• 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.

Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Primastuti Indah
  • Pembaharuan terakhir: 18 Februari 2020
  • 33.672 Views
Daftar isi

Cara memilih wajan penggorengan

Pertama-tama, kami akan menjelaskan aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam memilih wajan penggorengan, mulai dari material, ukuran, fitur unggulan, dan aspek lainnya.

Memilih berdasarkan bahan

Wajan penggorengan yang dijual terbuat dari berbagai jenis material. Masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri. Oleh karenanya, pilihlah material wajan yang paling sesuai dengan cara memasak Anda.

Wajan fluorin (teflon): membuat masakan tidak mudah gosong

Wajan fluorin (teflon): membuat masakan tidak mudah gosong
Wajan penggorengan yang dilapisi fluorin mudah dipakai untuk membuat berbagai masakan rumah, bahkan bagi para pemula sekalipun. Bahan ini lebih dikenal dengan istilah teflon. Dengan menggunakan wajan yang dilapisi teflon, Anda bisa memasak tanpa gosong meskipun hanya menggunakan sedikit minyak goreng. Masakan pun menjadi lebih sehat. Selain itu, beberapa merek menjual wajan teflon dengan harga yang cukup terjangkau yaitu kurang dari Rp 200.000. Keunggulan lainnya, material ini mudah dibersihkan.
Namun, wajan tipe ini tidak tahan terhadap api besar dan tidak tahan banting. Lapisan teflon di bagian permukaan wajan bisa terkelupas jika Anda menggunakan spatula besi ketika memasak di wajan ini. Meskipun mungkin Anda tidak akan sering menggunakannya, wajan tipe ini akan berkurang kualitasnya setelah digunakan selama dua tahun hingga tiga tahun. Jadi, Anda sebaiknya memperhitungkan perkakas ini sebagai barang habis pakai yang harus diganti secara berkala.

Wajan besi: tipe universal yang awet digunakan

Wajan besi: tipe universal yang awet digunakan
Wajan ini memiliki kemampuan yang tinggi dalam menghantarkan dan menyimpan panas, serta tahan lama. Meskipun memiliki bobot yang cukup berat dan harga yang relatif lebih mahal, wajan besi tidak mudah rusak asalkan dirawat dengan tepat. Anda bahkan dapat menggunakan wajan ini seumur hidup.
Pada pemakaian awal, Anda mungkin akan merasa repot untuk membiasakan diri dengan penggunaan minyak yang tepat. Ditambah lagi, Anda harus membersihkan dengan cara yang tepat agar wajan tidak berkarat. Namun, jika sudah terbiasa, wajan ini akan membuat Anda jatuh cinta. Anda dapat memasak menu apa pun dengan menggunakan wajan besi.

Material lain yang sesuai dengan menu dan bahan-bahan masakan

Material lain yang sesuai dengan menu dan bahan-bahan masakan
Di samping fluorin dan besi, terdapat material lain yang kerap dijadikan sebagai bahan pembuat wajan, antara lain aluminium, casting (logam yang dicairkan, kemudian dituang ke dalam cetakan dan dibekukan), tembaga, dan lainnya. Masing-masing material cocok untuk jenis masakan yang berbeda. Maka dari itu, pilihlah yang sesuai dengan cara memasak Anda. Wajan yang terbuat dari casting dapat memberikan sentuhan warna kecokelatan pada masakan karena material tersebut mudah dilalui panas. Wajan tipe ini cocok bagi Anda yang hobi membuat olahan daging seperti steak dan hamburger.
Sementara itu, wajan tembaga memiliki kemampuan yang baik dalam menghantarkan panas sehingga cocok untuk memasak jenis masakan yang membutuhkan panas secara merata, misalnya telur. Selanjutnya, jika Anda ingin memasak pasta, wajan aluminium akan nyaman digunakan karena ringan dan mudah diangkat.

Ukuran wajan standar untuk pemakaian sehari-hari adalah antara 26 cm hingga 28 cm

Ukuran wajan standar untuk pemakaian sehari-hari adalah antara 26 cm hingga 28 cm
Anda mungkin akan kesulitan dalam menentukan apakah suatu wajan terlalu besar atau terlalu kecil bagi kebutuhan Anda. Ukuran wajan yang nyaman untuk digunakan sehari-hari adalah antara 26 cm hingga 28 cm. Dengan wajan ukuran tersebut, Anda dapat memasak makanan dalam jumlah yang cukup banyak sehingga cocok digunakan baik oleh Anda yang tinggal sendiri maupun bersama keluarga.
Selain itu, ada juga ukuran yang lebih compact yaitu 20 cm. Sebaliknya, untuk memasak dalam skala besar, terdapat wajan berdiameter 32 cm. Akan tetapi, ingatlah untuk menggunakan wajan dengan cara yang tepat dan sesuai dengan fungsinya. Anda sebaiknya memilih ukuran wajan yang sesuai dengan pemakaian sehari-hari.

Bobot wajan yang ideal adalah maksimal 1 kg agar dapat diayun dengan satu atau dua tangan

Bobot wajan yang ideal adalah maksimal 1 kg agar dapat diayun dengan satu atau dua tangan
Pada umumnya, wajan penggorengan memiliki bobot sekitar 1 kg. Namun, wajan seberat 1 kg biasanya akan terasa berat setelah dimasukkan bahan-bahan masakan sehingga sulit untuk diayun ketika sedang memasak. Agar lebih nyaman, Anda sebaiknya memilih wajan yang ringan agar dapat diangkat dan diayun dengan menggunakan satu tangan. Wajan dengan bobot tidak lebih dari 1 kg tentunya akan mempermudah Anda.

Memilih berdasarkan bahan gagang dan kenyamanan memegang

Pada saat membuat tumisan makanan Cina atau masakan lainnya seperti nasi goreng, sering kali kita harus mengaduk sambil mengangkat wajan penggorengan. Untuk penggunaan seperti itu, hal yang paling penting adalah kenyamanan dalam memegang gagang wajan.

Gagang dengan bahan plastik dan kayu tidak akan terasa panas di tangan

Gagang dengan bahan plastik dan kayu tidak akan terasa panas di tangan
Gagang berbahan plastik dan kayu memiliki keunggulan tidak mudah panas sehingga aman saat digunakan. Di samping itu, gagang berbahan plastik dan kayu juga banyak yang antiselip dan memiliki desain lekukan. Hal ini tentunya memudahkan pengguna saat menggenggam gagang wajan. Oleh karenanya, pegangan wajan berbahan plastik dan kayu ini juga aman dan mudah digunakan oleh anak-anak ataupun para lansia.
Namun, kekurangannya adalah fungsi pegangan ini akan menurun setelah dipakai dalam jangka waktu lama, misalnya baut menjadi longgar. Dengan demikian, sebaiknya Anda rutin memeriksa kerusakannya.

Gagang dengan bahan logam lebih tahan lama dan tidak mudah kotor

Gagang dengan bahan logam lebih tahan lama dan tidak mudah kotor
Keunggulan gagang berbahan logam adalah bagian gagangnya dirancang menyatu langsung atau terpasang kuat dengan bodi wajan sehingga lebih awet dan kuat. Sambungan antara gagang dengan bodi wajan juga tidak banyak sehingga kotoran tidak mudah menumpuk dan kebersihannya lebih terjaga.
Akan tetapi, jika wajan ini dipanaskan dalam waktu lama, gagangnya juga akan menjadi panas. Untuk itu, perhatikanlah faktor keamanan dalam menggunakan wajan ini. Misalnya, Anda dapat menggunakan kain pelindung atau sarung tangan khusus saat menyentuh pegangan wajan.

Sesuaikan dengan jenis kompor Anda. Sebaiknya, pilihlah produk yang kompatibel dengan kompor gas dan induksi

Sesuaikan dengan jenis kompor Anda. Sebaiknya, pilihlah produk yang kompatibel dengan kompor gas dan induksi
Apabila di rumah Anda menggunakan kompor induksi, tentu Anda harus memilih wajan penggorengan yang kompatibel dengan kompor tersebut. Begitu juga jika Anda menggunakan kompor gas, gunakan wajan yang memang sesuai.
Ada juga beberapa orang yang menggunakan kedua jenis kompor tersebut di rumah. Terkadang mereka menggunakan kompor induksi, terkadang kompor gas. Jika Anda termasuk ke dalam kelompok tersebut, kami menyarankan Anda memilih wajan penggorengan yang kompatibel dengan kompor gas dan kompor induksi.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Solarpi24cm Marble Stone Ceramic Coating Fry Pan

Rp 168.900,00

10 Rekomendasi wajan penggorengan terbaik

Sekarang, kami akan memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik. Silakan gunakan rekomendasi ini sebagai referensi agar bisa menemukan produk yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda!
10
9
8
7
6
5
4
3
2

LOCK & LOCKCookplus Hard and Light Frying Pan – 28 cm

Rp 399.800,00

1

Tabel perbandingan produk wajan penggorengan terbaik

Gambar produk
1
TEFAL Pleasure 30 cm 1

TEFAL

2
LOCK & LOCK Cookplus Hard and Light Frying Pan – 28 cm 1

LOCK & LOCK

3
IKEA  Oumbärlig Wajan Penggorengan 1

IKEA

4
Oxone OX-03FP 3PCS Marble Frypan Set 1

Oxone

5
Neoflam Midas 9pc Set, Detachable Handle 1

Neoflam

6
LOCK & LOCK  Cookplus Prima Frying Pan – 26 cm 1

LOCK & LOCK

7
Maxim  Ultra Frypan - 20 cm 1

Maxim

8
I-Kitchen  Frying Pan - 28 cm 1

I-Kitchen

9
Oxone  Perfect Frypan  1

Oxone

10
Maxim Paris Fry Pan - 24 cm 1

Maxim

Nama produk

Pleasure 30 cm

Cookplus Hard and Light Frying Pan – 28 cm

Oumbärlig Wajan Penggorengan

OX-03FP 3PCS Marble Frypan Set

Midas 9pc Set, Detachable Handle

Cookplus Prima Frying Pan – 26 cm

Ultra Frypan - 20 cm

Frying Pan - 28 cm

Perfect Frypan

Paris Fry Pan - 24 cm

KeunggulanDapatkan suhu memasak yang ...Bebas pegal saat memasak be...Tidak hanya dapat digunakan...Anda bahkan dapat memasak t...Dengan ecolon nonstick cera...Tidak khawatir lagi menggun...Dua kali lebih tahan bantin...Mampu menjaga suhu tetap st...Wajan mungil bagi Anda yang...Memasak menjadi lebih mudah...
HargaRp 638.000,00Rp 399.800,00Rp 299.000,00Rp 510.000,00Rp 1.216.000,00Rp 465.000,00Rp 273.000,00Rp 199.000,00Rp 75.660,00Rp 117.000,00
Tautan produk

Baca juga rekomendasi wajan terbaik lainnya di sini

Dalam memasak, ada beberapa jenis masakan yang tidak dapat diolah dengan menggunakan wajan penggorengan. Terkadang, Anda membutuhkan wajan khusus. Jika Anda membutuhkan rekomendasi dan penjelasan lengkap mengenai wajan panggang (grill pan) dan penggorengan listrik, Anda dapat membacanya di sini!

Kesimpulan

Bagaimana kesan Anda mengenai bahasan rekomendasi wajan penggorengan di atas? Terdapat banyak pilihan yang tersedia, mulai dari yang memiliki harga terjangkau dan ekonomis, sampai harga yang cukup tinggi dengan kualitas setara.
Ingatlah untuk tetap memilih berdasarkan kebutuhan dan pemakaian di rumah agar kelak produk tersebut dapat digunakan secara efektif. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Hand mixer merupakan salah satu peralatan dapur yang memberi kemudahan untuk mengaduk adonan. Bahkan, banyak ibu yang menggunakannya untuk membuat MPASI si kecil. Berbagai produsen seperti Philips, KitchenAid, Kenwood, dan lainnya meluncurkan produk andalannya masing-masing dengan bermacam harga. Bingung harus pilih yang mana?Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih hand mixer yang tepat. Lalu, tidak lupa kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Jangan sampai lewatkan ulasan tentang pemakaian hand mixer yang efektif di bagian akhir artikel. Simak selengkapnya dan berkreasilah dengan resep Anda!
    Peralatan dapur
    17.074 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.Beberapa merek microwave oven yang terkenal adalah Hitachi, Sharp dan Panasonic. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa microwave oven dari berbagai merek ternama untuk dibandingkan kualitasnya. Simak ulasan berikut ini dan jadikan pertimbangan Anda sebelum membeli microwave oven.
    Peralatan dapur
    20.517 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Food processor merupakan perkakas dapur multifungsi yang akan mempermudah tugas Anda saat menyiapkan makanan. Tak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga dapat menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips tentang cara memilih food processor yang tepat untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan kegunaan food processor secara komprehensif, serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Philips, Oxone, Panasonic, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    16.610 Views
  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini termasuk cukup sering digunakan di rumah. Model dan mereknya pun beragam, mulai dari Sharp, Philips, Oxone, dan merek lainnya. Anda mungkin bingung memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, artikel ini akan membahas cara memilih blender dan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan menjelaskan perbedaannya dengan juicer dan food processor. Langsung saja, ya!
    Peralatan dapur
    20.813 Views
  • 10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan adalah barang penting yang wajib ada di dapur untuk memasak. Oleh karena itu, di pasaran banyak tersedia set frying pan yang menjual beberapa buah sekaligus dalam satu setnya. Namun, banyaknya jenis frying pan dan harga yang ditawarkan dari berbagai merek, seperti IKEA, Oxone, atau Maxim mungkin membuat Anda bingung memilih yang terbaik.Pada kesempatan ini, kami akan memberikan Anda rekomendasi produk frying pan terbaik serta penjelasan mengenai jenis dan fungsi frying pan untuk membantu Anda memilih produk yang sesuai kebutuhan. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    14.629 Views
  • 10 Rekomendasi Toaster Terbaik tipe Pop Up (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Toaster Terbaik tipe Pop Up (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda termasuk orang yang lebih menyukai sarapan dengan roti daripada nasi, Anda perlu memiliki toaster tipe pop up. Di Indonesia sendiri masih jarang orang yang mengetahui atau bahkan menggunakan toaster tipe pop up. Padahal, toaster tipe pop up sangat mudah digunakan dan menghemat waktu.Sebenarnya, sudah ada beberapa merek elektronik meluncurkan produk toaster tipe pop up di Indonesia. Namun, mungkin masih sedikit orang yang menggunakannya dan belum tahu mana toaster tipe pop up yang terbaik. Untuk itu, kami akan memberikan informasi bagaimana cara memilih toaster tipe pop up ini.
    Peralatan dapur
    2.165 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori