mybest
Perlengkapan luar rumah lainnya

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kebutuhan rumah tangga
  3. Kebun & luar ruangan
  4. 10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)

Keset outdoor atau keset depan rumah berguna untuk menghilangkan kotoran dan debu dari alas kaki. Selain berfungsi sebagai pengesat alas kaki, kegunaan keset ini juga termasuk melengkapi interior bagian depan rumah. Jika keset tersebut serasi dengan ornamen lain seperti tanaman hias di sekitar pintu, rumah akan terlihat lebih menarik.

Kali ini, kami akan membantu Anda memilih keset untuk teras rumah dan keset pintu masuk utama rumah.  Kami akan mengulas berbagai keset terbaik yang bagus dari merek IKEA, Krisbow, dan lainnya. Artikel ini pun sudah ditinjau oleh arsitek kami, Endi Burhan.
Diperbaharui 31/08/2023
Endi Burhan
Pakar
Arsitek dan 3D architectural visualization artist
Endi Burhan

Burhan adalah seorang arsitek muda yang memiliki SKA aktif dengan kualifikasi Ahli Muda. Ia juga terdaftar sebagai anggota aktif Ikatan Arsitek Indonesia sejak 2016. Burhan menggeluti bidang kerja desain arsitektur, visualisasi arsitektur, dan desain interior sejak 2012. Burhan memiliki berbagai pengalaman sebagai drafter arsitektur untuk beberapa perseroan dan proyek. Pada 2017, ia membentuk entitas desain dan architectural visualisation specialist bernama P.O.T. Studio sebagai arsitek dan 3D archviz artist. Anda bisa menyapa Burhan melalui Instagram, YouTube, ataupun akun Artstation-nya.

Profil Endi Burhan
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih keset depan rumah

Sebelum menentukan keset untuk di luar rumah yang akan Anda beli, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Dengan tips dari kami, semoga Anda dapat menemukan pilihan yang tepat!
1

Pilih keset berdasarkan bahannya

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui bahan keset yang digunakan. Umumnya, keset outdoor dibuat dari bahan serabut, karet (rubber), dan PVC. Masing-masing bahan ini memiliki karakteristiknya. Apa saja karakteristik tiap bahan tersebut? Yuk, langsung saja disimak penjelasan berikut ini.

Serabut: Dijual dengan ukuran yang besar

Serabut: Dijual dengan ukuran yang besar

Keset ini merupakan keset yang dibuat dari serabut kelapa. Ciri keset ini adalah warnanya yang kekuningan dengan tekstur sedikit kaku. Karena bahan ini tergolong mudah ditemukan, harga keset ini menjadi terjangkau. Ukuran keset ini di pasaran juga sangat beragam, ada yang kecil minimalis dan ada yang besar. Makin besar ukuran, makin nyaman Anda membersihkan kotoran pada alas kaki.


Keset dari serabut dikenal memiliki daya serap tinggi dan ramah lingkungan. Namun, salah satu kekurangan keset ini adalah serabutnya yang mudah rontok. Selain itu, bahan ini juga mudah berdebu dan menjadi sarang serangga. Jadi, Anda harus rutin mengebaskan keset dan mencucinya. Membersihkan keset serabut juga akan menjaganya tetap empuk sehingga bisa dipakai dalam jangka lama.

Rubber atau karet: Mudah menyerap lumpur dan tahan air

Rubber atau karet: Mudah menyerap lumpur dan tahan air

Keset dari bahan karet (rubber) mudah menyerap lumpur dan juga tahan air. Keset ini sangat pas diletakkan di teras untuk membersihkan alas kaki Anda sebelum memasuki rumah. Ketika kotor pun Anda dapat dengan mudah membersihkan keset ini. Karena berbahan karet, keset ini bersifat cepat kering. Keset karet juga dapat mencegah kaki Anda tergelincir saat sedang meluruhkan kotoran.


Desain yang bervariasi merupakan ciri khas dari keset rubber. Salah satu yang paling populer adalah tipe desain Skandinavia. Tipe ini cocok untuk Anda yang ingin mendekorasi teras rumah dengan desain Skandinavia.


Akan tetapi, jika diletakkan di tempat bersuhu tinggi dalam jangka waktu lama, keset ini dapat meninggalkan bekas dan getas. Karena itu, perhatikanlah posisinya ketika diletakkan di teras yang terkena sinar matahari langsung. Namun, sebaiknya Anda menaruhnya di area yang tidak terlalu terpapar sinar matahari.

PVC: Mampu membersihkan kotoran dan menyerap air

PVC: Mampu membersihkan kotoran dan menyerap air

Salah satu kelebihan keset PVC (polivinil klorida) adalah kemampuannya dalam menyerap air dan kotoran. Ciri keset ini ialah permukaannya yang terasa elastis. Keset ini memiliki ketebalan yang cukup sehingga empuk di kaki. Keset ini juga terasa lembut dan kesat di kaki.


Jangan lupa untuk rutin membersihkan keset PVC karena kotoran mudah menempel di sela-sela keset. Keset PVC yang sering dicuci akan terjaga keelastisannya. Namun, apabila kerap terkena minyak atau kotoran berupa lumpur, keset dari PVC akan mudah mengeras.


Bagian bawah keset ini biasanya sudah dilengkapi dengan lapisan antiselip untuk mencegah Anda tergelincir. Di pasaran, keset ini juga dijual dalam beragam warna cerah dan bentuk yang menarik. Anda dapat menyesuaikannya dengan warna cat dinding atau dekorasi rumah Anda.

2

Fungsinya atau tampilannya? Pilihlah berdasarkan prioritas

Fungsi utama dari keset outdoor adalah mencegah kotoran atau debu dari alas kaki tidak ikut masuk ke dalam rumah. Selain itu, keset juga berfungsi sebagai dekorasi di pintu masuk. Akan lebih baik lagi jika kedua fungsi ini bisa dipadukan. Maka dari itu, Anda perlu menentukan prioritas antara fungsi atau desain.

Keset rumah minimalis, jika Anda mengutamakan fungsi

Keset rumah minimalis, jika Anda mengutamakan fungsi

Seperti namanya, keset rumah ini memiliki ukuran yang minimalis. Keset ini memang sangat cocok untuk rumah yang mengedepankan nuansa minimalis. Keset minimalis umumnya berbentuk segiempat dengan ukuran sekitar 40 cm x 60 cm. Ukuran ini sangat pas diletakkan di depan segala jenis pintu. Anda juga bisa memilih ukuran lain asalkan sesuai dengan area peletakannya agar fungsinya maksimal.


Karena berbentuk minimalis segi empat, keset ini sangat mudah disesuaikan dengan interior teras. Jadi, jika Anda mengutamakan fungsi keset untuk membersihkan kotoran pada alas kaki, pilihlah keset rumah minimalis.

Keset rumah berdesain unik atau cantik, untuk Anda yang mengutamakan tampilan

Keset rumah berdesain unik atau cantik, untuk Anda yang mengutamakan tampilan

Bagi Anda yang mengutamakan tampilan keset, kami menyarankan membeli keset rumah berdesain unik dan cantik. Kini Anda dapat dengan mudah mendapatkan keset dalam berbagai bentuk yang unik. Misalnya, keset berbentuk khusus seperti setengah lingkaran dan keset dengan gambar printing yang cantik.


Kami yakin keset ini akan menarik perhatian tamu yang datang. Namun, Anda juga harus memperhatikan bahan yang digunakan serta ukurannya, ya. Pilihlah keset berdesain cantik yang terlihat seimbang dengan teras atau pintu rumah Anda. Selain itu, pastikan juga seluruh keset dibuat dari bahan yang sama, terutama di bagian yang diinjak. Jadi, fungsi dan unsur estetikanya terpenuhi.

3

Sesuaikan keset dengan lokasi penggunaan

Pada dasarnya, keset outdoor dibagi menjadi dua jenis, yaitu keset pintu rumah dan keset untuk teras rumah. Lokasi penggunaan ini sebaiknya disesuaikan dengan bahan keset yang digunakan. Hal ini akan memengaruhi fungsi keset sendiri. Jika Anda bingung, simak penjelasan berikut ini.

Keset pintu rumah: Sebaiknya memilih keset dari PVC

Keset pintu rumah: Sebaiknya memilih keset dari PVC

Untuk keset pintu rumah, sebaiknya pilih keset dari bahan yang lembut dan cukup kesat. Hal ini karena keset pintu rumah berfungsi untuk membersihkan kotoran pada kaki yang sudah melepas sandal atau sepatu. Kami menyarankan Anda memilih keset dari bahan PVC. 


Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, keset PVC memiliki kemampuan yang baik dalam menghilangkan kotoran serta menyerap air. Karena itu, keset ini sangat cocok diletakkan di depan pintu utama sebelum memasuki area dalam rumah. Namun, pastikan tebal keset yang dipilih tidak mengganggu saat Anda membuka dan menutup pintu.

Keset teras rumah: Lebih cocok memilih keset berbahan serabut atau karet

Keset teras rumah: Lebih cocok memilih keset berbahan serabut atau karet

Berbeda dengan jenis sebelumnya, keset untuk teras rumah haruslah bertekstur lebih kasar. Keset dari bahan serabut dan karet lebih kami rekomendasikan untuk diletakkan di teras. Kedua bahan keset ini memiliki tekstur kasar yang mampu meluruhkan lumpur atau kotoran pada alas kaki. Jangan memasuki rumah dengan alas kaki yang masih kotor. Bersihkanlah dahulu pada keset yang ada di teras rumah Anda, ya!

4

Cek bilamana bagian bawahnya terbuat dari bahan antiselip

Cek bilamana bagian bawahnya terbuat dari bahan antiselip
Keset outdoor tidak hanya dipakai sebagai pijakan kaki, tetapi juga untuk menghilangkan kotoran. Jika bahannya licin atau mudah bergeser, pijakan kaki menjadi tidak stabil saat Anda meluruhkan kotoran yang menempel.

Ketika memilih keset untuk di luar rumah, perhatikan juga bagian alasnya apakah bahannya antiselip atau tidak. Keset yang terlalu ringan umumnya kurang stabil. Untuk itu, disarankan agar Anda memilih yang bobotnya sedang. Akan tetapi, keset serabut biasanya tidak antiselip.

5

Pilihlah yang bahannya mudah dibersihkan

Pilihlah yang bahannya mudah dibersihkan
Keset yang diletakkan di luar rumah banyak dipakai untuk meluruhkan kotoran dari sepatu. Jadi, tentu saja keset tersebut sangat mudah kotor. Untuk itu, pilihlah keset dengan bahan yang mudah dibersihkan.

Anda bisa membersihkan debu dan kotoran yang menempel dengan cara mengibaskannya. Namun, kami sarankan Anda untuk mencucinya dengan air. Pastikan Anda mengetahui cara membersihkan keset sesuai bahannya agar tidak terjadi kesalahan perawatan.


Penampilan keset teras akan menentukan kesan pintu rumah yang rapi sehingga keset perlu dijaga kebersihannya. Selain itu, perhatikan juga bobotnya. Keset teras yang berat memang lebih stabil, tetapi akan menyulitkan ketika diangkat, apalagi ketika dicuci.


Anda mungkin bisa merawat keset outdoor Anda dengan baik. Namun, bagi Anda yang sibuk dan kurang memiliki waktu membersihkan keset, carilah produk berharga murah. Anda bisa memakainya selama enam bulan hingga satu tahun, kemudian menggantinya dengan yang baru. Selain itu, Anda jadi lebih mudah mengubah suasana teras hanya dengan mengganti desain keset.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi keset depan rumah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keset depan rumah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Endi Burhan.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Keset Bihun Full Motif

 Keset Bihun Full Motif 1

Rp27.000

Agak Murah

Harganya ekonomis, bisa beli banyak untuk stok

2

Keset Karet Lubang Anti Slip

 Keset Karet Lubang Anti Slip 1

Rp15.999

Lebih Murah

Sangat optimal antiselipnya! Tidak perlu khawatir terpeleset lagi

3

Bright Crown

Keset Karpet PVC

Bright Crown Keset Karpet PVC 1

Rp80.000

Menengah

Empuk dan tebal, nyaman untuk bersihkan kotoran kaki

4

Kerajaan Karpet

Keset Cute Animal PVC

Kerajaan Karpet Keset Cute Animal PVC 1

Rp100.000

Agak Mahal

Gemas! Keset berdesain cute untuk si penyayang binatang

5

Bright Crown

Keset Motif Bunga

Bright Crown Keset Motif Bunga 1

Rp55.000

Menengah

Berbentuk bunga imut, sangat atraktif untuk menyambut tamu

6

Keset Karpet Karet Anti Slip

 Keset Karpet Karet Anti Slip 1

Rp40.000

Agak Murah

Terbuat dari karet murni, awet dan tahan lama

7

Keset Ijuk Motif Catur

 Keset Ijuk Motif Catur 1

Rp115.000

Agak Mahal

Supertebal, dijamin awet meski terkena panas dan hujan terus-menerus

8

Cleanmatic

Keset Kaki Keset Ijuk Welcome Coco Mat180141

Cleanmatic Keset Kaki Keset Ijuk Welcome Coco Mat 1

Rp74.000

Menengah

Ukurannya panjang, pas untuk teras besar Anda

9

Krisbow

Keset Outdoor Diamond

Krisbow Keset Outdoor Diamond 1

Rp195.000

Lebih Mahal

Desain cutting diamond-nya membuat teras lebih elegan

10

IKEA

BORRIS Door Mat

IKEA BORRIS Door Mat 1

Rp35.900

Agak Murah

Simpel dan tidak cepat kotor dengan warna biru tua

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Keset Bihun Full Motif

Keset Bihun Full Motif 1
Sumber: shopee.co.id
Keset Bihun Full Motif 2
Sumber: shopee.co.id
Keset Bihun Full Motif 3
Sumber: shopee.co.id
Keset Bihun Full Motif 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp27.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp27.000
Agak Murah

Harganya ekonomis, bisa beli banyak untuk stok

Tidak perlu sampai merogoh kocek terlalu dalam karena harga keset ini sangat terjangkau. Anda dapat membeli dalam jumlah banyak untuk digunakan sekali pakai. Produk ini cocok untuk Anda yang sibuk dan tidak ingin repot mencuci keset. Permukaan keset ini juga lembut sehingga membuat kaki Anda nyaman. Terlebih lagi, seluruh varian motif dan warnanya tampak menarik untuk dimiliki!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Keset Karet Lubang Anti Slip

Harga referensi
Rp15.999
Lebih Murah

Sangat optimal antiselipnya! Tidak perlu khawatir terpeleset lagi

Takut anak Anda yang sedang aktif-aktifnya terpeleset saat menggesekkan kaki di atas keset? Anda tidak perlu khawatir lagi jika menggunakan produk ini. Dibuat dari bahan yang kuat dan berat, membuat produk ini tidak mudah bergeser. Sifatnya yang tahan air juga membuat Anda tidak akan terpeleset meskipun keset basah oleh air.

No.3

Bright CrownKeset Karpet PVC

Harga referensi
Rp80.000
Menengah

Empuk dan tebal, nyaman untuk bersihkan kotoran kaki

Bahan PVC yang dipakai untuk karpet ini bersifat empuk dan cukup tebal, yakni sekitar 1,5 cm. Jadi, Anda akan merasa nyaman ketika menggesekkan kaki di atasnya. Kotoran yang telah digesekkan pada keset akan tertampung ke bagian dasar. Tidak perlu khawatir kotoran akan keluar berantakan dan mengotori lantai!


Selain itu, Anda hanya perlu mengibas-ngibaskan keset ini untuk membersihkannya. Bagi Anda yang mengutamakan manfaat dan kenyamanan penggunaan, tidak salah apabila Anda memilih produk ini.

No.4

Kerajaan KarpetKeset Cute Animal PVC

Harga referensi
Rp100.000
Agak Mahal

Gemas! Keset berdesain cute untuk si penyayang binatang

Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, jangan lewatkan keset yang satu ini. Keset ini berbentuk setengah lingkaran yang bagian permukaannya berdesain karakter kucing dan anjing yang supercute! Tenang saja, warna keset ini tahan lama dan tidak mudah luntur, kok. Daya serap keset pun tergolong tinggi, kaki Anda yang basah akan langsung kering!

No.5

Bright CrownKeset Motif Bunga

Harga referensi
Rp55.000
Menengah

Berbentuk bunga imut, sangat atraktif untuk menyambut tamu

Jika ingin membuat tamu yang datang ke rumah Anda terkesan dengan dekorasi rumah, keset ini wajib dimiliki. Keset ini bermotif bunga yang imut dan menggemaskan dengan wajah tersenyum. Keset ini juga sempurna untuk dekorasi semua ruangan baik indoor maupun outdoor. Untuk Anda pencinta bunga, rasa-rasanya Anda tidak boleh sampai melewatkan produk satu ini.

No.6

Keset Karpet Karet Anti Slip

Harga referensi
Rp40.000
Agak Murah

Terbuat dari karet murni, awet dan tahan lama

Penggunaan bahan karet murni menjadikan keset luar ini sangat antiselip dan mudah dibersihkan. Selain itu, bahan ini awet dan tahan untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Anda bisa mempertimbangkan produk ini jika mencari keset teras yang durable. Bisa dikatakan produk inilah keset yang pas untuk ditaruh outdoor. Tidak khawatir cepat rusak!

No.7

Keset Ijuk Motif Catur

Harga referensi
Rp115.000
Agak Mahal

Supertebal, dijamin awet meski terkena panas dan hujan terus-menerus

Jika biasanya ketebalan keset berkisar antara 1–2 cm, lain halnya dengan produk satu ini. Memiliki ketebalan hingga 5 cm, keset ini dijamin akan sangat tangguh meski terkena hujan dan panas sekalipun. Motif caturnya juga membuat tampilan produk dari bahan serabut ini berbeda dari keset sejenis kebanyakan. Tentu keset ini layak dipilih oleh Anda yang mengutamakan ketahanan produk.

No.8

CleanmaticKeset Kaki Keset Ijuk Welcome Coco Mat180141

Harga referensi
Rp74.000
Menengah

Ukurannya panjang, pas untuk teras besar Anda

Ini dia keset yang pas ditaruh di teras, terlebih jika teras rumah Anda tergolong besar. Pasalnya, keset yang ada tulisan "welcome" ini berukuran cukup lebar. Adanya keset ini tentu akan membuat tampilan teras Anda menjadi seimbang. Untuk ukuran keset yang lebar, harga produk ini termasuk ekonomis dan awet juga untuk digunakan dalam waktu lama.

No.9

KrisbowKeset Outdoor Diamond

Harga referensi
Rp195.000
Lebih Mahal

Desain cutting diamond-nya membuat teras lebih elegan

Salah satu tips mendesain teras rumah yang sederhana sekaligus tetap elegan adalah dengan menghadirkan detail-detail khusus. Produk ini cocok bagi Anda yang ingin memberi kesan elegan di depan pintu rumah. Detail cutting diamond dan warna cokelatnya akan pas dikombinasikan dengan warna dinding yang kalem. Tekstur permukaannya yang keras pun ampuh meluruhkan kotoran.
No.10

IKEABORRIS Door Mat

Harga referensi
Rp35.900
Agak Murah

Simpel dan tidak cepat kotor dengan warna biru tua

IKEA juga turut menjual produk keset pintu rumah yang memiliki desain sederhana, yakni garis-garis horizontal. Hal ini tentunya cocok untuk Anda yang menyukai benda-benda dengan tampilan simpel. Dengan penggunaan warna biru tua, Anda juga tidak perlu khawatir keset akan terlihat cepat kotor. Ketika kotor pun, keset ini tetap bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan vacuum cleaner.

Tips dari arsitek kami, Endi Burhan

Tips dari arsitek kami, Endi Burhan

Keset serabut biasanya dikombinasikan dengan keset karet berlubang. Hal ini umum dilakukan untuk menyiasati penutup lantai yang biasa digunakan pada teras. Selain itu, adanya tambahan keset karet berlubang juga mampu menutupi kelemahan keset serabut yang tidak memiliki lapisan antiselip. 


Namun, karena merupakan kombinasi dua produk, tentu saja ketebalannya jadi dobel. Jika Anda memilih keset yang seperti ini, pastikan ketebalannya tidak mengganggu penggunaan.

Baca juga rekomendasi produk keset lainnya di sini

Selain keset untuk di luar rumah, terdapat jenis keset lain yang juga sama pentingnya untuk di rumah. Sebelum ini, kami sudah mengulas rekomendasi produk keset khusus untuk kamar mandi dan juga toilet. Apabila Anda tertarik untuk mengetahuinya, silakan baca artikel tersebut di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana dengan keset outdoor yang sudah kami perkenalkan tadi? Apakah ada produk yang Anda sukai atau sesuai dengan kebutuhan Anda?

Dari banyaknya tipe keset outdoor, semua memiliki fungsi yang sama. Hal itu adalah menjaga kebersihan teras dan pintu rumah yang merupakan wajah dari sebuah rumah. Jika teras terlihat rapi, rumah pun terlihat lebih indah. Silakan lengkapi teras Anda dengan keset yang menarik dan fungsional!

5 Rekomendasi Keset Depan Rumah terbaik

No. 1: Keset Bihun Full Motif

No. 2: Keset Karet Lubang Anti Slip

No. 3: Bright CrownKeset Karpet PVC

No. 4: Kerajaan KarpetKeset Cute Animal PVC

No. 5: Bright CrownKeset Motif Bunga

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kebutuhan rumah tangga
  3. Kebun & luar ruangan
  4. 10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.