• 10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2020)

Jika Anda berencana untuk memelihara hamster, Anda harus menyiapkan kandangnya. Kandang hamster tersedia dalam berbagai jenis, misalnya saja kandang kawat, plastik, serta akuarium sederhana. Ukuran kandang juga beragam, lho! Lalu, kandang dengan kriteria seperti apa yang harus dipilih?


Untuk memudahkan Anda, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi kandang hamster yang bisa didapatkan secara online. Anda bisa memilih merek, seperti Ferplast, Habitrail, dan lainnya. Kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih kandang hamster sesuai kebutuhan hamster Anda. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

  • Pembaharuan terakhir: 24 Juni 2020
  • 10.727 Views
Daftar isi

Cara memilih kandang untuk hamster

Memilih kandang yang tepat akan mengurangi risiko cedera dan stres sehingga hamster pun bisa hidup lebih lama. Berikut poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli kandang hamster.

Pilih berdasarkan jenis kandangnya

Secara garis besar kandang hamster dibagi menjadi tiga jenis. Pahami kelebihan dan kekurangan masing-masing dan pilihlah yang paling sesuai untuk hamster Anda.

Kandang dari kawat : Murah dan mudah dibersihkan

Kandang dari kawat : Murah dan mudah dibersihkan

Jenis kandang ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan untuk memelihara hamster. Biasanya bagian atas kandang berbentuk jeruji dari bahan kawat dan bagian bawah terbuat dari plastik. Kedua bagian tersebut bisa dilepas sehingga mudah untuk dibersihkan. Harganya yang ekonomis makin menjadikan kandang ini populer di kalangan pencinta hamster.


Akan tetapi, ada kekhawatiran hamster menggigiti jeruji sehingga membuat struktur giginya menjadi tidak rata. Selain itu, saat merasa bosan atau stres akibat kurang gerak, biasanya hamster akan memanjati jeruji. Aktivitas ini bisa membuat hamster terjatuh dan mengalami cedera tulang. Lebih baik pilih kandang berukuran besar dan lengkapi dengan sarana untuk bergerak agar hamster tidak mudah bosan.

Kandang berbahan plastik : Desain menarik dan bervariasi

Kandang berbahan plastik : Desain menarik dan bervariasi

Perbedaan kandang jenis ini dengan jenis sebelumnya ialah bagian atas dan bagian bawah kandang terbuat dari plastik. Karakteristik selanjutnya dari kandang plastik terletak pada desainnya yang unik dan bervariasi. Ada beberapa kandang yang dibuat dengan model dua tingkat atau bahkan tiga tingkat.


Biasanya kandang hamster berbahan ini sudah dilengkapi dengan tempat minum dan kincir. Cocok untuk Anda yang baru pertama kali memelihara hamster, bukan? Kandang dengan set lengkap akan memberikan kesan rapi dan padu dibanding membeli aksesori secara terpisah.


Namun, Anda perlu berhati-hati karena desain yang rumit dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Pastikan kandang yang Anda pilih tidak berpotensi membuat hamster tersangkut atau terjepit di antara sela-selanya.

Kandang akuarium : Aman dan jarang bermasalah

Kandang akuarium : Aman dan jarang bermasalah

Jika khawatir hamster Anda cedera, kandang jenis akuarium adalah pilihan tepat. Anda tidak perlu pusing lagi mengenai hamster menggigiti jeruji atau tersangkut. Bentuk kandang yang menyerupai akuarium ikan dan dilengkapi dengan tutup ini akan membuat hamster Anda aman.


Kandang jenis ini sangat cocok bila Anda ingin mengabadikan tingkah laku hamster Anda. Anda dapat mengambil gambar dengan baik karena tidak akan terganggu oleh jeruji atau halangan lainnya. Umumnya kandang ini dibuat dari bahan kaca atau akrilik. Meski kaca cukup berat, bahan ini tidak mudah tergores. Di sisi lain, bahan akrilik lebih ringan sehingga akan memudahkan Anda saat membersihkannya. Pilihlah sesuai dengan preferensi masing-masing.


Walau memiliki banyak kelebihan, kandang jenis ini cenderung panas karena udara tidak dapat masuk dari bagian sisi. Tambahan lagi, kandang akan mudah pengap khususnya saat cuaca sedang panas. Untuk hal ini diperlukan pemasangan alat thermo hygrometer agar Anda dapat memantau suhu dan kelembapan dalam kandang. Namun, kandang yang hangat tidak selalu merugikan, lho. Dengan kandang seperti ini hamster akan terhindar dari kedinginan di musim hujan. Anda hanya perlu menyiasati penggunaan kandang sesuai dengan kondisi udara. Kemudian, berhati-hatilah jika kandang berpenutup ringan atau memiliki lubang untuk memasukkan tali dan filter. Jangan sampai hamster memanjati tali dan kabur dari kandang.

Pilih ukuran kandang yang luas

Pilih ukuran kandang yang luas

Hamster liar hidup di dataran kering yang luas sehingga mereka terbiasa untuk berjalan jauh. Karena itu, jika Anda menempatkan hamster di tempat yang sempit, bisa-bisa hamster menjadi sakit akibat obesitas dan stres. Sebisa mungkin pilihlah kandang satu lantai yang berukuran luas untuk kenyamanan hamster.


Makin luas kandang, makin berkurang stres yang dirasakan oleh hamster Anda. Namun, jika terkendala dengan keterbatasan ruangan, Anda dapat menyesuaikan ukuran kandang dengan jenis hamster yang Anda pelihara.


Untuk spesies hamster berukuran besar seperti hamster Syrian, ukuran kandang minimumnya adalah 60 cm x 45 cm atau lebih. Lalu, untuk hamster kecil berjenis Djungarian dan Roborovski, ukuran kandang minimum yang disarankan adalah 45 cm x 30 cm. Tinggi kandang juga perlu diperhatikan, ya. Jangan sampai terlalu pendek sehingga hamster kesulitan untuk berdiri.

Pilih kandang berdesain sederhana untuk pemula

Pilih kandang berdesain sederhana untuk pemula

Jika Anda adalah seorang pemula dalam memelihara hamster, kandang dengan desain sederhana sangat direkomendasikan. Meskipun sulit mengatakan tidak pada kandang berdesain lucu, tetapi risikonya perlu diperhitungkan. Kandang dengan desain yang rumit akan meningkatkan peluang terjadinya kecelakaan.


Sebagai contoh, kandang dengan dua lantai memang akan memperbesar area gerak hamster. Akan tetapi, risiko hamster jatuh atau tersangkut juga jadi lebih besar. Sebisa mungkin, ciptakan lingkungan teraman bagi hamster, misalnya dengan memodifikasi bagian-bagian kandang yang berpotensi menyebabkan kecelakaan.


Dengan cara ini Anda bukan hanya akan mendapatkan kandang dengan tampilan yang lucu, tetapi juga aman bagi hamster. Jadi, perhatikan baik-baik kandang yang Anda beli dan lakukan modifikasi bila diperlukan.

Pilih kandang dengan aksesori terpisah

Pilih kandang dengan aksesori terpisah

Jika Anda memiliki cukup waktu, lebih baik pilih kandang dengan aksesori terpisah. Memang tidak mudah untuk memilih ukuran kandang yang pas, tetapi Anda dapat mengisinya dengan aksesori-aksesori berkualitas.


Di pasaran Anda dapat menemukan kandang yang sudah dilengkapi dengan berbagai aksesori. Sebut saja tempat makan, tempat minum, rumah-rumahan, tangga, roda, dan lain-lain. Akan tetapi, beberapa di antaranya sulit untuk dipakai atau tidak sesuai dengan selera hamster Anda.


Hal ini biasa terjadi pada set kandang hamster yang harganya murah. Ada banyak ketidakpuasan seperti roda berderit, tempat minum bocor, dan sebagainya. Tidak masalah jika Anda tetap ingin membeli kandang yang sudah dilengkapi aksesori. Hanya saja, hindari produk dengan harga terlampau murah agar Anda mendapatkan kandang berkualitas baik.

