• 10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)

Keset outdoor atau keset depan rumah berguna untuk menghilangkan kotoran dan debu dari alas kaki. Selain berfungsi sebagai pengesat alas kaki, kegunaan keset ini juga termasuk melengkapi interior bagian depan rumah. Jika keset tersebut serasi dengan ornamen lain seperti tanaman hias di sekitar pintu, rumah akan terlihat lebih menarik.

Kali ini, kami akan membantu Anda memilih keset untuk teras rumah dan keset pintu masuk utama rumah.  Kami akan mengulas berbagai keset terbaik yang bagus dari merek IKEA, Krisbow, dan lainnya. Artikel ini pun sudah ditinjau oleh arsitek kami, Endi Burhan.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Endi Burhan
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 23 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Arsitek, Endi Burhan

Profil pakar: Arsitek, Endi Burhan
Endi Burhan
Arsitek dan 3D architectural visualization artist
Endi Burhan

Burhan adalah seorang arsitek muda yang memiliki SKA aktif dengan kualifikasi Ahli Muda. Ia juga terdaftar sebagai anggota aktif Ikatan Arsitek Indonesia sejak 2016. Burhan menggeluti bidang kerja desain arsitektur, visualisasi arsitektur, dan desain interior sejak 2012.


Burhan memiliki berbagai pengalaman sebagai drafter arsitektur untuk beberapa perseroan dan proyek. Pada 2017, ia membentuk entitas desain dan architectural visualisation specialist bernama P.O.T. Studio sebagai arsitek dan 3D archviz artist. Anda bisa menyapa Burhan melalui Instagram, YouTube, ataupun akun Artstation-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih keset depan rumah

Sebelum menentukan keset untuk di luar rumah yang akan Anda beli, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Dengan tips dari kami, semoga Anda dapat menemukan pilihan yang tepat!

Pilih keset berdasarkan bahannya

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui bahan keset yang digunakan. Umumnya, keset outdoor dibuat dari bahan serabut, karet (rubber), dan PVC. Masing-masing bahan ini memiliki karakteristiknya. Apa saja karakteristik tiap bahan tersebut? Yuk, langsung saja disimak penjelasan berikut ini.

Serabut: Dijual dengan ukuran yang besar

Serabut: Dijual dengan ukuran yang besar

Keset ini merupakan keset yang dibuat dari serabut kelapa. Ciri keset ini adalah warnanya yang kekuningan dengan tekstur sedikit kaku. Karena bahan ini tergolong mudah ditemukan, harga keset ini menjadi terjangkau. Ukuran keset ini di pasaran juga sangat beragam, ada yang kecil minimalis dan ada yang besar. Makin besar ukuran, makin nyaman Anda membersihkan kotoran pada alas kaki.


Keset dari serabut dikenal memiliki daya serap tinggi dan ramah lingkungan. Namun, salah satu kekurangan keset ini adalah serabutnya yang mudah rontok. Selain itu, bahan ini juga mudah berdebu dan menjadi sarang serangga. Jadi, Anda harus rutin mengebaskan keset dan mencucinya. Membersihkan keset serabut juga akan menjaganya tetap empuk sehingga bisa dipakai dalam jangka lama.

Rubber atau karet: Mudah menyerap lumpur dan tahan air

Rubber atau karet: Mudah menyerap lumpur dan tahan air

Keset dari bahan karet (rubber) mudah menyerap lumpur dan juga tahan air. Keset ini sangat pas diletakkan di teras untuk membersihkan alas kaki Anda sebelum memasuki rumah. Ketika kotor pun Anda dapat dengan mudah membersihkan keset ini. Karena berbahan karet, keset ini bersifat cepat kering. Keset karet juga dapat mencegah kaki Anda tergelincir saat sedang meluruhkan kotoran.


Desain yang bervariasi merupakan ciri khas dari keset rubber. Salah satu yang paling populer adalah tipe desain Skandinavia. Tipe ini cocok untuk Anda yang ingin mendekorasi teras rumah dengan desain Skandinavia.


Akan tetapi, jika diletakkan di tempat bersuhu tinggi dalam jangka waktu lama, keset ini dapat meninggalkan bekas dan getas. Karena itu, perhatikanlah posisinya ketika diletakkan di teras yang terkena sinar matahari langsung. Namun, sebaiknya Anda menaruhnya di area yang tidak terlalu terpapar sinar matahari.

PVC: Mampu membersihkan kotoran dan menyerap air

PVC: Mampu membersihkan kotoran dan menyerap air

Salah satu kelebihan keset PVC (polivinil klorida) adalah kemampuannya dalam menyerap air dan kotoran. Ciri keset ini ialah permukaannya yang terasa elastis. Keset ini memiliki ketebalan yang cukup sehingga empuk di kaki. Keset ini juga terasa lembut dan kesat di kaki.


Jangan lupa untuk rutin membersihkan keset PVC karena kotoran mudah menempel di sela-sela keset. Keset PVC yang sering dicuci akan terjaga keelastisannya. Namun, apabila kerap terkena minyak atau kotoran berupa lumpur, keset dari PVC akan mudah mengeras.


Bagian bawah keset ini biasanya sudah dilengkapi dengan lapisan antiselip untuk mencegah Anda tergelincir. Di pasaran, keset ini juga dijual dalam beragam warna cerah dan bentuk yang menarik. Anda dapat menyesuaikannya dengan warna cat dinding atau dekorasi rumah Anda.

Fungsinya atau tampilannya? Pilihlah berdasarkan prioritas

Fungsi utama dari keset outdoor adalah mencegah kotoran atau debu dari alas kaki tidak ikut masuk ke dalam rumah. Selain itu, keset juga berfungsi sebagai dekorasi di pintu masuk. Akan lebih baik lagi jika kedua fungsi ini bisa dipadukan. Maka dari itu, Anda perlu menentukan prioritas antara fungsi atau desain.

Keset rumah minimalis, jika Anda mengutamakan fungsi

Keset rumah minimalis, jika Anda mengutamakan fungsi

Seperti namanya, keset rumah ini memiliki ukuran yang minimalis. Keset ini memang sangat cocok untuk rumah yang mengedepankan nuansa minimalis. Keset minimalis umumnya berbentuk segiempat dengan ukuran sekitar 40 cm x 60 cm. Ukuran ini sangat pas diletakkan di depan segala jenis pintu. Anda juga bisa memilih ukuran lain asalkan sesuai dengan area peletakannya agar fungsinya maksimal.


Karena berbentuk minimalis segi empat, keset ini sangat mudah disesuaikan dengan interior teras. Jadi, jika Anda mengutamakan fungsi keset untuk membersihkan kotoran pada alas kaki, pilihlah keset rumah minimalis.

Keset rumah berdesain unik atau cantik, untuk Anda yang mengutamakan tampilan

Keset rumah berdesain unik atau cantik, untuk Anda yang mengutamakan tampilan

Bagi Anda yang mengutamakan tampilan keset, kami menyarankan membeli keset rumah berdesain unik dan cantik. Kini Anda dapat dengan mudah mendapatkan keset dalam berbagai bentuk yang unik. Misalnya, keset berbentuk khusus seperti setengah lingkaran dan keset dengan gambar printing yang cantik.


Kami yakin keset ini akan menarik perhatian tamu yang datang. Namun, Anda juga harus memperhatikan bahan yang digunakan serta ukurannya, ya. Pilihlah keset berdesain cantik yang terlihat seimbang dengan teras atau pintu rumah Anda. Selain itu, pastikan juga seluruh keset dibuat dari bahan yang sama, terutama di bagian yang diinjak. Jadi, fungsi dan unsur estetikanya terpenuhi.

Sesuaikan keset dengan lokasi penggunaan

Pada dasarnya, keset outdoor dibagi menjadi dua jenis, yaitu keset pintu rumah dan keset untuk teras rumah. Lokasi penggunaan ini sebaiknya disesuaikan dengan bahan keset yang digunakan. Hal ini akan memengaruhi fungsi keset sendiri. Jika Anda bingung, simak penjelasan berikut ini.

Keset pintu rumah: Sebaiknya memilih keset dari PVC

Keset pintu rumah: Sebaiknya memilih keset dari PVC

Untuk keset pintu rumah, sebaiknya pilih keset dari bahan yang lembut dan cukup kesat. Hal ini karena keset pintu rumah berfungsi untuk membersihkan kotoran pada kaki yang sudah melepas sandal atau sepatu. Kami menyarankan Anda memilih keset dari bahan PVC. 


Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, keset PVC memiliki kemampuan yang baik dalam menghilangkan kotoran serta menyerap air. Karena itu, keset ini sangat cocok diletakkan di depan pintu utama sebelum memasuki area dalam rumah. Namun, pastikan tebal keset yang dipilih tidak mengganggu saat Anda membuka dan menutup pintu.

Keset teras rumah: Lebih cocok memilih keset berbahan serabut atau karet

Keset teras rumah: Lebih cocok memilih keset berbahan serabut atau karet

Berbeda dengan jenis sebelumnya, keset untuk teras rumah haruslah bertekstur lebih kasar. Keset dari bahan serabut dan karet lebih kami rekomendasikan untuk diletakkan di teras. Kedua bahan keset ini memiliki tekstur kasar yang mampu meluruhkan lumpur atau kotoran pada alas kaki. Jangan memasuki rumah dengan alas kaki yang masih kotor. Bersihkanlah dahulu pada keset yang ada di teras rumah Anda, ya!

Cek bilamana bagian bawahnya terbuat dari bahan antiselip

Cek bilamana bagian bawahnya terbuat dari bahan antiselip
Keset outdoor tidak hanya dipakai sebagai pijakan kaki, tetapi juga untuk menghilangkan kotoran. Jika bahannya licin atau mudah bergeser, pijakan kaki menjadi tidak stabil saat Anda meluruhkan kotoran yang menempel.

Ketika memilih keset untuk di luar rumah, perhatikan juga bagian alasnya apakah bahannya antiselip atau tidak. Keset yang terlalu ringan umumnya kurang stabil. Untuk itu, disarankan agar Anda memilih yang bobotnya sedang. Akan tetapi, keset serabut biasanya tidak antiselip.

Pilihlah yang bahannya mudah dibersihkan

Pilihlah yang bahannya mudah dibersihkan
Keset yang diletakkan di luar rumah banyak dipakai untuk meluruhkan kotoran dari sepatu. Jadi, tentu saja keset tersebut sangat mudah kotor. Untuk itu, pilihlah keset dengan bahan yang mudah dibersihkan.

Anda bisa membersihkan debu dan kotoran yang menempel dengan cara mengibaskannya. Namun, kami sarankan Anda untuk mencucinya dengan air. Pastikan Anda mengetahui cara membersihkan keset sesuai bahannya agar tidak terjadi kesalahan perawatan.


Penampilan keset teras akan menentukan kesan pintu rumah yang rapi sehingga keset perlu dijaga kebersihannya. Selain itu, perhatikan juga bobotnya. Keset teras yang berat memang lebih stabil, tetapi akan menyulitkan ketika diangkat, apalagi ketika dicuci.


Anda mungkin bisa merawat keset outdoor Anda dengan baik. Namun, bagi Anda yang sibuk dan kurang memiliki waktu membersihkan keset, carilah produk berharga murah. Anda bisa memakainya selama enam bulan hingga satu tahun, kemudian menggantinya dengan yang baru. Selain itu, Anda jadi lebih mudah mengubah suasana teras hanya dengan mengganti desain keset.

10 Rekomendasi keset depan rumah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keset depan rumah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Endi Burhan.

10
Ukuran57 cm x 38 cm
Ketebalan kesetTidak diketahui
BahanPolypropylene
Saran penggunaanKeset pintu rumah
Alas antiselip
Mudah dibersihkan
9
Ukuran75 cm x 45 cm
Ketebalan keset1 cm
BahanPVC
Saran penggunaanKeset pintu rumah
Alas antiselipTidak disebutkan
Mudah dibersihkan
8

CleanmaticKeset Kaki Keset Ijuk Welcome Coco Mat

180141

Mulai dari Rp 74.000,00

Ukuran90 cm x 43 cm
Ketebalan keset2 cm
BahanSerabut
Saran penggunaanKeset teras
Alas antiselipx
Mudah dibersihkanx
7
Ukuran100 cm x 50 cm
Ketebalan keset5 cm
BahanSerabut
Saran penggunaanKeset teras
Alas antiselipx
Mudah dibersihkanx
6
Ukuran75 cm x 45 cm
Ketebalan kesetTidak diketahui
BahanKaret
Saran penggunaanKeset teras
Alas antiselip
Mudah dibersihkan
5
Ukuran60 cm x 60 cm
Ketebalan keset1 cm
BahanPVC
Saran penggunaanKeset pintu rumah
Alas antiselip
Mudah dibersihkan
4

Kerajaan KarpetKeset Cute Animal PVC

Mulai dari Rp 100.000,00

Ukuran75 cm x 40 cm
Ketebalan keset1,5 cm
BahanPVC
Saran penggunaanKeset pintu rumah
Alas antiselip
Mudah dibersihkan
3
Ukuran40 cm x 60 cm
Ketebalan keset1,5 cm
BahanPVC
Saran penggunaanKeset pintu rumah
Alas antiselip
Mudah dibersihkan
2
Ukuran60 cm x 40 cm
Ketebalan keset1 cm
BahanKaret
Saran penggunaanKeset teras
Alas antiselip
Mudah dibersihkan
1
Ukuran40 cm x 60 cm
Ketebalan keset0,6 cm
BahanPVC
Saran penggunaanKeset pintu rumah
Alas antiselip
Mudah dibersihkan

Tabel perbandingan produk keset depan rumah terbaik

Gambar produk
1
Keset Bihun Full Motif 1

2
Keset Karet Lubang Anti Slip 1

3
Bright Crown Keset Karpet PVC 1

Bright Crown

4
Kerajaan Karpet Keset Cute Animal PVC 1

Kerajaan Karpet

5
Bright Crown Keset Motif Bunga 1

Bright Crown

6
Keset Karpet Karet Anti Slip 1

7
Keset Ijuk Motif Catur 1

8
Cleanmatic Keset Kaki Keset Ijuk Welcome Coco Mat 1

Cleanmatic

9
Krisbow Keset Outdoor Diamond 1

Krisbow

10
IKEA BORRIS Door Mat 1

IKEA

Nama produk

Keset Bihun Full Motif

Keset Karet Lubang Anti Slip

Keset Karpet PVC

Keset Cute Animal PVC

Keset Motif Bunga

Keset Karpet Karet Anti Slip

Keset Ijuk Motif Catur

Keset Kaki Keset Ijuk Welcome Coco Mat

Keset Outdoor Diamond

BORRIS Door Mat

Keunggulan

Harganya ekonomis, bisa beli banyak untuk stok

Sangat optimal antiselipnya! Tidak perlu khawatir terpeleset lagi

Empuk dan tebal, nyaman untuk bersihkan kotoran kaki

Gemas! Keset berdesain cute untuk si penyayang binatang

Berbentuk bunga imut, sangat atraktif untuk menyambut tamu

Terbuat dari karet murni, awet dan tahan lama

Supertebal, dijamin awet meski terkena panas dan hujan terus-menerus

Ukurannya panjang, pas untuk teras besar Anda

Desain cutting diamond-nya membuat teras lebih elegan

Simpel dan tidak cepat kotor dengan warna biru tua

Harga mulai dariRp 27.000,00Rp 15.999,00Rp 80.000,00Rp 100.000,00Rp 55.000,00Rp 40.000,00Rp 115.000,00Rp 74.000,00Rp 195.000,00Rp 35.900,00
Ukuran40 cm x 60 cm60 cm x 40 cm40 cm x 60 cm75 cm x 40 cm60 cm x 60 cm75 cm x 45 cm100 cm x 50 cm90 cm x 43 cm75 cm x 45 cm57 cm x 38 cm
Ketebalan keset0,6 cm1 cm1,5 cm1,5 cm1 cmTidak diketahui5 cm2 cm1 cmTidak diketahui
BahanPVCKaretPVCPVCPVCKaretSerabutSerabutPVCPolypropylene
Saran penggunaanKeset pintu rumahKeset terasKeset pintu rumahKeset pintu rumahKeset pintu rumahKeset terasKeset terasKeset terasKeset pintu rumahKeset pintu rumah
Alas antiselipxxTidak disebutkan
Mudah dibersihkanxx
Tautan produk

Tips dari arsitek kami, Endi Burhan

Tips dari arsitek kami, Endi Burhan

Keset serabut biasanya dikombinasikan dengan keset karet berlubang. Hal ini umum dilakukan untuk menyiasati penutup lantai yang biasa digunakan pada teras. Selain itu, adanya tambahan keset karet berlubang juga mampu menutupi kelemahan keset serabut yang tidak memiliki lapisan antiselip. 


Namun, karena merupakan kombinasi dua produk, tentu saja ketebalannya jadi dobel. Jika Anda memilih keset yang seperti ini, pastikan ketebalannya tidak mengganggu penggunaan.

Baca juga rekomendasi produk keset lainnya di sini

Selain keset untuk di luar rumah, terdapat jenis keset lain yang juga sama pentingnya untuk di rumah. Sebelum ini, kami sudah mengulas rekomendasi produk keset khusus untuk kamar mandi dan juga toilet. Apabila Anda tertarik untuk mengetahuinya, silakan baca artikel tersebut di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana dengan keset outdoor yang sudah kami perkenalkan tadi? Apakah ada produk yang Anda sukai atau sesuai dengan kebutuhan Anda?

Dari banyaknya tipe keset outdoor, semua memiliki fungsi yang sama. Hal itu adalah menjaga kebersihan teras dan pintu rumah yang merupakan wajah dari sebuah rumah. Jika teras terlihat rapi, rumah pun terlihat lebih indah. Silakan lengkapi teras Anda dengan keset yang menarik dan fungsional!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu benda yang sangat dibutuhkan saat Anda ingin mengeringkan pakaian adalah jepitan jemuran. Dengan menggunakan jepitan jemuran yang tepat, mengeringkan pakaian pun akan menjadi lebih praktis dan menyenangkan. Umumnya jepitan baju terbuat dari plastik. Namun, ada juga beberapa produk yang terbuat dari logam dan kayu.Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih jepitan jemuran serta merekomendasikan produk-produk terbaik yang mudah didapatkan secara online. Beberapa di antaranya adalah jepitan jemuran merek Lion Star dan Maspion. Perhatikan keunggulannya masing-masing dan temukan jepitan jemuran yang bagus dan cocok untuk Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Meja Taman Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Meja Taman Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Meja taman merupakan salah satu item yang dapat digunakan untuk mempercantik area hijau di rumah Anda. Banyaknya material meja taman, seperti kayu, aluminium, besi, atau rotan, mungkin menyulitkan Anda untuk memilih produk yang cocok.Agar tidak bingung, kami akan memberikan tips memilih meja taman yang bagus untuk Anda. Tak berhenti sampai di situ, tersedia juga rekomendasi sepuluh merek meja taman terbaik, seperti IKEA, Informa, dan Mutu. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Mari simak ulasannya dan jadikan taman Anda makin cantik!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Tanaman Merambat Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tanaman Merambat Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    Popularitas tanaman merambat terus meningkat saat hunian bergaya minimalis muncul. Selain dijadikan hiasan, tanaman merambat biasanya difungsikan sebagai penyaring udara dan penghalang sinar matahari. Beberapa jenis tanaman merambat bahkan dapat berfungsi sebagai apotek hidup, lho!Sirih, dolar rambat, dan Syngonium wendlandii merupakan beberapa contoh tanaman merambat yang disukai banyak orang. Jenisnya pun banyak, mulai dari tanaman rambat gantung, rambat dinding, dan rambat hias. Namun, sebelum memutuskan membeli tanaman rambat, ketahui cara memilih tanaman merambat yang bagus, yuk! Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora, untuk menambah wawasan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Bunga Terbaik untuk Menghias Rumah - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bibit Bunga Terbaik untuk Menghias Rumah - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk memperindah rumah, Anda juga memerlukan tanaman. Bunga yang berwarna-warni tentu akan membuat rumah tampak cantik. Dibandingkan bunga imitasi, bagaimana jika menanam bunga asli saja? Selain memperindah, tanaman juga bisa membuat udara di rumah menjadi lebih segar.Kami akan membahas beberapa bibit bunga yang bisa Anda pilih untuk menghias rumah. Anda akan menemukan bibit yang bagus, seperti bunga mawar, lavender, sedap malam, dan sebagainya. Kami akan mengulasnya dan membantu Anda mencari bunga yang cantik. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Yuk, ketahui dahulu perbedaan bibit dan benih, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Media tanam adalah campuran bahan organik dan anorganik yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan sebuah tanaman. Selain menutrisi, media tanam juga membantu formasi akar serta menampung udara dan air di dalamnya. Anda bisa meraciknya sendiri ataupun membeli produk media tanam siap pakai.Pemilihan media tanam penting karena produk yang salah dapat membuat tanaman cepat busuk atau gagal berbuah. Kami akan memberi tips memilih media tanam yang bagus untuk Anda. Kami juga akan me-review media tanam dari merek terkenal, seperti Klasmann, Trubus, dan Hydrofarm. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuimii. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Saat mendekor kebun, Anda perlu memikirkan bentuk dan ukuran pot yang dibutuhkan. Pot bunga memiliki jenis yang bermacam-macam. Ada pot bunga minimalis dan simpel dengan harga murah, ada juga pot artistik dengan harga tinggi. Bahan pot juga beragam, seperti plastik, kayu, hingga keramik. Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memilih pot bunga yang bagus untuk kebutuhan taman dan tanaman hias Anda. Kami juga akan merekomendasikan merek pot plastik yang bagus, antara lain Indokurnia dan Kunataruma. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Tanaman Lidah Mertua Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tanaman Lidah Mertua Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    Tanaman lidah mertua bisa menjadi pilihan tepat untuk mempercantik halaman atau sudut ruangan. Tanaman asli Afrika ini memiliki bentuk daun yang unik. Selain itu, tanaman bernama lain sansivera atau Sansevieria dan snake plant ini memiliki warna serta motif yang indah.Berbagai jenis tanaman lidah mertua dijual secara online, seperti Sansevieria trifasciata 'Laurentii', Sansevieria kirkii 'Coppertone', dan Sansevieria rorida. Untuk membantu Anda menemukan tanaman lidah mertua yang bagus, kami akan merekomendasikan sepuluh tanaman lidah mertua terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek lanskap kami, Setia Permana. Simak sampai akhir, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pupuk kalium klorida atau pupuk KCl adalah pupuk anorganik yang tinggi kandungan kaliumnya. Terdapat beberapa jenis pupuk KCl di pasaran dalam bentuk serbuk kristal atau cair. Fungsi pupuk KCl di antaranya adalah untuk meningkatkan kualitas hasil panen tanaman kacang panjang, jahe, padi, jagung, cabai, dan lain-lain.Jika Anda sedang mencari pupuk yang tepat untuk pertanian, baca artikel ini sampai tuntas. Kami akan mengulas rekomendasi pupuk KCl yang bagus, seperti dari merek Mahkota, Pak Tani, serta Pupuk Kujang. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.  Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk NPK Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk NPK Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Kegiatan berkebun, baik itu menanam buah, bunga, maupun sayur, tidak bisa terlepas dari kebutuhan akan pupuk. Salah satu pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk NPK. Dengan memberikan pupuk NPK secara teratur, tanaman akan subur, cepat berbunga, dan berbuah lebat.Kami akan membahas cara memilih pupuk NPK yang bagus untuk semua jenis tanaman. Beberapa merek juga akan kami rekomendasikan, seperti pupuk merek Pak Tani, Mutiara, DGW, Meroke, dan yang lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Temukan pupuk NPK terbaik untuk tanaman Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • Artikel populer

  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.  Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Harga bibit strawberry beserta jenis strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pupuk kalium klorida atau pupuk KCl adalah pupuk anorganik yang tinggi kandungan kaliumnya. Terdapat beberapa jenis pupuk KCl di pasaran dalam bentuk serbuk kristal atau cair. Fungsi pupuk KCl di antaranya adalah untuk meningkatkan kualitas hasil panen tanaman kacang panjang, jahe, padi, jagung, cabai, dan lain-lain.Jika Anda sedang mencari pupuk yang tepat untuk pertanian, baca artikel ini sampai tuntas. Kami akan mengulas rekomendasi pupuk KCl yang bagus, seperti dari merek Mahkota, Pak Tani, serta Pupuk Kujang. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar mulai dari 500 liter, 1000 liter, hingga 5000 liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merek ternama, seperti MPOIN, PENNYU, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan tangki air yang sesuai untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Isu tentang ketahanan pangan bukan hanya menjadi tugas petani. Untuk mendukung Gerakan Ketahanan Pangan (GKP) oleh Kementerian Pertanian RI, Anda bisa mulai turut serta menanam sayur di rumah. Agar mendapatkan panen melimpah di lahan terbatas, Anda membutuhkan benih yang berkualitas.Di artikel ini, kami akan membahas tentang benih sayur yang bagus dari berbagai merek. Anda akan menemukan benih sayur dari Cap Panah Merah, Know You Seed, Benihpedia, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Yuk, ketahui tips memilih benih sayur yang baik berikut ini!
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori