10 Rekomendasi Smartphone Holder Terbaik untuk Sepeda Motor (Terbaru Tahun 2018)

Smartphone holder pada sepeda motor berfungsi untuk membantu pengemudi melihat smartphone ketika berkendara. Sebuah alat yang praktis dan populer di antara pengendara sepeda motor karena banyak yang mengeluh kesulitan saat melihat peta untuk navigasi. Namun, ternyata masih banyak orang yang bingung menentukan jenis smartphone holder yang pas untuk sepeda motor masing-masing.

Oleh karena itu, kami akan memperkenalkan sekilas tentang smartphone holder ini sambil memberi referensi produk yang bisa Anda gunakan. Letakkan smartphone Anda pada holder-nya, dan marilah berkendara dengan nyaman dan hati-hati!

Daftar isi

Manfaat smartphone holder pada sepeda motor

Manfaat smartphone holder pada sepeda motor

Popularitas smartphone holder terus meningkat meski jumlah penggunanya masih belum terlalu banyak. Hal ini disebabkan oleh fungsinya yang praktis, dan dapat membantu Anda untuk navigasi dan komunikasi. Di Indonesia, smartphone holder juga populer di kalangan pengemudi ojek online.

Meskipun yang dijual di pasaran saat ini harganya terbilang cukup mahal, tapi masih lebih baik daripada Anda harus berhenti setiap saat, hanya untuk melihat peta yang tentunya membuang waktu.

Berdasarkan hal tersebut, dengan adanya smartphone holder ini, Anda tetap bisa berkendara dengan kecepatan yang stabil atau bahkan lebih cepat sambil melihat peta di layar smartphone Anda. Kemudian, hal ini juga membantu Anda untuk mempersingkat waktu dalam mencari alamat ketika Anda tersesat.

Cara memilih smartphone holder untuk sepeda motor

Sebelum Anda membeli, mari kita lihat poin-poin yang harus diperhatikan dalam memilih smartphone holder yang cocok untuk Anda.

Pertimbangkan, dan pilih sesuai selera Anda

Ada tiga tipe smartphone holder yang bisa Anda pilih sesuai dengan cara memasangnya. Perhatikanlah bentuk serta kenyamanan posisi smartphone Anda saat hendak dipasang. Langsung saja, yuk!

Tipe penjepit: cocok untuk yang sering berkendara

Tipe penjepit: cocok untuk yang sering berkendara

Tipe seperti ini menjepit empat sisi pada smartphone Anda dan sangat praktis digunakan. Anda dapat mencabut dan memasang dengan mudah, lalu saat berhenti Anda juga dapat menyentuh layar dengan mudah karena posisinya yang fleksibel.

Meskipun praktis, bukan berarti tipe seperti ini bebas resiko, terutama saat hujan dan smartphone Anda tidak kedap air. Selain itu, karena resiko jatuh saat adanya guncangan juga cukup besar, maka periksalah ukuran smartphone Anda sebelum memasangnya.

Tipe kantong: cocok untuk yang suka touring atau perjalanan panjang

Tipe kantong: cocok untuk yang suka touring atau perjalanan panjang

Tipe berikut ini terbuat dari bahan dasar vinil, dan Anda harus memasukkan smartphone ke dalam kantong sebagai casing. Kekurangannya adalah Anda akan kesulitan untuk melepas karena bentuknya yang seperti casing. Walaupun begitu, resiko untuk jatuh sangat kecil.

Selain praktis karena dapat digunakan untuk menyisipkan benda kecil seperti karcis dan sebagainya, tipe kantong juga sangat aman digunakan karena dapat melindungi smartphone Anda dari air hujan. Anda yang tidak memiliki smartphone tahan air pun tak perlu khawatir lagi.

Tipe karet: cocok untuk yang suka tampilan stylish

Tipe karet: cocok untuk yang suka tampilan stylish

Tipe ini dirancang dengan bahan karet yang kuat pada penjepitnya untuk menahan smartphone. Tipe ini sedang populer karena mudah dipasang dan dilepas, tahan lama, serta dibuat dari bahan karet.

Banyaknya pilihan warna pada karet membuat tipe ini terlihat eye catching. Namun, sayangnya kondisi karet cenderung cepat rusak. Untuk itu, Anda harus rutin memeriksa kondisi karet smartphone holder Anda.

Agar lebih aman, pilihlah produk berbahan metal pada mount-nya

Agar lebih aman, pilihlah produk berbahan metal pada mount-nya 

Salah satu hal yang mengkhawatirkan adalah jika smartphone Anda terlepas dari holder, kemudian jatuh. Walaupun pegangan holder Anda terbuat dari plastik dan magic belt, lebih baik gunakanlah yang terbuat dari bahan metal sehingga kuat menahan, dan mencegah smartphone tidak mudah jatuh saat terjadi guncangan.

