10 Rekomendasi Concealer Terbaik yang Ramah di Kulit, Aman untuk Kulit Sensitif! (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Concealer Terbaik yang Ramah di Kulit, Aman untuk Kulit Sensitif! (Terbaru Tahun 2018)

Tidak hanya foundation, penggunaan concealer sangat diperlukan agar kulit Anda terlihat halus tanpa noda, menyamarkan lingkaran hitam, bekas jerawat, dan lain sebagainya. Meskipun concealer dapat menampilkan kulit yang mulus, concealer memiliki rangsangan yang kuat untuk orang dengan kulit sensitif.

Poin penting apa saja yang harus Anda perhatikan ketika memilih concealer yang aman bagi kulit? Pada artikel ini, kami merekomendasikan concealer yang cocok dan bagus untuk kulit sensitif. Merek-merek terbaik, seperti NYX, Urban Decay, Bobbi Brown, Maybelline, dan NARS dapat dipilih sesuai dengan kulit Anda. Ikuti tips dari kami dan dapatkan produk yang cocok untuk Anda!

Daftar isi

Apa manfaat concealer bagi Anda yang memiliki kulit sensitif?

Apa manfaat concealer bagi Anda yang memiliki kulit sensitif ?

Pengaplikasian makeup dan penggunaan produk kosmetik menjadi beban yang berat bagi kulit sensitif. Untuk itu, penggunaan concealer merupakan salah satu alternatif terbaik ketika Anda ingin merias wajah. Apakah benar bahwa penggunaan concealer merupakan alternatif untuk mengurangi jenis kosmetik yang digunakan pada kulit sensitif? Tentunya akan muncul keraguan terhadap penggunaan produk concealer. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa penggunaan concealer merupakan alternatif terbaik sebagai dasar riasan untuk kulit sensitif. Hal itu berkaitan dengan fungsinya yang dapat menyamarkan bagian-bagian kulit wajah Anda seperti bekas jerawat dan bintik pendarahan (pinpoint). Dengan concealer, Anda tidak perlu menggunakan foundation yang terlalu tebal dan menambahkan kosmetik lain sebagainya.

Meskipun diaplikasikan sangat tipis, concealer dapat menyembunyikan masalah kulit dan menampilkan kulit wajah yang mulus. Oleh karena itu, concealer merupakan produk yang direkomendasikan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Tentunya Anda harus cermat dalam memilih produk concealer yang mengandung bahan-bahan yang ramah dan aman terhadap kulit sensitif.

Cara memilih concealer yang aman dan ramah untuk kulit sensitif

Pada artikel ini, kami membagi enam poin tips yang perlu Anda perhatikan ketika memilih concealer yang aman bagi kulit sensitif. Simaklah uraian berikut ini dan temukan concealer yang tepat, serta tidak membebani kulit wajah Anda.

Periksa apakah terdapat bahan yang memicu iritasi dalam komposisinya!

Hal yang paling penting adalah menghindari bahan-bahan yang dapat membuat kulit Anda iritasi. Hal tersebut perlu Anda perhatikan karena komposisi kosmetik cenderung mengandung bahan yang dapat membuat kulit iritasi. Orang yang memiliki kulit sensitif sangat rentan terhadap reaksi rangsangan atau stimulasi tersebut.

Poin pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih concealer yang tidak banyak mencampurkan bahan-bahan kimia dalam pembuatannya. Biasakanlah untuk memeriksa bahan yang digunakan dalam daftar komposisi sebelum membeli, ya!

Saat memilih concealer, cek komposisinya dan hindari bahan-bahan berikut ini!

Saat memilih concealer, cek komposisinya dan hindari bahan-bahan berikut ini!

Ada beberapa bahan kosmetik yang sebaiknya dihindari oleh orang-orang dengan kulit sensitif. Contohnya, bahan sintesis surfaktan (synthetic surfactant), polimer sintetis (synthetic polymer), zat pewarna tar (tar dye), dan paraben.

Surfaktan sintesis digunakan untuk mencampurkan air dan minyak. Bahan kimia ini memiliki kecenderungan mengiritasi dan merusak fungsi lapisan kulit. Di tabel komposisi, sering kali muncul bahan kimia surfaktan sintesis dengan nama sodium laureth sulfate, glyceryl stearate, dan edetate disodium atau EDTA. Polimer sintetis adalah bahan kimia yang berfungsi meningkatkan kestabilan riasan dan menghaluskan permukaan kulit wajah. Oleh karena itu, ketika terdapat bahan kimia ini, Anda memerlukan cleansing atau pembersih kosmetik yang sangat kuat untuk membersihkan riasan wajah. Polimer sintetis merupakan salah satu bahan kimia yang sangat memengaruhi keadaan kulit. Contoh bahan kimia yang termasuk dalam deret polimer sintetis adalah carbomer, dimethicone, methicone, dan sejenisnya.

Meskipun zat pewarna tar merupakan bahan yang dapat memberikan warna kosmetik yang indah, beberapa di antaranya memiliki sifat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker. Selain bahan kimia surfaktan sintesis, polimer sintetik, dan pewarna tar, sebaiknya Anda juga menghindari paraben. Paraben sering digunakan sebagai bahan pengawet yang juga merupakan bahan kimia yang memiliki rangsangan kuat. Ketika memilih concealer, sebisa mungkin hindarilah concealer yang mengandung keempat bahan kimia di atas.

Hindari juga bahan-bahan di bawah ini jika memungkinkan

Hindari juga bahan-bahan di bawah ini jika memungkinkan

Bahan kosmetik selanjutnya yang perlu Anda hindari jika memungkinkan adalah bahan UV absorber. Contoh bahan yang menyerap sinar UV beberapa di antaranya tercantum dalam daftar bahan dengan nama octyl salicylate dan octocrylene. Selain itu, bahan etanol yang memiliki efek sterilisasi dan disinfektan merupakan bahan yang memiliki rangsangan kuat dan sebisa mungkin Anda hindari. Etanol sendiri untuk sebagian orang akan menimbulkan efek kulit yang kasar.

Mungkin beberapa orang menyukai wewangian pada kosmetik. Namun, aroma wangi tersebut dapat bereaksi dengan sinar ultraviolet dan menjadi pemicu iritasi atau rangsangan bagi kulit. Akan tetapi, sulit untuk mengetahui bahan mana yang menjadi stimulus karena efek pemakaian setiap individu akan berbeda. Jika Anda menggunakan sebuah produk dan merasakan efek yang tidak nyaman bagi kulit, hentikanlah pemakaian.

Pilih concealer yang cocok untuk kulit sensitif

Pilih concealer yang cocok untuk kulit sensitif

Concealer dalam rangkaian produk kosmetik saat ini telah dikembangkan dengan varian yang diklaim aman untuk kulit sensitif. Produk yang memang memiliki klaim tersebut pada dasarnya menggunakan bahan dasar kosmetik yang tidak menyebabkan iritasi kulit. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin repot memeriksa daftar bahan kosmetik, pilihlah concealer yang memang sudah diklaim cocok untuk kulit sensitif. Setidaknya, bahan-bahan yang terdapat dalam concealer untuk kulit sensitif itu tidak terlalu merangsang iritasi kulit dibanding dengan concealer pada umumnya.

Akan tetapi, setiap orang memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda. Oleh karena itu, Anda tidak boleh serta merta percaya terhadap sebuah produk. Rangsangan yang dihasilkan setiap bahan berbeda bagi setiap orang. Saran kami, Anda harus tetap memeriksa daftar bahan concealer tersebut meskipun di kemasan produknya sudah tertulis “Cocok untuk Kulit Sensitif!”

Apa saja kandungan bahan kosmetik yang ramah di kulit? 

Apa saja kandungan bahan kosmetik yang ramah di kulit? 

