• 10 Rekomendasi SD Card Reader Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi SD Card Reader Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi SD Card Reader Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi SD Card Reader Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi SD Card Reader Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi SD Card Reader Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

SD card reader bermanfaat saat Anda ingin memindahkan data berupa foto dari kamera digital atau smartphone. SD card reader dengan berbagai keunggulan bisa ditemukan dengan mudah di berbagai marketplace. Namun, sebelum memilih SD card reader ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Artikel berikut ini akan mengulas cara memilih SD card reader yang bagus dan tepat. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepuluh SD card reader terbaik dari SanDisk, Transcend, Kingston, Brica, dan PULUZ. Mari ikuti artikel ini sampai tuntas agar Anda tidak salah saat memilih SD card reader terbaik. 
  • Pembaharuan terakhir: 14 Januari 2020
  • 4.144 Views
Daftar isi

Cara memilih SD card reader

Hal penting yang harus diperiksa sebelum memilih SD card reader adalah model yang kompatibel serta kecepatan pemindahan data. Anda tidak dapat memakai SD card reader jika tidak kompatibel walaupun Anda menggunakan merek terkenal. Selain ukuran, desain SD card reader bisa dijadikan pertimbangan terutama ada atau tidaknya kabel. Sebelum membahas lebih lanjut, kami akan memaparkan cara memilih SD card reader sesuai dengan kebutuhan.

Dukungan OS, model yang kompatibel, dan pemeriksaan media

Anda harus memastikan beberapa hal agar SD card reader yang dipilih bisa digunakan oleh perangkat atau SD card. Perhatikanlah terlebih dahulu OS yang mendukung SD card reader tersebut. Selain itu, Anda harus memperhatikan model yang kompatibel sehingga dapat menghubungkan konektor ke port USB pada perangkat. Anda juga harus memeriksa jenis media yang kompatibel dengan SD card reader. Periksalah kompatibilitas SD card reader dengan micro SD, compact flash, dan lain sebagainya.

Periksa OS terlebih dahulu, pilih SD card reader yang kompatibel

Periksa OS terlebih dahulu, pilih SD card reader yang kompatibel
Anda harus memeriksa dukungan OS seperti Android, Windows, Mac, dan lain sebagainya sebelum memilih SD card reader. SD card reader yang Anda pilih tidak dapat digunakan apabila tidak sesuai dengan OS pada perangkat Anda.

Pasang konektor MicroB jika ingin menyambungkan SD card reader langsung ke smartphone atau tablet

Pasang konektor MicroB jika ingin menyambungkan SD card reader langsung ke smartphone atau tablet
Apabila Anda ingin menghubungkan perangkat ke card reader, bentuk konektor yang digunakan sebagai konektor USB bisa berbeda-beda. Hal ini tergantung dari jenis konektor yang dipakai pada perangkat. Jadi, pilihlah SD card reader setelah Anda memeriksa model yang sesuai secara tepat.
Smartphone dan tablet pada umumnya menggunakan konektor MicroB yang kecil. Jadi, jika Anda memilih card reader dengan konektor MicroB Anda akan memperoleh kemudahan. Anda dapat memindahkan foto yang diambil menggunakan kamera digital ke smartphone atau tablet tanpa memerlukan PC.

Pilih card reader yang kompatibel dengan berbagai media. Untuk pengguna smartphone, pilih yang kompatibel dengan MicroSD

Pilih card reader yang kompatibel dengan berbagai media. Untuk pengguna smartphone, pilih yang kompatibel dengan MicroSD
Kapasitas data SD card meningkat dengan urutan SD, SDHC, lalu SDXC. Anda dapat terhubung ke card reader jika Anda memiliki SD card. Jika Anda menggunakan kartu berkapasitas besar seperti SDXC, periksalah terlebih dahulu apakah card reader yang Anda pilih kompatibel.
Saat ini banyak dijual card reader serbaguna yang kompatibel dengan berbagai media. Jika Anda senang mengambil foto menggunakan smartphone atau tablet, pilihlah card reader yang kompatibel dengan micro SD. Dengan demikian, Anda bisa memasukkan micro SD tanpa memerlukan adaptor pengonversi ukuran. Namun, Anda bisa memilih SD card reader yang hanya kompatibel dengan SD card saja. Hal ini berlaku bagi Anda yang mementingkan harga dan kepraktisan karena pengambilan foto hanya melalui kamera digital saja.

Perhatikan juga standar yang menunjukkan kecepatan transfer data

Jika Anda ingin memindahkan data yang besar, pilihlah card reader dengan tingkat pemindahan data yang cepat. Kecepatan transfer card reader bervariasi tergantung pada standar koneksi (standar antarmuka) seperti USB 3.0.
Jika perangkat yang terhubung memiliki port USB 3.0, Anda bisa memilih card reader USB yang mendukung USB 3.0. Dengan demikian, Anda bisa memindahkan data dengan nyaman dan cepat. Anda bisa menggunakan perangkat dan card reader dengan USB 3.0 pada USB port lama seperti USB 2.0. Namun, kecepatan pemindahan data akan turun ke standar USB 2.0.

