mybest
Kertas doily

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Perlengkapan baking
  4. 10 Rekomendasi Kertas Doily Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Kertas Doily Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Kertas Doily Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Kertas Doily Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Kertas Doily Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Kertas Doily Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Kertas Doily Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Kertas doily adalah kertas yang dicetak sedemikian rupa sehingga menghasilkan pola yang indah seperti renda. Kertas ini sering kali digunakan sebagai alas makanan dan wadah permen, tetapi kegunaannya tidak sampai di situ saja. Anda dapat menggunakannya sebagai pembungkus, scrapbook, dekorasi, dan lainnya.


Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan kertas doily yang bagus. Ada beragam bentuk yang bisa dipilih, seperti lingkaran, oval, kotak, persegi panjang, dan bintang. Selain itu, warna dan pola rendanya pun bervariasi. Nah, pilihlah kertas renda yang paling menarik bagi Anda, ya!

Diperbaharui 21/11/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa itu kertas doily?

Apa itu kertas doily?

Kertas doily sering juga disebut sebagai kertas doyley, doyleys, doilies, atau kertas renda. Penamaan ini diambil dari nama belakang seorang pedagang kain ternama di London pada abad ke-17, yaitu Doiley. Meski ada yang terbuat dari kain, doily yang ada sekarang umumnya menggunakan bahan kertas.


Anda dapat menggunakan kertas berornamen renda ini untuk berbagai hal, mulai dari alas kue hingga tatakan gelas. Bahkan, karena bentuknya yang menawan, kertas doily sering kali digunakan untuk memperindah tampilan buku dan bungkusan kado. Buket yang dihiasi dengan selembar kertas doily juga tampak cantik dan menarik. Nah, apakah Anda memiliki ide kreatif lainnya sehubungan dengan kertas renda ini?

Cara memilih kertas doily

Kertas doily memang terlihat indah dan menarik hati, terutama bagi kaum wanita. Namun, agar Anda tidak kesulitan dalam menentukan pilihan, kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih kertas renda. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

1

Pilih berdasarkan penggunaannya

Pertama-tama, Anda perlu menentukan tujuan Anda membeli kertas renda. Dengan demikian, Anda dapat menentukan ukuran yang tepat serta terhindar dari kemungkinan salah membeli.

Sebagai alas kue atau pembungkus permen

Sebagai alas kue atau pembungkus permen

Berbicara mengenai kegunaan dari kertas doyley, tentu tidak lepas dari fungsinya sebagai alas kue. Jika Anda menggunakan ukuran kertas renda yang tepat, keindahan dan tampilan kue pun akan meningkat. Sebagian kertas renda yang dijual di Indonesia menggunakan ukuran satuan inci. 


Namun, agar mudah dipahami, kami akan mengonversi ukuran yang biasa ditemui di online shop ke dalam satuan cm. Berikut ini merupakan ukuran standar kertas renda yang tersedia di pasaran. Pilihlah ukuran yang Anda perlukan.


  • Ukuran 3,5″ = 8,9 cm

  • Ukuran 4″ = 10 cm

  • Ukuran 4,5″ = 11,4 cm

  • Ukuran 5,5″ = 14 cm

  • Ukuran 8,5″ = 21,6 cm

  • Ukuran 10″ = 25,4 cm

  • Ukuran 12″ = 30,5 cm

  • Ukuran 14″ = 35,6 cm


Jika ingin menyajikan kue dalam porsi sedikit, gunakanlah doyley paper berukuran kecil. Sebagai contoh, potongan kue ulang tahun untuk satu orang pas dihidangkan dengan doily berukuran 3,5-4,5".

Sebagai tatakan gelas atau alas untuk minum teh (tea mat)

Sebagai tatakan gelas atau alas untuk minum teh (tea mat)

Jika Anda hendak menggunakan kertas renda sebagai tatakan gelas, pilihlah kertas renda berukuran 10 cm. Anda bisa menyesuaikan bentuknya dengan selera, seperti bentuk kotak, lingkaran, oval, atau bentuk menarik lainnya. Namun, bila hendak digunakan sebagai alas untuk mangkuk dan piring, pilihlah kertas doily dengan ukuran lebih besar.

Sebagai pembungkus atau bahan scrapbook

Sebagai pembungkus atau bahan scrapbook

Jika ingin menggunakan kertas doily sebagai pembungkus, ukuran yang Anda perlukan akan bervariasi, tergantung selera. Selain selera, pemilihan ukuran juga tergantung pada tujuan penggunaannya, misalnya digunakan sebagai hiasan atau membungkus keseluruhan benda. 


Jika hanya diperlukan sebagai aksen tambahan atau hiasan, sebaiknya gunakan kertas renda berukuran kecil. Sebaliknya, jika ingin digunakan untuk membungkus benda secara keseluruhan, gunakan kertas renda yang berukuran lebih besar.


Begitu pula dalam membuat scrapbook, sebaiknya gunakan kertas renda kecil agar terlihat seimbang. Meski begitu, Anda dapat berkreasi menggunakan kertas renda berukuran besar untuk membuat foto jadi lebih menarik.

2

Tentukan warna yang Anda inginkan

Tentukan warna yang Anda inginkan

Umumnya kertas doyley berwarna putih, tetapi sekarang ini banyak kertas renda yang dipasarkan dengan beragam warna. Anda dapat menikmati warna kontras dari kertas renda pink atau merah yang diletakkan di bawah seloyang kue cokelat. Anda juga dapat mengombinasikan kertas doily dengan warna lainnya sesuai ide Anda.


Alternatif lainnya, gunakan kertas doily bermotif untuk mendapatkan kesan yang lebih spesial. Sebagai contoh, Anda bisa memilih doily paper motif batik, Natal, bahkan Imlek agar tampilan hampers Anda makin istimewa.

3

Perhatikan bentuknya agar tampilan terlihat lebih beragam

Perhatikan bentuknya agar tampilan terlihat lebih beragam

Jika ingin menggunakan kertas renda sebagai hiasan pada bungkus kado atau scrapbook, perhatikanlah bentuk yang Anda pilih. Kertas doily memiliki bermacam bentuk, seperti lingkaran, persegi, persegi panjang, bentuk bintang, dan lain sebagainya.


Ketika ingin memilih bentuk, Anda perlu membayangkan keseluruhan desain dari pembungkus atau scrapbook tersebut. Setelah itu, Anda dapat memutuskan bentuk yang tepat untuk keperluan Anda.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi kertas doily terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kertas doily terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Kertas Renda Warna

 Kertas Renda Warna 1

Rp2.500

Lebih Murah

Beragam pilihan warna untuk berbagai ide kerajinan tangan

2

Kertas Doyleys Oval

 Kertas Doyleys Oval  1

Rp13.800

Menengah

Berhiaskan sulur-sulur yang cantik dan menawan

3

Kertas Doyleys Batik

 Kertas Doyleys Batik 1

Rp15.000

Menengah

Hadirkan kesan etnik dalam setiap hidangan Anda

4

Kertas Doyleys Gold

 Kertas Doyleys Gold 1

Rp29.900

Agak Mahal

Warna yang elegan dan memukau untuk hari spesial

5

Kertas Alas Renda Star

 Kertas Alas Renda Star  1

Rp19.800

Menengah

Desain bintang yang akan mempercantik bungkusan hadiah Anda!

6

Dragon Pack

Square Paper Doyleys

Dragon Pack Square Paper Doyleys 1

Rp30.500

Agak Mahal

Bentuk dan ukurannya pas untuk membungkus hadiah

7

Doyleys Persegi Panjang

 Doyleys Persegi Panjang 1

Rp18.500

Menengah

Ukurannya besar, cocok untuk tatakan piring dan tea mat yang cantik!

8

Doyleys Motif Natal

 Doyleys Motif Natal 1

Rp16.000

Menengah

Hadirkan suasana Natal yang hangat di rumah Anda

9

Kertas Renda Motif Lampion Imlek

 Kertas Renda Motif Lampion Imlek 1

Rp20.000

Menengah

Nuansa Imlek makin terasa dengan kertas doily motif lampion

10

Grade Doilies Paper

 Grade Doilies Paper 1

Rp73.000

Lebih Mahal

Jadikan kue ulang tahun tampak lebih manis

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Kertas Renda Warna

Kertas Renda Warna 1
Sumber: shopee.co.id
Kertas Renda Warna 2
Sumber: shopee.co.id
Kertas Renda Warna 3
Sumber: shopee.co.id
Kertas Renda Warna 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp2.500
Lebih Murah
Harga referensi
Rp2.500
Lebih Murah

Beragam pilihan warna untuk berbagai ide kerajinan tangan

Bagi Anda yang menyukai seni kerajinan tangan, produk ini tidak boleh dilewatkan. Alasannya, kertas renda ini mempunyai berbagai varian warna menarik yang dapat Anda pilih sesuai selera. Jadi, Anda bisa menggunakannya sebagai hiasan pada kartu ucapan, bahan scrapbook, atau buket bunga.

Saat berkreasi, Anda pun bisa mengajak anak Anda untuk ikut terlibat. Anda dan si kecil dapat melipat, menggunting, atau langsung menempelkannya pada karya yang dibuat. Quality time yang menarik, bukan?
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Kertas Doyleys Oval

Harga referensi
Rp13.800
Menengah

Berhiaskan sulur-sulur yang cantik dan menawan

Apabila Anda sedang merencanakan pesta, Anda tentu perlu menyiapkan kartu undangan untuk para tamu. Untuk menghias kartu undangan Anda, produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Kertas renda ini dapat digunakan sebagai ornamen pada kartu undangan sehingga membuat tampilannya terlihat simpel dan cantik. Pemasangannya pun tidak sulit, cukup tempelkan atau ikat menggunakan tali rami.
No.3

Kertas Doyleys Batik

Harga referensi
Rp15.000
Menengah

Hadirkan kesan etnik dalam setiap hidangan Anda

Apabila Anda menyukai motif batik, produk ini tidak boleh dilewatkan. Dengan lima motif batik yang bisa Anda piih, kertas renda ini siap mempercantik setiap hidangan Anda. Selain itu, motif batik juga identik dengan budaya Indonesia dan memberikan kesan etnik yang kuat. Jadi, secara tidak langsung Anda turut melestarikan budaya Indonesia saat menggunakan produk ini.

No.4

Kertas Doyleys Gold

Harga referensi
Rp29.900
Agak Mahal

Warna yang elegan dan memukau untuk hari spesial

Kertas renda ini terlihat memukau dengan warna emas yang memberi kesan mewah dan glamor. Jadi, Anda bisa menggunakannya sebagai hiasan untuk kotak mahar atau kotak amplop pada hari spesial Anda. Selain itu, kertas renda ini pun cocok digunakan sebagai hiasan pada sampul buku dan kartu ucapan. Pilihan yang menarik dan fungsional, bukan?

No.5

Kertas Alas Renda Star

Harga referensi
Rp19.800
Menengah

Desain bintang yang akan mempercantik bungkusan hadiah Anda!

Produk dengan desain bintang yang menawan ini cocok dipasangkan dengan bermacam-macam warna kertas pembungkus hadiah. Hadiah Anda pun akan tampil lebih menarik dan menjadi kejutan yang indah bagi penerimanya.

Produk ini cocok bagi Anda yang hendak memberikan hadiah kepada orang terdekat. Kertas renda ini juga bisa digunakan sebagai tambahan hiasan scrapbook bagi Anda yang gemar membuatnya. Berbagai hal yang terekam di dalam scrapbook pun terasa lebih berkesan dengan adanya kertas doily ini!

No.6

Dragon PackSquare Paper Doyleys

Harga referensi
Rp30.500
Agak Mahal

Bentuk dan ukurannya pas untuk membungkus hadiah

Pada umumnya, kertas renda berbentuk bulat. Namun, lain halnya dengan produk yang satu ini. Produk ini hadir dengan desain renda berbentuk kotak dan memiliki ukuran cukup besar.


Kedua hal ini memungkinkan Anda untuk menggunakannya sebagai pembungkus hadiah berukuran kecil atau untuk mempercantik bungkus kado. Tentu saja kertas doily ini juga dapat Anda gunakan untuk alas cangkir teh atau tea mat jika diperlukan.

No.7

Doyleys Persegi Panjang

Harga referensi
Rp18.500
Menengah

Ukurannya besar, cocok untuk tatakan piring dan tea mat yang cantik!

Produk ini cocok untuk digunakan sebagai tatakan piring jika tidak ingin permukaan meja makan kayu Anda tergores. Dengan ukurannya yang besar, meletakkan sendok, garpu, dan pisau di sebelah piring pun tidak masalah. Peralatan makan Anda tentunya jadi lebih bersih juga, bukan?

Anda pun bisa memakainya sebagai alas cangkir teh dan piring kecil yang berisi camilan, lho. Dengan kertas doily ini, Anda tak perlu repot membersihkan remah-remah kue atau teh yang terciprat.
No.8

Doyleys Motif Natal

Harga referensi
Rp16.000
Menengah

Hadirkan suasana Natal yang hangat di rumah Anda

Dengan motif dan warna-warna khas Natal yang menarik, kertas renda ini pas untuk menghadirkan nuansa Natal di rumah Anda. Jika dijadikan alas stoples, Anda pun dapat menambah keindahan tampilan kue kering di ruang tamu. Jadi, saat tamu sedang berkunjung ke rumah, mereka dapat menikmati suasana Natal dari detail-detail kecil seperti ini.

No.9

Kertas Renda Motif Lampion Imlek

Harga referensi
Rp20.000
Menengah

Nuansa Imlek makin terasa dengan kertas doily motif lampion

Bagi Anda yang bermaksud menghidangkan minuman dalam kemasan botol kepada tamu, produk ini cocok menjadi pelengkap. Dengan kertas renda ini, minuman yang Anda sajikan saat Imlek akan terlihat lebih menarik. Selain minuman, Anda juga bisa menggunakannya untuk menghidangkan kue-kue kering. Kehadiran produk ini dijamin membuat suasana Imlek di rumah Anda makin kental dan semarak!

No.10

Grade Doilies Paper

Harga referensi
Rp73.000
Lebih Mahal

Jadikan kue ulang tahun tampak lebih manis

Kue ulang tahun umumnya diberi alas dari aluminium foil berwarna silver. Namun, bila Anda bosan dengan tampilan alas kue yang biasa, Anda dapat menambahkan produk ini sebagai alas kue. Ukurannya yang cukup besar cocok untuk alas kue berdiameter 20 cm.

Produk ini tentu bisa menambahkan kesan anggun dan manis pada kue tanpa terlihat terlalu rumit. Anda juga dapat menggunakannya sebagai alas piring saji dan mengisinya dengan berbagai jenis makanan atau kue kering.

Baca juga rekomendasi perlengkapan dapur lainnya di sini

Selain kertas doily, kami juga mempunyai rekomendasi produk lainnya untuk memperindah hidangan yang Anda sajikan. Terdapat beberapa produk, seperti tisu decoupagenapkin, dan taplak meja. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Anda dapat mengembangkan begitu banyak ide hanya dari selembar kertas renda. Nah, sudahkah Anda menemukan kertas doily kesukaan Anda? Jika belum, silakan gunakan poin-poin dalam artikel ini sebagai panduan ketika memilih.


Dengan kertas renda yang tepat, kegiatan membuat kue atau menghias scrapbook tentu jadi tambah menyenangkan. Selain itu, tampilan hasil karya maupun sajian Anda akan terlihat lebih menarik. Selamat berkreasi menggunakan kertas renda!

5 Rekomendasi Kertas Doily terbaik

No. 1: Kertas Renda Warna

No. 2: Kertas Doyleys Oval

No. 3: Kertas Doyleys Batik

No. 4: Kertas Doyleys Gold

No. 5: Kertas Alas Renda Star

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Perlengkapan baking
  4. 10 Rekomendasi Kertas Doily Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.