• 10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Hanya dengan menggunakan pensil mekanik yang tepat, efisiensi kerja dan belajar akan berbeda! Ada juga pensil mekanik untuk tujuan khusus, seperti pensil yang berukuran 0,35 mm untuk gambar teknik, maupun pensil mekanik yang antipatah.

Untuk itu, kami akan memperkenalkan pensil mekanik yang direkomendasikan, serta menjelaskan poin-poin penting untuk memilihnya. Dari merek Pilot, Rotring, Faber Castell, dan berbagai merek lainnya, yang manakah yang paling sesuai dengan Anda? Mari ikuti ulasan kami!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 3.845 Views
Daftar isi

Cara memilih pensil mekanik

Banyak sekali jenis pensil mekanik yang bisa Anda temui di pasaran, dari pensil yang sederhana dan murah, hingga pensil yang mahal dengan fungsi khusus. Tentunya, ada yang merasa ragu-ragu dalam memilih, manakah pensil mekanik yang paling cocok?
Untuk itu, kami akan menjelaskan poin yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli pensil mekanik. Silakan pilih produk yang cocok dengan kebutuhan dan selera pribadi Anda!

Pilihlah sesuai tipenya

Secara garis besar, pensil mekanik dibagi menjadi 3 tipe, yakni tipe knock (tekan), tipe putar, tipe khusus gambar teknik. Pertama, mari kita lihat ciri khas 3 tipe tersebut.

Tipe knock (tekan), tipe yang paling umum ditemui

Tipe knock (tekan), tipe yang paling umum ditemui
Dengan menekan tombol yang berada di bagian atas pensil, isi pensil akan keluar dari ujung pensil. Tipe ini adalah tipe yang paling umum. Ada juga variasi lain dari tipe ini, yaitu tipe knock dengan hiasan berbandul/ gantungan, tipe double knock, tipe body knock, dan sebagainya.

Tipe putar, tipe jadul yang masih disukai

Tipe putar, tipe jadul yang masih disukai
Sebelum tipe knock ditemukan, cara mengeluarkan isi pensil dengan cara memutar pensil, telah banyak dijual. Walaupun kini popularitasnya sudah kalah dibandingkan dengan tipe knock, tetapi tipe ini masih cukup populer karena ukuran isi pensilnya dapat diganti dengan mengganti komponen di dalam pensilnya.

Pensil mekanik untuk gambar teknik

Pensil mekanik untuk gambar teknik
Pensil mekanik tipe ini didesain secara khusus untuk membuat garis yang tipis dan tajam, pada saat membuat gambar teknik. Pensil mekanik yang dipakai oleh para profesional, seperti tipe pensil ini, biasanya mudah dipakai karena batang pensilnya yang kokoh dan kuat.

Pilihlah yang batang pensilnya sesuai dengan cara Anda menulis

Besarnya batang pensil mekanik merupakan poin penting yang berkaitan dengan kenyamanan pegangan, agar pemakai tidak mudah lelah. Karena besarnya tangan dan tekanan menulis tiap orang berbeda, dan tentunya seleranya pun berbeda, pilihlah yang ukurannya sesuai dengan tangan Anda.

Batang pensil berukuran besar, untuk yang suka menekan saat menulis

Batang pensil berukuran besar, untuk yang suka menekan saat menulis
Batang yang besar direkomendasikan bagi orang yang menekan pensil dengan kuat saat menulis. Pensil akan menjadi sulit digenggam bila pemakai menggunakan banyak tenaga sehingga tanpa pakai tenaga pun pensil ini pun mudah dipakai. Pemakai tipe pensil ini takkan mudah lelah saat menulis, karena pensil ini nyaman dipakai bila digenggam dengan benar.

Batang pensil berukuran kecil, untuk hasil yang lebih tajam dan mendetail

Batang pensil berukuran kecil, untuk hasil yang lebih tajam dan mendetail
Perlu ada sedikit tenaga untuk menggenggam pensil ini, sehingga pensil ini cocok untuk orang yang tidak menekan pensil saat menulis. Pensil ini juga cocok untuk Anda yang perlu memperhatikan detail dalam menulis/menggambar. Akan tetapi, bila belum terbiasa menggunakan pensil ini, Anda akan kesulitan mengatur besar kecilnya tenaga yang perlu dikeluarkan.