Periksa juga tingkat kecepatan saat menggunakan SD card berkapasitas besar

Periksa juga tingkat kecepatan saat menggunakan SD card berkapasitas besar
UHS-I merupakan spesifikasi card reader yang mampu memindahkan data berkapasitas besar. Kecepatan UHS adalah salah satu standar yang yang menjamin tingkat pemindahan data menjadi minimum untuk SDHC dan SDXC. Jika card reader mengikuti standar ini, kecepatan transfer akan lebih cepat. Namun, card reader jenis ini masih dapat digunakan walaupun Anda tidak memakai SDHC dan SDXC.

Periksa juga portabilitas, SD card reader tanpa kabel mudah dibawa. Fitur kabel juga memudahkan untuk dipasang di PC

Jika Anda mementingkan kepraktisan, Anda bisa memilih card reader tanpa kabel yang padu sehingga mudah untuk dibawa. Namun, card reader tanpa kabel tidak begitu cocok jika digunakan bersama PC desktop. Hal ini terjadi karena diperlukan card reader yang bisa langsung terpasang ke perangkat seperti memori USB.
Penggunaan card reader pada PC notebook juga bisa terganggu jika ada gangguan pada port USB PC. Jadi, pilihlah bentuk card reader sesuai kebutuhan Anda.

Pilih yang multifungsi dengan Wi-Fi agar dapat memindahkan data secara langsung di tempat

Pilih yang multifungsi dengan Wi-Fi agar dapat memindahkan data secara langsung di tempat
Jika Anda menggunakan card reader pada smartphone atau tablet, pilihlah card reader dengan fungsi router Wi-Fi. Anda juga dapat memindahkan foto dan video yang diambil dengan menggunakan kamera digital. Dengan demikian, Anda bisa memindahkan data langsung di tempat menggunakan smartphone atau membagikannya secara wireless. Meskipun harganya mahal, Anda bisa menyiapkan card reader tipe ini apabila dibutuhkan sewaktu-waktu.

10 Rekomendasi SD card reader terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi sepuluh SD card reader terbaik. Kami merekomendasikan produk berdasarkan ukuran, desain, dan fungsionalitas. Silakan pilih SD card reader yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. iDragon 4 In 1 Card Reader

Rp 139.000,00

9. CliPtec PANTHERA USB 3.0 Card Reader RZR362

Rp 159.000,00

8. Apple Lightning to SD Card Camera Reader

Rp 769.000,00

7. Ugreen SD Card Reader USB 3.0 Card Hub Adapter Android 5Gbps 4 Cards

Rp 129.000,00

6. SanDisk Imagemate All-in-One USB 3.0 Reader

Rp 411.000,00

5. Kingston USB 3.0 High-Speed Media Reader

Rp 322.000,00

3. PULUZ Card Reader + 22 in 1 Memory Card Case for 1Standard SIM + 2Micro-SIM + 2Nano-SIM + 3CF + 7SD + 6TF + 1CARD PIN

Rp 174.000,00

1. SanDisk Extreme Pro SD Card USB–C Reader

Rp 440.000,00

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan SD card reader sesuai kebutuhan dan selera Anda? Anda akan lebih mudah memindahkan data dan menduplikasi foto atau video dengan memilih SD card reader yang tepat. Momen berharga Anda bisa diabadikan sebagai kenangan yang tidak lekang oleh waktu. Jadi, pilihlah SD card reader yang tepat agar Anda tidak kehilangan momen berharga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    161.083 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    104.113 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    84.899 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda ingin memotong rambut sendiri di rumah, tentunya diperlukan alat cukur khusus. Saat ini, di pasaran telah tersedia berbagai jenis alat cukur yang dilengkapi bermacam fungsi, mulai dari yang bisa dicuci hingga yang bisa di-charge dalam waktu cepat. Ada juga produk yang bisa diganti-ganti mata cukurnya sesuai kebutuhan pemakaian. Sangat praktis, bukan?Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih alat cukur berdasarkan jenis dan fungsinya. Alat cukur dari berbagai merek, seperti Philips, Panasonic, Kemei, HTC, dan sebagainya akan kami rekomendasikan di sini. Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    82.578 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    84.933 Views
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan berkilau. Banyak produsen yang menawarkan catok pelurus rambut, seperti Philips, Elov, BaByliss, atau Revlon. Namun, Anda akan menemukan perbedaan fitur di tiap produk. Nah, berikut ini akan kami bahas beberapa tips cara memilih catok pelurus rambut beserta sepuluh produk rekomendasinya. Mari simak artikel berikut ini dan temukan catok pelurus rambut terbaik untuk Anda! Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    73.761 Views
  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik yang Lucu dan Unik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik yang Lucu dan Unik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2020)
    Power bank bisa dibilang sudah menjadi barang yang selalu dibawa ke mana-mana untuk memudahkan Anda mengisi daya smartphone atau tablet kapan saja. Saat ini sudah banyak produsen yang memproduksi produk ini seperti Remax, Samsung, dan sebagainya, dengan kapasitas, ukuran, dan desain yang beragam. Namun, apa saja yang perlu diperhatikan jika Anda akan membeli power bank?Terutama bagi kaum wanita, bentuk yang menarik dari suatu produk sering kali menjadi bahan pertimbangan. Untuk itu, kali ini kami akan memperkenalkan rekomendasi power bank yang bentuknya lucu dan unik, serta membahas poin-poin cara memilih power bank yang tepat agar Anda tidak salah pilih!
    Elektronik rumah tangga
    1.067 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori