• 10 Rekomendasi Dental Floss Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Dental Floss Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Dental Floss Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Dental Floss Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Dental Floss Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Dental Floss Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Dental floss adalah benang gigi yang berfungsi untuk membersihkan celah antargigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Di pasaran tersedia berbagai jenis dental floss, baik yang modelnya bergagang maupun gulungan atau string floss. Oleh sebab itu, Anda mungkin kesulitan menemukan benang gigi yang bagus.


Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan rekomendasi dental floss terbaik beserta cara memilihnya. Anda dapat memilih produk dari berbagai merk yang bagus, seperti Watsons, LISTERINE, atau Oral-B. Temukan juga informasi tambahan dari dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

drg. Galih Fata
  • Pembaharuan terakhir: 23 April 2021
  • 18.381 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan dokter gigi drg. Galih Fata Anadza

Berkolaborasi dengan dokter gigi drg. Galih Fata Anadza

drg. Galih Fata Anadza merupakan seorang dokter gigi lulusan Universitas Padjadjaran, Bandung. Selain melakukan praktek bersama di klinik utama Aesthetic Pondok Indah, drg. Galih juga memiliki klinik pribadi CITI Dental Care di Bekasi. Melalui akun Instagram galih.drg, ia juga aktif mengedukasi masyarakat tentang kesehatan gigi melalui tulisan microblog #doktergigibercerita.

Dental floss efektif membersihkan gigi

Dental floss efektif membersihkan gigi

Anda mungkin merasa tidak membutuhkan dental floss lagi bila sudah menyikat gigi dengan benar. Sayangnya, hanya sekitar 48%–78% plak yang dapat dibersihkan oleh sikat gigi. Meski Anda sangat cermat menyikat gigi, tetap ada plak dan karang yang terakumulasi di antara celah gigi. 


Sikat gigi memang tidak dapat menjangkau bagian tersebut. Meskipun begitu, hal ini tidak dapat dibiarkan. Bila tidak diatasi, Anda akan mengalami kerusakan gigi dan bau mulut menjadi tidak sedap. Nah, dental floss dapat menjangkau sela-sela gigi tersebut dan mengikis kotoran yang ada di sana. 


Dental floss membantu meningkatkan penghapusan plak menjadi 80%. Anda bukan hanya dapat membersihkan celah antargigi belakang yang biasanya tidak terjangkau, melainkan juga setiap sudut gigi.


Selain itu, Anda juga lebih mudah mengetahui apabila ada kerusakan pada tambalan gigi dan dapat segera memperbaikinya. Dengan kata lain, Anda jadi lebih mudah mendeteksi setiap ada masalah kerusakan gigi. Jadi, gunakanlah dental floss untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Flossing merupakan suatu kegiatan yang penting untuk membersihkan gigi dan mulut. Hal ini karena menyikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan sisa makanan yang terjebak di sela gigi. Teknik flossing ini biasa dilakukan dengan benang gigi atau dental floss. 


Untuk mengangkat sisa makanan di antara gigi, penting sekali bagi Anda untuk menggunakan dental floss. Karena itu, biasakanlah untuk selalu menggunakan dental floss setelah selesai menyikat gigi mulai dari sekarang.

Cara memilih dental floss

Di atas, Anda telah mengetahui alasan pentingnya penggunaan dental floss. Selanjutnya, kami akan menunjukkan kepada Anda cara memilih dental floss yang tepat.

Pilih berdasarkan model yang mudah digunakan

Terdapat dua jenis dental floss yaitu yang modelnya bergagang dan yang berbentuk gulungan atau string floss. Ketahui fungsi dari masing-masing jenis tersebut dan pilih yang paling mudah Anda gunakan. 

Dental floss bergagang, penggunaan lebih mudah dan cocok untuk pemula

Dental floss bergagang, penggunaan lebih mudah dan cocok untuk pemula

Dental floss bergagang direkomendasikan bagi Anda yang baru pertama kali memakai dental floss. Dengan jenis ini, Anda lebih mudah memasukkan benang ke sela-sela gigi karena benang sudah menempel pada gagang. Anda bahkan dapat melakukannya hanya dengan satu tangan. Dental floss ini juga sesuai untuk anak kecil atau Anda yang kesulitan menggunakan jenis string floss


Kekurangannya, dental floss jenis ini sulit untuk diubah posisinya di dalam mulut. Namun, bila Anda memegangnya dengan benar, hal tersebut dapat diatasi. Dental floss bergagang ini memiliki dua model yaitu model F dan model Y. Model F lebih mudah digunakan untuk membersihkan gigi depan bagian bawah. Sementara itu, model Y lebih mudah digunakan untuk gigi depan bagian atas atau gigi belakang. 

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Walaupun banyak orang sudah mengetahui tentang dental floss, masih banyak dari mereka yang belum memulai menggunakannya. Penyebabnya karena berbagai alasan seperti tidak terbiasa atau karena penggunaannya yang sulit.


Untuk mengantisipasi hal tersebut, banyak produsen yang mulai membuat dental floss dengan gagang. Tujuannya adalah agar pemula dapat mulai terbiasa menggunakan dental floss. Dengan produk ini, Anda cukup mengarahkan dental floss ke arah gigi yang ingin dibersihkan. Setelah itu, Anda dapat memasukkan benangnya ke sela-sela gigi dan mengangkat kotoran yang menyelip. 

String floss, lebih ekonomis dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan

String floss, lebih ekonomis dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan

Saat menggunakan dental floss jenis iniAnda dapat memotong benang gigi sesuai kebutuhan. Dengan demikian, Anda dapat membersihkan gigi depan atau belakang dengan mudah, terlebih bila gigi tidak rata. 


Cara penggunannya adalah dililitkan pada kedua jari dan dimasukkan ke celah gigi. Setelah masuk ke celah gigi, dental floss digerakkan maju mundur untuk mengikis kotoran. Meskipun begitu, Anda harus terbiasa dahulu untuk memakai string floss ini. 


Berdasarkan ada tidaknya lapisan lilin, jenis string floss terbagi dua yaitu tipe yang dilapisi lilin (waxed) dan tanpa lilin (unwaxed). Karena lebih licin, tipe waxed direkomendasikan untuk Anda yang memiliki celah antargigi yang sempit. 


Sebaliknya, tipe unwaxed cocok bagi Anda yang memiliki celah antargigi normal, tetapi perlu daya penghapusan plak yang optimal. Di pasaran, string floss biasanya memiliki harga yang relatif lebih ekonomis.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Kondisi gigi yang tidak rapi atau berjejal sering kali menyulitkan penggunaan dental floss dengan gagang. Secara fungsi, dental floss tipe string lebih mudah digunakan untuk Anda yang memiliki susunan gigi yang tidak rapi. Berkat hal ini, tipe string lebih fleksibel dan bisa disesuaikan untuk menjangkau sudut-sudut tertentu di rongga mulut. 


Jika Anda mengalami kesulitan saat memasukan benang karena gigi yang terlalu rapat, gunakanlah floss yang dilapisi wax. Sebaliknya, jika Anda tidak mengalami masalah tersebut, floss tanpa wax bisa Anda pilih.

Ketahui bahan benang yang digunakan

Nilon, poliester, dan polietilena merupakan tiga bahan utama yang umum digunakan untuk bahan benang gigi. Dengan mengetahui karakteristik masing-masing bahan tersebut, Anda dapat menemukan dental floss yang paling sesuai untuk Anda.

Bahan nilon, menghilangkan kotoran dengan optimal

Bahan nilon, menghilangkan kotoran dengan optimal

Dahulu, sutra banyak digunakan sebagai bahan dental floss. Namun, kini bahan nilon telah menggantikan sutra. Hal ini karena nilon lebih sulit dipotong dan menimbulkan gaya gesek yang lebih kuat dibanding sutra. Jadi, bagi Anda yang ingin menghilangkan kotoran gigi secara optimal, bahan nilon dapat menjadi pilihan. 


Meski demikian, bagi Anda yang memiliki celah gigi lebar, tipe expanding lebih cocok dibandingkan nilon. Hal ini karena benang akan mengembang saat terkena liur dan gesekan sehingga Anda dapat mengikis kotoran dengan optimal. Perlu diingat, bahan nilon sangat populer karena keras dan kuat. Jadi, bila Anda tidak terbiasa atau ingin menghindari rasa sakit, sebaiknya hindari bahan ini. 

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Pemilihan bahan dental floss harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Perhatikanlah susunan gigi, kondisi gigi, serta kondisi gusi, apakah normal atau sensitif dan mudah berdarah. Jika Anda memiliki kondisi gigi dan gusi normal, bahan nilon bisa digunakan untuk melakukan flossing dengan baik.

