• 10 Rekomendasi Earphone Terbaik di Bawah 500 Ribu (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik di Bawah 500 Ribu (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik di Bawah 500 Ribu (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik di Bawah 500 Ribu (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik di Bawah 500 Ribu (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Earphone Terbaik di Bawah 500 Ribu (Terbaru Tahun 2022)

Sony, Xiaomi, dan Baseus merupakan beberapa produsen yang banyak memproduksi earphone di pasaran. Dengan fitur dan hasil suara yang bagus, beberapa merek earphone ada yang dijual dengan harga fantastis. Namun, ada juga earphone yang diproduksi dengan harga yang lebih terjangkau, tetapi tetap berkualitas.

Berbeda pemakaian, berbeda juga selera kualitas suara yang dihasilkan. Anda mungkin bingung bagaimana cara memilih earphone yang cocok untuk kebutuhan Anda. Maka dari itu, artikel ini akan memberikan cara memilih earphone yang bagus dengan harga di bawah 500 ribu rupiah.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 08 Juni 2022
Daftar isi

Tabel perbandingan produk earphone terbaik di bawah 500 ribu

Gambar produk
1
Xiaomi Redmi Buds 3 Lite 1

Xiaomi

2
Thinkplus Lenovo LP40 True Wireless Bluetooth Earphone 1

Thinkplus

3
Baseus H19 Wired Earphones 6D Stereo Bass 1

Baseus

4
Thinkplus Lenovo SH1 Sport Bluetooth Earphone 1

Thinkplus

5
Knowledge Zenith KZ ZSN Pro 1

Knowledge Zenith

6
Sony In-ear Headphone MDR-E9LP 1

Sony

7
Vivan Sport X 1

Vivan

8
Edifier X3 True Wireless Stereo Earbuds 1

Edifier

9
Fantech WN01 Headset Gaming Wireless 1

Fantech

10
Sikenai Headset W218 Gift Box 1

Sikenai

Nama produk

Redmi Buds 3 Lite

Lenovo LP40 True Wireless Bluetooth Earphone

H19 Wired Earphones 6D Stereo Bass

Lenovo SH1 Sport Bluetooth Earphone

KZ ZSN Pro

In-ear Headphone MDR-E9LP

Sport X

X3 True Wireless Stereo Earbuds

WN01 Headset Gaming Wireless

Headset W218 Gift Box

Keunggulan

Pas dan nyaman di telinga, bisa dipakai untuk segala aktivitas

Lima pilihan warna menarik untuk Anda yang ingin tampil beda

Sensasi musik yang terasa nyata dengan 6D surround

Earphone tak akan hilang berkat adanya fitur magnetic

Rasakan pengalaman earphone profesional dengan teknologi hybrid

Nikmati suara bass yang powerful!

Didesain tahan percikan air, cocok untuk berolahraga

Teknologi aptX hadirkan audio HD yang kaya detail

Dengarkan musik tanpa henti dengan baterai tahan lama

Telinga tak akan sakit meski menggunakan earphone sepanjang hari

Harga mulai dariRp 249.000,00Rp 189.000,00Rp 129.000,00Rp 199.000,00Rp 299.000,00Rp 99.900,00Rp 499.900,00Rp 399.000,00Rp 499.000,00Rp 164.000,00
TipeNirkabel sepenuhnyaNirkabel sepenuhnyaTerintegrasi kiri dan kananNeckbandTerintegrasi kiri dan kananTerintegrasi kiri dan kananNirkabel sepenuhnyaNirkabel sepenuhnyaNeckbandTerintegrasi kiri dan kanan
BentukIn-earHalf in-earHalf in-earHalf in-earIn-earEarbudIn-earIn-earIn-earEarbud
CodecAACAAC, SBCxAACxxAAC, SBCSBC, Qualcomm aptXTidak ada keteranganx
Versi Bluetooth5.25.1x5.0xx5.05.05.0x
Durasi penggunaan5 jam5 jamTidak terbatas (dengan kabel)12 jamTidak terbatas (dengan kabel)Tidak terbatas (dengan kabel)5 jam6 jam17 jam (volume 80%)Tidak terbatas (dengan kabel)
Tautan produk

Cara memilih earphone di bawah 500 ribu

Pertama-tama, kami akan membagikan tips memilih earphone berkualitas dengan harga di bawah 500 ribu rupiah. Simak poin-poin berikut dan pilihlah earphone yang sesuai untuk Anda.

Pilih tipe earphone sesuai tujuan penggunaan

Ada tiga jenis earphone yang beredar di pasaran. Anda dapat memilihnya sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Untuk itu, Anda perlu lebih mengenal karakteristik dari setiap tipe earphone

Earphone nirkabel sepenuhnya, bebas bergerak dan ringan dikenakan

Earphone nirkabel sepenuhnya, bebas bergerak dan ringan dikenakan

Earphone nirkabel sepenuhnya atau True Wireless Stereo (TWS) tidak memiliki kabel yang menghubungkan antar earphone. Tipe ini menawarkan kenyamanan pemakaian yang lebih bebas dan ringan.


Tipe ini biasanya juga memiliki case yang berfungsi sebagai tempat pengisi daya. Earphone akan otomatis mengisi daya ketika diletakkan di dalam case. Dengan tambahan daya di dalam case, Anda dapat menggunakan earphone hingga total belasan jam.


Earphone nirkabel sepenuhnya biasanya dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, saat ini sudah banyak produsen yang menjualnya dengan harga terjangkau dan berkualitas. Jika Anda menginginkan earphone nirkabel sepenuhnya yang low-budget, saat ini Anda dapat dengan mudah mencarinya di pasaran.

Earphone terintegrasi kiri dan kanan, harganya lebih terjangkau

Earphone terintegrasi kiri dan kanan, harganya lebih terjangkau

Tipe ini menghubungkan bagian kiri dan kanan earphone dengan kabel tunggal. Earphone ini tersedia dalam banyak pilihan dengan harga terjangkau dan mudah ditemukan di pasaran. Bahkan, produsen besar seperti Sony juga memproduksi tipe terintegrasi dengan harga yang terjangkau.


Earphone ini minim risiko hilang karena Anda dapat mengalungkannya di leher setelah selesai digunakan. Jika Anda khawatir kehilangan earphone kalau menggunakan tipe nirkabel sepenuhnya, tipe ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Earphone tipe neckband, cocok untuk penggunaan yang lebih lama

Earphone tipe neckband, cocok untuk penggunaan yang lebih lama

Tipe neckband memiliki shape memory material yang dikenakan di leher. Tipe ini memiliki kabel yang pendek dan lebih stabil saat digunakan. Namun, baterai yang terpasang di bagian band membuat waktu penggunaannya jauh lebih lama dibandingkan tipe terintegrasi.


Di sisi lain, belum banyak produk tipe ini yang beredar di pasaran. Produk seperti ini lebih banyak diproduksi oleh produsen nondomestik. Tipe ini direkomendasikan bagi Anda yang mencari kenyamanan dan waktu penggunaan yang lebih lama.

Temukan bentuk earphone yang nyaman dikenakan

Temukan bentuk earphone yang nyaman dikenakan

Ada tiga macam bentuk earphone, yakni earbudin-ear dan half in-ear. Bentuk ini akan memengaruhi kenyamanan penggunaan.


  • Earbud: Direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan kenyamanan dan tidak suka merasakan tekanan pada telinga. Dengan begitu, Anda tetap bisa mendengar suara dari luar karena lubang telinga Anda tidak tertutup rapat oleh earphone.
  • In-ear: Cocok bagi Anda yang ingin menikmati musik tanpa gangguan suara dari luar. Tipe ini dapat masuk ke dalam lubang telinga. Bahkan, beberapa di antaranya ada yang memiliki sayap atau kait telinga, Karena itu, bentuk earphone ini dapat dikaitkan dan terpasang di telinga Anda.
  • Half in-ear: Tipe ini dibuat sedemikian rupa supaya pas di telinga Anda. Earphone ini tidak masuk dan menutup lubang telinga sepenuhnya sehingga suara dari luar masih dapat terdengar. Bentuk ini pas untuk Anda yang menginginkan earphone dengan kualitas suara yang bagus, tetapi tidak kedap suara sepenuhnya.

Cari codec earphone yang cocok dengan perangkat Anda

Cari codec earphone yang cocok dengan perangkat Anda

Saat membeli earphone yang murah, mungkin Anda khawatir terhadap kualitas suara. Selain itu, pada Bluetooth earphone, biasanya Anda akan merasakan jeda waktu antara suara dan video yang ditonton. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu memperhatikan codec yang digunakan.


Codec mewakili format (kualitas) transmisi suara. Setidaknya ada tiga jenis codec yang sering digunakan, yaitu SBC, AAC, dan aptX.


  • SBC adalah codec standar yang paling umum dipakai pada perangkat Bluetooth.
  • AAC umumnya digunakan untuk iPhone dan memiliki kualitas suara yang lebih tinggi daripada SBC.
  • aptX kompatibel dengan produk Android dan memiliki tingkat kualitas suara yang lebih tinggi dibandingkan dengan SBC dan AAC.

Satu hal yang perlu diperhatikan, codec earphone harus kompatibel dengan perangkat pemancar, misalnya smartphone. Karena itu, pastikan untuk memeriksa tipe codec yang didukung oleh perangkat Anda.

Pastikan Bluetooth yang dipakai versi 5.0 atau lebih tinggi

Pastikan Bluetooth yang dipakai versi 5.0 atau lebih tinggi

Versi Bluetooth menunjukkan adanya pembaruan kinerja komunikasi antara versi lama dengan yang terbaru. Angka terbesar berarti menunjukkan versi Bluetooth yang terbaru. Peningkatan fungsi pada versi terbaru memengaruhi kecepatan komunikasi dan area komunikasi. Misalnya, Bluetooth 5.0 mempunyai kecepatan dua kali lebih cepat dan lebih hemat daya daripada Bluetooth versi 4.


Selain itu, Bluetooth 5.0 juga mempunyai fitur baru seperti dual audio. Fitur ini memungkinkan Anda menghubungkan dua perangkat sekaligus pada waktu yang sama. Untuk itu, kami sarankan untuk memilih Bluetooth versi 5.0 atau yang lebih tinggi.

Periksa durasi pemakaiannya

Periksa durasi pemakaiannya

Earphone dengan harga kurang dari 500 ribu rupiah memiliki waktu penggunaan yang bervariasi tergantung modelnya. Ada yang dapat bertahan sekitar 5–6 jam, ada pula yang bisa bertahan selama 17 jam.


Apabila Anda menggunakannya untuk bepergian ke sekolah, durasi sekitar 5 jam sudah cukup. Namun, jika Anda ingin mendengarkan musik lebih lama, sebaiknya pilihlah produk yang bisa digunakan hingga 17 jam. Dengan mengetahui durasi pemakaiannya, Anda pun dapat memperkirakan waktu pengisian daya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Armaggeddon WASP-5 Dual Microphone

Mulai dari Rp 195.000,00

Spesialis
mybest

SADESWings 10 Gaming Earphones

Mulai dari Rp 140.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi earphone terbaik di bawah 500 ribu

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk earphone terbaik di bawah 500 ribu yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
TipeTerintegrasi kiri dan kanan
BentukEarbud
Codecx
Versi Bluetoothx
Durasi penggunaanTidak terbatas (dengan kabel)
9

FantechWN01 Headset Gaming Wireless

Mulai dari Rp 499.000,00

TipeNeckband
BentukIn-ear
CodecTidak ada keterangan
Versi Bluetooth5.0
Durasi penggunaan17 jam (volume 80%)
8

EdifierX3 True Wireless Stereo Earbuds

Mulai dari Rp 399.000,00

TipeNirkabel sepenuhnya
BentukIn-ear
CodecSBC, Qualcomm aptX
Versi Bluetooth5.0
Durasi penggunaan6 jam
7
TipeNirkabel sepenuhnya
BentukIn-ear
CodecAAC, SBC
Versi Bluetooth5.0
Durasi penggunaan5 jam
6

SonyIn-ear Headphone MDR-E9LP

MDR-E9LP

Mulai dari Rp 99.900,00

TipeTerintegrasi kiri dan kanan
BentukEarbud
Codecx
Versi Bluetoothx
Durasi penggunaanTidak terbatas (dengan kabel)
5
TipeTerintegrasi kiri dan kanan
BentukIn-ear
Codecx
Versi Bluetoothx
Durasi penggunaanTidak terbatas (dengan kabel)
4

ThinkplusLenovo SH1 Sport Bluetooth Earphone

Mulai dari Rp 199.000,00

TipeNeckband
BentukHalf in-ear
CodecAAC
Versi Bluetooth5.0
Durasi penggunaan12 jam
3

BaseusH19 Wired Earphones 6D Stereo Bass

Mulai dari Rp 129.000,00

TipeTerintegrasi kiri dan kanan
BentukHalf in-ear
Codecx
Versi Bluetoothx
Durasi penggunaanTidak terbatas (dengan kabel)
2

ThinkplusLenovo LP40 True Wireless Bluetooth Earphone

Mulai dari Rp 189.000,00

TipeNirkabel sepenuhnya
BentukHalf in-ear
CodecAAC, SBC
Versi Bluetooth5.1
Durasi penggunaan5 jam
1
TipeNirkabel sepenuhnya
BentukIn-ear
CodecAAC
Versi Bluetooth5.2
Durasi penggunaan5 jam

Baca juga rekomendasi earphone lainnya di sini

Bagi Anda yang sedang mencari earphone dan lebih fokus pada spesifikasinya, Anda bisa memilih berdasarkan fitur dan peruntukannya. Karena itu, silakan baca artikel rekomendasi earphone lainnya di tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Pada artikel kali ini, kami telah memperkenalkan earphone berkualitas dengan harga di bawah 500 ribu rupiah. Bagaimana? Apakah Anda berhasil menemukan earphone favorit? Ketika memilih earphone, jangan lupa untuk memeriksa codec yang kompatibel dengan perangkat Anda. Hal ini penting karena akan memengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Selanjutnya, silakan pilih earphone yang paling nyaman untuk Anda gunakan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah Anker, Aukey, dan Energea.Kali ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain games di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Samsung, AOC, dan Xiaomi memiliki monitor dengan kualitas yang baik.Faktor apa yang mempengaruhi kualitas monitor? Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh merek gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, kebutuhan penggunaan webcam makin meningkat. Hal ini karena meningkatnya aktivitas pertemuan virtual, seperti kelas, meeting, dan konferensi online. Banyak produk webcam yang bagus dikeluarkan oleh berbagai perusahaan elektronik yang kompatibel untuk laptop maupun PC.Kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak membeli webcam. Ada berbagai kriteria yang perlu Anda perhatikan, mulai dari resolusi, frame per second, dan lainnya. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasikan produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti merek Logitech, Microsoft, dan Razer. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara atau audio dan sebaliknya. Bila Anda suka menonton video, main games, atau menikmati musik, Anda mungkin tahu pentingnya sound card.  Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer mungkin terdengar familier bagi Anda. Nah, untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Laptop memang sudah punya sistem pendinginnya sendiri. Meski begitu, terkadang laptop tidak mampu membuat mesinnya dingin sehingga harus dibantu cooling pad. Produknya dapat menurunkan suhu laptop saat kepanasan. Bekerja atau gaming pun jadi lebih nyaman.Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cooling pad yang bagus. Kami juga akan membagikan rekomendasi produknya untuk Anda di artikel ini, seperti merek Cooler Master, Havit, dan lainnya. Kami berkolaborasi dengan software engineer, Yosua Surojo, dalam artikel ini. Yuk, lanjut scroll ke bawah agar Anda bisa menemukan cooling pad laptop sesuai kebutuhan!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan headphone dapat membuat Anda lebih nyaman saat mendengarkan musik, menonton film, ataupun bermain games. Namun, kualitas suara yang dihasilkan tiap produk headphone tentu berbeda-beda. Begitu pula dengan koneksinya, baik yang berkabel maupun nirkabel. Selain itu, desain yang beragam juga memengaruhi kebocoran suara. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih headphone dengan kualitas suara terbaik. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Anda akan menjumpai produk merek Sony, JBL, dan Logitech. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori