10 Rekomendasi Kertas Renda Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kertas Renda Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kertas renda adalah selembar kertas yang dicetak sedemikian rupa sehingga menghasilkan pola yang indah seperti renda. Kertas ini seringkali digunakan sebagai alas kue dan wadah permen, tetapi kegunaannya tidak sampai di situ saja. Anda dapat menggunakannya sebagai pembungkus, scrapbooking, dekorasi, dan hal lainnya. 

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan kertas renda atau paper doiley dengan beragam bentuk, seperti lingkaran, oval, kotak, persegi panjang, ataupun bentuk hati. Selain bentuk, warna dan pola rendanya pun beragam. Pilihlah kertas renda yang paling menarik bagi Anda, ya!

Daftar isi

Cara memilih kertas renda

Walaupun semua kertas renda terlihat begitu indah dan menarik hati terutama bagi kaum wanita, mungkin beberapa di antara Anda kesulitan untuk menentukan pilihan. Dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kertas renda, simak terus penjelasan kami, ya!

Pilih berdasarkan penggunaannya

Pertama-tama, Anda perlu menentukan tujuan Anda membeli kertas renda. Dengan demikian, Anda dapat menentukan ukuran yang tepat serta terhindar dari kemungkinan salah membeli.

Sebagai alas kue atau pembungkus permen

Sebagai alas kue atau pembungkus permen

Berbicara mengenai kegunaan utama dari kertas renda, tentunya tidak lepas dari fungsinya sebagai alas kue. Jika Anda menggunakan ukuran kertas renda yang tepat, keindahan dan tampilan kue pun meningkat. Sebagian kertas renda yang dijual di Indonesia menggunakan ukuran satuan inci, tetapi agar lebih mudah Anda pahami, kami akan memberikan konversi beberapa ukuran kertas renda yang biasa ditemui di online shop ke dalam satuan cm. Berikut merupakan ukuran standar kertas renda yang tersedia di pasaran. Pilihlah ukuran yang Anda perlukan.

  • Ukuran 3,5″ = 8,9 cm
  • Ukuran 4″    = 10 cm
  • Ukuran 4,5″ = 11,4 cm
  • Ukuran 5,5″ = 14 cm
  • Ukuran 8,5″ = 21,6 cm
  • Ukuran 10″  = 25,4 cm
  • Ukuran 12″  = 30,5 cm
  • Ukuran 14″  = 35,6 cm

Jika Anda bermaksud menyajikan kue dengan porsi kecil seperti potongan kue ulang tahun atau sejumlah kue kering untuk satu orang, gunakanlah kertas renda berukuran kecil.

Sebagai tatakan gelas (coaster) atau alas minum teh (tea mat)

Sebagai tatakan gelas (coaster) atau alas minum teh (tea mat)

Jika Anda hendak menggunakan kertas renda sebagai tatakan gelas, kami sarankan untuk menggunakan kertas renda yang berukuran 10 cm dengan bentuk kotak, lingkaran kecil, hati, atau bentuk menarik lainnya. Lain halnya bila Anda hendak menggunakannya sebagai tea mat untuk mengalasi cangkir dan makanan ringan seperti kue-kue, pilihlah bentuk kotak dengan ukuran yang lebih besar.

Sebagai pembungkus atau bahan scrapbook

Sebagai pembungkus atau bahan scrapbook

Ketika Anda bermaksud menggunakan kertas renda sebagai pembungkus, ukuran yang Anda perlukan akan bervariasi tergantung selera Anda. Hal tersebut juga tergantung pada penggunaannya sebagai hiasan saja atau untuk membungkus keseluruhan benda. Jika Anda hanya memerlukannya sebagai aksen tambahan atau hiasan, akan lebih tepat menggunakan kertas renda dengan ukuran kecil. Sebaliknya, jika Anda hendak membungkus benda secara keseluruhan, kami sarankan untuk menggunakan kertas renda dengan ukuran yang lebih besar.

Begitu pula dalam membuat scrapbook, kami sarankan untuk menggunakan kertas renda ukuran kecil agar mudah menyeimbangkannya dengan isi buku. Meski begitu, Anda pun dapat berkreasi menggunakan kertas renda ukuran besar dalam menyusun foto atau yang lainnya.

Pilih berdasarkan warnanya agar tampilan lebih menawan

Pilih berdasarkan warnanya agar tampilan lebih menawan

Umumnya kertas renda berwarna putih, tetapi sekarang ini banyak kertas renda yang dipasarkan dengan beragam warna. Anda dapat menikmati warna kontras dari kertas renda pink atau merah yang diletakkan di bawah seloyang kue cokelat. Anda juga dapat mengombinasikan kertas renda dengan warna lainnya sesuai ide Anda.

Pilih berdasarkan bentuknya agar desain lebih beragam

Pilih berdasarkan bentuknya agar desain lebih beragam

Jika Anda bermaksud menggunakan kertas renda sebagai hiasan pada bungkus kado atau sebagai bahan scrapbook, perhatikanlah bentuk kertas renda yang Anda pilih. Kertas renda memiliki bermacam bentuk, seperti lingkaran, persegi, persegi panjang, bentuk hati, dan yang lainnya.

Ketika memilih bentuknya, pertama-tama Anda perlu membayangkan keseluruhan desain dari pembungkus atau scrapbooking tersebut, barulah Anda dapat memutuskan bentuk yang tepat untuk keperluan Anda.

10 Rekomendasi kertas renda terbaik

Setelah menyimak penjelasan di atas, tentunya Anda telah menetapkan tujuan Anda dalam membeli kertas renda. Setiap kertas renda memiliki kekhasannya tersendiri, untuk itu, pilihlah sesuai kebutuhan Anda, ya!

10. Rosa Round Paper Doyleys Ukuran 12,7 cm

10. Rosa Round Paper Doyleys Ukuran 12,7 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 22.000

Renda sederhana dengan harga ekonomis yang berikan kesan simpel

Kertas renda berukuran 12,7 cm yang berbentuk lingkaran ini biasa digunakan sebagai alas stoples karena motifnya yang sederhana. Dengan adanya kertas renda sebagai alas stoples, Anda dapat menambah keindahan tampilan kue kering. Hal ini tentu akan meningkatkan nilai jual kue Anda. Cocok bagi Anda yang memiliki usaha kue kering!

Dalam tiap bungkusnya Anda akan mendapatkan 250 lembar kertas renda. Selain itu, kertas renda ini memiliki bagian tengah yang rapat. Memakainya sebagai pembungkus kue kering pun bukan keputusan yang salah. Warna putihnya yang netral membuat Anda dapat menggunakan produk ini pada berbagai warna stoples dan kue kering. Praktis!

9. Rajawali Kitchen Paper Doyleys Ukuran 8,9 cm

9. Rajawali Kitchen Paper Doyleys Ukuran 8,9 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.000

Untaian bunga pada bagian tepi yang kuatkan kesan feminin

Bagi Anda yang bermaksud menyuguhkan air mineral dalam kemasan botol kepada tamu, maka kertas renda ini cocok menjadi pelengkap. Dengan kertas renda ini sebagai hiasan pada bagian tutupnya, botol air mineral Anda akan terlihat lebih menarik. Kertas renda dengan bentuk segi enam ini pun akan meningkatkan kesan feminin pada suguhan Anda. 

Anda cukup menambahkan pita atau tali pengikat dengan warna yang sesuai dengan tema acara Anda pada kertas renda berukuran 8,9 cm ini. Setelah itu, Anda akan mendapatkan tampilan botol minum yang cantik karena pola renda bunga-bunga indah dan kuntum daun dengan untaian bunga pada bagian tepi dari kertas renda ini. Mudah, bukan?

8. Rosa Square Paper Doyley Ukuran 25,4 cm x 25,4 cm

8. Rosa Square Paper Doyley Ukuran 25,4 cm x 25,4 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Tingkatkan keanggunan dengan pola renda bunga beralur halus di empat sudut

Saat ini banyak sekali kue, roti, atau bolu yang dibuat dengan bentuk persegi panjang seperti brownies, lapis legit, lapis malang, bahkan meatloaf. Nah, kertas renda berbentuk kotak ini cocok untuk mempercantik tampilan hidangan Anda di piring saji. Kertas renda dengan ukuran 25,4 cm  x 25,4 cm ini pas untuk hidangan berukuran hingga 20 x 20 cm.

Kertas renda ini pun memiliki hiasan renda dengan alur halus pada keempat sudutnya sehingga menimbulkan kesan anggun. Anda cukup memasangkan kertas renda tersebut secara diagonal pada piring saji, lalu letakkan hidangan kesukaan Anda. Bila tersisa space yang cukup, Anda pun dapat melakukan variasi dengan melipat kedua ujungnya secara diagonal.

7. Dragon Pack Oval Paper Doyley Ukuran 19 cm x 25,4 cm

7. Dragon Pack Oval Paper Doyley Ukuran 19 cm x 25,4 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Berhiaskan sulur-sulur minimalis, cantik yang tak berlebihan

Bagi Anda yang merencanakan suatu pesta, tentu perlu menyiapkan kartu undangan untuk para tamu. Untuk menghias kartu undangan Anda, produk berikut bisa menjadi pilihan yang tepat. Kertas renda oval dengan ukuran 19 cm x 25,4 cm ini dapat digunakan sebagai softcover kartu undangan yang membuat tampilannya cantik, tetapi tetap humble.

Anda hanya perlu menyiapkan bagian dalam kartu yang berisi informasi mengenai pesta Anda dan menutupnya dengan kertas renda ini disertai tali pengikat yang sesuai. Motif kertas renda ini pun akan memberi kesan yang minimalis. Selain itu, kertas renda berbentuk oval ini dapat digunakan sebagai alas makanan kering di piring berbentuk oval.

6. Grade Doilies Paper Ukuran 25 x 35 cm

6. Grade Doilies Paper Ukuran 25 x 35 cm

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 51.500

Ukuran besar, bahkan muat sebagai tatakan piring dan tea mat yang cantik!

Kertas renda berukuran 25 x 35 cm ini cocok untuk digunakan sebagai tatakan piring bagi Anda yang tidak ingin permukaan meja makan kayu milik Anda tergores. Dengan bentuk persegi dan ukuran yang besar ini, meletakkan sendok, garpu, dan pisau hendak dipakai di sebelah piring pun akan lebih mudah dan tentu jadi lebih bersih juga.

Produk ini juga bisa Anda gunakan sebagai alas dari cangkir teh dan piring kecil yang berisi camilan saat Anda dan keluarga sedang menikmati waktu bersantai di sore hari. Tak perlu repot lagi membersihkan remah-remah kue atau teh yang terciprat. Cukup angkat, lalu ganti dengan kertas renda yang baru. Kepraktisan tak harus menanggalkan kecantikan!

5. Kertas Renda Hati Ukuran 10,3 cm x 9,7 cm

5. Kertas Renda Hati Ukuran 10,3 cm x 9,7 cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 32.000

Aksen hati yang akan mempercantik bungkusan hadiah Anda!

Selain bentuk hati yang menawan, kertas renda ini juga dihiasi dengan pola renda indah warna putih yang cocok dipasangkan dengan bermacam-macam warna kertas pembungkus hadiah. Hadiah Anda pun akan tampil lebih menarik dan menjadi kejutan yang indah bagi penerimanya. Cocok bagi Anda yang hendak memberikan hadiah pada orang terdekat Anda.

Kertas renda ini juga memiliki ukuran yang pas sebagai coaster, yaitu 10,3 cm x 9,7 cm. Dengan harga 30 ribuan saja, Anda pun sudah mendapat 100 lembar kertas renda cantik. Kertas ini bisa juga Anda gunakan sebagai tambahan hiasan scrapbook bagi Anda yang gemar membuat scrapbook. Berbagai hal yang terekam di dalam scrapbook pun terasa lebih berkesan!

4. Kertas Renda Bulat Ukuran 35,6 cm

4. Kertas Renda Bulat Ukuran 35,6 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.000

Bentuk bagai kelopak bunga yang memperindah berbagai hidangan

Kue ulang tahun umumnya diberi alas yang terbuat dari kertas aluminium foil berwarna silver. Namun, bagi Anda yang bosan dengan tampilan alas kue yang terlalu biasa, Anda dapat menambahkan kertas renda ini sebagai alas kue. Ukuran 35,6 cm miliknya membuat produk ini cocok untuk kue berukuran besar dengan diameter kurang lebih 28 cm.

Dengan bentuk menyerupai kelopak bunga dengan pola renda dan sulur-sulur yang cantik, kertas renda ini tentu bisa menambahkan kesan anggun dan manis pada kue Anda, tanpa terlihat terlalu rumit. Anda juga dapat menggunakannya sebagai alas piring saji yang berbentuk bulat dan mengisinya dengan berbagai jenis makanan atau kue kering.

3. Mili Bakeware Paper Doyley Ukuran 14 cm

3. Mili Bakeware Paper Doyley Ukuran 14 cm

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.500

Beragam pilihan warna untuk beragam ide kerajinan tangan Anda

Bagi Anda yang menyukai seni kerajinan tangan, kertas renda berbentuk lingkaran dengan ukuran 14 cm ini tentu cocok untuk Anda. Dengan 5 varian warna menarik yang dapat Anda pilih sesuai selera, Anda bisa membuatnya menjadi hiasan pada kartu ucapan, bahan scrapbooking, banner kertas yang digantung untuk acara pesta, atau beragam ide lainnya.

Anda pun bisa mengajak anak Anda untuk membuat kerajinan tangan bersama dengan membeli berbagai pilihan warna yang tersedia masing-masing pack produk ini. Anda dapat melipatnya, mengguntingnya, atau langsung menempelkannya pada karya Anda. Dalam tiap bungkus produk ini pun Anda sudah mendapat 100 lembar kertas renda yang cantik.

2. Kertas Renda Emas atau Silver Ukuran 10,8 cm

2. Kertas Renda Emas atau Silver Ukuran 10,8 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.500

Pola renda yang elegan dan memukau untuk hari spesial Anda

Dengan warna emas atau perak yang memberi kesan glamor, kertas renda ini cocok untuk Anda yang memerlukan hiasan untuk kotak mahar atau kotak amplop pada hari spesial Anda. Dijual per lembar, produk ini juga terbuat dari bahan karton yang tebal sehingga Anda pun tidak perlu khawatir kertas renda ini mudah robek atau rusak.

Selain itu, kertas renda berukuran 10,8 cm ini pun cocok untuk digunakan sebagai hiasan pada sampul buku, kartu ucapan, hiasan album foto, bahan scrapbooking, dan berbagai kerajinan tangan lainnya. Tergolong semi custom, selain warna yang tersedia pada gambar, Anda juga bisa memesan varian warna lain yang sesuai dengan kesukaan Anda.

1. Paper Doyleys Ukuran 10,2 cm

1. Paper Doyleys Ukuran 10 cm

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.000

Kertas renda mungil yang ciamik untuk segala keperluan

Ice cream cone sering menjadi hidangan penutup favorit untuk acara pesta ulang tahun atau pesta pernikahan. Namun, ice cream yang mudah meleleh serta mengotori tangan tentunya akan terasa cukup merepotkan, bukan? Karena itu, dengan kertas renda berbentuk lingkaran ini sebagai pembungkus, tangan Anda tidak mudah terkena lelehan ice cream.

Dengan pola renda yang indah dan ukuran 10,2 cm miliknya, ice cream cone Anda pun akan tampak lebih menggiurkan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kertas renda ini sebagai hiasan pada badan stoples atau pada bagian tutupnya dengan ukuran yang sesuai. Stoples kue atau permen Anda kini kian cantik dan menarik dengan sedikit sentuhan yang mudah ini.

Kesimpulan

Anda dapat mengembangkan begitu banyak ide hanya dari selembar kertas renda. Nah, sudahkah Anda menemukan kertas renda kesukaan Anda? Meskipun banyak sekali kertas renda yang beredar di pasaran, tetapi artikel kami dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam memilih produk.

Dengan menggunakan kertas renda yang indah dan menarik, Anda dapat membuat hobi membuat kue atau menghias scrapbook Anda bertambah menyenangkan. Selain itu, tampilan hasil karya, kue, atau sajian Anda tentu akan lebih indah. Selamat berkreasi menggunakan kertas renda!