Selain memastikan bahwa tidak terdapat bahan yang berdampak negatif bagi kulit Anda, periksalah bahan-bahan lainnya juga. Apakah di dalam komposisinya terdapat bahan yang baik untuk memperbaiki atau mengobati kulit Anda? Sebagai contoh, bahan kosmetik yang terkenal dapat melembapkan kulit sensitif Anda adalah hyaluronic acid dan ceramide.

Terdapat pula concealer yang mengandung vitamin C dengan kekuatan antioksidan dan minyak nabati yang berasal dari alam. Vitamin C mempunyai fungsi yang bagus untuk untuk melindungi kulit Anda. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, pastikan bahwa bahan-bahan yang dapat merawat kulit Anda terkandung di dalam concealer tersebut.

Pilih concealer yang mudah dibersihkan

Pilih concealer yang mudah dibersihkan

Karena concealer merupakan produk kosmetik, setelah menggunakannya seharian, Anda perlu membersihkannya. Menggunakan concealer tentunya diharapkan dapat menutupi dan menyamarkan permasalahan di kulit wajah Anda. Pada umumnya, kosmetik yang dapat menutupi ketidaksempurnaan kulit memiliki tingkat coverage yang sangat tinggi sehingga sulit dibersihkan. Kecenderungan itu tentunya berimbas pada risiko kerusakan kulit. Sebenarnya, ketika Anda membersihkan riasan wajah, Anda memiliki risiko merusak kulit pada saat proses pembersihan tersebut. Meskipun produknya lembut bagi kulit, proses pembersihan akan memicu iritasi yang tidak diinginkan apabila produk sulit dibersihkan.

Untuk meminimalkan efek iritasi, disarankan Anda memilih concealer dan kosmetik yang mudah dibersihkan. Contohnya, kosmetik atau concealer yang dapat dihapus, dibersihkan menggunakan sabun pembersih wajah, dan lain sebagainya.

Pilih bentuk concealer yang cocok untuk Anda

Pilih bentuk concealer yang cocok untuk Anda

Terdapat empat jenis concealer, yakni jenis pensil, stik, cair, dan jenis krim.

Pertama, pensil concealer memiliki bentuk seperti pensil pada umumnya. Keunggulan jenis ini adalah mudah diaplikasikan di bagian-bagian kecil dan tidak membuat wajah Anda berminyak. Kedua, jenis stik memiliki bentuk dan cara penggunaan yang seperti lipstik. Concealer stick memiliki tekstur yang kaku dan memiliki daya coverage tinggi untuk melapisi kulit wajah Anda secara maksimal. Ketiga, jenis krim concealer merupakan jenis yang mudah untuk diaplikasikan karena memiliki kandungan minyak dan tekstur lembut. Keempat, jenis cair atau liquid concealer yang juga mudah diaplikasikan ke wajah. Akan tetapi, jenis cair ini tidak terlalu sempurna dalam menutup noda di wajah Anda.

Pilihlah concealer yang sesuai dengan kebutuhan Anda karena penggunaan concealer ini tergantung pada kerapatan noda atau bintik-bintik, serta letak bagian wajah yang ingin Anda tutupi. Mengingat bahan kosmetik dapat membebani kulit, Anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya membeli concealer berbentuk pensil. Pensil concealer dapat digunakan secara tepat sesuai dengan kebutuhan. Namun, pemilihan bentuk concealer ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Penting juga untuk menyesuaikan warna concealer!

Penting juga untuk menyesuaikan warna concealer!

Poin penting selanjutnya adalah pemilihan warna concealer yang tepat sesuai dengan warna kulit Anda. Hal itu penting karena fungsi concealer adalah untuk menutupi noda atau bintik di wajah Anda secara alami. Jika Anda salah memilih warna concealer yang tidak sesuai dengan warna kulit, Anda tidak bisa menutupi noda atau bintik-bintik di wajah secara sempurna.

Karena warna bekas jerawat dan sejenisnya cenderung kemerahan, kami rekomendasikan Anda untuk memilih concealer berwarna kuning atau krem untuk menutupinya. Menggunakan concealer warna kuning atau krem merupakan salah satu cara untuk menutupi warna kemerahan jerawat, bekas jerawat, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin menutupi bintik-bintik kehitaman di kulit wajah Anda, pilihlah warna yang sama dengan seri warna foundation Anda atau memilih seri warna yang lebih gelap dari foundation Anda.

Bagi Anda yang ingin menyembunyikan lingkaran gelap atau kantong mata, gunakan concealer yang sesuai dengan warna memarnya. Jika warna kantong mata cenderung kebiruan, gunakan concealer oranye atau merah muda. Untuk menutupi memar berwarna gelap, pilih concealer yang lebih terang seperti warna kuning. Warna oranye juga cocok untuk kantong mata atau memar yang berwarna kecokelatan.

Variasi warna concealer seperti penjelasan di atas dapat disesuaikan dengan keperluan. Pilihlah dengan cermat warna concealer yang cocok untuk menyembunyikan kekurangan di wajah Anda sesuai dengan kebutuhan!

10 Rekomendasi concealer terbaik yang ramah di kulit, aman untuk kulit sensitif

Berikut ini adalah sepuluh rekomendasi produk concealer yang ramah digunakan oleh kulit sensitif. Mari memilih concealer yang tidak membebani kulit wajah sekaligus membuat tampilan Anda lebih cantik!

10. Focallure Concealer Stick

10. Focallure Concealer Stick

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 39.000

Concealer vegan yang ramah di kantong!

Jika produk kosmetik dengan komposisi vegan biasanya mempunyai harga yang mahal, merek asal Tiongkok ini menawarkan produk vegan dengan harga yang cukup terjangkau! Focallure mengklaim bahwa produknya tahan air hingga 12 jam. Di dalam komposisinya juga tidak terdapat bahan yang berbahaya bagi kulit sensitif.

Selain itu, tekstur dari concealer ini ringan dan creamy sehingga dapat dibaurkan dengan mudah. Coverage-nya pun buildable. Kami rekomendasikan concealer dari Focallure ini bagi pemilik kulit sensitif dengan budget terbatas, tetapi menginginkan concealer dengan kualitas yang bagus.

9. NYX Gotcha Covered Concealer Pencil

9. NYX Gotcha Covered Concealer Pencil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 185.000

Jadi lebih mudah menyamarkan ketidaksempurnaan kapan pun Anda ingin touch up

Concealer berbentuk pensil dari NYX ini mempunyai tekstur yang tidak terlalu keras, tetapi juga tidak terlalu lembut sehingga mudah dibaurkan di atas kulit Anda. Tekstur tersebut juga dinilai blendable dengan foundation. NYX Gotcha Covered Concealer Pencil juga mempermudah Anda untuk touch up di luar rumah ketika riasan mulai luntur.

Bahan-bahan yang digunakan dalam komposisi concealer ini aman untuk digunakan bagi Anda yang kulitnya mudah alergi dan iritasi. Selain itu, terdapat dua puluh pilihan warna dari concealer pensil ini. Dengan banyaknya variasi warna tersebut, concealer ini dapat digunakan baik sebagai contourer maupun highlighter.

8. Maybelline Fit Me Concealer

8. Maybelline Fit Me Concealer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 86.900

Temukan shade kulit Anda pada kedua belas pilihan warnanya

Jika pada umumnya concealer cair memiliki paling tidak enam pilihan warna, Maybelline menawarkan pilihan warna sebanyak dua kali lipatnya. Bagi Anda yang kesulitan memilih warna concealer yang cocok bagi warna kulit Anda, kami sarankan untuk memilih concealer dari Maybelline ini. Selain itu juga, concealer ini telah dites secara dermatologi dan ophtalmology yang pastinya aman bagi kulit sensitif dan mata Anda.

Bahan-bahan yang digunakan di dalam concealer cair ini tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit wajah Anda. Concealer ini juga mengklaim bahwa tidak menyebabkan komedo serta bebas wewangian sehingga Anda tidak perlu khawatir akan muncul komedo setelah memakai concealer ini.

7. NARS Radiant Creamy Concealer

7. NARS Radiant Creamy Concealer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 240.000

Blendable concealer yang cocok untuk semua jenis kulit

Ya, concealer dari NARS ini paling banyak direkomendasikan dan menjadi concealer favorit nomor satu di Amerika Serikat. Hal yang menjadikannya best seller adalah selain memiliki coverage yang tinggi, teksturnya sangat mudah untuk di-blend. Di samping itu, produk ini dinilai cocok dengan semua jenis kulit. Terdapat pula pilihan warna sebanyak 22 shades untuk Anda!

Produk dari NARS ini juga mengeklaim bahwa concealernya bebas paraben, alkohol, serta wewangian. Anda yang berkulit sensitif tentunya dapat menggunakan concealer ini dengan nyaman. Produk ini kami rekomendasikan selain bagi Anda yang mempunyai kulit sensitif, juga untuk makeup artist. Anda tidak perlu bingung lagi membawa banyak jenis concealer untuk dicocokkan dengan jenis kulit klien Anda.

6. Make Up For Ever Full Cover Extreme Camouflage Cream

6. Make Up For Ever Full Cover Extreme Camouflage Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 480.000

Daya coverage maksimal, bahkan bisa digunakan di bagian tubuh selain wajah!

Melihat dari namanya saja, Anda bisa menebak bahwa produk yang banyak direkomendasikan sebagai concealer terbaik ini memilih daya coverage tinggi. Produk ini memiliki efek matte finish setelah diaplikasikan, bebas minyak, mampu bertahan lama, serta bersifat waterproof. Concealer lembut ini juga sudah diuji secara klinis cocok untuk kulit sensitif oleh para ahli dermatologi.

Selain direkomendasikan untuk kulit sensitif, concealer ini mampu menyembunyikan bagian kulit kemerahan atau masalah pigmentasi yang biasa dialami pemilik kulit sensitif. Anda bahkan bisa mengaplikasikannya di bagian tubuh tertentu, misalnya untuk menutupi tato di tangan Anda.

5. Hourglass Vanish Seamless Finish Foundation Stick

5. Hourglass Vanish Seamless Finish Foundation Stick

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 750.000

Kulit yang flawless bisa Anda dapatkan secara instan

Foundation, contourer, dan concealer di dalam satu produk, kenapa tidak? Ujung stik yang dirancang meruncing sangatlah ideal untuk kontur dan menutup ketidaksempurnaan di beberapa titik wajah. Produk ini disebut revolusioner karena memiliki daya coverage tingkat tinggi sebagai concealer, tetapi seringan loose powder. Kepraktisan produk ini cocok bagi Anda yang bermobilitas tinggi, tetapi masih ingin tampil dengan riasan yang on fleek.

Selain itu, produk dari Hourglass ini tentunya bebas paraben, zat pewarna, pewangi, sulfat, gluten, nanopartikel, dan phthalates sehingga dijamin aman bagi kulit sensitif. Formulanya yang waterproof dapat bertahan lama dengan daya coverage tinggi meski Anda hanya menggunakannya sedikit saja. Anda juga bisa memilih 32 shade yang cocok untuk warna kulit Anda!

4. Bobbi Brown Corrector

4. Bobbi Brown Corrector

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 390.000

Kantong mata Anda sangat gelap dan belum pernah ada concealer yang berhasil? Coba yang ini

Sudah mencoba berbagai concealer, tetapi belum ada yang berhasil menutupi kantong mata Anda yang berkulit tipis sensitif? Konsumennya menyebut produk ini bukan lagi corrector, melainkan eraser karena segala masalah kantong mata atau memar betul-betul dapat diatasi! Bobbi Brown Corrector dapat menjadi eye primercolor corrector, dan concealer untuk menutupi memar dan kantong mata Anda dengan ragam pilihan warna.

Formulanya aman untuk kulit sensitif karena bebas dari paraben, phthalate, sulfite, dan merupakan kosmetik vegan. Produk ini juga mampu merawat kantong mata yang berkulit sensitif dan melembutkannya. Anda dapat memilih enam belas varian correcting shades, mulai dari peach untuk kantong mata keabuan dan varian pink-bisque untuk memar keunguan atau kecokelatan.

3. Clé de Peau Beauté Correcteur Visage Concealer SPF 25

3. Clé de Peau Beauté Correcteur Visage Concealer SPF 25

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 785.000

Wow! Menang penghargaan belasan kali, concealer favorit selebriti yang berkulit sensitif

Apabila Anda mencari concealer untuk kulit sensitif, produk ini sering menjadi rekomendasi utama oleh para beauty blogger. Bukan tanpa alasan produk ini mendapat lima belas kali penghargaan dari InStyle dan disukai banyak selebriti! Kekuatan coverage-nya sangat tinggi sehingga menghasilkan kulit mulus secara instan. Kemasan berbentuk stik menjadikannya sebagai salah satu produk on the go yang harus ada di dalam pouch kosmetik Anda.

Meski mengandung SPF, produk ini tetap lembut untuk kulit sensitif. Partikelnya sangat halus sehingga efektif menyamarkan bekas jerawat dan kantong mata dengan sekali usap. Hasilnya pun tidak terlihat heavy dan membaur natural. Di dalamnya terdapat beberapa bahan skincare untuk melembapkan dan mengatasi masalah kulit kering dan sensitif. Kulit bertekstur kasar atau kurang merata jadi tidak tampak lagi!

2. Laura Mercier Secret Camouflage

2. Laura Mercier Secret Camouflage

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 640.000

Dua warna dalam satu kemasan, raciklah shade Anda sendiri!

Produsen asal Perancis ini menawarkan concealer berbentuk krim yang unik. Mereka menawarkan dua warna dalam satu palet sehingga Anda dapat membuat shade yang Anda inginkan sendiri. Terdapat delapan jenis pilihan warna yang di masing-masing kemasan terdiri dari dua varian warna pilihan yaitu terang dan gelap. Dengan demikian, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk contouring dan highlighting!

Concealer yang telah teruji secara dermatologi ini cocok bagi Anda yang mempunyai kulit berminyak dan kulit acne prone. Karena produk ini tidak akan menambah minyak di pori kulit Anda, tidak perlu khawatir krimnya akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan iritasi pada kemudian hari. Kulit kemerahan bekas alergi Anda dapat tertutupi secara penuh!

1. Urban Decay Naked Skin Weightless Complete Coverage Concealer

1. Urban Decay Naked Skin Weightless Complete Coverage Concealer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 409.000

Menyamarkan noda wajah sekaligus berfungsi sebagai antipenuaan

Selain noda, tentunya kerutan wajah menjadi salah satu perhatian Anda juga, bukan? Concealer dari Urban Decay ini menyamarkan noda wajah sekaligus dapat berperan sebagai skin care anti-aging karena mengandung bahan Matrixyl 3000 yang menambah elastisitas kulit. Selain itu, terdapat ekstrak buah lici yang memberikan kelembapan untuk kulit Anda.

Naked Skin Weightless Complete Coverage Concealer memiliki warna cool undertone yang disebut sangat cocok menutupi warna kemerahan dari kulit sensitif. Terdapat empat belas pilihan warna dari concealer cair ini yang tentunya dapat Anda sesuaikan dengan warna kulit. Concealer ini juga 100% vegan dan tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang membahayakan kulit. Selebriti seperti Beyoncé dan Karlie Kloss juga menggunakannya, lho!

Kesimpulan

Ketika ingin mengoreksi, menyamarkan, dan menyembunyikan permasalahan di kulit wajah, pilihlah concealer yang disarankan sesuai poin-poin di atas. Concealer merupakan satu langkah dari rangkaian kosmetik yang Anda gunakan untuk mendukung riasan yang mulus. Kami merekomendasikan concealer yang tidak hanya menyamarkan noda, tetapi juga memiliki kelebihan yakni ramah di kulit sensitif. Gunakan kosmetik yang sesuai dan jadikan kulit wajah Anda cantik tanpa noda!