Bahan poliester, mengikis kotoran dengan lembut

Bahan poliester, mengikis kotoran dengan lembut

Dibandingkan nilon, bahan poliester lebih halus sehingga dapat masuk ke sela-sela gigi dengan lembut. Oleh sebab itu, bahan poliester lebih direkomendasikan bagi Anda yang tidak terbiasa dengan rasa sakit. Karena terasa lembut pada gigi dan gusi, bahan ini juga sesuai untuk Anda yang ingin menghindari perdarahan. 


Gesekannya memang lebih lembut dibandingkan nilon, tetapi serat poliester dapat mengikat kotoran dengan baik. Sayangnya, bahan ini tidak terlalu kuat dan mudah putus sehingga Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya. 

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Gusi sakit dan mudah berdarah juga menjadi masalah dalam penggunaan dental floss. Untuk kasus seperti ini, pilihlah dental floss dengan bahan poliester yang lebih lembut dari nilon. Namun, Anda harus tetap menggunakannya dengan pelan-pelan dan hati-hati karena bahan ini mudah putus.

Bahan polietilena, sulit terputus dan sangat halus

Bahan polietilena, sulit terputus dan sangat halus

Polietilena merupakan bahan yang menarik karena lebih kuat daripada poliester dan lebih tipis daripada nilon. Benang ini mudah dimasukkan ke celah gigi yang sempit dan mampu membersihkan kotoran dengan optimal. Tidak hanya itu, bahan ini juga tidak mudah terputus. Oleh sebab itu, benang berbahan polietilena ini cocok untuk Anda yang memiliki celah gigi sempit. 


Benang ini memang tipis, tetapi seratnya lebih tebal dibandingkan poliester. Meski sulit dililitkan, seratnya cukup kuat sehingga tidak mudah putus walau Anda gerakkan maju mundur pada celah gigi. Kini, ada juga produsen yang menggunakan bahan turunan dari polietilena, yaitu polipropilena.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Jarak kerapatan antargigi tiap orang berbeda-beda. Ada orang dengan jarak gigi yang cukup renggang dan ada juga yang sangat rapat. Jika terlalu rapat, dental floss akan sulit untuk masuk. Jika dipaksa masuk, ada kemungkinan dental floss tersebut akan putus. Untuk kasus seperti ini, pilihlah bahan polietilena yang sangat kuat dan tidak mudah putus. 

Pilih yang memiliki aroma menyegarkan

Pilih yang memiliki aroma menyegarkan

Kebanyakan dental floss tidak beraroma, tetapi ada juga yang memiliki aroma seperti pasta gigi. Bila Anda ingin ada sensasi menyegarkan setelah pemakaiannya, Anda dapat memilih yang beraroma mint. Khusus untuk anak, di pasaran tersedia pula dental floss dengan aroma buah-buahan. Sensasi rasa buah ini membuat proses perawatan gigi dan mulut menjadi lebih menarik bagi anak-anak.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Ada beberapa merek dental floss yang menawarkan aroma menyegarkan. Hal ini dapat membuat beberapa pengguna merasa lebih nyaman saat menggunakan dental floss. Namun, ketahuilah bahwa aroma ini tidak bisa bertahan lama dalam rongga mulut.

Periksa yang dapat menghilangkan noda berwarna dan mengandung fluorine

Periksa yang dapat menghilangkan noda berwarna dan mengandung fluorine

Belakangan ini, mulai tersedia dental floss yang dapat memberikan perawatan tambahan untuk kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu, lihatlah manfaat lain yang ditawarkan dan pilih yang dapat menjaga mulut tetap bersih. 


Sebagai contoh, bila Anda ingin menghilangkan kotoran dan menjaga mulut tetap bersih, sebaiknya pilih yang mengandung fluorine. Membersihkan noda gigi dengan pasta gigi dan dental floss yang mengandung fluorine akan membuat gigi lebih bersih. 


Jenis tersebut terutama direkomendasikan bagi Anda yang tidak ingin gigi menguning akibat kopi, teh, atau tembakau. Noda ini cenderung menumpuk pada celah gigi dibandingkan bagian permukaan gigi lainnya. Jadi, Anda pun dapat menghilangkannya bersamaan dengan pengikisan plak. Anda juga disarankan untuk menyikat gigi setelah mengonsumsi minuman berwarna seperti kopi atau wine.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Kotoran-kotoran yang terselip di sela-sela gigi tidak bisa hilang pada saat menyikat gigi. Karena itulah Anda memerlukan bantuan dental floss. Jika dahulu kandungan fluorine hanya terdapat pada pasta gigi, kini ada banyak dental floss yang juga menggunakan kandungan ini.


Dengan fluorine, pengguna dapat menghilangkan noda gigi dengan lebih efektif. Jadi, usahakanlah untuk menggunakan dental floss yang mengandung fluorine agar noda dan kotoran dapat lebih mudah dibersihkan.  

Pertimbangkan juga portabilitasnya

Pertimbangkan juga portabilitasnya

Jika Anda ingin memakai dental floss saat bepergian seperti di kantor atau melakukan perjalanan, pertimbangkan juga portabilitasnya. Jenis string floss memiliki bentuk yang memudahkan Anda untuk membawanya dengan wadah. Sementara itu, kebanyakan dental floss yang bergagang lebih sulit untuk dibawa bepergian. 


Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk memilih dental floss yang dilengkapi wadah khusus. Dengan demikian, benang gigi dapat disimpan dengan higienis dan lebih aman saat dibawa bepergian. Anda pun dapat membawanya ke mana pun dan benang tetap bersih sampai saat menjelang digunakan. 

10 Rekomendasi dental floss terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi dental floss terbaik yang dapat Anda pilih. Temukanlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi gigi Anda, ya!
10

Pearlie WhiteFlossCare Hi-Tech Waxed Mint Floss 50m

Mulai dari Rp 95.000,00

JenisString floss
TipeWaxed
Bahan benangTidak diketahui
AromaMint
PortabelYa
9

Pearlie WhiteFloss Threaders with Storage Case

Mulai dari Rp 70.500,00

JenisTidak diketahui
TipeTidak diketahui
Bahan benangTidak diketahui
AromaTidak ada
PortabelYa
8

Sunstar AmericasGUM Crayola Kids' Flossers

897RZW

Mulai dari Rp 250.000,00

JenisBergagang
TipeUnwaxed
Bahan benangTidak diketahui
AromaAnggur
PortabelTidak
7
JenisBergagang
TipeUnwaxed
Bahan benangTidak diketahui
AromaTidak ada
PortabelTidak
6

Sunstar AmericasGUM Expanding Waxed Dental String Floss

2030C

Mulai dari Rp 53.500,00

JenisString floss
TipeWaxed
Bahan benangTidak diketahui
AromaTidak ada
PortabelYa
5

Charmindo Mitra RaharjaCharMi Dental Floss & Tooth Pick

Art 187

Mulai dari Rp 19.500,00

JenisBergagang
TipeUnwaxed
Bahan benangTidak diketahui
AromaTidak ada
PortabelYa
4
JenisString floss
TipeWaxed
Bahan benangTidak diketahui
AromaMint, thieves
PortabelYa
3

WatsonsCharcoal - Flat Thread Dental Floss Picks

Mulai dari Rp 19.900,00

JenisBergagang
TipeUnwaxed
Bahan benangPoliester
AromaTidak ada
PortabelYa
2

Johnson & Johnson LISTERINE Cool Mint Dental Floss

Mulai dari Rp 84.500,00

JenisString floss
TipeWaxed
Bahan benangpolipropilena
AromaMint
PortabelYa
1
JenisString floss
TipeWaxed
Bahan benangTidak diketahui
AromaMint
PortabelYa

Tabel perbandingan produk dental floss terbaik

Gambar produk
1
P&G Oral-B Essential Dental Floss 1

P&G

2
Johnson & Johnson  LISTERINE Cool Mint Dental Floss 1

Johnson & Johnson

3
Watsons Charcoal - Flat Thread Dental Floss Picks  1

Watsons

4
Young Living Thieves Dental Floss 1

Young Living

5
Charmindo Mitra Raharja CharMi Dental Floss & Tooth Pick  1

Charmindo Mitra Raharja

6
Sunstar Americas GUM Expanding Waxed Dental String Floss 1

Sunstar Americas

7
Orkla Jordan Easy Clean Flosser 1

Orkla

8
Sunstar Americas GUM Crayola Kids' Flossers 1

Sunstar Americas

9
Pearlie White Floss Threaders with Storage Case 1

Pearlie White

10
Pearlie White FlossCare Hi-Tech Waxed Mint Floss 50m 1

Pearlie White

Nama produk

Oral-B Essential Dental Floss

LISTERINE Cool Mint Dental Floss

Charcoal - Flat Thread Dental Floss Picks

Thieves Dental Floss

CharMi Dental Floss & Tooth Pick

GUM Expanding Waxed Dental String Floss

Jordan Easy Clean Flosser

GUM Crayola Kids' Flossers

Floss Threaders with Storage Case

FlossCare Hi-Tech Waxed Mint Floss 50m

Keunggulan

Produk berkualitas dan ekonomis yang mampu membersihkan secara optimal

Aman untuk gusi sensitif dengan benang kuat dan lembut

Bentuk benang pipih, menjangkau celah gigi sempit dengan mudah

Diformulasi dengan bahan-bahan alami

Dilengkapi gagang dan kemasan, mudah digunakan saat bepergian

Menjaga kebersihan gigi berjarak? Expanding dental floss jawabannya!

Ramah untuk pemula karena bergagang karet dan ukuran yang lebih panjang

Membersihkan celah gigi lebih mudah dan menyenangkan untuk anak

Solusi kebersihan optimal untuk Anda yang memakai kawat gigi

Aromanya segar dengan kandungan pemutih yang aman

Harga mulai dariRp 30.300,00Rp 84.500,00Rp 19.900,00Rp 75.000,00Rp 19.500,00Rp 53.500,00Rp 35.000,00Rp 250.000,00Rp 70.500,00Rp 95.000,00
JenisString flossString flossBergagangString flossBergagangString flossBergagangBergagangTidak diketahuiString floss
TipeWaxedWaxedUnwaxedWaxedUnwaxedWaxedUnwaxedUnwaxedTidak diketahuiWaxed
Bahan benangTidak diketahuipolipropilenaPoliesterTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui
AromaMintMintTidak adaMint, thievesTidak adaTidak adaTidak adaAnggurTidak ada Mint
PortabelYaYaYaYaYaYaTidakTidakYaYa
Tautan produk

Cara menggunakan dental floss yang benar

Cara menggunakan dental floss yang benar

Bagi Anda yang baru mencoba, berikut ini adalah beberapa tips penggunaan dental floss yang benar. Dengan mengetahui tips penggunaannya, pastinya Anda akan segera terbiasa menggunakan dental floss


Baik tipe bertangkai maupun tidak, Anda cukup memasukkan dental floss ke celah antara gigi. Secara perlahan, gerakkanlah dental floss dengan gerakan maju mundur dari bawah ke atas. Jangan paksakan bila benangnya tersangkut, tetapi tarik dental floss keluar dengan lembut. 


Saat baru memakai dental floss, gusi sering kali berdarah. Namun, Anda tidak perlu khawatir, biasanya gusi akan membaik dalam beberapa hari. Bila Anda tidak yakin dapat memakai dental floss tanpa gagang, sebaiknya gunakan yang bergagang saja. Pastikan juga Anda selalu menjaga kebersihan dental floss, paling tidak Anda membersihkannya sekali setiap hari. 

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Untuk dental floss bergagang, Anda cukup menggunakannya dengan cara memasukan benangnya ke sela gigi. Lalu, lakukanlah gerakan maju mundur beberapa kali sebelum mengangkat dental floss.


Untuk string floss, potong benang sepanjang kurang lebih 30 cm. Lilitkan kedua ujungnya di jari tangan kanan dan tangan kiri, lalu tarik untuk mengencangkan benang. Setelah itu, masukkanlah benang perlahan-lahan ke sela-sela gigi dan lakukan ke semua sela gigi. Setelah menggunakan floss, jangan lupa untuk berkumur kembali, ya.

Baca juga rekomendasi produk perawatan gigi lainnya di sini

Dental floss membantu Anda membersihkan kotoran pada sela-sela gigi. Namun, dental floss bukan satu-satunya alat untuk merawat kebersihan gigi. Ada berbagai produk lain yang dapat membantu Anda merawat kebersihan gigi dan mulut. Untuk mengetahui berbagai pilihan produk tersebut, Anda dapat mempelajari lebih lanjut dalam artikel di bawah ini. 

Kesimpulan

Dikatakan bahwa menyikat gigi hanya mampu mengangkat 48%78% plak pada gigi. Kabar baiknya, penggunaan dental floss dapat mengurangi kotoran yang tidak dapat dibersihkan oleh sikat gigi itu. Dengan demikian, gigi Anda bisa makin bersih dan mulut lebih sehat. Dari rekomendasi di atas, apakah Anda sudah menemukan produk dental floss yang sesuai untuk Anda?

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    Mempunyai gigi putih merupakan impian bagi banyak orang. Bila Anda hendak membeli pasta gigi pemutih, ada beberapa hal yang perlu diketahui, misalnya kandungan atau daya abrasifnya. Namun, banyaknya produk pasta gigi pemutih yang dijual di pasaran bisa membuat Anda bingung untuk memilih, bukan?Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih pasta gigi untuk memutihkan gigi. Setelah itu, kami juga akan mengulas rekomendasi beberapa produk keluaran Pepsodent, Sensodyne, dan produk lainnya. Mari simak dan dapatkan produk yang tepat agar Anda mempunyai gigi putih yang memesona!
    Perawatan gigi & mulut
    135.929 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah gigi Anda terasa ngilu saat terkena makanan panas atau minuman dingin? Bisa saja Anda memiliki gigi yang sensitif. Rasa ngilu akibat gigi berlubang atau sensitif tentunya terasa sangat menyiksa, ya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.Kali ini, kami bekerja sama dengan drg. Joseph Gunawan untuk memberikan tips memilih pasta gigi terbaik untuk gigi sensitif. Temukan juga merk pasta gigi sensitif yang bagus, seperti Pepsodent, Sensodyne, dan Colgate. Jadikan artikel ini sebagai referensi untuk memilih pasta gigi khusus gigi sensitif, ya!
    Perawatan gigi & mulut
    51.467 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2021)
    Menyikat gigi menggunakan pasta gigi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan agar gigi terhindar dari kerusakan. Kebanyakan orang masih bingung pasta gigi mana yang tepat karena berbagai produk hadir dengan kandungan dan manfaat yang berbeda. Di pasaran ada berbagai merek pasta gigi yang bisa Anda temukan, seperti Pepsodent, Sensodyne, dan Formula. Kali ini kami akan menginformasikan cara memilih pasta gigi, baik yang mengandung fluoride atau tanpa deterjen. Cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, dan temukan rekomendasi produk pasta gigi yang bagus untuk gigi lebih sehat. 
    Perawatan gigi & mulut
    134.716 Views
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki gigi yang bersih merupakan dambaan setiap orang. Karena itu, Anda memerlukan sikat gigi elektrik yang lebih efisien daripada sikat gigi tangan biasa. Ada tipe getaran sonik dan ultrasonik yang bisa Anda pilih. Beberapa sikat gigi elektrik juga dilengkapi fitur-fitur khusus seperti memutihkan gigi dan membersihkan plak.Kali ini kami akan mengulas cara memilih sikat gigi elektrik serta membagikan informasi tambahan dari dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza. Anda juga akan menemukan rekomendasi merk sikat gigi elektrik yang bagus, seperti Oral-B, Philips, Xiaomi, dan lain sebagainya. Mari simak informasi selengkapnya!
    Perawatan gigi & mulut
    18.273 Views
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik dengan Harga Murah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik dengan Harga Murah (Terbaru Tahun 2021)
    Saat sedang bepergian, Anda pastinya tetap ingin menjaga kebersihan mulut. Supaya lebih praktis, Anda dapat menggunakan sikat gigi elektrik. Sikat gigi elektrik diyakini dapat membersihkan gigi dan mulut dengan lebih cepat. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat, terutama untuk anak.Namun, sikat gigi elektrik sering dianggap sebagai perlengkapan yang mahal. Karena itu, kali ini kami akan membahas tentang sikat gigi elektrik yang bagus, tetapi dijual dengan harga murah. Sepuluh rekomendasi produk terbaik juga telah kami ulas untuk Anda, antara lain merk Xiaomi dan Starco. Mari disimak!
    Perawatan gigi & mulut
    1.366 Views
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Saat gigi bayi mulai tumbuh, sikat gigi khusus untuk anak pun mulai dibutuhkan. Namun, tentu saja sikat gigi anak-anak berbeda dengan sikat gigi dewasa. Selain untuk kesehatan gigi, menyikat gigi sejak kecil akan membangun kebiasaan baik saat anak dewasa nanti, lho. Nah, sikat gigi seperti apa yang dibutuhkan oleh anak Anda?Kami akan menjelaskan cara pemilihannya dengan berbagai pertimbangan yang disesuaikan dengan usia anak. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari merek-merek seperti Pigeon, Cussons, dan lainnya. Simak dengan saksama dan temukanlah produk yang paling tepat untuk anak Anda!
    Perawatan gigi & mulut
    21.036 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Charcoal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Charcoal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini pasta gigi berbahan charcoal atau arang aktif memang sedang naik daun. Pasta gigi charcoal terkenal karena dipercaya memiliki banyak manfaat seperti memutihkan gigi dan menjaga kebersihan rongga mulut. Berbagai merk ternama, seperti Pepsodent, Darlie, dan Colgate juga telah mengeluarkan produk pasta gigi charcoal.Di artikel ini kami akan membagikan review pasta gigi charcoal beserta komentar tambahan dari dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza. Agar memudahkan Anda, kami juga akan memberikan rekomendasi produk pasta gigi charcoal yang bagus. Yuk, baca sampai habis!
    Perawatan gigi & mulut
    3.732 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Pepsodent Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Pepsodent Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, sebagian besar orang Indonesia memilih pasta gigi Pepsodent. Hal ini tidaklah mengherankan karena Pepsodent adalah merk pasta gigi populer dan tepercaya sejak lama. Berbagai rangkaian pasta gigi Pepsodent bisa dipakai untuk anak-anak hingga orang dewasa.Beberapa varian yang bisa Anda pilih antara lain Pepsodent Action 123 Center Fresh, Pepsodent Siwak, Pepsodent Sweet Strawberry, dan lainnya. Apabila Anda sedang mencari pasta gigi Pepsodent yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan, inilah artikel yang tepat. Kami akan mengulasnya satu per satu. Namun, sebelumnya ketahui tips memilih pasta gigi Pepsodent berikut ini.
    Perawatan gigi & mulut
    3.389 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2021)
    Umumnya, bayi mulai tumbuh gigi pada usia enam bulan. Saat memasuki usia satu tahun, gigi si kecil akan makin lengkap. Makanan yang dikonsumsi si kecil tentunya akan makin beragam pula. Untuk itu, para orang tua harus mulai memperhatikan kesehatan gigi si kecil.Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan pasta gigi yang bagus untuk si kecil. Untuk itu, silakan simak cara memilih pasta gigi anak beserta sepuluh rekomendasi produknya. Merk pasta gigi anak, seperti Jack n Jill, Kodomo, dan Pigeon akan turut kami ulas di sini. Selamat membaca!
    Perawatan gigi & mulut
    755 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Berlubang (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Berlubang (Terbaru Tahun 2021)
    Gigi berlubang atau dalam istilah medis disebut cavities merupakan masalah yang lazim terjadi. Kondisi tersebut umumnya bermula dari kebersihan gigi yang kurang terjaga sehingga plak menumpuk dan memicu gigi berlubang. Nah, bila Anda memiliki persoalan cavities, Anda perlu memilih pasta gigi yang bagus untuk gigi berlubang.Di pasaran cukup banyak merk pasta gigi untuk gigi berlubang, seperti Pepsodent, Colgate, dan Ciptadent. Dari berbagai pilihan tersebut, produk pasta gigi manakah yang harus Anda pilih? Untuk memudahkan pemilihannya, Anda bisa menyimak tips memilih serta rekomendasi produk yang kami berikan di bawah ini.
    Perawatan gigi & mulut
    532 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    Mempunyai gigi putih merupakan impian bagi banyak orang. Bila Anda hendak membeli pasta gigi pemutih, ada beberapa hal yang perlu diketahui, misalnya kandungan atau daya abrasifnya. Namun, banyaknya produk pasta gigi pemutih yang dijual di pasaran bisa membuat Anda bingung untuk memilih, bukan?Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih pasta gigi untuk memutihkan gigi. Setelah itu, kami juga akan mengulas rekomendasi beberapa produk keluaran Pepsodent, Sensodyne, dan produk lainnya. Mari simak dan dapatkan produk yang tepat agar Anda mempunyai gigi putih yang memesona!
    Perawatan gigi & mulut
    135.929 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2021)
    Menyikat gigi menggunakan pasta gigi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan agar gigi terhindar dari kerusakan. Kebanyakan orang masih bingung pasta gigi mana yang tepat karena berbagai produk hadir dengan kandungan dan manfaat yang berbeda. Di pasaran ada berbagai merek pasta gigi yang bisa Anda temukan, seperti Pepsodent, Sensodyne, dan Formula. Kali ini kami akan menginformasikan cara memilih pasta gigi, baik yang mengandung fluoride atau tanpa deterjen. Cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, dan temukan rekomendasi produk pasta gigi yang bagus untuk gigi lebih sehat. 
    Perawatan gigi & mulut
    134.716 Views
  • 10 Rekomendasi Pemutih Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pemutih Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gigi kekuningan berpotensi mengurangi kepercayaan diri Anda. Untungnya, sekarang ada banyak cara untuk memutihkan gigi kuning. Apabila pemutih gigi alami masih kurang ampuh untuk menghapus noda kekuningan, Anda bisa mencoba obat pemutih gigi.Kali ini kami akan memberikan rekomendasi pemutih gigi terbaik yang mudah ditemukan, baik online maupun di apotik. Produk yang direkomendasikan juga datang dari berbagai merk, mulai dari Nu Skin sampai Crest. Baca juga tips memilih pemutih gigi yang bagus dari dokter gigi, drg. Joseph Gunawan. Di akhir artikel, kami juga akan memberitahukan cara alami memutihkan gigi. 
    Perawatan gigi & mulut
    121.320 Views
  • 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    Obat kumur atau mouthwash adalah produk perawatan gigi yang dapat mengatasi berbagai masalah mulut. Sakit gigi, sariawan, sampai bau mulut bisa Anda atasi jika rutin menggunakannya. Berbagai merk obat kumur yang bagus, seperti Minosep, Sensodyne, dan Listerine juga mudah Anda temukan di pasaran.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih mouthwash terbaik. Tidak ketinggalan, kami juga akan membagikan rekomendasi obat kumur yang tepat untuk Anda. Jangan lupa, cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, agar Anda makin yakin memilihnya. Langsung saja, mari disimak!
    Perawatan gigi & mulut
    110.266 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi (Terbaru Tahun 2021)
    Munculnya masalah gusi, seperti gusi yang turun, berdarah, bengkak, hingga abses, ternyata bukan hal sepele, lho. Untuk mengatasinya, Anda tidak bisa menggunakan pasta gigi untuk sakit gigi saja, tetapi harus memakai produk khusus. Pasta gigi khusus untuk mengatasi gusi yang sering bengkak biasanya mengandung bahan antibakteri atau antiinflamasi.Nah, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pasta gigi untuk masalah gusi. Tak lupa, kami juga telah menyiapkan rekomendasi sepuluh produk yang bagus dari berbagai merk. Pepsodent, Sensodyne, hingga Enzim merupakan beberapa contohnya. Jadi, ikuti terus artikel ini, ya!
    Perawatan gigi & mulut
    52.398 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah gigi Anda terasa ngilu saat terkena makanan panas atau minuman dingin? Bisa saja Anda memiliki gigi yang sensitif. Rasa ngilu akibat gigi berlubang atau sensitif tentunya terasa sangat menyiksa, ya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.Kali ini, kami bekerja sama dengan drg. Joseph Gunawan untuk memberikan tips memilih pasta gigi terbaik untuk gigi sensitif. Temukan juga merk pasta gigi sensitif yang bagus, seperti Pepsodent, Sensodyne, dan Colgate. Jadikan artikel ini sebagai referensi untuk memilih pasta gigi khusus gigi sensitif, ya!
    Perawatan gigi & mulut
    51.467 Views
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Pepsodent Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sikat Gigi Pepsodent Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mungkin tidak asing dengan Pepsodent sebagai merk perawatan gigi dan mulut yang akrab dengan keluarga Indonesia. Pepsodent sangat dikenal dengan rangkaian produk pasta gigi. Meskipun begitu, merk ini juga menyediakan beragam varian sikat gigi yang bagus untuk Anda.Sikat gigi Pepsodent ada yang ditujukan untuk perawatan gigi sensitif, gigi yang tidak rata, hingga gigi anak. Untuk memudahkan Anda memilih sikat gigi dari Pepsodent, kami akan memberikan rekomendasi produk serta menjelaskan cara memilihnya. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai, ya!
    Perawatan gigi & mulut
    691 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori