10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2018)

Tempat makan untuk kucing didesain agar kucing dapat makan dengan nyaman. Terdapat berbagai macam bahan, seperti dari porselen, stainless steel, dan plastik. Tahukah Anda bahwa kebiasaan makan kucing dapat berubah bergantung pada pilihan tempat makan? Bila kucing Anda tidak nafsu makan, hal ini mungkin disebabkan oleh pilihan tempat makan yang kurang tepat.

Untuk itu, kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk rekomendasi yang dapat Anda pilih berikut dengan informasi cara memilih tempat makan untuk kucing yang tepat. Yuk, kita simak artikel lengkapnya sebelum Anda membeli tempat makan untuk kucing Anda!

Daftar isi

Cara memilih tempat makan untuk kucing

Memilih tempat makan untuk kucing harus disesuaikan dengan bentuk fisik kucing, kebiasaan makan, jenis makanan, dan sebagainya. Oleh karena itu, mari kita lihat poin-poin apa saja yang harus diperhatikan saat memilih tempat makan untuk kucing yang tepat.

Pilihlah berdasarkan bentuk fisik kucing dan cara makannya

Ketika memilih tempat makan, sebagian besar orang hanya memilih berdasarkan merek dan desainnya. Padahal sangat penting untuk lebih dulu memeriksa ukuran, bentuk, dan bahan yang disesuaikan dengan fisik, kepribadian, preferensi, serta cara makan kucing.

Pilih yang memiliki kedalaman 3-5 cm, jangan lupa periksa lebarnya juga

Pilih yang memiliki kedalaman 3-5 cm, jangan lupa periksa lebarnya juga

Kedalaman yang ideal untuk tempat makan kucing adalah 3-5 cm, tidak terlalu dangkal dan tidak terlalu dalam. Bila terlalu dalam, ujung tempat makan akan mengenai tenggorokan, dan kucing yang mengenakan kalung nama bisa terluka akibat gesekan ujung tempat makan. Sebaliknya, bila terlalu dangkal, maka makanan kucing dapat berhamburan ke luar mangkuk dan mengotori lantai. Pada dasarnya, kucing tidak suka jika kumisnya mengenai makanan saat sedang makan. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah tempat makan kucing dengan bentuk lonjong, atau yang lebarnya lebih luas dari wajah kucing.

Pilih yang beratnya sulit dipindahkan kucing ketika makan

Pilih yang beratnya sulit dipindahkan kucing ketika makan

Kucing tidak bisa makan dengan tenang bila tempat makannya bergerak-gerak akibat dorongan kucing saat makan. Selain itu, bila tempat makan terlalu ringan bisa menyebabkan malapetaka pada ruangan Anda saat tempat makan terbalik bersama isi-isinya. Untuk mencegah kejadian seperti itu, mari pilih tempat makan yang agak berat sehingga tidak mudah bergerak.

Pilih yang posisinya agak tinggi agar kucing tidak mudah muntah

Pilih yang posisinya agak tinggi agar kucing tidak mudah muntah

Saat kucing sedang memakan makanannya, idealnya tempat makan memiliki ketinggian di sekitar wajah. Oleh karena esofagus kucing terhubung hampir lurus dari mulut ke perut, jika posisi piring terlalu rendah dan kepala serta tenggorokan kucing terlalu tertekuk turun, maka makanan dapat dimuntahkan kembali.

Tinggi tempat makan kucing akan berbeda-beda tergantung dari jenis dan usia kucing, panjang kaki, cara duduk, cara makan apakah sambil duduk, atau makan sambil berdiri. Untuk kucing yang sudah berusia lanjut dan kucing yang berpostur tubuh buruk, Anda dapat meletakkan peralatan makan di atas tumpuan, dan menaikkannya sehingga kucing Anda dapat makan dengan mudah tanpa harus menekuk lehernya. Saat ini banyak tempat makan dengan alas tumpuan yang dapat dilepas pasang maupun yang menjadi satu dengan tumpuannya. Jika Anda khawatir kucing Anda memuntahkan makanannya, cobalah memakai tempat makan yang agak tinggi.

Pilihlah berdasarkan karakteristik material

Bahan untuk tempat makan kucing secara garis besar dibagi menjadi keramik, stainless steel, dan plastik. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, lebih baik memilih sesuai dengan karakter dan preferensi kucing, jenis makanan, dan kemudahan dalam perawatannya.

Untuk stabilitas dan mudah dibersihkan, pilih yang terbuat dari keramik

Untuk stabilitas dan mudah dibersihkan, pilih yang terbuat dari keramik

Tempat makan yang terbuat dari keramik memiliki berat yang lebih stabil sehingga tidak mudah digerakkan oleh kucing Anda. Tekstur keramik yang licin juga membuat tempat makan ini mudah dibersihkan. Tidak seperti bahan stainless steel, makanan yang diletakkan pada bahan keramik tidak cepat dingin. Namun, bahan ini juga mudah retak dan pecah. Anda perlu mempertimbangkan hal ini sebelum memilihnya.

Kami sarankan Anda untuk memilih tempat makan keramik yang aman digunakan pada microwave. Bila Anda menghangatkan makanan basah dengan microwave, citarasa makanan kucing Anda akan meningkat sehingga kucing Anda makan dengan lebih lahap. Cukup panaskan selama 10 detik hingga aromanya keluar, lalu berikan pada kucing Anda agar selera makannya meningkat, terutama bila Anda memiliki kucing yang sulit makan.

Untuk ketahanan dan mudah guna, pilih yang terbuat dari stainless steel

Untuk ketahanan dan mudah guna, pilih yang terbuat dari stainless steel

Keuntungan terbesar tempat makan yang dibuat dari stainless steel adalah kemudahan penggunaannya. Tempat makan ini tidak akan pecah dan sulit tergores meskipun terjatuh ke lantai. Bahan ini tidak mudah berkarat dan kotoran mudah dibersihkan sehingga sering digunakan sebagai peralatan dapur.

Namun, tempat makan ini mudah menjadi dingin karena terbuat dari logam, dan beberapa kucing tidak menyukai bau logam. Selain itu, beberapa produk memiliki berat yang ringan sehingga Anda mungkin akan mengkhawatirkan stabilitasnya.

Tempat makan dari stainless steel mudah perawatannya dan nyaman digunakan, tetapi ada kemungkinan kucing tidak menyukainya. Bahan ini memang bahan yang berguna dan sangat membantu apabila Anda memiliki kucing dalam jumlah banyak di rumah. Namun, tidak hanya mengenai kondisi lingkungan hidup kucing, tetapi Anda juga perlu memikirkan apa yang disukai dan tidak disukai oleh kucing Anda.

Untuk harga yang lebih terjangkau, pilih yang terbuat dari plastik

Untuk harga yang lebih terjangkau, pilih yang terbuat dari plastik

Bahan plastik merupakan bahan yang paling laris di pasaran karena harganya yang lebih cukup terjangkau. Namun, bahan ini lebih mudah tergores, dan kotoran serta bakteri yang menempel sulit dibersihkan. Anda tidak boleh menggunakan tempat makan berbahan plastik dalam jangka waktu yang panjang. Bahan ini juga ringan dan mudah digunakan, tetapi lebih mudah bergerak sewaktu dipakai makan.

Oleh karena itu, lebih aman untuk menghindari penggunaan tempat makan berbahan plastik. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa harganya yang murah memang sangat menarik, terutama bila kucing Anda mudah bosan dengan penggunaan tempat makan yang sama secara terus menerus.

Jika Anda memberi makanan basah, hindari tempat makan plastik. Bila minyak pada makanan basah masuk ke sayatan plastik kemudian teroksidasi, akan berakibat kurang baik untuk kesehatan kucing Anda. Meskipun banyak kekurangannya, tetapi beberapa kucing menyukai tempat makan plastik yang lebih sedikit merangsang mulut dan giginya. Karena itu, letakkan lembaran antiselip pada tempat makan agar tempat makan plastik yang bobotnya ringan lebih mudah digunakan.

Pilihlah bentuk tempat makan berdasarkan kebiasaan kucing

Setiap kucing memiliki perilaku makan masing-masing, seperti sering menumpahkan nasi dari mangkuk, makan dengan tergesa-gesa, dan lain sebagainya. Mari pilih tempat makan yang sesuai dengan kebiasaan kucing Anda.

Untuk mencegah makanan tumpah, pilih yang memiliki sudut kemiringan atau model 2 bidang

Untuk mencegah makanan tumpah, pilih yang memiliki sudut kemiringan atau model susun 2 deret

Beberapa kucing akan berhenti makan ketika banyak makanan berhamburan di sekitar tempat makanannya. Hal ini cukup serius karena Anda jadi harus membersihkannya setiap saat. Bila Anda memiliki kucing dengan perilaku seperti itu, pilihlah tempat makan yang memiliki kemiringan sudut sehingga memudahkan kucing saat makan, atau model 2 bidang dengan parit di pinggirnya untuk menampung makanan yang berhamburan.

Terutama dalam keluarga dengan banyak kucing, tidak jarang mereka bersaing dan menumpahkan makanan mereka. Meskipun sulit untuk mencegah tumpahan sepenuhnya, tetapi Anda dapat mengatasinya dengan meletakkan karpet dan nampan sehingga menjadi lebih mudah dibersihkan dan digunakan. Hal ini juga akan menambah kegembiraan Anda karena dapat meningkatkan tatanan interior ruangan Anda.

Untuk menanggulangi makan yang terlalu cepat, pilih tempat makan dengan pola acak

Untuk menanggulangi makan yang terlalu cepat, pilih tempat makan dengan pola acak

Untuk kucing yang makan terlalu cepat, tempat makan dengan pola acak yang tidak rata adalah pilihan terbaik. Makanan terbagi melalui celah-celah sehingga kucing akan makan lebih lambat secara alamiah. Makan terlalu banyak akibat makan yang terlalu cepat dapat menyebabkan masalah pencernaan, tersedak, muntah, sakit perut, dan sebagainya. Mohon lakukan tindak pencegahan untuk kesehatan kucing Anda.

10 Rekomendasi tempat makan terbaik untuk kucing

Berikut ini adalah rekomendasi tempat makan untuk kucing sesuai dengan material, bentuk, dan kelebihannya masing-masing. Temukan tempat makan yang sesuai dengan perilaku kucing kesayangan Anda!

10. Savic Buttler Tray

10. Savic Buttler Tray

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 154.000

Baki plastik dengan empat kaki non-slip untuk stabilitas ekstra dan lantai yang bersih

Bila kucing Anda tipe yang suka menghamburkan makanannya, tempat makan ini ideal untuk Anda. Memiliki baki dengan kaki antiselip sehingga mencegah tempat makan bergerak dan berdiri dengan stabil. Ukuran bakinya yang cukup besar akan menampung makanan yang dihamburkan oleh kucing Anda sehingga lantai Anda tetap bersih. Berisi 2 buah mangkuk yang mudah dilepas dan dibersihkan, bahkan aman dicuci pada dishwasher.

Mangkuknya didesain memiliki pegangan kecil sehingga tangan Anda tetap bersih saat mengangkat mangkuknya. Tempat makan yang sangat praktis, kokoh, dan mudah dibersihkan dengan air hangat sehingga dapat menjadi solusi makan yang sempurna untuk kucing Anda yang masih belajar makan dengan rapih.

9. Portable Foldable Pet Food Feeding Travel Bowl

9. Portable Foldable Pet Food Feeding Travel Bowl

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 39.000

Tempat makan yang dapat dilipat hingga tipis dan bisa Anda bawa ke mana pun!

Untuk Anda yang senang mengajak hewan peliharaan Anda berjalan-jalan, tempat makan ini sangat tepat untuk Anda. Mangkuknya didesain bisa dilipat ke dalam hingga menjadi sangat tipis, lalu Anda hanya perlu menyangkutkannya pada celana atau tas Anda. Selain itu, ketinggiannya juga dapat Anda sesuaikan dengan tinggi kucing sehingga kucing Anda akan lebih mudah memakan makanannya dimana saja.

Anda dapat membawa tempat makan ini sekaligus dalam jumlah banyak karena desainnya yang tidak memakan banyak tempat saat tidak digunakan. Pilihan warnanya pun menarik dan beragam, Anda dapat memilih warna untuk membedakan mangkuk untuk makan, dan mangkuk untuk minum agar tidak mudah tertukar. Sangat praktis dan higienis!

8. Fun Feeder Slow Feed Bowl

8. Fun Feeder Slow Feed Bowl

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 110.000

Pencernaan lebih sehat dengan mangkuk berpola acak

Sebagian besar kucing yang masih kecil memiliki kebiasaan makan terburu-buru sehingga dapat membahayakan pencernaan mereka. Bila Anda memiliki kucing dengan pola makan seperti ini, penting untuk memilih tempat makan dengan bentuk yang dirancang untuk memperlambat makan mereka. Masalah pencernaan seperti obesitas, kembung, dan sakit perut dapat diatasi sekaligus mengajarkan kucing Anda untuk makan lebih lambat.

Tempat makan ini menggunakan material yang aman untuk kucing Anda, serta memiliki dasar antiselip sehingga tidak mudah bergeser dan tergelincir dari lantai. Kucing Anda dapat makan dengan nyaman, aman, sehat, dan bebas dari keluhan masalah pencernaan.

7. Flat Face Cat Foods Bowl

7. Flat Face Cat Foods Bowl

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 202.000

Tempat makan yang dapat Anda miringkan dengan sudut sesuka-suka Anda

Idealnya, tempat makan memiliki ketinggian dan kemiringan mangkuk yang tepat agar kucing Anda lebih mudah memakan makanannya. Apalagi jika kucing Anda sering menghamburkan makanannya, mangkuk yang dapat dimiringkan seperti ini sangat tepat untuk Anda. Mangkuk ini dapat Anda atur kemiringannya sehingga dapat Anda sesuaikan dengan tinggi badan kucing Anda. Kucing Anda pun dapat dengan mudah menjangkau makanannya.

Dilengkapi dengan dasar mangkuk yang tinggi sehingga kucing Anda tidak perlu terlalu menunduk saat makan. Mengurangi resiko kucing tersedak dan postur tubuh yang kurang baik untuk kucing Anda. Dudukan mangkuknya yang elastis juga memiliki dasar antiselip sehingga dapat berdiri dengan kuat dan tidak mudah bergeser.

6. Hoopet Ceramic Two Bowls with Steel Frame

6. Hoopet Ceramic Two Bowls with Steel Frame

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 349.100

Dilengkapi stand yang nyaman digunakan dan higienis

Tempat makan yang terbuat dari keramik ini dapat dengan leluasa diangkat dari dudukan besinya sehingga mudah dibersihkan. Terdiri dari 2 mangkuk, produk ini dapat digunakan untuk tempat makan dan minum sekaligus. Dudukan yang terbuat dari besi yang kuat akan mencegah mangkuk berguling atau berpindah. Dudukan besinya juga dilapisi karet antiselip pada alasnya sehingga memudahkan pemberian makanan.

Dengan posisi mangkuk yang tinggi akan menghindarkan kucing Anda dari masalah leher dan pencernaan akibat tempat makan yang terlalu rendah. Mangkuk berbahan keramik ini sangat mudah untuk Anda bersihkan sehingga kucing Anda dapat makan dengan nyaman dan aman.

5. Catit Senses 2.0 Food Tree

5. Catit Senses 2.0 Food Tree

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 310.000

Mengatasi pola makan terlalu cepat sambil bermain. Seru!

Untuk Anda yang memiliki kucing dengan pola makan terlalu cepat sehingga sering tersedak, tempat makan ini bagus untuk kucing Anda. Dengan desain bertingkat yang dibuat seperti pohon sehingga akan mengeluarkan makanan sedikit-sedikit, sekaligus merangsang insting berburu kucing Anda. Selain itu, produk ini juga memiliki mangkuk dengan kedalaman yang cukup untuk mencegah makanan berhamburan, dan kucing Anda dapat makan dengan nyaman. 

Cakram di dalam pohon tempat makan ini dapat diputar dengan berbagai ukuran makanan. Selain itu, Anda juga dapat memasukkan mainan kecil ke dalam pohon tempat makan. Anda bisa mengubah lokasi tempat makan ini secara rutin untuk menambah variasi makan sambil bermain kucing Anda. 

4. Elevated Pet Feeder with Bamboo Stand

4. Elevated Pet Feeder with Bamboo Stand

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 367.000

Percantik ruangan Anda dengan tempat makan kucing berdesain menarik!

Bagi Anda yang mencari tempat makan yang tidak hanya berfungsi dengan baik sebagai tempat makan, tetapi juga memiliki desain yang menarik sehingga dapat diletakkan di ruangan Anda dengan cantik, tempat makan ini wajib Anda miliki. Bukan hanya memiliki desain yang cantik, tempat makan ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas yang kuat dan mudah dibersihkan.

Terdiri dari 3 buah mangkuk stainless steel yang tidak mudah rusak, produk ini dilengkapi dengan dudukan berbahan bambu yang kokoh sehingga mangkuk akan aman di dalamnya. Selain itu, produk ini juga memiliki kaki antiselip untuk mencegah kucing Anda menggeser mangkuknya, dan merusak lantai Anda. Produk yang aman dan menarik, bukan! 

3. Pidan Studio Raised Cat Food Bowl

3. Pidan Studio Raised Cat Food Bowl

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 870.800

Makan lebih mudah dengan kemiringan 15 derajat dan mangkuk yang lebar!

Bagi Anda yang menginginkan tempat makan yang ideal dan nyaman digunakan kucing Anda, tempat makan ini dapat Anda pertimbangkan. Memiliki kemiringan sudut sebesar 15 derajat, sangat ideal untuk mengurangi tekanan pada bahu dan perut kucing Anda. Mangkuknya memiliki kelebaran yang cukup besar sehingga kucing Anda dapat makan dengan nyaman dan mudah, bahkan untuk kucing berukuran kecil.

Desainnya yang minimalis akan sangat cocok untuk Anda yang memiliki interior rumah modern. Mangkuknya yang sebening kristal akan memberi kesan tak kasat mata sehingga cocok Anda tempatkan dimana saja pada ruangan Anda. Bukan hanya itu, mangkuk ini juga tahan panas, tahan cahaya matahari, dan juga mudah dibersihkan, lho!

2. Dotpet Ceramic Dry Food Bowl

2. Dotpet Ceramic Dry Food Bowl

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 801.858

Desain bundar untuk ritual makan yang sempurna bahkan pada kucing berhidung rata!

Bila Anda memiliki kucing dengan wajah datar ataupun hidung yang pendek, tempat makan ini bisa menjadi pertimbangan Anda. Kelengkungan pada mangkuk dirancang untuk memusatkan makanan pada pusat mangkuk sehingga makanan tidak tersebar di seluruh mangkuk. Hal ini akan memudahkan kucing untuk memakannya sampai habis, tidak tersisa dan berceceran pada mangkuknya, bahkan pada kucing dengan hidung yang rata.

Produk ini dibuat dari tanah liat premium dengan standar tertinggi untuk mengurangi risiko keretakan pada mangkuk. Permukaannya yang licin membuat tempat makan ini mudah dibersihkan. Tempat makan ini juga aman dicuci dengan dishwasher, bahkan juga dapat dengan aman digunakan pada microwave!

1. Pioneer Pet Tiger Diner Ceramic Food Bowl

1. Pioneer Pet Tiger Diner Ceramic Food Bowl

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.276.904

Tempat makan keramik berkualitas yang menstimulasi mental dan fisik kucing Anda

Untuk Anda yang menginginkan tempat makan kucing berkualitas dengan desain yang inovatif, tempat makan ini tidak akan mengecewakan Anda. Fitur dari desain inovatif ini memungkinkan kucing Anda untuk menggunakan cakarnya, dan menangkap makanan mereka sehingga mendorong stimulasi mental dan fisik mereka. Kucing Anda akan menikmati tantangan menarik ini sambil makan dengan kecepatan yang sehat.

Mangkuk berbentuk corong memudahkan pengisian makanan dan secara otomatis mengeluarkan makanan sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan kucing Anda. Terbuat dari keramik berkualitas tinggi sehingga lebih tahan lama, mudah digunakan, sangat mudah dibersihkan, dan aman dicuci menggunakan dishwasher.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan tempat makan untuk kucing

Mau model tempat makan seperti apapun, jika tempat makan makan tersebut tidak dapat digunakan dengan mudah, kucing Anda akan merasa tidak nyaman. Berikut adalah beberapa poin yang harus Anda perhatikan berkaitan dengan kebersihan tempat makan kucing.

Bersihkan makanan yang tersisa pada piring

Bersihkan makanan yang tersisa pada piring

Sudah menjadi suatu keharusan untuk membuang makanan lama yang tersisa, jangan diberikan kembali, apalagi menambahkan makanan baru di atasnya. Makanan yang telah teroksidasi tidak baik untuk kesehatan kucing, baunya menjadi lebih kuat, dan dapat mempengaruhi nafsu makan kucing.

Perhatikan berapa gram biasanya kucing Anda menghabiskan makanan yang Anda berikan, serta jangan lupa untuk membuang sisanya, meskipun tersisa cukup banyak. Selalu cuci dan keringkan tempat makan kucing Anda agar selalu terjaga kebersihannya.

Siapkan sabun cuci piring dan spons khusus untuk hewan peliharaan

Siapkan sabun cuci piring dan spons khusus untuk hewan peliharaan

Beberapa kucing terbiasa menjilati tempat makan mereka, bahkan setelah mereka selesai makan. Meskipun peralatan makan kucing pada dasarnya dibersihkan setiap saat, kebiasaan ini harus Anda perhatikan. Bila kucing Anda seperti itu, dianjurkan untuk memisahkan sabun cuci piring untuk mencuci piring kucing dengan piring manusia. Sedangkan untuk spons cuci piring, sudah sewajarnya memisahkan pemakaian untuk kucing dan manusia.

Jika Anda memberi makanan yang tidak meninggalkan noda, Anda bisa mencucinya dengan air. Namun, jika Anda ingin membersihkan air liur kucing atau minyak, Anda dapat menggunakan detergen untuk hewan peliharaan yang tidak mengandung zat aditif. Selain itu, karena Anda perlu mengeringkan tempat makan dengan baik setelah dicuci agar bakteri tidak berkembang biak, lebih baik Anda menyiapkan 2 tempat makan agar dapat digunakan bergantian.

Tinjau ulang tempat makan kucing bila kucing senang makan di lantai

Tinjau ulang tempat makan kucing bila kucing senang makan di lantai

Saat makan, ada kucing yang mengambil makanan dari piring dan memakannya di lantai. Tentu saja ada beberapa kasus dimana ini hanya kebiasaan dari kucing, tetapi bisa jadi kucing Anda tidak menyukai tempat makannya.

Kucing sensitif terhadap bau, jadi ada kemungkinan bahwa tempat makan memiliki bau yang tidak enak yang kurang diperhatikan oleh manusia. Jika kucing Anda memakan makanan di lantai, cobalah untuk meninjau kembali bentuk dan bahan dari tempat makannya.

Kesimpulan

Anda sudah membaca rekomendasi kami tentang tempat makan untuk kucing. Bagaimana menurut Anda? Kucing memiliki bentuk fisik, kepribadian, kebiasaan, dan gaya makan yang berbeda-beda. Penting untuk mengamati dengan baik terlebih dahulu sebelum memilih tempat makan yang cocok untuk kucing Anda. Pilihlah tempat makan yang terbaik agar kucing Anda dapat makan dengan nikmat. Selamat memilih!