1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan masak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Wajan penggorengan merupakan alat masak yang wajib ada di dapur. Wajan terbuat dari bahan yang beragam, ada wajan antilengket maupun wajan tanpa lapisan antilengket. Wajan antilengket memiliki coating bermacam-macam, seperti coating granit, keramik, hingga titanium. Sementara itu, stainless steel, carbon steel, dan cast iron merupakan contoh wajan tanpa lapisan antilengket.

Pada artikel ini, kami akan me-review keunggulan tiap-tiap cookware tersebut. Kami juga akan mengulas merek wajan yang bagus untuk kesehatan, seperti Zebra, Bima, IKEA, GreenPan, dan SKITCHEN. Silakan baca artikel ini untuk mengetahui tips memilih wajan yang bagus.


Diperbaharui 09-07-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih wajan penggorengan

Pertama-tama, kami akan menjelaskan aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam memilih wajan penggorengan. Simak bahasan kami tentang bahan wajan penggorengan, keunggulan, dan aspek lainnya.

① Pilih wajan berdasarkan bahan pelapisnya

Berdasarkan bahan yang melapisi bagian dasar wajan, wajan terbagi menjaadi dua jenis. Ada wajan dengan coating antilengket (non-stick pan) dan wajan tanpa coating. Mari simak perbedaan keduanya.

Non-stick pan, lebih mudah dipakai dengan lapisan antilengket

Non-stick pan, lebih mudah dipakai dengan lapisan antilengket
Wajan non-stick populer dengan sebutan wajan antilengket. Sesuai namanya, wajan ini dilengkapi dengan lapisan antilengket. Bahan pelapis wajan tersebut membuat masakan Anda tidak lengket atau menempel di dasar wajan. Anda pun bisa memasak tanpa khawatir lengket atau gosong meski hanya memakai sedikit minyak. 

Lapisan antilengket yang populer di pasaran adalah lapisan fluorin atau yang lebih dikenal dengan teflon. Alat masak ini tidak dianjurkan untuk digunakan dalam suhu tinggi karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Pasalnya, pada suhu tinggi teflon melepaskan zat kimia perfluorooctanoic acid (PFOA) dan polytetrafluoroethylene (PTFE) yang bersifat karsinogenik.


Selain lapisan teflon, ada lapisan antilengket lainnya, meliputi diamond coating, titanium coating, ceramic coating, dan sebagainya. Namun, wajan dengan coating atau lapisan antilengket bisa terkelupas seiring dengan usia pemakaian. Jika lapisan antilengket mengelupas, segera ganti wajan Anda dengan yang baru.

Non-coated pan, lebih awet dan baik untuk kesehatan

Non-coated pan, lebih awet dan baik untuk kesehatan

Wajan penggorengan tanpa lapisan antilengket disebut sebagai alternatif alat masak yang lebih sehat. Karena tanpa coating, Anda tak perlu takut akan lapisan yang terkelupas dan tak sengaja tertelan bersama makanan. Alat masak ini juga cenderung tahan goresan. Meski begitu, sebaiknya tetap cuci alat masak ini dengan spons cuci yang lembut agar awet dan tidak timbul guratan.


Contoh alat masak non-coated yang bagus untuk kesehatan, antara lain cast iron, carbon steel, stainless steel, dan keramik. Karena tidak ada lapisan antilengketnya, butuh sedikit penyesuaian agar masakan tidak menempel di dasar wajan. 


Tipsnya, sebelum dituangi minyak, panaskan wajan terlebih dahulu di atas kompor. Setelah panas, baru tuangi minyak dan lanjut memasak seperti biasa. Pada cast iron dan carbon steel, lapisan antilengket akan terbentuk alami jika sering dilapisi minyak pada seluruh permukaannya.

② Ketahui keunggulan material pembuatnya

Wajan penggorengan terbuat dari berbagai jenis material. Setiap material memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing. Oleh karenanya, pilihlah material wajan yang paling sesuai dengan preferensi Anda.

Aluminium, cepat menghantarkan panas

Aluminium, cepat menghantarkan panas

Aluminium adalah jenis bahan yang mudah menghantarkan panas. Di samping itu, wajan aluminium memiliki rentang harga yang bervariasi dengan pilihan modelnya paling beragam. Anda pun akan lebih leluasa memilih wajan aluminium dengan bujet yang telah disiapkan. Jika menyukai wajan yang tidak lengket, Anda bisa memilih wajan aluminium yang dilengkapi coating atau lapisan antilengket. 

Stainless steel, tahan karat dan antigores

Stainless steel, tahan karat dan antigores

Material lain yang dapat Anda jadikan pilihan adalah wajan berbahan stainless steel. Pilihlah wajan stainless steel minimum SUS 304. Stainless steel SUS 304 diklaim aman bersentuhan langsung dengan makanan dan tahan korosi.


Wajan ini cocok digunakan untuk memasak hidangan sehari-hari, seperti menumis, menggoreng, membuat saus, dan lainnya. Kelebihan material ini adalah sifatnya yang antigores dan tidak mudah berkarat. Tampilannya juga sleek, layaknya cookware di dapur para chef

Besi tuang (cast iron), menahan panas lebih lama dan awet digunakan

Besi tuang (cast iron), menahan panas lebih lama dan awet digunakan
Sumber: skitchen.id

Wajan yang terbuat dari cast iron memiliki kemampuan yang tinggi dalam menyimpan panas lebih lama. Wajan ini cocok untuk membuat masakan yang membutuhkan suhu sangat tinggi. Meskipun bobotnya berat dan harga relatif lebih mahal, wajan besi tidak mudah rusak asalkan dirawat dengan tepat. Anda bahkan dapat menggunakan wajan ini seumur hidup.


Pada pemakaian awal, Anda mungkin akan merasa repot untuk membiasakan diri melakukan seasoning. Seasoning adalah melapisi seluruh permukaan cast iron dengan minyak. Hal ini bertujuan agar lapisan antilengket terbentuk alami dan wajan tidak berkarat saat disimpan. Namun, jika sudah terbiasa, wajan ini akan membuat Anda jatuh cinta. 

Carbon steel, alternatif yang lebih ringan daripada cast iron

Carbon steel, alternatif yang lebih ringan daripada cast iron
Sumber: ikea.co.id

Carbon steel (besi karbon) memiliki tampilan dan perawatan mirip dengan cast iron. Bedanya, carbon steel memiliki bobot yang lebih enteng bahkan bisa ditenteng dengan satu tangan. Harganya pun biasanya lebih murah dibandingkan cast iron


Anda juga perlu melakukan seasoning pada alat masak ini agar tidak lengket saat dipakai memasak. Baik cast iron maupun carbon steel sama-sama tidak tahan acid. Jadi, kedua alat masak ini kurang pas untuk masakan yang bersifat asam, seperti tomat.

③ Kenali bentuk-bentuk wajan penggorengan

Sama seperti alat masak lainnya, wajan penggorengan juga memiliki bentuk beragam. Pemilihan desain wajan penggorengan ini kembali lagi pada kebutuhan dapur masing-masing. Anda juga dapat memilih wajan sesuai dengan jenis masakan yang Anda buat.

Wok, ideal untuk deep frying

Wok, ideal untuk deep frying

Wok atau wajan berbentuk cekung sangat ideal untuk masakan deep fried karena dapat menampung banyak minyak. Selain untuk gorengan, wok juga ideal untuk beragam tumisan dan masakan dalam jumlah banyak. Saat memasak menggunakan wok, risiko masakan tumpah juga lebih terminimalkan. Wok merupakan salah satu cookware yang mudah Anda temui di dapur Chinese restaurant.

Skillet atau fry pan, desain ergonomis dengan handel panjang

Skillet atau fry pan, desain ergonomis dengan handel panjang

Skillet dan frying pan adalah dua macam cookware dengan bentuk yang sama. Keduanya sama-sama memiliki handel panjang dan fungsinya bisa untuk menumis, menggoreng, menyangrai, hingga memanggang (grill). 


Jika Anda terbiasa mengayunkan handel pan saat memasak, wajan yang ringan bisa menjadi pilihan. Wajan dengan bobot ringan juga lebih memudahkan Anda untuk memegangnya dengan satu tangan. Wajan yang ringan juga akan membuat proses mencuci lebih mudah dan praktis.

④ Pertimbangkan produk yang PFOA-free dan PTFE-free

Pertimbangkan produk yang PFOA-free dan PTFE-free

Seiring dengan meningkatnya gaya hidup sehat, alat masak yang berlabel sehat dan bebas zat toxic juga mulai marak. Jika Anda concern dengan kesehatan, pilihlah wajan yang dilabeli "healthy cookware" atau semacamnya. Dalam hal ini, wajan yang memiliki klaim non PFOA dan non PTFE bisa dipilih. 


Wajan tanpa lapisan antilengket, seperti carbon steel, cast iron, dan stainless steel SUS 304, juga bisa menjadi pilihan. Ini merupakan alat masak yang sebenarnya sudah dipakai sejak zaman dahulu. Berkat tren healthy lifestyle, alat masak ini kembali digemari.

⑤ Sesuaikan dengan jenis kompor Anda

Sesuaikan dengan jenis kompor Anda
Jika Anda menggunakan kompor gas, tidak masalah Anda menggunakan produk yang kompatibel dengan kompor gas ataupun induksi. Namun, jika Anda menggunakan kompor induksi, sebaiknya pakailah wajan yang memang kompatibel dengan kompor induksi.

Pada dasarnya, wajan untuk kompor induksi dapat digunakan untuk kompor gas. Namun, struktur wajan untuk kompor induksi mungkin akan terasa lebih berat atau lambat panas daripada wajan untuk kompor gas. Jadi, kami menyarankan agar Anda memilih produk yang memang sesuai dengan jenis kompor yang dipakai. 

10 Rekomendasi wajan penggorengan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wajan penggorengan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

BOLDë

Granite Beige Series Super Pan Wok

BOLDë  Granite Beige Series Super Pan Wok 1枚目

Tidak takut terkena percikan minyak saat menggoreng

2

Pero

Basic Wok Pan + Glass Lid

Pero Basic Wok Pan + Glass Lid 1枚目

Bisa untuk menggoreng, bisa juga untuk ungkep

3

Tefal

Cook & Clean Frypan

Tefal Cook & Clean Frypan 1枚目

Dapatkan suhu memasak yang tepat dengan teknologi Thermo-Signal®

4

LocknLock

Hard&Light Frying Pan Wok

LocknLock Hard&Light Frying Pan Wok  1枚目

Bebas pegal saat memasak berkat wajan yang ringan sekaligus kuat

5

GreenPan

Copenhagen Black Open Frypan

GreenPan Copenhagen Black Open Frypan  1枚目

Bisa digunakan di oven hingga suhu 220° C!

6

Bima

Heritance Pro-Lite Western Wok

Bima Heritance Pro-Lite Western Wok 1枚目

Deep frying menjadi lebih mudah dengan wok cekung ini!

7

Zebra

Frying Pan 22 cm Vitalux

Zebra Frying Pan 22 cm Vitalux 1枚目

Berbahan stainless steel SUS 304, alternatif alat masak yang lebih sehat

8

Neoflam

FIKA Wok Pan Wajan Keramik

Neoflam FIKA Wok Pan Wajan Keramik 1枚目

Wajan estetik dari Korea untuk mempercantik dapur Anda

9

IKEA

VARDAGEN Wajan penggorengan, baja karbon

IKEA  VARDAGEN Wajan penggorengan, baja karbon 1枚目

Alat masak sehat yang awet hingga 25 tahun!

10

SKITCHEN

Waingapu Wok

SKITCHEN Waingapu Wok 1枚目

Cast iron premium buatan dalam negeri

Perincian produk
Close
No.1

BOLDë Granite Beige Series Super Pan Wok

Mulai dari Rp389.900,00

Tidak takut terkena percikan minyak saat menggoreng

BOLDë merupakan salah satu merek wajan terpopuler di kalangan kaum hawa. Warnanya yang cantik serta desainnya yang ergonomis sangat menarik perhatian banyak wanita. Pada seri Super Pan Wok ini, BOLDë hadir dengan fry pan yang dilengkapi tutup kaca. 

Saat menggoreng ikan atau ayam, Anda dapat serta merta menutup wajan dengan glass lid-nya. Tangan dan anggota badan Anda pun selamat dari percikan minyak panas. Hasil masakan Anda juga tetap enak karena produk ini mampu menyebarkan panas secara merata.

No.2

PeroBasic Wok Pan + Glass Lid

Mulai dari Rp1.100.000,00

Bisa untuk menggoreng, bisa juga untuk ungkep

Basic Wok Pan dari Pero bisa dipilih untuk fungsi memasak yang fleksibel. Dengan cekungan wok yang dalam, Anda dapat menggoreng aneka hidangan deep fried, seperti gorengan, tempura, dan lainnya. Wajan ini sepaket dengan tutup kacanya yang ergonomis. Berkat glass lid tersebut, wajan ini ideal untuk aneka masakan ungkep, seperti bacem, ayam ungkep, dan sebagainya.

Karena permukaan yang tidak lengket, membersihkan wajan penggorengan ini juga lebih mudah. Anda bahkan dapat menggunakan mesin pencuci piring. Dengan demikian, aktivitas memasak Anda tentu menjadi terasa lebih ringan dan menyenangkan.
No.3

TefalCook & Clean Frypan

Mulai dari Rp419.000,00

Dapatkan suhu memasak yang tepat dengan teknologi Thermo-Signal®

Sebagai salah satu merek unggulan, Tefal menggunakan bahan yang aman dan bebas zat karsinogen. Wajan penggorengan ini juga dilengkapi teknologi Thermo-Signal® yang memudahkan Anda untuk mengetahui suhu ideal masakan Anda. 

Tanda Thermo-Signal® yang ada di tengah wajan akan berubah warna jika masakan Anda telah mencapai suhu ideal. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan hasil masakan yang sempurna. Keunggulan produk asal Prancis ini masih ditambah dengan bagian dasar wajan yang dilapisi titanium yang terkenal kuat dan awet.

No.4

LocknLockHard&Light Frying Pan Wok LHL5303IH

Mulai dari Rp420.000,00

Bebas pegal saat memasak berkat wajan yang ringan sekaligus kuat

Wajan Hard & Light ini dilengkapi dengan teknologi hard anodizing. Hal tersebut menjadikan produk ini memiliki bodi yang kuat dan keras, tetapi bobotnya ringan. Anda dapat mengayun-ayunkan wajan ketika memasak dengan lebih ringan dan tanpa pegal. Selain itu, lapisan antilengket pada produk ini juga lebih tahan terhadap goresan.
No.5

GreenPanCopenhagen Black Open Frypan

Mulai dari Rp722.900,00

Bisa digunakan di oven hingga suhu 220° C!

Memasak akan makin praktis dan mudah dengan GreenPan. Lapisan ceramic coating-nya memungkinkan Anda untuk memasak hanya dengan sedikit minyak. Wajan ini juga diklaim lebih tahan goresan berkat lapisan keramiknya yang dilengkapi diamond superkuat.

Wajan penggorengan berukuran 24 cm ini juga aman digunakan untuk oven hingga suhu 220° C, lho. Selain untuk menggoreng, Anda dapat berkreasi dengan menu panggang. 

No.6

BimaHeritance Pro-Lite Western WokBP121432B

Mulai dari Rp558.800,00

Deep frying menjadi lebih mudah dengan wok cekung ini!

Bima merupakan merek alat masak berbahan stainless steel yang cukup terkenal di Indonesia. Beberapa produknya bahkan telah diekspor ke berbagai belahan dunia, termasuk Eropa. 


Nah, produk yang satu ini layak Anda pertimbangkan jika Anda mencari wajan penggorengan untuk deep frying. Pasalnya, wajan ini memiliki cekungan yang dalam untuk menggoreng banyak gorengan sekaligus. Handel panjangnya juga akan memudahkan Anda jika ingin menggeser posisi wajan.

No.7

ZebraFrying Pan 22 cm Vitalux175323

Mulai dari Rp315.000,00

Berbahan stainless steel SUS 304, alternatif alat masak yang lebih sehat

Akhir-akhir ini, alat masak noncoating sedang naik daun. Salah satu alasannya adalah karen faktor kesehatan. Anda tidak perlu khawatir ada coating yang terkelupas dan tertelan bersama makanan. Selain itu wajan ini juga antikarat dan tidak mudah rusak jika dirawat dengan benar. 


Alat masak asal Thailand ini terbuat dari bahan stainless steel SUS 304. Dengan demikian, bahan tersebut aman bersentuhan langsung dengan makanan dan antikorosi. Anda dapat memasak beragam jenis masakan sesering mungkin tanpa perlu khawatir mengenai daya tahannya.

No.8

NeoflamFIKA Wok Pan Wajan Keramik

Mulai dari Rp1.100.000,00

Wajan estetik dari Korea untuk mempercantik dapur Anda

Dapur instagrammable tak akan lengkap tanpa alat masak yang estetik. Wajan Neoflam FIKA dengan desain minimalis ini sangat cocok untuk melengkapi dapur estetik Anda. 


Wajan kekinian merek Korea ini makin cantik dengan gagang kayu yang sleek. Desain apiknya ini bahkan sempat memperoleh penghargaan desain internasional IF Award! Istimewanya lagi, wajan keramik ini kompatibel untuk semua jenis kompor.

No.9

IKEA VARDAGEN Wajan penggorengan, baja karbon

Mulai dari Rp299.000,00

Alat masak sehat yang awet hingga 25 tahun!

Wajan penggorengan berbahan carbon steel termasuk dalam kategori healthy cookware yang sangat awet. Bahkan, wajan ini diklaim dapat berfungsi baik hingga 25 tahun jika dirawat dengan tepat.


Panci penggorengan berukuran 20 cm ini ideal untuk membuat telur mata sapi. Dipakai untuk menumis atau memasak dalam jumlah kecil juga sangat pas.

No.10

Cast iron premium buatan dalam negeri

Wajan cast iron memang terkenal memiliki harga yang mahal dan high maintenance. Namun, bahan cast iron dikenal sangat awet, tahan banting, dan aman digunakan pada suhu tinggi.


Nah, salah satu merek dalam negeri yang memproduksi wajan berbahan cast iron adalah SKITCHEN. Karena buatan dalam negeri, harganya pun tak semahal merek cast iron impor. Meski demikian, mutu produk Skitchen tidak kalah berkualitas. Banyak yang me-review bahwa hidangan yang dimasak menggunakan cast iron rasanya jadi lebih lezat, lho. Silakan buktikan sendiri!

Menggunakan dan menyimpan wajan penggorengan

Anda sudah membaca tips memilih wajan penggorengan dan ulasan wajan penggorengan terbaik dari kami. Simak juga tips-tips saat menggunakan dan menyimpan wajan penggorengan di bawah ini agar produk pilihan Anda bisa dipakai lebih lama!

Tips agar lapisan antilengket lebih awet

Tips agar lapisan antilengket lebih awet

Seiring dengan usia penggunaan, wajan antilengket lambat laun akan mengelupas. Namun, jika Anda memakainya dengan hati-hati, Anda dapat memperpanjang usia pemakaian wajan antilengket lebih lama lagi. Berikut ini kami uraikan beberapa tipsnya untuk Anda.


  • Perhatikan panas kompor. Wajan tipe coating tidak boleh terkena suhu terlalu tinggi. Jadi, sebisa mungkin hindari memasak dengan suhu terlalu tinggi.

  • Hindari membersihkan wajan yang masih panas dengan air karena perubahan suhu yang drastis dapat membuat coating tidak awet.

  • Harap gunakan spatula berbahan lembut, seperti kayu atau silikon untuk menghindari lapisan wajan tergores. 

  • Untuk membersihkannya, sebaiknya Anda menggunakan spons cuci yang lembut agar lapisan antilengket tidak tergores.

  • Jika lapisan antilengket mulai terkelupas, untuk alasan keamanan dan kesehatan, sebaiknya segera ganti wajan Anda dengan yang baru.

Cara menyimpan wajan penggorengan

Cara menyimpan wajan penggorengan

Anda bisa menyimpan wajan berhandel dengan cara memberi partisi atau sekat pada tempat penyimpanan wajan. Dengan demikian, Anda dapat menyimpan wajan dalam posisi miring sehingga tampak lebih ringkas. 


Kalau tempat penyimpanan Anda tidak ada sekat, Anda bisa membeli partisi yang dijual di toko-toko online. Jika Anda memiliki cukup ruang di dapur, Anda juga dapat menempatkan wajan-wajan Anda dengan cara digantung. 

Baca juga rekomendasi wajan terbaik lainnya di sini

Dalam memasak, ada beberapa jenis masakan yang membutuhkan wajan khusus untuk hasil masakan yang lebih maksimal. Untuk itu, kami menyediakan ulasan dan rekomendasi jenis-jenis wajan lainnya. Silakan klik tautan di bawah ini untuk membacanya lebih lanjut!

Kesimpulan

Bagaimana kesan Anda mengenai ulasan dan rekomendasi wajan penggorengan di atas? Ada beragam pilihan yang menarik untuk dimiliki, mulai dari produk dengan harga terjangkau hingga produk dengan fitur yang menarik. Apakah ada produk rekomendasi di atas yang menjadi incaran Anda?


Ingatlah untuk tetap memilih berdasarkan kebutuhan dan pemakaian di rumah agar kelak produk tersebut dapat digunakan secara efektif. Selamat memilih produk terbaik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer