10 Rekomendasi Cheese Slicer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Cheese Slicer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Apakah Anda pernah membeli keju batangan? Keju batangan dapat langsung dinikmati dalam bentuk kotak-kotak besar yang dipotong menggunakan pisau atau pemotong lainnya. Namun, ketika Anda hendak memotong keju semi keras dengan tipis, Anda mungkin kesulitan jika menggunakan pisau biasa. Karena itu, Anda memerlukan sebuah cheese slicer. 

Saat ini, tersedia berbagai jenis cheese slicer yang mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih cheese slicer yang bagus, serta memperkenalkan 10 rekomendasi produk terbaik dari merek terkenal seperti Westmark, Boska, dan Bjørklund untuk Anda. Simak terus informasinya!

Daftar isi

Apa itu cheese slicer?

Apa itu cheese slicer?

Cheese slicer adalah alat yang digunakan untuk memotong keju dengan tipis atau membuat lembaran keju. Alat ini digunakan untuk mengerik permukaan keju bertekstur keras atau keju bertekstur semi keras yang tidak terlalu lembek. Anda dapat memotongnya dengan ketebalan tertentu atau mengirisnya tipis-tipis sebagai teman makan roti.

Cheese slicer paling terkenal adalah yang berbentuk seperti sendok atau plaster cheese. Tipe ini dibuat oleh seseorang berkebangsaan Norwegia pada tahun 1925. Bjørklund (Björklung) merupakan produsen cheese slicer bentuk sendok yang paling terkenal. Namun, dengan bentuk yang sama, produk dari perusahaan lain juga tak kalah praktis digunakan.

Selain itu, ada juga tipe slicer lain, seperti tipe peeler dan tipe girolle yang digunakan untuk mengerik keju Tête de Moine, yaitu keju bertekstur semi keras dari Swiss, menjadi bunga kecil yang disebut rosette atau hiasan berbentuk mawar dari keju. Bila Anda seorang pencinta keju tentu akan menyukai tipe-tipe slicer yang unik ini.

Cara memilih cheese slicer

Tidak seperti keju yang dipotong dengan pisau biasa, keju yang dipotong dengan cheese slicer akan menghasilkan tekstur dan rasa yang unik. Anda bahkan akan mendapatkan rasa yang lebih variatif ketika Anda menggunakannya sebagai topping pada makanan. Mari simak jenis-jenis cheese slicer yang mudah digunakan dan poin penting yang harus diperhatikan ketika memilihnya!

Pilih slicer menurut tipenya

Secara garis besar, cheese slicer dapat dibagi menjadi 3 tipe. Berikut, kami akan memperkenalkan kegunaan dari masing-masing tipe.

Slicer tipe bjørklund yang hasilkan potongan keju tipis

Slicer tipe bjørklund yang hasilkan potongan keju tipis

Cheese slicer tipe ini adalah pemotong keju berbentuk seperti sendok yang klasik. Karakteristik utamanya adalah dapat digunakan untuk memotong keju dengan tipis karena slicer ini bisa mengerik permukaan keju keras seperti alat untuk mengerik permukaan kayu. Bentuk dan ukuran slicer ini cocok digunakan untuk keju berukuran besar.

Cheese slicer ini dapat menghasilkan potongan keju yang tipis, tetapi jika Anda menginginkan potongan yang tidak terlalu tipis, akan lebih baik jika Anda menggunakan tipe peeler. Namun, hasil potongan akan dipengaruhi juga oleh kekuatan dan ketajaman pisau peeler.

Slicer tipe peeler yang meluncur mudah menghasilkan lembaran keju tipis

Slicer tipe peeler yang meluncur mudah menghasilkan lembaran keju tipis

Tipe ini berbentuk seperti peeler dengan tambahan roller di ujungnya sehingga slicer ini dapat dengan mudah bergerak di permukaan keju. Selain itu, terdapat sebuah kawat yang dibentangkan di ujung alat, kawat inilah yang digunakan untuk memotong keju menjadi lembaran tipis.

Tidak seperti slicer tipe bjørklund, potongan keju yang dihasilkannya sedikit lebih tebal, tetapi pas untuk menjadi pengisi sandwich. Slicer ini lebih efektif dibanding pisau biasa ketika Anda memerlukan keju dengan ketebalan yang pas untuk isian sandwich.

Slicer tipe girolle yang dibuat khusus untuk keju Swiss

Slicer tipe girolle yang dibuat khusus untuk keju Swiss

Cheese slicer terakhir adalah girolle. Girolle atau cheese curler ini khusus digunakan untuk memotong keju semi keras, seperti Tête de Moine yang berasal dari Swiss. Namun, cheese slicer tipe ini masih jarang dijumpai di Indonesia. Untuk itu, silakan Anda memilih cheese slicer yang dapat dengan mudah ditemukan dan dibeli di online shop.

Pilih produk yang mudah disimpan

Pilih produk yang mudah disimpan

Di mana sajakah Anda biasa menggunakan cheese slicer? Mungkin Anda akan menggunakannya tidak hanya di dapur, tetapi juga di meja makan atau dalam perjalanan.

Maka dari itu, ada baiknya jika Anda memeriksa kembali ukuran dan kemudahan dalam menyimpan cheese slicer tersebut. Berdasarkan ukurannya, tipe peeler adalah tipe yang paling compact dan mudah dibawa, tipe lain seperti slicer bjørklund mempunyai ukuran yang lebih besar. Selain itu, tipe girolle yang digunakan untuk mengerik keju Tête de Moine pun termasuk tipe yang tidak cocok untuk dibawa bepergian karena menyita cukup banyak tempat.

Di samping itu, baik tipe bjørklund maupun tipe peeler biasanya memiliki simpul atau lubang sehingga Anda dapat menggantungnya setelah selesai menggunakannya. Periksa juga poin ini agar Anda lebih mudah menyimpannya.

10 Rekomendasi cheese slicer terbaik

Dengan beragam bentuk cheese slicer yang tersedia di pasaran, berikut kami akan memperkenalkan 10 rekomendasi cheese slicer terbaik yang telah kami rangkum untuk Anda. Silakan mengacu pada poin-poin memilih di atas dan pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Fackelmann Line 4 Cheese Slicer 24 cm

10. Fackelmann Line 4 Cheese Slicer 24 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 37.000

Slicer dengan harga ekonomis dan tahan lama

Bagi Anda yang mencari cheese slicer yang ramah di kantong dan tahan lama, slicer tipe bjørklund ini adalah produk yang tepat bagi Anda. Dengan harga kurang dari 50 ribu rupiah saja, Anda sudah dapat memiliki cheese slicer yang terbuat dari material stainless steel ini. Karena terbuat dari material stainless steel, produk ini tidak mudah berkarat dan tahan lama.

Anda pun tak perlu khawatir produk berbahan stainless steel ini akan terasa berat dan membuat tangan lelah saat digunakan. Handle-nya memiliki rongga sehingga bobotnya relatif ringan dan mudah digunakan. Selain itu, pada ujung produk ini terdapat lubang untuk menggantungnya di tempat yang mudah dijangkau setelah dicuci. Praktis, bukan?

9. Adjustable Cheese Slicer

9. Adjustable Cheese Slicer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 85.500

Cheese slicer berukuran mungil yang mudah disetel

Bagi Anda yang mencari cheese slicer yang memiliki ukuran mini dan mudah untuk digunakan, Adjustable Cheese Slicer ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan gagang berdimensi 12 x 2 cm, slicer tipe peeler ini tentunya pas dalam genggaman tangan Anda sehingga mudah digunakan untuk mengerik keju.

Produk ini juga dilengkapi dengan kawat pengiris berbahan stainless steel yang antikarat serta body yang full metal sehingga produk ini akan awet digunakan untuk jangka waktu yang lama. Produk ini pun multifungsi karena dapat menghasilkan lembaran keju dengan ketebalan yang berbeda-beda cukup dengan menyetel bagian tengah dari alat ini.

8. Oxone OX-042 Rainbow 8pcs Utensil

8. Oxone OX-042 Rainbow 8pcs Utensil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 190.000

8 alat dalam 1 set, cheese slicer pun serasi dengan perkakas dapur lainnya

Bila Anda berencana melengkapi kebutuhan dapur Anda, produk ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Bukan hanya pemotong keju saja, dengan membeli produk ini Anda juga akan mendapatkan 7 macam alat perlengkapan dapur lainnya dengan warna-warni cantik dan model serasi yang turut memperindah tampilan dapur Anda.

Rangkaian produk ini pun terbuat dari bahan stainless steel yang tahan karat serta bahan plastik berkualitas tinggi yang sudah food grade dengan pegangan dari bahan plastik. Anda dapat menggunakan cheese slicer tipe bjørklund dari rangkaian produk yang ditandai dengan gagang berwarna hijau untuk mengerik keju kesukaan Anda dengan aman.

7. My Choice Marble Cheese Slicer

7. My Choice Marble Cheese Slicer

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 189.905

Dilengkapi alas marble cantik dengan dua fungsi!

Marble atau marmer merupakan batu alami yang terkenal akan corak alaminya. Dilengkapi dengan alas marble, produk ini membuat Anda tak perlu repot lagi mencari alas untuk memotong keju favorit. Selain itu, dengan coraknya yang indah, produk ini pun juga dapat difungsikan sebagai piring saji untuk roti saat sarapan agar Anda lebih hemat cucian.

Dengan 2 fungsi tersebut, slicer tipe peeler ini cocok bagi Anda yang menyukai kepraktisan dalam memasak. Kelebihan lainnya ialah suhu potongan keju Anda akan tetap sejuk dan tidak mudah lengket karena bahan marble-nya. Produk ini pun dilengkapi kaki antiselip yang menjaga alasnya agar tidak mudah bergeser saat Anda memotong keju.

6. Cheese Slicer dengan Gagang Antiselip

6. Cheese Slicer dengan Gagang Antiselip

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 378.000

Dengan pegangan antiselip, tak perlu khawatir licin

Memasak sendiri di rumah dapat menjadi salah satu usaha untuk menjaga kesehatan anggota keluarga Anda. Namun, dalam kegiatan masak-memasak, seringkali tangan Anda menjadi basah dan licin sehingga Anda kesulitan saat menggunakan berbagai peralatan. Karena itu, produk ini cocok untuk Anda yang ingin mengatasi masalah tersebut.

Dengan 5 setrip plastik yang menonjol pada area ibu jari saat Anda menggenggam, Anda tidak perlu khawatir cheese slicer ini akan tergelincir dan menyebabkan potongan keju yang tidak pas tebalnya. Bahannya pun terbuat dari profesional gauge stainless steel sehingga cheese slicer tipe bjørklund ini pun awet dan bisa digunakan untuk jangka panjang.

5. Westmark Cheese Slicer “Rollschnitt” Retro-Look

5. Westmark Cheese Slicer "Rollschnitt" Retro-Look

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 603.000

Slim dan hemat tempat di dalam keranjang piknik Anda!

Bila Anda dan keluarga senang berpiknik, membuat homemade sandwich di tempat piknik dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Jika demikian, produk berikut tentunya akan cocok untuk Anda yang memerlukan slicer dengan ukuran ringkas untuk bisa dibawa bepergian karena ukurannya yang hanya 14 x 11 x 1 cm.

Selain itu, dengan pegangan yang ergonomis, bodi yang terbuat dari aluminium, serta kawat pemotong yang terbuat dari stainless steel berkualitas menjadikan slicer tipe peeler ini cocok bagi Anda yang mengutamakan kualitas. Produk ini juga cocok untuk Anda gunakan memotong keju yang bertekstur lembut yang telah dibekukan hingga semi keras.

4. Boska Ivoric Cheese Slicer

4. Boska Ivoric Cheese Slicer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 982.000

Dibuat dari satu bagian utuh stainless steel yang kuat

Produk ini terbuat dari satu bagian utuh stainless steel yang dibentuk menjadi bagian pisau dan bagian pegangannya sehingga tidak mudah patah atau terlepas dari pisaunya meski dicuci menggunakan dishwasher. Karena bahannya yang terbuat dari stainless steel, slicer tipe bjørklund ini bebas karat walau sering terkena air atau udara lembap.

Produk ini juga dirancang tanpa banyak lekukan pada bagian pegangan dan pada area antara pisau dengan gagang sehingga tidak akan meninggalkan banyak potongan keju yang tersangkut. Dengan ini, hasil potongan keju pun lebih cantik. Produk ini akan cocok sekali bagi Anda yang tak ingin repot membersihkan sisa-sisa keju pada mata pisau cheese slicer.

3. Westmark Cheese Slicer Gallant

3. Westmark Cheese Slicer Gallant

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 605.153

Mata pisau antikorosi, tangguh untuk dicuci dan dipakai setiap hari

Bila keju adalah salah satu makanan favorit yang sering Anda nikmati di rumah, tentu Anda akan sering menggunakan cheese slicer. Entah untuk membuat cheese sandwich atau lasagna, Anda tentunya memerlukan alat yang tahan lama, mudah untuk disimpan, dan nyaman ketika digenggam untuk menunjang kegiatan masak-memasak Anda di rumah.

Jika demikian, produk ini layak untuk Anda pertimbangkan. Slicer tipe bjørklund ini memiliki mata pisau berbahan stainless steel yang tahan terhadap reaksi korosi. Selain itu, pegangannya juga terbuat dari plastik yang nyaman dan terasa lembut dipegang dengan bagian ujung yang berlubang sehingga mudah digantung saat selesai dicuci untuk disimpan kembali.

2. Boska Cheese Slicer Taste

2. Boska Cheese Slicer Taste

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 685.446

Desain klasik dari gagang kayu yang nyaman digenggam

Mata pisau produk berikut ini terbuat dari bahan stainless steel yang tahan karat serta dilengkapi dengan gagang kayu yang begitu nyaman digenggam ketika sedang digunakan memotong keju. Bagi Anda yang menyukai desain klasik dari kayu untuk melengkapi koleksi alat dapur Anda, produk ini tentunya tidak boleh Anda lewatkan.

Dengan gagang kayu berwarna gelap, kesan etniknya begitu terasa. Selain itu, dengan dimensi 8 x 2 x 28 cm, slicer tipe bjørklund ini memiliki handle dengan panjang yang pas untuk memudahkan pergerakan tangan Anda pada saat mengerik keju semi keras sampai keju keras sekalipun. Nikmati setiap potongan keju favorit Anda bersama produk ini!

1. Bjørklund Cheese Slicer

1. Bjorklund Cheese Slicer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 713.000

Mengerik keju dengan sangat mudah, nyaris tanpa tenaga

Bila Anda mencari cheese slicer dengan kualitas yang memukau, produk berikut merupakan pilihan yang tepat bagi Anda. Dengan pisau super tajam, produk ini bisa meluncur dengan mudah pada permukaan keju. Hasil potongan mulus dan cantik, Anda pun dapat mengerik setiap bagian keju kesukaan Anda tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga.

Slicer tipe bjørklund ini pertama kali diciptakan oleh seorang tukang kayu berkebangsaan Norwegia, yaitu Thor Bjørklund pada tahun 1925 yang kesulitan memotong keju dengan pisau biasa. Dengan pengalaman lebih dari 90 tahun, produsen ini terus berinovasi untuk menjamin kualitas dan kemampuan produknya dalam mengiris keju. Menarik, bukan?

Kesimpulan

Setelah membaca informasi yang kami sajikan, apakah Anda sudah menemukan cheese slicer untuk mengerik atau memotong keju kesukaan Anda? Keju yang diiris dengan ketebalan yang pas akan menghasilkan kelezatan dan tekstur yang sempurna di setiap gigitannya. Karena itu, pastikan Anda menggunakan cheese slicer yang tepat.

Selain untuk keperluan pribadi, cheese slicer juga dapat dijadikan hadiah untuk teman dan kerabat Anda yang pencinta keju. Kami harap Anda menemukan cheese slicer yang tepat dan segera dapat menikmati keju favorit bersama keluarga Anda tercinta.