Periksa diameter setang sepeda motor Anda

Periksa diameter setang sepeda motor Anda

Walau produk ini dibuat untuk sepeda motor, bukan berarti smartphone holder Anda bisa dipasang begitu saja. Pastikan dan periksa diameter dari setang pada sepeda motor Anda mengenai kecocokan ukurannya. Jika ternyata lebih kecil, Anda dapat memasang dengan sedikit paksaan atau mintalah bantuan pada teknisi sepeda motor Anda.

Sesuaikan ukuran smartphone dengan smartphone holder Anda

Sesuaikan ukuran smartphone dengan smartphone holder Anda

Ukuran dan ketebalan tiap smartphone berbeda tergantung produsennya. Maka sebaiknya, Anda periksa ukuran dan tipe smartphone Anda sebelum membeli smartphone holder. Meskipun ada holder dengan tipe yang fleksibel, Anda harus tetap berhati-hati terutama jika Anda ingin mengganti smartphone Anda di kemudian hari.

10 Rekomendasi smartphone holder terbaik untuk sepeda motor

Berikut ini adalah sepuluh rekomendasi smartphone holder untuk sepeda motor terbaik versi kami, yang bisa Anda bandingkan antara harga dengan fungsinya. Yuk, mari kita simak.

10. Holder Sepeda Smartphone 360 Derajat

10. Holder Sepeda Smartphone 360 Derajat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Terbuat dari bahan karet, Anda tak perlu takut setang motor lecet dan tergores

Untuk Anda yang menginginkan smartphone holder yang fleksibel dan multifungsi, mungkin produk ini bisa menjadi pilihan Anda. Produk ini dapat diputar hingga 360 derajat sehingga Anda dapat mengatur posisi smartphone sesuai dengan angle yang Anda inginkan.

Dengan penjepit yang terbuat dari bahan karet yang kuat dan lentur, produk ini dapat mencegah smartphone Anda lecet dan terjatuh. Selain itu, produk ini juga sangat nyaman dipakai karena dapat digunakan untuk berkendara sepeda ataupun sepeda motor.

9. Holder Sepeda Motor dengan USB Charger

9. Holder Sepeda Motor dengan USB Charger

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 140.000

Fleksibel dan dilengkapi charger USB

Melihat kondisi smartphone zaman sekarang yang cenderung boros baterai, kehadiran power bank benar-benar sangat membantu sekaligus merepotkan. Namun, dengan adanya produk ini, Anda tak perlu khawatir lagi karena produk ini dilengkapi lubang USB dengan daya listrik 12V, yang bisa membantu men-charge smartphone Anda sambil berkendara.

Produk ini didukung holder fleksibel yang dapat diatur sesuai dengan ukuran smartphone Anda. Selain itu, produk ini juga memiliki mount yang kuat sehingga smartphone Anda tidak akan goyah selama berkendara. Untuk Anda yang merasa direpotkan oleh power bank saat berkendara, produk ini bisa membantu Anda.

8. Adjustable Mount Smartphone Holder

8. Adjustable Mount Smartphone Holder

Lihat produk ini di lazada

Harga : Rp 168.000

Terbuat dari aluminium yang kokoh dan tersedia dalam banyak warna

Meskipun ukurannya kecil, produk ini terbuat dari aluminium padat yang kokoh dan aman terhadap smartphone Anda. Penjepitnya juga fleksibel dan dapat diatur ukurannya sesuai dengan keinginan Anda. Meski begitu, sangat disayangkan bahwa produk ini tidak dapat diputar 360 derajat.

Produk ini tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menjadikannya terlihat menarik. Untuk Anda yang membutuhkan holder berbahan kuat dan tahan lama, produk ini cocok untuk Anda. Selain itu, Anda akan mendapatkan bonus gasket yang berfungsi untuk melindungi smartphone Anda supaya tidak lecet dan tergores.

7. BolehDeals Smartphone Holder

7. BolehDeals Smartphone Holder

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 142.000

Empat sudut berbahan karet dengan warna yang stylish

Smartphone holder dari Bolehdeals ini terbuat dari bahan karet antislip pada keempat sudutnya yang otomatis mencegah smartphone Anda supaya tidak jatuh dan lecet. Selain itu, perpaduan warna hijau dan hitam membuat produk ini menjadi stylish dan tidak kaku. Sayangnya, produk ini tidak dilengkapi pelindung untuk melindungi smartphone Anda ketika hujan atau angin kencang.

Untuk Anda yang suka dengan sesuatu yang simpel, produk ini cocok untuk Anda. Terutama saat Anda mendengarkan musik. Anda tinggal memasang smartphone Anda, dan biarkan musik tersebut menemani Anda sepanjang perjalanan.

6. Smartphone Holder 5,5 inci

6. Smartphone holder 5,5 inci

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Panjang 5,5 inci dan aman di spion motor Anda

Smartphone holder dengan panjang tangkainya mencapai 5,5 inci ini dapat dipasang di samping spion. Tangkai yang panjang dan dapat diatur dengan fleksibel cocok untuk Anda yang kesulitan melihat smartphone karena posisi duduk dan ukuran sepeda motor Anda.

Anda tak perlu khawatir akan bahaya jatuh, karena produk ini terbuat dari besi aluminium yang kuat dan kokoh sehingga aman untuk smartphone Anda. Tangkainya sendiri berbentuk model pegas yang menjadikannya renggang dan tidak kaku saat ditekuk atau dipanjangkan.

5. Remax Smartphone Holder

5. Remax Smartphone Holder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 116.217

Fleksibel dan memudahkan Anda selama touring

Berikutnya, pilihan kami jatuh kepada smartphone holder dari Remax. Dengan panjang dari 3,5 inci sampai 6 inci, serta dapat diputar 360 derajat, smartphone holder ini sangat fleksibel untuk sepeda motor Anda.

Terbuat dari plastik ABS yang ramah lingkungan, smartphone holder dari Remax ini juga dilengkapi bahan karet elastis yang aman bagi smartphone Anda. Sifat fleksibelnya memudahkan kegiatan touring Anda.

4. HQ Waterproof Holder

4. HQ Waterproof Holder

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 79.900

Kantong dengan visor yang sensitif, tak perlu khawatir di saat hujan

Pada saat musim hujan, Anda tentu akan membutuhkan smartphone holder yang dapat melindungi smartphone Anda dari hujan dan basah. Tidak hanya antiair, produk ini juga sangat fleksibel dan sudah dilengkapi dengan visor yang sensitivitasnya pas. Tangkainya terbuat dari bahan dasar aluminium yang kuat dan bisa diatur sudutnya sehingga dapat disesuaikan dengan kenyamanan Anda.

Selain itu, untuk memasangnya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menjepitkannya di setang motor Anda. Praktis dan aman, produk ini cocok digunakan saat perjalanan jauh yang membutuhkan navigasi di segala cuaca.

3. Lazypod Smartphone Holder

3. Lazypod Smartphone Holder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.000

Praktis dan simpel, hingga Anda tak perlu repot memasangnya

Simplicity, kurang lebih kesan seperti itulah yang seolah ditunjukkan oleh produk ini. Dengan desain tangkai yang pendek dan penjepit fleksibel, produk ini terlihat tidak neko-neko. Hal ini bisa dilihat pada desain penjepitnya yang simpel hingga Anda tak perlu repot memasangnya.

Holder-nya sendiri bisa digunakan untuk semua jenis smartphone sampai dengan ukuran 6,3 inci. Penjepitnya terbuat dari bahan yang kuat, produk ini dijamin aman saat digunakan berkendara. Produk ini cocok untuk Anda yang tidak suka dengan desain yang muluk-muluk.

2. One Touch Lock Smartphone Holder

2. One Touch Lock Smartphone Holder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.000

Fleksibel dan mudah dipasang dengan satu klik saja

Produk ini dilengkapi dengan sistem one-touch lock yang memudahkan Anda untuk melepas dan memasang smartphone Anda hanya dengan satu kali klik. Selain itu, pegangannya terbuat dari karet yang kuat dan dapat dipasang dengan mudah pada setang sepeda motor Anda. Produk ini juga cocok untuk Anda yang hobi fotografi. Desainnya yang fleksibel dan dapat diputar sebanyak 360 derajat memungkinkan Anda mengatur angle smartphone sesuai dengan keinginan Anda.

Dari segi keamanan, produk ini cenderung lebih aman ketimbang produk lainnya, karena adanya tambahan tali di bagian atas untuk mengikat smartphone Anda supaya lebih aman. Dengan harga yang terjangkau, produk ini layak untuk Anda coba.

1. CBR Smartphone Holder Ultra Sensitive

1. CBR Smartphone Holder Ultra Sensitive

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.900

Dilengkapi dengan waterproof bag, bepergian tetap aman meski hari hujan

Smartphone holder dari CBR ini berbeda dengan tipe kantong pada umumnya. Selain dilengkapi cover layar sentuh yang sensitif, holder ini juga menggunakan waterproof bag untuk melapisi smartphone Anda di kala hujan atau cuaca buruk. Tampilan dari waterproof bag ini juga menjadikannya terlihat stylish dibandingkan smartphone holder lain.

Waterproof bag tersebut juga dapat berfungsi sebagai tas penyimpanan yang praktis dan bisa dibawa kemana saja. Dengan harga yang cukup terjangkau, kami rekomendasikan produk ini untuk Anda yang menginginkan produk berkualitas namun juga stylish.

Kesimpulan

Dengan demikian, kami telah memperkenalkan 10 rekomendasi smartphone holder terbaik. Bagaimana, apakah ada yang membuat Anda tertarik?

Smartphone holder sejatinya adalah alat yang sangat berguna untuk membantu Anda dalam berkendara ataupun navigasi. Syukuri dan nikmatilah fungsi yang diberikan oleh alat-alat tersebut. Tapi ingat, tetap hati-hatilah dalam berkendara, jangan sampai merugikan keselamatan diri sendiri dan orang lain, ya!