• 10 Rekomendasi Gunting Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Gunting Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Gunting Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Gunting Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Gunting Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Gunting Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Gunting merupakan salah satu alat yang populer dan amat dibutuhkan. Ada bermacam-macam gunting di pasaran, seperti yang praktis untuk dibawa-bawa, tahan karat, berdesain unik, dan lain-lain. Oleh sebab itu, terkadang Anda bingung gunting seperti apa yang harus dipilih, bukan?

Jangan khawatir dulu karena kami akan menjelaskan cara memilih gunting yang bagus serta sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk gunting terbaik dari merek ternama seperti IKEA, Joyko, atau Maped. Gunting yang kami pilih tidak hanya nyaman digunakan oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Ghea Safferina Adany
  • Pembaharuan terakhir: 18 Mei 2020
  • 5.231 Views
Daftar isi

Cara memilih gunting

Memilih gunting yang salah bisa membuat pekerjaan Anda terhambat. Oleh karena itu, perhatikanlah cara memilih gunting berikut agar Anda mendapatkan gunting yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Pilih bentuk mata pisau sesuai penggunaan

Tergantung pada mata pisaunya, penggunaan gunting bisa saja berbeda satu sama lain. Perhatikanlah dengan baik supaya Anda memahami perbedaan fitur-fiturnya.

Mata pisau lengkung bernoulli, lengkungan moderat untuk ketajaman medium

Mata pisau lengkung bernoulli, lengkungan moderat untuk ketajaman medium
Saat menggunakan gunting, pernahkah Anda merasa ujung pisaunya kurang tajam, sedangkan pangkalnya tajam? Saat menggunakan gunting biasa, semakin kedua bilah pisau menutup dan sudutnya menyempit, daya tuasnya pun akan semakin menurun. Jadi, dapat dikatakan semakin mendekati ujung pisau, ketajamannya pun semakin berkurang.
Akan tetapi, gunting dengan mata pisau lengkung bernoulli memiliki lengkungan yang pas sehingga tidak akan mengubah sudut mulai dari bawah bilah pisau hingga ke ujungnya. Anda mungkin tidak akan sadar saat pertama kali melihat, tetapi lengkungan tersebut menjadikan mata pisaunya memiliki ketajaman yang tidak dimiliki gunting generasi sebelumnya.

Mata pisau lengkung hybrid, dengan bilah pisau lebar dan mampu memotong kardus atau karton

Mata pisau lengkung hybrid, dengan bilah pisau lebar dan mampu memotong kardus atau karton
Gunting dengan mata pisau lengkung hybrid memiliki lengkungan yang sudutnya lebih kecil dibanding mata pisau lengkung bernoulli. Meski begitu, dalam kondisi tertutup sekalipun sudutnya tidaklah mengecil sehingga mampu memotong dengan mudah bahkan saat Anda menggunakan ujungnya saja. Gunting dengan mata pisau lengkung hybrid memiliki ketajaman merata mulai dari pangkal hingga ke ujung sehingga Anda bisa terus menggunting menggunakan bagian mana pun.
Kemudian, dengan lebar melebihi mata pisau bernoulli, material tebal seperti kardus atau pun karton dapat digunting dengan mudah.

Mata pisau pruner, ketajaman mumpuni untuk hasil guntingan memukau

Mata pisau pruner, ketajaman mumpuni untuk hasil guntingan memukau
Gunting ini memiliki dua bilah pisau dengan panjang berbeda sehingga mampu memotong dengan kuat seperti gunting yang digunakan untuk berkebun. Ciri khas mata pisau tipe ini adalah adanya salah satu bilah mata pisau yang melengkung sehingga mampu meningkatkan ketajaman hasil kombinasi jepitan mata pisau lurus dan melengkung. Selain itu, bentuk mata pisau seperti itu juga memudahkan Anda untuk merasakan tingkat ketajamannya.
Bentuk melengkung tersebut juga menimbulkan perpindahan titik tumpu saat digunakan. Meski tidak berbentuk seperti mata pisau bernoulli, ketajaman gunting dengan mata pisau ini tetap merata dari ujung hingga ke pangkal.

Mata pisau lurus, cocok untuk kerajinan tangan atau menjahit

Mata pisau lurus, cocok untuk kerajinan tangan atau menjahit
Ujung pisau yang lurus pada gunting bermata pisau lurus sangat berguna saat hendak menggunting benda-benda kecil. Gunting ini sangat cocok digunakan saat membuat kerajinan tangan atau menjahit. Jika Anda ingin membeli gunting ini, kami merekomendasikan untuk membeli gunting yang ada penutupnya agar lebih aman saat disimpan.

Pilih gagang gunting yang nyaman di tangan

Gagang gunting menjadi faktor penting yang menentukan kenyamanan menggunakan gunting. Pilihlah yang nyaman digunakan walau digunakan dalam waktu lama. Untuk mendapatkan gunting yang nyaman digunakan, perhatikan bentuk dan bahan pada gagang gunting.

Gagang yang lebar dan besar mengurangi rasa lelah saat menggunakan gunting

Gagang yang lebar dan besar mengurangi rasa lelah saat menggunakan gunting
Saat memotong bahan yang besar dan tebal, pilihlah gunting yang memiliki gagang lebar agar terasa lebih firm di tangan. Apabila Anda menggunakan gunting dengan gagang kecil yang hanya dapat memasukkan satu jari Anda, tentu akan membuat Anda lelah. Akan tetapi, jika gagang gunting bisa dimasukkan dua jari, tentu akan terasa lebih stabil dan rasa lelah dapat berkurang.

Tidak cepat pegal bila material gagangnya empuk

Tidak cepat pegal bila material gagangnya empuk
Hal lain yang harus Anda perhatikan saat memilih gunting adalah bahan gagangnya. Material gagang yang empuk seperti resin mudah digerakkan bahkan dengan sedikit tenaga sehingga tidak membuat tangan Anda cepat lelah meski digunakan berjam-jam. Umumnya bagian luar gagang gunting keras dan padat, tetapi bagian dalam cengkramannya terbuat dari bahan yang empuk.

Perhatikan aspek-aspek bermanfaat lainnya

Selain ketajaman bilah pisau dan kenyamanan dalam memegang gunting, perhatikan aspek-aspek bermanfaat lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Material pisau menentukan keawetan

Material pisau menentukan keawetan
Material pisau pada gunting diproses secara khusus dengan berbagai cara, tetapi kami merekomendasikan untuk memilih pisau yang tidak lengket. Saat menggunting selotip, sering kali bahan lem pada selotip menempel pada bilah pisau sehingga membuatnya jadi tumpul. Akan tetapi, beberapa produsen gunting telah mencegah hal ini dan telah merancang gunting antilengket.
Gunting dengan deskripsi tambahan, seperti antilengket, fluorine coat, atau spesifikasi sejenis lainnya sangat cocok digunakan untuk berbagai hal karena tidak mudah tumpul meski sering digunakan untuk menggunting benda lengket seperti selotip. Selain label antilengket, Anda juga bisa mengecek deskripsi tambahan terkait material mata pisau, seperti stainless steel, titanium coat, dan sebagainya yang mengindikasikan ketahanan terhadap karat. Bila Anda ingin menggunakan gunting untuk jangka panjang, hal-hal tersebut penting untuk Anda pastikan.

Produk berukuran compact lebih mudah dibawa

Produk berukuran compact lebih mudah dibawa
Terdapat beragam ukuran gunting, tetapi agar lebih mudah dibawa, pilihlah produk berukuran compact.
Baru-baru ini gunting jenis stick cukup populer. Gunting ini tidak memiliki lubang untuk memasukkan jemari Anda, tetapi apabila ditutup dengan penutupnya akan menjadi stick yang menyerupai pensil atau pulpen sehingga praktis dibawa ke mana pun. Selain itu, dengan mata pisau yang tidak terbuka, tentu Anda semakin aman membawanya.

Untuk digunakan anak-anak, pilihlah yang dilengkapi dengan fitur keamanan khusus

Untuk digunakan anak-anak, pilihlah yang dilengkapi dengan fitur keamanan khusus
Jika Anda mencari gunting untuk anak-anak, sebaiknya pilih gunting dengan label khusus untuk anak-anak. Gunting biasa memiliki mata pisau dengan tepian tajam untuk bisa memotong, tetapi gunting untuk anak-anak tidaklah demikian. Bahkan bila jari anak Anda tidak sengaja tergunting, jarinya tidak akan terluka sehingga gunting seperti ini tergolong aman digunakan.
Beberapa produk juga dilengkapi dengan penutup pada tepian tajamnya agar semakin aman digunakan. Karena itu, gunakanlah gunting khusus anak-anak bila Anda memang ingin memberikannya untuk anak Anda.

Untuk Anda yang kidal, pilihlah gunting khusus tangan kiri

Untuk Anda yang kidal, pilihlah gunting khusus tangan kiri
Gunting biasanya didesain untuk digunakan pada tangan kanan. Mata pisau serta gagangnya telah dirancang agar gunting nyaman digunakan di tangan kanan. Jadi, bila Anda menggunakannya dengan tangan kiri, Anda pasti akan kesulitan. Oleh sebab itu, jika Anda kidal, pilihlah gunting khusus yang didesain untuk tangan kiri agar mudah digunakan. Bila Anda kesulitan menemukannya, Anda bisa mencari gunting yang didesain bisa digunakan pada kedua tangan dengan nyaman.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi gunting terbaik

Setelah memahami poin-poin cara memilih gunting, kini saatnya kami merekomendasikan gunting terbaik untuk Anda. Pilihlah gunting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk gunting terbaik

Gambar produk
1
Scotch  Home and Office Scissors 1

Scotch

2
Maped  Gunting Sensoft 3D 1

Maped

3
IKEA Kvalificera 1

IKEA

4
Maped  Kidi Cut 1

Maped

5
Gunting Dapur 3-in-1 1

6
Ideal  Gunting Anak Sekolah  1

Ideal

7
Kenmaster  Gunting Kain 1

Kenmaster

8
Joyko  Scissors  1

Joyko

9
Gunting Lipat Mini Stainless Steel 1

10
Sanrio  Student Scissors Hello Kitty 1

Sanrio

Nama produk

Home and Office Scissors

Gunting Sensoft 3D

Kvalificera

Kidi Cut

Gunting Dapur 3-in-1

Gunting Anak Sekolah

Gunting Kain

Scissors

Gunting Lipat Mini Stainless Steel

Student Scissors Hello Kitty

KeunggulanDijamin awet dengan garansi...Gagang elastisnya beri Anda...Menggunting dengan tangan k...Latih motorik balita Anda d...Semakin fungsional dengan p...Lebih aman untuk anak-anak ...Nyaman digunakan berjam-jam...Semakin cepat menggunting d...Ukuran sangat compact, harg...Tipe stick, aman dibawa dan...
HargaRp 34.000,00Rp 30.000,00Rp 10.999,00Rp 10.000,00Rp 39.872,00Rp 9.300,00Rp 12.500,00Rp 8.400,00Rp 2.500,00Rp 15.000,00
Tautan produk

Cara menajamkan gunting

Sama seperti pisau, ketajaman gunting juga bisa menurun jika seringnya digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menajamkannya kembali. Berikut ini kami akan menjelaskan cara menajamkan gunting.

Bersihkan kotoran dengan cairan pembersih

Bersihkan kotoran dengan cairan pembersih
Gunting menjadi tumpul bisa jadi karena bahan lem yang lengket dari selotip menempel pada bilah pisau gunting. Jika demikian, bersihkan semua kotoran dan sisa lem yang melekat dengan cairan pembersih cat kuku atau pun alkohol. Ketajaman akan meningkat apabila kebersihan gunting selalu terjaga.

Asah bilah pisau jika sudah tumpul

Asah bilah pisau jika sudah tumpul
Seperti halnya pisau, gunting juga perlu diasah jika pisaunya sudah terasa tumpul. Anda dapat mengasahnya dengan batu asahan biasa untuk pisau dapur di rumah. Namun, perhatikan jangan mengasah bilah gunting dari kedua sisinya karena akan merusak sisi belakangnya sehingga asahlah gunting hanya di satu sisi saja.
Asahlah gunting berlawanan arah dengan batu asahan dan tajamkan dengan hati-hati. Beri tekanan saat menekan dan menarik pisaunya. Jangan lupa basahi batu asahan agar Anda mendapatkan ketajaman yang maksimal. Dengan cara ini, Anda bisa mengembalikan ketajaman gunting Anda.

Kesimpulan

Demikian penjelasan kami tentang cara memilih gunting. Setiap gunting memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, sebelum membelinya Anda perlu memperhatikan material mata pisau, gagang, serta tujuan Anda dalam menggunakan gunting.
Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan untuk siapa gunting tersebut dibeli, apakah untuk anak-anak, dewasa, atau yang bertangan kidal. Kami harap Anda dapat menemukan gunting yang Anda cari dari 10 gunting yang kami rekomendasikan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memilih cat tembok bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti pemilihan warna, lokasi ruangan yang hendak dicat, kualitas cat, hingga penyesuaian dengan warna furnitur. Untuk itu Anda harus benar-benar jeli dalam memilih cat tembok.Saat ini, ada banyak jenis cat yang bisa dipilih seperti Nippon Paint, Jotun, Dulux Catylax, dan lain-lain. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan memberikan rekomendasi cat tembok terbaik beserta keunggulannya. Sebelum itu, kami juga berbagi tips mengenai hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih cat tembok. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    148.187 Views
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, merupakan sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk orang yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan sebagainya. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    193.613 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, perhatian terhadap bantal tidur berkualitas semakin meningkat. Dengan menggunakan bantal yang tepat, Anda dapat mengatasi bahu yang kaku dan mengurangi ketegangan pada leher. Namun, bantal memiliki beragam ketebalan, kepadatan, dan ukuran yang dapat membingungkan Anda saat memilihnya.Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang penting dalam memilih bantal. Kemudian, kami akan merekomendasikan merek bantal populer, seperti KING KOIL, RESTKING, Bestway, PillowPeople, Willow Pillow, dan lain-lain untuk Anda. Semoga artikel kami dapat membantu Anda.
    Kebutuhan rumah tangga
    43.108 Views
  • 10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu alat dapur yang sering digunakan saat memasak adalah pisau dapur. Ada beberapa jenis pisau seperti pisau santoku, pisau daging, pisau sashimi, dan pisau petty. Beberapa merek terkenal yang menjual pisau dapur adalah Jamie Oliver, Scanpan, dan Victorinox. Bahannya pun beragam, mulai dari stainless steel, keramik, hingga pisau dari baja.Banyaknya variasi produk membuat Anda bingung dalam memilih pisau dapur. Oleh karena itu, kami akan membahas dengan detail tentang pisau dapur mulai dari jenisnya, bahan pembuatnya, hingga cara merawatnya. Selain itu, kami akan merekomendasikan juga produk pisau dapur terbaik untuk Anda. Ayo baca sampai habis!
    Kebutuhan rumah tangga
    22.304 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kompor adalah salah benda yang wajib ada di setiap rumah. Selain digunakan di dapur, ada juga kompor gas portabel yang dapat digunakan pada saat camping atau kegiatan outdoor lainnya. Saat ini sudah banyak produsen ternama seperti Rinnai, Kenmaster, Oxone dan sebagainya yang memproduksi berbagai jenis kompor gas portabel dengan berbagai varian, desain, dan harga yang beragam.Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih kompor gas portabel dan produk-produk terbaik yang direkomendasikan untuk berbagai kegiatan memasak Anda baik di dalam maupun di luar ruangan. Simak pembahasannya berikut ini!
    Kebutuhan rumah tangga
    32.360 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berada di ruangan yang harum tentunya bisa memperbaiki mood dan membuat Anda rileks. Ada banyak jenis pengharum ruangan dengan keunggulan yang berbeda, misalnya Glade, Stella, BayFresh, dan sebagainya sehingga bisa saja membuat Anda bingung saat hendak membelinya.Untuk itulah, kali ini kami akan memperkenalkan beberapa produk pengharum ruangan terbaik yang dapat dibeli melalui internet. Anda dapat memilih pengharum ruangan berdasarkan desain, efek, tipe, dan sebagainya sesuai selera serta kebutuhan Anda. Jadi, jangan sampai salah pilih ya!
    Kebutuhan rumah tangga
    37.217 Views
  • 10 Rekomendasi Slicer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Slicer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Slicer adalah salah satu peralatan dapur yang digunakan untuk memotong sayur-sayuran. Dengan alat ini, Anda bisa mengiris bawang, lobak, kentang, mentimun dan sebagainya. Anda juga bisa mengiris kol dengan berbagai variasi bentuk irisan dan potongan. Tentu saja yang bisa dipotong tidak terbatas hanya sayuran, buah dan beberapa jenis roti juga bisa dipotong menggunakan alat ini.Kali ini, kami akan menjelaskan hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika hendak memilih slicer serta memberikan rekomendasi slicer terbaik dari situs belanja online pilihan kami. Ulasan 10 pilihan produk slicer terbaik, mulai dari model manual hingga model elektrik akan kami sajikan di sini. Pilihlah slicer termudah untuk digunakan berdasarkan cara memilih yang akan kami jelaskan berikut ini.
    Kebutuhan rumah tangga
    1.910 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori