• 10 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Hard disk eksternal atau HDD eksternal merupakan perangkat yang dapat membantu Anda menyimpan berbagai data penting. Produk ini berguna bagi Anda yang memiliki banyak data dan device yang sering digunakan. Hardisk eksternal memiliki kapasitas, kompabilitas, dan fitur yang berbeda-beda. Hal tersebut barangkali membuat Anda bingung memilih.

Kami akan memberikan tips cara memilih hard disk eksternal yang bagus. Produk external HDD terbaik dari merek Toshiba, Transcend, Western Digital, dan Seagate ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis agar Anda dapat menemukan hard disk eksternal terbaik.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 10 Agustus 2022
Daftar isi

Apa itu hard disk eksternal?

Apa itu hard disk eksternal?

Hard disk eksternal adalah komponen perangkat keras yang berfungsi menyimpan data-data berupa file digital yang terintegrasi dalam sebuah komputer. Hard disk eksternal yang disebut juga external hard disk drive kali pertama diperkenalkan pada 1956.


Hard disk eksternal berguna menyimpan data sekunder saat memori penyimpanan internal pada komputer semakin sedikit. Perangkat ini bersifat portabel dan dapat dipasang pada sebuah sistem komputer untuk dapat diakses.


Saat ini, perangkat yang bisa dipasang semakin beragam seiring berkembangnya teknologi. Tak hanya PC, hard disk eksternal kini bisa dipasang di PS4 hingga TV untuk menunjang penyimpanan data yang besar. Kapasitas hard disk eksternal saat ini dapat menampung data hingga 20 TB.

Cara memilih hard disk eksternal

Di bawah ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang patut Anda perhatikan saat memilih hard disk eksternal. Perangkat, OS, konektor USB, fitur shock resistance, dan masa garansi adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan. Simak penjelasan dari kami berikut agar menemukan hard disk eksternal terbaik untuk kebutuhan Anda.

Pilih perangkat yang akan Anda hubungkan

Hard disk eksternal merupakan alat yang tidak hanya dapat disambungkan pada PC, tetapi juga PS4 dan TV. Berbeda perangkat yang akan disambungkan, berbeda pula kebutuhan pada hard disk eksternalnya. Selengkapnya, silakan cek penjelasan di bawah ini!

PC atau laptop, membutuhkan format yang kompatibel demi keamanan data

PC atau laptop, membutuhkan format yang kompatibel demi keamanan data

Pada umumnya, hard disk eksternal atau HDD eksternal dibuat untuk PC atau laptop. Hard disk eksternal berfungsi menyimpan data-data seperti dokumen, gambar, video, musik, dan sebagainya jika kapasitas HDD internal kurang cukup.


HDD eksternal digunakan untuk mem-backup data jika komputer atau laptop Anda tiba-tiba rusak atau terkena virus. Untuk bisa menjalankannya di komputer, diperlukan format yang kompatibel untuk keamanan data.


Jika Anda ingin menggunakan satu hard disk untuk Windows dan Macbook, pilihlah produk yang mendukung format exFAT atau FAT32. Jika tidak, Anda harus melakukan reformat atau reset pada semua data saat menghubungkan HDD ke OS yang berbeda.


Jika PC Anda memiliki port bertipe tertentu, Anda bisa menggunakan Thunderbolt 3 untuk mentransfer data dengan kecepatan tinggi. Anda bahkan dapat memindahkan data dengan lebih cepat jika HDD juga mendukung Thunderbolt 3.


Beberapa HDD eksternal juga ada yang dilengkapi dengan kemampuan mirroring. Fitur mirroring memungkinkan Anda untuk menduplikat data pada dua HDD sekaligus secara otomatis. Jika Anda akan menyimpan data penting, pertimbangkanlah fitur ini, ya.

PS4, membutuhkan kompabilitas dan kapasitas yang sesuai

PS4, membutuhkan kompabilitas dan kapasitas yang sesuai

Jika kapasitas HDD internal pada PS4 Anda hampir penuh, Anda bisa menggunakan hard disk eksternal sebagai media penyimpanan data. Sebenarnya, Anda bisa mengganti HDD internal dengan kapasitas yang lebih besar.


Namun, jika tidak kompatibel, akan ada risiko kerusakan dan kehilangan data. Karena itu, banyak yang memilih menggunakan HDD eksternal.


Berdasarkan rekomendasi Sony, produsen PS4, Anda sebaiknya memilih HDD dengan USB 3.0 atau lebih tinggi. Pilih juga produk dengan kapasitas minimum 250 GB dan maksimum 8 TB.


Namun, pemenuhan kedua kondisi tersebut tidak menjamin kompatibilitas PS4 dan HDD pilihan Anda. Karena itu, pastikan produsen HDD eksternal menyatakan dengan jelas bahwa produknya kompatibel dengan PS4.

TV, membutuhkan hard disk eksternal yang tahan dipakai 24 jam

TV, membutuhkan hard disk eksternal yang tahan dipakai 24 jam

Saat ini, Anda bisa menonton film dan mendengarkan musik yang tersimpan di hard disk eksternal melalui layar TV Anda. Syaratnya, TV Anda harus mendukung konektivitas HDD, ya.


Salah satu ciri TV bisa dikoneksikan dengan HDD eksternal adalah adanya porta USB pada TV. Perlu diketahui juga bahwa Android TV kompatibel dengan HDD yang sudah diformat ke sistem file NTFS atau FAT32.


Selain itu, Anda juga bisa merekam acara TV menggunakan hard disk eksternal. Hard disk eksternal bisa berfungsi sebagai media penyimpanan rekaman televisi tersebut.


Salah satu indikasi HDD yang dapat digunakan untuk merekam TV adalah munculnya tulisan recording jika dihubungkan dengan TV. Namun, untuk merekam acara TV yang berjam-jam dibutuhkan HDD yang tahan 24 jam atau lebih.

Pastikan OS-nya kompatibel dengan perangkat Anda

Pastikan OS-nya kompatibel dengan perangkat Anda

Tidak semua hard disk eksternal kompatibel dengan perangkat PC, TV, dan PS4. HDD eksternal dan perangkat dari merek yang sama pun tidak menjamin kompabilitas keduanya. Semuanya bergantung pada kompabilitas operating system (OS) yang ada pada HDD dan perangkat. Karena itu, pastikan terlebih dahulu apakah HDD yang dipilih cocok dengan perangkat Anda.


Ada beberapa OS yang biasanya disematkan pada hard disk eksternal. OS yang tercantum pada HDD menentukan perangkat mana yang kompatibel. Tiga OS yang biasanya diadopsi hard disk eksternal adalah:


  • Windows, merupakan OS yang paling banyak digunakan berbagai perangkat di dunia. OS ini banyak diadopsi untuk membantu mengakomodasi berbagai kebutuhan sehari-hari. Kebanyakan komputer sekolah, perkantoran, instansi, hingga pribadi menggunakan OS ini.

  • MacOS, merupakan OS eksklusif yang hanya terdapat pada komputer merek Apple saja. Karena eksklusif, jumlah pengguna OS ini tergolong lebih sedikit dibanding OS lainnya. Hal tersebut karena harga perangkat komputer Apple tergolong lebih mahal.

  • Linux, merupakan OS gratis yang memiliki sifat open source. Sifat open source tersebut membuat pengguna dapat memodifikasi dan mendistribusikan kembali secara bebas tanpa perlu lisensi. OS ini banyak digunakan untuk smartphone, komputer, perangkat pintar, hingga server perusahaan.

Selain mengetahui OS yang kompatibel, Anda juga harus mencari tahu versi OS-nya. Pastikan versi OS sama antara perangkat dan hard disk eksternal.

Perhatikan konektor USB-nya

Perhatikan konektor USB-nya

USB (Universal Serial Bus) merupakan konektor perangkat elektronik yang bersifat eksternal, seperti hard disk eksternal ke komputer. Konektor USB ini berguna sebagai media perantara untuk mentransfer atau membaca data di komputer. Beberapa tipe konektor USB yang biasanya digunakan pada hard disk eksternal adalah:


  • USB Tipe A, merupakan tipe USB yang paling umum. USB tipe ini bisa dikoneksikan dengan porta USB 1.0, USB 1.1, USB 2.0, USB 3.0, dan USB 3.1.

    • USB Tipe B, memiliki sambungan ke porta berbentuk persegi. USB 1.0, USB 1.1, USB 2.0, USB 3.0, dan USB 3.1 bisa dikoneksikan dengan konektor USB ini.

  • USB Tipe C, biasanya dipakai untuk Macbook dan komputer keluaran terbaru. USB tipe ini bisa dikoneksikan dengan port USB 2.0, USB 3.0, USB 3.1, USB 3.2, dan USB4.

Angka yang terletak di belakang USB merupakan versi USB. Di bawah ini adalah standar umum kecepatan transfer setiap versi USB.


  • USB 1.0 kecepatan maksimum 12 Mb/s
  • USB 1.1 kecepatan maksimum 12 Mb/s
  • USB 2.0 kecepatan maksimum 480 Mb/s
  • USB 3.0 kecepatan maksimum 5 Gb/s
  • USB 3.1 kecepatan maksimum 10 Gb/s
  • USB 3.2 kecepatan maksimum 20 Gb/s
  • USB 4 kecepatan maksimum 40 Gb/s

Nilai angka di atas merupakan ketentuan umum dari standar USB secara teori, bukan kecepatan real-nya. Untuk mendapat kecepatan di atas, pastikan konektor USB dan porta USB pada hard disk eksternal Anda sesuai.

Pertimbangkan hard disk eksternal dengan fitur shock resistance

Pertimbangkan hard disk eksternal dengan fitur shock resistance

Perlu Anda ketahui, hard disk eksternal akan bekerja lamban dan rusak jika terkena guncangan. Untuk itu, pilihlah hard disk eksternal yang dilengkapi fitur shock resistance.


Fitur tersebut berfungsi mengurangi guncangan yang kemungkinan diterima oleh hard disk eksternal, misal terjatuh. Hard disk eksternal dengan fitur shock resistance biasanya dibalut dengan tempurung atau casing dari bahan-bahan yang mampu menyerap guncangan.

Cari tahu risiko kerusakan dan masa garansinya

Cari tahu risiko kerusakan dan masa garansinya

Pastinya akan sangat menyebalkan jika HDD yang Anda gunakan mendadak rusak. Karena itu, periksalah lamanya masa garansi, umur penggunaan produk, serta keberadaan layanan pemulihan data. Cek juga apabila ada layanan customer service yang dapat dihubungi ketika dibutuhkan.


Jika data di HDD mendadak tidak bisa dibaca, Anda mungkin harus membayar spesialis dengan harga mahal untuk memulihkannya. Supaya hal ini tidak terjadi, biasakan membuat backup data terlebih dahulu agar data tetap aman.

10 Rekomendasi hard disk eksternal terbaik

Di bawah ini, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hard disk eksternal terbaik. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Seagate One Touch HDD 1 TB 1

Seagate

2
Western Digital WD My Passport 1 TB 1

Western Digital

3
Western Digital WD Elements Portable 1 TB 1

Western Digital

4
Seagate Expansion Portable Drive 2 TB 1

Seagate

5
Transcend StoreJet 25M3 1 TB 1

Transcend

6
Adata HD710 Pro External Hard Drive 2 TB 1

Adata

7
Toshiba Canvio Advance 2 TB 1

Toshiba

8
Silicon Power Armor A60 2 TB 1

Silicon Power

9
LaCie Rugged Mini 1 TB 1

LaCie

10
Adata  External Hard Drive 4 TB 1

Adata

Nama produk

One Touch HDD 1 TB

WD My Passport 1 TB

WD Elements Portable 1 TB

Expansion Portable Drive 2 TB

StoreJet 25M3 1 TB

HD710 Pro External Hard Drive 2 TB

Canvio Advance 2 TB

Armor A60 2 TB

Rugged Mini 1 TB

External Hard Drive 4 TB

Keunggulan

Produk lokal dengan sistem keamanan terdepan

Menjaga data di dalam HDD tetap aman dengan fitur kata sandi

Lightweight design, plus memiliki koneksi supercepat

Mudah memindahkan data dengan fungsi plug and play

Fitur hemat energi, tidak memakan daya baterai laptop

Lebih aman dengan perlindungan dustproof dan waterproof

Mudah back up data dengan automatic backup solution

Silica gel suspension-nya menjaga hard disk dari benturan dan tetesan air

Tangguh dengan fitur pelindung tekanan dan benturan hingga 1 ton

Desain sleek dan glossy yang terkesan futuristik

Harga mulai dariRp 800.000,00Rp 1.032.000,00Rp 780.000,00Rp 1.075.000,00Rp 799.000,00Rp 1.124.000,00Rp 1.095.000,00Rp 1.200.000,00Rp 1.445.000,00Rp 1.703.000,00
Ukuran114,8 mm x 77,9 mm x 11,6 mm107,2 mm x 75 mm x 11,15 mm110 mm x 82 mm x 15 mm115,3 mm x 80 mm x 12,6mm129,5 mm x 80,8 mm x 16,1 mm133,3 mm x 98,5 mm x 21,5mm109 mm x 78 mm x 14 mm138,5 mm x 85,9 mm x 23,2 mm135 mm x 86 mm x 19 mm115 mm x 78 mm x 11,5 mm
Berat148 gramTidak disebutkan120 gram200 gram185 gram390 gram149 gram228 gram-336 gram260 gram230 gram
Konektor USBUSB Tipe C, USB 3.0USB Tipe A, USB 3.2 Gen 1 USB 2.0, USB 3.0, USB 3.2 Gen 1 (Superspeed USB)USB 3.0Micro USB ke USB Tipe A, USB 3.1 Gen 1USB 2.0, USB 3.0, USB 3.1 Gen 1, USB 3.2 Gen 1USB 2.0, USB 3.0, USB 3.2 Gen 1USB 3.2 Gen 1, USB 3.1 Gen 1, USB 3.0, USB 2.0, USB 3.1 Gen 1USB 2.0, USB 3.0USB 3.0, USB 3.1 Gen 1, USB 3.2 Gen 1, backward compatible with USB 2.0
OSWindows, macOSWindows 10+, macOS 11+Windows 7 / 8 / 8.1 / 10, reformat untuk OS lainWindows, macOSWindows 7+, macOS 10.10+Windows 7 / 8 / 8.1 / 10, macOS, LinuxWindows 7 / 8.1 / 10, reformat khusus untuk macOSWindows 10 / 8.1 / 8 / 7 / Vista / XP 64-Bit, macOS 10.5.x, Linux 2.6.xWindows 7+, macOS 10.5+Windows 7 / 8 / 8.1 / 10, macOS, Linux
Kapasitas lainnya2 TB, 4 TB, 5 TB2 TB, 4 TB, 5 TB2 TB, 3 TB, 4 TB, 5 TB1 TB, 3 TB, 4 TB, 5 TB2 TB, 4 TB1 TB, 4 TB, 5 TB1 TB, 4 TB1 TB, 4 TB, 5 TB500 GB, 2 TB, 4 TB, 5 TB1 TB, 2 TB
Shock resistanceTidak disebutkanYaYaTidak disebutkanYaYaYaYaYaTidak disebutkan
Garansi3 tahun3 tahun3 tahun3 tahun3 tahun3 tahun2 tahun3 tahun2 tahun3 tahun
Tautan produk
10

Adata External Hard Drive 4 TB

HV620S

Mulai dari Rp 1.703.000,00

Ukuran115 mm x 78 mm x 11,5 mm
Berat230 gram
Konektor USBUSB 3.0, USB 3.1 Gen 1, USB 3.2 Gen 1, backward compatible with USB 2.0
OSWindows 7 / 8 / 8.1 / 10, macOS, Linux
Kapasitas lainnya1 TB, 2 TB
Shock resistanceTidak disebutkan
Garansi3 tahun
9
Ukuran135 mm x 86 mm x 19 mm
Berat260 gram
Konektor USBUSB 2.0, USB 3.0
OSWindows 7+, macOS 10.5+
Kapasitas lainnya500 GB, 2 TB, 4 TB, 5 TB
Shock resistanceYa
Garansi2 tahun
8
Ukuran138,5 mm x 85,9 mm x 23,2 mm
Berat228 gram-336 gram
Konektor USBUSB 3.2 Gen 1, USB 3.1 Gen 1, USB 3.0, USB 2.0, USB 3.1 Gen 1
OSWindows 10 / 8.1 / 8 / 7 / Vista / XP 64-Bit, macOS 10.5.x, Linux 2.6.x
Kapasitas lainnya1 TB, 4 TB, 5 TB
Shock resistanceYa
Garansi3 tahun
7
Ukuran109 mm x 78 mm x 14 mm
Berat149 gram
Konektor USBUSB 2.0, USB 3.0, USB 3.2 Gen 1
OSWindows 7 / 8.1 / 10, reformat khusus untuk macOS
Kapasitas lainnya1 TB, 4 TB
Shock resistanceYa
Garansi2 tahun
6

AdataHD710 Pro External Hard Drive 2 TB

Mulai dari Rp 1.124.000,00

Ukuran133,3 mm x 98,5 mm x 21,5mm
Berat390 gram
Konektor USBUSB 2.0, USB 3.0, USB 3.1 Gen 1, USB 3.2 Gen 1
OSWindows 7 / 8 / 8.1 / 10, macOS, Linux
Kapasitas lainnya1 TB, 4 TB, 5 TB
Shock resistanceYa
Garansi3 tahun
5
Ukuran129,5 mm x 80,8 mm x 16,1 mm
Berat185 gram
Konektor USBMicro USB ke USB Tipe A, USB 3.1 Gen 1
OSWindows 7+, macOS 10.10+
Kapasitas lainnya2 TB, 4 TB
Shock resistanceYa
Garansi3 tahun
4

SeagateExpansion Portable Drive 2 TB

STKM2000400

Mulai dari Rp 1.075.000,00

Ukuran115,3 mm x 80 mm x 12,6mm
Berat200 gram
Konektor USBUSB 3.0
OSWindows, macOS
Kapasitas lainnya1 TB, 3 TB, 4 TB, 5 TB
Shock resistanceTidak disebutkan
Garansi3 tahun
3
Ukuran110 mm x 82 mm x 15 mm
Berat120 gram
Konektor USB USB 2.0, USB 3.0, USB 3.2 Gen 1 (Superspeed USB)
OSWindows 7 / 8 / 8.1 / 10, reformat untuk OS lain
Kapasitas lainnya2 TB, 3 TB, 4 TB, 5 TB
Shock resistanceYa
Garansi3 tahun
2

Western DigitalWD My Passport 1 TB

Mulai dari Rp 1.032.000,00

Ukuran107,2 mm x 75 mm x 11,15 mm
BeratTidak disebutkan
Konektor USBUSB Tipe A, USB 3.2 Gen 1
OSWindows 10+, macOS 11+
Kapasitas lainnya2 TB, 4 TB, 5 TB
Shock resistanceYa
Garansi3 tahun
1

SeagateOne Touch HDD 1 TB

STKY1000400

Mulai dari Rp 800.000,00

Ukuran114,8 mm x 77,9 mm x 11,6 mm
Berat148 gram
Konektor USBUSB Tipe C, USB 3.0
OSWindows, macOS
Kapasitas lainnya2 TB, 4 TB, 5 TB
Shock resistanceTidak disebutkan
Garansi3 tahun

Jika hard disk tidak terdeteksi perangkat

Jika hard disk tidak terdeteksi perangkat

Terkadang, ada saatnya perangkat Anda tidak dapat mendeteksi HDD. Beberapa penyebab HDD menjadi rusak atau tidak terbaca, di antaranya akibat terjatuh, guncangan, dan debu yang masuk.


Untuk mencegah kerusakan, letakkan HDD di atas alas yang dapat menyerap getaran. Anda dapat menaruhnya di atas busa tipis yang dapat menyerap berbagai guncangan. Pastikan Anda sering membersihkan port USB dengan kapas agar debu tidak mengganggu kinerja HDD.

Baca juga rekomendasi media penyimpanan data lainnya di sini

Selain hard disk eksternal, masih ada beberapa produk yang dapat membantu Anda menyimpan data dengan lebih mudah. Silakan cek artikel di bawah ini untuk membaca rekomendasi lainnya!

Kesimpulan

Demikian artikel kami mengenai hard disk eksternal serta beberapa rekomendasi produk terbaik di pasaran. Setelah membaca artikel ini, Anda pasti sudah menemukan hard disk eksternal yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Hard disk eksternal yang tepat dapat membantu Anda menyimpan data penting Anda dengan mudah. Pilihlah produk yang sesuai dengan perangkat yang Anda miliki. Jangan lupa untuk menyimpan serta menggunakan hard disk Anda dengan hati-hati agar produk berumur panjang!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi SSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi SSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai media perekam data, SSD (Solid State Drive) dianggap mempunyai kemampuan yang lebih baik dibandingkan HDD. SSD sering digunakan sebagai media penyimpanan utama dengan tingkat kemampuan membaca dan menulis data yang cepat. Saat ini, ada banyak jenis SSD yang bisa Anda temukan di pasaran dengan kapasitas dan karakter yang beragam. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan menjelaskan cara memilih produk SSD yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, kami juga memberikan rekomendasi SSD terbaik, baik SSD internal maupun eksternal, seperti merek Sandisk, Adata, hingga Samsung. Selamat membaca!
    Media penyimpanan data
  • 10 Rekomendasi Hard Disk Internal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hard Disk Internal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hard disk internal atau internal HDD berguna sebagai alat penyimpanan data. Dengan begitu, Anda dapat menyimpan banyak file penting dan data dari perangkat lunak di device Anda. Ada berbagai jenis hard disk internal yang bisa Anda temukan di pasaran. Bagi orang awam, hal ini mungkin akan membingungkan.Kali ini, kami akan merekomendasikan produk hard disk internal yang bagus dari berbagai merek. Ada dari Western Digital, Toshiba, Seagate, dan juga HGST. Kami juga akan mengulas poin penting untuk memilih hard disk internal. Temukan produk yang Anda butuhkan di bawah ini, ya!
    Media penyimpanan data
  • 10 Rekomendasi SSD External Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi SSD External Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    SSD external sering menjadi pilihan media penyimpanan yang praktis. Selain memiliki transfer data yang cepat, SSD juga mudah dibawa ke mana-mana. Saat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan SSD yang ekonomis dengan kapasitas, ukuran, hingga kecepatan transfer yang beragam.Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih SSD external yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek SSD eksternal terbaik keluaran Samsung, Sandisk, Kingston, dan lainnya. Semua produk ini bisa digunakan baik di Windows ataupun Mac. Selamat membaca!
    Media penyimpanan data
  • 10 Rekomendasi Flashdisk yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Flashdisk yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk kebutuhan pemindahan data pada komputer, diperlukan memori eksternal yang praktis. Flashdisk atau USB flash drive merupakan perangkat external storage yang tergolong praktis untuk penyimpanan dan pemindahan data. Di pasaran terdapat berbagai macam jenis flashdisk dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang berbeda. Banyaknya pilihan barangkali akan membuat Anda bingung.Kami akan memberi Anda tips memilih flashdisk yang bagus. Berbagai produk flashdisk terbaik dari merek seperti Toshiba, Kingston, Transcend, hingga Western Digital ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis untuk menemukan flashdisk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Media penyimpanan data
  • 10 Rekomendasi USB Flash Drive OTG Terbaik untuk Memindahkan Data dan Menyimpan File (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi USB Flash Drive OTG Terbaik untuk Memindahkan Data dan Menyimpan File (Terbaru Tahun 2022)
    USB flash drive atau flashdisk OTG (on-the-go) memiliki kapasitas penyimpanan besar dan berukuran kecil sehingga mudah dibawa. Flashdisk OTG juga cocok digunakan untuk memindahkan file lagu, video, atau file lainnya dari komputer ke gadget. Anda akan menemukan beragam flashdisk OTG bagus keluaran SanDisk, Kingston, atau Samsung beredar di pasaran.Banyaknya jenis flashdisk OTG dengan berbagai keistimewaannya malah mungkin membuat Anda kebingungan saat hendak membelinya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi produk terbaik untuk memindahkan data dan menyimpan file. Selamat memilih!
    Media penyimpanan data
  • 10 Rekomendasi HDD Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi HDD Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hard disk drive (HDD) portabel adalah perangkat yang praktis dipakai untuk menyimpan data secara mobile. Meskipun solid state drive (SSD) makin bayak digunakan karena unggul dalam kecepatan, HDD masih lebih ekonomis dari sisi harga. WD, ADATA, Seagate, dan Transcend termasuk di antara merek HDD portabel yang populer dengan keunggulannya masing-masing.Agar Anda tidak bingung menentukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan, kali ini kami akan membahas cara memilih HDD portabel. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda pilih. Selamat membaca!
    Media penyimpanan data
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori