• 10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2022)

Jika Anda berencana memelihara hamster, Anda harus menyiapkan kandangnya. Kandang hamster tersedia dalam berbagai jenis, misalnya saja kandang kawat, plastik, aquarium, dan banyak lagi. Ukuran kandang juga beragam. Lalu, kandang dengan kriteria seperti apa yang sebaiknya dipilih?


Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi kandang hamster yang baik dan bisa didapatkan secara online. Anda dapat memilih kandang akrilik nan luas atau kandang hamster merek Ace Hardware yang lucu. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih kandang hamster sesuai kebutuhan hamster terlebih dahulu. Simak sampai tuntas penjelasannya, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 Juni 2022
Daftar isi

Cara memilih kandang untuk hamster

Memilih kandang yang tepat akan mengurangi risiko cedera dan juga stres sehingga hamster bisa hidup lebih lama. Ada banyak ciri-ciri kandang hamster yang baik. Namun, berikut poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak membeli kandang hamster.

Ketahui ragam kandang hamster terlebih dahulu

Secara garis besar ada empat jenis kandang hamster. Pahami kelebihan dan kekurangan masing-masing dan pilihlah yang paling sesuai untuk hamster Anda.

Kandang dari kawat: Murah dan mudah dibersihkan

Kandang dari kawat: Murah dan mudah dibersihkan

Jenis kandang ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan untuk memelihara hamster. Biasanya bagian atas kandang berbentuk jeruji dari bahan kawat dan bagian bawah terbuat dari plastik. Kedua bagian tersebut bisa dilepas sehingga mudah untuk dibersihkan. Harganya yang ekonomis makin menjadikan kandang ini populer di kalangan pencinta hamster.


Akan tetapi, ada kekhawatiran hamster menggigiti jeruji sehingga membuat struktur giginya menjadi tidak rata. Selain itu, ketika merasa bosan atau stres akibat kurang gerak, biasanya hamster akan memanjat jeruji. Aktivitas ini bisa membuat hamster terjatuh dan mengalami cedera tulang. 


Jadi, lebih baik pilih kandang berukuran besar dan lengkapi dengan sarana untuk bergerak agar hamster tidak mudah bosan. Jangan lupa juga untuk mencucinya terlebih dahulu, apalagi bagian plastiknya. Area ini sebaiknya dicuci beberapa kali hingga bau plastiknya hilang.

Kandang berbahan plastik: Desain menarik dan bervariasi

Kandang berbahan plastik: Desain menarik dan bervariasi

Karakteristik kandang plastik terletak pada desainnya yang unik dan bervariasi. Ada beberapa kandang yang dibuat dengan model dua tingkat atau bahkan tiga tingkat. Biasanya kandang hamster berbahan ini sudah dilengkapi dengan tempat minum dan kincir. Cocok untuk Anda yang baru pertama kali memelihara hamster.


Kandang dengan set lengkap akan memberikan kesan rapi dan padu dibandingkan membeli aksesori secara terpisah. Namun, Anda perlu berhati-hati karena desain rumah hamster yang rumit dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Pastikan kandang yang Anda pilih tidak berpotensi membuat hamster tersangkut atau terjepit di sela-selanya.

Kandang aquarium: Aman dan jarang bermasalah

Kandang aquarium: Aman dan jarang bermasalah

Jika khawatir hamster Anda cedera, kandang jenis akuarium dapat dipilih. Anda tak perlu pusing lagi mengenai hamster menggigiti jeruji atau tersangkut. Bentuk kandang yang menyerupai akuarium ikan dan dilengkapi dengan tutup ini akan membuat hamster Anda aman. Kandang ini juga memungkinkan Anda untuk mengabadikan tingkah laku hamster karena dapat mengambil gambar tanpa terganggu oleh jeruji.


Umumnya kandang ini dibuat dari bahan kaca atau akrilik. Meski kaca cukup berat, bahan ini tidak mudah tergores. Di sisi lain, bahan akrilik lebih ringan sehingga akan memudahkan Anda saat membersihkannya. Meski memiliki banyak kelebihan, kandang jenis ini harus dilengkapi ventilasi dan alat thermo hygrometer. Jadi, Anda dapat memantau suhu dan kelembapan di dalam kandang. 


Namun, kandang yang hangat tidak selalu merugikan, lho. Dengan kandang seperti ini hamster akan terhindar dari kedinginan di musim hujan. Anda hanya perlu menyiasati penggunaan kandang sesuai dengan kondisi udara.

Kandang Travel: Bawa hamster ke luar rumah dengan mudah

Kandang Travel: Bawa hamster ke luar rumah dengan mudah

Sama seperti makhluk hidup lain, hamster peliharaan Anda mungkin saja sakit. Supaya hamster bisa dibawa ke dokter hewan dengan mudah, Anda sebaiknya memiliki kandang travel. Kandang jenis ini tersedia dalam beragam ukuran. Ada kandang berukuran kecil (sekitar 17 cm x 24 cm) dan ukuran besar (sekitar 26 cm x 36 cm). 


Ukuran kandang travel yang ada di pasaran pastinya berbeda sehingga Anda harus menyesuaikannya lagi dengan tubuh hamster. Di pihak lain, kandang jenis ini tidak dirancang untuk digunakan dalam waktu lama. Jadi, hindari kegiatan membawa hamster menggunakan kandang travel selama berjam-jam karena hal tersebut bisa membuat hamster stres.

Pilih ukuran kandang yang pas untuk si hamster

Pilih ukuran kandang yang pas untuk si hamster

Hamster liar hidup di dataran kering yang luas sehingga mereka terbiasa untuk berjalan jauh. Jika Anda menempatkan hamster di tempat yang sempit, bisa-bisa hamster sakit akibat obesitas dan stres. Jadi, kandang yang baik untuk hamster adalah kandang yang berukuran luas. Supaya Anda tidak bingung dengan maksud luas di sini, kami akan memberi tahu ukuran minimal kandang hamster berdasarkan jenisnya.


  • Syrian hamster

Hamster yang berasal dari Suriah ini bisa tumbuh hingga 15,24 cm. Ukuran kandang hamster Syrian idealnya adalah 2,2 meter persegi dengan tinggi 60 cm. Ukuran ini tidak akan membuat hamster Suriah kesulitan untuk berdiri dan bergerak. Anda pun dapat meletakkan tempat tidur dan roda mainan tanpa membuat kandang jadi sempit.


  • Winter White Dwarf Hamster

Hewan bernama lain Russian dwarf hamster ini bisa tumbuh hingga 7 atau 10 cm. Jadi, ukuran kandang hamster winter white yang ideal adalah 30 cm x 60 cm dengan tinggi 30 cm. Selain itu, pastikan ada mainan dan alas yang cukup untuk hamster bermain dan beristirahat.


  • Chinese hamster

Hewan yang berhabitat di gurun wilayah Cina Utara dan Mongolia ini dapat tumbuh sepanjang 7–12 cm. Karena ukurannya lebih kecil dibandingkan Syrian hamster, maka kandang yang dibutuhkan pun sedikit lebih kecil, yakni 1,7 meter persegi. Untuk tingginya sendiri sebaiknya tidak kurang dari 60 cm dan pastikan ada area tidur dengan kedalaman 15–20 cm.

Pertimbangkan kandang berdesain sederhana untuk pemula

Pertimbangkan kandang berdesain sederhana untuk pemula

Jika Anda adalah seorang pemula dalam memelihara hamster, kandang dengan desain sederhana sangat direkomendasikan. Meskipun sulit mengatakan tidak pada kandang berdesain lucu, tetapi risikonya perlu diperhitungkan. Kandang dengan desain yang rumit akan meningkatkan peluang terjadinya kecelakaan.


Misalnya, kandang dengan dua lantai akan memperbesar area gerak hamster, tetapi risiko hamster jatuh atau tersangkut juga lebih besar. Sebisa mungkin ciptakan lingkungan teraman bagi hamster, misalnya dengan memodifikasi bagian-bagian kandang yang berpotensi menyebabkan kecelakaan.


Dengan cara ini Anda bukan hanya akan mendapatkan kandang dengan tampilan yang lucu, tetapi juga aman bagi hamster. Jadi, perhatikan baik-baik kandang yang dibeli dan lakukan modifikasi bila diperlukan supaya menjadi tempat hamster yang baik dan nyaman.

Cek kelengkapan isi kandang

Cek kelengkapan isi kandang

Jika Anda memiliki cukup waktu, lebih baik pilih kandang dengan aksesori terpisah. Memang tidak mudah untuk memilih ukuran kandang yang pas, tetapi Anda dapat mengisinya dengan aksesori-aksesori berkualitas. 


Apabila Anda tidak memiliki banyak waktu, kandang yang telah dilengkapi aksesori bisa dipertimbangkan. Namun, hindari produk dengan harga terlampau murah agar Anda mendapatkan kandang berkualitas baik. Berikut adalah beberapa jenis aksesori yang sudah ada di dalam kandang:


  • Tempat makan dan minum

Tempat makan hamster pada umumnya mirip dengan tempat makan kucing, tetapi ukurannya lebih kecil. Namun, ada juga beberapa jenis tempat makan yang berbentuk tabung dengan sedikit area di bawahnya (mirip vending machine). Untuk tempat minum rata-rata menyediakan wadah berbentuk tabung dengan alat yang mirip sedotan di bawahnya.


  • Sliding dan terowongan

Sliding memang terlihat sepele, tetapi mayoritas hamster menyukainya. Selain itu, hamster juga suka terowongan karena di alam liar mereka hidup di bawah tanah dan bepergian dengan melewati terowongan. Jadi, keberadaan terowongan dapat membuat hamster seperti berada di habitat aslinya. Terowongan juga membuat hamster berolahraga dengan maksimal dan tidak mudah bosan


  • Tempat tidur

Beberapa kandang hamster juga dilengkapi tempat tidur. Namun, jangan lupa untuk memasukkan substrat yang aman ke dalam tempat tidurnya supaya hamster dapat menggalinya. Menurut penelitian Divisi Perumahan dan Kesejahteraan Hewan, Fakultas Vetsuisse, Universitas Berne, tempat tidur yang dalam dapat meningkatkan kesejahteraan hamster.

10 Rekomendasi kandang terbaik untuk hamster

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kandang terbaik untuk hamster yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Jenis kandangKawat
Dimensi (P x L x T)30 cm x 23 cm x 50 cm
Aksesori kandangKincir, tempat makan, tempat minum, terowongan, tempat tidur
9

Kandang Hamster Custom Trapesium

Mulai dari Rp 645.000,00

Jenis kandangAkuarium (akrilik)
Dimensi (P x L x T)99 cm x 50 cm x 50 cm
Aksesori kandangTidak ada
8

Taiwan CollectionFerplast Criceti Plane Kandang Hamster

Mulai dari Rp 499.000,00

Jenis kandangKawat dan plastik
Dimensi (P x L x T)46 cm x 29,5 cm x 23 cm
Aksesori kandangKincir, tempat makan, tempat minum, tempat tidur
7
Jenis kandangAkuarium (akrilik dan kaca)
Dimensi (P x L x T)46,8 cm x 31 cm x 28,2 cm
Aksesori kandangKincir, tempat minum
6
Jenis kandangTravel
Dimensi (P x L x T)30 cm x 23 cm x 21 cm
Aksesori kandangTidak ada
5
Jenis kandangKawat dan plastik
Dimensi (P x L x T)44 cm x 27 cm x 29 cm
Aksesori kandangKincir, tempat minum, tempat makan, tempat tidur, jungkat-jungkit, dan seluncuran
4
Jenis kandangTravel, plastik
Dimensi (P x L x T)18 cm x 17 cm x 18 cm
Aksesori kandangTempat makan, tempat minum, seluncuran, tempat tidur
3

Terarium Kandang Hamster Mainan Kayu

Mulai dari Rp 399.999,00

Jenis kandangAkuarium (kaca)
Dimensi (P x L x T)40 cm x 25 cm x 28 cm
Aksesori kandangKincir, tempat makan, tempat minum, tempat tidur
2
Jenis kandangKawat dan plastik
Dimensi (P x L x T)27 cm x 20 cm x 45 cm
Aksesori kandangKincir, tempat minum, seluncuran, tempat makan, dan tempat tidur
1
Jenis kandangPlastik
Dimensi (P x L x T)35 cm x 25 cm x 53 cm
Aksesori kandangKincir, jungkat-jungkit, tempat tidur, tempat makan, tempat minum, tempat pasir, batu mineral

Tabel perbandingan produk kandang terbaik untuk hamster

Gambar produk
1
Kandang Hamster Cage Akrilik 1

2
Sweet Castle Kandang Hamster 1

Sweet

3
Terarium Kandang Hamster Mainan Kayu 1

4
Apple Style Hamster Cage 1

5
Da Yang Hamster Cage 1

Da Yang

6
Ferplast Aladino Medium 1

Ferplast

7
GEX Glass Harmony 450 1

GEX

8
Taiwan Collection Ferplast Criceti Plane Kandang Hamster 1

Taiwan Collection

9
Kandang Hamster Custom Trapesium 1

10
Kandang Hamster 3 Tingkat 1

Nama produk

Kandang Hamster Cage Akrilik

Castle Kandang Hamster

Terarium Kandang Hamster Mainan Kayu

Apple Style Hamster Cage

Hamster Cage

Aladino Medium

Glass Harmony 450

Ferplast Criceti Plane Kandang Hamster

Kandang Hamster Custom Trapesium

Kandang Hamster 3 Tingkat

Keunggulan

Sisi kandang dilengkapi lubang, pilih aksesori sesuai keinginan

Tidak berantakan lagi berkat area yang tertata

Nuansa kayunya indah, memantau hamster pun mudah

Buat hamster lebih nyaman saat di perjalanan

Kincirnya ada dua, hamster tidak akan rebutan lagi!

Bentuknya portabel, ventilasi udaranya pun maksimal

Buka klipnya, pisahkan bagian atasnya! Tidak perlu penutup

Desainnya menyerupai pesawat, unik dan menarik!

Biarkan si hamster bertualang di kandang akrilik nan besar ini

Naik turun lantai dengan terowongan, lebih aman!

Harga mulai dariRp 509.000,00Rp 174.950,00Rp 399.999,00Rp 48.000,00Rp 328.800,00Rp 249.900,00Rp 449.000,00Rp 499.000,00Rp 645.000,00Rp 156.300,00
Jenis kandangPlastikKawat dan plastikAkuarium (kaca)Travel, plastikKawat dan plastikTravelAkuarium (akrilik dan kaca)Kawat dan plastikAkuarium (akrilik)Kawat
Dimensi (P x L x T)35 cm x 25 cm x 53 cm27 cm x 20 cm x 45 cm40 cm x 25 cm x 28 cm18 cm x 17 cm x 18 cm44 cm x 27 cm x 29 cm30 cm x 23 cm x 21 cm46,8 cm x 31 cm x 28,2 cm46 cm x 29,5 cm x 23 cm 99 cm x 50 cm x 50 cm30 cm x 23 cm x 50 cm
Aksesori kandangKincir, jungkat-jungkit, tempat tidur, tempat makan, tempat minum, tempat pasir, batu mineralKincir, tempat minum, seluncuran, tempat makan, dan tempat tidurKincir, tempat makan, tempat minum, tempat tidurTempat makan, tempat minum, seluncuran, tempat tidurKincir, tempat minum, tempat makan, tempat tidur, jungkat-jungkit, dan seluncuranTidak adaKincir, tempat minumKincir, tempat makan, tempat minum, tempat tidurTidak adaKincir, tempat makan, tempat minum, terowongan, tempat tidur
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar hamster

Pertanyaan umum seputar hamster

Saat membuat artikel ini, kami menemukan beberapa pertanyaan seputar hamster di internet. Karena itu, kami memilih dua pertanyaan yang banyak ditanyakan dan akan menjawabnya di sini. Disimak, ya, siapa tahu saja salah satunya adalah pertanyaan milik Anda tau ingin Anda ketahui.

Hamster sebaiknya ditaruh di mana?

Hamster bisa diletakkan di dalam rumah, tetapi jauhkan dari televisi dan speaker karena suara bising akan membuat hamster stres. Selain itu, pastikan juga suhu ruangannya pas bagi hamster, yaitu 18–21 °C.

Apakah hamster memerlukan sinar matahari?

Hamster memang hewan nokturnal, tetapi tetap memerlukan sinar matahari supaya siklus tidurnya tetap teratur. Namun, hindari meletakkan hamster di area yang terkena sinar matahari langsung karena hal tersebut bisa membuatnya kepanasan. Cahaya berlebihan juga bisa membuat hamster stres.

Baca juga rekomendasi perlengkapan hamster lainnya di sini

Kandang memang penting, tetapi pasir hamster dan mainan hamster juga tidak kalah penting. Jika Anda memerlukan informasi mengenai perlengkapan atau peralatan hamster tersebut, silakan buka tautan di bawah ini. Kami juga menyiapkan artikel mengenai makanan hamster, lho!

Kesimpulan

Kini tentu Anda telah memahami pentingnya sebuah kandang bagi hamster. Pemilihan kandang yang tepat akan mengurangi tingkat stres, memperkecil risiko kecelakaan, dan memperpanjang umur hamster itu sendiri.


Poin-poin dan penjelasan dari kami tentunya akan membantu Anda menemukan kandang yang hamster Anda butuhkan. Bagaimana menurut Anda? Silakan gunakan artikel ini sebagai panduan dalam menemukan kandang hamster terbaik! Selamat memilih kandang hamster yang bagus untuk hamster!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kandang Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kandang Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang suka memelihara ayam, penting untuk Anda mengenal jenis-jenis kandang ayam. Jenis ayam pun berbeda-beda, ada ayam hias, seperti bekisar, ada juga ayam ternak yang dimanfaatkan telur atau dagingnya. Anda perlu menyesuaikan jenis ayam dan kandangnya, apakah perlu kandang ayam tradisional atau kandang modern. Bahan kandang ayam bermacam-macam, seperti bambu, kayu, atau baja ringan.Kami akan memberikan tips serta rekomendasi produk kandang ayam yang bagus. Beberapa jenis kandang, seperti umbaran, baterai, dan kurungan, akan kami ulas untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda memelihara anjing atau kucing, membasmi kutu tentu bukanlah hal yang baru. Parasit yang merugikan hewan dan manusia ini dapat berkembang biak dengan cepat apabila dibiarkan. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan obat kutu anjing dan kucing yang dijual di pasaran atau rumah sakit hewan. Untuk membantu Anda, kami akan membagikan rekomendasi merek obat kutu kucing dan anjing, seperti Revolution, dan NexGard. Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak informasinya dan temukan pembasmi kutu yang bagus untuk hewan peliharaan Anda!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dalam memelihara kelinci, memakai kandang yang praktis dan mudah dibersihkan merupakan sebuah pilihan yang cerdas. Kandang kelinci memiliki berbagai macam jenis dan tipe. Misalnya, selain kandang kelinci outdoor atau indoor, ada juga kandang kelinci modern bergaya minimalis. Selain itu, ukuran kandang kelinci juga beragam.Kali ini, kami akan memberikan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan kandang kelinci yang bagus. Kandang kelinci merek Dolly, Artupic, dan Multica juga masuk dalam rekomendasi kami. Untuk memilih kandang kelinci yang baik, simak penjelasan kami di artikel berikut ini. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pasir hamster merupakan benda yang dibutuhkan hamster untuk keperluan toileting. Beberapa orang mungkin tidak menganggap benda ini penting, tetapi hamster akan merasa lebih nyaman apabila Anda menyediakannya. Selain higienis, pasir hamster juga akan memudahkan Anda ketika akan membuang kotoran hamster.Saat ini, pasir hamster tersedia dalam beberapa jenis bahan, seperti kayu, mineral, dan kertas. Kami akan mengulasnya satu per satu serta memberikan tips memilih pasir hamster yang sesuai dengan kebutuhan. Simak juga beberapa rekomendasi pasir hamster yang bisa Anda dapatkan secara online. Ada merek Padovan, CHIPSI, dan lainnya. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Ikan Cupang - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Ikan Cupang - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022)
    Ikan cupang merupakan hias berukuran kecil dengan karakteristik warna, bentuk ekor, dan sirip yang menarik. Cara merawat ikan cupang agar cepat besar adalah dengan memberinya makanan bernutrisi dua kali sehari. Selain itu, Anda juga perlu memberinya vitamin.Salah satu manfaat pemberian vitamin adalah untuk mempercepat mutasi warna ikan agar makin cantik. Artikel ini akan membahas cara memilih vitamin yang bagus untuk ikan cupang. Kami juga memberikan rekomendasi berbagai merek vitamin ikan cupang, seperti SG Fish, Koukkai, dan Betta Mastery. Artikel ini sudah ditinjau oleh pebisnis ikan cupang kami, Fauzi Nasution.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Stroller Terbaik untuk Anjing dan Kucing (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Terbaik untuk Anjing dan Kucing (Terbaru Tahun 2022)
    Berjalan-jalan merupakan aktivitas menyenangkan yang dapat Anda lakukan bersama hewan peliharaan. Agar berjalan-jalan bersama hewan peliharaan makin menyenangkan, Anda dapat menggunakan stroller anjing ataupun kucing. Tak hanya unik, stroller kucing ataupun anjing juga akan membuat jalan-jalan makin aman dan nyaman.  Anda tertarik memiliki stroller yang bagus untuk anjing ataupun kucing Anda? Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih stroller anjing juga stroller kucing yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh stroller anjing dan kucing terbaik merek Ibiyaya, iDoggie, Bello, dan sebagainya. Yuk, cari tahu lebih lanjut.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori