mybest
Rak

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rak Kayu Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rak Kayu Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rak Kayu Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rak Kayu Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rak Kayu Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rak Kayu Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rak Kayu Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)

Rak kayu sangat populer karena memiliki kesan hangat dan bisa dipadukan dengan hampir semua interior ruangan. Desain rak kayu sendiri terbagi menjadi bermacam-macam. Ada rak susun kayu berdesain minimalis sekaligus compact dan ada juga rak dengan desain yang unik.

Melalui artikel ini, kami dibantu oleh arsitek Adil Mochtar, ST, MT akan merekomendasikan cara memilih rak kayu yang bagus. Ada juga rekomendasi produk merek IKEA, Heim Studio, Pro Design, dan sebagainya yang akan diulas di sini. Baca terus informasinya dan temukan rak kayu yang paling cocok untuk rumah Anda!
Diperbaharui 14/07/2023
Adil Mochtar
Pakar
Arsitek
Adil Mochtar

Adil adalah seorang Arsitek Prinsipal kreatif di HADE (PT Hasta Asri Dharma) dan AMA Studio. Ia memiliki 7 tahun pengalaman dalam perancangan bangunan gedung negara, swasta dan rumah tinggal. Seluruh konsep rancangan Adil selalu mengedepankan arsitektur yang berwawasan lingkungan dan inovasi. Selain itu, Adil juga turut aktif dalam organisasi profesi Ikatan Arsitek Indonesia Wilayah Bekasi. Untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai arsitektur, Anda bisa menyapa Adil melalui akun Instagram-nya.

Profil Adil Mochtar
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih rak kayu

Rak kayu mampu menjadi tempat penyimpanan barang-barang sekaligus menjadi pemanis interior rumah Anda. Berikut akan kami jelaskan cara memilihnya terlebih dahulu.

1

Sesuaikan ukuran rak kayu dengan barang yang akan disimpan

Sesuaikan ukuran rak kayu dengan barang yang akan disimpan
Poin ini lazim dipertimbangkan saat Anda membeli rak apa pun. Sebelum membeli rak kayu, pastikan ukurannya sesuai dengan barang yang akan Anda simpan dalam rak tersebut. Untuk itu, Anda perlu mengetahui tinggi dan lebar barang agar barang tersebut bisa diletakkan pada rak kayu. 

  • Untuk menyimpan buku, pastikan ukuran rak sedikit lebih tinggi dari ukuran buku terbesar yang Anda miliki.

  • Untuk pajangan, karena ukurannya sangat beragam, pilihlah rak yang cukup tinggi agar pajangan berukuran besar bisa muat.

  • Untuk tanaman, pastikan Anda memilih rak yang tinggi karena tanaman akan terus bertumbuh.

  • Untuk koleksi, misalnya diecast, gunakan rak yang ukurannya pas dengan ukuran koleksi Anda. Jangan terlalu besar agar isi tidak bergeser. Jangan pula terlalu sempit sehingga bisa menggores koleksi saat dikeluarkan atau dimasukkan.
Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Dalam memilih rak yang sesuai, pikirkanlah ukuran barang yang akan diletakkan di dalamnya. Selain itu, akan lebih baik jika Anda memilih rak yang bisa diatur jarak ketinggiannya dengan lapisan atas dan bawahnya. 


Jenis rak ini cocok saat Anda yang meletakkan benda dengan beragam ukuran atau gemar mengganti barang yang disimpan. Saat Anda menyimpan pajangan di dalam rak, pastikan terdapat ruang lebih sehingga letak barang tetap proporsional dengan ukuran rak.

2

Pastikan tinggi rak sesuai tujuan penggunaan

Pastikan tinggi rak sesuai tujuan penggunaan
Rak kayu memiliki tinggi yang berbeda-beda sehingga Anda perlu memilih rak kayu sesuai dengan tujuan pemakaian.

  • Jika Anda membutuhkan rak penyimpanan untuk ditempatkan di dinding rumah, Anda dapat membeli rak yang tinggi. Rak ini akan berfungsi maksimal karena banyak barang yang bisa Anda tempatkan. Rak seperti ini juga aman digunakan karena menempel di dinding rumah Anda.

  • Rak pendek biasanya difungsikan sebagai partisi ruangan. Anda memang bisa menggunakan tirai sebagai partisi ruangan, tetapi menggunakan rak akan jauh lebih mudah. Meski berukuran pendek, keberadaan sebuah rak di tengah ruangan secara psikologis sudah menjadi pemisah tempat yang satu dan lainnya.

Selain digunakan sebagai partisi ruang, tentu saja rak juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang. Maka dari itu, pilihlah tinggi rak berdasarkan kebutuhan pemakaian Anda.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Saat Anda memilih rak yang tinggi, perhatikan ketinggian plafon ruangan untuk memastikan rak tetap proporsional dalam ruanganSelain itu, pastikan konstruksi kaki cukup kokoh dan stabil. Apabila memilih rak yang pendek, perhatikanlah dimensi rak agar barang yang akan Anda simpan tetap bisa dimasukkan.

3

Periksa kemudahannya untuk digabung jika terdapat lebih dari satu rak

Periksa kemudahannya untuk digabung jika terdapat lebih dari satu rak
Menggunakan beberapa rak tak hanya bisa menyimpan banyak benda, tetapi juga memperindah ruangan. Jika ingin menggabungkan beberapa rak, pilihlah desain yang serasi dan rapi sehingga tidak saling mengganggu. Ada rak yang memang dibuat dengan fungsi penggabungan sejak awal. Saat Anda memilih rak jenis demikian, rak akan mudah disambungkan dengan rak lainnya.

Supaya terlihat lebih indah, Anda bisa mengecat tiap rak dengan warna berbeda. Anda juga bisa mengatur posisi rak dengan kombinasi tinggi dan rendah sesuai dengan selera. Sebagai informasi, ada beberapa desain rak yang bisa digabung pada bagian atasnya, tidak hanya di bagian samping. Berdasarkan hal ini, pilih saja rak yang paling sesuai dengan ruangan Anda!

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Apabila Anda memiliki dana dan ruang terbatas, manfaatkanlah rak kayu yang bisa digabungkan. Saat kebutuhan penyimpanan barang meningkat, Anda cukup menambah kapasitas dengan membeli rak serupa agar bisa digabungkan.


Biasanya rak jenis ini memiliki sistem modular dalam perakitannya. Tambahan lagi, rak ini juga memiliki bentuk dasar geometris sehingga bisa disusun dengan mudah. Pilihlah konstruksi rak kayu dengan sistem mur dan baut karena dapat dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Selain itu, konstruksi ini umumnya juga bisa digabungkan dengan jenis rak yang sama.

4

Perhatikan kemudahan dalam merakitnya

Perhatikan kemudahan dalam merakitnya
Rak yang dibeli biasanya berupa bagian-bagian terpisah dan Anda harus merakitnya sendiri. Hal ini karena rak kayu yang sudah dirakit berukuran besar sehingga menyulitkan proses pengiriman. Masalahnya, tidak semua rak mudah untuk dirakit. Oleh karena itu, pilihlah rak yang menurut Anda paling mudah proses perakitannya.

Saat membeli rak, di dalamnya sudah terdapat sekrup dan paku. Anda tinggal menyediakan obeng atau palu. Merakit sebuah rak memang akan memakan waktu, tetapi tak usah risau. Selama Anda melakukannya dengan benar dan mengikuti petunjuk yang ada di kertas manual, rak akan terakit sempurna.


Hal lain yang biasa terjadi saat merakit rak adalah sulit mengencangkan sekrup. Beberapa rak mudah terpasang hanya menggunakan obeng, tetapi tidak semua dapat dirakit sendirian terutama jika Anda seorang wanita. Oleh karena itu, sebaiknya cek review dari rak kayu yang akan dibeli. Dengan begitu, Anda bisa memutuskan akan mengerjakannya sendiri atau meminta bantuan orang lain.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Kemudahan perakitan rak adalah hal yang esensial, apalagi jika Anda membelinya secara online. Pilihlah rak kayu yang tidak membutuhkan peralatan khusus untuk merakitnya. Untuk dimensi rak yang berukuran besar, biasanya Anda akan membutuhkan bantuan teman atau kerabat untuk merakitnya.


Selain kemudahan dalam perakitan, perhatikan juga apakah komponen rak memiliki konstruksi yang lengkap dan kokoh setelah selesai dirakit. Jangan sampai ada komponen yang tertinggal dan tidak terpasang.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi rak kayu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rak kayu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari arsitek Adil Mochtar.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Cubic

GENIO ORC 4

Cubic GENIO ORC 4 1

Mulai dari Rp262.290,00

Agak Murah

Simpan rapi koleksi Anda dalam rak kayu serbaguna ini

2

Heim Studio

Moku Rak Serbaguna Minimalis

Heim Studio Moku Rak Serbaguna Minimalis 1

Mulai dari Rp1.399.000,00

Agak Mahal

Diletakkan vertikal bisa, diletakkan horizontal juga bisa!

3

Pro Design

Yuka Rak Buku

Pro Design Yuka Rak Buku 1

Mulai dari Rp850.000,00

Menengah

Bentuknya sangat slim! Tidak memakan banyak tempat

4

Livien

Rak Buku Minimalis 3 x 3

Livien Rak Buku Minimalis 3 x 3 1

Mulai dari Rp999.000,00

Agak Mahal

Rak kayu minimalis dengan sembilan kompartemen, cocok untuk perpustakaan pribadi!

5

Heim Studio

Kozu Rak Buku Serbaguna 5 Susun

Heim Studio Kozu Rak Buku Serbaguna 5 Susun 1

Mulai dari Rp1.749.000,00

Lebih Mahal

Model rak kayu ini tonjolkan kesan industrial dalam ruangan

6

Dejavu

Rak Bunga Kayu Susun HRK202

Dejavu Rak Bunga Kayu Susun  1

Mulai dari Rp329.000,00

Agak Murah

Rak kayu susun yang bisa dilipat, makin hemat tempat penyimpanan

7

Rak Display Diecast 48

 Rak Display Diecast 48 1

Mulai dari Rp300.000,00

Agak Murah

Rak mini dari kayu untuk menyimpan koleksi diecast Anda

8

IKEA

HEJNE

IKEA  HEJNE 1

Mulai dari Rp630.000,00

Menengah

Rak kayu unik! Tinggi raknya bisa diatur sesuai kebutuhan

9

Dejavu

Rak Dapur Susun KayuHRK505

Dejavu Rak Dapur Susun Kayu 1

Mulai dari Rp599.000,00

Menengah

Terdapat roda, mudah dipindah ke mana pun dan kapan pun

10

Graver Furniture

Lemari DisplayLH-2607

Graver Furniture Lemari Display 1

Mulai dari Rp790.000,00

Menengah

Rak foto dari kayu elegan yang akan mempercantik ruangan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

CubicGENIO ORC 4

GENIO ORC 4 1
Sumber: shopee.co.id
GENIO ORC 4 2
Sumber: shopee.co.id
GENIO ORC 4 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp262.290,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp262.290,00
Agak Murah

Simpan rapi koleksi Anda dalam rak kayu serbaguna ini

Kelebihan:
  • Beberapa review menyebutkan bahwa produk ini mudah dirakit
  • Tampilannya simpel, tetapi elegan

Kekurangan:

  • Ada review yang mengeluhkan barang cacat atau rusak, tetapi sepertinya bukan karena proses pengiriman

Barang yang berserakan di lantai tentunya tidak sedap dipandang mata. Maka dari itu, Anda yang memerlukan rak serbaguna untuk menata barang-barang bisa memilih produk ini. Terdiri dari empat tingkat, rak kayu produksi Cubic ini mampu menyimpan berbagai koleksi buku, suvenir, ataupun pernik-pernik Anda. Tenang saja, bahan particle board-nya berkualitas ekspor dan diklaim kuat sehingga tidak mudah patah.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Heim StudioMoku Rak Serbaguna Minimalis

Moku Rak Serbaguna Minimalis 1
Sumber: shopee.co.id
Moku Rak Serbaguna Minimalis 2
Sumber: shopee.co.id
Moku Rak Serbaguna Minimalis 3
Sumber: shopee.co.id
Moku Rak Serbaguna Minimalis 4
Sumber: shopee.co.id
Moku Rak Serbaguna Minimalis 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp1.399.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp1.399.000,00
Agak Mahal

Diletakkan vertikal bisa, diletakkan horizontal juga bisa!

Kelebihan:
  • Dapat digunakan sebagai partisi ruangan jika diletakkan horizontal
  • Proses perakitan mudah karena panduannya jelas

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa raknya agak goyang

Menggunakan rak sebagai partisi ruangan merupakan salah satu ide cemerlang untuk menyiasati hunian yang tidak terlalu luas. Dengan rak ini, Anda bisa mendapatkan fungsi ganda untuk tempat penyimpanan barang-barang sekaligus sekat pemisah ruangan. 


Ya, rak ini bisa diletakkan vertikal jika Anda ingin menempatkannya dekat dinding. Sementara itu, letakkan rak secara horizontal jika ingin digunakan sebagai partisi ruangan. Menarik, bukan?

No.3

Pro DesignYuka Rak Buku

Yuka Rak Buku 1
Sumber: shopee.co.id
Yuka Rak Buku 2
Sumber: shopee.co.id
Yuka Rak Buku 3
Sumber: shopee.co.id
Yuka Rak Buku 4
Sumber: shopee.co.id
Yuka Rak Buku 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp850.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp850.000,00
Menengah

Bentuknya sangat slim! Tidak memakan banyak tempat

Kelebihan:

  • Tidak menghabiskan banyak tempat untuk meletakkannya
  • Bisa dikombinasikan dengan produk yang sama atau rak lainnya

Kekurangan:

  • Cukup tinggi sehingga rak paling atas agak sulit dijangkau oleh sebagian orang

Rak ini adalah pilihan pas jika Anda sedang mencari rak kayu yang tidak memakan tempat saat digunakan. Lihat saja bentuknya! Sangat slim, bukan? Dengan memilih produk ini, Anda tidak perlu banyak menggeser perabotan hanya untuk menyediakan ruang khusus rak. Tentu saja Anda bisa memadukannya dengan rak atau lemari berdesain senada untuk menghasilkan tampilan rak yang lebih menarik.

No.4

LivienRak Buku Minimalis 3 x 3

Rak Buku Minimalis 3 x 3 1
Sumber: shopee.co.id
Rak Buku Minimalis 3 x 3 2
Sumber: shopee.co.id
Rak Buku Minimalis 3 x 3 3
Sumber: shopee.co.id
Rak Buku Minimalis 3 x 3 4
Sumber: shopee.co.id
Rak Buku Minimalis 3 x 3 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp999.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp999.000,00
Agak Mahal

Rak kayu minimalis dengan sembilan kompartemen, cocok untuk perpustakaan pribadi!

Kelebihan:
  • Bahan tebal, bagus, dan terlihat kokoh
  • Perakitannya relatif mudah

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan rak agak miring ketika diberdirikan sehingga bagian belakang rak tidak menempel ke tembok

Bagi para pencinta buku, memiliki perpustakaan pribadi di rumah adalah salah satu impian. Namun, Anda tentu memerlukan rak yang mampu menampung koleksi buku-buku Anda. Rak kayu ini memiliki sembilan kompartemen yang bisa digunakan untuk menata buku-buku sesuai dengan kategori. Pilihan tepat untuk menciptakan perpustakaan pribadi di dalam rumah, bukan?

No.5

Heim StudioKozu Rak Buku Serbaguna 5 Susun

Kozu Rak Buku Serbaguna 5 Susun 1
Sumber: shopee.co.id
Kozu Rak Buku Serbaguna 5 Susun 2
Sumber: shopee.co.id
Kozu Rak Buku Serbaguna 5 Susun 3
Sumber: shopee.co.id
Kozu Rak Buku Serbaguna 5 Susun 4
Sumber: shopee.co.id
Kozu Rak Buku Serbaguna 5 Susun 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp1.749.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp1.749.000,00
Lebih Mahal

Model rak kayu ini tonjolkan kesan industrial dalam ruangan

Kelebihan:
  • Kuat menahan beban berat berkat rangka besinya
  • Pas untuk interior berdesain industrial

Kekurangan:

  • Ada review yang menyatakan bahwa rangka besi kurang pas dengan papan

Jika Anda menyukai desain interior bergaya industrial, rak satu ini sepertinya menarik untuk dipertimbangkan. Rak ini menggabungkan bahan kayu serta metal sebagai rangkanya. Alhasil, rak ini terlihat bergaya industrial sekaligus kokoh. Anda bisa menjadikannya sebagai rak penyimpanan buku, barang-barang display, bahkan sebagai rak bumbu jika diletakkan di dapur.

No.6

DejavuRak Bunga Kayu Susun HRK202

Rak Bunga Kayu Susun  1
Sumber: shopee.co.id
Rak Bunga Kayu Susun  2
Sumber: shopee.co.id
Rak Bunga Kayu Susun  3
Sumber: shopee.co.id
Rak Bunga Kayu Susun  4
Sumber: shopee.co.id
Rak Bunga Kayu Susun  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp329.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp329.000,00
Agak Murah

Rak kayu susun yang bisa dilipat, makin hemat tempat penyimpanan

Kelebihan:

  • Bahan kayu bagus, pengerjaannya mulus
  • Sudah dilengkapi dengan alat pemasangan, makin mudah dirakit

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan lubang sekrup sedikit kurang pas dengan sekrupnya

Anda mencari rak kayu cantik yang sangat mudah disimpan dan hemat tempat ketika tidak digunakan? Kalau iya, jangan ragu memilih produk ini! Dapat dilipat menjadi ramping, Anda bisa menyelipkan produk ini di sela lemari ketika tidak digunakan. Saat hendak digunakan kembali, buka saja dan letakkan benda yang Anda inginkan. Praktis dan hemat tempat!

No.7

Rak Display Diecast 48

Rak Display Diecast 48 1
Sumber: shopee.co.id
Rak Display Diecast 48 2
Sumber: shopee.co.id
Rak Display Diecast 48 3
Sumber: shopee.co.id
Rak Display Diecast 48 4
Sumber: shopee.co.id
Rak Display Diecast 48 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp300.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp300.000,00
Agak Murah

Rak mini dari kayu untuk menyimpan koleksi diecast Anda

Kelebihan:
  • Sudah dipernis sehingga lebih tahan rayap

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa pengerjaan kayunya tidak begitu rapi

Tak hanya disukai anak-anak, diecast pun menjadi mainan yang disukai orang dewasa. Bahkan, beberapa orang memang sengaja mengoleksi diecast. Jika Anda adalah salah satunya, Anda memerlukan rak penyimpanan khusus supaya diecast tersebut tetap terjaga dan awet. Nah, rak kayu ini akan menjadi pilihan sempurna bagi koleksi Anda.


Berhubung diciptakan khusus untuk menyimpan diecast, rak ini tidak bisa digunakan untuk menyimpan benda lain. Terbuat dari kayu yang sudah dipernis, rak ini pun makin tahan lama. Untuk mencegah kotoran dan debu menempel pada mainan, rak ini dilengkapi dengan pintu akrilik yang bisa digeser. 
No.8

IKEA HEJNE

HEJNE 1
Sumber: ikea.co.id
HEJNE 2
Sumber: ikea.co.id
HEJNE 3
Sumber: ikea.co.id
HEJNE 4
Sumber: ikea.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp630.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp630.000,00
Menengah

Rak kayu unik! Tinggi raknya bisa diatur sesuai kebutuhan

Kelebihan:

  • Bahannya kuat dan kokoh
  • Warnanya alami sehingga mudah dicat ulang sesuai selera
  • Tiap raknya sanggup menampung beban hingga 35 kg

Kekurangan:

  • Diletakkan dekat dinding sehingga perlu menyiapkan space khusus

Dirancang sedemikian rupa, Anda bebas mengatur tinggi pada setiap tingkatan rak sesuai kebutuhan. Saat Anda hendak menyimpan benda yang cukup besar, tinggi raknya bisa Anda ubah. Sementara itu, untuk menyimpan banyak benda kecil, tiap tingkatan rak bisa diatur agar jaraknya berdekatan. Tentu produk ini adalah pilihan terbaik untuk Anda yang menyukai fleksibilitas.

No.9

DejavuRak Dapur Susun KayuHRK505

Rak Dapur Susun Kayu 1
Sumber: shopee.co.id
Rak Dapur Susun Kayu 2
Sumber: shopee.co.id
Rak Dapur Susun Kayu 3
Sumber: shopee.co.id
Rak Dapur Susun Kayu 4
Sumber: shopee.co.id
Rak Dapur Susun Kayu 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp599.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp599.000,00
Menengah

Terdapat roda, mudah dipindah ke mana pun dan kapan pun

Kelebihan:
  • Mudah dipindahkan berkat adanya roda dan gagang untuk mendorong

Kekurangan:

  • Alas rak agak tipis, sebaiknya tidak digunakan untuk menaruh barang berat

Produk ini memiliki tiga susun rak yang memungkinkan Anda menyimpan bumbu dapur atau pot tanaman secara terpisah. Menariknya lagi, rak ini sudah dilengkapi gagang untuk mendorong dan roda di keempat kakinya. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah menggeser rak saat dibutuhkan. Solusi cerdas jika Anda membutuhkan rak kayu yang mudah dipindahkan, bukan?

No.10

Graver FurnitureLemari DisplayLH-2607

Lemari Display 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp790.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp790.000,00
Menengah

Rak foto dari kayu elegan yang akan mempercantik ruangan

Kelebihan:
  • Desain kompartemennya unik sehingga membuat ruangan makin menarik

Kekurangan:

  • Tidak dapat menampung banyak barang, hanya cocok dijadikan rak pajangan

Rak yang terbuat dari particle board ini memiliki lebar kurang dari satu meter. Meski begitu, Anda tetap bisa menyimpan berbagai barang karena rak ini lumayan tinggi. Anda bisa meletakkan berbagai foto dan pajangan yang akan memperindah ruangan.


Desain rak ini pun bergaya minimalis modern dengan finishing touch warna kecokelatan. Ditambah lagi, tampilan rak tampak elegan sekaligus atraktif berkat adanya pembagian kompartemen yang unik. Produk ini akan menjadi salah satu pilihan terbaik jika Anda mencari rak kayu dengan sentuhan yang elegan.

Tips dari Arsitek Adil Mochtar, ST, MT

Tips dari Arsitek Adil Mochtar, ST, MT

Selain memperhatikan dimensi dari barang yang akan Anda letakkan pada rak, pertimbangkan juga konstruksi benda tersebut. Pastikan rak memiliki daya dukung konstruksi yang sesuai dengan kebutuhan, apalagi jika Anda akan menggunakannya untuk menyimpan buku-buku tebal.


Pastikan juga kayu memiliki ketebalan yang cukup serta material yang kokoh. Sebaiknya, gunakan bahan kayu solid untuk rak yang akan menyimpan benda-benda yang berat agar tidak melendut pada bagian tengah.

Baca juga rekomendasi rak lainnya di sini

Menghias ruangan dengan beragam rak rasanya sangat menyenangkan! Mulai dari rak sudut hingga rak dinding, semua bisa Anda pilih untuk mengisi ruangan. Yuk, langsung saja baca ulasannya melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Rak kayu berfungsi untuk meletakkan barang-barang supaya ruangan terlihat lebih rapi. Rak kayu juga bisa menjadi pembatas antar ruang dan mempercantik interior rumah. Berhubung tiap-tiap produk memiliki keunggulannya tersendiri, pilihlah rak kayu yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga ulasan mengenai sepuluh rak kayu kali ini bisa membantu Anda dalam menemukan produk terbaik. Selamat mencari rak kayu idaman untuk memperindah ruangan Anda!

5 Rekomendasi Rak Kayu terbaik

No. 1: CubicGENIO ORC 4

No. 2: Heim StudioMoku Rak Serbaguna Minimalis

No. 3: Pro DesignYuka Rak Buku

No. 4: LivienRak Buku Minimalis 3 x 3

No. 5: Heim StudioKozu Rak Buku Serbaguna 5 Susun

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rak Kayu Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.