• 10 Rekomendasi Minyak Kelapa Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Minyak Kelapa Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Minyak Kelapa Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Minyak Kelapa Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Minyak Kelapa Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Minyak Kelapa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Minyak kelapa telah dikenal memiliki banyak manfaat, seperti untuk menjaga kesehatan tubuh, menunjang diet, hingga digunakan sebagai perawatan wajah, tubuh, dan rambut. Ada banyak jenis minyak kelapa dari berbagai negara yang dijual di pasaran dengan berbagai keunggulan, tetapi tahukah Anda produk mana yang paling sesuai untuk Anda?

Kali ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih minyak kelapa yang bagus. Kami juga akan memperkenalkan produk yang direkomendasikan beserta penjelasan tentang berbagai keunggulannya. Mari dapatkan manfaat dari minyak kelapa untuk hidup yang lebih baik dan sehat!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 5.163 Views
Daftar isi

Cara memilih minyak kelapa

Pertama, kami akan membahas beberapa poin dalam memilih minyak kelapa yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam menentukan produk yang tepat.

Pilih berdasarkan negara asal dan cek label sertifikasi

Kelapa umumnya berasal dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, Amerika Latin, Afrika, dan lainnya. Apakah minyak kelapa yang diproduksi hampir di seluruh dunia ini memiliki perbedaan dalam rasa, aroma, dan kualitas? Mari kita periksa poin ini dengan lebih saksama.

Untuk rasa dan kualitas tinggi: kelapa asal Filipina atau Sri Lanka

Untuk rasa dan kualitas tinggi: kelapa asal Filipina atau Sri Lanka
Di antara berbagai negara asal, minyak kelapa dari Filipina dan Sri Lanka bisa dikatakan adalah yang paling direkomendasikan karena keduanya memiliki kendali terhadap mutu, rasa, dan kualitas dengan standar tinggi yang ditentukan oleh negara. Jika Anda menginginkan minyak kelapa yang dapat digunakan tanpa rasa ragu, cobalah untuk memilih minyak kelapa ini.
Sementara itu, minyak kelapa dari Sri Lanka memiliki ciri khas rasa yang lebih ringan sehingga mudah dikonsumsi. Jadi, produk ini sangat cocok untuk orang yang tidak menykai rasa lengket minyak kelapa di lidah. Namun, karena preferensi setiap orang berbeda terhadap rasa dan bau, pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan selera.

Perhatikan standar sertifikasi, misalnya produk organik dengan label USDA

Perhatikan standar sertifikasi, misalnya produk organik dengan label USDA
Sertifikasi organik adalah poin penting untuk memastikan keamanan produk yang akan digunakan. Label sertifikasi merupakan bukti bahwa negara telah melakukan pemeriksaan ada tidaknya pestisida, tingkat keamanan tanah, kualitas produk, jumlah komponen yang terkandung di dalamnya, dan lainnya. Sertifikasi adalah poin penting dalam memilih produk. Jadi, perhatikanlah poin ini dengan saksama.
Sebagai gambaran, jenis sertifikasi organik yang digunakan di Amerika Serikat adalah USDA Organic, untuk Eropa adalah Organic EU, dan di Jepang digunakan sertifikasi Organic JAS Standards. Sedangkan untuk Indonesia, terdapat sertifikasi dari SUCOFINDO yang memastikan apakah suatu produk pangan organik bebas dari zat kimia.
Setiap label sertifikasi tentunya telah memenuhi syarat sebagai standar yang tinggi. Memilih produk dengan satu label sertifikasi saja sudah bisa dikatakan cukup aman. Namun jika memungkinkan, pilihlah produk yang memiliki beberapa label sertifikasi. Selain itu, dengan mempertimbangkan adanya perbedaan dalam kadar penggunaan pestisida dan bahan tambahan sesuai negara asalnya, carilah produk yang sudah memperoleh banyak label sertifikasi untuk memantapkan pilihan Anda.

Pilih yang diproses dengan metode cold-pressed untuk menjaga rasa dan nutrisi

Pilih yang diproses dengan metode cold-pressed untuk menjaga rasa dan nutrisi
Meski menggunakan kelapa berkualitas tinggi, jika metode ekstrasi yang digunakan adalah metode kompresi konvensional untuk mendapatkan jumlah yang banyak dalam waktu singkat, suhu minyak akan menjadi lebih tinggi akibat gesekan dan mengalami oksidasi. Hal ini bisa mengakibatkan turunnya kualitas minyak yang dihasilkan, baik dari segi rasa, aroma, maupun nutrisi.
Sementara metode pemerasan dengan suhu dingin (cold-pressed) adalah proses pengekstraksian kelapa secara perlahan sehingga suhu tidak naik, nutrisi tidak rusak, dan menghasilkan minyak yang bukan hanya dapat dikonsumsi secara langsung, tetapi juga baik untuk digunakan pada kulit dan rambut!
Jika Anda ingin memeriksa metode pemrosesan suatu produk secara saksama, Anda dapat melihatnya pada bagian belakang kemasan atau di situs resmi produsen minyak kelapa tersebut. Minyak kelapa yang menjalani proses pengolahan secara kimia kemungkinan akan kehilangan nutrisinya. Jika tidak terdapat informasi detail mengenai cara pemrosesan ini, baik pada kemasan maupun pada situs resminya, periksalah tabel bahan-bahan yang terkandung di dalam produk tersebut.

Pilih yang berlabel “extra virgin” karena tidak diproses dengan bahan kimia

Pilih yang berlabel “extra virgin” karena tidak diproses dengan bahan kimia
Minyak yang diekstrak dari kelapa segar yang baru saja dipanen disebut virgin oil. Jika Anda mengharapkan lebih banyak manfaat dari minyak kelapa, pilihlah produk berlabel virgin oil atau extra virgin di mana kandungan dan rasa alaminya masih terjaga.
Selain label virgin oil, ada minyak kelapa berlabel RBD. Anda perlu berhati-hati saat menggunakan produk jenis ini karena RBD merupakan akronim untuk “Refined, Bleached, Deodorized” yang berarti minyak kelapa ini diproses secara kimia. Meskipun memiliki keunggulan dari segi harganya yang murah, jenis ini tidak akan memberikan manfaat secara maksimal karena kebanyakan produk ini sudah kehilangan nutrisi minyak kelapa yang sebenarnya.
Pengolahan lewat proses kimia dapat menghasilkan minyak kelapa yang tidak meninggalkan bau khas maupun tekstur yang lengket. Akan tetapi, metode ini bisa mengakibatkan produk tersebut kehilangan nutrisi pentingnya sehingga Anda tidak akan memperoleh manfaat terbaik dari minyak kelapa. Sebisa mungkin pilihlah minyak kelapa yang 100% murni.
Walaupun ada rumor yang menyatakan bahwa virgin oil mudah teroksidasi, hal itu tidaklah benar. Minyak kelapa umumnya tahan hingga 2 tahun jika belum dibuka kemasannya, bahkan tetap baik digunakan hingga 3 bulan setelah kemasan dibuka.

Untuk diet, pilih produk yang rasio asam lemak rantai menengahnya lebih dari 60%

Untuk diet, pilih produk yang rasio asam lemak rantai menengahnya lebih dari 60%
Dalam memilih minyak kelapa, disarankan agar Anda memeriksa tabel bahan dan memperhatikan rasio asam lemak rantai menengah (medium-chain triglycerides) sebagai salah satu poin panduan. Rasio yang normal adalah sekitar 60-80%. Jadi, sebaiknya pilihlah produk dengan rasio asam lemak rantai menengah lebih dari 60%.
Asam lemak rantai menengah lebih cepat mengurai hingga 4-5 kali daripada minyak biasa. Oleh karena itu, minyak ini akan lebih sulit menumpuk di dalam tubuh dan tidak mudah menjadi lemak.
Di antara sekian banyak produk minyak kelapa, ada yang mengandung 100% asam lemak rantai menengah (MCT). Bagi Anda yang sedang menjalani diet, produk seperti ini merupakan pilihan paling tepat. Akan tetapi, jangan lupa bahwa minyak kelapa tetaplah minyak. Jadi, tidak disarankan untuk mengonsumsinya terlalu banyak. Asupan minyak kelapa yang disarankan adalah sekitar 2-3 sendok makan per hari. Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti minyak saat memasak, atau pengganti butter pada olesan roti.

10 Rekomendasi minyak kelapa terbaik

Setelah memahami poin-poin dalam memilih minyak kelapa, sekarang kami akan memperkenalkan 10 produk yang direkomendasikan. Pilihlah produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda!

10. Jarrow Formulas Extra Virgin Coconut Oil

Rp 311.250,00

8. Nakula Organic Coconut Oil

Rp 375.000,00

5. Coco Milagro Extra Virgin Coconut Oil

Rp 95.000,00

4. Now Real Food Organic Virgin Coconut Oil

Rp 214.613,00

3. Nutiva Organic Virgin Coconut Oil

Rp 250.000,00

2. Bali Buda Virgin Coconut Oil

Rp 85.000,00

1. Garden of Life Raw Extra Virgin Coconut Oil

Rp 400.000,00

Tip seputar penggunaan minyak kelapa

Jika Anda menemukan minyak kelapa favorit, Anda tentu ingin segera menggunakannya, bukan? Namun, apakah minyak tersebut ditujukan untuk penggunaan tertentu? Apakah minyak tersebut aman digunakan meskipun teksturnya mengeras? Berikut ini kami telah merangkum pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul terkait minyak kelapa.

Jika minyak mengeras dan sulit digunakan, gunakanlah air panas

Jika minyak mengeras dan sulit digunakan, gunakanlah air panas
Ketika suhu turun hingga lebih rendah dari 25° C, minyak kelapa akan mengeras dan berubah menjadi berwarna putih. Saat cuaca dingin, minyak akan mengeras bahkan pada suhu kamar. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini tidak mempengaruhi kualitas. Meskipun cukup banyak orang yang merasa lebih mudah menggunakan minyak kelapa saat teksturnya mengeras, jika Anda merasa kesulitan memakainya, cobalah untuk mengetim minyak kelapa tersebut terlebih dahulu.
Karena minyak kelapa akan kembali mencair pada suhu di atas 25° C, Anda tidak perlu menggunakan air yang terlalu panas saat mengetimnya. Anda bisa memasukkan botol minyak ke dalam mangkuk berisi air panas bersuhu sekitar 40° C beberapa saat sebelum digunakan. Sementara itu, hindarilah menggunakan oven microwave untuk memanaskan minyak kelapa karena ada risiko munculnya percikan api.

Simpan pada suhu normal dan pisahkan dalam wadah kecil agar tetap higienis

Simpan pada suhu normal dan pisahkan dalam wadah kecil agar tetap higienis
Meski minyak kelapa dapat berubah bentuk dengan cepat menjadi cair atau mengeras, tetapi kualitasnya tidak akan menurun. Suhu penyimpanannya pun cukup pada suhu normal. Namun, penting untuk menjaganya agar tetap higienis.
Jika Anda membeli produk dalam ukuran besar, siapkan wadah terpisah untuk setiap penggunaan supaya tidak perlu terlalu sering membuka tutup kemasannya. Jika ingin mengoleskan langsung minyak kelapa pada kulit Anda, jangan menyendoknya langsung dengan jari, tetapi gunakan spatula agar kebersihannya tetap terjaga.

Jangan mengonsumsi terlalu banyak, perhatikan jumlah kalorinya

Jangan mengonsumsi terlalu banyak, perhatikan jumlah kalorinya
Meski minyak kelapa memiliki manfaat untuk membantu diet, sebenarnya minyak kelapa mengandung sekitar 100 kalori per sendok makan. Jadi, tidak bisa juga dikatakan sama sekali rendah kalori. Sebagai perbandingan, minyak sayur dan minyak zaitun juga memiliki jumlah kalori yang kurang lebih sama.
Alasan mengapa minyak kelapa dikatakan baik untuk diet adalah karena karakteristik asam lemak rantai menengah yang menempati setengah bagian dalam bahan minyak kelapa yang sulit terakumulasi dalam tubuh. Jadi, perhatikanlah penggunaan minyak kelapa Anda dengan baik agar tidak terjadi efek sebaliknya dari yang diinginkan untuk mengurangi berat badan.

Gunakan minyak kelapa sebagai minyak pengganti

Gunakan minyak kelapa sebagai minyak pengganti
Penggunaan yang disarankan untuk mencegah konsumsi yang berlebihan adalah menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti produk yang biasa Anda gunakan. Selain digunakan untuk masakan, Anda juga bisa menjadikan minyak kelapa sebagai pengganti margarin untuk dioleskan pada roti.
Karena memiliki karakteristik sulit teroksidasi, minyak kelapa juga cocok untuk makanan yang digoreng. Selain itu, Anda juga bisa menikmati aroma lembut kelapa atau menggunakannya sebagai pelembap dengan mengoleskan sedikit minyak kelapa pada kulit.

Kesimpulan

Karena memiliki kandungan asam lemak rantai menengah serta kaya akan protein dan vitamin E yang baik bagi tubuh, minyak kelapa merupakan salah satu minyak yang menjadi primadona di kalangan masyarakat. Anda dapat memanfaatkan minyak ini mulai dari urusan dapur hingga penggunaan pribadi.
Nah, bagaimana penjelasan kami pada artikel minyak kelapa kali ini? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam memilih produk yang paling tepat bagi kebutuhan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    19.477 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    21.367 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Makanan & minuman
    18.090 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran mulai dari teh hijau, teh melati, teh herbal, teh untuk diet, dan berbagai jenis lainnya dengan rasa dan aroma yang beragam. Semua jenis tersebut ada yang dikemas dalam bentuk celup, bubuk, maupun tubruk.Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih teh chamomile serta menjelaskan apa saja manfaat yang didapat jika mengonsumsi teh chamomile. Kami juga merekomendasikan produk teh chamomile terbaik dari merek Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    8.404 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, kopi instan juga ada yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafein. Di Indonesia, banyak pilihan merek kopi instan terkenal seperti Nescafe, Torabika, dan Kapal Api yang mengeluarkan berbagai jenis produk.Kali ini, kami akan merekomendasikan kopi instan yang terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih kopi instan agar Anda dapat menemukan produk yang terbaik bagi Anda. Di bagian akhir, kami juga akan menjelaskan cara menyajikan kopi hingga rasanya menjadi lebih nikmat. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    9.966 Views
  • 10 Rekomendasi Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa yang tidak suka bersantap snack atau makanan ringan? Snack dapat Anda nikmati kapan pun dan di mana pun. Baik saat santai menonton film maupun berpesta di rumah, pasti terasa kurang apabila Anda tidak melengkapinya dengan aneka makanan ringan.Dalam artikel ini, ada sepuluh rekomendasi snack terbaik yang dijamin membuat Anda ketagihan! Dari merek makanan ringan Cheetos, Pringles, Calbee, Lay’s, Tohato Caramel Corn, dan IRVINS dengan salted egg skin fish yang happening akhir-akhir ini. Yuk, simak artikel ini!
    Makanan & minuman
    8.059 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Kedelai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Kedelai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Susu kedelai adalah minuman yang memiliki banyak manfaat. Saat ini, susu kedelai telah dijual di berbagai minimarket sehingga mudah Anda dapatkan. Selain rasa original yang populer, ada banyak varian rasa seperti cokelat atau stroberi yang bisa Anda nikmati. Susu kedelai juga bisa dijadikan sebagai pengganti susu sapi bagi Anda yang alergi.Jangan lewatkan ulasan kali ini karena kami akan menjelaskan hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih susu kedelai. Tidak lupa, kami juga memberikan rekomendasi susu kedelai yang tidak hanya nikmat, tetapi juga menyehatkan! Merek terkenal seperti Australia’s Own Organic, V Soy, KK, dan Unisoy dapat dijadikan pilihan!
    Makanan & minuman
    5.771 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori