10 Rekomendasi Rattle Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Rattle Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Banyak orang tua yang memberikan rattle sebagai mainan pertama bagi bayi mereka. Disebut sebagai rattle karena mainan tersebut mengeluarkan bunyi berdetak atau gemerencing. Terdapat beberapa merek yang dapat Anda pilih, seperti ELC, PlayGro, Oops, dan merek lainnya yang sesuai dengan kesukaan bayi dan orang tua.

Bagi Anda yang sedang mencari hadiah untuk para orang tua yang baru memiliki anak, artikel ini akan sangat bermanfaat karena kami juga memberi tips cara memilih rattle bayi terbaik. Apabila Anda kesulitan mencari produk-produk tersebut di mal atau tempat belanja lain, tidak perlu khawatir karena Anda dapat membelinya di toko online yang kami rujuk. Selamat membaca!

Daftar isi

Apa manfaat rattle bayi?

Apa manfaat rattle bayi?

Sebagai mainan yang berdetak, rattle akan selalu mengeluarkan bunyi jika digoyangkan oleh bayi, bahkan meskipun hanya digoyangkan secara perlahan. Anda sebaiknya memilih rattle yang simpel agar mudah dimainkan oleh bayi. Sebenarnya, apa saja manfaat rattle?

Pada dasarnya, rattle dapat merangsang perkembangan kelima indra pada tubuh. Pertama-tama, indra yang diasah adalah pendengaran dan penglihatan. Pendengaran bayi akan semakin tajam ketika berusaha menyimak bunyi rattle, sedangkan penglihatannya terasah dengan cara memperhatikan warna-warna rattle. Selanjutnya, indra peraba bayi akan terstimulasi saat menyentuh rattle. Indra perasa dan penciuman bayi juga akan semakin tajam jika Anda memiliki rattle yang aman untuk dimasukkan ke mulut, serta memiliki aroma. Rattle juga dapat meningkatkan rasa ingin tahu bayi jika Anda mengajak mereka untuk terus memainkan dan mengeluarkan bunyinya.

Cara memilih rattle bayi

Meskipun rattle memiliki banyak manfaat bagi perkembangan pancaindra bayi, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli suatu produk. Sekarang, kami akan mengulas cara memilih rattle terbaik sehingga aman untuk dimainkan oleh bayi. Dengan demikian, Anda pun terbebas dari rasa khawatir.

Pertama, mari kita perhatikan jenis material yang digunakan

Secara umum, terdapat tiga jenis material yang digunakan untuk membuat rattle. Apabila Anda telah memilih jenis material, akan lebih mudah untuk memilih rattle yang ingin dibeli.

Rattle dari plastik dan resin: ringan serta mudah dibersihkan

Rattle dari plastik dan resin: ringan serta mudah dibersihkan

Keistimewaan dari rattle yang terbuat dari plastik dan resin adalah ringan dan mudah dibersihkan. Di samping itu, suara yang dihasilkan tidak terlalu kencang sehingga tidak akan menyakiti telinga. Akan lebih baik jika Anda memilih rattle berbahan dasar plastik yang tidak bercat, tetapi memiliki warna-warna cerah. Dengan demikian, tidak ada risiko masuknya cat pewarna ke tubuh bayi.

Rattle berbahan dasar kain: tidak terasa sakit meskipun mengenai kepala bayi

Rattle berbahan dasar kain: tidak terasa sakit meskipun mengenai kepala bayi

Material kain amat ringan. Jadi, jika bayi tanpa sengaja menjatuhkannya atau melempar ke orang lain, tidak akan terasa sakit. Selain itu, rattle yang terbuat dari kain biasanya ditambahkan kerincing. Pada saat digoyang, bunyi kerincing akan terdengar lembut dan tidak mengganggu anggota keluarga lain yang ada di rumah, bahkan jika digoyang dengan sangat kuat. Keuntungan lainnya adalah Anda dapat mencuci rattle ini sehingga tidak repot untuk dibersihkan.

Rattle yang terbuat dari kayu: memiliki bunyi dan desain yang elegan

Rattle yang terbuat dari kayu: memiliki bunyi dan desain yang elegan 

Rattle kayu akan mengeluarkan bunyi yang tenang dan klasik sehingga tidak membuat suasana rumah menjadi bising. Anda bahkan dapat memanfaatkannya sebagai pendukung interior rumah karena rattle kayu biasanya memiliki desain yang lucu dan menarik. Sayangnya, banyak rattle kayu yang diwarnai dengan cat sehingga berbahaya jika tanpa sengaja terjilat oleh bayi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memeriksa spesifikasi produknya. Pastikan bahwa rattle tersebut terbuat dari kayu dan cat berkualitas tinggi yang aman bagi bayi.

Periksalah keamanan materialnya karena bayi biasanya memasukkan rattle ke dalam mulut

Sebagian besar bayi awalnya lebih tertarik untuk memasukkan rattle ke dalam mulut mereka dibandingkan memainkannya atau mengguncangkannya. Bayi yang usianya sudah lebih besar umumnya merasa penasaran dengan mainannya sehingga mereka menjilat dan mengemut mainan tersebut. Oleh karena itu, pastikan bahwa produk tersebut aman untuk bayi. Ingatlah untuk selalu memeriksa detail material rattle tersebut.

Apakah produk tersebut memiliki standar keamanan?

Apakah produk tersebut memiliki standar keamanan?

Standar keamanan tidak hanya dibutuhkan untuk mainan bayi, tetapi juga mainan anak. Misalnya, kode untuk standar keamanan mainan di Jepang adalah ST dan sekitar 70% dari mainan yang dijual di Jepang telah memiliki kode tersebut. Artinya, mainan-mainan tersebut telah lolos uji keamanan mekanis, keamanan ilmiah, dan tidak mudah terbakar. Produk yang memiliki kode ST memiliki perawatan yang lebih mudah, bahkan dinilai aman dalam keadaan darurat. Jadi, periksalah produk yang hendak Anda beli.

Untuk produk mancanegara, kode keamanan yang digunakan adalah CE yang telah disetujui oleh negara-negara Eropa (EU). Pada awalnya, negara-negara anggota EU menetapkan suatu standar yang harus dipenuhi oleh produk mainan anak. Kode yang digunakan adalah CE. Oleh karena itu, produk yang memiliki kode CE dianggap lebih tepercaya.

Selain Jepang dan Eropa, Indonesia juga memiliki kode keamanan untuk menandakan produk yang aman bagi bayi dan anak. Kode tersebut adalah SNI. Dengan menggunakan mainan yang berkode SNI, bayi Anda akan aman dari risiko tersedak dan tersayat. Cat dan materi yang digunakan oleh produk dengan kode SNI juga terjamin aman dan tidak berbahaya bagi bayi. Dengan alasan demikian, sebaiknya Anda membeli rattle bayi yang memiliki kode ST, CE, atau SNI.

Pilihlah produk yang lolos uji food grade agar Anda merasa lebih aman

Pilihlah produk yang lolos uji food grade agar Anda merasa lebih aman

Di samping kode ST, CE, atau SNI, Anda juga sebaiknya memperhatikan apakah rattle yang Anda pilih telah lolos uji food grade. Bayi biasanya memasukkan mainan ke mulut mereka untuk dijilat atau diemut. Anda akan merasa lebih tenang jika memilih mainan yang telah lolos uji food grade bagi bayi di rumah.

Bayi memiliki kebiasaan melempar barang. Jadi, sebaiknya Anda memilih rattle yang ringan

Bayi memiliki kebiasaan melempar barang. Jadi, sebaiknya Anda memilih rattle yang ringan

Anda sebaiknya memilih rattle yang mudah digenggam agar bayi merasa lebih nyaman pada saat bermain. Selain dimainkan, rattle juga terkadang dilempar-lempar oleh bayi. Untuk itu, rattle yang ringan dan tahan lama akan lebih ideal, serta tidak berbahaya jika dilempar.

Bobot rattle yang cocok untuk dimainkan oleh bayi adalah sekitar 100 gram. Apabila dilempar oleh bayi dan mengenai orang lain, rattle seberat 100 gram tidak akan menimbulkan luka yang serius. Oleh karena bobot turut memengaruhi keamanan rattle, maka pastikan Anda selalu memeriksa aspek tersebut.

Setiap rattle memiliki target usia tertentu, pastikan Anda mengecek aspek tersebut

Setiap rattle memiliki target usia tertentu, pastikan Anda mengecek aspek tersebut

Rattle bayi memiliki bentuk, fungsi, dan target usia yang beragam. Beberapa rattle ditujukan untuk bayi yang baru lahir hingga berusia 3 bulan. Untuk rattle yang memiliki fungsi dalam menstimulasi pertumbuhan gigi, target usia yang dituju biasanya di atas 3 bulan. Meskipun banyak produk yang mencantumkan target usia dari rattle tersebut, tetapi umumnya tidak dituliskan mengenai batas usia maksimum.

Secara umum, bayi tidak lagi tertarik dengan rattle ketika berusia 2 tahun. Namun, setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda, termasuk fase-fase yang mereka lalui dalam bermain rattle. Oleh karena itu, produsen tidak berani menentukan batas usia maksimal dari target produk mereka. Akan tetapi, ketika gigi bayi mulai bertumbuh dan mereka mulai semakin terampil mengunyah, rattle yang terbuat dari bahan lembut seperti silikon akan mudah tergigit. Hal tersebut tentu berbahaya. Jadi, ingatlah selalu untuk turut memperhatikan tahap perkembangan bayi Anda sebelum membeli suatu produk.

Pilihlah rattle yang mudah dibersihkan

Pilihlah rattle yang mudah dibersihkan

Seperti yang telah kami tuliskan di atas, bayi umumnya akan memasukkan rattle ke dalam mulut, serta menjilat dan menggigitnya. Dengan alasan demikian, Anda sebaiknya memilih rattle yang mudah dibersihkan. Akan sangat merepotkan jika Anda membeli rattle yang memiliki banyak fungsi, tetapi sulit dibersihkan.

Rattle yang dapat dicuci dengan air akan sangat mempermudah Anda, terlebih jika produk tersebut memiliki desain simpel yang mudah kering. Anda juga dapat memilih rattle yang terbuat dari kain agar dapat dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Apabila dibutuhkan, pilihlah produk yang dapat dicuci setiap hari sehingga selalu bersih.

10 Rekomendasi rattle bayi terbaik

Sekarang, kami akan memberikan rekomendasi rattle terbaik bagi Anda. Perhatikan spesifikasi dari setiap produk agar Anda dapat memilih yang paling sesuai bagi bayi di rumah. Mari kita mulai!

10. Oops Easy-Sound! – Jerry

10. Oops Easy-Sound! – Jerry

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 75.000

Warnanya yang cerah dan karakter lucunya akan disukai oleh bayi Anda

Rattle ini terbuat dari bahan kayu yang halus dan lembut sehingga aman untuk bayi. Bentuknya yang menyerupai kucing dan warnanya yang cerah akan menarik minat bayi Anda. Apabila bayi Anda telah berusia minimal 6 bulan, Anda dapat memberikan mainan ini untuknya.

Anda dapat mengajak bayi untuk menggoyangkan mainan ini hingga mengeluarkan bunyi. Dengan demikian, bayi akan belajar mengenai sebab-akibat. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan mainan ini untuk memperkenalkan anggota tubuh hewan dan membedakannya dengan anggota tubuh manusia. Pasti terasa seru!

9. Little Giant LG 1394 Chime Rattle

9. Little Giant LG 1394 Chime Rattle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 60.000

Bahan plastik yang BPA free, simpel, dan mudah dibersihkan

Selanjutnya adalah chime rattle produksi Little Giant. Chime ini terbuat dari bahan plastik dan memiliki desain simpel sehingga mudah dibersihkan. Anda cukup mengelap dengan menggunakan kain basah untuk membersihkannya. Selain praktis, produk ini telah memiliki jaminan BPA free, maka akan aman jika bayi memasukkannya ke dalam mulut.

Keunggulan lain dari rattle ini adalah bagian pegangannya memiliki tekstur yang baik bagi perkembangan motorik halus anak. Perkembangan indra peraba bayi Anda akan terstimulasi berkat mainan ini. Anda dapat memberikan mainan ini untuk bayi yang baru lahir hingga berusia 24 bulan. Bayi Anda pasti akan menyukai chime rattle berwarna cerah ini!

8. Angel Dear Dark Monkey Ring Rattle

8. Angel Dear Dark Monkey Ring Rattle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 79.000

Begitu lembut sehingga cocok untuk bayi yang baru lahir

Rattle dengan ornamen kepala monyet lucu ini terbuat dari bahan yang sangat lembut. Oleh karena kelembutannya, mainan ini aman untuk bayi yang baru saja lahir. Selain sebagai rattle, Anda juga dapat memanfaatkan boneka kepala monyet di produk ini untuk bermain peran. Ajaklah bayi Anda untuk berpura-pura berkomunikasi dengan boneka monyetnya. Anda dapat turut melatih kemampuannya dalam berkomunikasi.

Di samping itu, dengan bentuk yang menyerupai cincin besar, mainan ini mudah digenggam oleh bayi. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai kebersihan dari produk ini karena mainan ini dapat dicuci. Jadi, Anda dapat dengan tenang membiarkan bayi bermain gembira.

7. Sophie La Girafe® 2 Balls Rattle

7. Sophie La Girafe® 2 Balls Rattle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 149.000

Motorik halus bayi dapat terasah dengan cara memutar kerincing pada produk ini

Meskipun simpel, rattle ini dapat meningkatkan semangat bayi Anda. Produk ini memiliki dua kerincing yang akan berbunyi pada saat digoyangkan. Selain itu, bayi Anda juga dapat memutar-mutar kerincing tersebut. Kegiatan memutar kerincing dengan menggunakan jari tangan dapat membantu mengasah motorik halus bayi.

Didukung dengan kombinasi warna cerah dan model handle yang mudah digenggam, mainan ini dapat menjadi teman yang menyenangkan bagi bayi. Mereka akan antusias menyaksikan gerakan memutar dari gambar kepala jerapah di kerincing, disertai pula dengan bunyi yang terdengar ceria.

6. Happy Monkey Rattle Stick Teether – Giraffe

6. Happy Monkey Rattle Stick Teether - Giraffe

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 44.900

Dilengkapi dengan teether pada bagian kaki untuk pertumbuhan gigi bayi

Sesuai dengan namanya, rattle dari kain ini berbentuk seperti tongkat kecil yang akan memudahkan bayi dalam menggenggam. Bagian kakinya dirancang khusus agar dapat digunakan sebagai teether. Di bagian dalam mainan ini terdapat kerincing yang akan berbunyi pada saat digoyangkan.

Sebagai fitur tambahan, bayi Anda dapat menyentuh dan menggesek-gesek bagian telinga jerapah di mainan ini. Bagian tersebut terbuat dari bahan dengan tekstur berbeda yang akan mengeluarkan bunyi gemeresik ketika digosok-gosok. Motif jerapah ini hanya salah satu dari beberapa pilihan motif yang ada. Setiap motif memiliki fitur tambahan yang berbeda-beda. Anda dapat memilih motif favorit yang akan disukai bayi.

5. FunTime Rattle Ball

5. FunTime Rattle Ball

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 89.000

Fase merangkak bayi Anda akan semakin seru dengan bola ini!

Bayi yang sudah mulai merangkak pada umumnya senang mengejar bola yang sedang menggelinding. Terlebih jika bola tersebut memiliki warna yang cerah dan dapat mengeluarkan bunyi. Aktivitas merangkak mereka pasti akan terasa semakin seru. Oleh sebab itu, produk ini dapat menjadi teman bermain yang menyenangkan bagi bayi Anda.

Rattle berbentuk bola ini terbuat dari bahan plastik yang empuk, serta dirancang agar tidak memiliki sudut sehingga aman bagi bayi. Mainan ini bahkan telah diberi kode CE, maka keamanannya telah terjamin. Di bagian dalamnya terdapat kerincing yang akan berbunyi jika digoyang atau ketika sedang menggelinding. Mainan ini cocok dihadiahkan kepada orang tua yang bayinya telah berusia 6 bulan atau lebih.

4. Playgro Twisting Barbell Rattle

4. Playgro Twisting Barbell Rattle

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 65.000

“Lihat Ma, kepala sapinya berputar-putar!”

Dengan bentuk yang menyerupai barbel kecil, rattle ini akan lebih mudah digenggam oleh bayi. Terdapat bagian transparan yang di dalamnya berisi mainan bergambar kepala sapi. Apabila rattle digoyang, kepala sapi di dalamnya akan ikut berputar-putar. Bayi Anda pasti menyukainya terutama dengan adanya bunyi dari gerakan bola-bola kecil di dalamnya.

Selanjutnya, di bagian luar terdapat dua cincin kecil dengan tekstur yang berbeda. Bagian tersebut juga akan menjadi mainan yang seru dan dapat menstimulasi indra peraba bayi. Bagaimana dengan bola berbentuk seperti matahari? Bola tersebut dapat diputar oleh anak dan juga dapat dimanfaatkan untuk menstimulasi pertumbuhan gigi.

3. Sophie La Girafe ® Multi-textured Rattle

3. Sophie La Girafe ® Multi-textured Rattle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Bayi akan belajar banyak hal baru melalui tekstur, warna, dan bentuk geometri yang beragam

Kepala jerapah di rattle ini tentu akan menarik bagi bayi. Tidak itu saja, produk ini juga mudah dan nyaman untuk digenggam. Pada saat menggenggam mainan ini, bayi akan merasakan tekstur yang berbeda di setiap sisinya. Hasilnya, bayi akan lebih mudah belajar hal baru melalui macam-macam tekstur yang disentuhnya.

Selain keunikan tekstur, produk ini juga dilengkapi dengan empat bentuk geometri dengan warna yang berbeda-beda. Anda dapat memanfaatkan bagian tersebut untuk mengajarkan anak tentang bentuk geometri dan warna dasar. Mainan ini akan menjadi sarana bermain dan belajar yang menyenangkan bagi bayi Anda.

2. ELC Rattle Set

2. ELC Rattle Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 149.000

Anda bahkan dapat memanfaatkannya menjadi puzzle

Pada saat membeli produk ini, Anda tidak hanya mendapat satu, melainkan tiga rattle yang dapat digabungkan menjadi bentuk lingkaran. Jadi, ketika bayi Anda sudah semakin besar, mainan ini dapat tetap digunakan untuk memperkenalkan anak cara bermain puzzle. Tentu hal ini sangat praktis dan menguntungkan.

Setiap bagian dari produk ini memiliki handle dengan warna dan tekstur yang berbeda. Terlebih lagi, bagian dalamnya diisi dengan bola berwarna-warni dengan ukuran yang berbeda di masing-masing rattle. Dengan demikian, bunyi yang keluar dari setiap rattle juga akan berbeda-beda. Perkembangan visual. indra peraba, dan pendengaran bayi Anda sungguh akan terstimulasi oleh mainan ini.

1. Playgro Click and Twist Rattle

1. Playgro Click and Twist Rattle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 105.000

Bentuknya akan berubah-ubah sesuai tarikan tangan bayi

Selanjutnya, pada peringkat pertama terdapat rattle produksi Playgro yang akan membuat bayi Anda betah bermain dalam waktu cukup lama. Produk ini dirancang agar bentuknya dapat berubah-ubah sesuai tarikan tangan bayi. Ketika berubah bentuk, mainan ini akan mengeluarkan bunyi click clack. Bayi akan semakin penasaran dengan bentuknya yang berubah-ubah sehingga dapat melatih kekuatan tangan bayi.

Bukan hanya bunyi click clack, rattle ini juga diisi dengan bola-bola kecil yang tentu akan menghasilkan bunyi lembut pada saat digoyangkan. Selain itu, terdapat bagian bertekstur yang dapat merangsang perkembangan indra peraba bayi Anda. Untuk membantu pertumbuhan gigi bayi, rattle ini juga dapat dimanfaatkan sebagai teether. Anda dapat menyediakan mainan ini sejak bayi berusia 3 bulan.

Kesimpulan

Rattle sering dianggap sebagai mainan pertama bayi. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk memilih produk yang paling digemari oleh bayi dan Anda sebagai orang tua. Dengan demikian, bayi Anda akan lebih bergembira pada saat bermain.

Selain menyenangkan, rattle juga dapat memberi stimulasi bagi indra bayi. Pastikan bahwa Anda memilih dengan tepat sesuai dengan tips-tips yang kami berikan pada bagian cara memilih. Semoga Anda dapat menemukan rattle favorit di antara sepuluh rekomendasi produk yang kami berikan. Selamat memilih!