10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik Untuk Naik Motor (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik Untuk Naik Motor (Terbaru Tahun 2018)

Bagi Anda yang pergi bekerja atau sekolah menggunakan motor, sudah tentu jas hujan menjadi barang wajib yang harus disiapkan kala musim hujan. Banyak macam jas hujan yang dijual di pasaran, dengan model, warna, dan bahan yang berbeda-beda. Saat memilih mungkin Anda akan bingung harus mementingkan model, kenyamanan, sirkulasi udaranya, atau tingkat ketahanannya terhadap air hujan.

Kali ini, kami akan berbagi bagaimana caranya memilih jas hujan yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi jas hujan yang bisa Anda pertimbangkan sebagai referensi ketika ingin membeli. Hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika membeli dan apa saja rekomendasinya? Silakan simak artikel berikut ini.

Daftar isi

Cara memilih jas hujan untuk motor

Hal penting dalam memilih jas hujan untuk naik motor adalah kemampuan jas hujan untuk menangkal air hujan dan kenyamanan saat dipakai mengendarai motor. Selain kenyamanan, yang terpenting adalah Anda harus benar-benar memastikan keamanan apakah jas hujan itu aman ketika dipakai berkendara. Mari kita lihat penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pilihlah sesuai situasi dan kondisi, jas hujan setelan atau ponco?

Umumnya, model jas hujan ada dua jenis, yaitu model setelan atasan dan bawahan, juga ada model ponco yang bisa langsung dipakai dari kepala dan hampir menutupi seluruh tubuh. Sebaiknya Anda memilih model jas hujan seperti apa yang akan Anda pakai berdasarkan situasi dan kondisi yang terjadi.

Jas hujan setelan nyaman dipakai saat naik motor dalam waktu yang lama

Jas hujan setelan nyaman dipakai saat naik motor dalam waktu yang lama

Jas hujan model setelan terdiri dari jaket atasan dan celana bawahan. Karena terpisah atas dan bawah, jadi tidak mengganggu pergerakan. Sangat cocok dipakai saat berkendara motor. Agar aman dan nyaman saat berkendara motor dalam waktu yang lama dan di tengah hujan lebat, pilihlah jas hujan model setelan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa jas hujan model setelan bisa lebih lembap daripada model ponco. Maka dari itu, jika Anda ingin memilih model setelan, periksa dengan teliti tingkat ketahanan bahannya terhadap air, sirkulasi udara, dan kelembapannya. Ditambah lagi, karena Anda akan memakainya rangkap di atas pakaian Anda, pilihlah satu ukuran lebih besar dari ukuran pakaian Anda yang biasa.

Model ponco praktis dan bisa dipakai sambil menggendong ransel

Model ponco praktis dan bisa dipakai sambil menggendong ransel

Kelebihan dari model ponco yaitu cara pakainya yang praktis, hanya perlu memasukkannya dari kepala Anda. Ditambah lagi, karena bisa dipakai tanpa perlu melepas tas ransel Anda terlebih dahulu, sangat praktis dan menghemat waktu mengenakannya jika tiba-tiba turun hujan deras. Kelebihan jas hujan model ponco lainnya adalah sirkulasi udaranya pun lebih baik dibandingkan dengan model setelan.

Namun, kekurangannya adalah bagian lutut ke bawah bisa basah terkena cipratan air karena ponco tidak bisa menutupi sampai bagian kaki seluruhnya. Kekurangan ini bisa ditutupi dengan memakai sepatu boots atau memakai celana panjang antiair. Namun, karena model ini lemah terhadap hujan dan angin kencang yang bertiup dari bawah, sebaiknya jangan Anda kenakan ketika berkendara dalam waktu yang panjang. Anda bisa mengenakan jas hujan ponco saat Anda hanya perlu keluar rumah untuk urusan yang tidak memakan waktu lama, dan berkendara jarak dekat saja.

Pastikan tingkat water-resistant-nya lebih dari 2.000mm, water-repellent lebih baik

Pastikan tingkat water-resistant-nya lebih dari 2.000mm, water-repellent lebih baik

Poin terpenting dari jas hujan adalah tingkat ketahanannya terhadap air. Apabila bahan jas hujan tersebut tidak kedap air atau tingkat waterproof-nya lemah, maka air hujan akan mudah tembus dan membuat pakaian dan badan kita menjadi basah. Perhatikanlah baik-baik tingkat ketahanan bahan jas hujan tersebut terhadap air sebelum membelinya.

Perhatikan tingkat water-resistant atau ketahanan bahannya terhadap tekanan air. Angka aman untuk water-resistant adalah di atas 2.000mm jika berkendara motor dalam jangka pendek, dan di atas 10.000mm jika berkendara motor dalam waktu yang lama. Pertimbangkan berdasarkan lama waktu berkendara Anda. Lebih baik lagi apabila jas hujan berbahan water-repellent, atau yang bisa memantulkan air. Tentu saja, dengan memakai jas hujan yang mempunyai fungsi water-repellent akan menambah kenyamanan dan mengurangi kekhawatiran Anda terhadap rembesan air.

Kebanyakan jas hujan yang dijual berbahan dasar nilon atau poliester. Namun, Anda juga harus memilihnya berdasarkan penambahan fungsinya, apakah dibuat water-repellent atau tidak. Oleh karena itu, kami sarankan Anda memilih jas hujan dengan memperhatikan bahan, serta tingkat ketahanannya terhadap rembesan air.

Poin penting lainnya yaitu pengelolaan sirkulasi udara dan kelembapan

Poin penting lainnya yaitu pengelolaan sirkulasi udara dan kelembapan

Mengendarai motor di tengah hari hujan nan lembap sambil mengenakan jas hujan yang dirangkap dengan pakaian biasa, pasti membuat badan kita menjadi terasa gerah dan panas. Agar bisa merasa nyaman saat mengenakan jas hujan, maka Anda juga harus memperhatikan sifat bahan jas hujan itu dalam mengelola sirkulasi udara dan kelembapan.

Tingkat kemampuan bahan untuk bernapas atau sirkulasi udara dari jas hujan dapat dilihat dari seberapa banyak bahan tersebut bisa mengeluarkan uap air, dan mengurangi kelembapan dalam kurun waktu 24 jam dalam satuan gram. Sebaiknya jangan cari yang di bawah 5.000gr, tetapi carilah yang sekitar 10.000gr. Semakin besar angkanya, maka semakin nyaman dikenakan.

Tentu saja semakin tinggi jumlah uap air yang bisa dikeluarkan dan sirkulasi udaranya semakin baik, harga jas hujan tersebut juga semakin mahal. Bagi Anda yang setiap hari bepergian ke sekolah atau ke tempat kerja dengan mengendarai motor dalam waktu yang lama dan jarak yang jauh, akan lebih nyaman jika Anda memilih jas hujan yang memiliki kemampuan “bernapas” yang tinggi.

Pastikan desain yang Anda pilih aman untuk berkendara

Selain dari segi kenyamanan, yang paling penting untuk diperhatikan adalah segi keamanannya. Pastikan dan perhatikan lagi apakah desain jas hujan yang Anda pilih aman jika dipakai berkendara motor di kala hujan. Berikut beberapa saran dan rekomendasi desain jas hujan yang aman untuk berkendara.

Pilihlah jas hujan dengan tudung yang tidak mengganggu pandangan

Pilihlah jas hujan dengan tudung yang tidak mengganggu pandangan

Meski Anda pasti memakai helm ketika berkendara motor, ada kalanya Anda perlu mengenakan tudung jas hujan, agar dalam tudung tidak basah terkena air hujan karena dibiarkan terbuka begitu saja. Jika Anda memakai tudung, pakailah dengan benar dan kencangkan. Usahakan jangan sampai kendur dan malah mengganggu pandangan. Anda bisa memilih jas hujan dengan tudung bertali agar tudung lebih terikat kencang dan tidak mudah lepas.

Warna yang mencolok akan lebih mudah terlihat pengendara lain

Warna yang mencolok akan lebih mudah terlihat pengendara lain

Anda bebas memilih warna sesuai selera Anda, namun sebaiknya Anda memilih jas hujan dengan warna yang terang dan mencolok agar lebih aman. Warna yang terang dan mencolok akan lebih mudah dilihat oleh pengendara lain ataupun oleh pejalan kaki. Terutama saat berkendara di malam hari atau pun saat melalui jalan yang padat dengan kendaraan. Anda bisa memilih jas hujan dengan warna putih atau oranye, atau warna terang lainnya. Jika Anda lebih suka warna gelap, sebaiknya memilih jas hujan yang terpasang reflective tape scotchlite atau pemantul cahaya.

Pastikan panjang ujung lengan atasan dan ujung bawahan pas di badan

Pastikan panjang ujung lengan atasan dan ujung bawahan pas di badan

Ujung bawahan jas hujan yang berjumbai berisiko tersangkut di rantai atau mengganggu ketika akan memindahkan persneling motor jika Anda mengendarai motor manual. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah jas hujan yang ujung bawahannya pas dengan ukuran tubuh dan tidak terlalu berjumbai-jumbai.

Selain itu, ujung lengan atasan yang terlalu panjang juga bisa membuat kagok ketika Anda ingin menarik tuas rem. Untuk mencegah hal tersebut, disarankan Anda memilih jas hujan yang ujung lengannya memakai karet untuk jas hujan setelan. Sedangkan untuk model ponco, pilihlah yang ujung lengannya tidak terlalu panjang.

Pilihlah yang penyimpanannya praktis untuk dibawa pergi-pulang kerja atau sekolah

Pilihlah yang penyimpanannya praktis untuk dibawa pergi-pulang kerja atau sekolah

Bagi Anda yang setiap hari pergi-pulang kerja atau sekolah menggunakan motor, pilihlah jas hujan yang mudah disimpan, praktis, dan tidak memakan tempat. Selain itu, sebaiknya Anda juga memilih yang bisa dilipat dan muat dimasukkan ke dalam tas atau bagasi motor.

10 Rekomendasi jas hujan terbaik untuk naik motor

Setelah menyimak hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih jas hujan, kini saatnya kita melihat 10 rekomendasi jas hujan untuk naik motor terbaik dengan berbagai macam bahan, model, dan harga.

10. Elmondo Jas Hujan Setelan

10. Elmondo Jas Hujan Setelan

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 49.900

Tak perlu takut berkendara saat malam hari dengan adanya fitur scotchlite

Jas hujan model setelan ini terbuat dari bahan PVC halus dan tebal, cukup bisa menahan air hujan agar tidak rembes ke dalam. Desainnya yang simpel dan sporty membuat jas hujan ini mudah untuk dikenakan. Di bagian ujung pergelangan tangannya pun dipasangi karet sehingga terasa lebih pas di tangan, dan dapat mencegah air masuk.

Meskipun warnanya tidak terlalu terang, tapi jas hujan ini dilengkapi dengan reflective tape atau scotchlite di bagian punggung jaket sehingga bisa memantulkan cahaya dari kendaraan lain, agar bisa tetap terlihat di saat keadaan gelap. Untuk Anda yang  sering berkendara di malam hari, produk ini bisa menjadi pilihan.

9. Naturehike 3 in 1 Hiking Poncho NH17D003-M

9. Naturehike Jas Hujan Ponco Multifungsi

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 196.000

Multifungsi! Jas hujan bisa, matras bisa, tenda darurat juga bisa

Jika Anda mencari jas hujan yang bisa multifungsi, jas hujan produksi Naturehike ini bisa menjadi pilihan Anda. Walau harganya terbilang cukup mahal, namun hal tersebut sepadan dengan kualitas bahan yang digunakan. Terbuat dari bahan 20D nilon dengan berat hanya 200gr serta indeks ketahanan airnya adalah 4.000mm, Anda tidak perlu khawatir jas hujan Anda akan bocor.

Model ponconya praktis, serta ditambah dengan beberapa fungsi lain yaitu bisa menjadi matras dan tenda darurat, produk ini bisa menjadi pilihan untuk Anda para bikers yang juga senang touring sekaligus hiking. Bentuknya juga besar dan lebar sehingga Anda bisa leluasa menggendong ransel Anda agar terlindung dari basah. Selain itu, jas hujan ini juga ringan dan tipis sehingga tidak akan memakan banyak tempat di tas Anda.

8. Plevia POP JR 870

8. Plevia POP JR 870

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 70.000

Tetap bisa tampil feminin meski hari hujan

Produk ini didesain khusus bagi Anda para wanita yang sehari-harinya memakai rok untuk ke kampus maupun untuk bekerja. Dengan model bawahan berbentuk rok, saat hujan turun, Anda tidak perlu lagi kerepotan untuk mengganti rok Anda dengan jas hujan. Anda bisa segera memakainya langsung di atas rok biasa secara praktis dan cepat.

Terbuat dari bahan berkualitas tinggi serta dilengkapi dengan karet pada pergelangan tangannya, jas hujan ini bisa melindungi seluruh bagian tubuh Anda dengan baik. Terdiri dari lima pilihan warna cerah dengan motif polkadot, Anda tetap bisa tampil feminin meski hari sedang hujan.

7.  Nawa Auto Jas Hujan Unisex Motor Full Body

7.  Nawa Auto Jas Hujan Unisex Motor Full Body

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 89.910

Lain daripada yang lain, jas hujan sekaligus pelindung motor!

Lain dari yang lain, jas hujan model ponco yang satu ini didesain tidak hanya untuk menutupi tubuh pengendara motor saja, tetapi juga sekaligus badan motor. Untuk Anda yang hendak bepergian berdua, Anda juga tak perlu repot membawa dua buah jas hujan. Dengan ukurannya yang lebar, bagian belakang jas hujan ini bisa digunakan untuk menutupi penumpang.

Tidak hanya 100% waterproof,  produk ini juga tidak panas ketika dipakai sehingga Anda akan tetap nyaman mengenakannya meski berkendara dalam waktu yang lama. Produk ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin selalu tampil bersih dan rapi meski saat hari hujan sekalipun.

6. Plevia Ponco Lengan Kantong Pop 850

6. Plevia Ponco Lengan Kantong Pop 850

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 55.900

Tak perlu ribet karena hanya tinggal pakai

Produk yang ditawarkan Plevia memang banyak yang didesain menarik dengan warna yang bervariasi. Salah satunya jas hujan ponco berlengan dengan motif polkadot yang manis ini. Dengan bentuknya yang tinggal pakai, jas hujan ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang malas ribet dengan jas hujan model potongan. Bisa dipakai untuk pria dan wanita, bagi pria tersedia pilihan warna yang gelap seperti hitam dan biru dongker.

Di ujung lengannya terdapat karet sehingga lebih terasa pas di tangan. Terdapat pula tudung dan kancing di bagian dada dan di kedua sisi bagian pinggang. Selain itu, di bagian perut dipasangi magic pocket, berbahan plastik tahan air yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan ponsel dan barang-barang kecil lainnya tanpa takut kebasahan.

5. Plevia Jas Hujan Ponco Lengan Celana Nautilus 734

5. Plevia Jas Hujan Ponco Lengan Celana Nautilus 734

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: 60.000

Ponco dan celana dalam satu setelan

Di atas sudah diulas soal jas hujan ponco berlengan, kali ini versi lengkapnya. Jas hujan ponco berlengan dan dilengkapi dengan celana. Cocok bagi Anda yang menyukai jas hujan model setelan, tapi tidak ingin memakai atasan berbentuk jaket. Atasannya berbentuk ponco, dengan lengan berkaret, kancing di bagian dada dan samping.

Celana karetnya nyaman dipakai, panjangnya tidak terlalu berjumbai, dan bisa melar maksimal 50 cm. Tersedia berbagai pilihan warna sehingga cocok bagi pria maupun wanita. Harganya relatif murah, bahannya pun kuat dan ketahanan airnya baik.

4. Takachi Jas Hujan 2 Rangkap

4. Takachi Jas Hujan 2 Rangkap

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 129.900

Kuat menahan angin dan hujan, namun tak panas saat dipakai

Inilah jas hujan setelan yang nyaman dipakai dan tidak terlalu membuat gerah karena terpasang bahan furing di bagian dalam. Sedangkan lapisan luarnya berbahan taslan yang terbuat dari poliester sehingga bisa menahan angin dan air hujan tembus ke dalam. Setrip scotchlite-nya terpasang di bagian punggung, dada, dan lengan.

Desainnya sporty, tudung kepalanya bisa dimasukkan ke dalam kerah saat tidak dipakai. Di bagian dalam jaketnya terdapat saku, bisa menjadi pilihan tempat untuk menyimpan ponsel atau dompet Anda agar terlindung dari air hujan. Tersedia juga tas pembungkus sehingga lebih praktis dan rapi. Produk ini pas untuk Anda yang mencari produk berkualitas dengan harga terjangkau.

3. Respiro Rain Suit Dry Core

3. Respiro Rain Suit Dry Core

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 311.850

Ukuran bisa disesuaikan, nyaman dan antigerah

Bagian luar jas hujan Respiro ini terbuat dari bahan PVC dengan waterproof 7.000mm. Berwarna terang dengan desain yang simpel, jas hujan ini nyaman dipakai. Rahasia kenyamanannya yaitu di bagian dalam dilapisi dengan bahan jaring mesh sehingga tidak terasa gerah. Di bagian pinggangnya juga dilengkapi dengan tali penyesuai yang berbahan karet.

Bagian ujung lengannya bukan karet, melainkan kain perekat atau velcro sehingga ukuran lubang ujung lengan bisa diatur. Velcro juga dipasang di bagian saku depan agar saku tidak mudah terbuka. Setrip scotchlite terdapat di bagian punggung, dan tudung bisa bebas dilepas dan dipasang yang tersambung dengan penutup leher. Produk ini adalah pilihan pas untuk Anda yang mementingkan kenyamanan ketika dipakai.

2. Yamaha Rain Suit

2. Yamaha Rain Suit

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 325.000

Orisinal dari produsen motor dengan kualitas terbaik

Produsen motor ternama, Yamaha, selain motor-motor canggihnya, ternyata juga mengeluarkan produk jas hujan. Berbahan polyester 100% kualitas Jepang, dan tahan tekanan air hingga 15.000 mm. Desainnya simpel, namun tetap stylish. Tersedia warna biru, kuning, abu-abu, dan merah untuk jaket atasannya, sedangkan untuk bawahannya hanya satu warna, yaitu warna hitam.

Atasannya berbahan polyester dengan PU coating, sedangkan bawahannya polyester dengan PVC coating. Tingkat kemampuan “bernapas” jas hujan ini adalah 8.000 g, menjadikan sirkulasi udaranya baik dan tidak lembap. Dilengkapi Scotchlite dan logo Yamaha di bagian punggung, tudung bertali, ritsleting plus kancing, saku bagian dalam, dan bagian lengan yang dapat disesuaikan.

1. Axio Jas Hujan

1. Axio Jas Hujan

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 184.500

Bahan berkualitas, nyaman dipakai, harga terjangkau, apa lagi yang Anda cari?

Axio merupakan merek jas hujan yang termasuk banyak diminati konsumen dan laris di pasaran. Harganya yang tidak terlalu mahal, namun juga tidak terlalu murah dibarengi dengan spesifikasi yang cukup baik untuk jas hujan. Tersedia berbagai pilihan warna dan ukuran mulai dari L hingga XXX, dan bahan bagian luar terbuat dari taslan yang waterproof juga windproof.

Bahannya halus, tebal tapi ringan, dan bagian dalamnya dilapisi bahan furing. Tak ketinggalan pula setrip scotchlite di bagian punggung dan dada. Jahitan full seam seal-nya rapi, membuat air hujan semakin sulit untuk tembus. Dilengkapi juga dengan tudung yang bisa dimasukkan ke bagian leher, serta saku luar maupun dalam. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang menginginkan jas hujan dengan paket lengkap!

Kesimpulan

Demikianlah tips-tips cara memilih dan 10 rekomendasi jas hujan telah kami sajikan. Selain model dan desain yang beragam, jas hujan juga terbuat dari material yang berbeda-beda. Agar jas hujan tetap awet dan bisa terus nyaman dipakai, selain memilih produk yang benar-benar berkualitas, tentu saja Anda harus memperhatikan perawatannya.

Pilihlah yang sesuai dengan fungsi, selera, juga budget Anda, dan tentu saja jangan lupakan unsur keamanannya, ya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang bingung memilih jas hujan yang terbaik bagi Anda.