• 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik Untuk Naik Motor (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik Untuk Naik Motor (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik Untuk Naik Motor (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik Untuk Naik Motor (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik Untuk Naik Motor (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik Untuk Naik Motor (Terbaru Tahun 2021)

Bagi Anda yang pergi bekerja atau sekolah menggunakan motor, sudah tentu jas hujan menjadi barang yang wajib dimiliki. Produk ini dijual dengan model, warna, dan bahan yang berbeda-beda. Selain itu, ketahanan bahan terhadap tekanan air dan daya tembus kelembapan saat dipakai pun berbeda. Mungkin Anda bingung harus memilih produk seperti apa.

Kali ini, kami akan berbagi cara memilih jas hujan yang sesuai dengan kebutuhan. Setelahnya, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Beberapa merek di antaranya Axio, Plevia, dan Naturehike. Silakan simak penjelasan berikut ini.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Elisabeth Murni
  • Pembaharuan terakhir: 01 Maret 2021
Daftar isi

Cara memilih jas hujan untuk naik motor

Jas hujan penting untuk melindungi diri saat hujan dan meningkatkan kenyamanan berkendara. Selain kenyamanan, tentu keamanan saat dipakai pun perlu diperhatikan. Selengkapnya bisa Anda baca di bawah ini.

Pilih jas hujan setelan atau ponco sesuai kondisi

Model jas hujan ada dua jenis, yaitu model setelan atas bawah dan model ponco. Ponco dipakai melalui lubang pada bagian atas untuk menutupi hampir seluruh tubuh. Namun, beberapa tipe ponco memiliki lengan dan bukaan di bagian depan. Silakan sesuaikan model jas hujan yang akan dipakai dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Model setelan, tidak mengganggu pergerakan

Model setelan, tidak mengganggu pergerakan

Jas hujan model setelan terdiri dari jaket dan celana. Model ini cocok dipakai oleh pengendara motor sport karena tidak mengganggu pergerakan. Dalam kondisi hujan deras dan berkendara jarak jauh, pastikan Anda menggunakan jas hujan setelan karena lebih nyaman.


Akan tetapi, model setelan cenderung lebih cepat membuat panas atau pengap ketimbang model ponco. Maka dari itu, periksalah kemampuan bahan menyalurkan uap air yang diproduksi tubuh menuju ke luar sebelum membeli. Berhubung tipe ini akan dipakai rangkap di atas pakaian, pilihlah satu ukuran lebih besar dari ukuran pakaian Anda.

Model ponco, praktis dan bisa dikenakan sambil memakai ransel

Model ponco, praktis dan bisa dikenakan sambil memakai ransel

Kelebihan dari model ponco adalah dapat dipakai dan dilepas dengan mudah. Anda juga bisa langsung mengenakannya tanpa perlu melepas ransel ketika hujan mendadak turun. Sirkulasi udaranya pun lebih baik dibandingkan dengan model setelan.


Namun, kekurangannya adalah bagian lutut ke bawah mudah basah. Sebaiknya Anda memakai sepatu boots dan celana panjang saat menggunakan jas hujan ponco. Di samping itu, model ini kurang cocok digunakan pada kondisi hujan disertai angin kencang yang bertiup dari bawah. Itu sebabnya jas hujan ponco direkomendasikan untuk dipakai ketika berkendara jarak dekat saja.

Periksa tingkat water resistant dari jas hujan

Periksa tingkat water resistant dari jas hujan
Poin terpenting dari jas hujan adalah tingkat ketahanannya terhadap air. Sebagai panduan, pilihlah jas hujan dengan ketahanan 5.000 mm untuk hujan ringan dan minimal 10.000 mm untuk hujan deras. Sayangnya, tidak banyak produsen jas hujan di Indonesia yang menginformasikan mengenai tingkat ketahanan air ini.

Jas hujan yang tidak memiliki fitur tahan air akan mudah ditembus oleh air hujan. Jadi, cek baik-baik tingkat ketahanan jas hujan terhadap air sebelum membelinya, ya! Lebih baik lagi bila jas hujan Anda water-repellent atau bersifat menolak air. Tentunya jas hujan ini lebih disarankan karena tidak tembus air.


Kebanyakan jas hujan dibuat dari bahan dasar nilon atau poliester. Namun, ada tidaknya proses waterproofing saat pembuatan jas hujan lebih penting dibanding bahan dasarnya. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah jas hujan berdasarkan tingkat ketahanannya terhadap air dan ada tidaknya water repellent.

Pilih jas hujan dengan breathability tinggi untuk berkendara jarak jauh

Pilih jas hujan dengan breathability tinggi untuk berkendara jarak jauh

Mengendarai motor di hari hujan nan lembap sambil mengenakan jas hujan, tentu membuat bagian dalam lembap dan panas. Untuk kenyamanan, Anda perlu memperhatikan kemampuan bahan menyalurkan uap air yang dihasilkan tubuh ke luar jas hujan. Kemampuan ini secara singkat disebut kemampuan breathability bahan.


Kemampuan breathability dapat dilihat dari angka yang tertera. Angka ini menunjukkan seberapa banyak bahan tersebut melewatkan uap air dalam kurun waktu 24 jam. Sebaiknya hindari angka di bawah 5.000 gr karena tidak terlalu nyaman dipakai. Lebih baik pilih bahan di kisaran 10.000 gr agar nyaman dikenakan. Makin tinggi angkanya, akan makin baik. Namun, sayangnya mayoritas produsen jas hujan tidak menyebutkan informasi mengenai kemampuan breathability jas hujan yang mereka produksi.


Tentu saja makin tinggi kemampuan bernafas bahan, makin mahal pula harganya. Namun, produk ini layak dipertimbangkan jika tiap hari Anda mengendarai motor jarak jauh ke sekolah atau ke tempat kerja. Tentu akan lebih nyaman bila Anda memilih jas hujan dengan kemampuan breathability yang tinggi.

Pilih jas hujan dengan desain yang aman untuk berkendara

Agar aman mengendarai motor di saat hujan, Anda perlu memperhatikan desain jas hujan yang akan Anda beli. Berikut panduan memilih desain jas hujan yang aman untuk berkendara.

Tudung transparan akan membuat pandangan tetap jelas

Tudung transparan akan membuat pandangan tetap jelas

Bila Anda berkendara dalam waktu lama, Anda mungkin ingin memakai tudung jas hujan agar rambut tidak basah. Akan tetapi, memakai tudung bisa jadi membahayakan bila tidak tepat. Kondisi hujan nyatanya sudah menyulitkan pengendara untuk melihat dengan jelas. Kondisi ini diperparah dengan pemakaian tudung yang mempersempit jangkauan penglihatan. Jika Anda ingin tetap memakai tudung, pilihlah tudung transparan agar tidak mengganggu pandangan.


Alangkah baiknya jika tudung dilengkapi tali agar dapat dikencangkan sesuai ukuran kepala. Dengan demikian pandangan Anda tidak akan terganggu ketika melihat ke arah kiri, kanan, atau belakang. Intinya, Anda perlu sangat berhati-hati mengendarai motor di saat hujan karena risiko terjadinya kecelakaan lebih tinggi.

Warna mencolok lebih mudah terlihat oleh pengendara lain

Warna mencolok lebih mudah terlihat oleh pengendara lain

Anda bebas memilih warna sesuai selera, tetapi jas hujan dengan warna terang lebih direkomendasikan. Warna yang terang dan mencolok lebih mudah dilihat oleh pengendara lain maupun pejalan kaki. Dengan demikian, pemilihan warna terang akan meningkatkan keamanan Anda.


Terutama saat berkendara di malam hari atau melewati jalan yang padat kendaraan. Sebaiknya Anda memilih jas hujan berwarna putih, oranye, atau warna terang lainnya. Jika Anda tetap menginginkan warna gelap, pilihlah jas hujan yang memiliki reflective tape atau pemantul cahaya.

Pastikan panjang lengan dan bawahan pas di badan

Pastikan panjang lengan dan bawahan pas di badan

Rata-rata jas hujan dibuat longgar sehingga bagian celana yang menjuntai berisiko tersangkut di rantai motor. Untuk menghindari kecelakaan, kami merekomendasikan jas hujan dengan ujung bawah berkaret agar tidak menjuntai.


Selain itu, ujung lengan atasan yang terlalu panjang juga bisa membahayakan ketika ingin menarik tuas rem. Pegangan Anda mungkin jadi tergelincir atau bahkan tersangkut. Pilihlah tipe setelan dengan ujung lengan berkaret agar lengan jas tidak melebihi batas pergelangan tangan. Begitu juga dengan tipe ponco, hindari ujung lengan yang terlalu panjang.

Pilih produk yang compact dan memiliki wadah agar nyaman dibawa

Pilih produk yang compact dan memiliki wadah agar nyaman dibawa

Bila Anda setiap hari membawa jas hujan, pastikan produk pilihan Anda bisa disimpan dengan ringkas. Bila terdapat tempat penyimpanan yang compact, Anda akan lebih mudah membawanya. Sebuah tas yang praktis akan sangat pas untuk menyimpan jas hujan Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi jas hujan terbaik untuk naik motor

Kami telah menjelaskan hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih jas hujan. Kini saatnya Anda melihat 10 rekomendasi jas hujan untuk naik motor terbaik dari kami.

10
Water repellentYa, bahan PVC
Keunggulan tambahanTerdapat reflective tape
ModelSetelan
9

Naturehike3 in 1 Hiking Poncho

NH17D002-M

Mulai dari Rp 170.000,00

Water repellentYa, bahan 210T polyester
Keunggulan tambahanBida dijadikan matras dan tenda darurat
ModelPonco
8
Water repellentYa, bahan PVC semi karet
Keunggulan tambahanTerdapat reflective tape
ModelSetelan
7

Nawa AutoJas Hujan Unisex Motor Full Body

Mulai dari Rp 99.900,00

Water repellentYa
Keunggulan tambahanMelindungi motor dan badan
ModelPonco
6
Water repellentYa, bahan PVC
Keunggulan tambahanTerdapat reflective tape
ModelPonco
5
Water repellentYa, bahan PVC
Keunggulan tambahanTerdapat reflective tape
ModelSetelan ponco
4
Water repellentYa, bahan taslan
Keunggulan tambahanTerdapat tas penyimpanan dan reflective tape
ModelSetelan
3
Water repellentYa, bahan PVC
Keunggulan tambahanTerdapat reflective tape dan bahan bagian dalam mesh
ModelSetelan
2
Water repellentYa, PU dan PVC coating
Keunggulan tambahanTerdapat reflective tape dan tas penyimpanan
ModelSetelan
1
Water repellentYa, bahan taslan
Keunggulan tambahanJahitan full seam seal, terdapat tas penyimpanan dan reflective tape
ModelSetelan

Tabel perbandingan produk jas hujan terbaik untuk naik motor

Gambar produk
1
Axio 882 1

Axio

2
Yamaha Rain Suit 1

Yamaha

3
Respiro The Challenger R2.0 1

Respiro

4
Takachi Set Jas Hujan 1

Takachi

5
Plevia NAUTILUS 734 1

Plevia

6
Plevia POP PL 850 1

Plevia

7
Nawa Auto Jas Hujan Unisex Motor Full Body 1

Nawa Auto

8
Plevia POP JR 870 1

Plevia

9
Naturehike 3 in 1 Hiking Poncho  1

Naturehike

10
Elmondo JC - New Basic 1

Elmondo

Nama produk

882

Rain Suit

The Challenger R2.0

Set Jas Hujan

NAUTILUS 734

POP PL 850

Jas Hujan Unisex Motor Full Body

POP JR 870

3 in 1 Hiking Poncho

JC - New Basic

Keunggulan

Paket lengkap, harga pun terjangkau, lho!

Orisinal dari produsen motor dengan kualitas terbaik

Kini Anda bisa menembus hujan deras dengan leluasa

Kuat menahan gempuran angin dan hujan

Kombinasi mantap ponco dan celana, seluruh badan terlindungi

Ekonomis untuk melindungi Anda beserta penumpang motor Anda sekaligus

Bisa dijadikan jas hujan sekaligus pelindung motor, lho!

Tetap tampil feminin meski hari hujan

Multifungsi, jadi makin nyaman dibawa bepergian

Tipe setelan yang harganya sangat terjangkau, dompet pun ikut senang

Harga mulai dariRp 163.000,00Rp 325.000,00Rp 245.000,00Rp 225.000,00Rp 59.500,00Rp 44.900,00Rp 99.900,00Rp 60.000,00Rp 170.000,00Rp 45.908,00
Water repellentYa, bahan taslanYa, PU dan PVC coatingYa, bahan PVCYa, bahan taslanYa, bahan PVCYa, bahan PVCYaYa, bahan PVC semi karetYa, bahan 210T polyesterYa, bahan PVC
Keunggulan tambahanJahitan full seam seal, terdapat tas penyimpanan dan reflective tapeTerdapat reflective tape dan tas penyimpananTerdapat reflective tape dan bahan bagian dalam meshTerdapat tas penyimpanan dan reflective tapeTerdapat reflective tapeTerdapat reflective tapeMelindungi motor dan badanTerdapat reflective tapeBida dijadikan matras dan tenda daruratTerdapat reflective tape
ModelSetelanSetelanSetelanSetelanSetelan poncoPoncoPoncoSetelanPoncoSetelan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk untuk kondisi hujan lainnya di sini

Kami telah menjelaskan cara memilih jas hujan untuk naik motor serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik. Selain jas hujan untuk naik motor, ada juga beberapa produk yang mungkin Anda butuhkan di kala hujan. Silakan simak artikelnya melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan cara memilih jas hujan dan memberikan rekomendasi produk yang dapat Anda pertimbangkan. Sudahkah Anda menemukan jas hujan yang Anda cari untuk menemani saat berkendara motor kala hujan?


Pilihlah jas hujan yang sesuai dengan selera, kebutuhan, dan budget Anda. Tentu saja Anda harus tetap memperhatikan unsur keamanannya, ya! Sekian artikel kami kali ini dan selamat memilih jas hujan terbaik.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat memilih helm, sesuaikanlah jenis helm dengan jenis motor yang dikendarai. Hal ini karena banyak varian helm terbaru yang didesain berdasarkan jenis motornya. Ada helm untuk pengguna motor matic, motor sport, motor gede, motor cross, hingga motor trail. Kali ini, kami mengulas mengenai poin-poin yang harus Anda ketahui sebelum membeli helm motor. Kami juga memberikan sederet rekomendasi merk helm yang bagus, seperti KYT, INK, dan lainnya. Harga helm motor ini bervariasi, tergantung kualitas dari helm itu sendiri. Pahamilah setiap poinnya agar Anda dapat menemukan helm motor yang pas dengan kebutuhan.
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat Anda bepergian menggunakan sepeda motor, helm menjadi perlengkapan wajib yang harus dikenakan. Selain dapat melindungi kepala dari benturan, helm juga berfungsi untuk melindungi mata dari debu dan kotoran. Untuk itu, helm yang sesuai dengan standar keselamatan haruslah dilengkapi dengan kaca atau visor. Salah satu jenis helm yang cukup digemari banyak pengguna sepeda motor adalah jenis full face. Merek seperti KYT, INK, dan MDS adalah beberapa contoh yang sering dijumpai di pasaran. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih helm full face terbaik. Simak sampai tuntas, ya!
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi Velg Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Velg Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi pencinta motor, Anda pasti paham kalau pemilihan velg tidak bisa sembarangan. Di samping untuk estetika, velg motor yang tepat mampu memberikan performa serta keamanan ekstra untuk Anda. Kebutuhan velg masing-masing motor, seperti motor matic, bebek, dan racing juga berbeda.Di pasaran, ada begitu banyak pilihan velg tergantung jenis, ukuran, dan materialnya. Anda akan mendapati velg ring 14 dan 17 di artikel ini. Sebelumnya, kami akan berbagi tips memilih velg motor yang tepat untuk Anda. Simak juga rekomendasi beragam merk velg motor yang bagus, misalnya TDR dan Equinox. Selamat membaca!
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Helm retro kerap disebut sebagai helm bogo atau helm klasik. Selain melindungi kepala, helm retro mampu menunjang penampilan Anda saat berkendara. Modelnya yang relatif lebih bulat memberi tampilan jadul yang justru kembali digemari sekarang, termasuk di Indonesia.Beragam produk helm retro bisa Anda temukan di pasaran, seperti merek Bell, Cargloss, Zeus, dan lainnya. Merek-merek tersebut menawarkan helm retro dengan beragam tipe, mulai dari shorty, open face, hingga full face. Supaya Anda tidak bingung saat membeli, kami telah menyiapkan tips memilihnya. Simaklah dengan saksama agar Anda mendapatkan tampilan klasik yang timeless!
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Helm wajib dikenakan setiap pengguna sepeda motor. Kini, helm bukan hanya untuk melindungi kepala saja, melainkan juga untuk menunjang penampilan saat berkendara. Salah satu jenis helm yang paling diminati adalah helm half face. Di pasaran sendiri, terdapat banyak merk helm half face yang bagus dan menawarkan kualitas terbaik. Harga helm half face pun bervariasi tergantung merek dan jenis materialnya. Kali ini, kami akan menjelaskan tips memilih helm half face terbaik untuk Anda. Temukan juga rekomendasi helm half face merk NHK, INK, Zeus, Cargloss, Nolan, dan lainnya dalam artikel ini. 
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi Helm KYT Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Helm KYT Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Helm merupakan perlengkapan yang wajib digunakan oleh setiap pengguna sepeda motor. Fungsi utama penggunaan helm adalah untuk melindungi keselamatan pengendara bermotor. Berbagai merek helm pun dapat Anda temukan dengan mudah di pasaran, salah satunya adalah KYT. Melalui artikel ini, kami akan membahas cara memilih helm KYT yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan helm KYT terbaik yang dapat Anda pilih. Mulai dari helm KYT DJ Maru, TT Course, R10, dan model lainnya. Simak artikel ini sampai tuntas agar Anda dapat menentukan helm KYT yang akan dipilih.
    Aksesori motor
  • 6 Rekomendasi Helm NHK Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    6 Rekomendasi Helm NHK Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Helm tidak lagi menjadi perlengkapan untuk keamanan berkendara saja. Produknya sering dimanfaatkan untuk bergaya. Jika Anda mencari helm yang aman dan stylish, helm NHK full face bisa dipercaya. Produknya tidak hanya dibekali fitur keamanan, tetapi tampilannya juga kekinian.Merek ini menawarkan sederet helm full face terbaik untuk Anda, seperti RX 9 dan GP 1000. Karena itu, kami akan memandu Anda untuk menemukan produk yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan dan mengulas produknya untuk Anda, dari yang populer sampai terbaru. Mau yang warna hitam doff atau putih? Semuanya ada. Yuk, disimak!
    Aksesori motor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori