10 Rekomendasi Bra Ibu Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bra Ibu Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Ketika sedang hamil, kondisi tubuh wanita akan mengalami perubahan. Bukan hanya perut yang membesar, melainkan payudara juga ikut membesar dan sensitif. Jika salah memilih bra saat hamil akan mengakibatkan napas Anda menjadi sesak dan menimbulkan kulit merah, serta iritasi.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan bra khusus untuk ibu hamil. Jika Anda bingung, di sini kami akan membagikan tips memilih bra ibu hamil yang tepat dan kami harap dapat memberikan kenyamanan kepada Anda. Produk-produk terbaik pun akan kami ulas. Silakan membaca ulasan selengkapnya di bawah ini!

Daftar isi

Cara memilih bra ibu hamil

Sama seperti bra biasa, bra untuk ibu hamil pun beragam jenisnya. Dari sekian banyak desain dan fungsi yang ditawarkan tentu membuat Anda bingung, apalagi bagi ibu yang baru hamil anak pertama.

Pertama-tama, kami akan memberikan tips memilih bra ibu hamil yang baik. Pastikan Anda membaca ulasan kami ini sebelum membeli bra.

Perhatikan ada tidaknya kawat pada bra

Perhatikan ada tidaknya kawat pada bra

Bra ibu hamil yang dilengkapi kawat memiliki fungsi sama seperti bra biasa. Kawat pada bra ibu hamil berfungsi untuk membuat payudara terlihat penuh dan kokoh tanpa melebar ke samping. Bra ibu hamil dengan kawat ini populer di kalangan working mom yang bekerja dan ingin agar payudaranya tetap terlihat indah selama kehamilan hingga melahirkan. Namun, banyak yang mengatakan bahwa bra berkawat berisiko membuat saluran air susu tersumbat karena tekanan dari kawat. Anda juga harus memperhatikan poin ini.

Di samping itu, bra yang tidak dilengkapi kawat memberikan kenyamanan ekstra pada pemakainya. Bra tanpa kawat ini kami rekomendasikan bagi Anda ibu-ibu yang mengutamakan kenyamanan. Namun, akhir-akhir ini pun banyak dijual bra tanpa kawat yang tetap membuat payudara terlihat indah.

Jenis bra tanpa kawat yang menyerupai sport bra akan lebih nyaman dipakai

Jenis bra tanpa kawat yang menyerupai sport bra akan lebih nyaman dipakai

Bra ibu hamil tanpa kawat memang sangatlah populer. Di antara jenis bra tanpa kawat yang terkenal, yaitu bra model crop top. Desain bra ini menyerupai sport bra yang dapat menutupi seluruh bagian payudara serta tidak memiliki pengait di bagian belakang bra.

Namun, belakangan ini sudah banyak dijual bra jenis crop top yang dilengkapi dengan pengait di bagian belakang. Bukan hanya bentuknya menyerupai tank top atau sport bra, tetapi ada juga yang seperti bra biasa. Meskipun tidak kuat dalam menopang payudara, banyak yang mengatakan bahwa bra crop top ini sangatlah nyaman.

Pilih desain bra yang pas untuk menyusui

Umumnya, bra ibu hamil didesain agar dapat digunakan untuk menyusui setelah ibu melahirkan. Jika menggunakan bra biasa untuk menyusui, Anda pasti akan kesulitan. Cara Anda menyusui tergantung pada desain bra yang Anda gunakan. Jadi, bagi Anda yang mencari bra hamil yang bisa digunakan untuk menyusui setelah melahirkan, pastikan Anda tidak melewatkan uraian kami ini.

Crossover nursing bra: menyusui menjadi lebih praktis dan mudah

Crossover nursing bra: menyusui menjadi lebih praktis dan mudah

Tipe ini merupakan tipe bra yang didesain menyilang pada bagian depan. Dengan desain cup depan yang overlapping, Anda bisa menyusui dengan menarik salah satu cup ke samping. Mudah dan praktis, bukan? Namun, beberapa orang mengatakan bahwa bra tipe ini mudah sobek karena bahan yang digunakan kurang bagus. Selain itu, payudara ibu hamil yang semakin membesar pun tidak ditopang dengan kokoh oleh bra ini karena cup-nya yang rendah. Oleh karena itu, kami menyarankan agar Anda mengecek bahan yang digunakan serta membaca ulasan pembeli sebelum memutuskan memilih salah satu produk.

Bra menyusui bukaan atas: seperti memakai bra biasa

Bra menyusui bukaan atas: seperti memakai bra biasa

Tipe ini merupakan tipe bra menyusui yang banyak ditemukan di pasaran. Saat akan menyusui, Anda hanya perlu melepaskan pengait yang ada di bagian atas bra dan menurunkan cup-nya. Kelebihan dari bra tipe ini adalah bahan yang digunakan biasanya bahan yang tidak mudah rusak. Kami menyarankan Anda untuk memilih bahan yang elastis serta busa yang dapat ditekuk agar memberikan kenyamanan kepada Anda. Memang terlihat kurang praktis dan membutuhkan sedikit waktu untuk membuka bra, tetapi dengan memakai ini Anda tidak terlihat seperti memakai bra menyusui. Tetap terlihat memakai bra biasa.

Bra menyusui bukaan depan: dapat terbuka dengan lebar

Bra menyusui bukaan depan: dapat terbuka dengan lebar

Tipe ini didesain dengan kancing pengait yang berada di depan agar cup pun dapat dibuka dengan mudah dari depan. Bra ini dapat dibuka sesuai jumlah kancing yang ada. Anda dapat membuka semua kancing, namun banyak ibu yang membuka satu kancing saja saat menyusui. Selain itu, mudah tidaknya Anda membuka kancing ini tergantung dari pakaian yang Anda gunakan. Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan dengan baju atasan yang akan dipakai juga, ya!

Pilihlah bra dengan ukuran yang pas

Pilihlah bra dengan ukuran yang pas

Penambahan ukuran bra saat hamil pada setiap orang tentu berbeda-beda. Tips dari kami untuk ibu yang usia kehamilan hingga bulan keenam agar menambahkan satu sampai dua nomor cup dan lingkar dada dari ukuran biasanya. Bagi ibu yang memasuki usia kehamilan bulan ketujuh agar menambah dua sampai tiga nomor cup. Saat wanita sedang hamil bukan hanya perut yang membesar, akan tetapi payudara juga akan membesar. Oleh karena itu, saat masa-masa penting kehamilan ini sebaiknya ibu tidak menggunakan bra ukuran kecil yang yang sudah tidak sesuai lagi serta tidak nyaman digunakan.

Saat sedang hamil, bra yang nyaman adalah yang utama. Akan tetapi, setelah melahirkan dan menyusui, bra yang dapat menopang payudara dengan kokoh merupakan hal yang paling penting. Karena berat payudara akan bertambah setelah melahirkan, jika cup bra tidak kokoh, dikhawatirkan payudara akan menjadi kendur dan tidak kencang lagi.

Beberapa orang tidak membeli bra ibu hamil dikarenakan tidak ingin membuang-buang biaya. Akan tetapi, bra jenis ini merupakan benda penting untuk menjaga payudara sebelum dan sesudah melahirkan. Pakailah bra ibu hamil yang sesuai dengan Anda!

10 Rekomendasi bra ibu hamil terbaik

Nah, setelah membaca ulasan cara memilih bra ibu hamil di atas. Di sini kami akan membagi dan mengulas produk-produk bra ibu hamil yang kami harap bisa membantu Anda menemukan produk yang cocok.

10. Arrow Apple Maternity Nursing Bra 12

10. Arrow Apple Maternity Nursing Bra 12

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 48.900

Wire-free for healthier lifestyle!

Bukan hanya bayi yang harus sehat, ibu pun juga harus sehat dengan selalu melakukan gaya hidup yang sehat. Salah satunya dengan menggunakan bra yang menyehatkan. Produk ini merupakan bra yang dapat menunjang kesehatan ibu dengan tidak adanya kawat pada rancangannya yang rasanya menyesakkan dan mengganggu aliran darah. Cocok untuk Anda mencari produk yang aman bagi kesehatan.

Sama seperti bra biasa, bra untuk menyusui ini juga menggunakan tiga pengait di bagian belakang yang dapat disesuaikan dengan pertumbuhan payudara Anda saat hamil. Dengan memakai produk ini, seluruh payudara Anda akan tertutupi karena cup-nya merupakan jenis full cup. Pakailah produk ini dan bantu tubuh Anda menjadi lebih sehat.

9. Eve Maternity Nursing Bra LBH085

9. Eve Maternity Nursing Bra LBH085

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 48.000

Warnanya yang cantik bikin mood baik saat menyusui!

Bagi ibu muda, ada kalanya ASI tidak bisa keluar dengan lancar dan membuat mood menurun. Mungkin dengan memakai bra ini akan menambah semangat Anda untuk tetap menyusui. Dirancang dengan warna pink yang ditambah motif bunga-bunga cantik, bra terasa indah dipandang mata yang sangat cocok untuk ibu feminin. Tersedia hingga size 42, pilihlah yang sesuai dengan Anda.

Produk yang berjenis bukaan depan ini memiliki busa yang kokoh serta dilengkapi kawat yang mampu membuat payudara Anda tampak indah. Jadi, apabila Anda memakai bra ini setelah melahirkan pun, kami pastikan Anda tetap merasa percaya diri karena payudara tidak terlihat mengendur. Dengan harga yang sangat terjangkau, produk ini bisa Anda dapatkan.

8. Portman Genie Bra

8. Portman Genie Bra

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 24.000

Buat olahraga Anda lebih nyaman dengan bra superlentur

Untuk memudahkan persalinan Anda nanti, saat hamil pun Anda harus rutin berolahraga. Jangan mengenakan bra yang tidak nyaman dan membuat sesak napas. Gunakanlah produk dengan warna-warna neon ini untuk aktivitas olahraga Anda. Desainnya dirancang sama seperti bra sport yang tidak menggunakan kawat ataupun pengait di bagian belakang dan sangat lentur.

Portman Genie Bra mampu menopang payudara Anda dan tidak membuatnya kendur karena tali pada bahunya sangat lebar. Produk ini ditawarkan dalam berbagai warna yang dapat Anda pilih sesuai selera Anda, seperti ungu, hijau, putih, grey, dusty pink, dan lain sebagainya. Dengan harga yang tidak menguras kantong sama sekali, Anda bisa membeli semua varian warnanya!

7. Ejese Maternity Nursing Bra

7. Ejese Maternity Nursing Bra

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 59.000

Si ekonomis yang sudah dapat penghargaan! Untuk Anda yang cari bra murah berkualitas

Apabila Anda sering meremehkan kualitas barang yang murah termasuk bra, Anda tidak boleh meragukan produk satu ini. Harganya memang murah, namun siapa sangka produk ini mendapat penghargaan dari salah satu majalah parenting sebagai penyangga payudara yang maksimal? Bra ini nyaman dan akan membantu melegakan pernapasan, sangat cocok digunakan untuk tidur.

Ketika ASI sedang lancar-lancarnya, Anda pun tak perlu khawatir ASI akan merembes hingga baju terluar Anda. Bra ini dilengkapi dengan breastpad yang mampu menjadi bantalan untuk menyerap ASI yang keluar berlebihan. Bahan yang digunakan pun katun yang nyaman. Anda dapat membukanya dari bagian atas untuk dapat menyusui secara nyaman. Bagaimana? Kualitasnya tak diragukan, bukan?

6. Eve Maternity Bra Menyusui LBH102 Pink

6. Eve Maternity Bra Menyusui LBH102 Pink

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 88.000

Ingin memiliki akses yang banyak ke payudara? Buka saja kancing depannya!

Bagi Anda ibu yang baru belajar menyusui, sebaiknya memilih produk yang satu ini. Akses yang banyak ke payudara merupakan hal yang Anda butuhkan. Bukan hanya bagian puting saja, namun seluruh bagian payudara dapat terbuka lebar jika menggunakan produk ini. Kancing-kancing yang ada di bagian depan dapat Anda buka.

Jika membuka satu kancing belum cukup lebar, Anda dapat membuka semua kancingnya. Namun, ingat saat menyusui di tempat umum sebaiknya mengenakan nursing cover, ya. Selain itu, warna pink serta aksen-aksen polkadotnya sangat cute sehingga membuat produk ini begitu cantik saat dikenakan.

5. MOOIMOM Soft Cup Stripe Nursing Bra Hamil Menyusui

5. MOOIMOM Soft Cup Stripe Nursing Bra Hamil Menyusui

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 249.000

Menyusui menjadi lebih mudah berkat adanya snap-on button

Mungkin sedikit merepotkan saat anak ingin menyusu dengan cepat sementara bra susah dibuka karena pengancingnya rumit. Namun, bagi Anda yang merasa terlalu ribet, pilihlah produk ini yang tidak menggunakan pengait biasa. Bra ini dirancang untuk memudahkan Anda membuka bra dengan cepat karena kancing model snap-on yang berbahan kuat dan tidak mudah rusak.

Anda pun tetap bisa menggunakan bra ini dari hamil hingga saat melahirkan dan menyusui. Lingkar bawah payudaranya menggunakan karet lentur yang akan menyesuaikan ukuran payudara Anda yang terus bertambah. Desainnya pun super comfy dengan warna biru dan putih garis-garis yang menarik. Gunakanlah untuk sehari-hari di rumah.

4. Sorex 8200 Nursing Bra

4. Sorex 8200 Nursing Bra

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Busa fleksibel, bisa dilepas atau pasang sesuka hati

Mungkin beberapa ibu biasa menyumpal bra dengan kain agar ASI yang sedang banyak-banyaknya tidak merembes keluar. Buanglah kain tersebut dan ganti dengan memakai bra berbusa. Namun, bagi Anda yang tidak menyukai bra dengan busa, Anda tidak perlu khawatir karena busa pada produk ini bisa dilepas dan dipasang sesuai kebutuhan.

Jadi, saat Anda ingin santai di rumah atau ingin tidur dengan nyaman tanpa bra yang menyesakkan, Anda bisa melepas busanya. Saat sedang keluar rumah, Anda bisa memasang busanya kembali. Produk ini juga dapat mencegah bakteri penyebab jamur tumbuh karena bahan yang digunakan adalah microfiber yang merupakan bahan yang dapat kering dengan cepat.

3. INUJIRUSHI Nursing Bra BR1569

3. INUJIRUSHI Nursing Bra BR1569

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 300.000

Bisa dibuka dari atas atau samping. Suka-suka Anda!

Bayi yang merengek meminta susu mungkin membuat Anda panik. Anda pun pasti ingin memberikan ASI secepatnya tanpa membuat anak semakin menangis. Oleh karena itu, Anda membutuhkan bra yang dapat memberikan akses cepat kepada payudara untuk segera terbuka dan menyusui dengan menggunakan produk ini.

Akses cepat membuka bra yang ditawarkan produk ini melalui dua cara, yaitu dapat dibuka dari atas ataupun dari samping. Cukup menekan pengait dari atas dan bra akan terbuka. Namun, jika belum cukup cepat dan tidak membuat Anda nyaman menyusui, Anda dapat membuka bra dari depan ke samping pada produk jenis crossover bra ini. Warnanya yang hitam ini membuat bra tidak mudah kotor.

2. MOOIMOM Crossover Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

2. MOOIMOM Crossover Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

Lihat produk ini di Lazada

Lihat prouk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 159.000

Berikan “napas” pada payudara dengan memakai bra berbahan 100% katun

Tentu Anda tidak ingin jika payudara Anda terkena jamur dan bau yang tidak sedap. Agar terhindar dari problem ini, kami menyarankan Anda memakai bra yang dibuat dari bahan dasar katun ini. Mungkin Anda sudah tahu bahwa katun merupakan bahan yang dapat menyerap keringat dengan baik dan membuat payudara terhindar dari lembap.

Dengan memakai bra model crossover ini, payudara Anda akan terlihat indah dan seksi meskipun sedang hamil atau menyusui. Produk ini didesain dengan kawat penyangga serta busanya yang tebal. Pada bagian cup yang menyilang diberikan renda yang membuat bra ini semakin cantik. Namun, bagi Anda yang merasa kurang nyaman memakai bra berkawat, bra ini tidak kami rekomendasikan.

1. Mamaway Second Skin Seamless Nursing Bra

1. Mamaway Second Skin Seamless Nursing Bra

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 600.000

Bra superelastis. Serasa enggak pakai apa-apa!

Bagi Anda seorang ibu hamil yang aktif, akan sangat merepotkan jika memakai pakaian yang tak nyaman termasuk bra, bukan? Namun, jika Anda menggunakan produk ini, kenyamanan ekstra akan Anda rasakan. Dibuat dari bahan yang sangat elastis, bra ini akan terasa menyatu dengan payudara Anda secara menyeluruh, serasa Anda tidak sedang memakai bra!

Selain elastis, produk ini menggunakan bahan nilon dengan kadar 90% yang dipastikan aman bagi kulit. Mamaway Second Skin Seamless Nursing Bra dapat mengangkat payudara secara alami sehingga membantu mencegah bentuk payudara yang mengendur. Beli dan rasakan sendiri sensasinya!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami di atas, pasti Anda sudah memiliki pilihan produk yang akan dibeli, bukan? Jika Anda seorang wanita yang sedang hamil, pakailah bra yang khusus untuk ibu hamil. Bra ibu hamil umumnya sudah didesain agar dapat digunakan saat bayi lahir dan harus menyusui nantinya. Jangan lupa untuk memilih ukuran yang bahan yang sesuai sehingga Anda tetap bisa menjalani masa kehamilan dan menyusui dengan nyaman, aman, dan bahagia. Selamat memilih!