10 Rekomendasi kandang terbaik untuk hamster

Berikut ini kami akan merekomendasikan beberapa produk kandang hamster terbaik. Perhatikan kembali poin-poin yang telah dijelaskan dan pilihlah kandang hamster sesuai dengan keinginan Anda.
10
Jenis kandangPlastik
Dimensi (P x L x T)26 cm x 20 cm x 19 cm
Aksesori kandangTidak ada
9
Jenis kandangPlastik
Dimensi (P x L x T)19 cm x 16 cm x 19 cm
Aksesori kandangTempat makan, tempat minum, seluncuran, tempat tidur
8
Jenis kandangKawat
Dimensi (P x L x T)27 cm x 20 cm x 25 cm
Aksesori kandangSeluncuran, tempat tidur, tempat makan, tempat minum, dan kincir
7
Jenis kandangKawat
Dimensi (P x L x T)±50 cm x 35 cm x 25 cm
Aksesori kandangTempat makan, tempat minum, terowongan, rumah-rumahan, dan kincir
6
Jenis kandangPlastik
Dimensi (P x L x T)30,5 cm x 35,6 cm x 30,5 cm
Aksesori kandangKincir, terowongan, tempat tidur, tempat makan, dan tempat minum
5
Jenis kandangAkuarium
Dimensi (P x L x T)40 cm x 25 cm x 28 cm
Aksesori kandangKincir, pasir/serbuk kayu, tempat makan, tempat minum, dan tempat tidur
4
Jenis kandangKawat dan plastik
Dimensi (P x L x T)41 cm x 25 cm x 24 cm
Aksesori kandangKincir, tempat minum, seluncuran, tempat makan, dan tempat tidur
3
Jenis kandangKawat
Dimensi (P x L x T)35 cm x 24 cm x 28 cm
Aksesori kandangKincir, tempat minum, dan tempat makan
2
Jenis kandangPlastik
Dimensi (P x L x T)30 cm x 23 cm x 21 cm
Aksesori kandangTidak ada
1
Jenis kandangKawat dan akuarium
Dimensi (P x L x T)60 cm x 36,5 cm x 30 cm
Aksesori kandangKincir, tempat minum, tempat makan, tempat tidur, dan tangga

Tabel perbandingan produk kandang terbaik untuk hamster

Gambar produk
1
Ferplast Favola 1

Ferplast

2
Ferplast Aladino Medium 1

Ferplast

3
Alex Good Neighbor 1

Alex

4
Habitrail Retreat 1

Habitrail

5
Kandang Hamster Akuarium Fullset Large 1

6
Habitrail OVO Dwarf Hamster Habitat 1

Habitrail OVO

7
Kandang Hamster 3 Tingkat 1

8
Dayang Kandang Hamster 2 Lantai 1

Dayang

9
Apple Style Hamster Cage 1

10
Kandang Hamster Box Modifikasi 1

Nama produk

Favola

Aladino Medium

Good Neighbor

Retreat

Kandang Hamster Akuarium Fullset Large

Dwarf Hamster Habitat

Kandang Hamster 3 Tingkat

Kandang Hamster 2 Lantai

Apple Style Hamster Cage

Kandang Hamster Box Modifikasi

Keunggulan

Kandangnya bisa disambungkan ke kandang lain, lho!

Bentuknya portabel, mudah dibawa ke mana saja

Kombinasi kawat dan plastik yang mudah dibersihkan

Desainnya elegan, enak dipandang mata!

Pantau pergerakan hamster lewat kandang bening!

Biarkan si hamster bertualang di dalam kandang unik ini

Ukurannya besar, bisa muat sampai empat hamster

Hamster dapat bermain dan istirahat dengan nyaman

Bentuk apel yang imut serasi dengan hamster lucu

Desain sederhana dan ekonomis yang disukai peternak

HargaRp 940.000,00Rp 204.000,00Rp 220.000,00Rp 394.000,00Rp 229.500,00Rp 645.000,00Rp 125.000,00Rp 120.000,00Rp 40.000,00Rp 32.000,00
Jenis kandangKawat dan akuariumPlastikKawatKawat dan plastikAkuariumPlastikKawatKawatPlastikPlastik
Dimensi (P x L x T)60 cm x 36,5 cm x 30 cm30 cm x 23 cm x 21 cm35 cm x 24 cm x 28 cm41 cm x 25 cm x 24 cm40 cm x 25 cm x 28 cm30,5 cm x 35,6 cm x 30,5 cm±50 cm x 35 cm x 25 cm27 cm x 20 cm x 25 cm19 cm x 16 cm x 19 cm26 cm x 20 cm x 19 cm
Aksesori kandangKincir, tempat minum, tempat makan, tempat tidur, dan tanggaTidak adaKincir, tempat minum, dan tempat makanKincir, tempat minum, seluncuran, tempat makan, dan tempat tidurKincir, pasir/serbuk kayu, tempat makan, tempat minum, dan tempat tidurKincir, terowongan, tempat tidur, tempat makan, dan tempat minumTempat makan, tempat minum, terowongan, rumah-rumahan, dan kincirSeluncuran, tempat tidur, tempat makan, tempat minum, dan kincirTempat makan, tempat minum, seluncuran, tempat tidurTidak ada
Tautan produk

Baca juga rekomendasi pasir hamster terbaik di sini

Setelah Anda membaca rekomendasi kami tentang kandang hamster, semoga Anda dapat memilih kandang terbaik sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, kami juga mempunyai rekomendasi pasir hamster terbaik untuk melengkapi kandang hamster Anda. Selamat menyimaknya melalui link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Kini tentu Anda telah memahami pentingnya sebuah kandang bagi hamster. Pemilihan kandang yang tepat akan mengurangi tingkat stres, memperkecil risiko kecelakaan, dan memperpanjang umur hamster itu sendiri.


Poin-poin dan penjelasan dari kami tentunya akan membantu Anda menemukan kandang yang hamster Anda butuhkan. Bagaimana menurut Anda? Silakan gunakan artikel ini sebagai panduan dan selamat memilih kandang terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Semenjak itu beraneka ragam makanan kucing atau cat food dari beragam tekstur dan merek banyak bermunculan. Mulai dari yang paling terkenal seperti Whiskas, Meo, dan Friskies, hingga yang paling premium seperti Equilibrio, Royal Canin, Orijen, dan Blackwood. Pernah merasa kebingungan harus pilih yang mana?Kali ini kami akan memberikan tip untuk memilih makanan kucing serta 10 rekomendasi terbaik untuk kucing kesayangan Anda. Adapun kandungan yang perlu dihindari juga harus Anda ingat supaya tidak salah pilih.
    Perawatan hewan
    217.744 Views
  • 10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Namun, ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan sebagainya. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin mana yang terbaik?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda di rumah. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, VITA-GEL, dan sebagainya. Tak perlu menunggu lama, langsung saja simak ulasan kami di bawah ini!
    Perawatan hewan
    40.005 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang diberikan dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu kucing bernutrisi yang paling direkomendasikan. Pilihlah produk terbaik untuk kucing kesayangan Anda!
    Perawatan hewan
    133.515 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing terbaik adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Meski pilihannya banyak, Anda tidak perlu bimbang lagi. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Perawatan hewan
    87.949 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sampo kucing adalah produk perawatan yang penting untuk memelihara kebersihan kucing kesayangan agar terhindar dari jamur, kutu, kerontokan, dan berbagai penyakit lainnya. Banyak sampo kucing dijual dengan bermacam-macam aroma yang menyenangkan. Namun, apakah kucing kesayangan akan menyukai sampo berbau wangi tersebut sebagaimana Anda?Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana cara memilih sampo kucing yang tepat. Temukan pula sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Bio-Groom, Bioline, Raid-All, Pet Silk, Espree, hingga merek lokal I’m Organic yang populer di kalangan pencinta kucing. Simak artikel ini sampai selesai!
    Perawatan hewan
    108.304 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    Sedikit berbeda dengan tipe kering, makanan kucing tipe basah/wet food digilai oleh para kucing karena memiliki tekstur lembut, berair, mudah dimakan, dan mengandung potongan daging. Beberapa merek pun all out memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami merekomendasikan sepuluh makanan kucing terbaik tipe basah, seperti Royal Canin, Whiskas, Friskies, dan Fancy Feast! Silakan memilih makanan kucing tipe basah yang sesuai dengan kriteria di bawah ini!
    Perawatan hewan
    91.210 Views
  • 10 Rekomendasi Sisir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sisir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kucing yang sehat dan berbulu lebat memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, bulu yang lebat dan tak terawat dapat membuat kucing tidak nyaman, bahkan menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu, sisir kucing merupakan alat perawatan yang wajib Anda miliki.Terdapat beragam tipe sisir kucing di pasaran. Kali ini, kami akan berbagi tips bagaimana cara memilih sisir kucing yang baik. Selain itu, sepuluh produk sisir kucing berbagai merek juga akan kami rekomendasikan untuk Anda. Mungkin Anda pernah mendengar merek Furminator? Tetaplah membaca dan ketahuilah sisir apa yang terbaik untuk si fluffy!
    Perawatan hewan
    6.869 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori