mybest
Tempat makan kucing

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Perawatan kucing
  4. 10 Tempat Makan Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Tempat Makan Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Tempat Makan Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Tempat Makan Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Tempat Makan Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Tempat Makan Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Tempat Makan Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)

Tempat makan untuk kucing idealnya didesain agar kucing dapat makan dengan nyaman. Kebiasaan dan nafsu makan kucing dapat dipengaruhi pada pilihan tempat makannya. Ada berbagai macam bahan tempat makan, seperti keramik, stainless steel, dan plastik. Tempat makan seperti apa yang paling tepat untuk kucing Anda?

Di artikel ini, kami akan memberikan informasi cara memilih tempat makan kucing yang bagus dan berkualitas. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik, di antaranya dari merek Catit, Petkit, dan Arthacat. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel. Silakan disimak, ya!
Diperbaharui 14/07/2023
drh. Doel
Pakar
Veterinarian
drh. Doel

drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim yang lebih dikenal dengan drh. Doel adalah seorang dokter hewan alumni Universitas Airlangga. Setelah lulus, beliau bekerja di bidang perunggasan selama 2 tahun kemudian melanjutkan S2 Biomedik di Universitas Hasanuddin. Setelah S2, beliau melanjutkan bekerja sebagai dosen di Departemen Mikrobiologi Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sampai sekarang. Beliau juga sudah menyelesaikan studi S3 di Chulalongkorn University, Thailand. Beliau sering sharing mengenai keilmuan di Instagram-nya.

Profil drh. Doel
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tempat makan untuk kucing

Ada sejumlah poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih tempat makan untuk kucing. Agar tidak salah pilih, simak ulasannya berikut ini. 

1

Pilih bentuk yang pas

Ketika memilih tempat makan untuk kucing, periksalah ukuran, bentuk, dan berat produk agar memudahkan kucing saat menyantap makanannya. Selengkapnya ada di penjelasan berikut ini.

Kedalaman bowl, sesuaikan agar tidak terlalu dalam atau dangkal

Kedalaman bowl, sesuaikan agar tidak terlalu dalam atau dangkal
Pilihlah tempat makan yang tidak terlalu dangkal atau terlalu dalam untuk kucing. Bila terlalu dangkal, makanan kucing bisa berhamburan dan mengotori lantai. Jika terlalu dalam, makanannya akan tersisa di dasar karena sulit dimakan. Sebagai panduan, bila kucing mampu meraih makanan hingga habis berarti tidak ada masalah dengan tempat makan tersebut.

Ukuran bowl, gunakan yang lebih besar dari wajahnya

Ukuran bowl, gunakan yang lebih besar dari wajahnya

Pilihlah tempat makan dengan lebar yang tidak mengenai kumis kucing, atau berukuran lebih besar dari wajahnya. Kucing cenderung tidak suka bila kumisnya mengenai makanan yang ia makan. Untuk menghindari stres, pilih peralatan makan yang sesuai dengan ukuran wajah kucing Anda.

Tinggi bowl, pastikan kucing dapat menjangkaunya dengan nyaman

Tinggi bowl, pastikan kucing dapat menjangkaunya dengan nyaman
Agar kucing Anda tidak perlu terlalu banyak menunduk, pilihlah tempat makan dengan ketinggian yang mudah dijangkau olehnya. Kucing memiliki saluran pencernaan berupa mulut yang terhubung langsung ke lambungnya. Tempat makan yang terlalu rendah dapat menyebabkan kepala dan tenggorokan menghadap ke bawah sehingga makanan mungkin dimuntahkan kembali

Jangan lupa untuk menyesuaikan tinggi tempat makan dengan jenis, usia, serta cara makan kucing Anda. Kucing dengan kebiasaan muntah, lanjut usia, atau memiliki postur meringkuk akan lebih mudah makan bila ketinggian tempat makannya disesuaikan. Anda bisa mengalasi tempat makan dengan kotak plastik atau kaleng kosong untuk menemukan ketinggian yang tepat sebelum membeli produk.

2

Carilah yang stabil dan cukup berbobot

Carilah yang stabil dan cukup berbobot
Pilihlah tempat makan yang stabil dan cukup berbobot agar tidak bergeser saat kucing sedang makan. Tempat makan yang bergeser hanya karena dorongan kucing akan membuatnya tidak bisa makan dengan tenang

Jika Anda ingin menggunakan peralatan makan berbahan ringan seperti plastik, pilihlah yang bagian bawahnya tidak licin. Ada baiknya untuk meletakkan selembar antiselip di bawah tempat makan yang licin untuk mencegahnya tergelincir.

3

Ketahui karakteristik bahannya

Secara garis besar, bahan yang digunakan sebagai tempat makan kucing dibagi menjadi keramik, stainless steel, dan plastik. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena itu, pilihlah yang sesuai dengan karakter kucing, jenis makanan, dan kemudahan dalam perawatannya.

Bahan keramik, lebih stabil dan tidak mudah tergores

Bahan keramik, lebih stabil dan tidak mudah tergores

Tempat makan yang terbuat dari keramik memiliki berat yang lebih stabil sehingga tidak mudah tergeser oleh kucing Anda. Tekstur keramik yang licin juga membuat tempat makan tidak mudah tergores serta mudah dibersihkan. 


Selain itu, makanan yang diletakkan pada bahan keramik tidak cepat dingin dan bisa dihangatkan dengan microwave. Namun, bahan ini juga rawan pecah sehingga Anda perlu ekstra hati-hati saat menggunakannya. Anda dapat memilih tempat makan berbahan keramik yang memiliki bagian alas yang datar sehingga tidak mudah terangkat ketika kucing anda menekan atau menginjak tempat makannya.


Beberapa kucing ada yang sering menaikkan kakinya atau menginjak bagian tepi tempat makannya. Ketika menggunakan bahan keramik yang memiliki alas yang cembung, mangkok kucing akan mudah terangkat sehingga memiliki resiko pecah.

Bahan stainless steel, tahan lama dan mudah dirawat

Bahan stainless steel, tahan lama dan mudah dirawat
Keuntungan memilih tempat makan yang dibuat dari stainless steel adalah kemudahan penggunaannya. Tempat makan ini tidak akan pecah atau tergores meskipun terjatuh ke lantai. Selain itu, bahan ini sulit berkarat dan dapat dibersihkan dengan mudah. 

Namun, makanan akan lebih cepat dingin karena terbuat dari logam. Selain itu, ada pula kucing yang tidak menyukai bau logam. Periksalah selera kucing Anda dengan cermat sebelum memilihnya. Selain itu, bobot tempat makan dari stainless steel tergolong ringan sehingga dikhawatirkan kucing akan terganggu. Pilihlah produk yang dilengkapi dengan alas antiselip agar tetap stabil.

Bahan plastik, tidak perlu khawatir iritasi mulut dan gigi

Bahan plastik, tidak perlu khawatir iritasi mulut dan gigi

Tempat makan plastik populer digunakan karena harganya terjangkau, ringan, dan mudah dibersihkan. Namun, plastik lebih ringan sehingga cenderung mudah bergeser ketika kucing makan. Karena itu, sebaiknya pilihlah produk yang dilengkapi dengan alas antiselip. 

Selain itu, bahan plastik mudah tergores dan kotoran yang memasuki celah goresan sulit dihilangkan. Jadi, hindarilah penggunaan tempat makan plastik dalam jangka panjang atau menggunakannya untuk makanan basah.

4

Sesuaikan dengan kebiasaan makan kucing Anda

Setiap kucing memiliki perilaku makan masing-masing, seperti sering menumpahkan makanan, makan dengan tergesa-gesa, dan lain sebagainya. Mari pilih tempat makan yang sesuai dengan kebiasaan kucing Anda!

Mencegah makanan tumpah: Coba bowl dengan sudut kemiringan atau dua bidang

Mencegah makanan tumpah: Coba bowl dengan sudut kemiringan atau dua bidang

Bila kucing Anda sering menumpahkan makanan, pilih tempat makan dengan sudut miring yang memudahkannya saat makan. Anda juga bisa memilih tempat makan dengan dua bidang untuk membatasi dan menampung makanan yang berhamburan


Sejumlah kucing akan berhenti makan ketika banyak makanan berhamburan di sekitar tempat makanannya. Di samping itu, akan merepotkan bila Anda harus membersihkannya setiap saat. Mencegah tumpahan makanan dengan tempat makan saja cukup sulit. Untuk itu, Anda perlu mengalasinya dengan tatakan atau nampan agar mudah dibersihkan.

Menanggulangi makan yang terlalu cepat: Pakailah tempat makan dengan pola acak

Menanggulangi makan yang terlalu cepat: Pakailah tempat makan dengan pola acak
Untuk kucing yang makan terlalu cepat, tempat makan dengan pola acak yang tidak rata adalah pilihan terbaik. Makanan terbagi melalui celah-celah sehingga kucing akan makan lebih lambat secara alamiah. Makan terlalu banyak akibat makan yang terlalu cepat dapat menyebabkan masalah pencernaan, tersedak, muntah, atau sakit perut.

Namun, tempat makan berpola acak terkadang menyulitkan kucing karena butuh waktu lebih lama untuk menghabiskan makanan. Tidak jarang kucing malah menjadi malas makan karena hal tersebut. Untuk mengatasinya, tetaplah menggunakan tempat makan biasa dan berikan makanan sedikit demi sedikit.

5

Pertimbangkan yang sistemnya otomatis

Pertimbangkan yang sistemnya otomatis

Tempat makan kucing dengan sistem otomatis dapat mempermudah Anda yang banyak beraktivitas di luar rumah. Kucing pun tidak akan kelaparan karena persediaan makanannya habis. Wadah makan kucing model ini telah didesain sedemikian rupa agar pakan selalu ada.


Selain itu, ada juga yang dilengkapi dengan teknologi canggih dan dapat diatur melalui aplikasi. Dengan begitu, Anda dapat mengatur jadwal pemberian makan si kucing melalui fitur pada pet feeder

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi tempat makan terbaik untuk kucing

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tempat makan terbaik untuk kucing yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Doel.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Tempat Makan Kucing

 Tempat Makan Kucing 1

Mulai dari Rp3.700,00

Lebih Murah

Lebih hemat dengan tempat makan kucing murah dan colorful

2

Arthacat

Pet Bowl Single

Arthacat Pet Bowl Single 1

Mulai dari Rp15.600,00

Agak Murah

Wadah pakan kucing antisemut, makanan terjaga kebersihannya

3

Angola

Pet Feeder Plate 2 in 1m01

Angola Pet Feeder Plate 2 in 1 1

Mulai dari Rp85.000,00

Menengah

Tempat makan kucing stainless steel bebas bau, dilengkapi tempat minum otomatis

4

Tempat Makan dan Minum Keramik

 Tempat Makan dan Minum Keramik  1

Mulai dari Rp62.000,00

Menengah

Desainnya cantik, pas untuk penyuka keramik

5

Vintage Story

Tempat Makan Hewan Bentuk Bunga

Vintage Story Tempat Makan Hewan Bentuk Bunga 1

Mulai dari Rp58.000,00

Menengah

Tempat makan kucing lucu dengan double bowl

6

Pet Food Dispenser Otomatis

 Pet Food Dispenser Otomatis 1

Mulai dari Rp129.556,00

Menengah

Dapatkan kemudahan mengurus kucing dengan tempat makan kucing otomatis

7

BARDI

Smart WiFi Pet Feeder

BARDI Smart WiFi Pet Feeder 1

Mulai dari Rp2.406.000,00

Lebih Mahal

Nikmati kecanggihan dari tempat makanan kucing dengan Wi-Fi

8

Pet Bowl Pumpkin

 Pet Bowl Pumpkin 1

Mulai dari Rp30.000,00

Agak Murah

Bebas atur ketinggian bowl dengan tempat makan kucing gantung

9

Petkit

Antibacterial Smart Bowl

Petkit Antibacterial Smart Bowl 1

Mulai dari Rp368.000,00

Agak Mahal

Memudahkan dalam mengontrol kuantitas makanan peliharaan tersayang

10

Catit

Multi Feeder

Catit Multi Feeder 1

Mulai dari Rp90.000,00

Menengah

Desain ergonomis dan dilengkapi ruang penyimpanan makanan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Tempat Makan Kucing

Tempat Makan Kucing 1
Sumber: shopee.co.id
Tempat Makan Kucing 2
Sumber: shopee.co.id
Tempat Makan Kucing 3
Sumber: shopee.co.id
Tempat Makan Kucing 4
Sumber: shopee.co.id
Tempat Makan Kucing 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp3.700,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp3.700,00
Lebih Murah

Lebih hemat dengan tempat makan kucing murah dan colorful

Bagi Anda yang mencari wadah makanan kucing dengan harga sangat terjangkau, produk ini tepat dipilih. Anda tidak perlu khawatir dengan bujet membengkak untuk perlengkapan makan si anabul. Dengan harga murahnya, mangkuk makan kucing ini tetap memiliki kualitas yang bagus. Material plastiknya juga mudah dibersihkan dan pilihan warnanya sangat eye-catching.
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

ArthacatPet Bowl Single

Pet Bowl Single 1
Sumber: arthacat.com
Pet Bowl Single 2
Sumber: arthacat.com
Harga referensi
Mulai dari Rp15.600,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp15.600,00
Agak Murah

Wadah pakan kucing antisemut, makanan terjaga kebersihannya

Apakah kucing Anda sering menyisakan makanan di wadahnya? Jika iya, tidak jarang makanannya akan dikerubungi oleh semut. Nah, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan produk yang satu ini. Anda cukup menaruh air di celah khusus untuk menaruh air pada wadah. Makanan tetap bersih, semut pun enggan datang lagi!
No.3

AngolaPet Feeder Plate 2 in 1m01

Harga referensi
Mulai dari Rp85.000,00
Menengah

Tempat makan kucing stainless steel bebas bau, dilengkapi tempat minum otomatis

Bila Anda mencari tempat makan kucing yang dilengkapi tempat minum otomatis, cobalah produk satu ini. Material pada mangkuk kucing ini terbuat dari stainless steel yang mudah dibersihkan dan tahan lama. Di bagian tempat minumnya juga dilengkapi penutup agar air tidak membasahi bulu sekitar mulut. Berkat kapasitasnya yang cukup besar, kucing pun dapat makan lebih nyaman. 

No.4

Tempat Makan dan Minum Keramik

Harga referensi
Mulai dari Rp62.000,00
Menengah

Desainnya cantik, pas untuk penyuka keramik

Jika Anda menyukai barang-barang yang unik, pilih saja tempat makan kucing keramik ini. Selain berfungsi sebagai wadah makanan kucing, produk ini dapat menambah estetika di ruangan Anda. Bahan keramik juga dikenal aman sebagai wadah makanan.


Terlebih lagi, tampilan pada tempat makan kucing ini makin terlihat higienis. Namun, bahan keramik mudah pecah. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan penempatan dan aktivitas kucing di sekitarnya.

No.5

Vintage StoryTempat Makan Hewan Bentuk Bunga

Tempat Makan Hewan Bentuk Bunga 1
Sumber: shopee.co.id
Tempat Makan Hewan Bentuk Bunga 2
Sumber: shopee.co.id
Tempat Makan Hewan Bentuk Bunga 3
Sumber: shopee.co.id
Tempat Makan Hewan Bentuk Bunga 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp58.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp58.000,00
Menengah

Tempat makan kucing lucu dengan double bowl

Tempat pakan kucing berbentuk bunga berwarna soft ini cocok untuk Anda yang menyukai tema vintage. Di samping itu, produk ini memiliki double bowl yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan kucing. Anda dapat menaruh makanan kering dan air putih atau makanan kering dan makanan basah. Anda tinggal mengaturnya sesuai kebutuhan anabul kesayangan. Mangkuk ini pun mudah dilepas dan dibersihkan.
No.6

Pet Food Dispenser Otomatis

Pet Food Dispenser Otomatis 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp129.556,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp129.556,00
Menengah

Dapatkan kemudahan mengurus kucing dengan tempat makan kucing otomatis

Apakah Anda bingung mengurus kucing saat sedang beraktivitas di luar? Tenang saja, kami telah menyiapkan rekomendasi produk yang tepat untuk Anda. Tempat makan kucing otomatis ini akan membantu Anda memberi makan dan minum kucing dengan mudah. Setiap wadahnya didesain akan selalu terisi pakan dan air putih yang sudah ditaruh di tempatnya. Tak perlu khawatir kucing kelaparan! 

No.7

BARDISmart WiFi Pet Feeder

Smart WiFi Pet Feeder 1
Sumber: shopee.co.id
Smart WiFi Pet Feeder 2
Sumber: bardi.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp2.406.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp2.406.000,00
Lebih Mahal

Nikmati kecanggihan dari tempat makanan kucing dengan Wi-Fi

Ketika mobilitas Anda makin padat, kucing kesayangan pun tetap perlu diurus. Oleh karena itu, serahkan saja pada produk pintar satu ini. Bardi Pet Feeder ini dilengkapi dengan Wi-Fi, kamera, dan speaker yang akan memudahkan Anda memberi makan si anabul. 


Anda dapat memantaunya melalui aplikasi Bardi Smart Home untuk mengatur jadwal pemberian makan. Anda pun dapat melihat dan memanggil kucing Anda meski tidak berada di lokasi. Sangat menarik, bukan?

No.8

Pet Bowl Pumpkin

Pet Bowl Pumpkin 1
Sumber: shopee.co.id
Pet Bowl Pumpkin 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp30.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp30.000,00
Agak Murah

Bebas atur ketinggian bowl dengan tempat makan kucing gantung

Tempat makan yang terlalu tinggi akan menyulitkan kucing untuk menelan makanan karena bagian tepi tempat makan akan menekan bagian leher kucing. Hal ini akan membantu kucing agar makan lebih nyaman.


Untuk itu, cobalah tempat makan gantung yang satu ini. Kucing pun tidak terlalu menunduk dan bisa makan dengan baik. Tempat makan kucing gantung ini akan memaksimalkan fungsi ruang di kandang. Kucing Anda pun dapat tidur atau bermain lebih leluasa tanpa terhalang wadah makan.

No.9

PetkitAntibacterial Smart Bowl

Antibacterial Smart Bowl 1
Sumber: shopee.co.id
Antibacterial Smart Bowl 2
Sumber: shopee.co.id
Antibacterial Smart Bowl 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp368.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp368.000,00
Agak Mahal

Memudahkan dalam mengontrol kuantitas makanan peliharaan tersayang

Jika kucing Anda sedang dalam program penggemukan atau sebaliknya harus diet, tempat makan canggih ini layak dimiliki. Anda bisa mengetahui berat makanan dalam lbs (pon) dan kg (kilogram) melalui timbangan digital bawaan. Anda juga dapat mengunduh aplikasi Petkit untuk melacak banyak makanan yang dikonsumsi hewan peliharaan Anda.


Antibacterial Smart Bowl dilapisi Anti-Microbial BIOCLEAN ACT yang membantu menghilangkan bakteri dan kuman berbahaya seperti E-coli. Produk ini menampilkan desain miring yang berkontur ergonomis serta dilengkapi karet antiselip di bagian bawah. 

No.10

CatitMulti Feeder

Multi Feeder 1
Sumber: catit.com
Multi Feeder 2
Sumber: catit.com
Multi Feeder 3
Sumber: catit.com
Harga referensi
Mulai dari Rp90.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp90.000,00
Menengah

Desain ergonomis dan dilengkapi ruang penyimpanan makanan

Produk yang satu ini dapat menjadi pilihan bila kucing Anda makan terlalu cepat. Wadah ini didesain ergonomis agar kucing dapat mengontrol makanan sendiri dengan cakarnya. Permukaan Multi Feeder juga tidak menyentuh kumis sehingga kucing bebas stres. Tempat makan ini juga dilengkapi dengan ruang penyimpanan di bagian dalam untuk isi ulang yang cepat dan mudah. 

Hal-hal lain yang harus diperhatikan

Model tempat makan seperti apa pun dapat membuat kucing tidak nyaman apabila kebersihannya tidak dijaga. Berikut adalah beberapa poin yang harus Anda perhatikan berkaitan dengan tempat makan untuk kucing.

Tinjau ulang tempat makannya bila kucing lebih senang makan di lantai

Tinjau ulang tempat makannya bila kucing lebih senang makan di lantai
Jika kucing Anda lebih sering mengambil makanan dengan kaki dan memakannya di lantai, ada dua hal yang perlu ditinjau ulang. Hal tersebut adalah bentuk dan bahan dari tempat makan. Ada beberapa kasus yang menandakan itu hanya kebiasaan si kucing, tetapi bisa jadi kucing Anda tidak menyukai tempat makannya. 

Kucing juga lebih sensitif terhadap bau. Bisa jadi tempat makannya menghasilkan bau tidak sedap yang tidak disadari manusia. Jangan lupa untuk mengganti tempat makan yang telah banyak tergores dan selalu sediakan tempat yang higienis. Bersihkan tempat makan kucing Anda secara rutin dan hindari menggunakan bahan pencuci atau pewangi yang memiliki aroma yang kuat.

Bersihkan makanan yang tersisa di dalam tempat makan

Bersihkan makanan yang tersisa di dalam tempat makan

Jangan biarkan makanan yang tersisa tertinggal di dalam tempat makannya terlalu lama. Jangan pula mencampurkan makanan kering yang baru dengan makanan kering sisa di dalam tempat makan. Makanan yang dibiarkan akan teroksidasi dan membuat tempat makan berbau. Hal itu bisa memicu hilangnya nafsu makan kucing dan tidak baik untuk kesehatannya.


Cari tahu kuantitas makanan yang sanggup dimakan oleh kucing Anda dalam satu waktu makan. Meski masih tersisa sedikit, buanglah dan cuci tempat makan hingga bersih, lalu keringkan. Cobalah untuk menjaga tempat makannya senantiasa bersih.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan lainnya untuk kucing di sini

Selain tempat makan yang tepat, kucing peliharaan memerlukan perlengkapan lain agar terus senantiasa nyaman dan sehat. Kami telah mengulas sejumlah produk perlengkapan kucing yang bisa Anda lihat melalui tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda mengenai artikel kali ini? Apakah Anda telah menemukan tempat makan yang paling tepat untuk kucing kesayangan melalui rekomendasi kami di atas?


Kucing memiliki bentuk fisik, kebiasaan, dan gaya makan yang berbeda-beda. Anda perlu mengamatinya dengan baik sebelum memilih tempat makan untuk kucing. Pilihlah tempat makan terbaik agar kucing Anda dapat makan dengan nikmat dan nyaman.

5 Rekomendasi Tempat Makan untuk Kucing terbaik

No. 1: Tempat Makan Kucing

No. 2: ArthacatPet Bowl Single

No. 3: AngolaPet Feeder Plate 2 in 1m01

No. 4: Tempat Makan dan Minum Keramik

No. 5: Vintage StoryTempat Makan Hewan Bentuk Bunga

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Perawatan kucing
  4. 10 Tempat Makan Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.