1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan gigi & mulut
  6. >
  7. 10 Dental Floss Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Dental Floss Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Dental Floss Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Dental Floss Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Dental Floss Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Dental Floss Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Dental Floss Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2023)

Dental floss adalah benang gigi yang berfungsi untuk membersihkan celah antargigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Di pasaran tersedia berbagai jenis dental floss, baik yang modelnya bergagang maupun gulungan atau string floss. Apakah Anda kesulitan menemukan benang gigi yang bagus?


Anda tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan tips memilih beserta rekomendasi dental floss terbaik di artikel ini. Ada pilihan produk dari merek yang bagus, seperti Oral-B, Olaif, dan Taffware. Temukan juga informasi tambahan dari dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza. Selamat membaca!
Diperbaharui 09-23-2022
Pakar
Dentist
drg. Galih Fata

drg. Galih Fata Anadza merupakan seorang dokter gigi lulusan Universitas Padjadjaran, Bandung. Selain melakukan praktek bersama di klinik utama Aesthetic Pondok Indah, drg. Galih juga memiliki klinik pribadi CITI Dental Care di Bekasi. Melalui akun Instagram galih.drg, dokter gigi ini juga aktif mengedukasi masyarakat tentang kesehatan gigi melalui tulisan microblog #doktergigibercerita.

Profil drg. Galih Fata
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Galih Wisnu Brata

Galih Wisnu Brata adalah lulusan Universitas Gadjah Mada jurusan Sastra Indonesia. Galih, sapaan akrabnya, pernah bekerja selama 2 tahun sebagai editor di sebuah penerbitan. Di samping itu, Galih pernah menjadi content writer untuk media hiburan selama lebih dari 2 tahun. Sebagai content writer, Galih pernah menulis berbagai topik, mulai dari kuliner, sains, fashion, hingga selebritas. Dengan pengalamannya sebagai content writer, Galih bergabung di mybest sebagai kreator pada akhir 2021. Di waktu senggang, biasanya laki-laki berkacamata ini menghabiskan waktu untuk membaca novel atau menonton anime. Terkadang, Galih juga meluangkan waktu untuk berolahraga dan memasak.

Profil Galih Wisnu Brata
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Dental floss efektif membersihkan gigi

Dental floss efektif membersihkan gigi
Hanya sekitar 48% hingga 78% plak yang dapat dibersihkan oleh sikat gigi. Meski Anda sangat cermat menyikat gigi, ada saja plak dan karang yang terakumulasi di antara celah gigi. Apabila tidak diatasi, gigi bisa mengalami kerusakan dan mulut menghasilkan bau yang tidak sedap. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan dental floss atau benang gigi.

Dental floss dapat menjangkau sela-sela gigi sehingga kotoran akan lebih maksimal dibersihkan. Dental floss juga meningkatkan penghapusan plak menjadi 80%. Anda tidak hanya dapat membersihkan celah antargigi belakang, tetapi juga setiap sudut gigi. Dengan menggunakan dental floss, Anda juga lebih mudah mendeteksi masalah kerusakan gigi.
drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Flossing merupakan suatu kegiatan yang penting untuk membersihkan gigi dan mulut. Hal ini karena menyikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan sisa makanan yang terjebak di sela gigi. Teknik flossing ini biasa dilakukan dengan benang gigi atau dental floss. 


Untuk mengangkat sisa makanan di antara gigi, penting sekali bagi Anda untuk menggunakan dental floss. Karena itu, biasakanlah untuk selalu menggunakan dental floss setelah selesai menyikat gigi mulai dari sekarang.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih dental floss

Anda telah mengetahui alasan pentingnya penggunaan dental floss. Selanjutnya, kami akan menunjukkan kepada Anda cara memilih dental floss yang tepat. 

① Kenali model dental floss

Anda dapat menemukan dua jenis dental floss, yaitu model bergagang dan bentuk gulungan (string floss). Setiap model memiliki cara penggunaan yang berbeda. Untuk itu, kenalilah setiap model benang gigi agar Anda bisa menggunakan dengan benar.

Dental floss bergagang: Penggunaan lebih mudah dan cocok untuk pemula

Dental floss bergagang: Penggunaan lebih mudah dan cocok untuk pemula

Dental floss bergagang direkomendasikan bagi Anda yang baru pertama kali memakai dental floss. Dengan model ini, Anda lebih mudah memasukkan benang ke sela-sela gigi karena benang sudah menempel pada gagang. Anda bahkan dapat melakukannya hanya dengan satu tangan. Dental floss ini juga sesuai untuk anak kecil atau Anda yang kesulitan menggunakan jenis string floss


Kekurangan dental floss ini adalah sulit untuk diubah posisinya di dalam mulut. Namun, bila Anda memegangnya dengan benar, hal tersebut dapat diatasi. Dental floss bergagang ini memiliki dua model, yaitu model F dan Y. 

  • Model F lebih mudah digunakan untuk membersihkan gigi depan bagian bawah. 
  • Model Y lebih mudah digunakan untuk gigi depan bagian atas atau gigi belakang. 

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Walaupun banyak orang sudah mengetahui tentang dental floss, masih banyak dari mereka yang belum mulai menggunakannya. Ada berbagai alasan yang menjadi penyebab orang enggan menggunakan dental floss, seperti tidak terbiasa dan penggunaan yang sulit.


Untuk mengantisipasi hal tersebut, banyak produsen yang mulai membuat dental floss dengan gagang. Tujuannya adalah agar pemula dapat mulai terbiasa menggunakan dental floss. Dengan produk ini, Anda cukup mengarahkan dental floss ke arah gigi yang ingin dibersihkan. Setelah itu, Anda dapat memasukkan benangnya ke sela-sela gigi dan mengangkat kotoran yang menyelip. 

String floss: Lebih ekonomis dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan

String floss: Lebih ekonomis dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan

Saat menggunakan string floss, Anda dapat memotong benang gigi sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, Anda dapat membersihkan gigi dengan mudah, terlebih bila gigi tidak rata. Anda hanya perlu melilitkan benang pada kedua jari, kemudian memasukkannya ke celah gigi. Setelah itu, gerakkan dental floss secara maju mundur.


Model dental floss ini dibedakan menjadi dua tipe, yaitu dengan lapisan lilin (waxed) dan tanpa lapisan lilin (unwaxed). Karena lebih licin, tipe waxed direkomendasikan untuk Anda yang memiliki celah antargigi sempit. Sebaliknya, tipe unwaxed cocok bagi Anda yang memiliki celah antargigi normal, tetapi perlu daya penghapusan plak yang optimal.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Kondisi gigi yang tidak rapi atau berjejal sering kali menyulitkan penggunaan dental floss dengan gagang. Secara fungsi, dental floss tipe string lebih mudah digunakan untuk Anda yang memiliki susunan gigi yang tidak rapi. Berkat hal ini, tipe string lebih fleksibel dan bisa disesuaikan untuk menjangkau sudut-sudut tertentu di rongga mulut. 


Jika Anda mengalami kesulitan saat memasukkan benang karena gigi yang terlalu rapat, gunakanlah floss yang dilapisi wax. Sebaliknya, jika Anda tidak mengalami masalah tersebut, floss tanpa wax bisa Anda pilih.

② Ketahui bahan benang yang digunakan

Nilon, poliester, dan polietilena merupakan tiga bahan utama yang umum digunakan untuk bahan benang gigi. Dengan mengetahui karakteristik setiap bahan, Anda dapat menemukan dental floss yang paling sesuai untuk Anda.

Bahan nilon, menghilangkan kotoran dengan optimal

Bahan nilon, menghilangkan kotoran dengan optimal

Dahulu sutra banyak digunakan sebagai bahan dental floss. Namun, sekarang bahan nilon telah menggantikan sutra. Hal ini karena nilon lebih sulit dipotong dan menimbulkan gaya gesek yang lebih kuat dibandingkan sutra. Jadi, bagi Anda yang ingin menghilangkan kotoran gigi secara optimal, bahan nilon dapat menjadi pilihan. 


Meski demikian, bagi Anda yang memiliki celah gigi lebar, tipe expanding lebih cocok dibandingkan nilon. Hal ini karena benang akan mengembang saat terkena liur dan gesekan sehingga Anda dapat mengikis kotoran dengan optimal. Perlu diingat bahwa bahan nilon sangat populer karena keras dan kuat. Apabila Anda tidak terbiasa atau ingin menghindari rasa sakit, sebaiknya hindari bahan nilon

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Pemilihan bahan dental floss harus disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu. Perhatikanlah susunan gigi, kondisi gigi, serta kondisi gusi apakah normal atau sensitif dan mudah berdarah. Jika Anda memiliki kondisi gigi dan gusi normal, bahan nilon bisa digunakan untuk melakukan flossing dengan baik.

Bahan poliester, mengikis kotoran dengan lembut

Bahan poliester, mengikis kotoran dengan lembut


Dibandingkan nilon, bahan poliester lebih halus sehingga dapat masuk ke sela-sela gigi dengan lembut. Oleh sebab itu, bahan poliester lebih direkomendasikan bagi Anda yang tidak terbiasa dengan rasa sakit. Karena terasa lembut pada gigi dan gusi, bahan ini juga sesuai untuk Anda yang ingin menghindari perdarahan. 


Gesekannya memang lebih lembut dibandingkan nilon, tetapi serat poliester dapat mengikat kotoran dengan baik. Sayangnya, bahan ini tidak terlalu kuat dan mudah putus sehingga Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya. 

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Gusi sakit dan mudah berdarah juga menjadi masalah dalam penggunaan dental floss. Untuk kasus seperti ini, pilihlah dental floss dengan bahan poliester yang lebih lembut dari nilon. Namun, Anda harus tetap menggunakannya dengan pelan-pelan dan hati-hati karena bahan ini mudah putus.

Bahan polietilena, sulit terputus dan sangat halus

Bahan polietilena, sulit terputus dan sangat halus

Polietilena merupakan bahan yang menarik karena lebih kuat daripada poliester dan lebih tipis daripada nilon. Benang ini mudah dimasukkan ke celah gigi yang sempit dan mampu membersihkan kotoran dengan optimal. Tidak hanya itu, bahan ini juga tidak mudah terputus. Oleh sebab itu, benang berbahan polietilena ini cocok untuk Anda yang memiliki celah gigi sempit


Benang ini memang tipis, tetapi seratnya lebih tebal dibandingkan poliester. Meski sulit dililitkan, seratnya cukup kuat sehingga tidak mudah putus walau Anda gerakkan maju mundur pada celah gigi. Selain itu, ada juga produsen yang menggunakan bahan turunan dari polietilena berupa polipropilena dan juga polimer polistirena.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Jarak kerapatan antargigi tiap orang berbeda-beda. Ada orang dengan jarak gigi yang cukup renggang dan ada juga yang sangat rapat. Jika terlalu rapat, dental floss akan sulit untuk masuk. Jika dipaksa masuk, ada kemungkinan dental floss tersebut akan putus. Untuk kasus seperti ini, pilihlah bahan polietilena yang sangat kuat dan tidak mudah putus

③ Pilih produk yang memiliki aroma menyegarkan

Pilih produk yang memiliki aroma menyegarkan

Kebanyakan dental floss tidak beraroma, tetapi ada juga produk yang memiliki aroma seperti pasta gigi. Apabila Anda ingin ada sensasi menyegarkan setelah pemakaiannya, Anda dapat memilih produk yang beraroma mint. Khusus untuk anak, di pasaran tersedia pula dental floss dengan aroma buah-buahan. Sensasi rasa buah ini membuat proses perawatan gigi dan mulut menjadi lebih menyenangkan bagi anak-anak.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Ada beberapa merek dental floss yang menawarkan aroma menyegarkan. Hal ini dapat membuat beberapa pengguna merasa lebih nyaman saat menggunakan dental floss. Namun, ketahuilah bahwa aroma ini tidak bisa bertahan lama dalam rongga mulut.

④ Periksa dental floss yang dapat menghilangkan noda berwarna dan mengandung fluorine

Periksa dental floss yang dapat menghilangkan noda berwarna dan mengandung fluorine

Saat ini telah mulai muncul dental floss yang memberikan perawatan tambahan untuk kesehatan gigi dan mulut. Sebagai contoh, jika Anda ingin menghilangkan kotoran dan menjaga mulut tetap bersih, sebaiknya pilih produk yang mengandung fluorine. Membersihkan noda gigi dengan pasta gigi dan dental floss yang mengandung fluorine akan membuat gigi lebih bersih. 


Jenis tersebut terutama direkomendasikan bagi Anda yang tidak ingin gigi menguning akibat kopi, teh, atau tembakau. Noda ini cenderung menumpuk pada celah gigi dibandingkan bagian permukaan gigi lainnya. Jadi, Anda pun dapat menghilangkannya bersamaan dengan pengikisan plak. Anda juga disarankan untuk menyikat gigi setelah mengonsumsi minuman berwarna seperti kopi atau wine.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Kotoran-kotoran yang terselip di sela-sela gigi tidak bisa hilang pada saat menyikat gigi. Karena itulah, Anda memerlukan bantuan dental floss. Jika dahulu kandungan fluorine hanya terdapat pada pasta gigi, kini ada banyak dental floss yang juga menggunakan kandungan ini.


Dengan fluorine, pengguna dapat menghilangkan noda gigi dengan lebih efektif. Jadi, usahakanlah untuk menggunakan dental floss yang mengandung fluorine agar noda dan kotoran dapat lebih mudah dibersihkan.  

⑤ Pertimbangkan kemasan yang mudah disimpan dan travel-friendly

Pertimbangkan kemasan yang mudah disimpan dan travel-friendly

Jika Anda ingin memakai dental floss saat bepergian, pertimbangkan produk yang mudah dibawa dan disimpan. Jenis string floss memiliki bentuk yang memudahkan Anda untuk membawanya dengan wadah. Sementara itu, kebanyakan dental floss yang bergagang lebih sulit untuk dibawa bepergian. 


Karena itu, kami menyarankan Anda untuk memilih dental floss yang dilengkapi wadah khusus. Dengan demikian, benang gigi dapat disimpan dengan higienis dan lebih aman saat dibawa bepergian. Anda pun dapat membawanya ke mana pun dan benang tetap bersih sampai saat menjelang digunakan. 

10 Rekomendasi dental floss terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasi sepuluh produk dental floss terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drg. Galih Fata Anadza.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

P&G

Oral-B Satin tape Mint Dental Floss

P&G Oral-B Satin tape Mint Dental Floss 1枚目

Tekstur benang selembut satin, bersihkan gigi dengan nyaman

2

Olaif

Ultra Floss Toothpick

Olaif Ultra Floss Toothpick 1枚目

Dapatkan fungsi ganda untuk perawatan gigi Anda

3

Hayylife

Benang Pembersih Gigi

Hayylife Benang Pembersih Gigi 1枚目

Bersihkan dan blokir gigi dari bakteri hingga 99,8%

4

guardian

Dental Floss Toothpick

guardian Dental Floss Toothpick  1枚目

Dental floss made in China yang bersihkan gigi dengan lebih optimal

5

Charmi Art 189

Charmindo Mitra Raharja

Charmi Art 189 Charmindo Mitra Raharja 1枚目

Pilihan dental floss untuk dibawa traveling

6

Life Resources

Dental Floss Toothpick

Life Resources Dental Floss Toothpick 1枚目

Enyahkan sisa makanan yang sulit dijangkau sikat gigi

7

Enchen

Dental Floss Toothpick

Enchen Dental Floss Toothpick 1枚目

Benang bermolekul tinggi, bersihkan sela gigi tanpa macet

8

Pierrot

Dental Floss Hilo Dental Expanding

Pierrot Dental Floss Hilo Dental Expanding 1枚目

Diperkaya Aloe vera yang mencegah infeksi area mulut

9

Jordan

Easy Slide Floss

Jordan Easy Slide Floss 1枚目

Mengandung fluoride, bersihkan plak gigi dengan lebih efektif

10

Taffware

TaffOmicron Dental Floss

Taffware TaffOmicron Dental Floss 1枚目

Dari benang profesional yang sesuai dengan standar food grade material, terjamin aman

Perincian produk
Close
No.1

P&GOral-B Satin tape Mint Dental Floss

Mulai dari Rp41.600,00

Tekstur benang selembut satin, bersihkan gigi dengan nyaman

Kelebihan:

  • Tekstur benang selembut satin sehingga nyaman digunakan
  • Memiliki aroma mint yang menyegarkan 

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, wadah benang gigi mudah rusak
  • Beberapa pengguna menyebutkan benangnya kurang nyaman untuk gusi sensitif

Dental floss dari Oral-B memiliki tekstur lembut selayaknya satin. Hal ini menjadikan Anda lebih nyaman ketika menggunakannya untuk membersihkan gigi. Benang gigi ini dibuat juga dengan aroma mint sehingga dapat membantu menjaga kesegaran mulut dan gigi.


Karena berbentuk string loss, Anda bisa menyesuaikan panjangnya ketika hendak menggunakan. Setiap kemasan berisi 50 meter benang yang membuat produk ini bisa digunakan dalam waktu cukup lama. Produk ini cocok bagi Anda yang ingin memiliki dental floss yang awet.

No.2

OlaifUltra Floss Toothpick

Mulai dari Rp14.500,00

Dapatkan fungsi ganda untuk perawatan gigi Anda

Kelebihan:

  • Memiliki fungsi ganda sebagai tusuk gigi dan benang gigi
  • Benang berlapis lilin dan bertekstur satin sehingga dapat bergerak leluasa
  • Kemasan mudah dibawa

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna menyampaikan bahwa benang mudah kendur sehingga sulit digunakan
  • Ada pengguna yang mengeluhkan jika gagang terlalu keras sehingga sakit ketika mengenai gusi

Ultra Floss Toothpick dari Olaif dibuat dengan fungsi ganda. Anda bisa memanfaatkannya sebagai benang gigi untuk membersihkan kotoran di sela gigi. Benang dibuat dengan berlapis lilin dan bertekstur satin. Alhasil, kotoran di sela gigi mudah dibersihkan karena benang gigi dapat bergerak lebih leluasa. 


Anda pun bisa memanfaatkan pangkal dental floss ini sebagai tusuk gigi. Maka dari itu, dental floss ini cocok untuk Anda yang kerap mengalami selip makanan di sela gigi.

No.3

HayylifeBenang Pembersih Gigi

Mulai dari Rp9.999,00

Bersihkan dan blokir gigi dari bakteri hingga 99,8%

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan food grade yang aman
  • Pegangan nonselip sehingga tidak licin saat digunakan
  • Mampu membersihkan dan memblokir bakteri di area gigi hingga 99,8%

Kekurangan:

  • Ada pengguna yang mengeluhkan jika benang mudah mengendur sehingga sulit digunakan pada sela gigi yang sempit

Bakteri jahat dapat menyebabkan kerusakan gigi. Bagi Anda yang tidak ingin mengalaminya, gunakan benang gigi dari Hayylife untuk merawat gigi. Benang gigi yang terbuat dari bahan food grade ini mampu membersihkan dan memblokir bakteri hingga 99,8%. Untuk mendapatkan tingkat kebersihan tersebut, padukanlah dengan gosok gigi yang tepat.


Meski memiliki daya bersih tinggi, benang gigi bertekstur lembut yang diklaim tidak melukai gusi. Gagangnya pun lentur dan antiselip sehingga nyaman ketika digunakan untuk membersihkan gigi.

No.4

guardianDental Floss Toothpick

Mulai dari Rp25.500,00

Dental floss made in China yang bersihkan gigi dengan lebih optimal

Kelebihan:

  • Benang lembut dan tidak terlalu tebal sehingga bisa membersihkan sela gigi dengan maksimal
  • Benang tidak mudah putus

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, bagian lock pada kotak penyimpanan mudah rusak
  • Ada pengguna yang menyampaikan bahwa aroma mint tidak terasa saat dental floss digunakan

Dental Floss Toothpick dari guardian merupakan produk dari Taiwan. Produk ini dapat Anda gunakan untuk membersihkan gigi dengan lebih optimal. Anda bisa memilih benang gigi dengan aroma mint jika ingin menambah kesegaran mulut. Jika ingin membersihkan di celah gigi yang sempit, pilihlah varian yang mengandung wax.

No.5

Charmi Art 189Charmindo Mitra Raharja

Mulai dari Rp23.500,00

Pilihan dental floss untuk dibawa traveling

Kelebihan:

  • Cocok dibawa saat traveling
  • Gagang antiselip sehingga tidak licin ketika digunakan
  • Benang pipih sehingga mudah digunakan untuk membersihkan sela gigi sempit

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, benang cukup tebal sehingga sulit dilepas ketika masuk ke sela gigi

Meskipun Anda sedang traveling, menjaga kesehatan gigi tetap harus dilakukan. Anda bisa membawa Charmi Art 189 untuk merawat gigi saat bepergian. Produk ini memang dirancang untuk dibawa bepergian berkat kemasannya yang berbentuk travel box. Produk ini juga memiliki bentuk pipih sehingga Anda bisa membersihkan sela gigi dengan lebih baik.

No.6

Life ResourcesDental Floss Toothpick

Mulai dari Rp20.200,00

Enyahkan sisa makanan yang sulit dijangkau sikat gigi

Kelebihan:

  • Mampu menjangkau area yang tidak tersentuh sikat gigi
  • Mudah digunakan karena bisa digerakkan dengan fleksibel

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, kotak penyimpanan tidak bisa tertutup dengan rapat sehingga dental floss mudah tercecer
  • Beberapa pengguna menyatakan bahwa benang hanya beraroma mint, tetapi tidak terasa ketika digunakan

Setelah makan, Anda dianjurkan untuk menggosok gigi untuk mengatasi tertinggalnya sisa makanan. Namun, terkadang sisa makanan masih ada di area yang tidak terjangkau sikat gigi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan dental floss yang satu ini. 


Benang gigi ini dapat bergerak dengan mudah di antara gigi dan di bawah garis gusi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Ujungnya yang runcing pun bisa membersihkan sisa makanan yang terselip di sela gigi. 

No.7

EnchenDental Floss Toothpick

Mulai dari Rp17.000,00

Benang bermolekul tinggi, bersihkan sela gigi tanpa macet

Kelebihan:

  • Benang bermolekul tinggi sehingga bisa membersihkan sela gigi dengan lancar
  • Pegangan antiselip dan elastis sehingga nyaman saat digunakan

Kekurangan:

  • Benang agak tajam sehingga harus digunakan secara hati-hati supaya tidak melukai gusi

Membersihkan kotoran di sela gigi bukanlah perkara mudah. Jika Anda ingin membersihkan sela gigi menggunakan dental floss dengan lancar, pilihlah produk yang satu ini. Benang gigi dari Enchen ini bermolekul tinggi sehingga bisa membersihkan gigi tanpa macet. Pegangannya juga antiselip dan elastis sehingga Anda akan nyaman saat menggunakannya. 

No.8

PierrotDental Floss Hilo Dental Expanding

Mulai dari Rp57.500,00

Diperkaya Aloe vera yang mencegah infeksi area mulut

Kelebihan:

  • Mudah mengembang sehingga bisa menjangkau area sempit
  • Mengandung Aloe vera yang berfungsi sebagai antibakteri dan mencegah infeksi mulut

Kekurangan:

  • Wangi mint kurang terasa menurut beberapa pengguna

Bagi Anda yang tidak ingin merasakan infeksi di area mulut, dental floss dari Pierrot adalah pilihan tepat. Produk ini diperkaya dengan Aloe vera yang bertindak sebagai antibakteri sehingga mampu mencegah infeksi di area mulut. Selain itu, benang gigi ini juga mudah mengembang agar mudah menjangkau area yang sempit.

No.9

Mengandung fluoride, bersihkan plak gigi dengan lebih efektif

Kelebihan:

  • Mengandung fluoride sehingga mampu membersihkan gigi dengan lebih efektif
  • Benang tipis sehingga mudah dalam menjangkau sela antargigi
  • Memiliki aroma mint yang menyegarkan

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, tekstur benang seperti plastik sehingga terasa agak kaku

Benang gigi dari Jordan mengandung fluoride dengan aroma mint. Bagi Anda yang ingin membersihkan gigi dengan lebih efektif, gunakanlah produk benang gigi yang satu ini. Produk ini menyerupai pasta gigi beraroma mint sehingga mulut akan terasa lebih segar setelah menggunakannya. Benangnya juga tipis sehingga dapat digunakan untuk gigi yang rapat.

No.10

TaffwareTaffOmicron Dental FlossLMT558

Mulai dari Rp18.500,00

Dari benang profesional yang sesuai dengan standar food grade material, terjamin aman

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan food grade sehingga aman
  • Benang gigi mudah digunakan

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, dental floss sulit digunakan untuk membersihkan gigi bagian belakang

Anda termasuk picky dalam memilih benang gigi untuk membersihkan gigi dan gusi? Kami sarankan Anda untuk menggunakan benang gigi dari Taffware. Benang gigi yang satu ini terbuat dari benang profesional yang sesuai dengan standar food grade material. Dengan begitu, keamanannya sudah terjamin. Anda bisa menggunakannya dengan lebih nyaman saat membersihkan gigi.

Cara menggunakan dental floss yang benar

Cara menggunakan dental floss yang benar

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan dental floss, Anda mungkin bingung ketika hendak memakainya. Perhatikanlah tips menggunakan dental floss yang kami bahas berikut.


  1. Pilihlah model dental floss yang nyaman digunakan.
  2. Masukkan dental floss ke celah antara gigi.
  3. Gerakkan dental floss maju mundur dari bawah ke atas secara perlahan.
  4. Jika benang tersangkut, tarik keluar benang dengan lembut.
  5. Setelah selesai, berkumurlah agar kotoran dalam gigi terangkat.
  6. Pada pemakaian pertama gusi bisa saja berdarah. Anda tidak perlu khawatir karena gusi akan membaik dalam beberapa hari.
  7. Bersihkan dental floss setidaknya sekali dalam sehari.
drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Untuk dental floss bergagang, Anda cukup menggunakannya dengan cara memasukkan benangnya ke sela gigi. Lalu, lakukanlah gerakan maju mundur beberapa kali sebelum mengangkat dental floss.


Untuk string floss, potong benang sepanjang kurang lebih 30 cm. Lilitkan kedua ujungnya di jari tangan kanan dan tangan kiri, lalu tarik untuk mengencangkan benang. Setelah itu, masukkanlah benang perlahan-lahan ke sela-sela gigi dan lakukan ke semua sela gigi. Setelah menggunakan floss, jangan lupa untuk berkumur kembali, ya.

Baca juga rekomendasi produk perawatan gigi lainnya di sini

Dental floss membantu Anda membersihkan kotoran pada sela-sela gigi. Namun, dental floss bukan satu-satunya alat untuk merawat kebersihan gigi. Anda bisa menemukan berbagai produk perawatan gigi lainnya melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Menyikat gigi tidak mampu membersihkan plak pada gigi secara tuntas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memakai dental floss setelah menyikat gigi. Anda bisa memilih model yang bergagang atau string floss sesuai dengan kenyamanan. Ikuti tips memilih benang gigi yang sudah kami bahas untuk mendapatkan produk yang tepat, ya. Rawatlah gigi Anda secara rutin dengan dental floss!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer