1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan badan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi T-Shaped Razor Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi T-Shaped Razor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi T-Shaped Razor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi T-Shaped Razor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi T-Shaped Razor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi T-Shaped Razor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi T-Shaped Razor Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Anda pasti familier dengan razor bentuk T. Razor jenis ini banyak digunakan karena penggunaannya mudah dan harganya pun terjangkau. Anda dapat menemukan berbagai merek pisau cukur bentuk T di pasaran. Ada Gillette, Philips, dan merek lainnya.


Razor dengan mata silet paling tajam tentu banyak dicari. Karena itu, kami akan membahas mengenai cara memilih pisau cukur terbaik yang berbentuk T. Kami juga menyertakan rekomendasi pisau cukur terbaik beserta tips cara mencukur yang benar di akhir artikel. Yuk, baca artikel ini dan dapatkan alat cukur kumis manual ataupun elektrik yang bagus.

Diperbaharui 09-29-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Noni Rosliyani

Noni Rosliyani, akrab disapa Noni, adalah lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang sudah aktif menulis sejak masa sekolah. Pengalamannya menjadi editor profesional untuk buku anak dan parenting selama 14 tahun membuatnya tertarik menjadi pegiat Read Aloud Trainer. Sesekali, ia membagikan pengalaman dunia family dan parenting-nya di blog pribadinya. Di waktu senggangnya, Noni menikmati aktivitas bersama keluarganya, seperti memasak, menonton film, atau traveling. Ia percaya bahwa kesehatan jiwa dan raga keluarga serta dirinya adalah yang utama. Jadi, supaya hidupnya lebih bersemangat, Noni pun gemar mencari tahu buku best seller, fashion terkini, skincare terbaru, atau snack terpopuler yang harus dicobanya.

Profil Noni Rosliyani
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Keunggulan T-shaped razor atau alat cukur bentuk T

Keunggulan T-shaped razor atau alat cukur bentuk T

Ada beberapa bentuk alat cukur, salah satunya adalah alat cukur berbentuk T atau T-shaped razor. Meski ada model alat cukur elektrik yang bisa mencukur bulu dan rambut dengan cepat, T-shaped razor tetap banyak diminati. Alat cukur bentuk T ini dapat mencukur janggut, kumis, bulu ketiak, bulu kaki, bahkan bulu kemaluan.


Keunggulan T-shaped razor adalah memberikan hasil cukuran pendek dan tidak meninggalkan sisa bulu yang terasa tajam saat diraba. Akan tetapi, saat mencukur menggunakan T-shaped razor, ada kemungkinan terjadi kontak langsung antara mata pisau dengan kulit. Hal ini bisa mengakibatkan kulit Anda teriritasi.


Untungnya saat ini beberapa produsen sudah membuat produk yang dilengkapi dengan pelicin dan moisturizer di area kepala cukurnya. Jadi, Anda bisa mencukur bulu dengan aman dan nyaman menggunakan alat cukur berbentuk T.

Cara memilih T-shaped razor

Ketika memilih razor bentuk T, Anda perlu memperhatikan kemudahan dan kualitasnya dalam membersihkan bulu. Simak poin-poin di bawah ini untuk penjelasan lebih lengkap.

① Cari tahu jumlah mata siletnya

Cari tahu jumlah mata siletnya

Jumlah mata silet pada razor berbentuk T berbeda-beda, mulai dari satu buah hingga enam buah. Jumlah silet ini akan memengaruhi hasil cukuran. Pada dasarnya, makin banyak jumlah mata silet yang digunakan, makin sedikit pula sapuan yang perlu Anda lakukan.


Karena Anda hanya perlu melakukan sedikit sapuan, risiko gesekan pisau cukur di kulit bisa diminimalkan. Jadi, jika Anda ingin mencegah kerusakan kulit akibat bercukur, gunakan shaver berbentuk T yang mempunyai 5–6 silet. Selain itu, razor dengan jumlah silet yang banyak juga direkomendasikan untuk Anda yang berbulu lebat dan tebal.


Sementara itu, Anda yang berbulu tipis dapat menggunakan razor dengan 2–3 silet. Razor dengan jumlah silet yang sedikit biasanya memiliki kepala yang compact sehingga lebih mudah diarahkan. Bulu di bagian yang sulit dijangkau pun dapat dicukur dengan lebih mudah.

② Perhatikan apakah jenisnya sekali pakai atau isi ulang

Perhatikan apakah jenisnya sekali pakai atau isi ulang

Razor berbentuk T ada dua macam, yaitu isi ulang dan sekali pakai. Dalam hal ini, Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan.


  • Razor isi ulang

Alat cukur isi ulang memiliki kepala cukur atau cartridge yang bisa diganti ketika mata pisau mulai tumpul. Kisaran harga alat cukur isi ulang relatif tinggi. Tentu saja harga tinggi tersebut diimbangi kualitas mata pisau yang baik, gagang yang nyaman dipegang, dan desain yang kokoh.


  • Razor sekali pakai

Razor jenis sekali pakai harus langsung dibuang ketika produk tidak bisa lagi digunakan atau kotor dan tumpul. Harganya lebih ekonomis dan bobotnya ringan. Namun, jumlah siletnya hanya sedikit dan tidak ada fungsi unik lain yang ditawarkan layaknya shaver jenis isi ulang.


Jika Anda ingin menggunakannya di rumah untuk sehari-hari, Anda dapat membeli razor berbentuk T jenis isi ulang. Akan tetapi, apabila Anda ingin membawanya untuk bepergian, jenis sekali pakai lebih direkomendasikan. 

③ Pertimbangkan produk dengan kepala yang fleksibel

Pertimbangkan produk dengan kepala yang fleksibel

Jika ingin mencukur area dagu, leher, atau permukaan tak rata lainnya, razor berbentuk T yang kepalanya fleksibel lebih membantu. Gerakan kepala razor nan fleksibel akan mengikuti kontur area yang ingin dicukur sehingga bisa mengurangi risiko kulit terluka.


Razor ini juga akan memudahkan Anda mencukur bulu pada lutut, area pergelangan kaki, mata kaki, dan siku. Alhasil, kegiatan mencukur jadi lebih menyenangkan tanpa perlu takut tergores mata pisau.

④ Tentukan berdasarkan modelnya

Tentukan berdasarkan modelnya

Razor berbentuk T tersedia dalam dua model, yaitu manual dan elektrik. Pilihan kedua model ini tergantung pada kepraktisan yang ingin Anda dapatkan.


  • Model manual

Razor manual lebih mudah dikontrol sesuai kekuatan tangan Anda. Namun, razor model manual terkadang susah dikendalikan ketika digunakan di area tubuh tertentu sehingga tidak jarang kulit menjadi terluka.


  • Model elektrik

Razor elektrik membutuhkan baterai atau harus diisi daya agar dapat digunakan. Razor elektrik dapat mencukur dengan getaran stabil sehingga cukurannya lebih dalam dan smooth. Kekurangannya adalah harganya lebih mahal dibandingkan model manual. Selain itu, electric razor cenderung lebih susah digunakan bagi orang yang tidak terbiasa memakainya.

⑤ Usahakan mencari produk yang dilengkapi pelicin

Usahakan mencari produk yang dilengkapi pelicin

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa razor bentuk T memungkinkan kontak langsung antara mata silet dengan kulit. Kulit Anda pun lebih rentan tergores atau iritasi. Dalam hal ini, Anda dapat mencari alat cukur yang dilengkapi dengan pelicin.


Pelicin razor terletak di setrip bagian atas mata silet. Pelicin ini bekerja dengan cara mengeluarkan lubricant saat pisau digesekkan atau dibasahi. Jadi, kulit Anda akan lebih lembap dan minim iritasi. Bahan yang digunakan untuk pelicin razor biasanya ekstrak herbal, Aloe vera, atau vitamin E. Setiap gesekan dari mata pisau cukur, pelicin akan menutrisi kulit supaya tidak terjadi iritasi.

10 Rekomendasi T-shaped razor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk T-shaped razor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Procter & Gamble

Gillette Vector Razor

Procter & Gamble Gillette Vector Razor 1枚目

Mudah mencukur di berbagai permukaan kulit

2

Procter & Gamble

Gillette for Women Daisy Plus 2 Razor

Procter & Gamble Gillette for Women Daisy Plus 2 Razor  1枚目

Moisture smooth strip untuk kelembapan di area cukur

3

Olaif

Triple Blade Women's Shaver

Olaif Triple Blade Women's Shaver 1枚目

Aman dan nyaman untuk kulit sensitif Anda

4

Senus

Body Trimmer Groom Shaver

Senus Body Trimmer Groom Shaver 1枚目

Satu alat untuk mencukur berbagai rambut

5

Philips

Body Groomer

Philips Body Groomer 1枚目

Mencukur hingga 0,5 mm tanpa melukai kulit!

6

Bagus

Yamazaki Max Pro

Bagus Yamazaki Max Pro  1枚目

Mata silet lebih tajam buatan Swedia

7

Bulu Kits

Alat Cukur 5 Mata Pisau

Bulu Kits Alat Cukur 5 Mata Pisau 1枚目

Gagang cukur yang kokoh dan nyaman digenggam

8

Schick

Hydro Silk Moisture Care Razor

Schick Hydro Silk Moisture Care Razor 1枚目

Kulit tetap lembap hingga 2 jam meski habis bercukur

9

OneMed

Pisau Cukur Ultra Shave Triple Blade

OneMed Pisau Cukur Ultra Shave Triple Blade 1枚目

Cegah iritasi dengan ultra shave, perpaduan vitamin E dan Aloe vera

10

Schick

Hydro Sense Comfort

Schick Hydro Sense Comfort 1枚目

Teknologi unik shock absorb yang mengikuti cara Anda bercukur

Perincian produk
Close
No.1

Procter & GambleGillette Vector Razor

Mulai dari Rp20.900,00

Mudah mencukur di berbagai permukaan kulit

Kelebihan:

  • Kepala cukuran fleksibel
  • Terdapat setrip pelicin berbahan Aloe vera untuk mencegah kulit iritasi

Kekurangan:

  • Hanya memiliki dua mata silet sehingga kurang cocok untuk bulu yang lebat

Gillette Vector Razor dengan dua silet dapat mencukur kumis atau jenggot Anda secara cepat. Bagian kepala yang fleksibel dapat bergerak sesuai lekuk permukaan tubuh atau wajah Anda. Sangat memudahkan!


Meski dibanderol dengan harga yang terjangkau, Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya. Produk ini menawarkan fitur lain berupa setrip pelicin yang aktif saat basah supaya kulit tidak iritasi. Shaver ini adalah produk yang pas untuk anak remaja yang baru mulai belajar mencukur. Harga terjangkau dan gampang digunakan.

No.2

Procter & GambleGillette for Women Daisy Plus 2 Razor

Mulai dari Rp17.700,00

Moisture smooth strip untuk kelembapan di area cukur

Kelebihan:

  • Desainnya disesuaikan dengan lekuk tubuh perempuan
  • Terdapat pelicin di setripnya untuk meminimalkan iritasi

Kekurangan:

  • Lebih cocok dipakai wanita

Daisy Plus Razor dari Gillette ini dibuat khusus untuk wanita. Meski termasuk jenis sekali pakai, grip-nya nyaman digenggam. Untuk kenyamanan ekstra, shaver ini dilengkapi dengan moisture smooth strip untuk memberi kelembapan pada area yang dicukur. Produk ini cocok untuk wanita yang ingin mencukur rambut halus di tubuhnya dengan aman.

No.3

OlaifTriple Blade Women's Shaver

Mulai dari Rp18.000,00

Aman dan nyaman untuk kulit sensitif Anda

Kelebihan:

  • Cocok untuk mencukur bulu halus wanita
  • Pelicin pada kepala cukuran bisa menutrisi folikel kulit

Kekurangan:

  • Mata silet hanya tiga sehingga kurang cocok untuk mencukur bulu tebal

Bagi para wanita yang memiliki kulit sensitif, alat cukur ini kami rekomendasikan untuk Anda. Olaif mendesain alat cukur khusus wanita dengan tiga mata pisau di kepala cukuran yang fleksibel, bisa digerakkan. Setrip di kepala cukurannya dibuat secara khusus untuk kulit sensitif. Jadi, mencukur bulu dengan mata silet tiga buah pun Anda tak perlu khawatir kulit akan tergores atau iritasi.

No.4

SenusBody Trimmer Groom Shaver

Mulai dari Rp492.000,00

Satu alat untuk mencukur berbagai rambut

Kelebihan:

  • Portable dan hanya butuh diisi daya dengan USB charge
  • Tahan air (IPX6) dan bisa dicuci
  • Kepala cukuran bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan

Kekurangan:

  • Jumlah mata silet hanya satu

Anda sedang mencari T-shaped razor yang bisa digunakan untuk berbagai jenis bulu? Produk ini adalah pilihan tepat yang bisa dipertimbangkan. Senus adalah alat cukur elektrik yang baterainya dapat diisi ulang menggunakan USB charge


Kepala cukurannya bisa dilepas dan diganti kepala model lainnya tergantung jenis bulu, contohnya bulu alis. Tak kalah menariknya adalah alat cukur portable ini tahan air. Jadi, Anda bisa mencucinya setiap selesai mencukur, lalu menyimpannya dalam keadaan bersih dan kering.

No.5

PhilipsBody GroomerBG1024/16

Mulai dari Rp479.900,00

Mencukur hingga 0,5 mm tanpa melukai kulit!

Kelebihan:
  • Pisau cukurnya dua arah sehingga memudahkan saat mencukur
  • Terdapat sisir pelindung untuk melindungi kulit saat mencukur
  • Bisa digunakan saat basah atau kering

Kekurangan:

  • Harus menggunakan satu baterai AA 

Shaver bentuk T ini mampu memberikan perlindungan ekstra, bahkan hingga area sensitif sekalipun. Semua ini berkat pisau yang dilengkapi dengan sisir sehingga dapat mencukur hingga 0,5 mm tanpa mengenai permukaan kulit. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut kulit tergores oleh pisau cukur.


Shaver elektrik ini dilengkapi dengan baterai AA yang dapat bertahan hingga dua bulan pemakaian. Di pihak lain, desain kepalanya compact. Hal tersebut membuat produk ini cocok digunakan oleh pria yang ingin mencukur area sensitif dan tersembunyi dengan aman.

No.6

BagusYamazaki Max Pro

Mulai dari Rp40.000,00

Mata silet lebih tajam buatan Swedia

Kelebihan:

  • Mata silet buatan Swedia yang diklaim lebih tajam
  • Kepala fleksibel mengikuti arah cukuran
  • Gagang berbahan rubber yang antiselip

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mengeluhkan pisau yang rusak saat proses pengiriman

Meski hanya memiliki tiga buah mata silet, produk ini bisa mencukur bulu dengan cepat dan bersih. Mata silet buatan Swedia yang digunakan pada produk ini diklaim lebih tajam. Hasil cukuran pun akan lebih maksimal tanpa perlu berkali-kali tarikan yang bisa menimbulkan iritasi. Tambahan lagi, kepala cukuran ini didesain supaya bisa bergerak agar bulu di lekukan kulit dapat dicukur dengan mudah.

No.7

Bulu KitsAlat Cukur 5 Mata Pisau

Mulai dari Rp165.000,00

Gagang cukur yang kokoh dan nyaman digenggam

Kelebihan:

  • Terdapat lima mata silet stainless 
  • Kepala cukuran bisa bergerak menyesuaikan dengan kontur wajah (maksimal 45°) sehingga bisa mencukur lebih cepat dan bersih

Kekurangan:

  • Tidak ada keterangan tentang bahan pelicin sehingga tidak bisa dipastikan kecocokannya untuk kulit sensitif

Produk lokal yang satu ini memiliki lima mata pisau sehingga cocok digunakan oleh Anda yang memiliki bulu tebal. Tak kalah menariknya adalah bagian gagang berbahan rubber dengan krom metalik. 


Gagangnya kokoh, kuat, serta antiselip. Anda pun bisa mencukur bulu yang tebal dengan cepat dalam satu tarikan halus. Tambahan lagi, setiap satu buah kepala cukur direkomendasikan untuk 8–12 kali pemakaian. Setelah itu, ganti dengan kepala cukur yang baru, ya.

No.8

SchickHydro Silk Moisture Care Razor

Mulai dari Rp152.800,00

Kulit tetap lembap hingga 2 jam meski habis bercukur

Kelebihan:
  • Sudah teruji secara dermatologis
  • Memiliki pelicin berbahan shea butter
  • Bagian pegangan didesain dengan grip supaya tidak licin

Kekurangan:

  • Kepala tidak fleksibel

Produk ini memiliki keunikan pada bagian kepalanya. Di mana terdapat Hydra-Boost serum yang telah terbukti secara klinis dapat memberikan efek hidrasi hingga dua jam setelah bercukur. Hasilnya, kulit akan tetap lembap dan lembut.


Selain itu, fungsi 5 Curve-Sensing blade memungkinkan Anda untuk mendekatkan mata pisau sedekat mungkin dengan kulit. Jadi, bulu yang halus dan pendek pun juga dapat tercukur dengan baik. Untuk itu, produk ini ditujukan untuk wanita yang ingin tampil lebih percaya diri saat memakai bikini.
No.9

OneMedPisau Cukur Ultra Shave Triple Blade

Mulai dari Rp12.000,00

Cegah iritasi dengan ultra shave, perpaduan vitamin E dan Aloe vera

Kelebihan:

  • Pembelian satu pack isi lima, lebih ekonomis
  • Kepala fleksibel mengikuti arah cukuran

Kekurangan:

  • Hanya memiliki tiga mata silet sehingga kurang cocok untuk bulu yang lebat

Alat cukur manual dari OneMed ini didesain secara khusus untuk mencegah iritasi pada kulit Anda. Bagian pelicin di kepala cukurannya dibuat ultra shave dengan perpaduan vitamin E dan Aloe vera.


Didukung dengan kepala cukuran yang fleksibel menyesuaikan arah cukuran, Anda akan nyaman karena kulit tetap terlindungi dari iritasi. Selain itu, T-razor ini juga lebih ekonomis, lho. Setiap pembelian satu pak dengan harga terjangkau, Anda akan mendapatkan lima buah pisau cukur sekaligus!

No.10

SchickHydro Sense Comfort

Mulai dari Rp99.000,00

Teknologi unik shock absorb yang mengikuti cara Anda bercukur

Kelebihan:

  • Terdapat pelicin berbahan ekstrak herbal untuk mencegah iritasi
  • Terdapat fitur shock absorbing yang dapat menyesuaikan gerakan cukuran
  • Memiliki lima mata silet

Kekurangan:

  • Anda harus menarik bagian gel terlebih dahulu jika ingin melakukan trimmer

Hadir dengan teknologi unik shock absorb, shaver bentuk T ini mampu menyesuaikan kepalanya secara otomatis sesuai cara bercukur Anda. Kepalanya akan mundur ketika ditekan dan kembali ke bentuk semula ketika tidak lagi ditekan. Selain itu, bagian handle-nya bisa bergerak beberapa derajat sehingga makin memudahkan Anda saat mencukur.


Apabila Anda mencari kemudahan dalam mencukur, pertimbangkan produk ini. Tambahan lagi, mata pisaunya memiliki lima ultra glide dan tujuh hydrating gel pools yang memberikan kelembapan setiap kali bercukur. Iritasi kulit pun bisa dihindari.

Cara bercukur yang benar

Cara bercukur yang benar

Cara menggunakan razor bentuk T sangat penting diketahui agar Anda bisa mencukur lebih dalam tanpa iritasi. Pertama, gerakkan razor mengikuti arah tumbuh bulu. Setelah itu, gerakkan shaver berlawanan dengan arah bulu untuk menghilangkan bulu-bulu pendek yang tersisa. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa sakit ketika bercukur dan hasilnya pun optimal.


Sebelum mencukur jenggot, sebaiknya basahi area tersebut terlebih dahulu dengan air dan bubuhi kulit dengan shaving foam. Setelah selesai mencukur, bilas wajah dengan air dan lembapkan area yang dicukur dengan pelembap atau losion. Menjaga kulit sesudah terkena pisau cukur akan mengurangi risiko iritasi dan mencegah kulit menjadi kasar akibat bercukur. 

Cara merawat T-shaped razor agar tetap tajam

Setelah digunakan, jaga pisau cukur tetap tajam dengan perawatan yang benar. Pisau cukur nan tajam dapat membantu Anda bercukur setiap hari dengan hasil memuaskan.

Keringkan segera setelah dicuci dan asah setelah dipakai

Keringkan segera setelah dicuci dan asah setelah dipakai

Penyebab utama razor menjadi tidak tajam adalah sisa air dan bulu yang dibiarkan menempel. Ketika selesai menggunakan razor berbentuk T, hilangkan sisa bulu yang terselip di mata pisau dengan air mengalir. Jika masih ada sisa bulu yang menempel, bersihkanlah dengan sikat. 


Setelah itu, pastikan Anda mengeringkan razor agar tidak mudah berkarat. Cara mengeringkannya mudah, gerakkan razor di atas handuk secara berlawanan dengan arah mata pisau. Hal ini dilakukan agar kotoran dan minyak yang menempel pada mata pisau bisa dihilangkan sehingga ketajamannya dapat bertahan lama.


Mengasah mata pisau cukur secara teratur dengan batu asah juga merupakan salah satu cara untuk menjaga ketajamannya. Namun, jangan lupa untuk menghilangkan sisa air pada shaver yang selesai diasah dan keringkan dengan benar.

Gantilah mata pisau secara berkala

Gantilah mata pisau secara berkala

Masa penggunaan terbaik shaver berbentuk T jenis isi ulang adalah empat belas kali. Apabila Anda menggunakannya setiap hari, ganti mata pisaunya setiap dua minggu. Jika Anda jarang mencukur, shaver dapat digunakan hingga empat belas kali pemakaian.


Namun, Anda harus segera menggantinya ketika mata pisau sudah tidak lagi tajam meski usia pemakaian belum mencapai empat belas kali. Selain itu, mata pisau yang berkarat serta patah juga harus segera diganti agar tidak membahayakan.

Baca juga rekomendasi shaving cream, foam, dan gel di sini

Untuk mendukung kegiatan mencukur, Anda memerlukan produk yang bisa mencegah kulit menjadi kasar, misalnya shaving cream. Tidak hanya dalam bentuk krim, produk untuk kegiatan shaving juga tersedia dalam bentuk gel dan foam. Untuk itu, silakan baca artikel berbagai produk untuk shaving berikut ini.

Kesimpulan

Kini, shaver bentuk T sudah banyak tersedia dan dilengkapi dengan berbagai keunggulan. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Namun, selain menemukan produk yang tepat sesuai kebutuhan, penting juga untuk merawat dan menjaga shaver Anda.


Shaver berbentuk T yang dirawat dengan baik dapat membuat mata pisaunya tajam lebih lama dengan hasil cukur yang optimal. Jadi, selamat mencoba dan dapatkan kulit mulus yang Anda idamkan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer