10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2017)


Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam tipe wajan di pasaran yang diproduksi oleh berbagai merek terkenal seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Ada berbagai jenis wajan seperti yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan juga yang bisa digunakan pada sistem induksi IH. Tentunya banyak di antara kita yang merasa bingung saat ingin memilih wajan penggorengan.

Kali ini kami akan memberikan rekomendasi wajan penggorengan dalam bentuk peringkat dengan membandingkan faktor-faktor antara lain apakah wajan tersebut tidak lengket dan tidak gosong, memperhatikan bentuknya maupun kemudahan saat dipakai, harga, dan lainnya. Tapi sebelumnya, kami akan terlebih dahulu menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan referensi dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik  yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Daftar isi

Cara memilih wajan penggorengan

Selain digunakan untuk menggoreng dan menumis, wajan penggorengan juga bisa dipakai untuk merebus atau cara memasak lainnya sehingga tidak sedikit orang yang menggunakannya setiap hari di dapur. Wajan penggorengan tersedia di pasaran dengan kualitas, ukuran, serta harga yang bervariasi. Maka dari itu, kami akan memperkenalkan poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih wajan penggorengan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Memilih berdasarkan bahan 

Wajan penggorengan yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai jenis tergantung dari bahan dasarnya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Karenanya, Anda perlu mempertimbangkan wajan dengan bahan apa yang terbaik dan paling sesuai dengan cara pemakaian Anda.

Wajan yang dilapisi PTFE (teflon)

Wajan yang dilapisi PTFE (teflon)

Wajan penggorengan yang mudah dipakai untuk membuat sebagian besar masakan rumah dan bahkan untuk digunakan oleh pemula sekalipun, adalah wajan yang dilapisi politetra fluoroetilena (PTFE). Bahan ini juga lebih dikenal dengan istilah “teflon”. Dengan menggunakan wajan yang dilapisi teflon, kita bisa memasak tanpa gosong meskipun hanya menggunakan sedikit minyak goreng, sehingga masakan akan jadi lebih sehat. Cara merawatnya juga mudah. Wajan tipe ini bisa dicuci dengan sabun pencuci piring biasa bersama peralatan memasak lainnya, kemudian tinggal dikeringkan.

Namun, kekurangannya adalah wajan tipe ini tidak tahan terhadap api besar dan tidak tahan banting. Jika kita memasak menggunakan wajan tipe ini sampai air di dalamnya habis, atau menggunakan peralatan masak (misalnya sutil) berbahan logam, maka lapisan teflon di bagian permukaan wajan bisa terkelupas. Meskipun kita menggunakannya dengan hati-hati, wajan tipe ini akan mudah gosong setelah digunakan dalam dua hingga tiga tahun. Jadi, ada baiknya jika Anda menggunakannya sebagai barang habis pakai yang harus diganti baru secara berkala.

Wajan yang tidak dilapisi teflon, misalnya yang terbuat dari besi

Wajan yang tidak dilapisi teflon, misalnya yang terbuat dari besi

Wajan penggorengan yang tidak dilapisi teflon biasanya memerlukan perawatan lebih jika dibandingkan dengan wajan yang dilapisi teflon. Akan tetapi, wajan semacam ini memiliki daya tarik tersendiri dengan kemampuan konduktivitas dan penyimpanan panas yang tinggi. Wajan penggorengan jenis ini juga disebut-sebut lebih kuat dan tahan lama. Sementara itu, wajan yang terbuat dari material seperti aluminium biasanya memiliki daya tahan lebih rendah terhadap panas dan asam. Namun demikian, wajan tipe ini tetap menjadi pilihan untuk keperluan memasak sehari-hari di rumah karena bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan.

Kekurangan dari wajan tipe ini adalah diperlukannya perawatan yang lebih hati-hati untuk menjaga kualitas wajan. Kita harus melakukan persiapan awal saat pertama kali akan menggunakan wajan jenis ini dengan cara merebus dan mendidihkan air sampai habis untuk menghilangkan lapisan di permukaannya. Kemudian kita perlu menumis sisa-sisa sayuran yang tidak terpakai untuk meresapkan minyak ke permukaan wajan. Jika minyak tidak meresap dengan baik, ini bisa menjadi penyebab wajan gosong atau berkarat saat digunakan memasak. Setelah selesai digunakan, wajan tipe ini tidak boleh dicuci dengan sabun karena bisa menghilangkan minyak yang sudah meresap. Jadi, cukup dicuci dengan air saja, kemudian dikeringkan. Kita perlu menjaga agar di permukaan wajan selalu ada lapisan tipis minyak.

Mungkin awalnya memang terasa merepotkan. Tetapi jika sudah terbiasa dengan cara perawatannya, maka wajan ini bisa dipakai sampai 10 tahun, lho! Daya tahannya yang tinggi juga merupakan salah satu daya tarik paling besar dari wajan penggorengan tipe ini.

Memilih berdasarkan ukuran

Memilih berdasarkan ukuran

Tidak peduli apakah kita tinggal sendiri maupun berkeluarga, wajan penggorengan yang paling mudah digunakan untuk membuat masakan tumis dalam jumlah banyak sekaligus, adalah wajan berdiameter sekitar 26cm. Wajan ukuran ini sangat cocok misalnya untuk memasak nasi goreng maupun tumis sayuran. Untuk rumah tangga dengan anggota keluarga empat orang atau misalnya yang memiliki anak usia pertumbuhan, wajan berukuran 28cm juga bisa menjadi pilihan. Hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran wajan yang terlalu besar akan sulit dipakai karena bobotnya yang berat dan memakan tempat saat disimpan.

Apabila Anda sering membuat lauk dalam jumlah sedikit, seperti untuk sarapan atau bekal makan siang, wajan penggorengan dengan diameter sekitar 20 cm juga bisa menjadi pilihan. Penggunaannya sangat praktis dan ukurannya juga pas untuk membuat telur mata sapi maupun tumis sayur sederhana.

Memilih berdasarkan bahan gagang dan kenyamanan memegang

Saat membuat tumisan makanan Cina atau masakan lainnya seperti nasi goreng, seringkali kita harus mengaduk sambil mengangkat wajan penggorengan. Untuk penggunaan seperti itu, hal yang paling penting adalah kenyamanan saat memegang gagang wajan.

Gagang dengan bahan plastik dan kayu

Gagang dengan bahan plastik dan kayu

Gagang berbahan plastik dan kayu memiliki keunggulan tidak mudah panas sehingga aman saat digunakan. Di samping itu, gagang berbahan plastik dan kayu juga banyak yang antislip dan memiliki desain lekukan. Hal ini tentunya memudahkan pengguna saat menggenggam gagang wajan. Karenanya, pemula maupun wanita yang genggamannya lebih lemah dan bahkan anak-anak pun, bisa dengan mudah menggunakan wajan dengan pegangan berbahan plastik dan kayu ini. Namun, kekurangannya adalah fungsi pegangan ini akan menurun setelah dipakai dalam jangka waktu lama. Misalnya bautnya menjadi longgar atau adanya kotoran yang menumpuk di bagian sambungan pegangan wajan.

Gagang dengan bahan logam

Gagang dengan bahan logam

Keunggulan gagang berbahan logam adalah bagian gagangnya biasanya menyatu langsung atau terpasang kuat dengan bodi wajan. Sambungan antara gagang dengan bodi wajan juga tidak banyak sehingga kotoran tidak mudah menumpuk dan kebersihannya lebih terjaga. Namun, jika wajan ini dipanaskan dalam waktu lama, gagangnya juga akan menjadi panas. Karenanya, kita perlu memperhatikan cara penggunaan yang aman, misalnya dengan menggunakan kain pelindung atau sarung tangan khusus untuk pegangan wajan.

Memilih berdasarkan bisa tidaknya digunakan pada sistem induksi IH

Memilih berdasarkan bisa tidaknya digunakan pada sistem induksi IH

Akhir-akhir ini kompor dengan sistem induksi IH mulai semakin populer. Penampilannya modis dan perawatannya juga mudah. Penggunaannya pun sangat praktis karena kita bisa mengatur besar api yang diinginkan cukup dengan satu tombol saja.

Apabila dapur di rumah Anda menggunakan kompor dengan sistem induksi IH, maka Anda perlu memilih wajan penggorengan khusus yang bisa digunakan untuk sistem induksi IH. Jangan lupa untuk memastikannya terlebih dahulu sebelum Anda membeli wajan yang Anda inginkan.

10 Rekomendasi wajan penggorengan terbaik

Sekarang, kami akan mulai mengulas peringkat wajan penggorengan sesuai urutan rekomendasi. Silakan gunakan peringkat rekomendasi ini sebagai referensi agar bisa menemukan wajan penggorengan terbaik yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda!

10. I-Kitchen Frying Pan 28 cm

10. I-Kitchen Frying Pan 28cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 127.500

Wajan penggorengan dengan lapisan teflon antilengket

Wajan penggorengan ini dilapisi teflon dengan proses pelapisan suhu tinggi, menjadikannya antilengket dan bebas dari logam berat. Pegangannya terbuat dari bahan bakelite yang tahan panas serta didesain secara ergonomis sehingga nyaman digenggam.

Wajan ini juga mampu menyebarkan panas secara merata sehingga Anda bisa memasak lebih cepat dari wajan penggorengan biasa. Sangat cocok untuk Anda yang tidak punya banyak waktu untuk memasak!

9. LOCK&LOCK Frying Pan Cookplus 24 cm

9. LOCK&LOCK Frying Pan Hard & Light Cookplus 24cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 270.000

Wajan penggorengan yang kuat dan ringan

Wajan penggorengan Hard & Light Cookplus keluaran LOCK&LOCK ini memiliki tiga lapisan antilengket termasuk lapisan hard anodizing yang menjadikannya sangat kuat tapi juga ringan! Berat wajan ini hanya 1 kg dan pegangannya juga didesain agar mudah digenggam sehingga Anda bisa memasak dengan lebih nyaman terutama saat harus mengaduk masakan sambil mengangkat wajan seperti untuk tumisan masakan Cina dan lainnya.

8. Oxone Perfect Fry Pan 16 cm (OX-16FP)

8. Oxone Perfect Fry Pan 16cm (OX-16FP) - Stainless

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 76.000

Wajan penggorengan berbahan stainless steel yang cocok untuk menumis

Bentuknya yang kecil berdiameter 16 cm menjadikan wajan ini mudah digunakan untuk keperluan memasak sehari-hari dan praktis saat disimpan. Oxone Perfect Frypan terbuat dari bahan stainless steel yang berkualitas serta antikarat, sangat cocok untuk Anda yang sering membuat tumis ataupun masakan ringan lainnya. Wajan ini juga dapat digunakan pada berbagai jenis kompor termasuk kompor dengan sistem induksi, kompor gas dan juga ceramic cooker!

7. Maxim Paris Fry Pan Teflon 20 cm

7. Maxim Paris Fry Pan Teflon 20cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 68.000

Wajan penggorengan yang cocok untuk memasak sehari-hari

Keunggulan Maxim Paris Fry Pan Teflon adalah wajan ini dilengkapi dengan dua lapisan, yaitu: top-coating, yang menjadikan permukaannya tidak gampang lengket sehingga memudahkan saat mengangkat makanan dan wajan pun lebih mudah dibersihkan; serta primer-coating di lapisan terbawah yang memberikan perlindungan ekstra terhadap suhu yang tinggi.

Dengan panci ini, Anda hanya perlu menggunakan sedikit minyak saat memasak sehingga Anda bisa menghidangkan makanan yang lebih sehat untuk dinikmati bersama keluarga. Keunggulan lainnya adalah wajan ini sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI, jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai bahan yang dipakai dalam proses pembuatannya.

6. FINCOOK Ceramic Fry Pan 20 cm (CFP2002)


6. FINCOOK Ceramic Fry Pan CFP2002 20 cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 142.000

Wajan dengan lapisan keramik ceratinum

Dengan dilapisi keramik ceratinum, wajan ini memiliki keunggulan lebih tahan terhadap goresan dan juga antilengket sehingga menjamin makanan terasa renyah dan gizi tetap terjaga. Pendistribusian panas yang baik pada wajan ini memungkinkan masakan lebih cepat matang dan bisa menghemat pengeluaran rumah tangga.

Ceramic Frypan ini merupakan salah satu produk unggulan FINCOOK, antara lain karena kemampuannya untuk mengurangi asap yang dihasilkan. Dengan warna yang menarik dan gagang yang nyaman, kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang juga mementingkan desain wajan selain dari fungsi utamanya untuk memasak.

5. IKEA Oumbärlig 24 cm

5. IKEA Oumbärlig 24 cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 344.000

Wajan dari bahan baja tahan karat

IKEA Oumbarlig ini terbuat dari bahan dasar baja yang kuat dan tahan lama sehingga sangat cocok untuk digunakan sehari-hari. Wajan ini juga dilengkapi lapisan Teflon® Platimun plus, menjadikannya sangat unggul dalam mencegah makanan lengket saat dimasak.

Gagang wajannya sendiri juga dibuat menggunakan baja tahan karat sehingga mudah untuk dibersihkan. Wajan ini juga bisa digunakan pada semua jenis kompor termasuk sistem induksi IH. Bentuknya yang elegan juga pasti akan menambah kesan tersendiri di dapur Anda!

4. Kitchen Art 5 Ply Diamond Coating (20 & 28 cm)

4. Kitchen Art Korean 5 Ply Diamond Coating (20 cm & 28 cm)

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 606.000

Wajan penggorengan berlapis diamond

Wajan penggorengan asal Korea ini terdiri dari lima lapisan yang menjadikannya antilengket, tahan lama, dan mampu mencegah korosi maupun lecet pada permukaan wajan. Proses die-casting pada pembuatan wajan ini juga mampu mengurangi panas terbuang sehingga masakan Anda akan tetap terjaga nutrisi dan rasanya.

Dengan harga yang bisa dibilang cukup bersahabat, Anda bisa mendapatkan dua buah wajan sekaligus, yaitu wajan cekung berukuran 20 cm dan wajan datar 28 cm. Pilihan warna yang tersedia juga menarik dan tentunya bisa menambah nuansa ceria di dapur Anda!

3. Tefal Sensoria Titanium Coating 28 cm

3. Tefal Sensoria Titanium Coating 28 cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 781.819

Wajan berlapis titanium dengan penyebaran panas yang merata!

Wajan penggorengan bermerek Tefal ini hadir dengan lapisan titanium yang kuat guna menjamin ketahanannya untuk digunakan hingga waktu lama. Dengan bahan cast aluminium, wajan ini lebih ringan dibandingkan wajan cast iron biasa dan mampu memastikan panas yang merata dengan baik ke seluruh permukaan wajan.

Seperti halnya produk-produk Tefal lainnya, wajan ini juga dilengkapi teknologi Thermo Spot  yang dapat memberitahukan bila wajan sudah cukup panas dan siap untuk digunakan memasak. Dengan fitur ini Anda akan terhindar dari masalah masakan hangus atau gosong misalnya karena wajan yang terlalu panas.

2. Neoflam Reverse Frypan (20 & 28 cm)

2. Neoflam Reverse Frypan (20 cm & 28 cm)

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 950.000

Wajan dengan lapisan ecolon pro yang ramah lingkungan

Kebanyakan wajan penggorengan menggunakan lapisan teflon untuk memberikan fungsi antilengket, tapi tidak dengan produk keluaran Neoflam ini! Wajan penggorengan ini dilengkapi lapisan antilengket berbasis keramik yang ramah lingkungan karena terbuat dari bahan alami seperti batu dan pasir.

Dengan cast aluminium sebagai bahan dasarnya, wajan penggorengan Neoflam Reverse mampu menghantarkan panas dengan sangat baik sekaligus menyebarkannya secara merata. Pegangannya juga tahan panas dan didesain dengan ergonomis untuk kenyamanan Anda saat memasak!

1. Tefal Pleasure Wokpan 30 cm

1. Tefal Pleasure Wokpan 30cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 640.000

Wajan terpercaya untuk masakan Indonesia

Tidak diragukan lagi, Tefal adalah produk yang sangat diunggulkan. Sebagai pioneer lapisan antilengket bersertifikat, Tefal menggunakan bahan yang aman untuk memasak hidangan yang disajikan bagi keluarga terkasih kita. Ada harga, memang ada rupa!

Meskipun ukurannya terkesan agak besar, tetapi satu wajan ini saja bisa digunakan untuk segala masakan, seperti tumis sayur, memasak rendang untuk sekeluarga, ayam goreng favorit anak-anak, sampai membuat gulai ayam. Benar-benar cocok untuk keluarga Indonesia!

Mari perhatikan juga tutup dari wajan penggorengan

Selain memperhatikan cara memilih wajan, kita juga harus teliti dalam memilih tutup dari wajan penggorengan untuk memaksimalkan fungsinya.

Tutup wajan berfungsi untuk menjaga agar panas tidak terbuang sehingga bisa mempercepat waktu memasak dan menghemat biaya. Di samping itu, jika kita memanfaatkan tutup wajan dengan cerdas, kita juga bisa menggunakan wajan penggorengan untuk membuat masakan kukus dan lainnya!

Kesimpulan

Bagaimana kesan Anda mengenai bahasan rekomendasi wajan penggorengan di atas? Kami harap Anda bisa menemukan wajan yang paling cocok dengan kebutuhan Anda dari sekian banyak pilihan yang tersedia di pasaran, mulai dari yang harga terjangkau dan ekonomis sampai harga yang cukup tinggi dengan kualitas setara.