Pilihlah yang berat pensilnya sesuai kebutuhan Anda

Pensil manakah yang mudah dikontrol? Pensil manakah yang nyaman untuk dipakai menulis? Setiap orang mempunyai seleranya masing-masing. Berat dan ringannya pensil akan memberikan efek yang berbeda bagi pemakainya. Karena itu, kini kami akan menjelaskan karakteristik dari pensil yang berat maupun yang ringan.

Pensil yang berat, mudah untuk dikontrol

Pensil yang berat, mudah untuk dikontrol
Pensil mekanik yang berat bisa dipakai dengan nyaman tanpa mengeluarkan tenaga, karena huruf dapat ditulis dengan berat pensil tersebut. Pensil yang berat bisa menarik garis atau menulis huruf dengan jelas karena mudah dikontrol. Namun, karena pensil ini berat, Anda tetap akan memerlukan tenaga untuk menopangnya.

Pensil yang ringan, membantu Anda menulis dengan cepat

Pensil yang ringan, membantu Anda menulis dengan cepat
Dengan pensil ini, Anda bisa menulis dengan cepat dan tepat karena tidak begitu diperlukan tenaga untuk menopangnya. Namun, ada kalanya pensil akan terasa sulit untuk dikontrol, karena Anda juga perlu memakai tenaga untuk menulis dan tangan Anda akan cepat lelah.

Pilihlah yang pegangannya nyaman dipegang

Pilihlah yang pegangannya nyaman dipegang
Bagian pegangan merupakan bagian yang berhubungan dengan mudah lelah atau tidaknya Anda saat memakai pensil. Pilihlah produk yang pas dengan tangan Anda dan tidak licin, agar batang pensilnya stabil selama dipakai.
Pegangan yang lunak bukan hanya tidak licin, tetapi juga dapat mengurangi pemakaian tenaga pada ujung jari. Pensil mekanik dengan pegangan lunak direkomendasikan bagi orang yang tangannya mudah kapalan.

Pilihlah berdasarkan bahan bakunya

Berat dan rasa pas di tangan berbeda menurut bahan baku yang dipakai. Pilihlah produk yang bahan bakunya sesuai selera Anda.

Plastik, bahan yang ringan dan paling umum dipakai

Plastik, bahan yang ringan dan paling umum dipakai
Plastik adalah bahan baku pensil mekanik yang paling umum. Ciri khasnya ringan dan bisa dibeli dengan harga relatif murah. Banyaknya variasi desain juga merupakan salah satu poin dalam memilih. Namun, bahan plastik tidak unggul dalam ketahanan, dan akan licin oleh keringat kalau dipakai berjam-jam.

Logam, bahan yang awet dan tahan lama

Logam, bahan yang awet dan tahan lama
Bahan logam adalah bahan baku yang banyak dipakai untuk model pensil mekanik yang berkelas, atau untuk gambar teknik, dan agak berat. Ciri khasnya adalah tahan lama dan tak mudah rusak.

Kayu, bahan yang tak terasa licin saat dipakai

Kayu, bahan yang tak terasa licin saat dipakai
Bahan kayu memang agak berat, tetapi dapat memberikan nuansa elegan. Bisa dipakai tanpa terasa licin meskipun tangan Anda berkeringat. Namun, kayu akan lebih mudah rusak bila dibandingkan dengan logam.

Pilihlah pensil yang isi pensilnya sesuai dengan tekanan tangan saat menulis

Ketebalan isi pensil mekanik yang paling umum adalah 0,5 mm. Namun, menurut jenis pensil dan fungsinya, ukuran ketebalan isi pensil yang sesuai akan berbeda. Mari kita lihat ciri khas dari isi pensil yang tebal maupun yang tipis.

Isi pensil yang tebal untuk Anda yang menekan pensil saat menulis

Isi pensil yang tebal untuk Anda yang menekan pensil saat menulis
Ciri khasnya adalah dapat dipakai seperti pensil raut dan tak mudah patah. Tidak cocok untuk pekerjaan yang rumit, tetapi cocok untuk anak-anak yang baru pertama kali memakai pensil mekanik.

Isi pensil yang tipis untuk Anda yang tidak menekan pensil saat menulis

Isi pensil yang tipis untuk Anda yang tidak menekan pensil saat menulis
Isi pensil ini cocok untuk pekerjaan yang rumit, seperti gambar teknik. Jadi, gunakanlah pensil dengan lembut karena isi pensil yang tipis cenderung mudah patah. Karenanya, isi pensil ini cocok untuk Anda yang tak menekan pensil saat menulis.

Pilihlah pensil yang memiliki fungsi khusus

Kini, telah banyak dijual pensil mekanik yang memiliki keunikan tertentu, dengan beragam fungsi. Kali ini kami akan memperkenalkan 3 fungsi khusus yang ada pada pensil mekanik. Bila fungsi khususnya cocok dengan Anda, silakan coba untuk memakai pensil tersebut.

Isi pensil tidak mudah patah

Isi pensil tidak mudah patah
Adanya bantalan pada pegangan pensil berfungsi untuk menyerap tekanan yang bertumpu pada ujung pensil. Karena isi pensil hanya akan sedikit keluar dari batang pensil, maka isi pensil menjadi tidak mudah patah. Pensil mekanik dengan fungsi seperti ini cocok untuk Anda yang sering menekan dengan kuat saat menulis.

Isi pensil dapat berotasi

Isi pensil dapat berotasi
Pensil dengan fungsi khusus ini dapat memutar isi pensilnya secara otomatis sehingga ujung isi pensil selalu runcing. Saat menulis, hasil tulisan akan menjadi tipis jelas, tanpa perlu khawatir akan adanya sisi tulisan yang lebih tebal atau lebih tipis.
Pensil dengan fungsi ini direkomendasikan untuk mereka yang menyukai keindahan hasil tulisan dan yang sering mencatat di buku.

Isi pensil keluar secara otomatis

Isi pensil keluar secara otomatis
Tidak perlu ditekan, karena isinya otomatis keluar bila digunakan. Fungsi yang cocok bagi orang yang kesulitan menekan saat setiap kali akan mengeluarkan isinya.

10 Rekomendasi pensil mekanik terbaik

Mulai dari sini, kami akan memperkenalkan pensil mekanik terbaik yang direkomendasikan, dengan mempertimbangkan fungsi dan harganya. Karena jenisnya beragam, silakan jadikan ini sebagai referensi Anda!

10. PILOT Vintage Rubber Coated H-165

Rp 25.400,00

9. Uchii Wooden Mechanic Writing (3 buah)

Rp 99.000,00

8. Rotring Tikky 0.35 mm Burgundy

Rp 52.000,00

7. YBC 0,5 mm logam

Rp 33.000,00

6. 3aiside 0,5 mm Minion Despicable Me

Rp 6.000,00

5. PILOT Color Eno 0,7 mm

Rp 18.459,00

4. Mitsubishi Uni Kuru Toga

Rp 33.000,00

3. Faber Castell Grip Matic 0,5 mm

Rp 16.300,00

2. Stabillo Exam Grade 2.0

Rp 16.200,00

1. Artline 7070 Mechanical Pencil 0,7 mm

Rp 10.000,00

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan pensil yang paling cocok dengan kebutuhan Anda? Dengan menggunakan pensil yang tepat, tentunya efektivitas dan efisiensi dalam belajar dan bekerja pun akan meningkat. Dengan menggunakan ulasan kami di atas sebagai panduan, semoga Anda bisa menemukan pensil yang cocok dengan cara Anda menulis, sekaligus yang memberikan kenyamanan bagi Anda. Tentunya, memilih warna dan desain yang Anda sukai juga akan membuat Anda lebih suka menggunakan pensil tersebut.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memilih cat tembok bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti pemilihan warna, lokasi ruangan yang hendak dicat, kualitas cat, hingga penyesuaian dengan warna furnitur. Untuk itu Anda harus benar-benar jeli dalam memilih cat tembok.Saat ini, ada banyak jenis cat yang bisa dipilih seperti Nippon Paint, Jotun, Dulux Catylax, dan lain-lain. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan memberikan rekomendasi cat tembok terbaik beserta keunggulannya. Sebelum itu, kami juga berbagi tips mengenai hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih cat tembok. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    148.209 Views
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, merupakan sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk orang yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan sebagainya. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    193.627 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, perhatian terhadap bantal tidur berkualitas semakin meningkat. Dengan menggunakan bantal yang tepat, Anda dapat mengatasi bahu yang kaku dan mengurangi ketegangan pada leher. Namun, bantal memiliki beragam ketebalan, kepadatan, dan ukuran yang dapat membingungkan Anda saat memilihnya.Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang penting dalam memilih bantal. Kemudian, kami akan merekomendasikan merek bantal populer, seperti KING KOIL, RESTKING, Bestway, PillowPeople, Willow Pillow, dan lain-lain untuk Anda. Semoga artikel kami dapat membantu Anda.
    Kebutuhan rumah tangga
    43.113 Views
  • 10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu alat dapur yang sering digunakan saat memasak adalah pisau dapur. Ada beberapa jenis pisau seperti pisau santoku, pisau daging, pisau sashimi, dan pisau petty. Beberapa merek terkenal yang menjual pisau dapur adalah Jamie Oliver, Scanpan, dan Victorinox. Bahannya pun beragam, mulai dari stainless steel, keramik, hingga pisau dari baja.Banyaknya variasi produk membuat Anda bingung dalam memilih pisau dapur. Oleh karena itu, kami akan membahas dengan detail tentang pisau dapur mulai dari jenisnya, bahan pembuatnya, hingga cara merawatnya. Selain itu, kami akan merekomendasikan juga produk pisau dapur terbaik untuk Anda. Ayo baca sampai habis!
    Kebutuhan rumah tangga
    22.309 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kompor adalah salah benda yang wajib ada di setiap rumah. Selain digunakan di dapur, ada juga kompor gas portabel yang dapat digunakan pada saat camping atau kegiatan outdoor lainnya. Saat ini sudah banyak produsen ternama seperti Rinnai, Kenmaster, Oxone dan sebagainya yang memproduksi berbagai jenis kompor gas portabel dengan berbagai varian, desain, dan harga yang beragam.Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih kompor gas portabel dan produk-produk terbaik yang direkomendasikan untuk berbagai kegiatan memasak Anda baik di dalam maupun di luar ruangan. Simak pembahasannya berikut ini!
    Kebutuhan rumah tangga
    32.365 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berada di ruangan yang harum tentunya bisa memperbaiki mood dan membuat Anda rileks. Ada banyak jenis pengharum ruangan dengan keunggulan yang berbeda, misalnya Glade, Stella, BayFresh, dan sebagainya sehingga bisa saja membuat Anda bingung saat hendak membelinya.Untuk itulah, kali ini kami akan memperkenalkan beberapa produk pengharum ruangan terbaik yang dapat dibeli melalui internet. Anda dapat memilih pengharum ruangan berdasarkan desain, efek, tipe, dan sebagainya sesuai selera serta kebutuhan Anda. Jadi, jangan sampai salah pilih ya!
    Kebutuhan rumah tangga
    37.225 Views
  • 10 Rekomendasi Pembersih Karpet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pembersih Karpet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk menghilangkan kotoran pada karpet, tentu lebih mudah jika Anda menggunakan pembersih khusus karpet. Namun, terdapat berbagai tipe pembersih karpet yang tersedia di pasaran, mulai dari tipe perekat, tipe roller, tipe bubuk, dan juga tipe semprot. Anda tentu bingung memilihnya, bukan?Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pembersih karpet, cara penggunaan, serta beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum membeli produk. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi pembersih karpet terbaik yang dapat Anda pilih sesuai preferensi Anda. Simak terus, ya!
    Kebutuhan rumah tangga
    2.876 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori