1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Pakaian ibu hamil
  6. >
  7. 10 Bra Menyusui Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Bra Menyusui Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Bra Menyusui Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Bra Menyusui Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Bra Menyusui Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Bra Menyusui Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Bra Menyusui Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023)

Setelah melahirkan dan memasuki masa menyusui, kondisi tubuh wanita akan mengalami perubahan. Payudara akan membesar dan jadi lebih sensitif. Memilih bra yang salah bisa mengakibatkan napas menjadi sesak dan menimbulkan ruam, bahkan iritasi. Oleh karena itu, Anda membutuhkan bra khusus yang nyaman untuk menyusui.


Kali ini kami akan membagikan tips memilih bra yang bagus untuk Anda yang sedang menyusui. Nursing bra dari beberapa merek terkenal, seperti Medela, MOOIMOM, dan Mama's Choice akan dibahas. Kami juga berkolaborasi dengan bidan Ony Christy dalam artikel ini. Yuk, baca ulasan selengkapnya!

Diperbaharui 04-30-2022
Pakar
Bidan & educreator
Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di rumah sakit Bethesda, Yogyakarta. Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk tahu informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Profil Ony Christy
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa pentingnya bra menyusui?

Apa pentingnya bra menyusui?

Ukuran payudara yang makin membesar selama kehamilan hingga masa menyusui akan berbeda pada setiap orang. Namun, secara umum ukuran payudara akan naik sebesar 12 ukuran dibandingkan sebelum hamil.


Karena berat payudara juga naik, bra yang dipilih juga harus memiliki daya topang yang kuat. Hal ini diperlukan untuk menjaga agar ligamen Cooper atau jaringan yang bertugas menjaga kekencangan payudara tidak rusak. Dengan begitu, payudara ibu tidak menjadi kendur.


Bra menyusui yang tepat sangat penting untuk pertumbuhan kelenjar susu ibu. Oleh karena itu, hindari memakai bra yang terlalu kecil ataupun sesak. Kenakanlah bra khusus untuk menyusui yang dapat menjaga payudara Anda dengan baik setelah masa kehamilan.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pada saat hamil, sebenarnya ASI sudah mulai diproduksi. Namun, pengeluarannya masih dipengaruhi oleh hormon plasenta sehingga meski sudah memproduksi, wajar jika saat hamil ASI tidak keluar. Fase ini disebut fase Laktogenesis I.


Kondisi tersebut, ditambah perubahan hormonal pada ibu hamil, biasanya menyebabkan payudara menjadi lebih sensitif dan mengalami perubahan ukuran. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk memilih bra yang nyaman dikenakan. Dengan demikian, Anda akan tetap merasa nyaman saat beraktivitas dan tidak mudah merasa sesak.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bra menyusui

Sama seperti bra biasa, bra untuk ibu menyusui pun memiliki jenis yang beragam. Agar tidak salah pilih, pastikan Anda membaca ulasan berikut ini.

① Perhatikan ada tidaknya kawat pada bra

Perhatikan ada tidaknya kawat pada bra

Bra menyusui yang memiliki kawat seperti bra biasa dapat menjaga bentuk payudara agar terlihat lebih kencang dan tidak melebar ke samping. Bra dengan kawat dapat membuat payudara tetap terlihat indah selama masa menyusui. Biasanya, bra seperti ini populer di kalangan working mom.


Di sisi lain, bra tanpa kawat memberikan kenyamanan ekstra pada pemakainya. Tipe tanpa kawat ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang mengutamakan bra yang tidak membuat sesak. Namun, dewasa ini banyak dijual bra tanpa kawat yang tetap membuat payudara terlihat indah. Model bra half-top tanpa pengait di bagian belakang kini juga banyak digemari.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Bra tidak hanya berfungsi untuk menutupi, tetapi juga untuk menopang payudara. Saat hamil dan menyusui, tentunya payudara akan bertambah besar dan berat. Jika tidak ditopang dengan baik, payudara bisa menjadi kendur.


Namun, tentunya Anda perlu memilih yang bahannya nyaman dan ukurannya pas sehingga tidak menekan otot tubuh atau membuat rasa sesak. Jika Anda tidak nyaman menggunakan bra model kawat, masih ada model lain tanpa kawat yang bisa menopang payudara dengan baik.

② Sesuaikan bukaannya dengan gaya menyusui yang nyaman bagi Anda

Bra menyusui didesain khusus dan berbeda dengan bra biasa agar para ibu bisa lebih nyaman saat memberikan ASI. Produk yang beredar di pasaran tersedia dalam berbagai jenis bukaan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan atau gaya menyusu si kecil. Simak pembahasan lebih lengkapnya berikut ini!

Bukaan silang: Menyusui jadi lebih praktis dan mudah

Bukaan silang: Menyusui jadi lebih praktis dan mudah

Bra menyusui jenis ini memiliki bukaan menyilang dengan cup depan yang overlapping. Berkat hal itu, Anda pun bisa mudah menyusui si kecil hanya dengan menarik salah satu cup-nya ke samping. Bra dengan model seperti ini adalah salah satu bra yang paling banyak dijual di pasaran.


Meskipun begitu, sebagian orang menyebutkan bahwa bra tipe ini lebih mudah rusak. Selain itu, karena cup-nya lebih rendah, payudara Anda akan terlihat lebih besar. Untuk itu, sebaiknya Anda memeriksa ulasan produknya terlebih dahulu, baik dari segi bahan maupun jahitan sebelum membeli.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Tidak hanya bayi saja, ibu baru juga biasanya butuh waktu untuk belajar menyusui bayinya di awal kelahiran. Jadi, wajar jika proses menyusui belum lancar pada hari-hari pertama. Penggunaan bra yang mudah digunakan tentu akan sangat membantu.


Terkadang ibu sering merasa panik saat bayi sudah mulai menangis, tetapi ibu belum siap untuk menyusui. Menyusui setiap 2–3 jam sekali dapat meningkatkan produksi ASI. Istirahat yang cukup, tenang saat menyusui, dan pastikan posisi serta pelekatan bayi benar saat menyusui.

Bukaan atas: Memiliki desain yang mirip bra biasa

Bukaan atas: Memiliki desain yang mirip bra biasa

Selanjutnya adalah bra dengan model bukaan atas. Model seperti ini memungkinkan Anda membuka cup bra dengan melepaskan pengait pada bagian strap-nya. Kelebihan dari bra ini adalah Anda dapat mengeluarkan payudara tanpa berisiko membuat bahannya jadi melar. Anda hanya perlu melepas pengait dan menurunkan cup-nya.


Namun, sebagian orang mungkin memerlukan waktu untuk terbiasa memakainya. Meskipun begitu, bra ini cukup populer karena bentuknya tidak terlihat seperti bra khusus untuk menyusui.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Saat ibu sudah terbiasa menyusui, penggunaan bra model ini tentu tidak akan berpengaruh terhadap kenyamanan saat menyusui. Karena modelnya mirip bra biasa, tentunya bra jenis ini malah bisa digunakan sejak hamil sampai setelah melahirkan.

Bukaan depan: Dapat terbuka dengan lebar

Bukaan depan: Dapat terbuka dengan lebar

Bra dengan model bukaan depan adalah bra untuk menyusui yang dapat dibuka dengan membuka kancing bagian depan. Anda pun dapat mudah menyusui hanya dengan membuka kancing depannya.


Model bra ini juga populer untuk ibu yang masih dalam masa persalinan di rumah sakit. Mudah tidaknya Anda membuka kancing bra ini tergantung pada pakaian yang Anda kenakan. Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan dengan baju atasan yang akan dipakai juga.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Saat menyusui, bonding antara ibu dan bayi merupakan salah satu hal yang penting. Saat bayi menyusui dengan posisi dan pelekatan yang benar, wajahnya akan menghadap payudara sehingga bayi merasa nyaman. 


Bra yang dapat terbuka lebar tentu akan membuat bayi merasa tidak ada penghalang antara dia dan ibunya. Model ini juga cocok untuk Anda yang masih belajar menyusui. Anda bisa dengan mudah melihat apakah pelekatan bayi sudah benar atau belum.

10 Rekomendasi bra menyusui terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bra menyusui terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari bidan Ony Christy.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sorex

Nursing Bra

Sorex Nursing Bra 1枚目

Bahan stretch dengan karet elastis yang mengikuti bentuk tubuh

2

TALLY

Bra Menyusui

TALLY Bra Menyusui 1枚目

Tidak lagi repot menyusui berkat cup-nya yang mudah dibuka dan ditutup

3

YUNA

Bra Menyusui

YUNA Bra Menyusui 1枚目

Nyaman untuk pemakaian setiap hari dengan bahan yang breathable

4

You've (You Have)

Bra Menyusui Kyra

You've (You Have) Bra Menyusui Kyra 1枚目

Desain simpel dengan sentuhan renda yang manis

5

MOOIMOM

Crossover Maternity & Nursing Bra

MOOIMOM Crossover Maternity & Nursing Bra 1枚目

Perawatan lebih mudah berkat pad-nya yang bisa dilepas pasang

6

MOOIMOM

Hands Free Pumping Bra

MOOIMOM Hands Free Pumping Bra 1枚目

Menyusui dan memompa ASI pun jadi makin mudah!

7

Mama's Choice

Maternity Nursing Bra

Mama's Choice Maternity Nursing Bra 1枚目

Dirancang khusus untuk ibu menyusui dengan bahan yang fit dan lembut

8

Lydyly

Nursing Bra

Lydyly Nursing Bra 1枚目

Harga ekonomis dengan desain menutupi seluruh bagian dada

9

Eve Maternity

Bra Menyusui Kawat

Eve Maternity Bra Menyusui Kawat 1枚目

Topangan lebih kuat, tidak takut payudara terlihat kendur!

10

Medela

Sleep Bra

Medela Sleep Bra 1枚目

Tidur lebih nyenyak berkat bra tanpa pengait yang berbahan adem

Perincian produk
Close
No.1

Bahan stretch dengan karet elastis yang mengikuti bentuk tubuh

Menjadi ibu menyusui bukan berarti Anda tidak bisa memakai bra yang seamless. Bra ini terbuat dari bahan stretch yang lembut serta dilengkapi karet elastis yang mampu mengikuti bentuk tubuh Anda. Bahannya juga menyerap keringat sehingga mampu menjaga agar area payudara Anda tetap kering. Salah satu produk best seller dari Sorex ini tentunya sangat nyaman digunakan untuk berbagai outfit Anda.

No.2

Tidak lagi repot menyusui berkat cup-nya yang mudah dibuka dan ditutup

Anda mencari bra menyusui yang praktis digunakan? Produk dari TALLY ini bisa dijadikan pilihan. Bra bermotif ini didesain dengan bukaan depan yang akan memudahkan Anda menyusui tanpa harus melepaskan bra terlebih dahulu.


Saat ingin menggunakannya untuk menyusui, Anda tinggal membuka dan menutup kancing di bagian tengah dada. Tidak hanya itu, meskipun tidak berkawat, bra ini tetap dapat menopang payudara Anda dengan baik berkat busa tipis di bagian cup-nya.

No.3

Nyaman untuk pemakaian setiap hari dengan bahan yang breathable

Bra ini unggul karena dibuat menggunakan bahan katun premium yang breathable dan mampu menyerap keringat ataupun cairan ASI dengan baik. Bahannya juga sudah terbukti awet dan tidak berubah bentuk, bahkan setelah dicuci berkali-kali. Bagi Anda yang mencari bra yang nyaman untuk pemakaian sehari-hari, produk ini tentunya tidak akan mengecewakan!

No.4

You've (You Have)Bra Menyusui KyraB1374

Mulai dari Rp189.000,00

Desain simpel dengan sentuhan renda yang manis

Terkadang ibu mungkin kebingungan ketika si kecil menangis karena ingin segera mendapatkan ASI. Agar bisa segera mengatasinya, bra dengan bukaan depan yang bisa dibuka lebar ini bisa dijadikan salah satu pilihan. Dengan bahan yang lembut, desain yang simpel, serta sentuhan renda yang manis, bra ini siap menemani Anda selama masa menyusui.

No.5

MOOIMOMCrossover Maternity & Nursing BraB6886

Mulai dari Rp179.000,00

Perawatan lebih mudah berkat pad-nya yang bisa dilepas pasang

Bra dengan model crossover ini dapat membuat payudara Anda terlihat indah dan seksi meskipun sedang hamil atau menyusui. Aksen rendanya pun akan menambah kesan feminin yang cantik dipandang mata.

 

Tidak hanya dari segi tampilan, bra ini juga patut dimiliki karena kemudahan perawatannya. Hal ini berkat pad-nya yang dapat dilepas dan dipasang sesuai kebutuhan. Anda yang sangat mengutamakan kehigienisan bisa memilikinya untuk menemani masa menyusui.

No.6

MOOIMOMHands Free Pumping BraB6890

Mulai dari Rp340.000,00

Menyusui dan memompa ASI pun jadi makin mudah!

Produk MOOIMON ini memiliki berbagai keunggulan yang bisa diandalkan, terutama oleh para working moms. Selain untuk menyusui, bra ini dirancang dengan bukaan yang pas untuk memudahkan Anda memompa ASI. Desain silang pada celahnya ini juga akan menutupi payudara agar tidak terlihat saat Anda menyusui si kecil.


Bagian depan bra ini dilengkapi dengan double zipper untuk menyesuaikan ketika payudara makin membesar. Selain itu, bra ini juga disertai strap tambahan di bagian belakang untuk memastikan Anda tetap merasa nyaman saat mengenakannya.

No.7

Mama's ChoiceMaternity Nursing Bra

Mulai dari Rp169.000,00

Dirancang khusus untuk ibu menyusui dengan bahan yang fit dan lembut

Mama's Choice sudah dikenal dengan berbagai produknya yang menjadi pilihan para ibu, termasuk nursing bra yang satu ini. Didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan ibu menyusui, bra ini tidak akan membuat sesak saat dipakai berkat karetnya yang elastis. Selain itu, bahannya juga lembut dan mampu menyerap keringat sehingga Anda akan terhindar dari risiko gatal saat mengenakannya.

No.8

LydylyNursing BraBH-L016

Mulai dari Rp43.900,00

Harga ekonomis dengan desain menutupi seluruh bagian dada

Memilih bra untuk ibu menyusui memang tidak mudah, terutama bagi Anda yang masih pemula dalam hal itu. Anda pastinya tidak ingin salah beli dan menyia-nyiakan bujet, bukan? Jika Anda ingin mencari bra menyusi yang nyaman dan tidak menguras kantong, produk ini bisa dijadikan pilihan.

Meskipun harganya terbilang cukup terjangkau, Anda dijamin akan nyaman memakainya berkat bahan satinnya yang lembut. Selain itu, bra ini juga didesain full cup sehingga tetap bisa menutupi keseluruhan payudara Anda.

No.9

Eve MaternityBra Menyusui KawatBH170

Mulai dari Rp249.400,00

Topangan lebih kuat, tidak takut payudara terlihat kendur!

Anda pastinya ingin payudara tetap kencang setelah melahirkan. Untuk itu, bra dengan motif renda yang cantik ini bisa menjadi jawaban bagi Anda yang tidak ingin payudara menjadi kendur. Dilengkapi kawat serta empat kait di bagian belakang, bra ini akan menopang payudara Anda dengan baik. Selain itu, tambahan busa tipisnya juga akan membuat payudara Anda tampak lebih indah.

No.10

Tidur lebih nyenyak berkat bra tanpa pengait yang berbahan adem

Waktu tidur bagi ibu menyusui adalah waktu yang sangat berharga. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, Anda pasti membutuhkan bra yang nyaman juga. Jika Anda mencari bra yang pas untuk menemani Anda tidur, jangan lewatkan produk dari Medela ini.


Bahannya yang adem serta desainnya yang seamless akan membuat tidur Anda makin lelap. Saat harus terbangun dan menyusui si kecil pada malam hari pun, Anda tidak akan kesusahan lagi berkat cup-nya yang mudah dibuka. Sungguh praktis dan nyaman, bukan?

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Saat memilih bra, pastikan ukurannya sesuai (tidak terlalu besar atau terlalu kecil), bahannya nyaman, tidak terlalu gerah, dan bisa menyerap keringat. Pastikan juga bra tersebut bisa menopang payudara dengan baik. 


Mungkin Anda akan beberapa kali mengalami perubahan size bra. Namun, sebaiknya tetap mengganti bra saat size-nya berubah. Anda juga bisa mengenakan baju khusus menyusui yang memiliki bukaan samping atau berkancing sehingga lebih mudah untuk menyusui.

Baca juga rekomendasi produk bra lainnya di sini

Selain bra untuk ibu menyusui, masih banyak lagi jenis bra yang bisa Anda pilih. Berbagai jenis bra, seperti bra tanpa kawat, sports bra, dan lainnya semua ada di bawah ini. Yuk, baca dan temukan produk bra lainnya untuk melengkapi koleksi di lemari Anda!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda sudah menemukan produk yang memikat hati? Menggunakan bra menyusui yang tepat bisa membantu kelancaran pemberian ASI. Jadi, pastikan Anda memilih produk dengan ukuran dan bahan yang nyaman. Dengan begitu, masa menyusui pun bisa dijalani dengan lebih menyenangkan. Jika Anda sedang dalam masa kehamilan, tak ada salahnya mempersiapkan bra menyusui dari sekarang.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer