10 Rekomendasi Gunting Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Gunting Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Gunting merupakan salah satu alat yang populer dan amat dibutuhkan. Ada bermacam-macam gunting di pasaran, seperti yang praktis untuk dibawa-bawa, tahan karat, berdesain unik, dan lain-lain. Oleh sebab itu, terkadang Anda bingung gunting seperti apa yang harus dipilih, bukan?

Jangan khawatir dulu karena kami akan menjelaskan cara memilih gunting yang bagus serta sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk gunting terbaik dari merek ternama seperti IKEA, Joyko, atau Maped. Gunting yang kami pilih tidak hanya nyaman digunakan oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Daftar isi

Cara memilih gunting

Memilih gunting yang salah bisa membuat pekerjaan Anda terhambat. Oleh karena itu, perhatikanlah cara memilih gunting berikut agar Anda mendapatkan gunting yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Pilih bentuk mata pisau sesuai penggunaan

Tergantung pada mata pisaunya, penggunaan gunting bisa saja berbeda satu sama lain. Perhatikanlah dengan baik supaya Anda memahami perbedaan fitur-fiturnya.

Mata pisau lengkung bernoulli, lengkungan moderat untuk ketajaman medium

Mata pisau lengkung bernoulli, lengkungan moderat untuk ketajaman medium

Saat menggunakan gunting, pernahkah Anda merasa ujung pisaunya kurang tajam, sedangkan pangkalnya tajam? Saat menggunakan gunting biasa, semakin kedua bilah pisau menutup dan sudutnya menyempit, daya tuasnya pun akan semakin menurun. Jadi, dapat dikatakan semakin mendekati ujung pisau, ketajamannya pun semakin berkurang.

Akan tetapi, gunting dengan mata pisau lengkung bernoulli memiliki lengkungan yang pas sehingga tidak akan mengubah sudut mulai dari bawah bilah pisau hingga ke ujungnya. Anda mungkin tidak akan sadar saat pertama kali melihat, tetapi lengkungan tersebut menjadikan mata pisaunya memiliki ketajaman yang tidak dimiliki gunting generasi sebelumnya.

Mata pisau lengkung hybrid, dengan bilah pisau lebar dan mampu memotong kardus atau karton

Mata pisau lengkung hybrid, dengan bilah pisau lebar dan mampu memotong kardus atau karton

Gunting dengan mata pisau lengkung hybrid memiliki lengkungan yang sudutnya lebih kecil dibanding mata pisau lengkung bernoulli. Meski begitu, dalam kondisi tertutup sekalipun sudutnya tidaklah mengecil sehingga mampu memotong dengan mudah bahkan saat Anda menggunakan ujungnya saja. Gunting dengan mata pisau lengkung hybrid memiliki ketajaman merata mulai dari pangkal hingga ke ujung sehingga Anda bisa terus menggunting menggunakan bagian mana pun.

Kemudian, dengan lebar melebihi mata pisau bernoulli, material tebal seperti kardus atau pun karton dapat digunting dengan mudah.

Mata pisau pruner, ketajaman mumpuni untuk hasil guntingan memukau

Mata pisau pruner, ketajaman mumpuni untuk hasil guntingan memukau

Gunting ini memiliki dua bilah pisau dengan panjang berbeda sehingga mampu memotong dengan kuat seperti gunting yang digunakan untuk berkebun. Ciri khas mata pisau tipe ini adalah adanya salah satu bilah mata pisau yang melengkung sehingga mampu meningkatkan ketajaman hasil kombinasi jepitan mata pisau lurus dan melengkung. Selain itu, bentuk mata pisau seperti itu juga memudahkan Anda untuk merasakan tingkat ketajamannya.

Bentuk melengkung tersebut juga menimbulkan perpindahan titik tumpu saat digunakan. Meski tidak berbentuk seperti mata pisau bernoulli, ketajaman gunting dengan mata pisau ini tetap merata dari ujung hingga ke pangkal.

Mata pisau lurus, cocok untuk kerajinan tangan atau menjahit

Mata pisau lurus, cocok untuk kerajinan tangan atau menjahit

Ujung pisau yang lurus pada gunting bermata pisau lurus sangat berguna saat hendak menggunting benda-benda kecil. Gunting ini sangat cocok digunakan saat membuat kerajinan tangan atau menjahit. Jika Anda ingin membeli gunting ini, kami merekomendasikan untuk membeli gunting yang ada penutupnya agar lebih aman saat disimpan.

Pilih gagang gunting yang nyaman di tangan

Gagang gunting menjadi faktor penting yang menentukan kenyamanan menggunakan gunting. Pilihlah yang nyaman digunakan walau digunakan dalam waktu lama. Untuk mendapatkan gunting yang nyaman digunakan, perhatikan bentuk dan bahan pada gagang gunting.

Gagang yang lebar dan besar mengurangi rasa lelah saat menggunakan gunting

Gagang yang lebar dan besar mengurangi rasa lelah saat menggunakan gunting

Saat memotong bahan yang besar dan tebal, pilihlah gunting yang memiliki gagang lebar agar terasa lebih firm di tangan. Apabila Anda menggunakan gunting dengan gagang kecil yang hanya dapat memasukkan satu jari Anda, tentu akan membuat Anda lelah. Akan tetapi, jika gagang gunting bisa dimasukkan dua jari, tentu akan terasa lebih stabil dan rasa lelah dapat berkurang.

Tidak cepat pegal bila material gagangnya empuk

Tidak cepat pegal bila material gagangnya empuk

Hal lain yang harus Anda perhatikan saat memilih gunting adalah bahan gagangnya. Material gagang yang empuk seperti resin mudah digerakkan bahkan dengan sedikit tenaga sehingga tidak membuat tangan Anda cepat lelah meski digunakan berjam-jam. Umumnya bagian luar gagang gunting keras dan padat, tetapi bagian dalam cengkramannya terbuat dari bahan yang empuk.

Perhatikan aspek-aspek bermanfaat lainnya

Selain ketajaman bilah pisau dan kenyamanan dalam memegang gunting, perhatikan aspek-aspek bermanfaat lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Material pisau menentukan keawetan

Material pisau menentukan keawetan

Material pisau pada gunting diproses secara khusus dengan berbagai cara, tetapi kami merekomendasikan untuk memilih pisau yang tidak lengket. Saat menggunting selotip, sering kali bahan lem pada selotip menempel pada bilah pisau sehingga membuatnya jadi tumpul. Akan tetapi, beberapa produsen gunting telah mencegah hal ini dan telah merancang gunting antilengket.

Gunting dengan deskripsi tambahan, seperti antilengket, fluorine coat, atau spesifikasi sejenis lainnya sangat cocok digunakan untuk berbagai hal karena tidak mudah tumpul meski sering digunakan untuk menggunting benda lengket seperti selotip. Selain label antilengket, Anda juga bisa mengecek deskripsi tambahan terkait material mata pisau, seperti stainless steel, titanium coat, dan sebagainya yang mengindikasikan ketahanan terhadap karat. Bila Anda ingin menggunakan gunting untuk jangka panjang, hal-hal tersebut penting untuk Anda pastikan.

Produk berukuran compact lebih mudah dibawa

Produk berukuran compact lebih mudah dibawa

Terdapat beragam ukuran gunting, tetapi agar lebih mudah dibawa, pilihlah produk berukuran compact.

Baru-baru ini gunting jenis stick cukup populer. Gunting ini tidak memiliki lubang untuk memasukkan jemari Anda, tetapi apabila ditutup dengan penutupnya akan menjadi stick yang menyerupai pensil atau pulpen sehingga praktis dibawa ke mana pun. Selain itu, dengan mata pisau yang tidak terbuka, tentu Anda semakin aman membawanya.

Untuk digunakan anak-anak, pilihlah yang dilengkapi dengan fitur keamanan khusus

Untuk digunakan anak-anak, pilihlah yang dilengkapi dengan fitur keamanan khusus

Jika Anda mencari gunting untuk anak-anak, sebaiknya pilih gunting dengan label khusus untuk anak-anak. Gunting biasa memiliki mata pisau dengan tepian tajam untuk bisa memotong, tetapi gunting untuk anak-anak tidaklah demikian. Bahkan bila jari anak Anda tidak sengaja tergunting, jarinya tidak akan terluka sehingga gunting seperti ini tergolong aman digunakan.

Beberapa produk juga dilengkapi dengan penutup pada tepian tajamnya agar semakin aman digunakan. Karena itu, gunakanlah gunting khusus anak-anak bila Anda memang ingin memberikannya untuk anak Anda.

Untuk Anda yang kidal, pilihlah gunting khusus tangan kiri

Untuk Anda yang kidal, pilihlah gunting khusus tangan kiri

Gunting biasanya didesain untuk digunakan pada tangan kanan. Mata pisau serta gagangnya telah dirancang agar gunting nyaman digunakan di tangan kanan. Jadi, bila Anda menggunakannya dengan tangan kiri, Anda pasti akan kesulitan. Oleh sebab itu, jika Anda kidal, pilihlah gunting khusus yang didesain untuk tangan kiri agar mudah digunakan. Bila Anda kesulitan menemukannya, Anda bisa mencari gunting yang didesain bisa digunakan pada kedua tangan dengan nyaman.

10 Rekomendasi gunting terbaik

Setelah memahami poin-poin cara memilih gunting, kini saatnya kami merekomendasikan gunting terbaik untuk Anda. Pilihlah gunting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Sanrio Student Scissors Hello Kitty

10. Sanrio Student Scissors Hello Kitty

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.000

Tipe stick, aman dibawa dan tampilannya pun imut

Jika anak Anda membawa gunting mungkin Anda akan khawatir ujung gunting yang tajam melukai Anak Anda. Namun, dengan gunting ini Anda tak perlu khawatir lagi karena produk ini sudah dilengkapi dengan penutup. Bentuknya pun menyerupai pulpen sehingga mudah dibawa anak Anda ke sekolah atau tempat les.

Tidak hanya itu, motif karakter Hello Kitty dengan dua variasi warna merah dan pink membuatnya terlihat semakin imut dan enak dipandang mata. Bila Anda mencari gunting untuk anak-anak yang tidak hanya berdesain cute, tetapi juga aman dibawa, produk ini layak dipertimbangkan.

9. Gunting Lipat Mini Stainless Steel

9. Gunting Lipat Mini Stainless Steel

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500

Ukuran sangat compact, harga sangat bersahabat

Memiliki ukuran kecil, gunting yang satu ini tidak membutuhkan banyak tempat saat hendak Anda bawa. Apalagi, Anda bisa melipat gunting ini menjadi ukuran yang lebih compact sehingga menjadi semakin mudah untuk Anda bawa. Mata pisau lurusnya pun cukup tajam Anda gunakan untuk menjahit atau membuat kerajinan tangan.

Dibuat menggunakan bahan stainless steel, membuat produk ini cukup kuat dan dapat Anda gunakan untuk jangka panjang. Bila Anda membutuhkan gunting berkualitas dengan ukuran sangat kecil, tetapi tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak dana, produk ini adalah salah satu pilihannya.

8. Joyko Scissors SC-848

8. Joyko Scissors SC-848

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.400

Semakin cepat menggunting dengan mata pisau 21 cm

Bila Anda tidak ingin membuang banyak waktu saat menggunting, produk ini tentu layak dijadikan pilihan. Memiliki mata pisau tipe lurus dengan ukuran panjang mencapai 21 cm, area yang bisa Anda gunting tentu menjadi semakin besar sehingga Anda pun akan semakin cepat menyelesaikan pekerjaan Anda.

Dibuat menggunakan bahan metal pilihan, mata pisaunya pun menjadi semakin kuat dan tajam serta cocok Anda gunakan untuk berbagai kegiatan baik di kantor maupun sekolah. Apalagi, mata pisaunya juga sudah dilapisi dengan bahan stainless sehingga menjadi tahan karat dan awet untuk Anda gunakan dalam waktu cukup lama.

7. Kenmaster Gunting Kain

7. Kenmaster Gunting Kain

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 12.500

Nyaman digunakan berjam-jam dengan gagang karet plus lubang besar

Bila Anda mencari gunting yang tidak mudah membuat tangan Anda lelah saat digunakan seharian, produk ini wajib Anda masukkan dalam daftar belanja Anda. Gunting dari Kenmaster ini didesain dengan lubang yang besar di bagian gagangnya sehingga Anda bisa dengan mudah memasukkan dua jari ke bagian tersebut.

Apalagi, gagangnya juga dilapisi dengan bahan karet sehingga terasa semakin empuk di tangan dan sangat cocok digunakan berjam-jam. Kenmaster merancang gunting ini untuk keperluan menggunting kain. Kedua bilah pisaunya amat tajam dan tebal sehingga mampu memotong kain yang tebal sekalipun.

6. Ideal Gunting Anak Sekolah WF55

6. Ideal Gunting Anak Sekolah WF55

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 9.300

Lebih aman untuk anak-anak dengan ujung gunting berbentuk bulat

Walau tanpa penutup, gunting ini tetap tergolong aman saat disimpan atau dibawa karena memiliki ujung mata pisau membulat dan tumpul. Bila Anda tidak ingin anak Anda terluka karena tergores atau tertusuk ujung mata pisau yang lancip dan tajam, produk ini tentu patut untuk Anda pertimbangkan.

Anak-anak Anda pun akan sangat menyukai pilihan warnanya yang beragam, yaitu biru, hijau, pink, dan kuning. Gagangnya juga sudah dirancang secara khusus sehingga akan terasa lebih firm di tangan saat digunakan anak Anda. Selain itu, gunting ini terbuat dari stainless steel sehingga awet dan tahan lama.

5. Gunting Dapur 3-in-1

5. Gunting Dapur 3-in-1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 39.872

Semakin fungsional dengan penutup dan 2 fungsi tambahan

Alangkah maksimalnya fungsi gunting ini karena selain untuk menggunting, ada fungsi tambahan untuk membuka botol dan pemecah cangkang kepiting atau pun kacang-kacangan keras. Bila Anda butuh gunting multifungsi, produk ini adalah solusi tepat. Dilengkapi dengan penutup, gunting ini pun tetap bersih saat disimpan.

Selain itu, gagang gunting terbuat dari bahan yang antilicin dan memiliki desain ergonomis sehingga nyaman digenggam. Dengan dimensi 23 x 8,5 x 1 cm gunting ini dipastikan mudah disimpan di ruang dapur Anda. Untuk menjaga ketajamannya, pastikan mata pisau gunting selalu bersih dari noda minyak dan sisa makanan sebelum disimpan.

4. Maped Kidi Cut

4. Maped Kidi Cut

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 10.000

Latih motorik balita Anda dengan gunting yang aman untuk anak

Bila Anda ingin merangsang perkembangan kemampuan motorik anak Anda yang baru berusia 2 tahun dengan cara belajar menggunting, produk ini adalah pilihan tepat. Memiliki tampilan yang imut dan gagang yang sangat nyaman dipegang, anak Anda akan dengan senang hati bermain menggunakan produk ini.

Tenang saja, produk ini juga sangat aman digunakan karena material mata pisaunya terbuat dari fiberglass sehingga rambut, pakaian, dan bahan lain tidak akan tergunting selain kertas. Bahkan, bahan tersebut juga aman dari hantaran listrik. Dengan ujung gunting berbentuk membulat, risiko jari si kecil tertusuk pun sangat minim.

3. IKEA Kvalificera

3. IKEA Kvalificera

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 10.999

Menggunting dengan tangan kiri selama berjam-jam? Pilih ini saja!

Memiliki gagang dengan lubang cukup besar, Anda tidak akan cepat pegal ketika menggunting menggunakan produk ini. Gunting keluaran IKEA ini juga sangat fleksibel untuk digunakan oleh orang kidal sekali pun. Bila Anda mencari gunting yang nyaman digunakan seharian oleh orang kidal, produk ini salah satu pilihan tepat.

Material gunting terbuat dari stainless steel dan gagangnya terbuat dari plastik polipropilena reinforced. Gunting berukuran 16 cm ini bisa digunakan untuk keperluan di rumah seperti memotong bungkus mie instan, memotong kertas, atau memotong kabel tipis. Selain bisa dicuci secara manual di wastafel, Anda juga bisa mencucinya di mesin pencuci piring.

2. Maped Sensoft 3D

2. Maped Sensoft 3D

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Gagang elastisnya beri Anda kenyamanan maksimum

Jika Anda mendambakan gunting yang gagangnya terasa sangat fleksibel dan empuk ketika dipakai, gunting ini adalah solusinya. Berbeda dari gunting di pasaran, gagang gunting terbuat dari karet yang lembut dan elastis bahkan bisa dibengkokkan. Tangan Anda tidak akan kapalan walau menggunakannya dalam waktu yang lama.

Tidak hanya itu, gagangnya juga memiliki grip yang sangat baik sehingga tidak terasa licin di tangan Anda. Kelebihan lainnya adalah desainnya sangat modern dengan pilihan warna yang beragam dan corak tiga dimensi. Dengan opsi ukuran 13 cm dan 16 cm, Anda bebas bisa memilih ukuran yang paling sesuai kebutuhan Anda.

1. Scotch Home and Office Scissors

1. Scotch Home and Office Scissors

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 34.000

Dijamin awet dengan garansi lima tahun

Bila Anda mencari gunting dengan daya tahan sangat mumpuni, produk ini adalah pilihan terbaik. Memiliki garansi selama 5 tahun, Scotch menjamin bahwa produk ini bisa tetap tajam dan berfungsi sebagaimana mestinya untuk Anda gunakan di kantor dan rumah selama jangka waktu cukup panjang tersebut, mantap!

Anda akan merasakan kekokohan gunting ini sejak pertama kali pakai karena material gunting terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tinggi, sedangkan gagangnya terbuat dari plastik yang nyaman di tangan. Produk ini juga semakin fungsional karena gagangnya dibuat fleksibel untuk penggunaan tangan kanan maupun kiri.

Cara menajamkan gunting

Sama seperti pisau, ketajaman gunting juga bisa menurun jika seringnya digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menajamkannya kembali. Berikut ini kami akan menjelaskan cara menajamkan gunting.

Bersihkan kotoran dengan cairan pembersih

Bersihkan kotoran dengan cairan pembersih

Gunting menjadi tumpul bisa jadi karena bahan lem yang lengket dari selotip menempel pada bilah pisau gunting. Jika demikian, bersihkan semua kotoran dan sisa lem yang melekat dengan cairan pembersih cat kuku atau pun alkohol. Ketajaman akan meningkat apabila kebersihan gunting selalu terjaga.

Asah bilah pisau jika sudah tumpul

Asah bilah pisau jika sudah tumpul

Seperti halnya pisau, gunting juga perlu diasah jika pisaunya sudah terasa tumpul. Anda dapat mengasahnya dengan batu asahan biasa untuk pisau dapur di rumah. Namun, perhatikan jangan mengasah bilah gunting dari kedua sisinya karena akan merusak sisi belakangnya sehingga asahlah gunting hanya di satu sisi saja.

Asahlah gunting berlawanan arah dengan batu asahan dan tajamkan dengan hati-hati. Beri tekanan saat menekan dan menarik pisaunya. Jangan lupa basahi batu asahan agar Anda mendapatkan ketajaman yang maksimal. Dengan cara ini, Anda bisa mengembalikan ketajaman gunting Anda.

Kesimpulan

Demikian penjelasan kami tentang cara memilih gunting. Setiap gunting memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, sebelum membelinya Anda perlu memperhatikan material mata pisau, gagang, serta tujuan Anda dalam menggunakan gunting.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan untuk siapa gunting tersebut dibeli, apakah untuk anak-anak, dewasa, atau yang bertangan kidal. Kami harap Anda dapat menemukan gunting yang Anda cari dari 10 gunting yang kami rekomendasikan.