mybest
Rattle

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Mainan & aktivitas bayi
  4. 10 Rekomendasi Rattle Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Rattle Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Rattle Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Rattle Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Rattle Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Rattle Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Rattle Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Banyak orang tua yang memberikan rattle sebagai mainan pertama bagi bayi mereka. Rattle merupakan mainan yang dapat mengeluarkan bunyi gemerincing. Di pasaran sendiri, mainan rattle bayi tersedia dalam beragam bentuk, seperti stick, boneka, gelang, dan lainnya. 

 

Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih rattle bayi terbaik kepada Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk rattle bayi yang bagus dan telah mengantongi SNI seperti merek PlayGro dan Baby Safe. Semua produk tentu dapat Anda beli dengan mudah secara online. Selamat membaca!
Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Manfaat rattle untuk bayi

Manfaat rattle untuk bayi
Bagi Anda yang belum cukup familier dengan istilah rattle mungkin bertanya-tanya, apa itu rattle bayi? Rattle sendiri memiliki arti gemerincing. Dengan demikian, baby rattle atau rattle bayi adalah mainan bayi yang dapat mengeluarkan suara gemerincing.

Lantas, untuk usia berapa mainan rattle dapat diberikan untuk bayi? Anda dapat memberikan mainan rattle untuk bayi newborn hingga usia satu tahun. Adapun beberapa manfaat dan fungsi rattle untuk bayi secara umum ialah sebagai berikut.


  • Melatih indra bayi, baik penglihatan, pendengaran, peraba, maupun pengecap.

  • Melatih fokus atau konsentrasi bayi.

  • Alat stimulasi milestone bayi, mulai dari tummy time hingga merangkak.

  • Jika rattle dilengkapi teether, dapat berfungsi meredakan rasa tidak nyaman pada gusi saat bayi tumbuh gigi.

  • Mengajarkan konsep sebab akibat pada bayi melalui bunyi yang dihasilkan oleh gerakan tangannya.

Cara memilih rattle bayi

Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara memilih rattle bayi secara terperinci. Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih mainan rattle bayi? Simaklah ulasan selengkapnya di bawah ini.
1

Pilih berdasarkan bentuk rattle

Rattle bayi tersedia dalam berbagai bentuk. Masing-masing rattle bayi juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk itu, mari cari tahu lebih banyak melalui penjelasan berikut ini.

Stick, mudah digenggam oleh tangan mungil bayi

Stick, mudah digenggam oleh tangan mungil bayi

Seperti namanya, rattle bayi stick berbentuk batang atau gagang lurus. Biasanya, bagian ujung rattle bayi stick berbentuk kepala boneka. Stick pada mainan boneka rattle ini dibuat seukuran dengan genggaman bayi. Saat bayi berusia enam bulan ke atas, ia kerap menghentakkan tangannya. 


Berilah ia mainan rattle agar fokusnya terlatih dengan mendengar bunyi dan melihat warna. Kekuatan otot jari tangannya pun akan terstimulasi dengan baik karena diberi mainan yang dapat digenggam.

Ring, dilengkapi dengan aksesori beragam tekstur

Ring, dilengkapi dengan aksesori beragam tekstur

Rattle bayi ring memiliki bentuk lingkaran dan tentunya juga mudah digenggam. Biasanya, rattle bayi ini dilengkapi dengan aksesori kecil yang memiliki aneka bentuk, warna, dan tekstur. Saat digoyangkan, aksesori kecil tersebut akan menghasilkan bunyi rattle atau kerincing. Beberapa produk seperti Lusty Bunny juga dilengkapi dengan bentuk karakter hewan yang lucu dan teether.

Gelang, ideal untuk usia newborn

Gelang, ideal untuk usia newborn
Sumber: sozzytoys.com

Rattle bayi gelang atau wrist bentuknya hampir sama dengan rattle stick. Namun, bagian gagangnya merupakan kain yang membentuk gelang dengan perekat velcro. Rattle ini dapat dipakai di pergelangan dan kaki bayi. Saat mendengar bunyi-bunyian dari tangan dan kakinya, bayi dapat mempelajari keberadaan anggota tubuhnya.


Rattle gelang idealnya digunakan oleh bayi berusia newborn yang baru bisa menggerakkan tangan dan kaki selagi berbaring. Rattle gelang juga ada yang dilengkapi dengan socks rattle atau kaus kaki rattle. Produk tersebut hadir dalam satu set yang terdiri dari sepasang gelang tangan dan sepasang kaus kaki.

Bola, bermain sambil mengasah motorik kasar

Bola, bermain sambil mengasah motorik kasar

Rattle bola merupakan mainan bola berukuran kecil yang berisi kerincingan sehingga menghasilkan bunyi saat bergelinding. Rattle berbentuk bola dapat dijadikan mainan bagi bayi yang sedang belajar merangkak atau sekadar tummy time


Letakkanlah rattle pada jarak yang agak jauh dari jangkauan bayi, ia akan tertarik mengejar mainannya. Dengan begitu, si kecil akan termotivasi untuk bergerak maju, baik secara merayap, merangkak, maupun berjalan.

2

Perhatikan jenis material yang digunakan

Apabila Anda sudah mengetahui materialnya, akan lebih mudah untuk memilih rattle yang ingin dibeli. Untuk itu, kami telah merangkum dua material yang sering dijumpai saat ingin membeli rattle, yaitu plastik dan kain. Apa keunggulan dari keduanya? Simak penjelasan berikut ini, ya!

Bahan plastik, ringan dan mudah dibersihkan

Bahan plastik, ringan dan mudah dibersihkan

Keistimewaan dari rattle yang terbuat dari plastik adalah sangat ringan dan mudah dibersihkan. Di samping itu, suara yang dihasilkan tidak terlalu kencang sehingga tidak akan menyakiti telinga bayi. Material plastik juga memiliki bentuk dan tekstur yang beragam. Dengan menyentuh aneka tekstur, indra peraba bayi akan berkembang secara optimal.

Bahan kain, tidak terasa sakit meskipun mengenai kepala bayi

Bahan kain, tidak terasa sakit meskipun mengenai kepala bayi

Rattle yang terbuat dari bahan kain juga memiliki bobot yang ringan. Jadi, si kecil tidak akan merasa sakit saat mainan terjatuh atau terlempar dan mengenai tubuhnya, khususnya bagian kepala. 


Biasanya, rattle berbahan kain memiliki bunyi kerincing yang lembut dan tidak mengganggu, bahkan jika digoyangkan dengan sangat kuat. Rattle ini juga dapat dicuci, baik menggunakan tangan maupun mesin sehingga menjaga kebersihannya pun relatif mudah.

3

Cek standar keamanannya

Cek standar keamanannya

Saat memilih rattle sebagai mainan anak, pastikan produk tersebut telah memenuhi standar keamanan. Di Indonesia sendiri, terdapat Standar Nasional Indonesia atau SNI yang dikeluarkan oleh Badan Standardisasi Nasional. Mainan yang berlabel SNI dapat dipastikan aman bagi keselamatan anak.


Bagaimana jika mainan anak berasal dari luar negeri? Carilah tanda CE sebagai standar keamanannya. Tanda CE atau Communauté Européenne merupakan standardisasi yang digunakan oleh negara-negara Eropa. Sementara itu, produk mainan buatan Jepang ditandai dengan kode ST sebagai standar keamanannya.

4

Pilihlah produk yang lulus uji food grade agar makin aman

Pilihlah produk yang lulus uji food grade agar makin aman

Sebagian besar bayi akan memasukkan mainan ke dalam mulut mereka sebagai respon terhadap keingintahuannya. Bayi yang usianya sudah lebih besar umumnya merasa penasaran dengan mainannya sehingga mereka akan menjilat dan mengemut mainan tersebut. Untuk itu, pilihlah produk yang telah lulus uji food grade agar makin aman.


Produk yang telah teruji food grade biasanya juga bebas bhispenol-A atau BPA free. Hal ini karena zat kimia bhispenol-A dapat berbahaya bagi tubuh jika tertelan. Beberapa produk pun ditandai dengan non-PVC atau tidak mengandung polyvinyl chloride yang juga berbahaya.

5

Perhatikan berat produk

Perhatikan berat produk

Anda sebaiknya memilih rattle yang mudah digenggam agar bayi merasa lebih nyaman pada saat bermain. Selain dimainkan, rattle juga terkadang dilempar-lempar oleh bayi. Untuk itu, Anda dapat mencari rattle yang ringan, tahan lama, serta tidak berbahaya jika dilempar.


Bobot rattle yang cocok untuk dimainkan oleh bayi adalah sekitar 100 gram. Apabila dilempar oleh bayi dan mengenai orang lain, rattle seberat 100 gram tidak akan menimbulkan luka serius.

6

Cermatilah target usia dari produk rattle yang Anda pilih

Cermatilah target usia dari produk rattle yang Anda pilih

Rattle bayi memiliki bentuk, fungsi, dan target usia yang beragam. Beberapa rattle ditujukan untuk bayi yang baru lahir hingga berusia tiga bulan dan seterusnya. 


Untuk rattle yang memiliki fungsi menstimulasi pertumbuhan gigi, target usia yang dituju biasanya tiga bulan ke atas. Beberapa produk yang dijual di pasaran juga sudah mencantumkan target usia dari rattle bayi tersebut. Di sisi lain, beberapa produsen umumnya tidak menuliskan batas usia maksimum.

7

Pilih rattle yang mudah dibersihkan

Pilih rattle yang mudah dibersihkan

Bayi sering memasukkan benda, termasuk mainan ke dalam mulutnya. Untuk itu, rattle harus dirawat dengan baik dengan cara dibersihkan secara rutin. Pilihlah rattle yang mudah dibersihkan dan perawatannya tidak memakan waktu lama agar dapat segera dimainkan kembali oleh si kecil.


Rattle berbahan plastik biasanya cukup dibersihkan menggunakan lap atau tisu basah. Sementara itu, rattle berbahan kain dapat dibersihkan dengan cara dicuci dan dijemur sampai benar-benar kering. Nah, mengingat rattle akan sering dibersihkan, sebaiknya gunakan tisu basah dan sabun cuci khusus yang lulus uji food grade.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi rattle bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rattle bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Dr.Bebe

Rattle

Dr.Bebe  Rattle 1

Rp99.000

Agak Mahal

Empat hewan imut siap temani anak melatih tangan

2

Imundex

Hand Rattle Stick

Imundex Hand Rattle Stick 1

Rp60.000

Agak Murah

Kenalkan berbagai macam bunyi

3

Playgro

Shake Rattle and Roll Ball

Playgro Shake Rattle and Roll Ball 1

Rp129.000

Lebih Mahal

Stimulasi merangkak dengan cara menyenangkan

4

Lusty Bunny

Baby Gift Set Rattle

Lusty Bunny Baby Gift Set Rattle 1

Rp108.000

Agak Mahal

Kado kelahiran yang lucu dan unik

5

Sang Buah Hati

IQ Angel Peekabo Smart Rattle

Sang Buah Hati IQ Angel Peekabo Smart Rattle 1

Rp83.000

Menengah

Bisa bermain cilukba!

6

Baby Safe

Rattle Teether

Baby Safe Rattle Teether 1

Rp19.900

Lebih Murah

Mainan saat bayi tumbuh gigi

7

Winfun

Daisy Spin Rattle 'N Teether000776

Winfun Daisy Spin Rattle 'N Teether 1

Rp99.900

Agak Mahal

Asyiknya main putar kelopak bunga

8

Little Friends

Wrist and Ankle

Little Friends Wrist and Ankle 1

Rp65.400

Agak Murah

Bahan velboa-nya lembut dan nyaman

9

Sozzy

Wrist Rattle and Baby Socks

Sozzy Wrist Rattle and Baby Socks 1

Rp72.900

Menengah

Melatih kepekaan sensorik sejak newborn

10

Catell Love

Rattle Teether RT01

Catell Love Rattle Teether RT01 1

Rp92.500

Menengah

Naik stroller jadi makin seru

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Dr.Bebe Rattle

Rattle 1
Sumber: drbebe.co.id
Rattle 2
Sumber: drbebe.co.id
Rattle 3
Sumber: drbebe.co.id
Rattle 4
Sumber: drbebe.co.id
Harga referensi
Rp99.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp99.000
Agak Mahal

Empat hewan imut siap temani anak melatih tangan

Rattle berbentuk stick ini dilengkapi dengan boneka kepala hewan berdesain imut yang ukurannya cukup besar. Dengan dimensi 9 cm x 18 cm, bayi pun dapat menemukan mainan ini dengan mudah.


Usai mainan ini didapatkan sang buah hati, ia bisa mencoba meremas atau mengayun rattle ini. Dengan demikian, produk ini ideal dibeli jika Anda butuh mainan cute untuk melatih kekuatan otot tangan bayi.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

ImundexHand Rattle Stick

Harga referensi
Rp60.000
Agak Murah

Kenalkan berbagai macam bunyi

Rattle ini memiliki desain boneka dengan warna yang mampu menarik perhatian bayi. Pada bagian kepalanya dapat mengeluarkan suara berdecit saat dipencet. Terdapat pula bunyi kerisik jika bagian telinga boneka diremas.


Tak hanya itu, bagian badan rattle mengeluarkan suara gemerincing seperti lonceng. Bagian kaki boneka rattle ini juga merupakan teether sehingga produk ini menjadi lebih multifungsi. Untuk Anda yang ingin mengenalkan berbagai macam suara pada bayi, pilihlah produk ini.

No.3

PlaygroShake Rattle and Roll Ball

Harga referensi
Rp129.000
Lebih Mahal

Stimulasi merangkak dengan cara menyenangkan

Ketika bayi sudah mahir berguling, Anda dapat melatihnya untuk mulai merangkak. Pilihlah produk ini supaya momen menstimulasi merangkak makin menyenangkan. Rattle berbentuk bola ini berdesain warna-warni sehingga membuat bayi tertarik untuk memainkannya.


Letakkanlah rattle agak jauh dari jangkauan tangan bayi agar ia terpancing untuk bergerak maju. Setelah berhasil meraihnya, rattle akan menggelinding dan membuat bayi ingin bergerak maju lagi. Si kecil pun akan mencapai milestone merangkak dengan perasaan gembira.

No.4

Lusty BunnyBaby Gift Set Rattle

Harga referensi
Rp108.000
Agak Mahal

Kado kelahiran yang lucu dan unik

Jika Anda sedang mencari kado untuk sahabat yang baru melahirkan, produk ini bisa dijadikan pilihan. Gift set dari Lusty Bunny ini berisi dua buah rattle dan satu buah teether. Materialnya pun BPA free sehingga berkualitas untuk diberikan sebagai hadiah. Kado dari Anda tentunya akan memberi kesan tersendiri bagi sahabat Anda.

No.5

Sang Buah HatiIQ Angel Peekabo Smart Rattle

Harga referensi
Rp83.000
Menengah

Bisa bermain cilukba!

Untuk bayi berusia enam bulan ke atas, Anda dapat memberikan produk ini sebagai mainannya. Salah satu stimulasi bayi berusia 6 bulan lebih ialah bermain cilukba. Tak hanya bersama orang tua, rattle ini pun bisa turut serta bermain, lho!


Rattle ini dilengkapi dengan sepasang tangan yang dapat bergerak menutup dan membuka wajah. Wajah boneka memiliki empat ekspresi berbeda yang bertujuan melatih emosi bayi. Mainan dengan baterai ini juga dapat mengeluarkan suara dan lampu.

No.6

Baby SafeRattle Teether

Harga referensi
Rp19.900
Lebih Murah

Mainan saat bayi tumbuh gigi

Jika si kecil sedang mengalami tumbuh gigi, produk ini adalah pilihan yang tepat. Rattle berbentuk bintang ini juga sebenarnya merupakan teether berisi air steril. Dengan begitu, si kecil dapat menggigit produk ini untuk meredakan rasa tak nyaman pada gusi.


Anda dapat menyimpan mainan ini di dalam kulkas terlebih dahulu untuk menimbulkan sensasi dingin saat digigit. Namun, pastikan untuk menyimpannya pada bagian cooler saja. Selain itu, Anda pun tak perlu khawatir karena materialnya bebas dari bahan berbahaya seperti BPA dan PVC.

No.7

WinfunDaisy Spin Rattle 'N Teether000776

Harga referensi
Rp99.900
Agak Mahal

Asyiknya main putar kelopak bunga

Produk ini kami rekomendasikan untuk anak perempuan berusia enam bulan ke atas. Desain bunga daisy dengan lima kelopak warna-warni sangat ideal untuk baby girl. Tiap kelopak memiliki bentuk dan tekstur yang berbeda-beda.


Salah satu kelopak dilengkapi dengan cermin guna melatih bayi mengenali dirinya. Bagian tengahnya dapat ditekan dan mengeluarkan suara cicit. Untuk membuat permainan makin asyik, tempelkan suction cup pada permukaan yang lunak lalu putar kelopaknya.

No.8

Little FriendsWrist and Ankle

Harga referensi
Rp65.400
Agak Murah

Bahan velboa-nya lembut dan nyaman

Rattle gelang tangan dan kaki ini terbuat dari kain velboa yang lembut. Material tersebut merupakan kain berbulu pendek bertekstur halus dan tak mudah rontok. Mainan bayi ini juga sudah berstandar SNI sehingga tak perlu diragukan lagi keamanannya. 


Bila Anda ingin memberikan mainan bertekstur soft dengan kualitas terjamin bagi bayi, jangan ragu untuk memilih produk ini. Dari segi manfaat, rattle ini dapat memberikan stimulasi pada pendengaran dan penglihatan si kecil. Menariknya lagi, produk ini juga mudah dilepas dan dipasang.

No.9

SozzyWrist Rattle and Baby Socks

Harga referensi
Rp72.900
Menengah

Melatih kepekaan sensorik sejak newborn

Bagi Anda yang baru saja dikaruniai buah hati, pertimbangkanlah untuk memilih produk ini untuk bayi newborn Anda. Satu set produk berisi empat pcs rattle yang terdiri dari sepasang kaos kaki dan gelang. Jadi, bayi akan mendengar bunyi mainan saat ia menggerakkan tangan dan kakinya.


Rattle ini dapat membantu menstimulasi kepekaan sensorik penglihatan dan pendengaran bayi. Berbahan kain lembut, produk ini tentu nyaman dipakai. Desainnya yang lucu pun akan membuat si kecil makin menggemaskan saat mengenakan gelang dan kaos kaki rattle ini.

No.10

Catell LoveRattle Teether RT01

Harga referensi
Rp92.500
Menengah

Naik stroller jadi makin seru

Jika Anda menginginkan rattle bayi yang dapat dijadikan mainan gantung, produk ini adalah pilihan yang pas. Rattle berbentuk boneka ini dapat digantungkan pada stroller, car seat, dan box atau tempat tidur bayi. Pada bagian kaki boneka, terdapat aksesori berupa mainan kecil dan cermin. Si kecil tentu jadi makin suka diajak jalan-jalan bersama mainan kesayangan.

Baca juga rekomendasi mainan dan perlengkapan bayi lainnya di sini

Selain rattle bayi, mungkin Anda juga sedang mencari mainan dan perlengkapan lainnya untuk buah hati Anda. Untuk itu, kami telah menyiapkan artikel mengenai mainan dan perlengkapan bayi lainnya yang bisa Anda jadikan referensi. Penasaran apa saja produk rekomendasi pilihan kami? Simak informasi selengkapnya dengan mengeklik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Rattle sering dianggap sebagai mainan pertama bagi bayi. Karena itu, kami menyarankan Anda untuk memilih produk yang paling digemari oleh bayi Anda. Dengan demikian, bayi Anda akan merasa lebih senang saat bermain.

Kami sudah merekomendasikan produk-produk rattle terbaik pilihan kami. Sudahkah Anda menemukan produk yang paling sesuai dengan usia dan perkembangan bayi Anda? Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda. Selamat memilih! 

5 Rekomendasi Rattle Bayi terbaik

No. 1: Dr.Bebe Rattle

No. 2: ImundexHand Rattle Stick

No. 3: PlaygroShake Rattle and Roll Ball

No. 4: Lusty BunnyBaby Gift Set Rattle

No. 5: Sang Buah HatiIQ Angel Peekabo Smart Rattle

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Mainan & aktivitas bayi
  4. 10 Rekomendasi Rattle Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.