10 Rekomendasi Rak Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Rak Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Rak tidak hanya bisa digunakan sebagai tempat menata barang-barang, tapi juga bisa menjadi partisi ruang. Jenis rak yang paling populer adalah rak kayu karena memiliki kesan yang hangat dan bisa dipadukan dengan semua interior ruangan. Rak kayu sendiri terbagi menjadi bermacam-macam jenis, ada yang minimalis simple dan compact, rak yang bisa dijadikan partisi ruangan, rak besar yang bisa digabungkan, atau rak dengan desain yang unik. serabguna ikea

Saat melihat beragam desain rak, bisa jadi Anda akan pusing dan bingung untuk memilihnya. Melalui artikel ini, kami akan merekomendasikan berbagai jenis rak kayu yang bisa Anda beli secara online. Ikea, The Olive House, Kirana, dan sebagainya akan kamu ulas di sini. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan tips cara memilih rak yang tepat untuk hunian Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih rak kayu

Rak kayu sebaiknya mampu menjadi tempat penyimpanan barang-barang sekaligus menjadi pemanis interior rumah Anda. Meski mudah dijumpai di toko furnitur, Anda sebaiknya tidak buru-buru dalam memutuskan. Supaya memperoleh rak yang multiguna, berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya.

Pilihlah rak yang ukurannya sesuai dengan barang yang hendak disimpan

Pilihlah rak yang ukurannya sesuai dengan barang yang hendak disimpan

Ketika Anda memutuskan untuk membeli sebuah rak, hal pertama yang harus diperhatikan adalah  barang-barang apa saja yang akan Anda tempatkan di rak tersebut.

Memilih rak kayu sebagai tempat penyimpanan barang akan mempermudah Anda mencari barang-barang yang dimiliki. Rak ini memiliki fungsi yang berbeda dengan rak buku pada umumnya. Pemilihan rak dan penyusunan barang yang tidak tepat akan menyulitkan Anda menemukan barang yang diperlukan. Seringnya Anda menjadi lupa letak barang-barang tersebut. Jika barangnya banyak, sebaiknya gunakan rak yang cukup besar. Memilih ukuran rak yang sesuai dengan barang yang hendak disimpan akan membantu Anda memaksimalkan fungsi rak tersebut.

Pilihlah rak yang tingginya sesuai dengan tujuan pemakaian

Pilihlah rak yang tingginya sesuai dengan tujuan pemakaian

Rak kayu memiliki tinggi yang berbeda-beda. Pilihlah rak kayu sesuai dengan tujuan pemakaian. Jika Anda membutuhkan rak penyimpanan yang akan ditempatkan di dinding rumah, kami rekomendasikan untuk membeli rak yang tinggi. Rak ini akan berfungsi maksimal karena banyak barang yang bisa Anda tempatkan dan tentu saja aman karena raknya menempel di dinding rumah Anda.

Rak yang pendek bisa juga menjadi alternatif pilihan. Rak pendek biasanya difungsikan sebagai partisi ruangan. Anda juga bisa menggunakan tirai sebagai partisi ruangan, akan tetapi menggunakan rak jauh lebih mudah. Meski ukurannya pendek, keberadaan sebuah rak di tengah ruangan secara psikologis menjadi pemisah tempat yang satu dan lainnya.  Selain digunakan sebagai partisi ruang, tentu saja rak juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang. Karena itu, pilihlah tinggi rak berdasarkan kebutuhan pemakaian Anda.

Pilihlah rak yang mudah disambung dan digabungkan dengan rak lainnya

Pilihlah rak yang mudah disambung dan digabungkan dengan rak lainnya

Menggunakan beberapa rak yang menyebar di dinding tak hanya bisa menyimpan banyak benda, tapi juga bisa memperindah ruangan. Jika ingin menggabungkan beberapa rak, pilihlah desain yang serasi dan rapi sehingga tidak saling mengganggu. Ada rak yang memang dibuat dengan fitur penggabungan sejak awal. Jadi saat Anda memilih rak jenis ini, rak akan mudah disambungkan dengan rak lainnya.

Supaya terlihat lebih indah, Anda bisa mengecat tiap rak dengan warna berbeda. Anda juga bisa mengatur posisi rak dari yang tinggi hingga yang rendah. Sebagai informasi, ada beberapa desain rak yang bisa digabung bagian atasnya, tidak hanya di bagian samping. Berdasarkan hal ini, pilihlah rak yang paling sesuai dengan ruangan Anda.

Pilihlah rak yang mudah untuk dirakit

Pilihlah rak yang mudah untuk dirakit

Biasanya, rak yang dibeli berupa bagian-bagian terpisah sehingga Anda harus merakitnya sendiri. Hal ini dikarenakan rak kayu yang sudah dirakit berukuran besar sehingga menyulitkan proses pengirimannya. Tidak semua rak mudah untuk dirakit, oleh karena itu pilihlah rak yang menurut Anda paling mudah dan tidak rumit proses perakitannya.

Saat membeli rak, di dalamnya sudah terdapat sekrup dan paku, Anda tinggal menyediakan obeng atau palu. Merakit sebuah rak memang akan memakan waktu, tapi tak usah risau. Selama Anda melakukannya dengan benar dan mengikuti petunjuk yang ada di buku manual, rak akan terakit dengan sempurna.

Yang biasanya menjadi masalah saat merakit rak adalah sulit untuk mengencangkan sekrup jika raknya besar dan berat. Beberapa rak dapat terpasang mudah hanya menggunakan obeng, tetapi tidak semua dapat dirakit sendirian terutama jika Anda seorang perempuan. Karena itu, pastikan Anda mengecek terlebih dahulu berat rak kayu yang akan dibeli sehingga Anda bisa memutuskan apakah akan mengerjakannya sendiri atau meminta bantuan orang lain.

10 Rekomendasi rak kayu terbaik

Setelah membaca tips tentang bagaimana cara memilih rak kayu, kini kami akan memberikan rekomendasi rak kayu terbaik yang bisa diletakkan di rumah Anda. Berikut 10 rekomendasi rak kayu terbaik yang bisa Anda beli secara online!

10. Rak Kayu Lipat

10. Rak Kayu Lipat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 325.000

Lebih praktis dengan rak yang bisa dilipat dan multifungsi

Unik, itulah satu kata yang terlontar saat melihat rak kayu ini. Tidak seperti rak kayu pada umumnya yang berbentuk simetris dan kaku, rak satu ini bentuknya menyerupai tangga portabel yang bisa dilipat saat sedang tidak digunakan. Pada saat kepepet, rak kayu ini bisa difungsikan sebagai tangga juga lho! Untuk Anda yang mudah bosan dengan penataan rumah sehingga kerap mengubah posisi barang-barang, rak lipat ini cocok dimiliki sebab bisa ditenteng dengan mudah.

Terbuat dari kayu jati Belanda yang solid, rak dengan tinggi 110 cm dan lebar 50 cm ini kuat menahan beban. Jika Anda suka dengan konsep rumah hijau yang dipenuhi tanaman, rak ini bagus dijadikan tempat meletakkan pot bunga. Untuk mendapatkan rak kayu lipat susun 3 ini, Anda harus melakukan pre order dengan waktu pemrosesan 5 hari kerja.

9. Rak Display Diecast

9. Rak Display Diecast

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 300.000

Tempat terbaik untuk menyimpan koleksi diecast Anda

Tak hanya disukai anak-anak, diecast pun menjadi mainan yang disukai orang tua. Bahkan beberapa orang memang sengaja mengkoleksinya. Untuk itu, Anda memerlukan rak penyimpanan khusus supaya kondisi miniatur mobil-mobilan tersebut tetap terjaga dan tidak mudah rusak. Rak kayu berukuran 62 cm x 42 cm ini akan menjadi garasi sempurna bagi koleksi diecast Anda.

Berhubung diciptakan khusus untuk menyimpan diecast, rak ini tidak bisa untuk menyimpan benda lain. Terbuat dari kayu jati Belanda yang sudah dipernis, rak ini akan awet dan tahan lama. Untuk mencegah kotoran dan debu menempel pada mainan, rak ini dilengkapi dengan pintu akrilik yang bisa digeser. Rak juga sudah dilengkapi dengan gantungan di bagian kiri, kanan, serta belakang. Anda pun bisa menempelkannya di dinding dengan mudah.

8. Funika 33009 – Rak Sepatu 4 Tingkat

8. Funika 33009 NAT Rak Sepatu 4 Tingkat

Lihat produk ini di Tokopedia 

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 179.000

Ruangan terlihat lebih rapi dengan sepatu yang tertata rapi

Sepatu yang berserakan di lantai tentunya tidak sedap dipandang mata. Karena itu, Anda memerlukan rak yang mampu menyimpan koleksi sepatu Anda. Terdiri dari 4 tingkat, rak kayu produksi Funika ini mampu menyimpan 12 pasang sepatu dewasa. Desain simpel minimalis menjadikan rak kayu ini terlihat elegan saat diletakkan di salah satu sudut ruangan Anda.

Meski bobotnya ringan, rak ini sangat kuat karena terbuat dari solid wood yang padat, tidak mudah patah, serta kokoh. 16 baut pengunci yang ada di sisi kanan dan kiri menjadikan rak tidak mudah melengkung meski menahan beban yang berat. Tanpa polesan bahan kimia, rak kayu ini memiliki permukaan yang halus alami. Untuk Anda yang memiliki banyak sepatu, rak kayu ini layak dimiliki.

7. The Olive House Wooden Stairs Rack 4T / Ladder Rack 4T

7. The Olive House Wooden Stairs Rack 4T / Ladder Rack 4T

Lihat produk di Tokopedia

Lihat produk di Blibli

Harga : Rp 459.000

Rak berundak yang mampu menyimpan berbagai barang dengan beragam ukuran

Jika Anda bosan dengan desain rak yang berbentuk kotak, mungkin Anda perlu melirik rak yang satu ini. Terbuat dari kayu pinus, rak keluaran The Olive House memiliki bentuk berundak seperti anak tangga. Rak ini terdiri dari 4 tingkat dengan lebar yang berbeda-beda, semakin ke atas ukurannya semakin mengecil. Anda pun bisa menyimpan barang dengan berbagai ukuran yang sesuai dengan lebar rak.

Rak kayu dengan finishing sempurna dan memiliki pelapis anti air ini sangat mudah dibersihkan. Anda cukup mengelapnya dengan kain yang lembut. Desainnya yang minimalis dengan motif kayu yang dipertahankan kealamiannya menjadikan rak ini terlihat manis untuk interior ruangan. Rumah akan terasa hangat dan homy.

6. Zyo JEJU Series BC-6006 BLI Book Cabinet

6. Zyo JEJU Series BC-6006 BLI Book Cabinet

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 469.000

Tampilkan kesan industrial dengan rak kayu yang berpadu dengan rangka besi

Jika Anda menyukai desain interior bergaya industrial, rak satu ini bisa melengkapi ruangan Anda. Rak ini menggabungkan kayu yang hangat sebagai tempat meletakkan barang-barang serta besi yang kuat sebagai rangkanya. Hal ini menjadikan rak kokoh dan tidak mudah rusak maupun keropos. Apalagi di bagian belakang terdapat baja silang, kekuatan rak pun semakin terjamin.

Anda bisa menempatkan rak ini di mana pun Anda suka. Di ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, bahkan jika Anda memiliki kafe atau kedai kopi rak ini juga bisa mengiasi salah satu sudut ruangannya. Rak yang tidak memakan banyak tempat ini cocok untuk menyimpan benda-benda yang berukuran besar.

5. Kirana Rak Buku Napoli

5. Kirana Rak Buku Napoli

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.968.000

Mau dipasang horizontal atau vertikal? Semua bisa!

Untuk Anda pencinta desain modern minimalis, inilah rak buku yang dinanti. Rak berukuran 73,7 cm x 195 cm ini memiliki 8 bagian yang bentuknya berbeda-beda. Anda bisa menempatkan beragam barang, mulai dari buku, kaset DVD, pigura, vas bunga, hingga benda-benda lain dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Kelebihan rak ini adalah bisa dipasang sesuai kebutuhan, baik horisontal atau vertikal. Asyik banget, kan?

Selain bisa menyimpan beragam barang, rak ini juga bisa dijadikan partisi ruangan, lho! Anda bisa menempatkannya di ruang keluarga, ruang tamu, ruang kerja, bahkan kamar tidur. Rak yang terbuat dari MDF (kombinasi serat dan serbuk kayu yang dipadatkan) ini mudah dibersihkan. Anda cukup mengelapnya dengan kain kering. Jika ada noda yang susah hilang, barulah gunakan air kemudian dilap dengan kain.

4. Best BC 03-01.D Varia Bookcase

4. Best BC 03-01.D Varia Bookcase

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 818.800

Hadirkan suasana perpustakaan di rumah Anda dengan rak buku istimewa

Bagi para pencinta buku, memiliki perpustakaan pribadi di rumah adalah salah satu impian. Untuk itu, Anda memerlukan rak yang mampu menampung koleksi buku-buku Anda. Rak kayu produksi Best Furniture ini memiliki 12 kompartemen yang bisa digunakan untuk menata buku-buku sesuai dengan kategori. Dengan memiliki rak ini, Anda bisa menciptakan perpustakaan pribadi di dalam rumah.

Anda tidak memiliki koleksi buku yang banyak? Tenang saja, rak ini juga bisa digunakan untuk menyimpan benda-benda lainnya kok. Mulai dari mainan anak, tumpukan map, alat tulis, dan lain-lain. Rak yang juga bagus dipasang di kantor ini terbuat dari particle board yang tebal dan kuat. Jika Anda tinggal di wilayah Jabobedatek, Anda bisa mendapatkan fasilitas perakitan gratis.

3. IKEA HEJNE Rak Kayu

3. IKEA HEJNE Rak Kayu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 535.000

Bisa digabung dan lebar tingkatannya bisa diatur sesuka hati

Sistem penyimpanan keluaran IKEA ini sangat kokoh dan kuat. Ia terbuat dari kayu pinus solid dengan palang silang baja yang berfungsi sebagai penguat tambahan. Rak ini juga mampu menyimpan beban yang berat. Jika Anda mencari rak kayu yang akan diletakkan di garasi, gudang, basement, atau loteng, rak kayu HEJNE ini adalah pilihan terbaik.

Kelebihan lain dari rak kayu ini adalah bisa digabungkan atau dikombinasikan dengan rak lainnya secara mudah. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengatur ketinggian masing-masing tingkatan sesuai dengan keperluan. Supaya terlihat lebih personal, Anda bisa mengecatnya dengan warna favorit. Sebagai informasi tambahan, rak ini harus diletakkan di dinding.

2. Graver DC 165 Rak Pajangan

2. Graver DC 165 Rak Pajangan

Lihat produk ini di Lazada 

Lihat produk di Tokopedia

Lihat produk di Blibli

Harga : Rp 1.375.000

Rak sekaligus partisi ruang yang sempurna, hunian kecil Anda pun akan terlihat makin elegan

Menggunakan rak sebagai partisi ruangan merupakan salah satu ide cemerlang untuk menyiasati hunian yang tidak terlalu luas. Dengan menggunakan rak kayu Graver ini, Anda bisa mendapatkan fungsi ganda, yaitu tempat penyimpanan barang-barang sekaligus sekat pemisah ruangan. Rak yang terbagi menjadi beberapa bagian ini bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang, mulai dari buku, action figure, vas bunga, hingga benda-benda koleksi yang lucu.

Terbuat dari material particle board, rak hias ini lebih ringan jika dibandingkan rak kayu lainnya. Kelemahan rak jenis ini adalah tidak tahan berada di ruangan yang lembap, karena itu Anda harus rajin membersihkannya. Berhubung ukurannya cukup besar, sepertinya Anda memerlukan bantuan orang lain saat merakitnya.

1. FCENTER Graver Lemari Hias LH-2607

1. FCENTER Graver Lemari Hias LH-2607

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 819.000

Desain elegan yang akan mempercantik ruangan Anda

Saat Anda merasa ruang tamu atau ruang keluarga terlalu kosong, inilah saatnya untuk menambahkan rak atau lemari pajangan di salah satu sudut. Jika ruangan yang dimiliki tidak terlalu luas, jatuhkanlah pilihan pada rak produksi FCENTER ini. Rak yang terbuat dari particle board ini bentuknya langsing, tidak mencapai satu meter. Meski begitu, Anda tetap bisa menyimpan berbagai barang karena rak ini lumayan tinggi.

Desain rak ini cukup minimalis dengan finishing touch warna kayu yang kecokelatan. Walaupun berbentuk persegi panjang, rak ini tetap tidak membosankan karena memiliki pembagian kompartemen yang unik. Anda bisa meletakkan berbagai benda fungsional maupun benda-benda pajangan. Dengan keberadaan rak ini, sudut rumah Anda pun akan terlihat semakin menarik.

Kesimpulan

Rak kayu berfungsi untuk meletakkan barang-barang supaya ruangan tidak berserakan dan terlihat rapi. Selain itu, rak kayu juga bisa menjadi pembatas antar ruang dan mempercantik interior rumah. Masing-masing produk memiliki keunggulannya masing-masing. Pilihlah rak kayu yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga ulasan mengenai sepuluh rak kayu ini bisa membantu Anda dalam menemukan produk terbaik. Selamat mencari rak kayu idaman untuk memperindah ruangan Anda!