mybest
Minyak

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Minyak Kelapa Terbaik [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian]
  • 10 Rekomendasi Minyak Kelapa Terbaik  [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian] 1
  • 10 Rekomendasi Minyak Kelapa Terbaik  [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian] 2
  • 10 Rekomendasi Minyak Kelapa Terbaik  [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian] 3
  • 10 Rekomendasi Minyak Kelapa Terbaik  [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian] 4
  • 10 Rekomendasi Minyak Kelapa Terbaik  [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian] 5

10 Rekomendasi Minyak Kelapa Terbaik [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian]

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Tak heran, banyak orang menggunakan minyak kelapa untuk memasak, MPASI bayi, ataupun perawatan rambut dan kulit. Saat ini, ada banyak merek minyak kelapa dengan berbagai keunggulan. Namun, jenis minyak kelapa manakah yang sebaiknya Anda pilih?

Di artikel ini, kami akan mengulasnya dengan lengkap. Anda akan mendapatkan referensi minyak goreng kelapa terbaik dan minyak kelapa VCO yang bagus. Beberapa produk juga akan kami rekomendasikan, seperti Barco, Kara, dan Javara. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Selamat membaca!
Diperbaharui 23/11/2023
Evrina Budiastuti
Pakar
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, ia bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura. Ia juga telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Saat ini, Evrina tengah memperkenalkan digitalisasi bidang pertanian untuk memperkuat promosi dan pemasaran produk pertanian di wilayah binaan. Ia juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Profil Evrina Budiastuti
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa manfaat minyak kelapa?

Apa manfaat minyak kelapa?

Ciri utama minyak kelapa adalah kaya akan kandungan asam lemak rantai sedang atau medium chain fatty acid (MCFA). Kandungan ini dinilai bergizi tinggi. Selain itu, daging kelapa mengandung medium chain triglyceride (MCT) yang berfungsi sebagai antivirus dan antibakteri.


Minyak kelapa juga diperkaya tocotrienol yang sangat baik bagi kecantikan dan kesehatan. Berikut ini manfaat lain dari minyak kelapa yang sayang untuk Anda lewatkan.


  • Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Meredakan stres
  • Menjaga kesehatan kulit, gigi, dan rambut
  • Mencegah penyakit liver
  • Menurunkan berat badan

Cara memilih minyak kelapa

Sebelum merekomendasikan minyak kelapa, kami akan membahas poin-poin penting dalam memilih minyak kelapa. Gunakan penjelasan ini untuk menentukan produk yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

1

Perhatikan negara asal dan label sertifikasinya

Kelapa umumnya berasal dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, Amerika Latin, Afrika, dan lainnya. Perbedaan lokasi produksi ini akan memengaruhi rasa, aroma, dan kualitas dari minyak kelapa. 

Kelapa asal Filipina atau Sri Lanka, untuk rasa dan kualitas tinggi

Kelapa asal Filipina atau Sri Lanka, untuk rasa dan kualitas tinggi

Di antara berbagai negara asal, minyak kelapa dari Filipina dan Sri Lanka bisa dikatakan yang paling direkomendasikan. Keduanya memiliki sistem quality control terbaik. Rasa dan kualitasnya pun telah diakui di seluruh dunia.


Minyak kelapa dari Sri Lanka juga memiliki ciri khas rasa yang lebih ringan sehingga mudah dikonsumsi. Namun, karena preferensi setiap orang berbeda terhadap rasa dan bau, silakan memilih produk yang sesuai dengan selera.

Produk organik tersertifikasi, untuk standar keamanan pangan

Produk organik tersertifikasi, untuk standar keamanan pangan

Poin-poin yang diperiksa untuk pelabelan sertifikasi organik bermacam-macam. Beberapa di antaranya adalah keberadaan pestisida, tingkat keamanan tanah, kualitas produk, jumlah komponen yang terkandung, dan lainnya. Meski standarnya kurang lebih sama, setiap negara memiliki label sertifikasi organik yang berbeda-beda.


Sebagai gambaran, jenis sertifikasi organik yang digunakan di Amerika Serikat adalah USDA Organic. Untuk Eropa, sertifikasinya adalah Organic EU, sedangkan di Jepang menggunakan sertifikasi Organic JAS Standards. Di Indonesia sendiri, terdapat sertifikasi dari SUCOFINDO yang memastikan suatu produk pangan organik bebas dari zat kimia.


Setiap label sertifikasi tentunya telah memenuhi syarat dengan standar yang tinggi. Karena itu, memilih produk dengan satu label sertifikasi saja sudah bisa dikatakan cukup aman. Namun, apabila memungkinkan, pilihlah produk yang memiliki beberapa label sertifikasi.

2

Pilih berdasarkan metode pembuatannya

Minyak kelapa diproses dengan cara yang berbeda-beda. Proses inilah yang nantinya menentukan kualitas, rasa, dan tekstur minyak.

Cold pressed, suhu minyak tidak naik dan nutrisi terjaga

Cold pressed, suhu minyak tidak naik dan nutrisi terjaga
Dalam pemrosesan minyak secara konvensional, proses kompresinya berlangsung singkat sehingga bisa menghasilkan minyak dalam jumlah banyak. Sayangnya, proses oksidasi di dalamnya bisa membuat suhu minyak meningkat sehingga kualitasnnya menurun. 

Namun, berbeda dengan metode cold pressed. Metode pemerasan dengan suhu dingin (cold pressed) adalah proses pengekstraksian kelapa secara perlahan. Suhu minyak tidak akan naik sehingga nutrisinya tetap terjaga. Untuk penggunaannya, minyak kelapa cold pressed bisa dipakai untuk berbagai kegiatan memasak, misalnya menggoreng dan baking

Label extra virgin, minyak tidak diproses secara kimia

Label extra virgin, minyak tidak diproses secara kimia
Virgin coconut oil adalah minyak murni yang diproses tanpa proses pemanasan ataupun pemurnian secara kimiawi. Jika Anda mengharapkan kandungan dan rasa minyak kelapa yang masih terjaga, pilihlah produk berlabel virgin oil atau extra virgin.

Karena kemurniannya, aroma khas kelapa dari virgin oil sangatlah kuat. Inilah yang membuatnya sering dijadikan minyak untuk kecantikan, misalnya campuran masker, krim wajah, dan sebagainya. Selain itu, VCO juga baik digunakan untuk campuran kopi atau membuat MPASI.


Di sisi lain, ada rumor yang menyatakan bahwa virgin oil mudah teroksidasi. Hal itu tidaklah benar. Minyak kelapa umumnya tahan hingga dua tahun jika kemasannya belum dibuka. Bahkan minyak kelapa tetap dapat digunakan hingga tiga bulan setelah kemasan dibuka.


Nah, jika secara khusus Anda mencari produk extra virgin olive oil, kami juga sudah mengulasnya pada artikel di bawah ini. Yuk, cek juga artikelnya!

Label RBD, minyak tidak berasa dan tidak berbau

Label RBD, minyak tidak berasa dan tidak berbau

Label RBD menunjukkan bahwa minyak kelapa diproses secara Refined, Bleached, Deodorized. Jadi, minyak diproses dengan cara dimurnikan, dikelantang, dan dihilangkan baunya, tetapi proses bleaching ini bukanlah proses pemutihan kimiawi. Sebaliknya, minyak kelapa disaring untuk dihilangkan kotorannya.


Minyak kelapa RBD berasal dari kopra atau inti kelapa kering. Di dalamnya mengandung banyak partikel debu, kotoran, serangga, dan sebagainya. Karena itu, diperlukan proses bleaching untuk menghilangkan kotorannya. Dalam proses RBD ini pula, minyak akan dipanaskan dengan suhu tinggi sehingga kuman dan bakteri menghilang. Minyak juga tidak berbau serta tidak berasa.


Karena titik asap minyak kelapa RBD mencapai 232°C, minyak ini cocok dipakai untuk menggoreng. Cita rasa masakan Anda tidak akan terganggu karena minyak kelapa yang dipakai tidak berasa.

3

Cek kandungan dan tentukan tujuan penggunaan

Mengonsumsi minyak kelapa memang baik, tetapi Anda tetap harus memperhatikan pilihan produknya dan membatasi konsumsinya. Pilihan produk yang tepat akan baik untuk kesehatan keluarga Anda.

Untuk konsumsi, 2–3 sendok makan sudah cukup

Untuk konsumsi, 2–3 sendok makan sudah cukup
Meskipun memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, minyak kelapa mengandung sekitar 100 kalori per sendok makan. Jadi, minyak kelapa tidak bisa dikatakan benar-benar rendah kalori.

Minyak kelapa dikatakan baik untuk kesehatan dan kecantikan karena memiliki asam lemak rantai sedang atau asam laurat. Kandungan ini menempati setengah bagian dalam bahan minyak kelapa. Rasio normalnya adalah sekitar 60–80%. Jadi, sebaiknya Anda memilih produk dengan rasio asam lemak rantai sedang lebih dari 60%.


Akan tetapi, jangan lupa bahwa minyak kelapa tetaplah minyak. Asupan minyak kelapa yang disarankan adalah sekitar dua sendok hingga tiga sendok makan per hari. Jadi, tidak disarankan untuk mengonsumsinya terlalu banyak. 

Untuk memasak, dapat dijadikan pengganti margarin atau minyak goreng

Untuk memasak, dapat dijadikan pengganti margarin atau minyak goreng

Untuk mencegah konsumsi yang berlebihan, silakan gunakan minyak kelapa sebagai pengganti produk yang biasa Anda pakai. Misalnya, untuk membuat roti, Anda bisa menjadikan minyak kelapa sebagai pengganti margarin.


Karena memiliki karakteristik sulit teroksidasi, minyak kelapa juga cocok untuk dipakai memasak. Jadi, Anda dapat mulai beralih dari minyak sawit ke minyak kelapa untuk membuat aneka masakan. Titik asap minyak kelapa extra virgin adalah 177°C dan titik asap minyak kelapa RBD adalah 232°C. Pilih saja jenis minyak kelapa yang sesuai dengan kebutuhan memasak Anda.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Minyak Kelapa Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Minyak Kelapa terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 23 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Komposisi utama
Kemasan
Berat bersih
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
1

Barco

Coconut Cooking Oil

Barco Coconut Cooking Oil 1

Rp50.000

Menengah

Diproses dengan enam kali penyaringan, lebih jernih dan bebas bibit penyakit

Kelapa

Pouch, botol, jeriken

500 ml, 1 L, 2 L, 5 L, 18 L, 20 L

120 kkal per sajian

12 bulan

0 g

2

Beorganik

Extra Virgin Coconut Oil

Beorganik Extra Virgin Coconut Oil 1

Rp25.000

Agak Murah

Kelezatan alam dalam setiap tetes untuk hidup yang seimbang

Daging kelapa segar

Botol

100 ml, 250 ml, 500 ml, 1 L

120 kkal per sajian

14 bulan

0 g

3

Vico Bagoes

Virgin Coconut Oil

Vico Bagoes Virgin Coconut Oil 1

Rp29.500

Agak Murah

Lembut dan mudah meresap ke dalam kulit

Kelapa segar

Botol

60 ml, 130 ml, 350 ml, 500 ml, 1 L

80 kkal per sajian

12 bulan

0 g

4

Kara

Minyak Goreng Kelapa

Kara Minyak Goreng Kelapa 1

Rp41.000

Menengah

Lebih stabil pada suhu tinggi, bisa untuk deep-fry

Buah kelapa pilihan

Pouch, jeriken

1 L, 2 L, 5 L

110 kkal per sajian

24 bulan

0 g

5

Ikan Dorang

Ikan Dorang Spesial Minyak Goreng Kelapa

Ikan Dorang Ikan Dorang Spesial Minyak Goreng Kelapa 1

Rp12.300

Lebih Murah

Membuat hidangan Anda menjadi lebih lezat dan sehat

Kelapa kopra

Pouch, botol, jeriken

400 ml, 450 ml, 950 ml, 1 L, 2 L, 5 L

45 kkal per sajian

24 bulan

0 g

6

Bumbu Bunda by Elia

Coconut Cooking Oil

Bumbu Bunda by Elia  Coconut Cooking Oil 1

Rp80.000

Agak Mahal

Minyak kelapa untuk MPASI, bisa untuk tiga kali penggorengan

Kelapa dara

Botol

500 ml

Tidak diketahui

12 bulan

Tidak diketahui

7

Nutiver

Extra Virgin Coconut Oil

Nutiver Extra Virgin Coconut Oil 1

Rp22.275

Agak Murah

Minyak kelapa murni, sentuhan tropis untuk kuliner dan perawatan

Kelapa segar

Botol, jeriken

100 ml, 250 ml, 500 ml, 1 L, 5 L

206 kkal per sajian

24 bulan

0 g

8

Dehealth Supplies

FINECO Extra Virgin Coconut Oil

Dehealth Supplies  FINECO Extra Virgin Coconut Oil 1

Rp33.300

Menengah

Manfaat kesehatan holistis untuk gaya hidup sehat Anda

Kelapa organik

Botol

100 ml, 250 ml, 500 ml, 1 L

Tidak diketahui

24-36 bulan

Tidak diketahui

9

Javara

Organic Virgin Coconut Oil

Javara Organic Virgin Coconut Oil 1

Rp80.000

Agak Mahal

Virgin coconut oil yang minim proses sehingga nutrisinya tetap terjaga

Daging kelapa segar

Botol

100 ml, 250 ml, 1 L

130 kkal per sajian

24 bulan

0 g

10

Dari Bumi

Pure VCO Virgin Coconut Oil

Dari Bumi Pure VCO Virgin Coconut Oil 1

Rp90.000

Agak Mahal

Pilihan bijak bagi pencinta kecantikan organik dan kesehatan alami

Kelapa segar

Botol

500 ml, 1 L

Tidak diketahui

12 bulan

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

BarcoCoconut Cooking Oil

Coconut Cooking Oil 1
Sumber: barco.co.id
Coconut Cooking Oil 2
Sumber: barco.co.id
Coconut Cooking Oil 3
Sumber: barco.co.id
Coconut Cooking Oil 4
Sumber: barco.co.id
Coconut Cooking Oil 5
Sumber: barco.co.id
Harga referensi
Rp50.000
Menengah
Harga referensi
Rp50.000
Menengah

Diproses dengan enam kali penyaringan, lebih jernih dan bebas bibit penyakit

Jika berbicara tentang minyak kelapa, Barco tidak boleh luput dari daftar rekomendasi. Oleh karena dibuat melalui enam kali proses penyaringan dan pemurnian, minyak goreng ini diklaim jernih dan bebas bakteri. Anda pun bisa melirik produk ini jika sedang mencari minyak goreng kelapa yang melegenda.


Dengan menggunakan minyak kelapa nonkolesterol ini, kesehatan pencernaan Anda akan lebih terjaga karena sifatnya yang mudah diserap tubuh. Tidak hanya itu, produk ini pun bisa membantu tubuh meningkatkan kekebalan terhadap sejumlah infeksi dan penyakit.

Komposisi utamaKelapa
KemasanPouch, botol, jeriken
Berat bersih500 ml, 1 L, 2 L, 5 L, 18 L, 20 L
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori120 kkal per sajian
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein0 g
Tipe bumbu
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

BeorganikExtra Virgin Coconut Oil

Harga referensi
Rp25.000
Agak Murah

Kelezatan alam dalam setiap tetes untuk hidup yang seimbang

Raih keseimbangan hidup alami dengan Beorganik Extra Virgin Coconut Oil. Diproses dengan hati-hati untuk mempertahankan keasliannya, produk ini merupakan pilihan sempurna jika Anda mencari nutrisi yang optimal.


Minyak kelapa ini tidak hanya menambahkan kelezatan pada masakan, tetapi juga memberikan kelembutan pada kulit dan rambut. Produk ini cocok untuk penggemar gaya hidup sehat. Beorganik Extra Virgin Coconut Oil adalah investasi untuk kecantikan dan kesehatan alami yang berkelanjutan.

Komposisi utamaDaging kelapa segar
KemasanBotol
Berat bersih100 ml, 250 ml, 500 ml, 1 L
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori120 kkal per sajian
Daya tahan14 bulan
Jumlah protein0 g
Tipe bumbu
View all
No.3

Vico BagoesVirgin Coconut Oil

Harga referensi
Rp29.500
Agak Murah

Lembut dan mudah meresap ke dalam kulit

Dengan partikel berukuran nano, Vico Bagoes Virgin Coconut Oil mudah meresap ke dalam kulit. Teksturnya sangat lembut di kulit. Selain itu, kandungan lemak baik di dalam minyak ini juga dapat menguatkan lapisan dinding sel kulit. Jadi, Anda bisa menggunakannya untuk pelembap kulit, makeup remover, ataupun mengatasi stretch marks.
Komposisi utamaKelapa segar
KemasanBotol
Berat bersih60 ml, 130 ml, 350 ml, 500 ml, 1 L
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori80 kkal per sajian
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein0 g
Tipe bumbu
View all
No.4

KaraMinyak Goreng Kelapa

Harga referensi
Rp41.000
Menengah

Lebih stabil pada suhu tinggi, bisa untuk deep-fry

Kara adalah salah satu produsen santan kemasan terbesar di Indonesia. Kara ternyata juga memiliki produk coconut oil. Smoke point yang tinggi membuat minyak ini cocok untuk memasak, termasuk menggoreng. Setelah dilakukan penggorengan pun warnanya tidak berubah.


Coconut oil dari Kara kaya akan asam lemak jenuh rantai sedang atau medium chain fatty acids (MCFA). Jenis asam lemak ini mudah diserap dan diproses menjadi energi di dalam tubuh. Tentu saja minyak kelapa ini bebas kolesterol!

Komposisi utamaBuah kelapa pilihan
KemasanPouch, jeriken
Berat bersih1 L, 2 L, 5 L
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori110 kkal per sajian
Daya tahan24 bulan
Jumlah protein0 g
Tipe bumbu
View all
No.5

Ikan DorangIkan Dorang Spesial Minyak Goreng Kelapa

Harga referensi
Rp12.300
Lebih Murah

Membuat hidangan Anda menjadi lebih lezat dan sehat

Ikan Dorang Spesial Minyak Goreng Kelapa adalah minyak goreng premium yang diolah dari kelapa pilihan. Dengan aroma dan rasa yang khas, produk ini memberikan sentuhan spesial pada setiap hidangan Anda.


Produk ini direkomendasikan untuk para ibu rumah tangga yang menginginkan rasa masakan yang lezat dan sehat. Minyak ini juga cocok untuk restoran dan kafe yang mengutamakan kualitas. Nikmati kelezatan masakan dengan minyak goreng ini dan rasakan perbedaannya!

Komposisi utamaKelapa kopra
KemasanPouch, botol, jeriken
Berat bersih400 ml, 450 ml, 950 ml, 1 L, 2 L, 5 L
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori45 kkal per sajian
Daya tahan24 bulan
Jumlah protein0 g
Tipe bumbu
View all
No.6

Bumbu Bunda by Elia Coconut Cooking Oil

Harga referensi
Rp80.000
Agak Mahal

Minyak kelapa untuk MPASI, bisa untuk tiga kali penggorengan

Bumbu Bunda by Elia menjadi salah satu merek bumbu masak MPASI yang sedang banyak diminati para ibu. Bumbu Bunda by Elia menggunakan bahan baku alami sehingga tidak berbahaya untuk bayi. Minyak goreng kelapa ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk MPASI anak.


Coconut Cooking Oil ini terbuat dari kelapa dara yang baik untuk kesehatan. Anda bisa menggunakannya untuk menumis ataupun menggoreng. Aroma kelapa membuat makanan memiliki wangi yang lebih lezat. Minyak ini pun bisa digunakan untuk tiga kali penggorengan.

Komposisi utamaKelapa dara
KemasanBotol
Berat bersih500 ml
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
Daya tahan12 bulan
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbu
View all
No.7

NutiverExtra Virgin Coconut Oil

Harga referensi
Rp22.275
Agak Murah

Minyak kelapa murni, sentuhan tropis untuk kuliner dan perawatan

Nutiver Extra Virgin Coconut Oil adalah kebaikan tropis dalam setiap tetes. Diproses dengan teknologi canggih, minyak kelapa murni ini memperkaya masakan dengan kelezatan alaminya dan diklaim baik bagi kesehatan.


Direkomendasikan untuk semua kalangan yang mengutamakan kesehatan, produk ini menjadi teman setia jika Anda mencari produk yang berkualitas tinggi. Anda juga bisa menggunakan produk ini untuk perawatan kulit dan rambut yang alami. Hadirkan kebaikan alam tropis dalam setiap aspek hidup Anda.

Komposisi utamaKelapa segar
KemasanBotol, jeriken
Berat bersih100 ml, 250 ml, 500 ml, 1 L, 5 L
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori206 kkal per sajian
Daya tahan24 bulan
Jumlah protein0 g
Tipe bumbu
View all
No.8

Dehealth Supplies FINECO Extra Virgin Coconut Oil

Harga referensi
Rp33.300
Menengah

Manfaat kesehatan holistis untuk gaya hidup sehat Anda

Diproses dengan teliti, produk ini tidak hanya menghadirkan cita rasa lezat pada hidangan, tetapi juga menghadirkan manfaat kesehatan holistis. Kami merekomendasikannya untuk pencinta kuliner yang mencari keaslian rasa dan gaya hidup sehat.


Selain menjadi pilihan terbaik untuk memasak, FINECO juga cocok untuk perawatan kulit dan rambut alami. Hadirkan kebaikan alam tropis ke dalam rutinitas harian Anda dan nikmati sensasi kelezatan dan kesehatan yang tak tertandingi.

Komposisi utamaKelapa organik
KemasanBotol
Berat bersih100 ml, 250 ml, 500 ml, 1 L
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
Daya tahan24-36 bulan
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbu
View all
No.9

JavaraOrganic Virgin Coconut Oil

Harga referensi
Rp80.000
Agak Mahal

Virgin coconut oil yang minim proses sehingga nutrisinya tetap terjaga

VCO atau virgin coconut oil merupakan salah satu minyak yang baik untuk MPASI. Asam lemak di dalamnya bisa membantu memperlancar pencernaan bayi yang baru beralih ke MPASI. Peralihan dari makanan cair ke makanan padat memang bisa membuat bayi sembelit. Nah, memberikan VCO secara rutin bisa membantu melancarkan pencernaan bayi.


VCO dari Javara diproses dengan cara cold pressed dan centrifuge untuk menjaga nutrisinya agar dapat membantu meningkatkan sistem imun bayi. Aromanya wangi kelapa dan tidak bau tengik. Rasanya pun ringan di mulut sehingga Anda bisa memberikannya langsung untuk bayi.

Komposisi utamaDaging kelapa segar
KemasanBotol
Berat bersih100 ml, 250 ml, 1 L
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori130 kkal per sajian
Daya tahan24 bulan
Jumlah protein0 g
Tipe bumbu
View all
No.10

Dari BumiPure VCO Virgin Coconut Oil

Harga referensi
Rp90.000
Agak Mahal

Pilihan bijak bagi pencinta kecantikan organik dan kesehatan alami

Dari Bumi Pure VCO adalah minyak kelapa murni yang diproses secara alami tanpa bahan kimia. Dengan aroma dan rasa kelapa yang segar, produk ini menawarkan kualitas terbaik dari alam. Cocok untuk memasak, merawat rambut, dan perawatan kulit, minyak ini adalah pilihan sehat untuk seluruh keluarga. Produk ini direkomendasikan untuk semua orang yang mencari alternatif alami untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

Komposisi utamaKelapa segar
KemasanBotol
Berat bersih500 ml, 1 L
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
Daya tahan12 bulan
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbu
View all

Pertanyaan umum seputar minyak kelapa

Pertanyaan umum seputar minyak kelapa

Beberapa dari Anda mungkin masih bingung dan memiliki beberapa pertanyaan seputar minyak kelapa. Oleh karena itu, kami mengumpulkan beberapa pertanyaan yang banyak diajukan di internet dan akan menjawabnya di sini. Disimak, ya!

Apakah minyak kelapa dan VCO sama?

Minyak kelapa biasa dan virgin coconut oil (VCO) sama-sama berbahan dasar kelapa, tetapi dari penampilan luarnya berbeda. Minyak kelapa lebih pekat dan lebih berminyak, sedangkan VCO lebih jernih dan teksturnya ringan. Aroma VCO lebih segar, kuat, dan khas buah kelapa, sedangkan minyak kelapa tidak berasa dan tidak berbau.

Apa perbedaan minyak kelapa dan minyak goreng?

Minyak goreng yang banyak dipakai untuk memasak umumnya terbuat dari kelapa sawit, sedangkan minyak kelapa terbuat dari daging kelapa. Minyak sawit lebih tinggi kalori dibandingkan minyak kelapa. Minyak sawit mengandung lebih banyak lemak jenuh, sedangkan minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh dan tidak jenuh yang imbang.

Apakah minyak kelapa bisa memutihkan kulit?

Minyak kelapa disebut-sebut dapat memutihkan kulit. Sebenarnya, kandungan asam laurat di dalamnya berfungsi sebagai anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai makeup remover supaya kulit lebih glowing, kenyal, dan lembap.

Tips menggunakan minyak kelapa

Karakteristik minyak kelapa berbeda dengan minyak sawit. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tips menggunakan minyak kelapa.

Tim ke dalam air panas bila minyak mengeras dan sulit digunakan

Tim ke dalam air panas bila minyak mengeras dan sulit digunakan

Jika suhu turun hingga lebih rendah dari 25 °C, minyak kelapa akan mengeras dan berubah warna menjadi putih. Saat cuaca dingin, minyak akan mengeras, bahkan pada suhu kamar. Namun, Anda tak perlu khawatir karena hal ini tidak memengaruhi kualitas minyak kelapa.


Beberapa orang mungkin merasa lebih mudah menggunakan minyak kelapa saat teksturnya mengeras. Namun, bila Anda merasa kesulitan memakainya saat mengeras, cobalah untuk mengetim minyak kelapa tersebut terlebih dahulu.


Minyak kelapa akan kembali mencair pada suhu di atas 25 °C. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan air yang terlalu panas saat mengetimnya. Anda cukup memasukkan botol minyak ke dalam mangkuk berisi air panas bersuhu sekitar 40 °C sebelum digunakan. Hindari penggunaan oven microwave untuk memanaskan minyak kelapa karena microwave tidak dirancang untuk memanaskan minyak.

Simpan pada suhu normal dan pisahkan dalam wadah kecil higienis

Simpan pada suhu normal dan pisahkan dalam wadah kecil higienis

Jika Anda membeli produk dalam ukuran besar, siapkan wadah terpisah untuk setiap penggunaan. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak perlu terlalu sering membuka tutup kemasannya. Jika ingin mengoleskan langsung minyak kelapa pada kulit Anda, jangan menyendoknya langsung dengan jari. Gunakanlah spatula agar kebersihan minyak kelapa tetap terjaga.

Minyak kelapa untuk perawatan kecantikan

Minyak kelapa untuk perawatan kecantikan
  • Perawatan rambut
  • Minyak kelapa efektif dalam melembapkan rambut. Hanya dengan mengoleskan minyak kelapa ke rambut, Anda telah memberi perlindungan pada rambut.


    • Perawatan kulit

    Minyak kelapa kaya akan tocotrienol yang merupakan salah satu jenis vitamin E. Tocotrienol sendiri memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Anda bisa menggunakannya sebagai makeup remover atau pelembap. Sebagai informasi, tocotrienol memiliki kemampuan 40-60 kali lebih efektif dalam mencegah kerusakan akibat radikal bebas.


    • Perawatan kesehatan mulut

    Di India, minyak kelapa terkadang digunakan untuk perawatan mulut. Jika Anda peduli akan hal ini, silakan mencoba minyak kelapa. Anda bisa mulai dengan berkumur menggunakan minyak kelapa.

Cek kemungkinan alergi

Cek kemungkinan alergi

Selain mengandung lipid, minyak kelapa yang dapat dikonsumsi juga mengandung fitokimia. Kandungan ini bisa saja menimbulkan iritasi saat terkena kulit. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengecek alergi dengan mengoleskan sedikit minyak kelapa ke kulit. Jika Anda mengalami gejala seperti kesemutan, gatal, atau kemerahan, segera cuci bersih dan hentikan penggunaan minyak kelapa.

5 Rekomendasi Minyak Kelapa terbaik

No. 1: BarcoCoconut Cooking Oil

No. 2: BeorganikExtra Virgin Coconut Oil

No. 3: Vico BagoesVirgin Coconut Oil

No. 4: KaraMinyak Goreng Kelapa

No. 5: Ikan DorangIkan Dorang Spesial Minyak Goreng Kelapa

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Minyak Kelapa Terbaik [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.