10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2018)

Ketika Anda memutuskan untuk memelihara hamster, Anda harus mempersiapkan kandangnya. Ada beberapa jenis kandang hamster, seperti kandang yang terbuat dari kawat, kandang plastik, serta akuarium sederhana. Ukuran kandang disesuaikan dengan ukuran tubuh hamster yang Anda pelihara, apakah jenis big golden ataupun djungarian hamster.

Tentu harga kandang hamster juga bervariasi. Anda juga perlu memperhatikan kebersihan dan kenyamanan hamster-nya. Kali ini, kami akan merekomendasikan kandang hamster dengan berbagai bentuk dan ukuran, dari yang besar hingga kecil, dari yang sederhana hingga yang unik. Tentukanlah kandang hamster yang paling pas untuk hamster peliharaan Anda!

Daftar isi

Cara memilih kandang untuk hamster

Oleh karena hamster hidup di kandang, Anda perlu memberikan kandang yang sesuai dan nyaman untuk hamster Anda. Memilih kandang yang tepat akan mengurangi risiko hamster Anda cedera, sakit, dan lebih tidak stres sehingga hamster Anda akan hidup lebih lama. Pertama-tama kami akan merekomendasikan cara memilih kandang hamster yang baik.

Pilih berdasarkan jenis kandangnya

Jenis kandang hamster yang umum adalah kandang yang terbuat dari plastik, dari kawat, akuarium,  atau kotak penyimpanan. Masing-masing jenis kandang memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga Anda harus mengerti terlebih dahulu karakteristik setiap jenis kandang hamster ini.

Kandang hamster dari kawat, paling umum digunakan

Kandang hamster dari kawat, paling umum digunakan

Jenis kandang hamster paling umum adalah kandang yang bagian atasnya terbuat dari jeruji kawat dan bagian bawahnya terbuat dari plastik. Kedua bagian tersebut bisa dipisahkan sehingga akan memudahkan Anda saat hendak membersihkannya. Dari segi harga juga cukup ekonomis, tetapi ada kekhawatiran hamster bisa terluka akibat tersangkut kawat.

Sebagai tambahan, ketika hamster merasa bosan atau stres, biasanya hamster memanjat kawat bagian atas kandangnya sehingga ada kemungkinan terjatuh. Oleh karena sering terjatuh, bisa saja hamster mengalami patah tulang. Untuk mengurangi rasa stres hamster di dalam kandang, jangan lupa untuk memasang roda berputar sebagai alat main hamster.

Kandang plastik dengan desain yang bervariasi

Kandang plastik dengan desain yang bervariasi

Pada kandang jenis ini, tidak hanya bagian bawahnya yang terbuat dari plastik, tetapi bagian atasnya juga. Karakteristik kandang jenis ini adalah desainnya yang unik dan bevariasi, misalnya kandang hamster dua tingkat, bahkan tiga tingkat.

Biasanya, kandang hamster ini sudah dilengkapi dengan botol minum dan roda berputar sehingga cocok untuk Anda yang baru pertama kali memelihara hamster. Dengan membeli kandang hamster yang sudah lengkap, tentu akan terasa lebih pas dan menyatu daripada jika membeli kandang dan aksesori secara terpisah.

Namun, jenis kandang yang bentuknya seperti jeruji atau kandang dengan desain yang rumit bisa menyebabkan hamster tersangkut atau terjepit di antara sela-selanya. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati dan mengawasi hamster Anda juga.

Kandang jenis akuarium kaca, lebih sederhana dan jarang masalah

Kandang jenis akuarium kaca, lebih sederhana dan jarang masalah

Faktanya, kandang hamster yang berbentuk akuarium lebih cocok untuk tempat tinggal hamster. Bentuknya yang sederhana membuat risiko hamster tersangkut kawat atau terjepit aksesori menjadi tidak ada sehingga lebih aman dan nyaman untuk tempat tinggal hamster.

Umumnya kandang hamster dari akuarium terbuat dari bahan kaca dan akrilik yang berbentuk tangki. Bahan kaca meskipun berat, tetapi tidak mudah tergores sehingga lebih tahan lama. Sedangkan bahan akrilik lebih ringan sehingga lebih mudah untuk dipindahkan. Selain itu, karena tidak ada aksesori tambahan seperti kawat-kawat, Anda bisa memotret kegiatan hamster Anda di dalam kandang dengan lebih jelas lagi.

Kandang hamster jenis kotak penyimpanan, dapat diletakkan di lingkungan luas

Kandang hamster jenis kotak penyimpanan, dapat diletakkan di lingkungan luas

Kandang hamster jenis ini tidak banyak dijual. Keunikan kandang hamster jenis ini adalah bentuknya menyerupai kotak penyimpanan kostum. Dengan menggunakan kandang seperti ini, Anda lebih menghemat tempat dan bisa dibawa kemana-mana. Untuk hamster, kandang tertutup seperti ini cocok untuk masa pemulihan sehabis luka atau cedera karena akan membangkitkan kepercayaan dirinya.

Namun, jika dibandingkan dengan jenis kandang lainnya, Anda tidak bisa melihat bagian dalam kandang hamster ini dari luar karena bentuknya yang sangat tertutup. Kemungkinan Anda hanya bisa melihatnya melalui jendela. Jenis kandang ini tidak cocok untuk Anda yang sering mengobservasi hamster Anda.

Pilih ukuran kandang yang cukup luas untuk hamster Anda

Pilih ukuran kandang yang cukup luas untuk hamster Anda

Hamster liar hidup di kawasan dataran kering yang luas sehingga mereka terbiasa untuk berjalan jauh. Oleh karena itu, jika Anda menempatkan hamster Anda di tempat yang sempit, bisa-bisa hamster Anda mengalami obesitas, stres, dan mudah sakit karena kurang olahraga. Anda harus bisa menyesuaikan ukuran kandang yang pas untuk hamster Anda. Sebisa mungkin pilih yang berukuran lebar untuk kenyamanan hamster.

Namun, jika Anda terkendala dengan keterbatasan ruangan, Anda bisa menggunakan ukuran umum ini. Untuk hamster jenis golden dan kinka, ukuran kandang minimumnya adalah 60 x 45 cm atau lebih. Sedangkan untuk hamster jenis djungarian dan hamster robarovski ukuran kandang minimunya 45 x 30 cm. Ukuran tingginya juga harus ideal, jangan sampai terlalu pendek sehingga hamster kesulitan untuk berdiri.

Hindari jenis kandang yang rumit karena bisa melukai hamster

Hindari jenis kandang yang rumit karena bisa melukai hamster

Kandang hamster biasanya dibuat dengan sangat rumit untuk estetika dan persaingan penjualan. Selain itu, ada beberapa pencinta hamster yang melakukan modifikasi pada kandang. Kerumitan kandang ini perlu diperhatikan karena tubuh hamster yang kecil bisa saja tersangkut atau terjepit di celah kecil dalam kandang. Bisa-bisa hamster mengalami cedera atau bahkan patah tulang.

Hamster sebenarnya tidak terlalu butuh gerakan naik turun atau memanjat. Jatuh dari ketinggian bisa menyebabkan hamster gegar otak atau patah tulang. Hal tersebut sangat berbahaya. Jika Anda ingin hamster Anda hidup dengan tenang dan nyaman, pilihlah kandang yang cukup luas dengan desain yang sederhana.

Untuk keamanan, sebaiknya Anda memilih sendiri aksesori di kandang hamster

Untuk keamanan, sebaiknya Anda memilih sendiri aksesori di kandang hamster

Di dalam kandang hamster, ada beberapa aksesori yang harus Anda atur. Mulai dari tempat makannya, botol minum, roda berputar, rumah-rumahan, kandang, serta tempat khusus saat hamster berkembang biak. Namun, beberapa aksesori biasanya tidak memuaskan dan tidak bisa digunakan dengan baik. Mungkin karena tidak pas dengan kandangnya.

Hal ini biasa terjadi ketika Anda memilih membeli satu set kandang hamster dan aksesori dengan harga yang murah. Ada banyak ketidakpuasan, seperti roda berputar yang mengeluarkan suara mengganggu, atau botol minum yang bocor, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang serius ingin memelihara hamster, Anda sebaiknya mengatur sendiri aksesori-aksesori di dalamnya dan memastikan kualitasnya. Pertama-tama, sebaiknya Anda membeli kandangnya terlebih dahulu baru setelahnya membeli aksesori yang sesuai satu per satu. Jika Anda memang benar-benar ingin membeli semuanya satu set, belilah dari produsen yang kualitasnya sudah terpercaya.

10 Rekomendasi kandang terbaik untuk hamster

Berikut ini kami akan merekomendasikan beberapa produk kandang hamster terbaik. Sebelum memilih, perhatikan kembali poin-poin penting yang telah dijelaskan sebelumnya untuk mendapat kandang hamster yang sesuai dengan keinginan Anda.

10. Kandang Hamster Box Modifikasi

10. Kandang Hamster Box Modifikasi

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.000

Desain sederhana dan ekonomis untuk peternak hamster

Bagi Anda peternak hamster atau orang yang memiliki banyak hamster, pastinya memerlukan tempat yang efisien dan ekonomis untuk memelihara hamster Anda. Kandang hamster berbentuk boks plastik ini adalah hasil modifikasi boks plastik biasa yang ditambahkan jeruji besi.

Kandang sederhana ini selain harganya murah, juga lebih mudah dibersihkan sehingga Anda lebih menghemat waktu. Oleh karena tidak ada banyak aksesori di dalamnya, kandang ini juga lebih aman dibandingkan kandang jenis lainnya. Namun, untuk Anda yang ingin melihat gerakan-gerakan hamster Anda, kandang jenis ini sedikit kurang sesuai.

9. Apple Style Hamster Cage

9. Apple Style Hamster Cage

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 39.500

Kandang apel yang imut serasi untuk hamster Anda yang lucu

Bagi Anda yang tinggal di apartemen ataupun kamar kos bukan menjadi penghalang untuk memelihara hamster kesayangan. Dengan lebar yang hanya 20 cm, sangat membantu Anda dalam meletakkan kandang pada ruangan yang cukup terbatas. Selain itu, tentunya desain berbentuk apel akan mempercantik ruangan Anda.

Kelebihan kandang sederhana seperti ini adalah lebih mudah dibersihkan karena sudut wadahnya tidak berbentuk siku-siku, serta lebih mudah dibuka antara bagian atas dan bawahnya. Namun, kandang ini cukup tertutup sehingga Anda kurang bisa menikmati gerakan-gerakan hamster Anda.

8. Kandang Hamster 2 Tingkat

8. Kandang Hamster 2 Tingkat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 213.000

Desain kandang 2 tingkat, memisahkan tempat bermain dan istirahat

Kandang yang terbuat dari perpaduan antara material wire mesh dan plastik merupakan yang paling favorit digunakan untuk memelihara hamster. Kandang tipe 2 tingkat akan memisahkan tempat bermain dan istirahat hamster. Bagian atas untuk istirahat, dan bagian bawah yang lebih lebih luas digunakan untuk hamster Anda bermain atau berolahraga.

Dengan bentuk yang terpisah ini, hamster Anda tidak akan mudah terserang penyakit akibat kotoran atau serbuk gergaji yang lembap, yang dapat menyebabkan jamur. Bagi Anda yang ingin hamster Anda tinggal dengan nyaman dan sehat, kandang tipe ini bisa dipertimbangkan.

7. Kandang Hamster 3 Tingkat

7. Kandang Hamster 3 Tingkat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 180.000

Muat banyak, bisa untuk 4 hamster

Kandang hamster dengan desain 3 tingkat ini dapat menampung hingga 4 hamster. Terbuat dari bahan plastik yang ramah lingkungan dan tidak beracun, tentunya akan menambah kenyamanan bagi hamster Anda untuk bergerak aktif dan menjelajah. Untuk menempatkan hamster dalam satu kandang, sebaiknya pilih yang sesama jenis atau hamster yang tidak terlalu aktif bergerak.

Selain itu, Anda juga tak perlu khawatir soal minuman dan makanan hamster. Di dalam kandang ini sudah tersedia kendi air dan kotak penyimpan makanan yang memudahkan Anda dalam menjaga kesehatan hamster. Jika Anda memiliki banyak hamster, kandang jenis ini lebih ekonomis untuk Anda.

6. Ferplast Aladino Medium

6. Ferplast Aladino Medium

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 204.000

Bentuknya portable, Anda bisa membawa hamster kesayangan bepergian bersama

Bagi Anda para pencinta hamster, pasti sering kumpul-kumpul atau gathering untuk saling mengenalkan koleksi hamster Anda. Saat gathering, sebaiknya bawalah kandang yang lebih efisien dan mudah dibawa-bawa seperti produk yang satu ini.

Dilengkapi dengan gagang yang sangat nyaman untuk digenggam, desain kandang ini dikhususkan bagi Anda untuk membawa hamster kesayangan dalam perjalanan. Dengan bahan plastik dan desain yang kokoh, menjamin kekuatan produk merek Ferplast Aladino ini. Tak hanya soal kekuatan dari bahan, warna yang menarik juga menambah kenyamanan dalam memandang kandang ini.

5. Terrarium Kandang Hamster Aquarium

5. Terrarium Kandang Hamster Aquarium

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 185.000

Pantau terus pergerakan hamster Anda yang lucu lewat kandang yang bening!

Tipe akuarium menawarkan keamanan yang lebih karena dapat mencegah tersangkutnya hamster Anda pada jeruji kandang. Selain sifatnya yang lebih aman, tipe akuarium juga memudahkan Anda dalam mengawasi hamster saat beraktivitas karena menggunakan plastik yang bening dan tahan gigitan hamster.

Kandang tipe ini cocok untuk Anda yang senang mengambil foto-foto hamster Anda. Salah satu keunikan kandang ini adalah Anda bisa menuangkan ide seni Anda dengan membuat aksesori-aksesori yang bisa Anda modifikasi. Kekurangan kandang tipe ini adalah sirkulasi udaranya kurang baik. Sebaiknya Anda meletakkan kandang di ruangan yang lebih terbuka.

4. Habitrail Ovo Studio Hamster Cage

4. Habitrail Ovo Studio Hamster Cage

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Desain yang unik dan dapat dimodifikasi untuk aktivitas menjelajah hamster Anda

Dengan desain kandang yang memiliki lorong ke arah vertikal dan horizontal, tipe kandang ini memanjakan daya jelajah hamster Anda yang suka bergerak aktif. Anda tak perlu takut terjatuh ataupun tersangkut dikarenakan bahannya yang tanpa jeruji.

Bahan plastik yang kuat dan tidak beracun menambah kenyamanan kandang ini untuk menjadi rumah bagi hamster anda. Tak cukup sampai disitu, desain lorongnya juga dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan untuk mendukung keinginan Anda dalam memanjakan hamster kesayangan Anda.

3. Alex Good Neighbour Hamster Cage

3. Alex Good Neighbour Hamster Cage

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Kombinasi wire mesh dan plastik yang mudah untuk dibersihkan

Bagi Anda yang menyukai hal praktis, kombinasi kandang dengan wire mesh dan plastik merupakan pilihan yang tepat. Penggunaan material plastik pada bagian bawah kandang menjadi faktor utama yang memudahkan Anda dalam membersihkan kotoran hamster. 

Selain kemudahan, pada kandang ini juga terdapat sekat yang dapat membagi kandang ke dalam 2 ruang terpisah. Sekat ini berguna untuk memudahkan Anda apabila ingin memisahkan hamster yang satu dengan yang lainnya. Namun, kekurangannya adalah ukurannya tidak begitu luas sehingga kurang cocok untuk hamster yang berukuran besar.

2. Kleo V.I.P Hamster Cage

2. Kleo V.I.P Hamster Cage 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 446.000

Latih hamster Anda olahraga agar lebih lincah, yuk!

Salah satu kesenangan memelihara hamster adalah melihat tubuh kecilnya dapat meliuk-liuk melewati rintangan di dalam kandang. Bagi Anda yang senang melihat kelincahan hamster Anda, kandang dengan bentuk unik ini cocok untuk Anda. Produk ini berbentuk storage box yang sudah dilengkapi dengan berbagai aksesori di dalamnya.

Ada aksesori berbentuk silinder yang membuat hamster harus merangkak naik untuk mengambil makanannya. Kandang ini cocok untuk hamster yang lincah dan bertubuh tidak terlalu gemuk. Namun, Anda perlu memperhatikan ukuran hamster sebelum membeli kandang jenis ini untuk menghindari hamster tersangkut di bagian silindernya.

1. Habitrail Retreat Hamster Cage

1. Habitrail Retreat Hamster Cage

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 284.000

Kandang dengan desain dan warna yang elegan, enak dipandang mata!

Bagi Anda yang ingin memelihara hamster untuk hobi atau kesenangan semata, kandang hamster ini bisa Anda pertimbangkan. Kandang yang terbuat dari plastik dan kawat berkualitas ini memiliki desain yang unik dan menarik. Dilengkapi dengan perosotan dengan desain memutar, serta wadah minum dan makanan dengan warna yang menarik sehingga enak dilihat mata.

Keunggulan kandang hamster ini adalah adanya ventilasi yang baik sehingga sirkulasi udara terjamin. Hamster Anda akan merasa nyaman di dalamnya. Selain itu, desain jeruji besinya yang tidak terlalu rapat akan mengurangi risiko hamster cedera karena terjepit di kandang. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang menginginkan kandang hamster dengan desain lengkap dan unik.

Kesimpulan

Demikianlah artikel mengenai cara memilih dan rekomendasi kandang hamster yang telah kami sajikan. Material dan desain kandang tentunya menjadi kunci utama yang harus Anda perhatikan sebelum memilih jenis kandang yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan hamster Anda. Bagaimana menurut Anda? Pilih yang paling sesuai dengan Anda ya!