10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Hanya dengan menggunakan pensil mekanik yang tepat, efisiensi kerja dan belajar akan berbeda! Ada juga pensil mekanik untuk tujuan khusus, seperti pensil yang berukuran 0,35 mm untuk gambar teknik, maupun pensil mekanik yang antipatah.

Untuk itu, kami akan memperkenalkan pensil mekanik yang direkomendasikan, serta menjelaskan poin-poin penting untuk memilihnya. Dari merek Pilot, Rotring, Faber Castell, dan berbagai merek lainnya, yang manakah yang paling sesuai dengan Anda? Mari ikuti ulasan kami!

Daftar isi

Cara memilih pensil mekanik

Banyak sekali jenis pensil mekanik yang bisa Anda temui di pasaran, dari pensil yang sederhana dan murah, hingga pensil yang mahal dengan fungsi khusus. Tentunya, ada yang merasa ragu-ragu dalam memilih, manakah pensil mekanik yang paling cocok?

Untuk itu, kami akan menjelaskan poin yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli pensil mekanik. Silakan pilih produk yang cocok dengan kebutuhan dan selera pribadi Anda!

Pilihlah sesuai tipenya

Secara garis besar, pensil mekanik dibagi menjadi 3 tipe, yakni tipe knock (tekan), tipe putar, tipe khusus gambar teknik. Pertama, mari kita lihat ciri khas 3 tipe tersebut.

Tipe knock (tekan), tipe yang paling umum ditemui

Tipe knock (tekan), tipe yang paling umum ditemui

Dengan menekan tombol yang berada di bagian atas pensil, isi pensil akan keluar dari ujung pensil. Tipe ini adalah tipe yang paling umum. Ada juga variasi lain dari tipe ini, yaitu tipe knock dengan hiasan berbandul/ gantungan, tipe double knock, tipe body knock, dan sebagainya.

Tipe putar, tipe jadul yang masih disukai

Tipe putar, tipe jadul yang masih disukai

Sebelum tipe knock ditemukan, cara mengeluarkan isi pensil dengan cara memutar pensil, telah banyak dijual. Walaupun kini popularitasnya sudah kalah dibandingkan dengan tipe knock, tetapi tipe ini masih cukup populer karena ukuran isi pensilnya dapat diganti dengan mengganti komponen di dalam pensilnya.

Pensil mekanik untuk gambar teknik

Pensil mekanik untuk gambar teknik

Pensil mekanik tipe ini didesain secara khusus untuk membuat garis yang tipis dan tajam, pada saat membuat gambar teknik. Pensil mekanik yang dipakai oleh para profesional, seperti tipe pensil ini, biasanya mudah dipakai karena batang pensilnya yang kokoh dan kuat.

Pilihlah yang batang pensilnya sesuai dengan cara Anda menulis

Besarnya batang pensil mekanik merupakan poin penting yang berkaitan dengan kenyamanan pegangan, agar pemakai tidak mudah lelah. Karena besarnya tangan dan tekanan menulis tiap orang berbeda, dan tentunya seleranya pun berbeda, pilihlah yang ukurannya sesuai dengan tangan Anda.

Batang pensil berukuran besar, untuk yang suka menekan saat menulis

Batang pensil berukuran besar, untuk yang suka menekan saat menulis

Batang yang besar direkomendasikan bagi orang yang menekan pensil dengan kuat saat menulis. Pensil akan menjadi sulit digenggam bila pemakai menggunakan banyak tenaga sehingga tanpa pakai tenaga pun pensil ini pun mudah dipakai. Pemakai tipe pensil ini takkan mudah lelah saat menulis, karena pensil ini nyaman dipakai bila digenggam dengan benar.

Batang pensil berukuran kecil, untuk hasil yang lebih tajam dan mendetail

Batang pensil berukuran kecil, untuk hasil yang tajam dan mendetail

Perlu ada sedikit tenaga untuk menggenggam pensil ini, sehingga pensil ini cocok untuk orang yang tidak menekan pensil saat menulis. Pensil ini juga cocok untuk Anda yang perlu memperhatikan detail dalam menulis/menggambar. Akan tetapi, bila belum terbiasa menggunakan pensil ini, Anda akan kesulitan mengatur besar kecilnya tenaga yang perlu dikeluarkan.

Pilihlah yang berat pensilnya sesuai kebutuhan Anda

Pensil manakah yang mudah dikontrol? Pensil manakah yang nyaman untuk dipakai menulis? Setiap orang mempunyai seleranya masing-masing. Berat dan ringannya pensil akan memberikan efek yang berbeda bagi pemakainya. Karena itu, kini kami akan menjelaskan karakteristik dari pensil yang berat maupun yang ringan.

Pensil yang berat, mudah untuk dikontrol

Pensil yang berat, mudah untuk dikontrol

Pensil mekanik yang berat bisa dipakai dengan nyaman tanpa mengeluarkan tenaga, karena huruf dapat ditulis dengan berat pensil tersebut. Pensil yang berat bisa menarik garis atau menulis huruf dengan jelas karena mudah dikontrol. Namun, karena pensil ini berat, Anda tetap akan memerlukan tenaga untuk menopangnya.

Pensil yang ringan, membantu Anda menulis dengan cepat

Pensil yang ringan, membantu Anda menulis dnegan cepat

Dengan pensil ini, Anda bisa menulis dengan cepat dan tepat karena tidak begitu diperlukan tenaga untuk menopangnya. Namun, ada kalanya pensil akan terasa sulit untuk dikontrol, karena Anda juga perlu memakai tenaga untuk menulis dan tangan Anda akan cepat lelah.

Pilihlah yang pegangannya nyaman dipegang

Pegangan pensil yang nyaman dipegang

Bagian pegangan merupakan bagian yang berhubungan dengan mudah lelah atau tidaknya Anda saat memakai pensil. Pilihlah produk yang pas dengan tangan Anda dan tidak licin, agar batang pensilnya stabil selama dipakai.

Pegangan yang lunak bukan hanya tidak licin, tetapi juga dapat mengurangi pemakaian tenaga pada ujung jari. Pensil mekanik dengan pegangan lunak direkomendasikan bagi orang yang tangannya mudah kapalan.

Pilihlah berdasarkan bahan bakunya

Berat dan rasa pas di tangan berbeda menurut bahan baku yang dipakai. Pilihlah produk yang bahan bakunya sesuai selera Anda.

Plastik, bahan yang ringan dan paling umum dipakai

Plastik, bahan yang ringan dan paling umum dipakai

Plastik adalah bahan baku pensil mekanik yang paling umum. Ciri khasnya ringan dan bisa dibeli dengan harga relatif murah. Banyaknya variasi desain juga merupakan salah satu poin dalam memilih. Namun, bahan plastik tidak unggul dalam ketahanan, dan akan licin oleh keringat kalau dipakai berjam-jam.

Logam, bahan yang awet dan tahan lama

Logam, bahan yang awet dan tahan lama

Bahan logam adalah bahan baku yang banyak dipakai untuk model pensil mekanik yang berkelas, atau untuk gambar teknik, dan agak berat. Ciri khasnya adalah tahan lama dan tak mudah rusak.

Kayu, bahan yang tak terasa licin saat dipakai

Kayu, bahan yang tak terasa licin saat dipakai

Bahan kayu memang agak berat, tetapi dapat memberikan nuansa elegan. Bisa dipakai tanpa terasa licin meskipun tangan Anda berkeringat. Namun, kayu akan lebih mudah rusak bila dibandingkan dengan logam.

Pilihlah pensil yang isi pensilnya sesuai dengan tekanan tangan saat menulis

Ketebalan isi pensil mekanik yang paling umum adalah 0,5 mm. Namun, menurut jenis pensil dan fungsinya, ukuran ketebalan isi pensil yang sesuai akan berbeda. Mari kita lihat ciri khas dari isi pensil yang tebal maupun yang tipis.

Isi pensil yang tebal untuk Anda yang menekan pensil saat menulis

Isi pensil yang tebal untuk Anda yang menekan pensil saat menulis

Ciri khasnya adalah dapat dipakai seperti pensil raut dan tak mudah patah. Tidak cocok untuk pekerjaan yang rumit, tetapi cocok untuk anak-anak yang baru pertama kali memakai pensil mekanik.

Isi pensil yang tipis untuk Anda yang tidak menekan pensil saat menulis

Isi pensil yang tipis untuk Anda yang tidak menekan pensil saat menulis

Isi pensil ini cocok untuk pekerjaan yang rumit, seperti gambar teknik. Jadi, gunakanlah pensil dengan lembut karena isi pensil yang tipis cenderung mudah patah. Karenanya, isi pensil ini cocok untuk Anda yang tak menekan pensil saat menulis.

Pilihlah pensil yang memiliki fungsi khusus

Kini, telah banyak dijual pensil mekanik yang memiliki keunikan tertentu, dengan beragam fungsi. Kali ini kami akan memperkenalkan 3 fungsi khusus yang ada pada pensil mekanik. Bila fungsi khususnya cocok dengan Anda, silakan coba untuk memakai pensil tersebut.

Isi pensil tidak mudah patah

Isi pensil tidak mudah patah

Adanya bantalan pada pegangan pensil berfungsi untuk menyerap tekanan yang bertumpu pada ujung pensil. Karena isi pensil hanya akan sedikit keluar dari batang pensil, maka isi pensil menjadi tidak mudah patah. Pensil mekanik dengan fungsi seperti ini cocok untuk Anda yang sering menekan dengan kuat saat menulis.

Isi pensil dapat berotasi

Isi pensil dapat berotasi

Pensil dengan fungsi khusus ini dapat memutar isi pensilnya secara otomatis sehingga ujung isi pensil selalu runcing. Saat menulis, hasil tulisan akan menjadi tipis jelas, tanpa perlu khawatir akan adanya sisi tulisan yang lebih tebal atau lebih tipis.

Pensil dengan fungsi ini direkomendasikan untuk mereka yang menyukai keindahan hasil tulisan dan yang sering mencatat di buku.

Isi pensil keluar secara otomatis

Isi pensil keluar secara otomatis

Tidak perlu ditekan, karena isinya otomatis keluar bila digunakan. Fungsi yang cocok bagi orang yang kesulitan menekan saat setiap kali akan mengeluarkan isinya.

10 Rekomendasi pensil mekanik terbaik

Mulai dari sini, kami akan memperkenalkan pensil mekanik terbaik yang direkomendasikan, dengan mempertimbangkan fungsi dan harganya. Karena jenisnya beragam, silakan jadikan ini sebagai referensi Anda!

10. PILOT Vintage Rubber Coated H-165

 

10. PILOT Vintage Rubber Coated H-165

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 25.400

Produk buatan Jepang yang terjamin keawetannya

Pensil ini desainnya klasik, kualitasnya bagus dan warnanya bervariasi. Nyaman saat dipakai karena batang pensilnya berlapis karet sehingga tidak licin dan dapat dipegang dengan erat. Tulis-menulis tentunya semakin lancar dengan pensil yang mudah dikontrol.

Karena bodi pensilnya kecil, pensil ini cocok untuk Anda yang tidak menekan pensil saat menulis. Bila ingin memiliki pensil mekanik yang awet, cobalah pensil made in Japan ini, pastinya Anda akan lebih puas!

9. Uchii Wooden Mechanic Writing (3 buah)

9. UCHII Wooden Mechanic Writing (3 buah)

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 99.000

Elegan dan nyaman dipakai, cocok juga untuk hadiah

Sekali beli, langsung dapat 3 buah pensil, yang bisa juga Anda berikan sebagai hadiah, selain untuk melengkapi koleksi alat tulis Anda. Pensil dari bahan kayu dan stainless steel ini desainnya sederhana namun elegan, cocok untuk orang dewasa dan profesional muda.

Pensil ini cenderung agak berat dibanding dengan pensil yang umumnya terbuat plastik sehingga Anda dapat memakainya dengan nyaman. Untuk menulis pun, Anda tak perlu banyak mengeluarkan tenaga.

8. Rotring Tikky 0.35 mm Burgundy

8. Rotring Tikky 0.35 mm Burgundy

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 52.000

Teknologi Jerman untuk gambar teknik dengan hasil terbaik

Pensil dengan ISO 3098 ini menjamin ketebalan garisnya mudah teridentifikasi. Presisi tinggi untuk Anda yang suka membuat gambar teknik. Bantalan karet pada pegangannya juga menjamin kenyamanan Anda ketika menarik garis saat menggambar.

Karena isi pensilnya tipis (0,35 mm), maka pensil ini juga menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang tidak menekan pensil saat menulis. Adanya penghapus di ujung tutup juga membuat pekerjaan menulis dan menggambar Anda menjadi lebih praktis.

7. YBC 0,5 mm logam

7. YBC pensil mekanis dari logam

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 33.000

Kuat dipakai dan tahan lama, tak perlu lagi mengganti pensil

Pensil dari logam buatan YBC ini direkomendasikan untuk Anda yang suka dengan pensil yang tahan lama, kuat, dan awet dipakai. Bahan logam menjadikan pensil ini agak berat, dan tidak mudah patah. Beli satu, pakai untuk seterusnya!

Dengan pilihan 0,5 mm dan 0,7 mm, pensil ini cocok untuk pemakaian sehari-hari maupun untuk Anda yang menekan pensil saat menulis. Isi pensil 0,7 mm lebih kuat dan tahan patah dibanding isi pensil yang diameternya lebih kecil. Apalagi pensil ini dari logam, tentu takkan patah oleh kekuatan tekanan tangan Anda.

6. 3aiside 0,5 mm Minion Despicable Me

6. 3aiside 0,5 mm Minion Despicable Me

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.000

Bersama Minion, anak-anak menjadi senang menulis dan belajar!

Pensil tipe knock dengan bahan plastik yang ujung atasnya dilengkapi dengan Minion ini merupakan pilihan yang tepat untuk menemani anak Anda belajar menulis, belajar menggunakan pensil mekanik, maupun sebagai teman belajar. Anda juga dapat menyesuaikan pilihan warnanya dengan warna favorit anak Anda.

Bantalan bergaris-garis pada pegangan pensilnya akan mencegah kelicinan tangan sehingga pensil ini dapat dipegang dengan mantap, oleh anak yang baru mulai menggunakan pensil mekanik. Harganya juga ringan di kantong!

5. PILOT Color Eno 0,7 mm

5. PILOT Color Eno 0,7 mm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.459

Nyaman dipegang, dengan warna-warni ceria

PILOT mengeluarkan pensil mekanik yang berwarna-warni, tak hanya bodi pensilnya saja, warna isi pensilnya pun mengikuti warna bodi pensilnya. Pilih warna kesukaan Anda, dan ceriakan isi catatan maupun buku harian Anda dengan pensil mekanis berwarna ini. Cocok juga untuk Anda yang suka mewarnai adult coloring book. Tak perlu lagi meraut pensil warna!

Desain pensil ini juga ergonomis, dengan bantalan karet yang menjamin kenyamanan tangan Anda saat memegang pensil. Apalagi jika hendak digunakan dalam jangka panjang.

4. Mitsubishi Uni Kuru Toga

4. Mitsubishi Uni Kuru Toga

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 33.000

Berotasi secara otomatis, isi pensil selalu runcing

Inilah salah satu fungsi mutakhir dari Jepang, dimana selama pemakaian, isi pensil akan berotasi secara otomatis, menjamin ujung dari isi pensil selalu runcing. Karenanya, hasil tebal tipisnya tulisan akan selalu konsisten. Sungguh produk yang cocok untuk Anda yang sering menulis dan mencatat setiap harinya.

Dengan ujung mata pensil yang terbuat dari logam, pensil ini juga akan awet dipakai, dan dapat membantu agar isi pensil tidak mudah patah. Pelajar, mahasiswa, maupun Anda yang banyak menulis saat bekerja, direkomendasikan untuk mencoba pensil ini!

3. Faber Castell Grip Matic 0,5 mm

3. Faber Castell Grip Matic 0,5 mm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.300

Praktis karena isi pensilnya keluar secara otomatis

Jika Anda sedang sibuk mencatat perkataan orang lain, ataupun menyalin catatan, terkadang Anda merasa terganggu karena harus berhenti sejenak untuk menekan pensil agar isi pensilnya keluar lagi. Inilah pensil yang cocok untuk Anda yang perlu menulis tanpa henti!

Tak usah tekan ujung atasnya lagi, secara otomatis isi pensil akan keluar, sehingga Anda dapat terus menulis tanpa henti. Pegangan pensilnya terbuat dari karet yang mudah dan nyaman untuk digenggam, menjamin nyamannya pemakaian dalam jangka waktu lama sekalipun.

2. Stabillo Exam Grade 2.0

2. Stabillo Exam Grade 2.0

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 16.200

Ikut ujian? Pakailah pensil 2B jaman now yang khusus untuk ujian!

Ujian berupa pilihan ganda yang jawabannya diperiksa dengan komputer kini sudah semakin menjamur. Daripada buang-buang waktu untuk meraut pensil 2B, tentunya lebih praktis bila anak Anda memakai pensil mekanik yang khusus didesain untuk ujian (exam grade).

Dengan ujung pensil yang kuat dan antipatah, pastinya anak Anda bisa lebih berkonsentrasi dalam menjawab pertanyaan, tanpa khawatir pensilnya patah. Ayo dukung dia saat ujian, dengan memberikan pensil khusus ini untuknya!

1. Artline 7070 Mechanical Pencil 0,7 mm

1. Artline 7070 Mechanical Pencil 0,7 mm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.000

Nyaman dipakai terus-menerus, nyaman pula di kantong

Apakah Anda mencari pensil yang nyaman digenggam dan enak dipakai dalam jangka waktu lama tanpa menjadi cape? Jika iya, Anda perlu mencoba pensil yang satu ini. Apalagi, harganya juga ringan di kantong, sungguh pilihan yang tepat untuk pemakaian sehari-hari.

Bagian bantalan pegangan pensil berbentuk segitiga, desain ergonomis yang memudahkan Anda menggenggamnya dengan nyaman sehingga Anda betah menulis terus-menerus. Pensil ini juga dilengkapi dengan penghapus, lho. Patut dicoba, kan!

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan pensil yang paling cocok dengan kebutuhan Anda? Dengan menggunakan pensil yang tepat, tentunya efektivitas dan efisiensi dalam belajar dan bekerja pun akan meningkat. Dengan menggunakan ulasan kami di atas sebagai panduan, semoga Anda bisa menemukan pensil yang cocok dengan cara Anda menulis, sekaligus yang memberikan kenyamanan bagi Anda. Tentunya, memilih warna dan desain yang Anda sukai juga akan membuat Anda lebih suka menggunakan pensil tersebut.