• 10 Rekomendasi Dental Floss Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Dental Floss Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Dental Floss Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Dental Floss Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Dental Floss Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Dental Floss Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Dental floss berfungsi untuk membersihkan celah antargigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Di pasaran, tersedia berbagai jenis dental floss, baik yang modelnya bergagang maupun gulungan atau string floss dengan bermacam bahan benang. Oleh sebab itu, Anda mungkin tidak mudah untuk menemukan dental floss yang tepat. 


Namun, Anda tidak perlu khawatir, kami akan memberikan rekomendasi dental floss terbaik beserta cara memilihnya. Anda dapat memilih produk dari berbagai merek, seperti Watsons, LISTERINE, atau Oral-B. Dalam artikel ini, Anda juga akan menemukan tips menjaga mulut tetap bersih dengan perawatan yang tepat. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 11.992 Views
Daftar isi

Dental floss efektif membersihkan gigi

Dental floss efektif membersihkan gigi

Anda mungkin merasa tidak membutuhkan dental floss lagi bila sudah menyikat gigi dengan benar. Sayangnya, hanya sekitar 48%–78% plak yang dapat dibersihkan oleh sikat gigi. Meski Anda sangat cermat menyikat gigi, tetap ada plak dan karang yang terakumulasi di antara celah gigi. 


Sikat gigi memang tidak dapat menjangkau bagian tersebut. Meskipun begitu, hal ini tidak dapat dibiarkan. Bila tidak diatasi, Anda akan mengalami kerusakan gigi dan bau mulut menjadi tidak sedap. Nah, dental floss dapat menjangkau sela-sela gigi tersebut dan mengikis kotoran yang ada di sana. 


Dental floss membantu meningkatkan penghapusan plak menjadi 80%. Anda bukan hanya dapat membersihkan celah antargigi belakang yang biasanya tidak terjangkau, melainkan juga setiap sudut gigi.


Selain itu, Anda juga lebih mudah mengetahui apabila ada kerusakan pada tambalan gigi dan dapat segera memperbaikinya. Dengan kata lain, Anda jadi lebih mudah mendeteksi setiap ada masalah kerusakan gigi. Jadi, gunakanlah dental floss untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Cara memilih dental floss

Di atas, Anda telah mengetahui alasan pentingnya penggunaan dental floss. Selanjutnya, kami akan menunjukkan kepada Anda cara memilih dental floss yang tepat.

Pilih berdasarkan model yang mudah digunakan

Terdapat dua jenis dental floss yaitu yang modelnya bergagang dan yang berbentuk gulungan atau string floss. Ketahui fungsi dari masing-masing jenis tersebut dan pilih yang paling mudah Anda gunakan. 

Dental floss bergagang, penggunaan lebih mudah dan cocok untuk pemula

Dental floss bergagang, penggunaan lebih mudah dan cocok untuk pemula

Dental floss bergagang direkomendasikan bagi Anda yang baru pertama kali memakai dental floss. Dengan jenis ini, Anda lebih mudah memasukkan benang ke sela-sela gigi karena benang sudah menempel pada gagang. Anda bahkan dapat melakukannya hanya dengan satu tangan. Dental floss ini juga sesuai untuk anak kecil atau Anda yang kesulitan menggunakan jenis string floss


Kekurangannya, dental floss jenis ini sulit untuk diubah posisinya di dalam mulut. Namun, bila Anda memegangnya dengan benar, hal tersebut dapat diatasi. Dental floss bergagang ini memiliki dua model yaitu model F dan model Y. Model F lebih mudah digunakan untuk membersihkan gigi depan bagian bawah. Sementara itu, model Y lebih mudah digunakan untuk gigi depan bagian atas atau gigi belakang. 

String floss, lebih ekonomis dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan

String floss, lebih ekonomis dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan

Saat menggunakan dental floss jenis iniAnda dapat memotong benang gigi sesuai kebutuhan. Dengan demikian, Anda dapat membersihkan gigi depan atau belakang dengan mudah, terlebih bila gigi tidak rata. 


Cara penggunannya adalah dililitkan pada kedua jari dan dimasukkan ke celah gigi. Setelah masuk ke celah gigi, dental floss digerakan maju mundur untuk mengikis kotoran. Meskipun begitu, Anda harus terbiasa dahulu untuk memakai string floss ini. 


Berdasarkan ada tidaknya lapisan lilin, jenis string floss terbagi dua yaitu tipe yang dilapisi lilin (waxed) dan tanpa lilin (unwaxed). Karena lebih licin, tipe waxed direkomendasikan untuk Anda yang memiliki celah antargigi yang sempit. 


Sebaliknya, tipe unwaxed cocok bagi Anda yang memiliki celah antargigi normal, tetapi perlu daya penghapusan plak yang optimal. Di pasaran, string floss biasanya memiliki harga yang relatif lebih ekonomis.

Ketahui bahan benang yang digunakan

Nilon, poliester, dan polietilena merupakan tiga bahan utama yang umum digunakan untuk bahan benang gigi. Dengan mengetahui karakteristik masing-masing bahan tersebut, Anda dapat menemukan dental floss yang paling sesuai untuk Anda.

Bahan nilon, menghilangkan kotoran dengan optimal

Bahan nilon, menghilangkan kotoran dengan optimal

Dahulu, sutra banyak digunakan sebagai bahan dental floss. Namun, kini bahan nilon telah menggantikan sutra. Hal ini karena nilon lebih sulit dipotong dan menimbulkan gaya gesek yang lebih kuat dibanding sutra. Jadi, bagi Anda yang ingin menghilangkan kotoran gigi secara optimal, bahan nilon dapat menjadi pilihan. 


Meski demikian, bagi Anda yang memiliki celah gigi lebar, tipe expanding lebih cocok dibandingkan nilon. Hal ini karena benang akan mengembang saat terkena liur dan gesekan sehingga Anda dapat mengikis kotoran dengan optimal. Perlu diingat, bahan nilon sangat populer karena keras dan kuat. Jadi, bila Anda tidak terbiasa atau ingin menghindari rasa sakit, sebaiknya hindari bahan ini. 

Bahan poliester, mengikis kotoran dengan lembut

Bahan poliester, mengikis kotoran dengan lembut

Dibandingkan nilon, bahan poliester lebih halus sehingga dapat masuk ke sela-sela gigi dengan lembut. Oleh sebab itu, bahan poliester lebih direkomendasikan bagi Anda yang tidak terbiasa dengan rasa sakit. Karena terasa lembut pada gigi dan gusi, bahan ini juga sesuai untuk Anda yang ingin menghindari perdarahan. 


Gesekannya memang lebih lembut dibandingkan nilon, tetapi serat poliester dapat mengikat kotoran dengan baik. Sayangnya, bahan ini tidak terlalu kuat dan mudah putus sehingga Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya. 

Bahan polietilena, sulit terputus dan sangat halus

Bahan polietilena, sulit terputus dan sangat halus

Polietilena merupakan bahan yang menarik karena lebih kuat daripada poliester dan lebih tipis daripada nilon. Benang ini mudah dimasukkan ke celah gigi yang sempit dan mampu membersihkan kotoran dengan optimal. Tidak hanya itu, bahan ini juga tidak mudah terputus. Oleh sebab itu, benang berbahan polietilena ini cocok untuk Anda yang memiliki celah gigi sempit. 


Benang ini memang tipis, tetapi seratnya lebih tebal dibandingkan poliester. Meski sulit dililitkan, seratnya cukup kuat sehingga tidak mudah putus walau Anda gerakan maju mundur pada celah gigi. Kini, ada juga produsen yang menggunakan bahan turunan dari polietilena, yaitu polipropilena.

Pilih yang memiliki aroma menyegarkan

Pilih yang memiliki aroma menyegarkan

Kebanyakan dental floss tidak beraroma, tetapi ada juga yang memiliki aroma seperti pasta gigi. Bila Anda ingin ada sensasi menyegarkan setelah pemakaiannya, Anda dapat memilih yang beraroma mint. Khusus untuk anak, di pasaran tersedia pula dental floss dengan aroma buah-buahan. Sensasi rasa buah ini membuat proses perawatan gigi dan mulut menjadi lebih menarik bagi anak-anak.

Periksa yang dapat menghilangkan noda berwarna dan mengandung fluorine

Periksa yang dapat menghilangkan noda berwarna dan mengandung fluorine

Belakangan ini, mulai tersedia dental floss yang dapat memberikan perawatan tambahan untuk kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu, lihatlah manfaat lain yang ditawarkan dan pilih yang dapat menjaga mulut tetap bersih. 


Sebagai contoh, bila Anda ingin menghilangkan kotoran dan menjaga mulut tetap bersih, sebaiknya pilih yang mengandung fluorine. Membersihkan noda gigi dengan pasta gigi dan dental floss yang mengandung fluorine akan membuat gigi lebih bersih. 


Jenis tersebut terutama direkomendasikan bagi Anda yang tidak ingin gigi menguning akibat kopi, teh, atau tembakau. Noda ini cenderung menumpuk pada celah gigi dibandingkan bagian permukaan gigi lainnya. Jadi, Anda pun dapat menghilangkannya bersamaan dengan pengikisan plak. Anda juga disarankan untuk menyikat gigi setelah mengonsumsi minuman berwarna seperti kopi atau wine.

Pertimbangkan juga portabilitasnya

Pertimbangkan juga portabilitasnya

Jika Anda ingin memakai dental floss saat bepergian seperti di kantor atau melakukan perjalanan, pertimbangkan juga portabilitasnya. Jenis string floss memiliki bentuk yang memudahkan Anda untuk membawanya dengan wadah. Sementara itu, kebanyakan dental floss yang bergagang lebih sulit untuk dibawa bepergian. 


Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk memilih dental floss yang dilengkapi wadah khusus. Dengan demikian, benang gigi dapat disimpan dengan higienis dan lebih aman saat dibawa bepergian. Anda pun dapat membawanya ke mana pun dan benang tetap bersih sampai saat menjelang digunakan. 

10 Rekomendasi dental floss terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi dental floss terbaik yang dapat Anda pilih. Temukanlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi gigi Anda, ya!
10

Pearlie WhiteFlossCare Hi-Tech Waxed Mint Floss 50m

Rp 95.000,00

JenisString floss
TipeWaxed
Bahan benangTidak diketahui
AromaMint
PortabelYa
9

Pearlie WhiteFloss Threaders with Storage Case

Rp 70.500,00

JenisTidak diketahui
TipeTidak diketahui
Bahan benangTidak diketahui
AromaTidak ada
PortabelYa
8

Sunstar AmericasGUM Crayola Kids' Flossers

897RZW

Rp 250.000,00

JenisBergagang
TipeUnwaxed
Bahan benangTidak diketahui
AromaAnggur
PortabelTidak
7
JenisBergagang
TipeUnwaxed
Bahan benangTidak diketahui
AromaTidak ada
PortabelTidak
6

Sunstar AmericasGUM Expanding Waxed Dental String Floss

2030C

Rp 53.500,00

JenisString floss
TipeWaxed
Bahan benangTidak diketahui
AromaTidak ada
PortabelYa
5

Charmindo Mitra RaharjaCharMi Dental Floss & Tooth Pick

Art 187

Rp 19.500,00

JenisBergagang
TipeUnwaxed
Bahan benangTidak diketahui
AromaTidak ada
PortabelYa
4
JenisString floss
TipeWaxed
Bahan benangTidak diketahui
AromaMint, thieves
PortabelYa
3
JenisBergagang
TipeUnwaxed
Bahan benangPoliester
AromaTidak ada
PortabelYa
2
JenisString floss
TipeWaxed
Bahan benangpolipropilena
AromaMint
PortabelYa
1
JenisString floss
TipeWaxed
Bahan benangTidak diketahui
AromaMint
PortabelYa

Tabel perbandingan produk dental floss terbaik

Gambar produk
1
P&G Oral-B Essential Dental Floss 1

P&G

2
Johnson & Johnson  LISTERINE Cool Mint Dental Floss 1

Johnson & Johnson

3
Watsons Charcoal - Flat Thread Dental Floss Picks  1

Watsons

4
Young Living Thieves Dental Floss 1

Young Living

5
Charmindo Mitra Raharja CharMi Dental Floss & Tooth Pick  1

Charmindo Mitra Raharja

6
Sunstar Americas GUM Expanding Waxed Dental String Floss 1

Sunstar Americas

7
Orkla Jordan Easy Clean Flosser 1

Orkla

8
Sunstar Americas GUM Crayola Kids' Flossers 1

Sunstar Americas

9
Pearlie White Floss Threaders with Storage Case 1

Pearlie White

10
Pearlie White FlossCare Hi-Tech Waxed Mint Floss 50m 1

Pearlie White

Nama produk

Oral-B Essential Dental Floss

LISTERINE Cool Mint Dental Floss

Charcoal - Flat Thread Dental Floss Picks

Thieves Dental Floss

CharMi Dental Floss & Tooth Pick

GUM Expanding Waxed Dental String Floss

Jordan Easy Clean Flosser

GUM Crayola Kids' Flossers

Floss Threaders with Storage Case

FlossCare Hi-Tech Waxed Mint Floss 50m

Keunggulan

Produk berkualitas dan ekonomis yang mampu membersihkan secara optimal

Aman untuk gusi sensitif dengan benang kuat dan lembut

Bentuk benang pipih, menjangkau celah gigi sempit dengan mudah

Diformulasi dengan bahan-bahan alami

Dilengkapi gagang dan kemasan, mudah digunakan saat bepergian

Menjaga kebersihan gigi berjarak? Expanding dental floss jawabannya!

Ramah untuk pemula karena bergagang karet dan ukuran yang lebih panjang

Membersihkan celah gigi lebih mudah dan menyenangkan untuk anak

Solusi kebersihan optimal untuk Anda yang memakai kawat gigi

Aromanya segar dengan kandungan pemutih yang aman

HargaRp 30.300,00Rp 84.500,00Rp 19.900,00Rp 75.000,00Rp 19.500,00Rp 53.500,00Rp 35.000,00Rp 250.000,00Rp 70.500,00Rp 95.000,00
JenisString flossString flossBergagangString flossBergagangString flossBergagangBergagangTidak diketahuiString floss
TipeWaxedWaxedUnwaxedWaxedUnwaxedWaxedUnwaxedUnwaxedTidak diketahuiWaxed
Bahan benangTidak diketahuipolipropilenaPoliesterTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui
AromaMintMintTidak adaMint, thievesTidak adaTidak adaTidak adaAnggurTidak ada Mint
PortabelYaYaYaYaYaYaTidakTidakYaYa
Tautan produk

Tips menggunakan dental floss yang benar

Tips menggunakan dental floss yang benar

Bagi Anda yang baru mencoba, berikut ini adalah beberapa tips penggunaan dental floss yang benar. Dengan mengetahui tips penggunaannya, pastinya Anda akan segera terbiasa menggunakan dental floss


Baik tipe bertangkai maupun tidak, Anda cukup memasukkan dental floss ke celah antara gigi. Secara perlahan, gerakanlah dental floss dengan gerakan maju mundur dari bawah ke atas. Jangan paksakan bila benangnya tersangkut, tetapi tarik dental floss keluar dengan lembut. 


Saat baru memakai dental floss, gusi sering kali berdarah. Namun, Anda tidak perlu khawatir, biasanya gusi akan membaik dalam beberapa hari. Bila Anda tidak yakin dapat memakai dental floss tanpa gagang, sebaiknya gunakan yang bergagang saja. Pastikan juga Anda selalu menjaga kebersihan dental floss, paling tidak Anda membersihkannya sekali setiap hari. 

Baca juga rekomendasi berbagai produk perawatan gigi lainnya di sini

Dental floss membantu Anda membersihkan kotoran pada sela-sela gigi. Namun, dental floss bukan satu-satunya alat untuk merawat kebersihan gigi. Ada berbagai produk lain yang dapat membantu Anda merawat kebersihan gigi dan mulut. Untuk mengetahui berbagai pilihan produk tersebut, Anda dapat mempelajari lebih lanjut dalam artikel di bawah ini. 

Kesimpulan

Dikatakan bahwa menyikat gigi hanya mampu mengangkat 48%78% plak pada gigi. Kabar baiknya, penggunaan dental floss dapat mengurangi kotoran yang tidak dapat dibersihkan oleh sikat gigi itu. Dengan demikian, gigi Anda bisa makin bersih dan mulut lebih sehat. Dari rekomendasi di atas, apakah Anda sudah menemukan produk dental floss yang sesuai untuk Anda?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2020)
    Menyikat gigi menggunakan pasta gigi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan agar gigi terhindar dari kerusakan. Kebanyakan orang masih bingung pasta gigi mana yang tepat karena berbagai produk hadir dengan varian kandungan dan manfaat yang berbeda. Di pasaran, ada berbagai merek pasta gigi yang bisa Anda temukan, seperti Pepsodent, Sensodyne, dan Formula. Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami akan menginformasikan cara memilih pasta gigi yang sesuai dengan kondisi gigi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk pasta gigi terbaik agar gigi Anda lebih sehat. Jadi, selamat membaca!
    Perawatan gigi & mulut
    86.839 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi (Terbaru Tahun 2020)
    Mempunyai gigi putih merupakan impian bagi banyak orang. Bila Anda hendak membeli pasta gigi pemutih, ada beberapa hal yang perlu diketahui, misalnya kandungan atau daya abrasifnya. Namun, banyaknya produk pasta gigi pemutih yang dijual di pasaran bisa membuat Anda bingung untuk memilih, bukan?Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih pasta gigi untuk memutihkan gigi. Setelah itu, kami juga akan mengulas rekomendasi beberapa produk keluaran Pepsodent, Sensodyne, dan produk lainnya. Mari simak dan dapatkan produk yang tepat agar Anda mempunyai gigi putih yang memesona!
    Perawatan gigi & mulut
    82.663 Views
  • 10 Rekomendasi Pemutih Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pemutih Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Gigi berwarna kekuningan akan terlihat tidak indah dan meninggalkan kesan buruk di mata orang lain. Hal ini bisa diatasi dengan memutihkan gigi, tetapi pergi ke dokter gigi cukup menyita waktu dan biaya. Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah membeli produk pemutih gigi.Berbagai tipe pemutih gigi tersedia di pasaran, mulai dari tipe pasta, gel, penghapus, hingga seal. Mereknya pun beraneka ragam mulai dari Nu Skin sampai Crest. Tidak perlu bingung, artikel ini akan memandu Anda untuk mendapatkan sepuluh rekomendasi produk pemutih gigi terbaik. Jangan lewatkan informasinya, ya!
    Perawatan gigi & mulut
    79.930 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Kumur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Kumur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Obat kumur atau mouthwash adalah produk perawatan gigi dan mulut sehari-hari yang dapat mengatasi berbagai masalah mulut. Bermacam-macam jenis dan merek obat kumur, seperti Total Care, Sensodyne, dan Listerine dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran.Masing-masing produk pasti memiliki keunggulan serta efek tersendiri. Untuk itu, kami akan menjelaskan poin penting apa saja yang harus Anda perhatikan dalam memilih produk obat kumur. Tidak ketinggalan kami juga merekomendasikan produk terbaik untuk membantu Anda menemukan obat kumur yang tepat. Selamat membaca!
    Perawatan gigi & mulut
    76.794 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah gigi Anda terasa ngilu saat terkena makanan panas atau minuman dingin? Bisa saja Anda memiliki gigi yang sensitif. Rasa ngilu pada gigi ini dapat memicu stres karena menimbulkan rasa tidak nyaman dan makanan yang dimakan pun terasa tidak enak. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.Berbagai merek terkenal seperti Pepsodent, Sensodyne, dan Colgate memiliki produk andalan dengan kelebihannya masing-masing. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan rekomendasi produk pasta gigi terbaik untuk gigi sensitif beserta cara memilihnya. Jadikan artikel ini referensi untuk memilih pasta gigi khusus gigi sensitif, ya!
    Perawatan gigi & mulut
    37.339 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik Untuk Masalah Gusi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik Untuk Masalah Gusi (Terbaru Tahun 2020)
    Pernahkah Anda mengalami permasalahan mulut seperti gusi berdarah saat menyikat gigi, bau mulut tidak sedap, gusi bengkak, atau mulut terasa lengket? Dalam dunia kedokteran, permasalahan tersebut disebut penyakit gusi atau periodontal disease. Salah satu cara mengatasi masalah gusi adalah menggunakan pasta gigi yang mengandung bakterisida dan anti-inflamasi.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi pasta gigi untuk mengatasi masalah pada gusi Anda. Kami juga akan memberikan informasi yang detail tentang kinerja pasta gigi dalam mengatasi permasalahan gusi Anda. Beragam merek pasta gigi seperti Colgate, Oral-B, Enzim, Pepsodent, dan sebagainya dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Perawatan gigi & mulut
    32.906 Views
  • 10 Rekomendasi Tusuk Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tusuk Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tusuk gigi sering diasosiasikan sebagai alat untuk membersihkan gigi setelah makan. Namun, sebenarnya ada beragam variasi tusuk gigi baik dari bahan, bentuk, ukuran, maupun fungsinya. Selain untuk menjaga kebersihan mulut, tusuk gigi ternyata mempunyai banyak fungsi lain.Kali ini, kami menjelaskan berbagai kegunaan beserta cara memilih tusuk gigi yang sesuai kebutuhan. Selain itu, kami juga merekomendasikan sepuluh produk tusuk gigi dengan beragam aplikasinya. Mulai dari alat pembersih gigi hingga yang dapat dijadikan tusuk makanan! Temukan berbagai hal baru seta keunikan fungsi tusuk gigi dalam artikel ini!
    Perawatan gigi & mulut
    1.908 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori