1. TOP
  2. >
  3. Peralatan kantor & alat tulis
  4. >
  5. Alat tulis
  6. >
  7. 10 Pensil Mekanik Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Pensil Mekanik Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Pensil Mekanik Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Pensil Mekanik Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Pensil Mekanik Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Pensil Mekanik Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Pensil Mekanik Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023)

Pensil mekanik adalah pensil yang menggunakan mekanisme tekan untuk mengeluarkan isinya dan bisa diisi ulang. Selain untuk menulis, pensil ini dapat dipakai untuk menggambar, menandai, dan lain-lain. Banyaknya jenis dan merek pensil mekanik yang bagus di pasaran mungkin membingungkan Anda.

Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih pensil mekanik terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi pensil mekanik dari beragam merek populer, seperti Faber-Castell, Pentel, Joyko, dan Pilot. Ada juga komentar dari illustrator kami, Karina Doniho. Mari ikuti informasi selengkapnya di bawah ini!

Diperbaharui 08-05-2022
Pakar
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Karina Doniho adalah seorang artist yang melukis dan menggambar dengan fusion style antara manga dan abstract. Artist yang dikenal dengan nama Karinpyong ini aktif berkarya dalam berbagai proyek freelancing sejak SMA. Ia sudah lulus kuliah Fine Arts Major (Seni Rupa) dengan beasiswa di Jepang. Karina pernah di-featured oleh Instagram official untuk Jepang, Amerika Serikat, dan negara lainnya. Ia juga terlibat untuk mengilustrasikan salah satu cover chapter di buku official Steve Aoki yang berjudul "Blue: The Color of Noise". Ia juga terpilih menjadi salah satu 100 artists yang mendesain project MASK WEAR TOKYO.

Profil Karina Doniho
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Berkolaborasi dengan watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Karina adalah seorang watercolorist, illustrator, dan abstract artist berbasis di Yokohama yang dikenal dengan pen-name Karinpyong. Karina telah aktif freelancing sebagai artist sejak SMA. 


Karina pernah terlibat untuk mengilustrasikan salah satu cover chapter buku Steve Aoki yang berjudul Blue: The Color of Noise. Karina juga salah satu artist dalam project American Beauty milik Alya Michelson. Karina terpilih menjadi salah satu dari seratus artists yang mendesain project MASK WEAR TOKYO.

Cara memilih pensil mekanik

Berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli pensil mekanik. Silakan jadikan poin-poin dari kami sebagai panduan untuk menemukan produk yang cocok dengan kebutuhan dan selera Anda!

① Tentukan berdasarkan tipe pensil mekanik

Tentukan berdasarkan tipe pensil mekanik
Secara garis besar pensil mekanik dibagi menjadi tiga tipe, yakni single, multi, dan drafting. Ketiga tipe tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Maka dari itu, sesuaikan kelebihannya masing-masing dengan kebutuhan Anda. 


  • Single

Jika Anda menggunakan pensil mekanik hanya untuk hal yang umum, tipe single sudah lebih dari cukup. Pensil mekanik tipe ini cenderung ringan dan mudah digunakan. Karena itu, tipe ini merupakan pensil yang paling sering digunakan untuk menulis. 


  • Multi 

Jika Anda ingin menggunakan pulpen juga, pilih tipe multi yang serbaguna. Isinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tipe pensil mekanik ini sangat praktis karena Anda tidak perlu membawa alat tulis lain


  • Drafting

Kami merekomendasikan pensil tipe drafting jika Anda ingin membuat garis dengan presisi. Tipe ini dirancang khusus untuk menggambar garis-garis halus dan awalnya hanya digunakan oleh kalangan profesional.


Isinya yang kuat dan kokoh membuat pensil ini cocok juga untuk penggunaan sehari-hari. Jika Anda sering menggunakan penggaris atau ingin menggambar sambil melihat contoh, pensil drafting adalah pilihan sempurna.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Saya punya pengalaman memiliki beberapa jenis pensil tipe-tipe ini dan yang paling saya suka adalah pensil drafting. Khususnya untuk drafting (sketsa), pensil drafting membuat grip saat menggambar lebih kuat. Hal ini karena pensil drafting didesain untuk produktivitas saat bekerja dan tahan sampai bertahun-tahun. Di sisi lain, pensil multi praktis untuk dibawa bepergian, terutama saat Anda butuh alat tulis all-in-one.

② Periksa karakteristik pensil mekanik

Pemilihan pensil mekanik perlu disesuaikan dengan cara Anda memegang dan menggunakannya. Sebagai permulaan, mari kenali karakteristik pensil yang paling cocok untuk Anda.

Diameter: Untuk cengkeraman yang nyaman

Diameter: Untuk cengkeraman yang nyaman

Saat memilih pensil mekanik, sesuaikanlah diameter dengan ukuran tangan, kekuatan cengkeraman, dan tekanan tangan ketika menulis. Terdapat dua jenis diameter pensil yang paling umum ditemukan dalam pensil mekanik. Berikut uraiannya.


  • Diameter tipis

Gunakanlah pensil tipis yang mudah digenggam jika tangan Anda besar, berdaya cengkeram kuat, atau cenderung menekan saat menulis. Pensil tipis akan lebih mudah digunakan dan ringan untuk menulis.


  • Diameter tebal 

Pensil berdiameter tebal lebih direkomendasikan untuk orang dengan tangan kecil, berdaya cengkeram lemah, dan tekanan menulisnya rendah. Pensil dengan diameter tebal akan memberikan stabilisasi yang penuh dalam menulis.


Walaupun demikian, pemilihan diameter pensil bisa berbeda-beda, tergantung pada preferensi Anda. Untuk itu, pastikan ukuran pensil cocok dengan tangan jika ada produk yang menarik minat Anda saat ini. Saat mencoba pensil di toko, sebaiknya tulislah angka atau huruf ketimbang hanya mencoret-coret.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Cara setiap orang menggores garis dengan pensil berbeda. Selain itu, ukuran tangan tidak menjadi masalah dalam memilih diameter pensil. Saat mencoba di toko, pastikan tangan Anda tidak akan pegal apabila memakai pensil dalam jangka yang lama. Hal ini supaya aktivitas lain tidak terganggu. Memilih diameter pensil yang pas di tangan adalah salah satu hal yang fundamental supaya saat digunakan tidak bermasalah.

Bahan: Mengukur ketahanan pensil

Bahan: Mengukur ketahanan pensil


Harga, berat, ukuran, dan daya tahan pensil mekanik sangat bergantung pada bahan yang digunakan. Karena itu, kenali karakteristik tiap bahannya berikut dan pilih pensil dengan bahan yang pas untuk penggunaan Anda.


  • Plastik

Plastik merupakan bahan baku yang paling umum digunakan dalam pembuatan pensil mekanik. Karakteristiknya adalah berbobot ringan dan relatif murah. Akan tetapi, pensil ini berdaya tahan rendah dan tidak cocok untuk penggunaan jangka panjang. Selain itu, bahan plastik cenderung tidak nyaman digunakan apabila terkena keringat karena genggaman akan menjadi licin.


  • Logam

Logam banyak dipakai untuk pensil tipe drafting berkualitas tinggi yang memerlukan kestabilan goresan. Apabila terkena keringat, efek licin yang ditimbulkan tidak jauh berbeda dengan bahan plastik. Akan tetapi, kelebihan dari bahan logam adalah ketahanannya yang sangat baik dan tidak mudah patah.


  • Kayu

Pensil dari kayu memiliki berat yang sedang. Pensil ini lebih ringan dari logam, tetapi lebih berat dari plastik. Tidak seperti kedua bahan lainnya, pensil mekanik kayu bisa dipakai dengan nyaman meskipun tangan Anda berkeringat.


Pensil ini direkomendasikan untuk pemakaian jangka panjang karena bahan kayu makin lama akan makin terasa nyaman. Sayangnya, produk berbahan kayu masih jarang ditemukan di pasaran.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Adakalanya Anda perlu mempertimbangkan segi bobot pensil terutama apabila ingin digunakan jangka panjang. Saya memang tidak menggunakan pensil mekanik kayu sampai saat ini. Namun, pensil mekanik logam beratnya bisa macam-macam, lho. Jadi, Anda bisa cari yang benar-benar pas untuk kestabilan saat memakainya.

Bobot: Menentukan tenaga saat menulis

Bobot: Menentukan tenaga saat menulis

Anda yang mengutamakan kemudahan penggunaan bisa memilih pensil mekanik berbobot ringan. Dengan pensil ini, Anda bisa menulis dengan cepat dan tepat karena hampir tidak memerlukan tenaga untuk menopangnya. Namun, adakalanya pensil terasa sulit untuk dikontrol sehingga tangan menjadi lelah.


Jika Anda ingin menulis dengan lancar, sebaiknya gunakan pensil mekanik dengan bobot yang mantap. Meski begitu, pastikan bobot pensil tidak terlalu berat karena akan membutuhkan tenaga yang cukup besar untuk menopangnya. Tangan Anda akan cepat lelah, terutama jika terus menggunakannya dalam waktu yang lama.


Sebagai tambahan, pensil yang berat pas dipilih apabila Anda terbiasa menulis dengan posisi pensil tegak. Sebaliknya, pensil dengan bobot ringan cocok untuk Anda yang menulis dengan posisi pensil agak rebah. Silakan sesuaikan pemilihan pensil dengan kebiasaan Anda saat menulis.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Saya pribadi lebih suka pensil mekanik yang berbobot berat secara relatif dibandingkan yang berbobot ringan. Hal ini disebabkan oleh cara saya menulis dan menggambar yang tergolong unik (bisa tegak, bisa agak rebah, dan bisa mengambang). Biasanya saat tes pensil di toko alat tulis, saya coba mencari yang cocok. Saya tes apabila isinya bisa patah atau tidak saat menggunakan pensil tersebut.

Pegangan: Memengaruhi akurasi penulisan

Pegangan: Memengaruhi akurasi penulisan

Tentunya Anda tidak ingin jari-jari menjadi sakit setelah memakai pensil dalam waktu lama. Untuk itu, kami merekomendasikan pensil yang dilengkapi pegangan empuk. Pegangan dari bahan karet atau gel akan mengurangi ketegangan pada jari-jari Anda. Karena itu, pensil ini disarankan untuk orang yang memiliki cengkeraman kuat saat menulis.


Namun, pegangan yang empuk akan berefek pada tulisan dan garis yang Anda buat sedikit terdistorsi. Jika Anda ingin menggambar garis dengan keakuratan hingga 0,1 mm, pensil dengan pegangan yang keras lebih direkomendasikan. Hanya saja, pensil dengan pegangan keras tidak cocok digunakan terlalu lama karena akan menyakiti jari-jari Anda.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Untuk pegangan yang empuk ataupun yang keras, semuanya tergantung pada diameter pensil. Selain itu, bentuk dari pegangan serta pensilnya macam-macam. Bahkan, sekarang ada yang setengah empuk dan keras. Ada pula yang empuk, tetapi agak melengkung di pinggiran pegangannya, dan lain-lain.

Isi: Menghasilkan garis yang berbeda

Isi: Menghasilkan garis yang berbeda

Jika Anda sering menulis huruf yang kecil atau menggambar, pilih pensil dengan diameter isi 0,2 mm hingga 0,3 mm. Namun, berhati-hatilah saat menggunakannya karena isi tersebut mudah patah.


Sementara itu, gunakan isi 1,3 mm hingga 2,0 mm apabila Anda ingin menulis dengan tenang. Untuk sketsa kasar dan gambar ilustrasi juga bisa. Isi dengan ketebalan seperti ini tak mudah patah dan bisa digunakan seperti memakai pensil biasa. Jadi, pensil ini sangat cocok dipakai anak-anak yang baru saja mulai menggunakan pensil mekanik.


Anda memerlukan pengasah khusus jika ingin mempertajam bagian ujungnya. Anda sebaiknya menyediakan pensil dengan isi tipis dan isi tebal untuk cadangan jika salah satunya bermasalah.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Pada umumnya isi 0,5 mm paling sering dijumpai. Isi 0,7 mm kini juga cukup sering ditemui. Menurut pengalaman saya, harga pensil dengan ukuran yang tidak umum lebih mahal. Hal ini karena isinya yang susah ditemukan atau harus pesan secara khusus di toko online. Belum lagi kalau harus membeli rautan untuk ukuran yang sangat tebal, seperti di atas 1,5 mm.

③ Pilih pensil dengan fitur tambahan

Produsen telah merilis sejumlah pensil mekanik dengan berbagai fitur. Fitur-fitur ini bukanlah yang utama, tetapi tak ada salahnya untuk dicoba jika menurut Anda berguna.

Tombol samping dan dispenser isi pensil otomatis, memberi pengalaman berbeda

Tombol samping dan dispenser isi pensil otomatis, memberi pengalaman berbeda

Pada umumnya pensil mekanik memiliki tombol pada bagian atas yang dapat ditekan untuk mengeluarkan isi pensil. Namun, ada juga pensil dengan mekanisme khusus sehingga Anda tidak perlu menekan tombol di bagian atas.


Beberapa contohnya adalah pensil dengan tombol samping dan isi yang dapat keluar otomatis cukup dengan menggoyangkan pensil. Pensil-pensil seperti ini nyaman digunakan dan menarik untuk dicoba.


Namun, pensil dengan mekanisme khusus mungkin memiliki pusat gravitasi dan kenyamanan yang berbeda dari pensil mekanik biasa. Sebagai akibatnya, Anda perlu sedikit beradaptasi ketika menggunakan pensil tersebut. Selain itu, harga pensil ini umumnya cukup tinggi.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Pusat bobot pensil memang berbeda menurut pengalaman saya dalam mencoba pensil-pensil yang unik, terutama yang cukup digoyangkan saja. Selain itu, terkadang Anda harus berhati-hati untuk tidak terlalu keras menekan pensil yang bisa dipencet dari samping. Hal ini dilakukan supaya pensil tidak cepat rusak.

Pelindung ujung pensil, meminimalkan patah pada bagian isi

Pelindung ujung pensil, meminimalkan patah pada bagian isi

Pensil dengan fungsi pencegahan agar isi tidak patah disarankan bagi Anda yang memiliki kebiasaan menekan kuat saat menulis. Ada berbagai mekanisme perlindungan tergantung pada produk masing-masing. Beberapa di antaranya adalah bantalan untuk menyerap tekanan dan pipa pada ujung pensil untuk mencegah isinya patah. Sesuaikanlah dengan kebiasaan menulis Anda masing-masing.


Untuk Anda yang memiliki kebiasaan menekan pensil dalam posisi tegak, pilihlah pensil mekanik dengan bantalan vertikal. Jika Anda terbiasa menulis dengan kemiringan tertentu, pilihlah pensil dengan ujung yang dirancang agar isinya tidak mudah patah.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Selain berfungsi untuk menyeimbangkan pensil saat digenggam, bantalan di ujung pensil sebenarnya menambah sisi aesthetic. Bantalan yang materialnya juga bermacam-macam tersebut merupakan nilai plus untuk menentukan pensil mana yang ingin dimiliki. 


Pada umumnya yang berbahan karet mudah menguning apabila warnanya putih atau terang. Namun, sekarang sudah ada yang semitransparan atau gelap sehingga Anda tidak perlu khawatir bantalannya cepat dekil.

Rotasi isi pensil otomatis, menghasilkan keseragaman tulisan

Rotasi isi pensil otomatis, menghasilkan keseragaman tulisan

Rotasi isi otomatis adalah fungsi yang memungkinkan Anda untuk menulis karakter dengan ketebalan yang sama setiap waktu. Fungsi ini sempurna untuk Anda yang ingin menulis huruf berukuran kecil atau membuat catatan dengan rapi. Dengan fungsi rotasi otomatis, isi pensil akan selalu runcing sehingga ketebalan tulisan tampak seragam.


Produk dengan fungsi seperti ini jumlahnya masih sangat sedikit di pasaran. Bahkan, bisa dikatakan hanya seri Kuru Toga yang memiliki mekanisme rotasi isi otomatis untuk saat ini. Namun, belakangan telah muncul Kuru Toga Advance yang dapat berotasi dua kali lebih cepat dari Kuru Toga konvensional.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Saya tidak pernah memiliki pensil seperti ini, tetapi sering saya coba di toko. Memang produk pensil jenis ini sangat praktis untuk orang yang ingin tulisannya tetap rapi dan konsisten. Selain itu, biasanya pensilnya kokoh sehingga tidak gampang patah.

10 Rekomendasi pensil mekanik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pensil mekanik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Karina Doniho.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Faber Castell

Tri Click Mechanical Pencil

Faber Castell Tri Click Mechanical Pencil 1枚目

Desain segitiganya ergonomis, mirip pensil kayu!

2

Joyko

Twin 2 in 1

Joyko Twin 2 in 1 1枚目

Ekonomis untuk pensil mekanik yang multifungsi

3

Pilot

Colour Eno Mechanical Pencil

Pilot Colour Eno Mechanical Pencil 1枚目

Pensil mekanik warna-warni untuk sketching

4

Staedtler

Graphite 777 Mechanical Pencil

Staedtler Graphite 777 Mechanical Pencil 1枚目

Nyaman digunakan untuk menulis sepanjang hari

5

Pentel

Caplet

Pentel Caplet  1枚目

Ekstra ramping, bisa masuk ke dalam kotak pensil kecil sekalipun!

6

uni-ball

KURU TOGA

uni-ball KURU TOGA 1枚目

Dengan sistem rotasi otomatis, isi pensil selalu runcing

7

Tombow

MONO graph

Tombow MONO graph 1枚目

Rasakan sensasi berbeda lewat fitur shake mechanism

8

Pentel

GraphGear 500 Mechanical Drafting Pencil

Pentel GraphGear 500 Mechanical Drafting Pencil 1枚目

Ringan untuk menggambar, tidak membuat pegal

9

rOtring

Tikky Mechanical Pencil

rOtring Tikky Mechanical Pencil 1枚目

Pensil mekanik untuk menghasilkan gambar terbaik

10

Zebra

bLen 2+S

Zebra bLen 2+S 1枚目

Noise-free design, tidak ada suara yang keluar saat digunakan

Perincian produk
Close
No.1

Faber CastellTri Click Mechanical Pencil

Mulai dari Rp11.900,00

Desain segitiganya ergonomis, mirip pensil kayu!

Kelebihan: 

  • Gagang ergonomis dengan bentuk segitiga
  • Penghapus dapat dipanjangkan agar lebih mudah digunakan

Kekurangan:

  • Tidak dapat menahan tekanan menulis yang besar karena isinya mudah patah

Faber Castell sudah terkenal sebagai merek pensil 2B terbaik. Maka dari itu, Faber Castell juga menghadirkan pensil 2B yang berbentuk pensil mekanik. Desain pensil mekanik Faber Castell ini ergonomis. Dengan begitu, menggambar dan menulis terasa lebih alami seperti menggunakan pensil kayu. Produk ini tentu bisa dipilih jika Anda mencari rekomendasi pensil mekanik yang terasa alami.

No.2

Ekonomis untuk pensil mekanik yang multifungsi

Kelebihan: 
  • Harga ekonomis di antara tipe multifungsi lainnya
  • Isi dapat ditarik ke dalam sehingga tidak menusuk saat disimpan

Kekurangan: 

  • Bahannya tidak sekokoh produk lain 

Apabila Anda menginginkan pensil mekanik multifungsi dengan harga ekonomis, produk ini wajib dipilih. Pensil mekanik Joyko ini sudah termasuk bolpoin bertinta hitam. Jadi, Anda tidak perlu menyiapkan banyak alat tulis untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Selain itu, produk ini sudah dilengkapi soft grip sehingga nyaman digenggam.

No.3

PilotColour Eno Mechanical Pencil

Mulai dari Rp19.000,00

Pensil mekanik warna-warni untuk sketching

Kelebihan: 

  • Hadir dalam beragam warna yang cerah dan pekat 
  • Dapat digunakan untuk memberi finishing di atas sketsa lama agar lebih terlihat 
  • Warnanya pekat, tetapi bisa dihapus dengan penghapus biasa

Kekurangan:

  • Refill terbatas pada isi pensil Color Eno

Jika Anda mencari pensil mekanik terbaik untuk menggambar sketsa, produk ini patut dimiliki. Pensil mekanik Pilot ini hadir dengan delapan varian warna isi pensil khusus yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Warnanya sangat terang dan pekat sehingga cocok untuk menggambar sketsa. 


Walaupun warnanya pekat, salah satu pensil sketsa terbaik ini tetap mudah dihapus dengan penghapus biasa. Desainnya juga berwarna cerah sehingga akan mudah dicari ketika pensil Anda bercampur aduk. Maka dari itu, pilih produk ini bagi Anda yang membutuhkan pensil sketsa selain warna hitam!

No.4

StaedtlerGraphite 777 Mechanical Pencil

Mulai dari Rp20.200,00

Nyaman digunakan untuk menulis sepanjang hari

Kelebihan:
  • Gagang terbuat dari karet sehingga nyaman digenggam
  • Dirancang untuk dapat diisi ulang dengan isi pensil merek apa pun

Kekurangan:

  • Ujung pensil tidak bisa masuk ke dalam sehingga dapat menusuk ketika disimpan

Mungkin Anda hobi menulis panjang secara langsung di kertas. Pastinya menulis panjang dengan pensil akan terasa melelahkan, bukan? Agar Anda makin nyaman, pilihlah pensil mekanik Staedtler dengan gagang empuk ini. 


Staedtler Graphite 777 diberi gagang yang empuk karena terbuat dari karet. Tangan Anda akan tetap merasa nyaman ketika menggunakannya seharian penuh. Pensil ini bahkan sudah dilengkapi penghapus. Jadi, membuat tulisan Anda tetap terlihat bersih akan terasa lebih praktis.

No.5

Ekstra ramping, bisa masuk ke dalam kotak pensil kecil sekalipun!

Kelebihan:

  • Desainnya ramping dan simpel sehingga dapat masuk ke dalam kotak pensil kecil

Kekurangan:

  • Bagian dalam mudah kotor dan sulit dibersihkan
  • Bahan mudah patah, terutama di bagian tutup pensil mekanik

Pentel Caplet merupakan salah satu pensil mekanik terbaik di Indonesia. Hal ini karena desainnya yang simpel dan ramping sehingga mudah dibawa ke mana saja. Selain itu, warna yang ditawarkan beragam. Anda dapat memilih pensil mekanik 0,5 mm yang pas dengan warna favorit Anda. 


Pensil mekanik Pentel ini juga dilengkapi tutup yang dapat melindungi ujungnya. Anda dapat menyimpannya tanpa takut mengotori kantong. Karena itu, pilih produk ini apabila Anda butuh rekomendasi pensil mekanik yang ramping dan aman dibawa pergi. 

No.6

uni-ballKURU TOGAM5-450T

Mulai dari Rp32.999,00

Dengan sistem rotasi otomatis, isi pensil selalu runcing

Kelebihan: 
  • Bisa otomatis merotasi isi pensil mekanik sendiri sehingga ketebalannya konsisten
  • Isi pensil kuat karena dilapisi Nano Diamond 

Kekurangan: 

  • Mekanisme rotasi hanya berjalan jika digunakan dalam tekanan tertentu 

Produk ini hadir dengan fitur Kuru Toga 3-gear rotation system yang memungkinkan isi pensil berotasi secara otomatis. Hal ini akan membuat isinya senantiasa runcing dan sangat pas untuk Anda yang suka membuat ilustrasi. Menariknya lagi, ujung mata pensil mekanik 0,5 mm ini terbuat dari logam sehingga isinya tidak mudah patah!

No.7

Rasakan sensasi berbeda lewat fitur shake mechanism

Kelebihan: 
  • Mengeluarkan isi pensil sangat mudah, hanya dengan digoyangkan
  • Terdapat fitur shake lock untuk mencegah isinya keluar secara tidak sengaja

Kekurangan:

  • Tidak memiliki indikator lead grade 
  • Klip yang dimiliki tidak terlalu kokoh sehingga mudah rusak 

Pensil mekanik Tombow ini terasa canggih lantaran fungsi shake mechanism yang dimilikinya. Anda hanya perlu menggoyangkannya dan isi pensil akan keluar dengan sendirinya. Jadi, Tombow MONO graph pantas dipilih jika Anda ingin mencoba mekanisme berbeda dalam memakai pensil mekanik. Tambahan lagi, penghapus yang berada di bagian atasnya dapat diisi ulang, lho.

No.8

PentelGraphGear 500 Mechanical Drafting Pencil

Mulai dari Rp90.000,00

Ringan untuk menggambar, tidak membuat pegal

Kelebihan: 

  • Ekstra ringan sehingga tidak membuat pegal saat lama digunakan
  • Kokoh dan menghasilkan gambar yang stabil 

Kekurangan: 

  • Harganya tergolong tinggi di antara pensil mekanik yang lain

Pentel GraphGear 500 banyak digunakan oleh desainer fashion dan arsitek, lho! Hal ini dikarenakan bobotnya yang ringan sebagai pensil drafting. Salah satu pensil terbaik untuk menggambar ini juga memiliki presisi yang tinggi. Anda dapat menggunakannya dalam waktu yang lama tanpa membuat tangan lelah.


Tidak hanya itu, pensil yang bagus untuk menggambar ini memiliki indikator kekerasan isi pensil. Anda dapat menyesuaikannya dengan preferensi. Maka dari itu, pensil mekanik Pentel ini sangat cocok bagi arsitek dan fashion designer. 

No.9

rOtringTikky Mechanical Pencil

Mulai dari Rp55.000,00

Pensil mekanik untuk menghasilkan gambar terbaik

Kelebihan: 

  • Memiliki struktur yang kuat sehingga menghasilkan garis yang tegas dan jelas

Kekurangan: 

  • Ujung pensil tidak bisa masuk ke dalam sehingga dapat menusuk ketika disimpan

Pensil mekanik untuk menggambar ini menjamin ketebalan garisnya mudah teridentifikasi dengan ISO 3098. Anda dapat membuat gambar dengan presisi yang tinggi menggunakan produk ini.


Jika Anda mencari rekomendasi pensil untuk menggambar, produk ini wajib dimiliki untuk hasil terbaik. Bantalan karet pada pegangannya juga menjamin kenyamanan Anda ketika menarik garis saat menggambar.

No.10

Noise-free design, tidak ada suara yang keluar saat digunakan

Kelebihan: 
  • Komponen di dalam pensil didesain rapat untuk meredam suara saat menulis
  • Tidak mudah bergetar dengan pengaman dan pusat gravitasi yang mendekati ujung pensil


Kekurangan: 

  • Warna hitam yang dihasilkan tidak pekat 
  • Sedikit sulit untuk mengisi kembali isi pensil

Pensil mekanik Zebra ini diklaim tidak bersuara karena komponen di dalamnya didesain sangat rapat. Oleh karenanya, produk ini cocok bagi Anda yang memerlukan pensil untuk digunakan di tempat sepi, seperti perpustakaan.


Ujung pensil Zebra bLen 2+S juga tidak mudah bergetar saat digunakan berkat bLen system. Selain diberikan pengaman, bagian tersebut merupakan pusat gravitasinya. Produk ini tentu akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan.

Variasi isi pensil untuk penggunaan yang lebih luas

Dalam penjelasan sebelumnya, kami telah banyak membahas tentang badan pensil. Untuk itu, pembahasan kali ini akan berfokus pada bagian isi agar Anda makin memahami penggunaan pensil mekanik. Mari simak informasi selengkapnya berikut.

Isi warna warni, pas untuk merapikan catatan


Saat ini saling membagikan foto catatan kuliah menggunakan aplikasi smartphone sudah menjadi hal yang lumrah. Jika demikian, mengapa tidak membuat catatan berwarna-warni dengan isi pensil yang berwarna? Hal ini tentu akan membuat catatan Anda tampak lebih menarik.


Harus diakui bahwa isi pensil berwarna tipe konvensional memang agak merepotkan karena sulit dihapus dengan penghapus. Akan tetapi, saat ini tersedia produk yang mudah dihapus dan cocok digunakan untuk menulis catatan ataupun surat. Sayangnya produk semacam ini masih sulit ditemui di Indonesia.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Isi pensil berwarna tidak hanya digunakan dalam tulis-menulis. Isi pensil berwarna juga digunakan khususnya dalam menggambar dan mendesain. Dengan menggunakan isi pensil berwarna, Anda bisa membedakan antara lineart dan sketsa lebih baik


Sebagai informasi, mangaka yang masih menggambar secara tradisional membuat sketsa dengan warna hijau atau biru. Hal ini dilakukan supaya menghemat waktu mereka dalam pengerjaan. Sketsa dengan warna hijau atau biru tidak perlu dihapus karena bisa dihilangkan saat di-scan dan di-adjust di Photoshop.

Diameter isi yang berbeda, lebih praktis saat menulis

Diameter isi yang berbeda, lebih praktis saat menulis

Adakalanya Anda ingin menggunakan pensil dengan ketebalan isi yang berbeda, tergantung dari kata yang ingin ditulis. Namun, tentunya tidak praktis jika harus membawa banyak pensil mekanik dalam tempat pensil Anda. Untuk keperluan seperti itu, gunakan saja pensil mekanik yang memiliki dua jenis isi sekaligus.


Pensil ini bukan hanya akan menghemat ruang penyimpanan, tetapi juga dapat dipakai saat ingin mengubah ketebalan tulisan. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan pensil dengan lebih lancar serta lebih praktis dari biasanya.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Bagi orang yang sangat detail dengan ukuran dan ketebalan tulisan atau garis, pensil ini adalah investasi yang bagus. Fungsi 2-in-1 sama seperti pensil tipe multi. Akan tetapi, ini dua pensil dalam satu pensil. Saya memang jarang menemukan tipe seperti ini. Namun, tipe ini menarik untuk dimiliki bagi Anda yang ingin mengoleksi.

Pensil custom, dapat disesuaikan dengan kreasi Anda

Pensil custom, dapat disesuaikan dengan kreasi Anda
Sumber: pentel.co.id

Dengan pensil mekanik custom, Anda dapat memilih warna favorit atau memasang beberapa isi ke dalam satu pensil. Isi dan warna yang berbeda-beda seperti ini tentunya membuat Anda jadi lebih bebas untuk berkreasi, bukan?


Jika Anda memasukkan isi warna merah atau oranye, Anda bisa menggunakannya untuk memeriksa lembar jawaban. Jika Anda menyenangi mode, cek juga pensil edisi khusus yang dijual dalam kolaborasi dengan karakter atau perusahaan tertentu.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Pensil custom ini lucu penampilannya dan wajib dimiliki apabila Anda suka yang warna-warni, tetapi menginginkan kepraktisan. Pensil ini bisa diisi ulang sesuai kebutuhan juga. Tebal diameternya pun macam-macam. Pastikan pensil ini cocok Anda pakai dan refill-nya mudah didapatkan di tempat terdekat atau via online shop.

Tips dari watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Tips dari watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Menurut saya, pensil itu fundamental untuk dimiliki. Mau seperti apa pun jenis, bentuk, tampilan, berat, atau harganya, yang penting nyaman Anda gunakan.


Ada orang yang bisa menyesuaikan dengan cepat, ada juga yang hanya bisa memakai pensil yang spesifik. Jadi, pastikanlah jika ada kesempatan untuk mencoba di toko alat tulis. Cobalah satu-satu agar ketemu yang pas. Jangan memilih karena tampilannya saja atau dengan prinsip mahal pasti bagus.

Baca juga rekomendasi alat tulis lainnya di sini

Pensil mekanik bukanlah satu-satunya alat tulis yang perlu Anda pertimbangkan. Kami juga memiliki rekomendasi produk stationery lainnya yang dapat membantu tugas anak atau pekerjaan Anda. Silakan simak ulasannya dari kami di artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Demikian beberapa rekomendasi pensil mekanik yang telah kami himpun. Sudahkah Anda menemukan produk yang dibutuhkan? Dengan pensil mekanik terbaik, efektivitas dalam belajar dan bekerja akan meningkat.


Silakan gunakan penjelasan kami sebagai panduan untuk menemukan pensil mekanik yang bagus untuk menggambar ataupun menulis. Tetap perhatikan juga warna dan desain yang sesuai dengan selera Anda, ya. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer