus menggunakan produk perawatan lainnya. Anggaplah facial steamer sebagai alat yang mampu meningkatkan kualitas perawatan kulit.


Anda dapat menggunakan facial steamer sebelum mengaplikasikan produk perawatan kulit. Kulit yang lembap dan bersih akan lebih mudah menerima kandungan skincare. Alat ini juga bisa digunakan sebelum mengaplikasikan riasan agar makeup lebih mudah menempel.

Cara memilih facial steamer

Kami akan menjelaskan empat poin yang harus diperhatikan dalam memilih facial steamer. Perhatikan cara memilih berikut agar Anda dapat membeli produk yang tepat!

① Pilih tipe sesuai lokasi penggunaannya

Terdapat dua tipe facial steamer berdasarkan lokasi penggunaannya, yaitu tipe stasioner dan portabel. Anda dapat menyesuaikannya dengan selera dan kebutuhan Anda.

Tipe stasioner, menghasilkan banyak uap

Tipe stasioner, menghasilkan banyak uap

Jika ingin melakukan perawatan sendiri pada pagi dan sore hari di rumah, Anda dapat memilih tipe ini. Meski harganya mahal, tipe stasioner memiliki spesifikasi tinggi dan kapasitas tangki yang besar. Karena itu, tipe ini dapat menghasilkan uap yang lebih banyak.


Kekurangan tipe stasioner adalah tidak praktis karena cenderung memiliki ukuran yang besar. Akan tetapi, terdapat banyak jenis produk yang beredar di pasaran. Anda dapat memilih produk yang ringkas dengan fungsi terbatas atau yang berukuran besar dengan fungsionalitas tinggi. Periksalah hal itu terlebih dahulu dan pilih produk yang juga mudah disimpan.

Tipe portabel, dapat digunakan di mana saja

Tipe portabel, dapat digunakan di mana saja

Tipe portabel biasa disebut handy mist. Beberapa orang juga menyebutnya dengan istilah nano spray karena facial steamer ini cenderung menghasilkan kabut air dibandingkan uap. Tipe ini memiliki ukuran yang compact dan mudah dibawa-bawa. Oleh karena itu, alat uap wajah mini ini dapat digunakan di mana saja untuk menjaga kelembapan kulit wajah.


Agar tidak menjadi beban, pilihlah tipe portabel yang seukuran smartphone dengan berat di bawah 100 gram. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya Anda memiliki kedua tipe yang tersedia. Tipe stasioner untuk di rumah dan tipe portabel untuk dibawa saat bepergian.

② Pastikan produk mudah diisi air dan dibersihkan

Pastikan produk mudah diisi air dan dibersihkan

Karena akan dipakai dalam waktu lama, penting untuk memilih produk yang mudah digunakan. Periksalah kemudahan dalam pengisian air dan pembersihannya.

  • Mengenai pasokan air, akan lebih mudah menggunakan tangki air yang dapat dilepas atau gelas ukur khusus. 
  • Pertimbangkan juga produk yang memiliki lubang pembuangan air agar mudah dibersihkan dan dikeringkan setelah dipakai.

③ Cek jenis air yang dapat digunakan

Cek jenis air yang dapat digunakan

Tidak semua facial steamer cocok dengan semua jenis air untuk digunakan. Ada beberapa produk yang harus menggunakan jenis air khusus, seperti hydrating water dan mineral water.


  • Hydrating water adalah air yang memiliki karakteristik menghidrasi kulit. Biasanya seller menyediakan hydrating water yang mereka jual satu paket dengan facial steamer.

  • Mineral water adalah air yang mengandung mineral. Produk facial steamer yang beredar di Indonesia biasanya mencantumkan jenis air mineral dengan kandungan pH tertentu. Salah satu contohnya adalah produk Nano Spray Mini dari OMFU yang menggunakan mineral water dengan kandungan pH alkali.

Menggunakan air selain yang disarankan akan membuat facial steamer tidak bekerja maksimal, misalnya uap air tidak keluar. Risiko lainnya adalah penumpukan kerak. Untuk itu, penting sekali memeriksa terlebih dahulu air yang dapat digunakan pada produk yang akan Anda beli.


Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir. Produk facial steamer yang dijual di Indonesia mayoritas bisa diisi menggunakan air biasa.

④ Periksa juga mengenai fungsi lain yang ditawarkan

Periksa juga mengenai fungsi lain yang ditawarkan

Pada dasarnya, facial steamer yang baik dalam perawatan kulit adalah poin utama dalam memilih produk. Akan tetapi, fungsi tambahan yang ditawarkan juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.


  • Nebulizer

Biasanya produk ini dilengkapi dengan corong khusus. Anda bisa memasukkan cairan obat dan menghirupnya menggunakan corong tersebut untuk melegakan pernafasan.


  • Aromaterapi

Fungsi ini membuat perawatan kulit sebelum tidur lebih istimewa. Selain kulit wajah sehat, kualitas tidur juga akan meningkat.


  • Timer

Dengan keberadaan timer, perawatan bisa dilakukan sambil melakukan hal lainnya. Anda bisa melakukan perawatan sambil tiduran ataupun menonton televisi.

10 Rekomendasi facial steamer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk facial steamer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Omfu

Nano Spray Mini

Omfu Nano Spray Mini 1枚目

Handsfree nano spray, praktis dengan standing yang stylish

2

INONE

Nano Mist Sprayer

INONE  Nano Mist Sprayer 1枚目

Simpel dan sederhana, mudah dipakai oleh pemula

3

Teratu

Beauty KOOLMist Atomizer

Teratu Beauty  KOOLMist Atomizer 1枚目

Uap dingin yang dihasilkan memberi efek segar dan relaxing

4

CkeyiN

Nano Spray Humidifier

CkeyiN Nano Spray Humidifier 1枚目

Desain mini, sangat praktis untuk dibawa bepergian

5

JACO

Nano Beauty Face

JACO Nano Beauty Face 1枚目

Produk serbaguna dengan tiga fungsi yang berbeda

6

Inone

Steamer Wajah Termal

Inone Steamer Wajah Termal 1枚目

Hadirkan perawatan ala salon di rumah dengan produk mewah

7

Satu Keluarga

Nano Spray Mini Karakter

Satu Keluarga Nano Spray Mini Karakter  1枚目

Nano spray karakter lucu, cocok untuk Anda yang ingin tampil girly

8

Ckeyin

Face Steamer

Ckeyin Face Steamer 1枚目

Menutrisi kulit secara maksimal dengan menambahkan sayur, buah, atau bunga

9

Konka

Ionic Facial Steamer

Konka Ionic Facial Steamer 1枚目

Kulit wajah lebih halus dengan alat uap wajah berteknologi PTC

10

Informa

Kels Peony Facial Steamer

Informa Kels Peony Facial Steamer 1枚目

Dilengkapi corong tambahan, produk ini juga berfungsi sebagai nebulizer

Perincian produk
Close
No.1

Handsfree nano spray, praktis dengan standing yang stylish

Kelebihan:
  • Desain futuristis dan modern
  • Produk dilengkapi standing yang stylish, bisa digunakan handsfree
  • Ukuran compact, bisa dibawa ke mana pun

Kekurangan:

  • Hanya bisa menggunakan air mineral dengan kandungan pH alkali
  • Tidak dilengkapi fungsi lainnya

Inilah alat uap wajah terlaris di marketplace saat ini. Berbeda dengan produk portable lainnya, produk ini dilengkapi dengan standing. Penggunaannya tidak melulu harus digenggam, Anda bisa meletakkannya di atas meja dan mengatur posisinya. Jika mencari produk dengan desain yang modern dan futuristis, produk ini bisa dilirik.


Ukuran facial steamer ini juga kecil sehingga travel-friendly. Menariknya lagi, facial steamer ini memakai chip berteknologi tinggi. Selain itu, teknologi special vibration-nya dapat mengubah air menjadi ultramikron halus sehingga mampu diserap hingga ke bagian dalam kulit.

No.2

INONE Nano Mist Sprayer

Mulai dari Rp69.900,00

Simpel dan sederhana, mudah dipakai oleh pemula

Kelebihan:

  • Desain simpel, mudah dipahami dan digunakan
  • Ukuran mini dan portable, bisa dibawa bepergian

Kekurangan:

  • Meski ditutup rapat, penggunaan harus dalam posisi tegak agar tidak ada air yang bocor
  • Menambahkan essential oil dan cairan yang agak kental akan membuat alat ini sulit beroperasi

Nano Mist Sprayer ini memiliki desain simpel. Karakteristik tersebut menjadikannya mudah digunakan. Jika Anda pemula dan baru ingin mencoba menggunakan nano sprayer, alat ini bisa dipilih. Ukuran yang kecil menjadikannya mudah dibawa bepergian.


Produk ini juga menggunakan atomisasi berteknologi tinggi. Proses osilasinya berkecepatan tinggi sehingga dapat melarutkan hidrogen molekuler menjadi partikel nano. Dengan teknologi tersebut, uap yang dihasilkan dapat menembus kulit dan membuka pori-pori untuk pembersihan yang mendalam. Kulit pun bebas dari kotoran dan residu kosmetik.

No.3

TeratuBeauty KOOLMist Atomizer

Mulai dari Rp100.000,00

Uap dingin yang dihasilkan memberi efek segar dan relaxing

Kelebihan:

  • Menggunakan techology nano vibration
  • Uap yang dihasilkan dingin dan menyegarkan
  • Rechargeable, sudah satu set dengan charging cable


Kekurangan:

  • Menggunakan hydrating water, akan ada biaya lebih yang harus dikeluarkan
  • Tidak dilengkapi fungsi lainnya
  • Tidak boleh dipakai dalam kondisi di-charge

Anda menginginkan produk yang mampu memberikan kesegaran ekstra? Teratu Beauty KOOLMist Atomizer ini bisa Anda coba. Produk ini menggunakan nano vibration techology yang memecah partikel air menjadi uap berukuran nano. 


Suhu uap yang dihasilkan dingin karena saat proses pemecahan partikel terjadi pelepasan panas. Uap dingin yang dihasilkan akan memberikan sensasi segar dan relaxing pada wajah. Untuk hasil maksimal, Anda bisa membeli produk ini satu set dengan hydrating water.

No.4

CkeyiNNano Spray HumidifierMR540-GQ

Mulai dari Rp101.268,00

Desain mini, sangat praktis untuk dibawa bepergian

Kelebihan:

  • Desain mini dan simpel, nyaman dibawa bepergian
  • Alat mudah digunakan

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi fungsi lainnya
  • Kapasitas air kecil 12 ml, hanya cukup untuk treatment selama 5 menit

Jika Anda termasuk orang yang mengutamakan kepraktisan suatu produk, facial steamer tipe portabel ini pas untuk Anda. Produk ini memiliki desain yang simpel. Karena ukurannya mungil, Anda bisa membawanya dengan mudah. Selain itu, visible water tank-nya membuat Anda dapat melihat ketersediaan air tanpa harus membuka case.


Nano Spray Humidifier ini menghasilkan kabut halus yang lebih kecil sehingga dapat dengan mudah menembus ke bagian bawah kulit. Volume semprotan yang dihasilkan juga cukup kuat dan besar. Dengan alat uap mini ini, Anda bisa mendapatkan kulit sehat terhidrasi.

No.5

Produk serbaguna dengan tiga fungsi yang berbeda

Kelebihan:
  • Produk multifungsi, memiliki tiga fungsi sekaligus
  • Dilengkapi timer, waktu penggunaan bisa diatur sesuai dengan fungsinya
  • Kapasitas air besar

Kekurangan:

  • Tidak boleh digunakan oleh penderita gangguan pernapasan
  • Dimensi produk cukup besar dan berat sehingga tidak cocok dibawa bepergian

Produk ini memiliki tiga fungsi berbeda. Selain untuk wajah, produk ini juga dapat digunakan untuk menghangatkan handuk muka dan menetralisasi udara dalam ruangan. Produk ini bisa menjadi pilihan yang pas jika Anda mencari facial steamer yang multifungsi.


Ion negatif yang dihasilkan produk ini efektif dalam melembapkan, mencerahkan, dan mengangkat sel kulit mati. Anda cukup menggunakan produk ini setidaknya 15 menit dalam sehari untuk hasil maksimal.

No.6

InoneSteamer Wajah TermalKD2331A

Mulai dari Rp529.900,00

Hadirkan perawatan ala salon di rumah dengan produk mewah

Kelebihan:

  • Corong bisa diputar dan disesuaikan arahnya
  • Desain produk mewah dan elegan

Kekurangan:

  • Tipe stasioner, hanya bisa digunakan di rumah
  • Produk tidak dilengkapi fungsi tambahan

Hampir setiap hari kulit wajah Anda terkena polusi sehingga terlihat kusam dan tidak sehat. Untuk Anda yang mengalami masalah tersebut, produk dari Inone ini solusinya! Produk ini mampu menghasilkan uap ion nano sehingga dapat digunakan sebagai perawatan kulit yang efektif di rumah.


Uap yang dihasilkan akan membantu membersihkan kulit secara mendalam. Anda juga dapat menggunakan masker wajah saat menguap wajah dengan produk ini. Dengan begitu, kandungan esens yang ada di dalam masker wajah akan lebih cepat meresap. Hasilnya, kulit akan menjadi bersih, sehat, dan cerah.

No.7

Satu KeluargaNano Spray Mini Karakter K62

Mulai dari Rp120.000,00

Nano spray karakter lucu, cocok untuk Anda yang ingin tampil girly

Kelebihan:

  • Desain lucu dengan empat pilihan warna dan karakter
  • Ukuran mini, portabel, dan praktis dibawa-bawa
  • Dayanya dapat diisi dengan power bank


Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi fungsi lainnya

Produk ini merupakan facial steamer dengan bentuk menggemaskan, pas untuk Anda yang ingin tampil manis dan girly. Selain unik, Nano Spray Mini ini juga sangat praktis digunakan. Saat baterainya habis, Anda dapat melakukan pengisian daya menggunakan power bank. Anda yang mencari facial steamer untuk menemani aktivitas harian tanpa bingung recharge baterai, gunakan produk ini!

No.8

CkeyinFace SteamerMR241

Mulai dari Rp359.041,00

Menutrisi kulit secara maksimal dengan menambahkan sayur, buah, atau bunga

Kelebihan:

  • Dilengkapi fungsi timer, mesin bisa mati dengan otomatis, lebih hemat daya
  • Bisa memasukkan sayur, buah, atau bunga untuk lebih menutrisi kulit
  • Menggunakan elemen keramik PTC sehingga panas molekul air lebih konstan dan merata

Kekurangan:

  • Tipe stasioner hanya bisa digunakan di rumah

Berbeda dengan facial steamer lainnya, Anda bisa menambahkan irisan sayur, buah, atau bunga ke dalamnya. Produk ini juga menggunakan elemen keramik PTC sehingga molekul panas yang dihasilkan lebih konstan dan merata. 


Karena keunggulan tersebut, produk ini menutrisi kulit secara maksimal. Kulit wajah tidak hanya lembap, tapi juga lebih kencang. Anda ingin memberikan nutrisi maksimal pada kulit agar terlihat lebih awet muda? Produk ini patut diperhitungkan.

No.9

KonkaIonic Facial SteamerKZ-X6(WE)

Mulai dari Rp350.000,00

Kulit wajah lebih halus dengan alat uap wajah berteknologi PTC

Kelebihan:
  • Produk berteknologi PTC sehingga panas molekul air lebih merata
  • Corong khusus dengan desain 150 derajat, pas mengarah ke wajah
  • Aman untuk kulit sensitif dan bisa digunakan oleh ibu hamil

Kekurangan:

  • Produk tidak dilengkapi fungsi lainnya

Kesibukan bukan menjadi satu alasan untuk tidak merawat kulit, bukan? Untuk Anda yang sibuk, tetapi menginginkan perawatan kulit optimal, produk ini kami rekomendasikan. Anda hanya perlu meluangkan waktu 10 menit untuk melakukan perawatan spa premium. 


Keunggulan produk ini adalah teknologi PTC (positive temperature coefficient) yang digunakannya. Alat ini dapat memanaskan molekul air secara merata. Uap hangat yang dihasilkannya mampu membuka pori-pori wajah sehingga lebih efektif membersihkan kulit. Selain lembap, kulit akan terasa lebih halus.

No.10

InformaKels Peony Facial SteamerPink

Mulai dari Rp299.000,00

Dilengkapi corong tambahan, produk ini juga berfungsi sebagai nebulizer

Kelebihan:

  • Memiliki corong khusus yang lebar sehingga kompatibel dengan facial atau nasal mask
  • Dilengkapi nose steamer, berfungsi sebagai nebulizer untuk melegakan pernafasan

Kekurangan:

  • Bobotnya berat, tidak praktis dibawa bepergian

Produk ini memiliki corong khusus berbentuk lebar sehingga uap udara yang keluar langsung mengarah ke wajah. Menariknya, produk ini dilengkapi corong tambahan yang berfungsi sebagai nebulizer untuk membantu melegakan pernapasan, meringankan gejala batuk, dan sinus. Jika Anda mencari produk yang dilengkapi fungsi lain, facial steamer ini wajib Anda miliki.

Tips penggunaan facial steamer yang efektif

Kami akan memberikan beberapa tips penggunaan facial steamer secara efektif. Silakan baca dengan saksama agar Anda dapat menggunakan facial steamer dengan nyaman.

Gunakan satu minggu sekali pada masa awal pemakaian

Gunakan satu minggu sekali pada masa awal pemakaian

Jika Anda merupakan pengguna pemula, mulailah menggunakannya seminggu sekali. Kemudian, tingkatkan frekuensi pemakaian 2–3 kali dalam seminggu sambil mengamati kondisi kulit.


Selain itu, hindari menggunakan facial steamer setiap hari. Terlalu sering menggunakan facial steamer bukan berarti dapat membuat kulit makin indah. Gunakan facial steamer sebagai perawatan khusus, bukan sebagai perawatan sehari-hari.

Gunakan minyak pijat untuk meningkatkan kualitas perawatan kulit

Gunakan minyak pijat untuk meningkatkan kualitas perawatan kulit

Adakalanya riasan tidak menempel dengan baik atau mungkin Anda memiliki keluhan kulit wajah yang kering. Jika kondisi kulit Anda seperti itu, kami sarankan memakai metode pijat menggunakan steamer. Ini adalah cara yang dapat mengurangi pembengkakan dan membuat kulit menjadi lebih lembap.


Saat memaparkan uap ke wajah Anda, oleskan minyak secukupnya ke wajah dan pijat. Dengan menggunakan minyak, kulit tidak hanya menjadi licin, tetapi juga menjadi lebih lembut. Melembapkan wajah akan membuat losion dan essence makin mudah terserap ke dalam kulit.

Bersihkan facial steamer setelah digunakan agar selalu higienis

Bersihkan facial steamer setelah digunakan agar selalu higienis

Hal yang paling penting adalah menjaga kebersihan tangki air. Jika Anda menyimpan air di tangki air, bakteri bisa mudah berkembang biak. Selain itu, jamur penyebab bau tak sedap pun akan tumbuh. Untuk itu, perhatikan selalu kebersihan facial steamer Anda.


Selain itu, metode pembersihan berbeda-beda tergantung pada produknya. Jadi, bacalah petunjuknya dengan cermat dan teliti sebelum mulai membersihkan.

Baca juga rekomendasi produk perawatan wajah lainnya di sini

Selain facial steamer, perawatan juga bisa dilakukan dengan alat kecantikan lain seperti facial brush atau penyedot komedo. Kami telah mengulas artikel-artikel mengenai produk tersebut guna mendukung kegiatan perawatan kulit wajah Anda di rumah. Silakan baca untuk dijadikan sebagai referensi dalam melengkapi koleksi produk perawatan wajah!

Kesimpulan

Penggunaan facial steamer secara teratur akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi kulit wajah. Anda dapat membersihkan, membuka pori-pori untuk mengeluarkan kotoran, dan melembapkan kulit dengan facial steamer.

Karena facial steamer bersinggungan dengan wajah, sebaiknya Anda tidak sembarangan dalam memilihnya. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda dalam memilih facial steamer yang sesuai kebutuhan.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer